Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 175599 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Rima Wulandari
"Penelitian ini membahas mengenai persepsi pustakawan terhadap kegiatan layanan sirkulasi dan layanan rujukan dengan fenomena di Perpustakaan Universitas Indonesia. Penelitian ini merupakan perefleksian diri pustakawan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Tujuan penelitian ini, yaitu untuk mengidentifikasi bagaimana kegiatan layanan sirkulasi dan layanan rujukan sebagaimana yang di persepsikan oleh pustakawan itu sendiri. Lalu, menganalisis kendala yang dihadapi pustakawan dan usaha yang telah dilakukan dan yang harus dilakukan dari sudut pandang pustakawan itu sendiri. Hasil penelitian ini adalah pustakawan dapat memahami masalah, apa yang harus dilakukannya, pentingnya kegiatan layanan sirkulasi dan layanan rujukan di perpustakaan. Terdapat perbedaan di setiap persepsi pustakawan, yaitu antara pimpinan dengan pelaksana. Pustakawan sudah memaksimalkan pekerjaan mereka namun banyak kendala yang dipengaruhi oleh faktor dari luar diri mereka sendiri.

This research describes perception of librarians on activities of circulation services and reference services with the phenomenon in the Library of the University of Indonesia. This research talks about self-reflection of librarians. This research is qualitative research with study case method. The objectives of this research are to identify how the activities of circulation services and reference services as perceived by librarians in themselves. Then, analyzing the constraints faced by librarians and efforts that has been done and what should be done from the perspective of librarians. The results of this research are librarians can understand the problem, what to do, the importance of activities of circulation services and reference services in the library. There are differences in every perception of librarians, between leaders and implementers. Librarians are maximizing their jobs, but a lot of obstacles are influenced by some factors outside themselves."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S45565
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fadil Hamidy
"Penelitian ini membahas mengenai persepsi pengguna terhadap kompetensi komunikasi yang dimiliki oleh pustakawan pada layanan sirkulasi di Perpustakaan Universitas Indonesia. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan sifat deskriptif. Hasil penelitian ini secara keseluruhan menunjukkan bahwa persepsi pengguna terhadap kompetensi komunikasi pustakawan layanan sirkulasi di Perpustakaan Universitas Indonesia adalah negatif. Diharapkan pihak Perpustakaan Universitas Indonesia mempertimbangkan peningkatan kemampuan komunikasi pustakawannya dengan memberikan pelatihan-pelatihan di bidang komunikasi ataupun kebijakan-kebijakan yang dapat membantu pustakawan dalam memperbaiki kualitas layanan khususnya dalam berkomunikasi dengan pengguna.

This study discusses about the user's perception of communication competence in circulation services librarian at the Library of the University of Indonesia. This research is descriptive quantitative approach. These results generally indicate that the user perception of communication competence circulation services librarian at the Library of the University of Indonesia is negative. It is expected that the Indonesian University Library librarians consider upgrading communication by providing training on interpersonal communication or policies that can assist librarians to improving the quality of services, especially in communicating with users."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S57669
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lailatur Rahmi
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pandangan pustakawan terhadap pemanfaatan sumber daya informasi referensi, perkembangan layanan referensi dan konsepnya, pemanfaatan media komunikasi dalam perkembangan layanan referensi serta mengungkapkan mitos dari perubahan paradigma pustakawan dalam perkembangan layanan referensi di Perpustakaan Universitas Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, menggunakan analisis semiotik dalam analisis hasil wawamcara yang mengacu pada semiologi Roland Bathes signifikasi dua tahap denotasi dan konotasi sehingga dapat mengungkapkan mitos.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan layanan referensi diberikan dengan konsep yang lebih inovatif, melalui berbagai inovasi kegiatan layanan, yaitu Layanan Penelusuran Informasi, Layanan Referensi Elektronik, Layanan Electronic Delivery Services (EDS), Layanan Website Perpustakaan, Layanan Literasi Informasi (IL), Layanan Roadshow Perpustakaan, Layanan Digital Literasi Program (DLP), dan Layanan K-ATM. Pengembangan ini juga turut merubah paradigma pustakawan untuk lebih mendekatkan diri kepada pemustaka, mitos yang terungkap bahwa pustakawan bukan sekedar mengarahkan pengguna dalam telusur informasi (refer) bahkan menyampaikan kepada pemustaka informasi terbaru melalui pengiriman berbagai artikel up-date (deliver).

This research aims to analyze the paradigm of librarians on the development of reference services and to analyze further the use of communications media in the development of reference services at the Library of Indonesia University. This research uses descriptive qualitative method and uses semiotic analysis refers to Semiology of Roland Bathes about the significance of two stages denotation and connotation in analyzing the results of interviews.
The results show that the reference librarians strive to be more actively close to the users of library, not only direct them in searching of information (refer), but also deliver the information by sending them various update articles (deliver). The development of library reference services, especially at college, through the transformation of information technology seems to be one of the competitive need to accompany the evelopment of science and library collections in the future.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2016
T49321
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rani Yumita
"ABSTRAK
Skripsi ini membahas upaya pemeliharaan bahan pustaka khusunya buku teks yang
berkaitan dengan kegiatan pengolahan dan sirkulasi di Perpustakaan Universitas
Pertahanan. Kegiatan pengolahan dan sirkulasi merupakan langkah awal dalam alur
kerja perpustakaan yang langsung berhubungan dengan petugas maupun pemustaka.
Kegiatan ini juga merupakan awal bagaimana bahan pustaka diperlakukan sehingga
akan berpengaruh pada upaya pelestarian bahan pustaka di masa yangakan datang.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data dengan
observasi dan wawancara. Hasil penelitian menyatakan bahwa upaya pemeliharaan
yang selama ini dilakukan belum maksimal, meskipun pimpinan sejak awal sudah
memberi perhatian terhadap koleksinya yang dibuktikan dalam terbitnya surat edaran
maupun komunikasi lisan. Saran dari peneliti yaitu agar staf terkait tetap
mempertahankan upaya yang telah dilakukan dengan terus berusaha memperbaikinya.

Abstract
The thesis discusses the preservation effort literature textbooks especially that related
to the processing and circulation at the Defense University Library. Processing
activities and the circulation is the first step in the workflow library that is directly
related to the officer or pemustaka. This activity is also the beginning of how library
materials are handled so that it will affect the preservation library materials in the
future. This study is a qualitative research techniques of data collection by
observation and interviews. The results shows that the preservation has not been done
maximal at Defense University Library , although the leader pay attention to the book
collection from the beggining. It can be seen from circular letter and oral
communication. Researcher?s advice is library staffs have to keep preserve activity on
and always try to improve it."
2012
S43559
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Ellen Feodora Teh
"Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi dampak pandemi Covid-19 terhadap layanan sirkulasi Perpustakaan Sekolah Kristen Calvin. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi kasus yang dilakukan di Perpustakaan Sekolah Kristen Calvin di Jakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan tinjauan dokumen. Informan yang terkait dengan penelitian ini ada tiga, yaitu kepala perpustakaan dan dua staf perpustakaan. Data yang dikumpulkan diinterpretasi dan diverifikasi dengan membandingkan data-data serta pengertian konteks Sekolah Kristen Calvin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada dampak positif dalam upaya penanggulangan dampak negatif pandemi Covid-19 pada Perpustakaan Sekolah Kristen Calvin. Hanya saja, layanan sirkulasi Perpustakaan Sekolah Kristen Calvin mengalami penurunan dibandingkan saat sebelum pandemi.

This research aims to identify the impact of pandemic Covid-19 in the circulation service of Kristen Calvin School Library. This research used qualitative methods with a case study approach conducted in the library of Kristen Calvin School in Jakarta. The data collection techniques consist of observations, interviews, and document studies. The informant involved in the study was three people consisting the head of the school library and two library staff. The collected data was interpreted and verified by comparing various data sources based on the context in Kristen Calvin School Library. The study found that there are positive impacts in the midst of efforts to overcome the negative impacts of pandemic Covid-19 on the library. However, there is a decrease in the circulation service of the library compared to before pandemic Covid-19 arise."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Feby Elita
"Penelitian ini membahas mengenai Layanan Referensi di Perpustakaan Universitas Indonesia, khususnya layanan referensi lantai 4. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis bagaimana tingkat kualitas Layanan Referensi Lantai 4 Perpustakaan Universitas Indonesia berdasarkan dimensi kualitas layanan LibQual+TM. Dimensi-dimensi tersebut diantaranya, yaitu Affect of Service (kinerja pustakawan), Information Control (kualitas koleksi), dan Library as Place (perpustakaan sebagai tempat). Metode yang digunakan yaitu metode studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 80 sampel. Penentuan sampel, yaitu dengan cara accidental sampling.
Analisis menunjukkan bahwa secara umum seluruh kualitas layanan berada pada zone of tolerance, atau memenuhi harapan minimum pengguna. Namun, keseluruhan layanan tersebut belum dapat dikatakan sebagai layanan yang unggul (superior service). Hal ini dikarenakan keseluruhan dimensi layanan tidak ada yang memenuhi harapan yang benarbenar diinginkan oleh para pengguna.

The focus of this study is about the reference service at the University of Indonesia. The purpose of this study is to analyze the quality of the reference service, especially the reference service at the 4th floor, based on the service quality dimension of LibQual+TM. The dimensions are Affect of Service, Information Control, and Library as Place. This is a quantitative study with questionnaire as a data collection tool. The sample used were 80 respondents who are determined based on population of the reference services visitors.
The result shows that all the dimensions of quality service are within users zone of tolerance, or in other words have met the minimum expectaition of users. However, the overall dimensions of the services cannot be said as a superior service. This is because there is no services that meet with the maximum expectation of the users.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S57457
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Amrih Peni
"Skripsi ini membahas mengenai persepsi pustakawan di Perpustakaan Universitas Indonesia terhadap Kode Etik Pustakawan Indonesia terkait dengan pemahaman dan implementasi kode etik pustakawan pada perilaku pustakawan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa sebagian besar perilaku pustakawan di Perpustakaan Universitas Indonesia sudah mencerminkan implementasi dari kode etik pustakawan walaupun para pustakawan kurang memahami isi kode etik pustakawan secara tekstual.

This thesis discusses the perceptions of librarians at the Library of the University of Indonesia towards Indonesian Librarian Code of Ethic related to the understanding and implementation of code of ethic on librarian behavior. This study uses a qualitative approach to the phenomenolgy method. The results of this study conclude that most of the librarians' behavior at the Library of the University of Indonesia have already reflected the implementation of code of ethic even though the librarians do not understand enough the content of code of ethic textually."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2012
S42222
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Hammam Bagusni
"Penelitian ini membahas persepsi pustakawan referensi mengenai perannya di Perpustakaan Hukum Daniel S. Lev. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi persepsi pustakawan mengenai peran dan kompetensinya dalam melayani pengguna yang membutuhkan informasi di bidang hukum melalui layanan referensi di Perpustakaan Hukum Daniel S. Lev beserta kendalanya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pustakawan memandang layanan referensi sebagai layanan substantif, pustakawan mempersepsikan perannya sebagai seorang library is a librarian, dan menjawab pertanyaan referensi dari pengguna yang bersifat research question, sementara ia pun juga memenuhi lima kompetensi profesional dari RUSA terlebih pada kompetensi akses, dasar pengetahuan, promosi dan kolaborasi.
Kendala yang terjadi adalah, karena beban kerja dari pustakawan yang juga berlebih, maka perannya dalam melakukan pelayanan referensi masih belum berkembang hingga penciptaan produk baru secara signifikan, sementara itu staf layanan yang tersedia pun masih belum memiliki kompetensi yang cukup untuk diangkat dan didelegasikan menjadi seorang pustakawan referensi.
Pada akhirnya peran pustakawan di Perpustakaan Hukum Daniel S. Lev dapat disimpulkan sebagai seorang ldquo;pustakawan aktivis rdquo; yang sibuk dalam organisasi profesi sebagai media untuk mengaktualisasikan dirinya dan bidang perpustakaan secara umum, yang membuat perannya pada layanan referensi menjadi tersisihkan.

This research discuss the reference librarian perception of his role at the Daniel S. Lev Law Library. The aim of this research is to identificate the librarian 39 s perception of the role and expertise in serving the users who need information in the field of law through reference service in Daniel S. Lev Law Library along with the constraints. This research is a qualitative research using case study method.
The results show that librarians refer to reference services as substantive services, the librarian perceives his role as a library is a librarian, and answers questions from users who are research question, while he also fulfills the five professional competencies based on RUSA 39 s, especially on the ability of access, knowledge base, marketing and collaboration.
The constraints that occur are, the workload of librarians are also excessive, then its role in doing the reference service is still not developed until the creation of new products significantly, while the available service staff still have not enough competence to be appointed and delegated to a reference librarian.
At the end the role of librarian in the Daniel S. Lev Law Library can be summed up or dubbed as a ldquo activist librarian rdquo that busy in professional organizations as a medium to actualize himself and the field of libraries in general, which makes his role in the reference services out of sight.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2017
S69954
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rifni Raihana
"Penelitian ini adalah penelitian tentang layanan referensi di perpustakaan perguruan tinggi khususnya di perpustakaan Institut Pertanian Bogor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan layanan referensi, jenis layanan dan peran pustakawan referensi di perpustakaan Institut Pertanian Bogor. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus.
Hasil dari penelitian ini adalah adanya dari enam kegiatan layanan referensi dengan delapan jenis layanan referensi serta peran pustakawan referensi di perpustakaan Institut Pertanian Bogor. Perpustakaan Insitut Pertaninan Bogor melaksanakan layanan referensi dengan baik dan pustakawan referensi melakukan pekerjaannya sesuai dengan perannya.

This research is about reference services at academic library, especially reference services at Bogor Agricultural University Library. The purpose of this research is to describe the realization of reference services, the type of reference services and the role of the reference librarians at Bogor Agricultural University library. This research is qualitative research with case study method.
The research result shows that there are six reference services activities, eight type of reference services, and reference librarians of Bogor Agricultural University library takes a very good role in the services.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2017
S67221
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Irwin Pratama Putra
"Penelitian ini membahas mengenai apakah layanan referensi yang dimiliki oleh Perpustakaan Universitas Indonesia dapat dijadikan sebagai representasi dari perpustakaan perguruan tinggi. Representasi ini dilihat berdasarkan persepsi pengguna terhadap layanan tersebut dan juga dilihat dari strategi yang dilakukan oleh Perpustakaan Universitas Indonesia dalam meningkatkan kualitas layanan referensi mereka. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa layanan referensi Perpustakaan Universitas Indonesia dapat dijadikan sebagai representasi dari perpustakaan perguruan tinggi karena Perpustakaan Universitas Indonesia berhasil membuat layanan referensi mereka menjadi lebih aktif dengan menghadirkan berbagai inovasi di dalamnya untuk lebih mendekatkan diri dengan pengguna. Selain itu pendapat pengguna terkait layanan referensi di Perpustakaan Universitas Indonesia juga semakin menguatkan tujuan dari penelitian ini.

This study discusses about whether the reference services in the University of Indonesia Library can be used as a representation of the college library. This representation views based on user perception of reference services and the strategies undertaken by the University of Indonesia Library in improving the quality of their reference services. This study is a qualitative research with case study method.
These results indicate that the reference services of University of Indonesia Library can be used as a representation of the college library because the University of Indonesia Library makes their reference services to become more active by presenting a variety of innovations to get closer to the user. Additionally, related user opinions about reference services in University of Indonesia Library also reinforce the goal of this research.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2017
S67458
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>