Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 164508 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Auditiya Irwanda
"ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu mana yang lebih mempengaruhi konsumen dalam melakukan pembelian online. Ada dua faktor penting yang mempengaruhi pembelian, yaitu, harga dan kepercayaan. Penelitian ini membahas mengenai kedua faktor tersebut pada pelanggan tetap dan pelanggan potensial. Hasil penelitian menunjukan bahwa kepercayaan memiliki efek yang kuat bila dibandingkan dengan harga pada pelanggan tetap dan pelanggan potensial. Selain itu, kepercayaan memiliki efek yang lebih kuat pada pelanggan potensial. Dan harga memiliki efek yang lebih kuat pada pelanggan tetap.


This study aims to find out which one is more affecting consumers in making online purchases. There are two important factors that influence the purchase, ie, price and trust. This study discusses about the two factors on repeat customers and potential customers. The results showed that the trust has a strong effect on the price when compared to regular customers and potential customers. In addition, the trust has a stronger effect on potential customers. And the price has a stronger effect on repeat customers.

"
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S56833
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Larasati Chandra Githa Purnamaningrum
"Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui cues (sinyal/petunjuk) dalam posting Instagram berupa attractiveness, popularity serta argument quality dapat mempengaruhi kepercayaan yang akan mempengaruhi sikap terhadap berbelanja menggunakan Instagram, dan kemudian mengarah pada niat membeli produk kecantikan lokal Indonesia melalui Instagram. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan sampel yang digunakan adalah pengguna aktif Instagram yang merupakan pengikut dari salah satu merek kecantikan lokal Indonesia di Instagram, berusia 17 tahun ke atas, serta belum pernah melakukan pembelian dari merek kecantikan lokal tersebut. Kuesioner penelitian disebarkan secara online dan terdapat total 226 responden. Penelitian ini menggunakan Partial Least Square-Structured Equation Modelling (PLS-SEM) dalam mengolah data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa post popularity serta argument quality dapat membangun trust pada posting Instagram merek kecantikan lokal yang kemudian mengarah pada attitude terhadap berbelanja menggunakan Instagram dan purchase intention melalui Instagram. Sedangkan, post attractiveness tidak memengaruhi kepercayaan pada posting Instagam merek kecantikan lokal. Sehingga pada penelitian ini menunjukkan bahwa konsumen lebih mengandalkan cues dari popularity serta dan argument quality dari posting untuk mengurangi ketidakpastian dalam berbelanja produk kecantikan lokal melalui Instagram.

The purpose of this research is to determine the cues (signals/clues) in Instagram posts which are attractiveness, popularity and argument quality that can affect trust which will affect attitudes towards shopping using Instagram, and thus affect purchase intentions of Indonesian local beauty products through Instagram. The sample used in this study are active Instagram users aged 17 years and over who follow one of Indonesia's local beauty brands in Instagram, and have not made purchases from the local beauty brand that they are followed. There were 226 respondents in this study and used purposive sampling. The research questionnaire was distributed online and used Partial Least Square-Structured Equation Modeling (PLS-SEM) to analyzed the data. The results of this study indicate that post popularity and argument quality can build trust in local beauty brand Instagram posts which then lead to attitude towards shopping using Instagram and purchase intention through Instagram. Meanwhile, post attractiveness does not affect trust in local beauty brand Instagram posts. Thus in this study it shows that consumers are more rely on cues from popularity and argument quality of Instagram posts to reduce uncertainty in shopping for local beauty products through Instagram."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dani Maulana
"Agen jasa perjalanan online di Indonesia dihadapkan pada situasi yang memberikan peluang bisnis potensial, namun disisi lain juga menghadapi persaingan dari kompetitor yang semakin sengit. Penelitian kemudian dilakukan untuk memahami pengaruh website atmospheric (website informativeness, information content effectiveness, website entertainment ) yang dipandang mampu dijadikan sebagai alat untuk dapat dalam memenangkan pasar, melalui kemampuannya untuk mendorong terjadinya flow. Penelitian juga dilakukan untuk memahami pengaruh dari flow terhadap online purchase intention dan website satisfaction dengan menggunakan kerangka teori stimulus-organism-response. Penelitian dilakukan dengan desain deskriptif, dan menggunakan survey pada 210 responden.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa information content effectiveness dan website entertainment terbukti mampu mendorong terjadinya flow, sedangkan website informativeness tidak terbukti secara signifikan dam positif melakukan hal tersebut. Flow juga terbukti mampu mendorong online purchase intention dan website satisfaction dari konsumen agen perjalanan online. Dalam kerangka teori stimulusorganism- response, penelitian juga membuktikan bahwa flow memediasi hubungan antara information content effectiveness, website entertainment dengan online purchase intention dan website satisfaction.
Hasil penelitian menyarankan agen perjalanan online untuk merancang website mereka sesuai dengan hasil penelitian ini, disamping mengembangkan kapabilitas pendukung untuk mencapai keunggulan daya saing.

Online travel agents in Indonesia confronts with situation that potentially gives business opportunity, but in the other hand also faced with fierce competition. This study examines influence of website atmospheric (website informativeness, information content effectiveness, website entertainment ) that is deemed capable as a tools to win the market, through its capabilities to induce flow. This study also examines the influence of flow on online purchase intention and website satisfaction using the stmulus-organism-response framework. The study use descriptive design, and survey on 210 respondents.
Results show that information content effectiveness and website entertainment influence flow, and flow influence online purchase intention and website satisfaction. The study also show that flow mediates information content effectiveness and website entertainment influence on online purchase intention and website satisfaction. Result doesn't support that website informativeness influence flow, and subsequently online purchase intention and website satisfaction. So that, flow also doesn't mediates relationship between them.
The study then recommend for online travel agents to implement the results of this study, in addition to develop supporting capabilites to achieve competitive advantage.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Aldy Bagaztian
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari faktor hubungan antara menu online restoran terhadap niat pembelian konsumen selama pandemi COVID-19 (studi pada Shopee Food di di 8 Kota Besar di Pulau Jawa) serta penelitian ini dilakukan di 8 Kota Besar di Pulau Jawa yang lebih tepatnya di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, Surabaya, & Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan data primer dari kuisioner dengan skala likert 1-6, pengambilan sampling dengan menggunakan non-probability sampling, dengan screening pada pengguna layanan delivery apps yang pernah melakukan pembelian makanan atau minuman melalui aplikasi Shopee Food. Penelitian ini menemukan bahwa daya tarik visual menu berpengaruh positif signifikan terhadap keinginan untuk makan. Persepsi risiko COVID-19 juga berpengaruh positif signifikan terhadap keinginan untuk makan. Namun disisi lain ternyata persepsi risiko COVID-19 mempunyai pengaruh negatif signifikan terhadap kenyamanan yang dirasakan dari pemesanan makanan secara online. Penelitian ini menggunakan metode Structural Equation Method (SEM) yang diolah dengan software AMOS versi 22
This study aims to determine the influence of the relationship factor between restaurant online menus on consumer purchase intentions during the COVID-19 pandemic (study on Shopee Food in 8 big cities on Java Island) and this research was conducted in 8 major cities on the island of Java, more precisely in Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, Surabaya, & Yogyakarta.. This study uses primary data from a questionnaire with a Likert scale of 1-6, sampling using non-probability sampling, by screening users of delivery apps services who have purchased food or beverages through the Shopee Food application. This study found that the visual appeal of the menu had a significant positive effect on the desire to eat. The perceived risk of COVID19 also had a significant positive effect on the desire to eat. On the other hand, it turns out that the perception of the risk of COVID-19 has a significant negative effect on the perceived convenience of ordering food online. This study uses the Structural Equation Method (SEM) which is processed with AMOS version 22 software."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisinis Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Djamaludin
"Skripsi ini membahas faktor-faktor yang mempengaruhi minat pembelian (purchase intention) konsumen terhadap produk PT. Pembangunan Jaya Ancol dengan melakukan studi kasus pada website PT. Pembangunan Jaya Ancol (www.ancol.com). Salah satu faktor yang memberikan pengaruh terhadap purchase intention adalah belief construct yang terdiri dari perceived price, perceived service, informational interpersonal belief, perceived self-efficacy, dan perceived resource facilitation. Kemudian, variabel-variabel pembentuk belief ini memberikan pengaruh terhadap sikap attitudinal construct, yakni attitude toward purchase, subjective norm, dan perceived behavioral control sehingga dapat memberikan pengaruh terhadap purchase intention. Analisis data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). Data penelitian diambil dari 185 responden yang tersebar di wilayah Jabodetabek.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa adanya pengaruh yang signifikan dari variabel informational interpersonal belief terhadap variabel subjective norm. Namun, variabel subjective norm tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap purchase intention. Selain itu, terdapat juga variabel perceived resource facilititation yang tidak memberikan pengaruh terhadap variabel perceived behavioral control.

This thesis discusses about factors that influence consumers? purchase intention toward PT Pembangunan Jaya Ancol?s products, using PT Pembangunan Jaya Ancol website (www.ancol.com) as case study. Factors that influence purchase intention are consist of perceived price, perceived service, informational interpersonal belief, perceived self-efficacy, and perceived resource facilitation. Variables of belief that influence attitudinal construct consist of attitude toward purchase, subjective norm, and perceived behavioral control, which influence purchase intention. Data was analyzed by Structural Equation Modeling (SEM). The Data was taken from 185 respondents from Jabodetabek areas.
Result of this research shows that there are significant influence from informational interpersonal belief variable and subjective norm variable. Subjective norm variable does not give significant influence to purchase intention. There is also perceived resource facilititation variable which doesn't give significant influence to perceived behavioral control variable.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S44453
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bheakanti Bias Btari
"Perkembangan ritel di Indonesia terus meningkat khususnya ritel modern yang memiliki pertumbuhan paling besar dibandingkan dengan ritel tradisional, terutama perdagangan ritel kategori makanan dan minuman. Salah satunya yang berkembang saat ini adalah 7-Eleven, hadir dengan memposisikan dirinya sebagai convenience store tapi juga menyediakan beberapa tempat duduk dan meja yang berada di dalam dan di luar ruangan selama 24 jam (hybrid convenience store). Dengan semakin ketatnya persaingan ritel, hal yang tidak kalah penting adalah apakah brand atau merek sebuah ritel dapat mempengaruhi purchase intention konsumen untuk datang dan berbelanja ke suatu ritel. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh retailer awareness, retailer association, retailer perceived quality, dan retailer loyalty terhadap purchase intention yang dimiliki konsumen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM). Hasil dari pengujian hipotesis diketahui bahwa retailer awareness tidak terbukti berpengaruh positif terhadap purchase intention. Retailer awareness dan retailer association juga tidak terbukti berpengaruh positif terhadap retailer loyalty. Sedangkan retailer association, retailer perceived quality dan retailer loyalty terbukti berpengaruh positif terhadap purchase intention. Hasil pengujian hipotesis juga menunjukkan bahwa retailer perceived quality berpengaruh positif terhadap retailer loyalty.
Retail developments in Indonesia continue to increase, especially modern retail which has the greatest growth in comparison with traditional retail, especially retail trade of food and beverage categories. One of them developed at this time is 7-Eleven, attended by positioning itself as a convenience store, but also provides some seating and tables inside and outdoors for 24 hours (hybrid convenience stores). With increasing competition in the retail, it is no less important is whether retail brand or brand can affect consumer purchase intention to come to a retail shop. This study aims to analyze the influence of awareness retailers, retailers association, perceived quality retailer, and retailer loyalty towards consumer's purchase intention possessed. Hypothesis testing is done by using Structural Equation Modeling (SEM). The results of testing the hypothesis known that retailer awareness is not proven positive influence on purchase intention. Retailer awareness and retailer association also not proved a positive influence on retailer loyalty. While retailer association, retailer perceived quality and retailer loyalty proven positive effect on the purchase intention. Hypothesis testing results also showed that the retailer perceived quality has a positive effect on the retailer loyalty."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S60633
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Putu Arindya Laksmidewi Marghaputra
"Pendekatan emotional appeal telah digunakan di berbagai industri dan konteks komunikasi. Penelitian ini berfokus pada penggunaan emotional appeal pada produk kosmetik ramah lingkungan. Didukung oleh data Zero Waste Week yang menyatakan bahwa industri kosmetik global memproduksi lebih dari 120 miliar unit kemasan setiap tahun dan sebagian besar dari kemasan tersebut tidak dapat didaur ulang. Salah satu inovasi solutif yang bisa dilakukan adalah mengubah penggunaan plastik menjadi seed paper sebagai kemasan produk. Terlepas dari inovasi produk ramah lingkungan yang semakin berkembang, terdapat banyak faktor yang memengaruhi niat pembelian konsumen. Emotional appeal (fear & hope appeal) digunakan sebagai strategi pemasaran yang bertujuan untuk menciptakan hubungan emosional antara konsumen dengan produk atau jasa yang diiklankan, yang kemudian mendukung keputusan pembelian konsumen. Terdapat penelitian sebelumnya yang mengidentifikasi faktor lain pendukung keputusan pembelian yakni sikap terhadap iklan (advertising attitude). Kelompok konsumen dengan demografi yang berbeda juga memiliki perilaku yang berbeda dalam merespons pesan ramah lingkungan. Maka dari itu, penelitian ini mengidentifikasi lebih lanjut pengaruh pesan emosional pada sikap terhadap iklan dan minat beli produk kosmetik ramah lingkungan pada Generasi Y & Z. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif survei analitik cross-sectional pada 300 responden dari dua generasi yang berbeda. Hasil penelitian menyatakan bahwa bahwa advertising attitude memengaruhi purchase intention. Serta terdapat perbedaan pengaruh pesan emosional terhadap advertising attitude dan purchase intention generasi Y dan generasi Z.

The emotional appeal approach has been used in various industries and communication contexts. This study focuses on the use of emotional appeal in eco-friendly cosmetics products. Supported by data from Zero Waste Week, which states that the global cosmetics industry produces over 120 billion packaging units annually, most of which are non-recyclable. One innovative solution is to replace plastic with seed paper as product packaging. Despite the growing innovation in eco-friendly products, there are numerous factors influencing consumer purchase intentions. Emotional appeals (fear & hope appeals) are used as marketing strategies aimed at creating an emotional connection between consumers and the advertised products or services, thereby influencing consumer purchasing decisions. Previous research has identified other factors influencing purchase decisions such as advertising attitude. Consumer groups with different demographics also exhibit varying behaviors in response to eco-friendly messages. Therefore, this study further identifies the influence of emotional messages on advertising attitudes and purchase intentions for eco-friendly cosmetics products among Generation Y & Z. The study employs a quantitative cross-sectional analytic survey method with 300 respondents from these two different generations. The findings of the study indicate that advertising attitude influences purchase intention. Additionally, there are differences in the impact of emotional messages on advertising attitudes and purchase intentions between Generation Y and Generation Z.
"
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Destiara Putri
"Kegiatan berbelanja online yang semakin marak membuat pelaku usaha e-commerce semakin bertambah. Dari sekian banyak e-commerce yang ada di Indonesia, e-commerce dalam bentuk online group buying masih berkembang di Indonesia. Salah satu e-commerce dalam bentuk online group buying yang memiliki market share terbesar adalah Groupon. Penelitian ini membahas mengenai faktor-faktor yang membentuk repeat purchase intention pada Groupon. Model penelitian ini merupakan gabungan dari penelitian yang telah dilakukan oleh Hsu et al. (2015). Dengan metode SEM, didapatkan bahwa perceived value mempengaruhi repeat purchase intention pada Groupon secara positif dan habit mempengaruhi hubungan satisfaction pada repeat purchase intention.

The increase of online shopping activities create many e-commerce businesses. But e-commerce in the form of online group buying is still growing in Indonesia. The largest market share for online group buying in Indonesia is Groupon. This study discusses the forming factors of repeat purchase intention towards Groupon. The research model is a combination of the previous research that has been conducted by Hsu et al. (2015). Structural Equation Modeling is used to analyze the relationship between each variables. It was found that perceived value can affect repeat purchase intention positively and habit can affect the relationship between satisfaction and repeat purchase intention.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S59936
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ringgi Cahyo Dwiputra
"Ulasan daring sebagai salah satu bentuk electronic word-of-mouth (EWOM) telah terbukti memotivasi konsumen untuk berbelanja melalui online marketplace di Indonesia. Namun, kebebasan konsumen dalam memberikan ulasan mengakibatkan terjadinya inkonsistensi kualitas informasi yang berpengaruh terhadap kepercayaan dan keputusan pembelian konsumen. Selain itu, masih banyak online marketplace yang belum menyediakan fitur untuk menyaring informasi yang relevan, terbaru, akurat, atau lengkap pada ulasan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengaruh dimensi kualitas informasi dari EWOM terhadap keputusan pembelian produk di online marketplace. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan melakukan survei terhadap 1.266 masyarakat Indonesia pengguna online marketplace yang pernah berbelanja dan membaca ulasan dalam kurun waktu tiga bulan terakhir. Data diolah dengan metode covariance-based structural equation modeling menggunakan AMOS 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keempat dimensi kualitas informasi EWOM, yaitu relevance, timeliness, accuracy, dan comprehensiveness memengaruhi information quality secara signifikan. Selain itu, information quality memengaruhi social psychological distance dan trust secara signifikan. Lalu, social psychological distance memengaruhi trust secara signifikan dan memediasi hubungan antara information quality dengan trust. Selanjutnya, trust memengaruhi purchase intention secara signifikan. Terakhir, purchase intention memengaruhi purchase decision secara signifikan. Hasil penelitian ini dapat memberikan wawasan untuk membantu penyedia layanan online marketplace dalam mengembangkan fitur ulasan yang lebih baik.

Online review as a form of electronic word-of-mouth (EWOM) has been proven to motivate consumers to shop through online marketplaces in Indonesia. However, the freedom of consumers to provide reviews results in information quality inconsistency that affects consumer trust and purchasing decisions. In addition, some online marketplaces have not yet provided a feature to filter relevant, latest, accurate, or complete information in the review. This study aims to analyze the influence of the information quality dimensions of EWOM on consumer behavior in purchasing products in the online marketplace. This study uses quantitative approach by surveying 1,266 online marketplace users in Indonesia who have purchased products and read the reviews in the last three months. The data were processed in AMOS 24 by using the covariance-based structural equation modeling method. The results shows that the four dimensions of EWOM information quality, namely relevance, timeliness, accuracy, and comprehensiveness significantly influence information quality. After that, information quality significantly influences social psychological distance and trust. Then, social psychological distance significantly influences trust and mediates the relationship between information quality and trust. Furthermore, trust significantly influences purchase intention. Finally, purchase intention significantly influences purchase decision. The results of this study can provide insight to assist online marketplace service providers in developing better online review features."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2021
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nathanael Surya Prawiro
"Tesis ini meganalisa faktor-faktor yang dihipotesiskan dapat mempengaruhi niat konsumen untuk membeli secara online. Ada lima variabel yang dihipotesiskan mempengaruhi niat untuk membeli secara online langsung yaitu Attitude, Product Knowledge, Online Information Search, Perceived Risk, and Trust. Model penelitian ini diambil dari berbagai peneliti seperti jurnal dan juga studi orang.
Menggunakan beberapa jurnal seperti, 'Online Purchase Determianants: Is Their Efect Moderated By Direct Experience?' by Broekhuizen and Huizingh 2009; 'The impact of online store environment cues on purchase intention: Trust and perceived risk as a mediator' by Chang and Chen, 2008; ?A Research Modeling to Understand Online Shopping Intention. Australian Journal of Basic & Applied Sciences? by Delafrooz, Paim, Khatibi, 2011; 'Consumer Behavior Research of Factors Influencing Online Purchase Intention' a thesis by Febriyanti, Institut Teknolgi Bandung, 2011.
Ada 13 hipotesis yang disimpulkan dari model yang dibangun. Berdasarkan 341 responden konsumer online di wilayah JABODETABEK yang mengetahui secara khusus tentang Bukalapak.com, ditemukan bahwa dari 5 variabel yang dihipotesiskan mempengaruhi niat beli online secara langsung, ditemukan bahwa sebenarnya dalam kenyataan hanya 2 variabel yang secara signifikan mempengaruhi niat untuk membeli secara online. Kedua variabel itu adalah Online Information Search dan Percieved Risk.

This thesis anlayzes the factors that are hypothesised to affect a consumer's intention to purchase online. There are five variables which are hypothesised to affect intention to purchase online directly which are Attitude, Product Knowledge, Online Information Search, Perceived Risk, and Trust. The model of this research is taken from various researchers such as journals and also past studies of people.
The journals used in some consists of 'Online Purchase Determianants: Is Their Efect Moderated By Direct Experience?' by Broekhuizen and Huizingh 2009; 'The impact of online store environment cues on purchase intention: Trust and perceived risk as a mediator' by Chang and Chen, 2008; 'A Research Modeling to Understand Online Shopping Intention. Australian Journal of Basic & Applied Sciences' by Delafrooz, Paim, Khatibi, 2011; 'Consumer Behavior Research of Factors Influencing Online Purchase Intention' a thesis by Febriyanti, Institut Teknolgi Bandung, 2011.
There are 13 hypotheses concluded from the model constructed. Based on 341 respondents in the JABODETABEK area who are online shoppers and know specifically about Bukalapak.com, it was found that from the 5 variable that are hypothesised to affect online purchase intention directly, it was found that there were actually in reality only 2 variables that significantly affects intention to purchase online. These two variables are online information search and perceived risk.
"
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>