Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 158212 dokumen yang sesuai dengan query
cover
A. Malina Az Zahra
"ABSTRAK
Manusia adalah makhluk yang bergerak berdasarkan kebutuhannya dalam hidup.
Dalam rangka pemenuhan kebutuhan, manusia memerlukan sumber daya yang
jumlahnya terbatas. Kondisi ini membuat kompetisi menjadi suatu keniscayaan
yang sulit dielakkan. Untuk meraih sumber daya yang diinginkan, manusia tidak
bergerak secara individual melainkan melalui kerjasama dengan berbagai manusia
lainnya hingga membentuk suatu jaringan sosial. Kegiatan pasar kaget telah
menempati kawasan perumahan Grand Depok City selama lebih dari enam tahun.
Jaringan sosial yang terbentuk dari kompetisi penguasaan lahan di kawasan yang
ditempati pasar kaget terbagi menjadi dua pengelompokan yang saling
berlawanan yaitu “pro pasar kaget” dan “kontra pasar kaget”. Keduanya
menghubungkan individu di dalamnya dengan “koordinasi” melalui pengaktifan
persamaan dan perbedaan dalam rangka persiapan kerja sama untuk meraih
sumber daya lahan. Hal ini dilihat melalui penelusuran interaksi sosial yang
tergambarkan melalui pertukaran barang/jasa yang terjadi di dalamnya.
Barang/jasa yang ditawarkan dalam proses pertukaran memiliki nilai yang
disepakati oleh orang-orang yang melakukan transaksi. Interaksi yang melibatkan
pertukaran ini membentuk ikatan di antara para pelaku meskipun tidak semua
ikatan menjadi setara tetapi juga hubungan yang hierarkis seperti hubungan
patron-klien. Para aktor bisa terhubung dengan aktor lainnya melalui lebih dari
satu jenis hubungan bahkan yang hierarkis dan yang setara sekaligus sehingga
menghasilkan hubungan multipleksitas.

ABSTRACT
Human acts as he fulfills his needs in life. Fulfillment of a need requires a
resource which amount is limited. This condition makes competition becomes
inevitable. To achieve the desired resource, humans did not move individually
except through cooperation with various other human beings to form a social
network. Pasar kaget activity has been occupying Grand Depok City residential
area for over six years. The social network that is formed from the competition of
land mastery in the area of the market is divided into two opposite groupings,
namely “pro pasar kaget” and “contra pasar kaget”. Both groupings connect
individuals in it with “coordination” through activation of similarity and
dissimilarity in order to prepare the cooperation to reach the resources. This has
been seen by tracking social interactions that are captured through exchange of
goods/services within it. Goods/services offered in the exchange process has a
value that is aggreed by the transacting parties. Interactions that involved this
exchange generated ties among the actors although not all ties becomes equivalent
but also the hierachical relations such as patron-client relations. The actors could
connect with other actors through more than one kind of relationship even
hierarchical and solidarity simultaneously so that it produce multiplexity
relationship."
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
S57532
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rizky Amelia
"Pekerjaan merupakan hal penting untuk seseorang dapat memenuhi kebutuhan hidupnya, namun lapangan pekerjaan yang tersedia tidak sesuai dengan jumlah pelamar yang ingin mendapatkan pekerjaan. Adanya perkembangan moda transportasi yang mengarah pada sebuah transportasi berbasis online justru membuka adanya lapangan pekerjaan baru. Penelitian ini bermaksud untuk melihat bahwa peran jaringan offline dirasa penting bagi seseorang unutk memperoleh sebuah pekerjaan tersebut, walaupun pekerjaan itu menerima rekrutmen online. Studi ini menemukan bahwa suatu jaringan sosial dapat berperan untuk mendorong seseorang dalam memperoleh suatu pekerjaan dalam konteks masyarakat jaringan yang membuat kesejahteraan ekonomi sesorang semakin besar melalui peningkatan pada ekonomi. Peran jaringan juga dapat meningkatkan solidaritas sosial dengan sesama rekan seprofesi. Peneliti memilih daerah Jakarta, karena kasus yang akan diangkat dalam penelitian ini merupakan fenomena yang baru dan sedang terjadi di Jakarta, sehingga penelitian ini berada di Jakarta. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik wawancara mendalam dengan menetapkan beberapa kriteria dalam pemilihan informan, berdasarkan kriteria tersebut informan yang sesuai dapat dipilih dan dijadikan sebagai narasumber dalam penelitian ini.
Job is necessary so that people can fulfill their needs, but the job availability is not in accordance with the number of applicants. The development of transportation nowadays that leads to online based transportation actually opens jobs. This research heads for understanding that roles of offline network is important for people who would like to apply for the jobs although the company has online recruitment. This study finds that social network plays a role to lead someone to get a job in terms of the network society that enhances someone economic welfare through the development of economy. The role of network could also enhance social solidarity for people who have the same jobs. Researcher chose Jakarta because a case that would be pointed is a new phenomenon and is happening in Jakarta so that the research would be conducted in Jakarta. Researcher used qualitative approach by doing interview, before doing the interview researcher determined some criterion to choose the informants. The chosen informants would be chosen as interviewees for this research."
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
"The economic importance of social interactions not mediated by the market has long been recognized. However, it is only the emergence of network analysis that has supplied a useful method of study. The editors have performed a signal service by their anthology of important articles. They have covered all the major studies and represented well the rapid emergence of a new and important field, to which they have been among the most significant contributors.' - Kenneth Arrow, Stanford University, US.This comprehensive two-volume set brings together important contributions providing fundamental economic analyses of social networks and the central roles they play in many facets of our lives."
Northampton: An Elgar research collection, 2013
302.4 ECO
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Nurizati
"Di era perdagangan bebas saat ini semua jenis industri akan bersaing, baik produk merek lokal maupun internasional. Namun terdapat perusahaan pemula yang memproduksi merek lokal mampu berkembang dan menembus pasar internasional. Penulis memandang perusahaan tersebut memiliki jaringan sosial yang luas dengan berbagai macam jenis industri maupun organisasi lain. Argumen utama studi ini adalah individu atau organisasi yang memiliki posisi di rongga struktur memainkan peran penting dalam mendorong perkembangan perusahaan. Posisi tersebut dapat menghubungkan antara kelompok yang tidak terhubung satu sama lain dan mendorong tumbuhnya jaringan bisnis yang lebih luas. Studi ini berupaya memperkaya prinsip jaringan sosial yang dikemukakan oleh Granovetter. Berbeda dengan argumen pada studi-studi sebelumnya yang menyatakan bahwa kunci sukses perkembangan perusahaan karena adanya strategi manajemen perusahaan dan budaya organisasi yang baik, inovasi produk, dan berjejaring dengan kelompok yang memproduksi produk lokal lainnya. Studi ini mengungkapkan bahwa adanya aktor di posisi strategis yang dapat menghubungkan perusahaan ke berbagai jenis industri dan organisasi lain. Sehingga perusahaan dapat terhubung dengan jaringan yang lebih luas lagi dan mendorong perkembangan perusahaan. Jaringan sosial yang dibangun oleh perusahaan memiliki peran dalam menciptakan suatu produk, meningkatkan kualitas dan inovasi produk, serta pemasaran produk melalui kerja sama dengan berbagai jenis organisasi atau industri lainnya. Melalui metode kualitatif dalam bentuk studi kasus, data dikumpulkan dengan wawancara mendalam, observasi, dan data sekunder yang terkit.
In an era of free trade nowadays, all kinds of industries will compete, whether they are local or international companies. This study focuses on a growing start-up company produces goods with a local brand and capable of reaching international market. The author sees that this company has an extensive social network with various other industries or organizations. The main argument of this study is that an individual or an organization that fills a position in structural holes plays an important role in pushing the company towards development. This position creates a connection between groups that were formerly not connected to and pushes the creation of broader network of business. This study tries to enrich concepts of social network put forward by Granovetter. This is in contrast to previous studies which established theses that good management strategy and organizational culture, product innovation, and networking with fellow local manufacturer are the keys success in company development. It reveals that an existence of an actor in strategic positions can connect his or her company to many kinds of industries and other organization, resulting in broader company development. Social network developed by the company has a role in creating a product, improving quality and innovation of product, and marketing of product through partnership with various other organizations or industries. Through qualitative methods in a form of case study, data were collected through in-depth interview, observations, and other related secondary data."
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Nur Raissa Salsabila
"Knowledge sharing menjadi aspek yang krusial di lingkungan perguruan tinggi yang dilakukan untuk memaksimalkan distribusi pengetahuan di antara para mahasiswa. Saat ini kegiatan knowledge sharing di kalangan mahasiswa banyak dilakukan secara daring melalui online/virtual community pada media sosial. Terdapat beberapa faktor yang dapat memengaruhi kegiatan knowledge sharing melalui media sosial, seperti importance of knowledge exchange, perceived usefulness of socmed, dan virtual community outcomes . Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mengenai pengaruh importance of knowledge exchange dan perceived usefulness terhadap knowledge sharing melalui variabel virtual community outcomes sebagai mediasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada 178 responden mahasiswa di Jabodetabek. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan SEM-PLS yang diolah menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistics 20 dan SmartPLS 4. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa virtual community outcomes dapat memediasi dengan positif dan signifikan hubungan antara importance of knowledge exchange dan perceived usefulness of socmed dengan knowledge sharing . Namun, ditemukan hubungan yang negatif dan tidak signifikan antara importance of knowledge exchange dan perceived usefulness of socmed dengan knowledge sharing secara langsung.

Knowledge sharing is a crucial aspect in the higher education environment, undertaken to maximize the distribution of knowledge among students. Currently, the practice of knowledge sharing among students is predominantly carried out online through virtual communities on social media. Several factors can influence knowledge sharing activities through social media, such as the importance of knowledge exchange, perceived usefulness of social media, and virtual community outcomes. This study aims to analyze the impact of the importance of knowledge exchange and perceived usefulness on knowledge sharing through the variable of virtual community outcomes as a mediator. The research employs a quantitative approach by distributing questionnaires to 178 student respondents in Jabodetabek. The data analysis technique used is SEM-PLS processed using IBM SPSS Statistics 20 and SmartPLS 4. The results of this study indicate that virtual community outcomes can mediate positively and significantly the relationship between the importance of knowledge exchange and the perceived usefulness of social media with knowledge sharing. However, a negative and nonsignificant relationship was found between the importance of knowledge exchange and the perceived usefulness of social media with knowledge sharing directly."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nadine Mediha Bahwal
"Pandemi COVID-19 telah menyebabkan krisis ekonomi di Indonesia. Industri pusat perbelanjaan sebagai tempat transaksi masyarakat terdampak cukup parah terutama dengan percepatan peralihan metode berbelanja menjadi online. Tujuan dari penelitian ini adalah mencari alternatif strategi pemulihan performa pusat perbelanjaan. Metode SWOT digunakan identifikasi faktor internal dan eksternal perusahaan melalui wawancara ahli. Metode Fuzzy AHP dilakukan untuk mendapat bobot setiap faktor internal dan eksternal SWOT tersebut. Metode Complex Proportional Assessment (COPRAS) digunakan untuk evaluasi performa alternatif strategi. Penelitian ini menghasilkan dua prioritas strategi, yaitu penyediaan fasilitas vaksinasi dan penyediaan fasilitas buy online pick up offline (BOPIS).

The COVID-19 pandemic has caused an economic crisis in Indonesia. The shopping center industry as a place for public transactions has been severely affected, especially with the acceleration of the transition to online shopping platforms. The aim of this study is to find an alternative strategy to restore the performance of shopping centers. SWOT method is used to identify the company's internal and external factors obtained through expert interviews. The FAHP method is used to obtain the weight of each internal and external SWOT factor. The Complex Proportional Assessment (COPRAS) method is used to evaluate the performance of each alternative strategies. This study resulted in two strategic priorities, accommodate a vaccination facility and provide buy online pick up offline (BOPIS) method facilities"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Silalahi, Debora Kristina
"Perkembangan informasi dan teknologi telah mendorong peningkatan dan pentingnya media sosial. Dapat dilihat dengan berkembangnya tren belanja online melalui social media, yang mana dalam hal ini social commerce muncul sebagai evolusi dari e-commerce tradisional. Teknologi media sosial dan social commerce memungkinkan kegiatan komersial yang memanfaatkan fungsi interaksi yang terjadi melalui sosial media. Faktor penting yang mempengaruhi pengguna dalam mengambil keputusan dalam social commerce adalah trust dan flow experience yang dirasakan pengguna. Pengguna membangun kepercayaan dan terlibat dalam aktivitas belanja melalui social commerce melalui kemudahan pengguna dalam mencari informasi yang dibutuhkan melalui penilaian konsumen lain, komentar, dan rekomendasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, menggunakan data primer melalui survey online dari 229 responden pengguna Facebok di Indonesia, yang belum pernah melakukan pembelian produk fashion. Hasil penelitian ini menunjukkan visibility, forum and communities, serta rating and reviews berpengaruh positif terhadap trust, sedangkan metavoicing, guidance shopping, rating and reviews, recommendation and referrals tidak berpengaruh terhadap trust. Visibility, metavoicing, guidance shopping dan forum and communities berpengaruh positif terhadap flow experience, sedangkan rating and reviews, recommendation and referrals tidak berpengaruh terhadap flow experience. Dalam penelitian ini trust dan flow experience berpengaruh positif terhadap intention to buy. Diharapkan penelitian ini dapat membantu untuk mengoptimalkan penggunaan social commerce dengan memperhatikan pengaruh it-affordance dan social commerce constructs.

The development of information and technology has encouraged the increase and the importance of social media, it can be seen with the rising trend of online shopping through social media, in this case, Social Commerce emerged as an evolution of traditional E-Commerce. Social media technology and Social Commerce enable commercial activities that take advantage of the interaction function of social media. In Social Commerce, trust and experience of user interaction are important factors that influence users in making decisions. Users build trust and engage in shopping activities on social commerce by easily finding important information needed through other consumer ratings, comments, and recommendations. This study aims to develop a research model to determine the effect of IT-Affordance and Social Commerce Constructs on intention to buy mediated by Trust and Flow experience on Facebook users in the perspective of the Stimulus-Organism-Response (SOR) model. This research is quantitative, purposive sampling approach is used to achieve the research objectives. Data were collected from 229 respondents of Facebook users in Indonesia, through online surveys and analyzed using PLS-SEM. The result is visibility, forum and community, rating and review on Facebook influenced trust, and visibility, guidance shopping, forum and community, rating and review on Facebook social commerce can affect the flow experience. In this study, it can also be seen how trust and flow experience have a positive effect on intention to buy. Thus, can help to optimize the use of social commerce in commercial activities."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Al Habsyi
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran consumer hope dalam menjelaskan hubungan perceived value dengan goal attainment, satisfaction, trust, dan commitment serta pengaruh moderasi customer goal attainment terhadap hubungan consumer hope dengan satisfaction, trust, dan commitment pada konteks pembelian melalui ritel online. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penduduk Indonesia berusia 18 tahun ke atas dan sering membeli produk fashion atau beauty secara online selama setahun terakhir. Data yang berhasil dikumpulkan adalah sebanyak 943 responden yang kemudian diolah menggunakan metode structural equation modeling (SEM). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perceived brand value quality, price, social, dan emotional memiliki peran penting terhadap consumer hope. Penelitian ini juga menunjukkan consumer hope berperan penting terhadap konsekuensi positif hubungan konsumen-brand. Selain itu, goal attainment juga terbukti memoderasi secara positif hubungan antara consumer hope dan customer commitment namun tidak pada customer satisfaction dan customer trust. Saran manajerial dan penelitian selanjutnya dibahas dalam penelitian ini.

This study aims to determine the role of consumer hope in explaining the relationship of perceived value with goal attainment, satisfaction, trust, and commitment as well as the impact of customer goal attainment moderation on the relationship of consumer hope with satisfaction, trust, and commitment in the context of purchasing through online retail. The sample used in this study is that Indonesian citizens aged 18 years and over and often buy fashion or beauty products online for the past year. Data were collected from 943 respondents who were then processed using structural equation modeling (SEM). The results of this study indicate that perceived brand value quality, price, social, and emotional have an important role in consumer hope. This study also shows that consumer hope plays an important role in the positive consequences of consumer-brand relationship. In addition, goal attainment is also proven to positively moderate the relationship between consumer hope and customer commitment, but not to customer satisfaction and customer trust. Managerial implications and further research are discussed in this study.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Safitri
"ABSTRAK
Perkembangan teknologi di era industri 4.0 menyebabkan munculnya perusahaan generasi terbaru yang memanfaatkan internet dan teknologi bernama startup digital. Namun, perkembangan startup digital dapat terhambat karena tingkat kegagalan yang tinggi dan dapat menyebabkan burnout kerja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dukungan sosial terhadap burnout kerja yang dimediasi oleh koruminasi dan efikasi diri. Responden dalam penelitian ini berjumlah 301 yang merupakan pekerja milenial di startup digital Indonesia dan diolah melalui metode Structural Equation Modelling (SEM). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dukungan sosial berpengaruh secara langsung terhadap burnout kerja. Selain itu, koruminasi dan efikasi diri juga memediasi sebagian dari hubungan antara dukungan sosial dan burnout kerja. Sebagai penutup, studi ini menjelaskan implikasi manajerial terkait dukungan sosial, burnout kerja, koruminasi, dan efikasi diri.

ABSTRACT
The development of technology in the era of industry 4.0 led to a new type of business involved in the use of networks and technologies named digital startup. However, the development of digital startup business can be hampered due to high failure rate and caused job burnout. This study aims to analyze the impact of social support towards job burnout by the mediation of co-rumination and self-efficacy. The sample are 301 millenials worker who work in digital startup company in Indonesia and processed by using Structural Equation Modelling (SEM) method. The result of this study indicate that social support has a direct effect on job burnout. It also proves that co-rumination and self-efficacy partially mediates the relationship between social support and job burnout. In the end, this study explains the managerial implications related to the human resources management in terms of social support, job burnout, co-rumination, and self-efficacy."
2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Watsiq Billah
"Dinamika perkotaan terlihat jelas pada kehidupan sehari-hari pedagang kaki lima di persimpangan Pasar Rebo Jakarta Timur yang tidak hanya berdampingan oleh kelompok kelompok informal, tetapi juga berdampingan dengan kelompok-kelompok formal. Jalinan relasi sosial yang saling menguntungkan satu sama lain dan telah berlangsung cukup lama membuat kelompok-kelompok yang bersangkutan merasa nyaman dengan kondisi tersebut. Relasi sosial yang mereka jalin membentuk sebuah jaringan kerja sama. Penelitian etnografi dengan metode pengamatan terlibat dan wawancara mendalam ini akan memerlihatkan adanya relasi sosial cair yang bersifat horizontal antara pedagang kaki lima dengan sesama kelompok informal, serta relasi sosial yang bersifat vertikal antara pedagang kaki lima dengan kelompok formal, membuat pedagang kaki lima tetap langgeng berjualan di pinggir jalan persimpangan Pasar Rebo. Fenomena ini memberikan pemahaman bahwa pemetaan yang baku terhadap sektor pekerjaan formal dan informal nampak tidak terlalu berlaku pada masyarakat perkotaan yang sangat dinamis dalam menjalankan kehidupannya sehari-hari. Identitas berdasarkan status sosial tidak lagi terlihat begitu penting, karena dalam relasi masyarakat perkotaan yang terpenting adalah bagaimana cara bertahan hidup dengan terus menjaga kenyamanan bekerja sera stabilitas aliran pendapatan. Akan selalu ada negosiasi-negosiasi pada aktivitas sehari-hari masyarakat perkotaan, bahkan di bawah aturan yang paling mengikat dari negara sekalipun.

The dynamics of urban areas is clearly visible in the daily lives of street hawkers in the crossroad of Pasar Rebo in East Jakarta which not only side by side by the informal group, but also side by side with the formal groups. Interwoven social relationships of mutual benefit to each other and have lasted long enough to make the groups concerned are comfortable with the condition. Social relationship which they intertwine to form a cooperation network. This ethnographic research with participant observation and deep interview reveals the liquidity of horizontal social relations between the street hawkers with a fellow group of informal social relations, as well as vertical between street hawkers with formal groups, make street hawkers remain lasting selling in the Pasar Rebo street crossroad Street. This phenomenon gives the understanding that the old mapping against the formal and informal sector appears not too applies in urban communities who are very dynamic in running their lives everyday. Identity based on social status no longer looks so important, because in most urban communities relations is how to survive by continuing to maintain the comfort of the work and the stability of income. There will always be negotiations on the daily activities of urban society, even under the most binding rules from the State though."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2018
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>