Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 165673 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Rossy Puspita Sari
"ABSTRAK
Bisnis e-commerce diprediksi akan terus tumbuh secara pesat di Indonesia. Penelitian ini membahas mengenai kinerja proses pengiriman pada bisnis e-commerce di PT. ASL. Analisis dan evaluasi kinerja disusun dengan menggunakan model Supply Chain Operations Reference (SCOR) yang dikembangkan oleh Supply Chain Council (SCC). Atribut kinerja yang digunakan adalah atribut reliability dengan penilaian terhadap keberhasilan pengiriman (cepat dan tepat) dan responsiveness yang menilai ketanggapan dalam pengiriman. Penelitian ini difokuskan pada salah satu klien dari PT. ASL yang memiliki volume sales order terbesar, yaitu klien G. Hasil dari analisis menyimpulkan bahwa kinerja pada proses pengiriman produk klien G di PT. ASL masih kurang baik karena belum sesuai dengan target perusahaan, sehingga diperlukan perbaikan dan peningkatan pada beberapa aktivitas dalam proses pengiriman yang menjadi sumber permasalahan, seperti pada aktivitas pick and pack dan pengiriman produk oleh kurir PT. ASL.

ABSTRACT
E-commerce is predicted will continue to grow rapidly in Indonesia. This study discusses the performance of the delivery performance in e-commerce at PT. ASL. Analysis and evaluation of performance prepared using Supply Chain Operations Reference (SCOR) model developed by the Supply Chain Council (SCC). Performance attributes that used are the attributes of reliability with an assessment of the success of the delivery (fast and precise) and responsiveness. This study focused on one of PT. ASL’ client which has the largest volume of sales order, that is client G. Results of the analysis concluded that the performance of the delivery of client G’s product in PT. ASL is still not good because it is not in accordance with company’s target, thus corrective actions and improvements in some activity in the delivery process that caused the problem are needed, such as in pick and pack activity and deliver product by PT. ASL’s rider."
2015
S58491
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Juliana Rouli
"Tesis ini membahas pemecahkan masalah manajemen rantai pasok di PT.XYZ dengan melakukan evaluasi terhadap manajemen rantai pasok produk vessel (bak untuk truk). Evaluasi dilakukan dengan menggunakan SCOR (Supply Chain Operations Reference) Model Versi 8.0 yang terdiri dari empat level. Berdasarkan metrik-metrik yang diukur, penelitian ini menyimpulkan bahwa kinerja manajemen rantai pasok produk vessel kurang efisien. Untuk mengatasi hal tersebut, hasil dari penelitian ini menyarankan untuk menerapkan Vendor Managed Inventory (VMI) dengan menitikberatkan pada pemilihan material, pemasok dan pembuatan kontrak yang memadai.

Focus of this thesis is to solve problems in supply chain management at PT. XYZ by evaluating supply chain of vessel products. The method that used to evaluate the supply chain performance is SCOR (Supply Chain Operations Reference) Model Version 8.0 and this is done in four levels. Based on measurement of metrics, it can be concluded that supply chain management in PT. XYZ for vessel products is not efficient enough. In order to solve this problem, the result of the research gives a suggestion to apply Vendor Managed Inventory (VMI) that focuses in choosing materials, suppliers and making proper agreement."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2008
T25760
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Yoga Pratama Bina
"ABSTRAK
Kontribusi industri bahan kimia terhadap pertumbuhan produk domestik bruto Indonesia memiliki peran signifikan. PT MIT merupakan salah satu industri bahan kimia yang kunci keberhasilannya adalah pada efektivitas manajemen rantai pasok. Penelitian ini membahas kinerja manajemen rantai pasok pada PT MIT dengan menggunakan model SCOR versi 11.0. Atribut kinerja yang diukur antara lain, reliability yang diukur dengan metrik perfect order fullfillment, cost yang diukur dengan metrik total cost to serve, dan asset management efficiency yang diukur dengan metrik days sales inventory. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa kinerja reliability dan total cost to serve pada PT MIT belum efektif.

ABSTRACT
Chemicals industry was significantly contribute to gross domestic product growth. PT MIT is one of chemicals industry which manage supply chain as success factor. This study discussed supply chain performance using SCOR model version 11.0. There are three attribute in this study. First, reliability which measured by metric perfect order fullfillment. Second, cost which measured by total cost to serve, and asset management efficiency which measured by days sales inventory. This study state that performance in attributes reliability and cost are not effective yet."
2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ibnu Faisal
"Penelitian ini membahas mengenai kinerja produksi pada usaha kecil dan menengah UKM di sektor peternakan ayam petelur Renaa Farm. Analisis dan evaluasi kinerja dilakukan dengan menggunakan model Supply Chain Operations Reference SCOR yang dikembangkan oleh Supply Chain Council SCC. Atribut kinerja yang digunakan adalah reliability dengan penilaian jumlah produk berhasil dijual dan cost yang menilai harga pokok penjualan per kilogram produk. Fokus penelitian ini adalah proses produksi hasil analisis mengindikasikan bahwa kinerja produksi di Renaa Farm masih kurang baik. Hal tersebut diakibatkan oleh banyaknya produk rusak saat produksi sehingga diperlukan perbaikan dan peningkatan pada beberapa aktivitas yang menjadi sumber permasalahan seperti kurangnya pengawasan proses produksi peralatan yang kurang baik serta motivasi karyawan yang rendah.

This research discusses the performance of production of a small and medium enterprise SME in the poultry sector Renaa Farm. Analysis of performance evaluation is conducted by using Supply Chain Operations Reference SCOR which is developed by the Supply Chain Council SCC. The performance attributes used are reliability number of units sold and cost selling price kg. The research focuses on production process and the analysis results conclude that the production performance at Renaa Farm still can be improved due to the number of faulty eggs produced. The root causes are the lack of supervision during production process inadequete equipment and employee lack of motivation."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
S61634
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Raihan Abiyan Fattah
"Terdapat perubahan perilaku konsumen seiring dengan perkembangan teknologi khususnya pada transaksi online. Salah satu transaksi online yang paling besar terdapat pada e-commerce. Merek e-commerce dengan atribut manusia memiliki keunggulan untuk bisa lebih dipilih oleh konsumen. Tokopedia sebagai brand e-commerce terpopuler di Indonesia yang juga memperlihatkan ciri Human Brand dipilih sebagai objek penelitian. Human Brand Model adalah skema praktis untuk membangun Human Brand pada sebuah Merek. Human Brand Model terdiri dari empat lapisan, yaitu brand traits, brand attributes, brand authenticity, dan brand benefits. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana penerapan human brand model yang dilakukan oleh Tokopedia. Metode penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini adalah Tokopedia melalui komunikasi dan kebijakan internal mampu memenuhi penerapan indikator-indikator dari human brand model. Hal utama yang dilakukan oleh Tokopedia adalah dengan pendekatan emosi dalam pesan komunikasi yang dilakukan.

There are changes in consumer behavior along with technological developments, especially in online transactions. One of the biggest online transactions is in e-commerce. E-commerce brands with human attributes have the advantage of being chosen by consumers. Tokopedia as the most popular e-commerce brand in Indonesia which also shows the characteristics of Human Brand was chosen as the object of this research. Human Brand Model is a practical scheme for building a Human Brand on a Brand. The Human Brand Model consists of four layers, namely brand traits, brand attributes, brand authenticity, and brand benefits. This study aims to see how the human brand model is being implemented by Tokopedia. This research method is a case study with a qualitative approach. The result of this research is that Tokopedia, through communication and internal policies, is able to fulfill the indicators of the human brand model. The main thing that Tokopedia does is with an emotional approach to its communication messages."
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Vera Partiana Sukardianti
"Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan kontribusi kepada perusahan dalam mengevaluasi audit berbasis risiko yang dilakukan oleh auditor internal dengan menggunakan COSO Integrated Framework (2013). Penelitian ini dilakukan dengan evaluasi proses kerja auditor internal pada perusahaan e-commerce yang berkaitan dengan pengendalian internal dan  memastikan  pengendalian internal tersebut berjalan dengan baik sehingga dapat mengurangi risiko yang terjadi pada setiap divisi kemudian tujuan perusahaan tercapai. Metode penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif  dan pendekatan studi kasus pada PT XYZ. Instrumen penelitian adalah dilakukan dengan melakukan observasi dan wawancara kepada pihak yang terkait. Dan berdasarkan instrumen penelitian tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa hampir semua kerangka COSO (2013) digunakan dalam penilaian risiko dan pengendalian internal oleh auditor internal kecuali Control Activities dikarenakan risiko yang ada di PT XYZ langsung dikasifikasikan oleh auditor internal dan bukan dilakukan oleh manajemen.

The purpose of this study is to contribute to companies in evaluating risk-based audits conducted by internal auditors using COSO Integrated Framework (2013). This research was carried out by evaluating the work processes of internal auditors in e-commerce companies relating to internal control and ensuring that internal controls are running well so as to reduce the risks that occur in each division then the company's objectives are achieved. The research method used a descriptive qualitative approach and a case study approach at PT XYZ. The research instrument is carried out by observing and doing interviews to management. And based on the research instrument, it can be concluded that the framework consists of almost all COSO frameworks (2013) used in risk assessment and internal control by internal auditors except Control Environment,  this is because the risks in PT XYZ are directly verified by internal auditors and not by management."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T52669
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Yusuf Imam Itsari
"Bukalapak merupakan salah satu perusahaan di Indonesia yang bergerak di bidang ECommerce. Tercatat pada tahun 2019, Bukalapak mengalami peningkatan pertumbuhan pengguna sebanyak 230% jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Sayangnya pertumbuhan pengguna juga diikuti dengan peningkatan jumlah komplain yang terjadi di Bukalapak. Tercatat pada tahun 2020, komplain Bukalapak meningkat sebanyak 50% di akhir tahun 2020 jika dibandingkan dengan di awal tahun 2020. Peningkatan komplain tersebut menyebabkan meningkatnya average handle time pada komplain yang menyebabkan turunya kepuasan pengguna. Hal tersebut tentunya menjadi perhatian bagi pihak manajemen. Pada penelitian kali ini, dilakukan klasifikasi kategori komplain yang ada di Bukalapak. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu, model klasifikasi apa yang cocok digunakan dalam menentukan kategori komplain yang masuk ke Bukalapak. Adapun model klasifikasi yang digunakan di dalam penelitian ini yaitu, Logistic Regression, k Nearest Neighbor, dan Support Vector Machine. Sedangkan data yang digunakan merupakan data komplain dari Januari 2021 hingga Desember 2021. Dari hasil penelitian, ditemukan bahwa model klasifikasi logistic regression memiliki nilai akurasi paling tinggi di antara 2 model lainya. Model logistic regression berhasil mendapatkan nilai akurasi sebesar 83,9%. Posisi kedua di tempati oleh model k Nearest Neighbors dengan akurasi sebesar 65,3%. Terakhir ditempati oleh model Support Vector Machine dengan nilai akurasi sebesar 40.5%.

Bukalapak is one of the companies in Indonesia that is engaged in E-Commerce. It was recorded that in 2019, Bukalapak experienced a 230% increase in user growth compared to the previous year. Unfortunately, the growth in users is also followed by an increase in the number of complaints that occur in Bukalapak. It was recorded that in 2020, Bukalapak complaints increased by 50% at the end of 2020 when compared to the beginning of 2020. The increase in complaints led to an increase in the average handle time for complaints which led to a decrease in user satisfaction. This is certainly a concern for the management. In this study, the classification of complaints categories in Bukalapak will be carried out. This study aims to find out what classification model is suitable to be used in determining the category of complaints in Bukalapak. The classification model that will be used in this research is Logistic Regression, k Nearest Neighbor, and Support Vector Machine. While the data that will be used is data on complaints from January 2021 to December 2021. From the results of the study, it was found that the logistic regression classification model had the highest value among the other 2 models. The logistic regression model managed to get an accuracy value of 83.9%. The second position is occupied by the k Nearest Neighbors model with an accuracy of 65.3%. Last occupied by the SVM model with an accuracy value of 40.5%
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Ibrahim Malik Khasbulloh
"ABSTRAK
Di tengah persaingan e-commerce di Indonesia yang semakin ketat, membuat perusahaan e-commerce dituntut dapat bersaing dalam memberikan nilai tambah layanan bagi pelanggannya agar dapat meningkatkan jumlah pelanggan dan disertai dengan angka pemesanan yang meningkat juga. Hal ini juga berlaku bagi e-commerce dalam industri pariwisata, salah satunya Triptrus. Salah satu tantangan yang dihadapi Triptrus adalah untuk meningkatkan angka conversion rate. Salah satu cara peningkatan angka conversion rate adalah pemberian fitur rekomendasi produk. Penelitian ini bertujuan untuk mencari metode yang dapat memberikan rekomendasi terbaik yang pada akhirnya bertujuan agar dapat meningkatkan angka conversion rate dari Triptrus yang masih rendah. Pada penelitian ini dilakukan pencarian metode rekomendasi yang terbaik disesuaikan dengan data internal yang dimiliki Triptrus. Penelitian ini bermula dari pengumpulan data internal untuk kemudian dibangum model rekomendasi menggunakan beberapa metode. Metode yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya collaborative filtering, content based filtering, Hybrid Filtering dan stochastic gradient descent. Berdasarkan hasil penelitian, metode collaborative filtering, content based, dan hybrid kurang mampu memberikan rekomendasi yang cukup baik terhadap data Triptrus. Hasil terbaik dari ketiga metode ini didapatkan metode hybrid dengan nilai error RMSE 0.71. Di sisi lain algoritma stochastic gradient descent dapat memberikan rekomendasi paling baik dan memberikan ratio error RMSE paling kecil yaitu 0.11. Hasil penelitian ini adalah model rekomendasi produk yang dapat memberikan rekomendasi terbaik berdasarkan data internal Triptrus yaitu model yang dihasilkan menggunakan metode stochastic gradient descent.

ABSTRACT
Indonesian e commerce markets are getting more tight. This condition forces e commerce companies to provide value added services for their customer in order to increase numbers of customer, which also followed by increasing number of purchases. This also happened in tourism e commerce company, Triptrus. The challenge that triptrus faces is how to increase their conversion rates. One way to increase the number of conversion rate is the provision of a product recommendation feature. The purpose of this research is to find the best recommendation method that can improve conversion rate in Triptrus. In this research we looked for the best recommendation method that adapted to internal data of Triptrus. This research started with gathering internal data that followed by build recommendation based on several methods. Methods that used in this research are collaborative filtering, content based filtering, hybrid filtering and stochastic gradient descent. Based on the research result, collaborative filtering, content based, and hybrid lack of capability to give good recommendation. The best result from these three methods is hybrid with an error 0.71. In the other side stochastic gradient descent could gave best recommendation with smallest error ratio RMSE at 0.11. The result of this research is recommendation model that can give best recommendation adapted to Triptrus internal data. Best recommendation model is model that generated by stochastic gradient descent."
2017
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Alifa Noura Rachman
"Perkembangan teknologi internet merubah proses transaksi jual beli dari yang awalnya transaksi penjualan secara konvensional menjadi penjualan berbasis online. Peningkatan penggunaan internet tersebut mendorong semakin banyaknya transaksi jual beli online di Indonesia. Transaksi e-commerce yang terus meningkat secara progresif dan semakin menjamurnya pedagang yang menggunakan e-commerce sebagai sarana memasarkan produknya maka besar peluang Pemerintah untuk mengenakan pajak atas transaksi e-commerce.
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pemahaman pelaku bisnis e-commerce atas aturan pajak bisnis e-commerce dan kepatuhan perpajakan pelaku bisnis e-commerce. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik wawancara dengan kriteria responden yaitu pedagang handphone yang mempunyai toko online dan telah menjalani toko online minimal dua tahun. Berdasarkan kriteria tersebut, didapat sampel sejumlah delapan narasumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman pelaku bisnis e-commerce di industri handphone secara garis besar sudah memahami tentang perpajakan seperti tujuan mereka membayar pajak, kepemilikan NPWP, adanya sanksi pajak apabila mereka tidak mentaati peraturan perpajakan dan mekanisme pajak yang harus mereka lakukan saat memiliki sebuah usaha. Untuk pelaku bisnis yang berdiri sebagai UMKM di industri handphone sebagian besar sudah patuh sesuai dengan 4 prinsip kepatuhan menurut OECD dalam menerapkan pajak penghasilan. Kemudian, untuk pelaku bisnis yang berdiri sebagai PKP atau Badan sebagian besar juga sudah patuh sesuai dengan 4 prinsip kepatuhan menurut OECD dalam menerapkan kewajiban perpajakan PPN dan PPh atas bisnis e-commerce yang dijalankan.

The advancement of internet technology shifts the process of buying and selling transactions from traditional sales to online-based sales. Because of the rising use of the internet, the number of online buying and selling transactions in Indonesia has increased. E-commerce transactions, which are steadily increasing, and the expansion of merchants who use e-commerce to sell their products provide an excellent opportunity for the government to impose taxes on e-commerce transactions.
The purpose of this study is to evaluate e-commerce business actors' understanding of e-commerce business tax rules and their tax compliance. The descriptive qualitative method was implemented in this study, with a case study approach. Data was collected through an interview technique and the respondent's criteria, which were mobile phone merchants who had an online shop and had been in an online shop for at least two years. A sample of eight respondents was obtained based on these criteria.
This study found that e-commerce business actors in the mobile phone industry have a general understanding of taxation, including the purpose of paying taxes, the significance of having a Tax Identification Number (NPWP), the existence of tax penalties if they do not comply with tax regulations, and the tax mechanisms that they must implement when running a business. Most of the business players who are established as MSMEs in the mobile phone industry have complied with the 4 compliance principles according to the OECD in applying income tax. Furthermore, for online businesses incorporated as PKP (Taxable Entrepreneur) or entity, the majority comply with the 4 OECD compliance principles, particularly in implementing VAT and income tax obligations on e-commerce businesses.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>