Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 140660 dokumen yang sesuai dengan query
cover
"Penelitian yang bertujuan mengidentifikasi persepsi Mahasiswa Strata satu Reguler FIK UI terhadap penggunaan herbal dalam keperawatan dilakukan terhadap 100 mahasiswa dengan menggunakan desain deskriptif sederhana. Hasil temuan didapatkan hampir semua (94%) mahasiswa menyatakan penggunaan herbal dalam keperawatan dapat meningkatkan mutu pelayanan keperawatan dan sebagian besar (91%) setuju bahwa penggunaan herbal dapat mendukung pemberian asuhan keperawatan yang komprehensif. Tingginya harapan mahasiswa terhadap pengadaan mata ajar tentang penggunaan herbal dalam keperawatan (95%) serta regulasi yang jelas (98%) agar herbal dapat diterapkan secara luas dalam keperawatan (93%) menunjukkan bahwa mahasiswa telah menyadari penggunaan herbal merupakan ranah keperawatan. Kesadaran tersebut didukung oleh tingginya motivasi mahasiswa untuk mempelajari dan menggunakan (91%), Serta merlerapkan herbal dalam keperawatan (88%).

Research which have purpose to identify the FIK UI student’s perception toward the use of herbs in a nursing conducted on 100 respondents by using simple descriptive design. The findings obtained almost of students (94%) stated that the using of herbs in nursing can improve the quality of nursing services and 91% agree that the use of herbs can support the delivery of comprehensive nursing care. The high expectation of students toward the procurement of specific subject about the use of herbs in nursing (95%) as well as a clear regulation of herbs (98%) can be widely applied in nursing (93%) indicated that students were aware ofthe use of herbs is the part of nursing. Awareness is also supported by the high motivation of students to learn and use (91%), and applying herbs in nursing (88%).
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2011
TA5953
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Zumaidah
"ABSTRAK
Strategi koping fangirling merupakan salah satu bentuk mekanisme koping yang
berdasarkan kecintaan terhadap idola yang dimiliki seseorang. Strategi koping ini
mencakup kegiatan-kegiatan yang biasa dilakukan oleh seorang fangirl, seperti
menonton video, mendengarkan musik, dan browsing internet untuk meng-update
berita terkait idolanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran strategi
koping fangirling pada mahasiswa reguler Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas
Indonesia. Penelitian menggunakan desain deskriptif sederhana. Pengambilan sampel
pada 106 orang mahasiswa dari angkatan 2008 sampai angkatan 2011 dengan
menggunakan metode consecutive sampling pada 20 Mei-9 Juni 2012. Instrument
penelitian berupa kuesioner mengenai gambaran strategi koping fangirling sebanyak
32 pertanyaan. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar mahasiswa sering
melakukan strategi koping fangirling berupa menonton video (52,8%), mendengarkan
musik (48,1%), dan menonton drama/reality show favoritnya (43,4%) ketika merasa
stres. Penelitian ini belum meneliti lebih tentang efektifitas strategi koping ini dalam
menurunkan tingkat stres, sehingga penelitian selanjutnya diharapkan dapat
mengidentifikasi efektifitas strategi koping fangirling dalam menurunkan tingkat
stres

ABSTRACT
Coping fangirling strategy is a form of coping mechanisms based on the love of one's
own idol. These coping strategy included some activities who commonly performed
by a fangirl, such as watching videos, listening to music, and browsing the internet
for news updates related to her idol. The purpose of this study is to determine the
description of coping fangirling strategy on regular student in Faculty of Nursing
Universitas Indonesia. This study uses simple descriptive research design and
involved 106 students from regular student branch of 2008 until 2011 with
consecutive sampling and it hold from 20 May - 9 June 2012. The instrument is
questionnaire about the description of coping fangirling strategy with 32 questions.
This study showed most of the students are doing fangirling by watching the video
(52,8%), listening to music (48,1%) and watching the favourite drama/reality show
(43,4%) when feeling stressed. This study not researched about the effectiveness of
coping fangirling strategy to reducing stres level yet, so further study is expected to
identify about the effectiveness of coping fangirling strategy to reducing stres level.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2012
S43827
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Tia Sintiawati
"Mahasiswa merupakan populasi yang rentan mengalami stres, terutama yang berhubungan dengan bidang akademik. Mahasiswa cenderung lebih memilih menggunakan gaya koping yang bersifat entertainment untuk mengatasi stres akademik, salah satunya adalah penggunaan Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat stres akademik dan adiksi Instagram pada mahasiswa FIK UI serta untuk mengetahui hubungan keduanya menggunakan angket Academic Stress Scale (ASS) dan Test for Instagram Addiction (TIA). Desain penelitian ini adalah cross sectional, teknik pengambilan sampel menggunakan proporsional stratified random sampling dengan melibatkan 229 siswa. Hasil analisis uji statistik chi-square menunjukkan p = 0,000 dan p value

Students are a population that is vulnerable to stress, especially those related to the academic field. Students tend to prefer to use coping styles that are entertainment in nature to deal with academic stress, one of which is the use of Instagram. This study aims to describe the level of academic stress and Instagram addiction in FIK UI students and to determine the relationship between the two using the Academic Stress Scale (ASS) questionnaire and the Test for Instagram Addiction (TIA). The design of this study was cross sectional, the sampling technique used was proportional stratified random sampling involving 229 students. The results of the chi-square statistical test analysis showed p = 0.000 and p value "
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aruan, Labora Srihayati
"Penelitian ini membahas persepsi mahasiswa profesi Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia terhadap pembelajaran ilmu dasar keperawatan dan aplikasinya pada praktik keperawatan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain desktriptif sedehana dengan jumlah responden 63 orang yakni 30 orang S1 Regular dan 33 orang S1 Ekstensi. lnstrumen penelitian ini adalah kuesioner. Hasil penelitian ini adalah mahasiswa profesi Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia memiliki persepsi positif terhadap pembelajaran ilmu dasar keperawatan dan aplikasinya pada praktik keperawatan.

This research study about perception of Nursing Faculty science profession student University of Indonesia conceming the study of bioscience nursing and its application in clinical practice. This research is qualitative research by simple descriptive design with respondent amount 63 person namely 30 person of S1 Reguler and 33 person of Sl Ekstensi. This research instmment is quetionnair. Result of this research is Nursing Faculty science profession student University of Indonesia have positive perception to the study of bioscience nursing and its application in clinical practice.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2009
TA5655
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Susi Purwati
"Tingkat stres pada remaja cenderung tinggi dan dapat berdampak negatif. Penelitian deskriptif komparatif ini dilakukan terhadap 104 mahasiswa keperawatan reguler angkatan 2010 Universitas Indonesia untuk mengetahui perbedaan tingkat stres akademik terhadap subvariabel (usia, jenis kelamin, indeks prestasi, dan jumlah kunjungan ke pusat pelayanan kesehatan) dengan menggunakan tekhnik simple random sampling dan metode cross secsional. Hasil penelitian dengan CI 95% diperoleh mahasiswa rata-rata berusia 19,38 tahun, didominasi perempuan (95,2%), sebagian besar memiliki nilai indeks prestasi Cum laude (62,5%), tidak pernah mengunjungi pusat pelayanan kesehatan dalam waktu satu bulan terakhir (58,7%), teridentifikasi memiliki tingkat stres akademik sedang (43,3%). Semakin tinggi tingkatan usia maka tingkat stres akademik mengalami penurunan (p=0,030; α=0,05) dan semakin tinggi tingkat stres akademik yang dialami, maka semakin sering mengunjungi pusat pelayanan kesehatan (p=0,006; α=0,05). Tingkat stres akademik terhadap jenis kelamin dan indeks prestasi tidak memiliki perbedaan.

Stress levels among adolescents is higher and give negatif effect. This study is descriptive comparative consists of 104 nursing students reguler 2010 Universitas Indonesia purpose to determine the different levels of academic stress with (age, gender, GPA, number of visit to health centers) used simple random sampling with cross secsional method. Result showed with 95% CI average age of students 19.38 years old, dominated female (95,2%), have cum laude GPA (62,5%), never visited the health center on one month ago (58,7%), and have moderate levels of academic stress (43,3%). There are difference level of academic stress between age and number of visit to health centers. When adolescents become older the levels of academic stress become decrease (p=0,030; α=0,05) and when the levels of academic stress more severe the number of visit to health centers become increase (p=0,006; α=0,05). The levels of academic stress with gender and GPA has no difference."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2012
S1958
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Fany Arighi Suhandi
"ABSTRACT
Cairan di dalam tubuh memiliki fungsi yang sangat penting bagi manusia agar dapat
bertahan hidup. Oleh karena itu, mahasiswa perlu mengetahui status hidrasi untuk
mengetahui kondisi keseimbangan cairan tubuh sehingga aktivitas dapat berjalan
dengan lancar. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif sederhana
dengan 89 responden yang bertujuan untuk mengetahui gambaran status hidrasi
mahasiswa program sarjana reguler Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas
Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan pengukuran berat jenis urin,
diketahui bahwa sebanyak 58,4% responden memiliki status hidrasi
normal/euhidrasi, 37,1% mengalami overhidrasi, dan 4,5% mengalami dehidrasi.
Oleh karena itu, penelitian ini merekomendasikan adanya asuhan keperawatan
preventif untuk meningkatakan kesadaran mahasiswa akan status hidrasi mereka.

ABSTRACT
Body fluid has important functions for human to survive. Therefore, students need
to know the hydration status to determine the condition of body fluid balance so
their activities can be performed well. This study uses a simple descriptive design
with 89 respondents to describe the hydration status on reguler students Nursing
Faculty of Universitas Indonesia. Based on measurment of urine specific gravity,
the results of the study showed that 58.4% of respondents had normal hydration
status/euhydration, 37.1% of respondents had overhydration, and 4.5% of
respondents had dehydration. Therefore, this study reccomend preventif nursing
care to increase awareness of students concerning their hydration status"
2016
S63217
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Damanik, Yosephin Melati
"Konstipasi mengganggu aktivitas harian penderita namun tidak dianggap sebagai masalah yang serius walaupun kenyataannya menimbulkan komplikasi kesehatan yang dapat mengancam nyawa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kejadian konstipasi fungsional pada mahasiswa S1 Reguler Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia. Desain yang digunakan adalah deskriptif cross sectional dengan sampel mahasiswa berjumlah 86 orang, diperoleh dengan menggunakan teknik stratified random sampling. Instrumen dari penelitian ini adalah kriteria ROME III yang telah dimodifikasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa sebesar 55,8% mahasiswa mengalami konstipasi fungsional. Promosi kesehatan dengan meningkatkan intake cairan dan asupan serat pada mahasiswa direkomendasikan untuk menurunkan angka kejadian konstipasi fungsional.

Most people overlook constipation despite the fact that It may disrupt daily life. It, furthermore, can lead to serious health problems that will threaten life. This study aimed to identify the incidence of functional constipation amongst undergraduate nursing students at faculty of Nursing Universitas Indonesia. The study employed cross sectional design, involving 86 respondents who were selected by using stratified random sampling. The instrument of the study was modified ROME III criteria. The results showed that 55,8% of total respondents had functional constipation. This study recommended health promotion by increasing fluid intake and fiber intake targeting students to reduce the incidence of functional constipation."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2016
S65472
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Situmeang, Oktavia
"ABSTRAK
Metode active learning yaitu metode pembelajaran yang mengajak mahasiswa
untuk belajar secara aktif, baik untuk menemukan ide pokok dari materi pelajaran,
memecahkan persoalan, atau mengaplikasikan apa yang dipelajari ke dalam suatu
persoalan yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran
persepsi mahasiswa ekstensi 2010 FIK UI tentang metode pembelajaran active
learning. Desain penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif sederhana
dengan jumlah sampel total populasi yaitu sebesar 46 orang. Pengumpulan data
dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Data yang terkumpul dianalisis untuk
memperoleh frekuensi dan persentasenya. Hasil penelitian ini adalah sebanyak
50% mahasiswa memiliki persepsi positif terhadap metode pembelajaran active
learning. Bagi penelitian selanjutnya, agar area penelitian diperluas dengan
jumlah sampel yang lebih representatif sehingga hasil penelitian dapat
digeneralisasi.

Abstract
Methods of active learning is a teaching method that invites students to actively
learn to use your brain, either to find the main idea of the subject matter, solving
problems, or apply what is learned into a problem that exists in real life. This
study aims to get a picture of students' perceptions about the UI extension 2010
FIK active learning teaching methods. The study design used was a simple
descriptive method with a sample of the total population of 46 people. The data
was collected using a questionnaire. The collected data were analyzed to obtain
frequencies and percentages. The results of this study is as much as 50% of
students had positive perceptions of active learning teaching methods. Most
students consider it appropriate method used in FIK UI. For further research, in
order to extend the study area with a more representative number of samples so
that results can be generalized"
Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2012
S43593
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Rensita Noorma Utami
"Kecemasan merupakan reaksi emosional bersifat subjektif yang tidak menyenangkan yang dapat berakibat pada penurunan kemampuan dan konsentrasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kecemasan saat melakukan tindakan invasif pada mahasiswa reguler FIK UI angkatan 2010. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif sederhana dengan menggunakan metode cross sectional yang melibatkan 106 mahasiswa yang diambil menggunakan teknik total sampling.
Hasil penelitian menunjukkan mayoritas responden yakni sebesar 75,5% mengalami kecemasan sedang dan 24,5% mengalami kecemasan ringan. Tingginya proporsi kecemasan sedang tersebut dapat disebabkan kurangnya pengalaman mahasiswa keperawatan dalam melakukan tindakan invasif karena mahasiswa baru pertama kali menjalani praktik keperawatan di lahan praktik.

Anxiety is an unpleasant subjective emotional response which may result in decreased ability and concentration. This research purposed to determine the level of anxiety when performing invasive procedure on the regular student of the Faculty of Nursing Universitas Indonesia class of 2010. This research was simple descriptive study with cross sectional method involved 106 students were taken using total sampling technique.
This research showed that majority of respondents which is equal to 75,5% had moderate anxiety and 24,5% had mild anxiety. The high proportion of moderate anxiety can be caused by a lack of experience in perform invasive procedure on the nursing student because they were first underwent clinical nursing practice.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2013
S46487
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lisa Permatasari
"Harga diri merupakan penilaian pribadi individu terhadap hasil yang dicapai dengan menganalisis seberapa jauh perilaku memenuhi ideal dirinya. Harga diri dipengaruhi oleh persepsi diri sendiri dan orang lain serta pengalaman terkait keberhasilan atau kegagalan. Diterima di Universitas Indonesia yang merupakan universitas yang diminati di Indonesia dapat dianggap pencapaian yang positif yang dapat meningkatkan harga diri remaja. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi gambaran harga diri mahasiswa S1 reguler dan mahasiswa profesi 2011 di Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif. Data pada penelitian ini berjumlah 132 mahasiswa yang terdiri dari 72 mahasiswa reguler dan 60 mahasiswa profesi. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik quota sampling.
Hasil analisis univariat menunjukkan harga diri positif dimiliki oleh 47,2% mahasiswa reguler dan 66,7% mahasiswa profesi. Rekomendasi penelitian ini adalah perlu adanya penelitian lebih lanjut untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi harga diri mahasiswa keperawatan. Hasil penelitian ini dapat digunakan untuk mengembangkan program yang sesuai untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa tentang profesi perawat.

Self-esteem is an individual's personal assessment of the results achieved by analyzing how far behavior meet ideal self. Self-esteem can be influenced by self perception, other perception, and the experience of successful. Accepted in University of Indonesia as a public and well known university in Indonesia can be seen as a positive achievement that can increase self-esteem of teenager. The aim of this descriptive study was to identify the academic and the profession student self-esteem 2011. Data were collected from a quota sampling from 132 students which consist of 72 academic students and 60 profession students.
The results showed that 47,2% of academic students had positive self-esteem, while 66,7% of profession students had positive self-esteem. Some recommendations were proposed that a future study should be conducted to identify some factors that affecting the nursing student self-esteem. The results of this study could be beneficial to improve the nurse curriculum that increase the knowledge and the awareness of the nursing students regarding the nursing profession.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2012
S43468
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>