Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 53561 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Josefine Yaputri
"Skripsi ini membahas tentang lima perempuan Indonesia yang menuliskan pengalaman bepergian mereka dalam travel blog. Kelima perempuan penulis travel blog asal Indonesia menulis dalam empat travel blog yang berbeda, yaitu Saphira Zoelfikar dan Murni Amalia, pemilik travel blog Indohoy, Debby Leksono dengan travel blog Debbzie, Agata Filiana dengan travel blog Dream Explore Wander, dan Marischka Prudence dengan travel blog Life is an Absurd Journey. Pendekatan utama penelitian adalah teori gender dan teori travel writing. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana para perempuan penulis travel blog menilai tulisan mereka sendiri, bagaimana tulisan para perempuan penulis travel blog mencerminkan pandangan mereka dalam melihat diri mereka sendiri sebagai penulis travel blog sekaligus pejalan yang bergender perempuan, dan bagaimana tulisan para perempuan penulis travel blog mencerminkan pengalaman bepergian yang dapat membentuk femininitas, juga femininitas yang dapat membentuk pengalaman bepergian. Dengan melakukan studi literatur dan wawancara, penelitian ini berusaha mencapai tiga tujuan tersebut. Dari penelitian ini, penulis telah mengambil kesimpulan bahwa tulisan dapat mencerminkan bahwa pengalaman bepergian turut membentuk femininitas perempuan dan femininitas dapat membentuk pengalaman bepergian.
This undergraduate thesis discusses about five Indonesian women who write their travels through travel blogs. Five Indonesian female travel writers write in four different blogs, and they are Saphira Zoelfikar and Murni Amalia, the owners of Indohoy, Debby Leksono with the travel blog titled Debbzie, Agata Filiana with the travel blog titled Dream Explore Wander, and Marischka Prudence with the travel blog titled Life is an Absurd Journey. The main approaches of this research are gender theory and travel writing theory. This research aims to reveal how female travel writers assess their own writings, how the works of female travel writers reflect their views in viewing themselves as female-gendered travel writers and travelers, how the works of female travel writers reflect their travel experiences which can shape their femininity, and their femininity which can shape their travel experiences. By conducting literary study and interviews, this study tries to achieve those three objectives. From this study, the author has concluded that writings may reflect that travel experiences help shaping women’s femininity and women’s femininity can help shaping their travel experiences."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S55846
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yogi Widiawati
"ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan berdasarkan pada pandangan bahwa pagar merupakan peranti bahasa yang digunakan oleh penulis akademik untuk menghindari ketidakpastian penulis akademik terhadap isi klaim yang diajukan kepada pembaca. Penggunaan pagar ini juga dimaksudkan untuk melakukan mitigasi (memperlunak) klaim yang dianggap keras untuk menghindari konflik yang mungkin muncul pada pembaca karena isi klaim yang diajukan masih bersifat sementara.
Mengetahui bagaimana akademisi Indonesia menyampaikan klaim ilmiahnya dalam tulisan akademik berbahasa Inggris merupakan tujuan utama penelitian ini. Korpus Data diambil dari 10 disertasi berbahasa Inggris dari sebuah universitas di Jakarta. Korpus data yang diteliti bukan merupakan teks utuh tetapi hanya berupa kalimat-kalimat yang mengandung peranti pagar. Penelitian ini tidak dikaitkan dengan kompetensi bahasa Inggris penulis yang menjadi objek penelitian ini.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan pisau analisis yang terdiri dari prinsip kerjasama (PKS) yang dikemukakan oleh Grice (1975, 1991), teori klaim dari Toulmin (1962, 2003), serta teori klasifikasi pemagaran dan sikap yang dikemukakan oleh Hyland (1996a, 1996b, 1998, 2004). Teori PKS digunakan untuk menganalisis pematuhan bidal yang dipersyaratkan dalam proses komunikasi, sedangkan teori Toulmin digunakan untuk melihat keakurasian isi klaim. Teori Hyland digunakan untuk melihat strategi pemagaran yang digunakan penulis sesungguhnya menyiratkan sikap ilmiah penulis Indonesia terhadap klaim yang dibuat.
Temuan yang sangat penting dari penelitian ini adalah temuan tentang sikap ilmiah akademisi Indonesia yang berada pada posisi netral (gradasi keyakinan menurut Hyland adalah yakin, netral, dan tidak yakin) yang tampak dari attitudinal markers yang tercantum pada tingkat gradasi tersebut. Hal ini berarti bahwa akademisi Indonesia berusaha menempatkan dirinya pada posisi aman.
"
2017
D2427
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Siti Fatimah Ningrum
"ABSTRAK
Penelitian ini menggambarkan persepsi wisatawan asal Jerman yang tercermin
dalam blog mereka tentang pariwisata Sumatera Utara sesuai dengan pengalaman
perjalanan wisata, khususnya di kota Medan, Danau Toba dan Bukit Lawang.
Pilihan kata pada tulisan di blog merupakan gambaran sikap penulis sebagai
wisatawan mancanegara yang memiliki latar belakang budaya berbeda dalam
memandang perjumpaan antarbudaya Jerman dan Indonesia, khususnya yang
terkait dengan unsur alam dan lingkungan, unsur akomodasi, transportasi dan
prasarana pariwisata, serta unsur sosial budaya (termasuk di dalamnya kuliner,
bahasa, seni, agama, adat istiadat dan nilai-nilai yang berlaku dan interaksi sosial
dengan masyarakat setempat). Foto dan video dalam blog juga berperan
mendukung unsur verbal dan merupakan kesatuan untuk menyampaikan pesan
secara utuh.

ABSTRACT
This study describes the perspective of German tourists as depicted in the blogs
about North Sumatra Tourism as experienced during their visits, especially in
Medan, Lake Toba, and Bukit Lawang. The word choice the Authors’ attitude as
foreign tourists who have different cultural backgrounds in viewing the
intercultural encounter between German and Indonesian, specifically in relation to
the elements of nature and environment, accomodations, transportation and
infrastructure,as well as the socio-cultural elements such as culinary, art, religion,
tradition and local values and the social interaction with the local community.
Photos and videos in the blogs support verbal elements to deliver the messages"
2014
S53193
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Indira Prisanti
"ABSTRAK
Kelompok gay sebagai kelompok minoritas di Indonesia umumnya
diberikan representasi negatif di media. Perkembangan internet memungkinkan
blog menjadi media alternatif kelompok gay. Blog dilihat sebagai sebuah
cyberqueer space, yaitu ruang yang memfasilitasi pengalaman-pengalaman
minoritas seksual yang sulit ditemukan dalam kehidupan nyata. Penelitian ini
menggunakan paradigma post-positivism dengan metode kualitatif melalui
wawancara mendalam dengan empat informan. Selain meneliti pengalaman
penulis blog gay dalam menciptakan blog, peneliti juga meneliti pembentukan
identitas seksual penulis blog gay. Dari hasil penelitian, ditemukan bahwa blog
memungkinkan individu untuk mengekspresikan diri dan menjalin hubungan
sosial dengan gay lain. Identitas yang dibentuk melalui blog merupakan ekstensi
identitas di dunia nyata.

ABSTRACT
Gay men, as a minority group in Indonesia, are commonly given negative
representations in the media. The development of internet has enabled blogs to
become alternative media for gay men. Blogs are seen as cyberqueer spaces where
sexual minority experiences are facilitated. This research uses post-positivist
paradigm and qualitative method through in-depth interviews of four gay
bloggers. Apart from studying gay bloggers? experiences in writing blogs, this
research also explores the sexual identity formations of the bloggers. It is
concluded from this research that blogs enable individuals to express their selves
and form relaionships wih other gay men. The identities formed through blogs are
extensions of their offline identities.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Eastwood, John
Oxford: Oxford University Press, 1994
428.2 EAS e
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Rinda Dwi Handayani
"Peluang bisnis yang cerah dari sektor pariwisata mengakibatkan persaingan di hampir setiap sektor industri ini semakin meningkat Sebelum memilih destinasi wisata wisatawan biasanya mencari informasi untuk mendukung pengambilan keputusan mereka Saat ini banyak sarana yang bisa digunakan dalam pencarian informasi mengenai destinasi wisata salah satu media informasi modern yang sedang diminati saat ini adalah penyebaran e WOM dengan media Travel Blog Konten blog merupakan faktor penting untuk diketahui dan dipelajari agar dapat diketahui sifat konten seperti apa yang akan memberikan kenyamanan bagi pembaca Sifat sifat yang mengarahkan kepada kenyamanan dalam membaca blog berasal dari novelty reliability understandability dan interestingness yang terdapat pada konten blog tersebut Penelitian ini didesain untuk melihat bagaimana pengaruh sifat sifat yang mengarahkan kepada kenyamanan dalam membaca blog yang berasal dari novelty reliability understandability dan interestingness yang terdapat pada konten blog tersebut Penelitian dilakukan dengan sampel 105 responden yang pernah membaca travel blog Survey dilakukan secara offline dan online selama bulan April ndash Juni 2015 Metode analisis data yang digunakan adalah analisis multivariate dengan metode Partial Least Square PLS Dan hasil analisis diperoleh hasil bahwa understandability dan interestingness memiliki pengaruh positif terhadap blog usage enjoyment dan blog usage enjoyment memiliki pengaruh positif terhadap behavioral intention.

Bright opportunity from tourism sector affects competion in most of every sector in this industry increase Before selecting destination most of tourist find information for support their decion makin process Today there are many channel that can be used to find information about travel destination one of them is Travel Blog Blog contents are important factor to be known and learned so what kind of blog that can give enjoyment to their reader can be identified That blog content factor that can drive their reader to the enjoyment when reading blog are novelty reliability understandability and interestingness from their blog This study was designed to see the inflence of blog usage enjoyment that came from novelty reliability understandability andinterestingness from that blogs content The study was designed to see how blog content factors can influence their readers enjoyment that come from novelty reliability understandability and interestingness from that blog content The study was conducted with a sample of 105 respondents of people that have experience use travel blog The survey was conducted offline and online during the month April ndash June 2015 Data analysis methods used are the multivariate analysis by Partial Least Sqare method And analytical results obtained results that understandability andinterestingness have a significant positive effect on blog usage enjoyment and blog usage enjoyment has a significant positive effect on behavioral intention K."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
S61025
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Firza Aliya Agustina
"ABSTRAK
Penelitian ini membahas ragam bahasa perempuan pada tulisan di media daring berupa blog yaitu, Anneblognl.wordpress.com, Byaranka.nl dan Degroenemeisjes.nl. Ketiga situs blog tersebut merupakan situs blog aktif yang ditulis oleh tiga perempuan Belanda. Penelitian ini berfokus pada tulisan bertema travel dan meneliti dua tulisan dari masing-masing situs blog dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan ciri ragam bahasa perempuan yang digunakan ketiga blog tersebut. Hasil analisis mengungkapkan bahwa terdapat beberapa ragam bahasa perempuan yang ditemukan dalam tulisan-tulisan tersebut yaitu, penggunaan diminutif, kata sifat, kata penguat dan bentuk keraguan.

ABSTRACT
This research talks about women language in online writings from blogs which are, Anneblognl.wordpress.com, Byaranka.nl and Degroenemeisjes.nl. The three of them are active blogs written by Dutch authors. This research takes focus on travel-themed writings and the researcher observes two writings on each blogs by using qualitative descriptive method. This research aims to show how the characteristics of women language can be found in those three blogs. The result reveals that a few characteristics of women language in those writings, they are the usage of diminutives, adjectives, reinforcing words and hesitation."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2020
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Yolanda Caroline
"[Penelitian ini berfokus pada pencitraan kota pusaka dalam laman informasi pariwisata resmi yang diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana citra kota pusaka Indonesia ditampilkan dan dipromosikan dalam teks sumber dan teks sasaran. Citra kota pusaka yang berbeda dalam terjemahan dipengaruhi oleh faktor ekstratekstual, intratekstual dan penerapan strategi penerjemahan dalam mencapai skopos penerjemahan. Citra kota pusaka pada terjemahan menunjukkan masih kuatnya pandangan kolonial dalam promosi pariwisata kota pusaka. Penelitian kualitatif komparatif ini menggunakan sumber data dari laman Indonesia.travel dan wawancara mendalam, serta berdasarkan pada teori fungsional Nord dan model Analisis Wacana Kritis Van Dijk. Hasil penelitian menyarankan penonjolan perspektif lokal dalam terjemahan berbahasa Inggris ketika mendiseminasikan citra kota pusaka Indonesia dalam promosi pariwisata Indonesia.

The focus of this research is the image of Indonesia`s heritage cities on the official tourism website, Indonesia.travel. The aim of this research is to study how Indonesia?s heritage cities are showed and promoted in the source texts and their English translations. Through the analysis of extratextual and intratextual factors along with the application of translation strategies to achieve the skopos of translation, it showed how the translation have made a different image of the heritage cities. Thus, it indicates that the colonialism perspective still dominating the promotion of Indonesia?s heritage cities. This qualitative comparative research, which collected data from the website of Indonesia.travel and in-depth interview, applied Nord?s functional theory and Van Dijk?s Critical Discourse Analysis. It suggests the emphasis on local perspective in English translation when disseminating heritage cities? image in Indonesia?s tourism promotion.;The focus of this research is the image of Indonesia’s heritage cities on the official tourism website, Indonesia.travel. The aim of this research is to study how Indonesia’s heritage cities are showed and promoted in the source texts and their English translations. Through the analysis of extratextual and intratextual factors along with the application of translation strategies to achieve the skopos of translation, it showed how the translation have made a different image of the heritage cities. Thus, it indicates that the colonialism perspective still dominating the promotion of Indonesia’s heritage cities. This qualitative comparative research, which collected data from the website of Indonesia.travel and in-depth interview, applied Nord’s functional theory and Van Dijk’s Critical Discourse Analysis. It suggests the emphasis on local perspective in English translation when disseminating heritage cities’ image in Indonesia’s tourism promotion, The focus of this research is the image of Indonesia’s heritage cities on the official tourism website, Indonesia.travel. The aim of this research is to study how Indonesia’s heritage cities are showed and promoted in the source texts and their English translations. Through the analysis of extratextual and intratextual factors along with the application of translation strategies to achieve the skopos of translation, it showed how the translation have made a different image of the heritage cities. Thus, it indicates that the colonialism perspective still dominating the promotion of Indonesia’s heritage cities. This qualitative comparative research, which collected data from the website of Indonesia.travel and in-depth interview, applied Nord’s functional theory and Van Dijk’s Critical Discourse Analysis. It suggests the emphasis on local perspective in English translation when disseminating heritage cities’ image in Indonesia’s tourism promotion]"
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2015
T44561
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rangkuti-Hasibuan, Sofia
Jakarta: Dian Rakyat, 1992
428.2 HAS e
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Fitriah Yuniarti
"Blog belakangan ini menunjukkan potensi dalam bidang pemasaran yang cukup besar dengan adanya iklan yang berhubungan dengan travel yang ditampilkan di blog. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan wawasan akan hubungan structural antara tingkat involvement pembaca travel blogs, advertising effects (ad memory, ad attitude dan brand attitude) dari pesan di blog dan purchase intentionpembaca travel blogs terhadap travel products. Model dari purchase intentionpembaca travel blogs dibangun dan diuji secara empiris. Responden penelitian ini sebanyak 150 orang. Pengujian data menggunakan Structural Equation Modelling (SEM). Hasil menunjukkan bahwaad effect memiliki dampak positif terhadap purchase intention. Selain itu pembaca travel blog dengan highinvolvement lebih memungkinkan untuk membentuk kesan yang baik terhadap iklan di travel blog. Sementara itu, involvement tidak secara signifikan berpengaruh terhadap purchase intention tetapi melalui Ad effect (ad memory, ad attitude dan brand attitude). Beberapa implikasi untuk pemasar akan dibahas dan diusulkan dalam skripsi ini.

Blogs recently have demonstrated their enormous marketing potential with travel advertisements are being posted in blogs. this study aims to provide insights into the structural relationship among travel bloggers? involvement level, the advertising effect from blog messages, and travel bloggers? intention to purchase travel products. A travel blog reader?s purchase intention model was constructed and empirically tested. Research respondents are 150 people. The data were examined with Structural Equation Modelling (SEM). The result suggests ad effecs (ad memory, ad attitude and brand attitude) have the positive impact on purchase intention. It also indicated that high-involvement travel bloggers are more likely to form favorable impressions with regard to ads in travel blogs. Meanwhile, involvement is not significantly effective concerning purchase intention. Ad effect (ad memory, ad attitude and brand attitude) is the mediation for affecting purchase intention. Several implications for marketers will be discussed and suggested in this paper.
"
Depok: Program Sarjana Ekstensi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S46618
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>