Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 95728 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Dzulfikar Kardawi Sabik
"Penelitian ini membahas keabsahan jual beli kebendaan virtual dalam permainan online Seal Online Plus Indonesia. Metode penelitian skripsi ini adalah penelitian yuridis normatif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa kebendaan virtual adalah kebendaan tidak berwujud berupa kode komputer yang disimulasikan dengan menggunakan komputer dan memiliki kesamaan unsur dengan kebendan konvensional. Hukum yang mengatur mengenai kebendaan virtual antara lain hukum Hak Cipta, Hukum Benda, dan Hukum Perikatan. Peralihan kebendaan virtual melalui jual beli antar pemain adalah sah karena berdasarkan labor theory of property, pemain mempunyai hak untuk mengalihkan kebendaan virtual. Jika ada klausul dalam End-User License Agreement (EULA) dan Term of Service (ToS) yang melarang jual beli kebendaan virtual dengan mata uang asli, maka jual beli antar pemain tetap sah, namun pemain telah melakukan pelanggaran prestasi dalam EULA dan ToS (wanprestasi) sehingga dapat dikenakan sanksi seperti yang telah disetujui dalam EULA dan ToS. Jual beli kebendaan virtual dalam permainan Seal Online Plus Indonesia tetap sah, namun pelanggaran ketentuan dalam EULA dan ToS yang dilakukan pemain merupakan wanprestasi sehingga pemain dapat dikenakan sanksi berupa penutupan akun.

This research discussed validity of virtual property trade in online game Seal Online Plus Indonesia. This research is using normative legal research method. The result concluded that virtual property is intangible thing, a computer code simulated with computer or computer network, that mimics real world property characteristics. Legal provision governing virtual property can be found in the Copyright Law, Property law, and Contract Law. Transfer of virtual property among the players is valid because based on labor thory of property, they have the right to transfer it. If there is article in the End-User License Agreement (EULA) and Term of Service (ToS) agreed by the player and developer that forbid virtual property trade with real money, the transfer still valid but only among the players, and they would get sanction agreed in the EULA and ToS because of default of the contract. Virtual property real money trade among the players in Seal Online Plus Indonesia is valid and enforceable but only among the players. The sanction is their ID will be blocked by the provider because of default of the EULA and ToS.
"
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2014
S56320
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mahendra Adhi Purwanta
"ABSTRAK
Virtual property di dalam suatu permainan online pada umumnya kerap dianggap
sebagai suatu benda dan memiliki nilai ekonomis. Tesis ini membahas mengenai
ketentuan hukum yang mengatur mengenai virtual property dan peralihan atas virtual
property yang terjadi berdasarkan transaksi diantara para pemain. Metode penelitian
tesis ini adalah yuridis normatif. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa ketentuan
hukum yang mengatur mengenai virtual property dapat ditemukan di tiga aturan
hukum, yaitu hukum Hak Cipta, Hukum Benda, dan Hukum Perikatan. Peralihan
virtual property sebagai akibat dari transaksi atas pemain sifatnya adalah sah dan
enforcable, namun hanya diantara pemain saja, namun tidak enforcable jika terkait
dengan penyedia jasa permainan online.

Abstract
Virtual property in an online game is often regarded as an object and has economic
value. This thesis discusses the legal provisions regulating virtual property and
transfer of virtual property transactions that occur based on among the players. The
research method of this thesis is the normative juridical. The results of this study
concluded that the legal provisions governing virtual property can be found in the
three rules of law, which is Copyright Law, Property law, and Law of material.
Transfer of virtual property as a result of the transaction between players is a valid
and enforcable, but only among players, but not enforcable if associated with the
online game service provider."
2012
T31518
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Mohammad Rizky Rivaldy Tukuboya
"Peningkatan perkembangan jumlah pemain dan popularitas game di seluruh dunia, menyebabkan game online berkembang menjadi suatu industri kreatif yang potensial. Peningkatan jumlah pemain juga meningkatkan aktivitas transaksi digital terutama pada pembelian item virtual dalam game tersebut juga mengalami peningkatan. Pertumbuhan popularitas, penyebaran informasi serta kompetisi menjadikan industri game tetap tumbuh di tengah pandemi, dan menjadi penyumbang pendapatan negara dalam industri kreatif. Penelitian ini menginvestigasi faktor-faktor yang mempengaruhi intensi pembelian item virtual dalam game di Indonesia. Metode analisis data meliputi analisis deskriptif, analisis Top Two Boxes, dan analisis Partial Least Square (PLS). Dari 151 responden pemain game, distribusi hasil menunjukkan mayoritas berusia 18-34 tahun, berpendidikan sarjana, dan berpenghasilan kurang dari Rp.5.000.000. Hasil analisis PLS mengungkapkan bahwa kepuasan diri, utilitas harga, komunikasi media, dan kebijakan pemerintah memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Intensi Pembelian item virtual dalam game. Kepuasan bermain game, harga produk virtual, informasi yang diperoleh dari media sosial, dan kebijakan pemerintah mendukung mempengaruhi intensi pembelian pemain. Hasil pengujian hipotesis menyatakan bahwa seluruh hipotesis diterima, menandakan hubungan signifikan antara variabel yang diteliti. Kesimpulannya, penelitian ini menggarisbawahi pentingnya faktor-faktor psikologis dan ekonomi dalam memahami perilaku pembelian item virtual dalam game. Dengan demikian, pemerintah perlu meningkatkan regulasi dan sosialisasi tentang transaksi yang sah dan legal dalam game.

The rising of game popularity and numbers of players around the world causing online game flourish as potential creative industry. The rising numbers of player also increasing digital transaction mainly in virtual item purchasing. The growing popularity of video game, spreading of information, and gaming competitiveness cause the industry to keep growing in the midst of pandemic and becoming a contributor to national revenue within creative industry. This study investigates the factors influencing the purchase intention of virtual items in games in Indonesia. Data analysis methods include descriptive analysis, Top Two Boxes analysis, and Partial Least Square (PLS) analysis. From 151gamers respondents, the distribution of results indicates that the majority are aged between 18 to 34 years, have a bachelor's degree, and earn less than IDR 5 Million. The PLS analysis shows that Enjoyment, Price Utility, Media Communication, and Government Initiatives have a positive and significant influence on the Purchase Intention of virtual items in games. Player satisfaction, virtual product price, information obtained from social media, and government policies have significant impact in affecting players' purchase intentions. The hypothesis testing results shows that all hypotheses are accepted, signifying a significant relationships between the variables examined. In conclusion, this study highlights the importance of psychological and economic factors in understanding virtual items purchasing behaviour in games. Thus, the government needs to enhance regulation and socialization about the legitimate and legal transactions in gaming. "
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Stefanus Andriano
"Tesis ini membahas proses komunikasi online menuju offline komunitas virtual di Indonesia. Selain proses komunikasi, tesis ini juga membahas konsep 'from cyber to brother' yang terjadi dalam komunitas virtual di Indonesia. Untuk dapat mengetahui proses komunikasi online ke offline dan konsep 'from cyber to brother' yang terjadi dalam komunitas virtual di Indonesia maka digunakan studi etnometodologis dengan pendekatan interpretatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua skema dalam proses komunikasi online menuju offline yaitu skema sirkular (loop) dan spontanitas (linier). Untuk dapat menemukan konsep 'from cyber to brother' dalam komunitas virtual di Indonesia, peneliti menggunakan observasi dan wawancara mendalam terhadap anggota komunitas virtual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi konsep 'from cyber to brother' dalam komunitas virtual di Indonesia.

This thesis discussed the process on online to offline communication virtual community in Indonesia. Other than the process of the communication itself, this thesis also discussed the concept of 'from cyber to brother' which occured on virtual community in Indonesia. In order to found out whether the process of online to offline communication and 'from cyber to brother' concept occured on virtual community in Indonesia, therefore the author used ethnomethodology method with interpretative approach.
The result showed that there were two schemes on the process of offline to online community, which were circular scheme (loop) and spontaneous (linear). Other ways to found out the concept of 'from cyber to brother' on virtual community in Indonesia, the author engaged with the members of virtual community in terms of observation and interview. The finding showed that the concept of 'from cyber to brother' was indeed occurred on virtual community in Indonesia.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2015
T44508
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Universitas Indonesia, 2007
S21326
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"The development of online games is so high that leads many companies to compose games. To increase competitiveness, extra service is needed for the customers. Before giving service, online games provider has to know what factor that motivates player to buy online games and virtual items that are presented in order to increase competitiveness. The research is done by using case of online games perfect world, where the area of respondents is Jakarta and the age ranges between 15 to 24. This research involves survey for 186 respondents in which 30 respondents are for pilot test while 156 are for actual test. The data processing is used SEM which the measurement variables consist of effort expectancy, performance expectancy, perceived value, enjoyment story, enjoyment length, enjoyment graphic, enjoyment control, customization, purchase intention and actual purchase behavior. The result of research shows that motivation factor that has high effect to purchase intention is perceived value, enjoyment story, enjoyment length, enjoyment control and customization. While, purchase intention affects actual purchase behavior significantly
"
621 COMMIT 8 (1-2) 2014
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Rendra
"Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk meneliti perbedaan perceived risk antara online shoppers dan non-online shoppers pada jual beli online. Non online shoppers adalah responden yang belum memiliki pengalaman sama sekali dalam berbelanja online. Sedangkan online shoppers adalah responden yang sudah memiliki pengalaman dalam berbelanja secara online.Dalam penelitian ini penulis mengkhususkan objek penelitiannya yaitu jual beli melalui media internet dalam bentuk forum jual beli. Dimensi-dimensi perceived risk yang digunakan dalam penelitian ini adalah financial risk, psychological, time risk, privacy risk, fraud risk, product risk, information risk, dan delivery risk. Dari hasil penelitian ini, diketahui bahwa terdapat perbedaan perceived risk antara online shoppers (pada forum jual beli kaskus.us) dan nononline shoppers pada jual beli online di internet. Responden non-online shoppers mempunyai nilai rata-rata perceived risk yang lebih tinggi dari online shoppers yang artinya responden non-online shoppers merasakan risiko lebih tinggi daripada responden online shoppers.

The main purpose of this study was to examine the perceived risks diferent between online shoppers and non-online shoppers at e-commerce. Non-online shoppers is respondent's cattegory who had no experience at all in online shopping. While online shoppers is the respondents who already had experience in in online shopping. This study specialize the form of buy and sell forum as research object. In this study also elaborated the dimentions of perceived risk in online shopping at pervious research. Those the dimensions of perceived risk used in this study is financial risk, psychological, time risk, privacy risk, fraud rsik, product risk, information risk, and delivery risk. The results of this study, it is known that there are differences between online shopper's perceived risk (in the buy and sell forum kaskus.us) and non-online shopper's perceived risk in online shopping. As expected, non-online shoppers viewed online shopping riskier than did online shoppers."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2011
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Hasibuan, Salman
"Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi proses interaksi virtual anak, faktor yang mendukung serta upaya orangtua .un keluarga meminimalisir kegiatan anak bermain game online. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan unit analisis lh anak-anak usia 6 sampai 11 tahun yang bermain game online. Pengumpulan data dilakukan selama tiga bulan melalui observasi awancara mendalam. Temuan penting penelitian ini adalah proses interaksi virtual anak dilihat dari formasi struktur keluarga dan ngan karena turut membentuk konsepsi anak tentang proses interaksi yang mereka gel uti setiap hari. Faktcr yang mendorong anak aingame online yakni kesibukan orangtua karena bekerja, kedekatan rumah dengan warung internet, pengaruh rekan sebaya yang am game online, dan orangtua yang bercerai. Upaya yang dapat dilakukan orangtua dan keluarga untuk mengurangi aktivitas anak aingame online yakni memberikan perhatian khusus dalam hal pengasuhan anak dan kasih sayang dengan cara tidak memberikan f"
Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Sumatera Utara, 2016
384 JPPKI 7:2 (2016)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Arief Rahadian
"ABSTRAK
Dalam beberapa tahun terakhir, dunia dikejutkan dengan perkembangan
pesat industri Massive Multiplayer Online Game (MMOG). MMOG, atau yang
biasa disebut dengan ?game online? merupakan jenis video game yang
memungkinkan terjadinya interaksi antar pemain terlepas dari batasan geografis.
Salah satu ciri khas dari MMOG adalah fenomena Real Money Trade (RMT), atau
penjualan barang-barang virtual dengan tujuan mendapatkan mata uang asli.
Penelitian kualitatif ini berusaha mengeksplorasi nilai barang virtual dari pihak
pembeli dan penjual yang terlibat dalam RMT. Penelitian ini juga berusaha untuk
menemukan faktor-faktor yang terlibat dalam penilaian barang virtual oleh kedua
pihak tersebut.
Dengan menggunakan padangan Simmel mengenai filosofi uang, penelitian
ini menghasilkan beberapa temuan. Pertama, jarak individu terhadap barang
menentukan apakah sebuah barang virtual bernilai, atau tidak. Jarak individu
terhadap barang sendiri bersifat dinamis dan turut dipengaruhi oleh lingkungan
sosial individu. Kedua, terdapat dualitas posisi antara penjual dan pembeli yang
disebabkan oleh cairnya jarak antara individu dan barang. Sebuah barang yang
sudah dibeli bisa dianggap tidak bernilai di kemudian hari, berujung pada penjualan
barang tersebut. Ketiga, pembelian dan penjualan dapat dilihat sebagai permainan
jarak, dimana penjual mengorbankan jarak antara dirinya dengan barang yang
dijualnya untuk melampaui jarak antara dirinya dan barang lain yang
diinginkannya.

ABSTRACT
In the past few years, the world witness the rapid growth of gaming industry,
especially Massive Multiplayer Online Game (MMOG) industry. MMOG, or online
game is a type of video game which allows the user interact with the other users,
despite the sheer geographical and social boundaries. One of the most remarkable
thing happening in MMOG is the phenomena of Real Money Trade (RMT). RMT
is defined as selling virtual objects in order to get real currency. This qualitative
study embark on a mission to discover, and to some extend, explore the underlying
factors behind the values of virtual objects in the eyes of both the buyers and the
sellers.
This paper is using Simmel?s thought on the value of object from his work
?The Philosophy of Money? as a theoritical base. There are some interesting
findings found from the data in this paper. First, The distance between the
individual and the object matters. The distance itself is constantly changing and
being affected by the indvidual?s social environment. Second, there is some kind of
duality in the position of buyers and sellers. The value of an object, that is constantly
changing can make the holder seek for the other object that they desire, selling the
first object in the process, turning them from buyers into sellers. Third, the act of
buying and selling can be seen as a distance-play, where the buyer sacrifice his
distance with the object that he doesn?t value in order to get the object that he wants."
2015
S60954
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Niat pembelian in-game item pada game online telah menarik perhatian pada beberapa penelitian. Sebagian besar studi didasarkan pada faktor rasional. Penelitian ini menganalisis niat beli in-game item pada game online first-person shooter (FPS) dengan faktor rasional, faktor individu, faktor irasional, dan faktor yang berhubungan dengan game. Survei online dilakukan kepada 107 pemain Valorant, CS:GO, Fortnite, Apex Legends, atau PUBG: BATTLEGROUNDS. Structural equation modeling (SEM) dari data yang dikumpulkan menunjukkan bahwa niat untuk membeli ­in-game item pada game online FPS tidak hanya dipengaruhi oleh faktor rasional, tetapi juga oleh faktor individu, faktor irasional, dan faktor terkait game.

The purchase intention of in-game items in online games has attracted the attention of several studies. Most of the studies are based on rational factors. This study investigated determinants of purchase intention of in-game items on first-person shooter (FPS) online games with rational factors, individual factors, irrational factors, and game-related factors. An online survey was conducted with 107 players of Valorant, CS:GO, Apex Legends, or PUBG: BATTLEGROUNDS. Structural equation modeling (SEM) of the collected data showed that the purchase intention of in-game items on FPS online games was influenced not only by rational factors, but also by individual factors, irrational factors, and game-related factors.
"
[Depok, Depok]: [Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia], 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>