Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 140318 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Muhammad Reyhan Siva
"Semakin meningkatnya permintaan dalam jasa transportasi penerbangan menjadi peluang bagi perusahaan untuk mendapatkan pelanggan yang lebih. Kunci utama untuk meningkatkan dan mempertahankan hubungan dengan pelanggan yaitu dengan meningkatkan kepuasan pelanggan. Penelitian ini membahas pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada perusahaan penerbangan bertarif rendah. Objek penelitian ini yaitu tiga perusahaan penerbangan bertarif rendah di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode structural equation modeling yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh antar faktor dengan jumlah responden sebanyak 705. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan tidak mempengaruhi kepuasan pelanggan. Sedangkan company image, customer expectation, dan perceived value mempengaruhi kepuasan pelanggan dan juga mempengaruhi loyalitas pelanggan.

The higher demand of air transport service is an opportunity for companies to get more customers. The key for company in improving and maintaining customer relationship is by improving customer satisfaction. This research investigates the impact of service quality factors to customer satisfaction in low-cost airline. The object of this research are three low-cost airline in Indonesia. This research use structural equation modeling method to investigate impact between factor with 705 respondents. This research shows that service quality does not affect customer satisfaction. While the company image, customer expectation, and perceived value affect customer satisfaction and also customer loyalty.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
S59885
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Renata Early Setiawan
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa sajakah yang mempengaruhi kepuasan pelanggan pada minuman kesehatan RTD khususnya Adem Sari Ching Ku serta perumusan rekomendasi strategi pemasaran yang dapat diimplementasikan untuk memperluas pangsa pasar Adem Sari Ching Ku. Data pada penelitian ini dikumpulkan menggunakan kuesioner untuk pengolahan data menggunakan metode covariance based-structural equation modeling (CB-SEM) dan dengan melakukan wawancara kepada ahli untuk menentukan nilai kepentingan dari setiap faktor yang akan dianalisis menggunakan importance – performance matrix. Berdasarkan hasil CB-SEM, didapatkan bahwa harga merupakan variabel yang paling berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Sedangkan menurut importance – performance analysis, harga dan promosi merupakan indikator yang masuk ke dalam zona perbaikan. Oleh karena itu, dirumuskan empat rekomendasi strategi untuk meningkatkan kepuasan pelanggan Adem Sari Ching Ku, yaitu dengan kolaborasi dengan influencer, meluncurkan produk baru dengan varian rasa yang berbeda dan rendah gula, mengubah desain kemasan, dan membuat promo spesial melalui media sosial.

This study aims to determine what factors influence customer satisfaction in RTD health drinks, especially Adem Sari Ching Ku, and formulate recommendations for marketing strategies that can be implemented to expand the market share of Adem Sari Ching Ku. Data in this study were collected using a questionnaire for data processing using the covariance based-structural equation modeling (CB-SEM) method and by conducting interviews with experts to determine the importance of each factor to be analyzed using the importance - performance matrix. Based on the results of CB-SEM, it was found that price is the variable that has the most influence on customer satisfaction. Meanwhile, according to the importance - performance analysis, price and promotion are indicators that fall into the improvement zone. Therefore, four recommended strategies were formulated to increase customer satisfaction of Adem Sari Ching Ku, namely by collaborating with influencers, launching new products with different flavors and low sugar, changing the packaging design, and creating special promos through social media. "
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Siti Kairani
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh positif dan signifikan dari variabel kualitas jasa, nilai, dan kepuasan terhadap niat perilaku konsumen di Lembaga I CAN READ. Penelitian ini menggunakan desain penelitian konklusif deskriptif yang dilakukan satu kali dalam satu periode. Responden penelitian ini berjumlah 155 orang yaitu orang tua murid di Lembaga Bahasa I CAN READ dengan sembilan hipotesis diuji menggunakan Structural Equation Modelling (SEM).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepuasan berpengaruh signifikan dan positif pada loyalty dan word-of-mouth. Begitu pula nilai yang juga berpengaruh signifikan dan positif terhadap word-of-mouth. Untuk kualitas jasa harus melalui nilai dan kepuasan baru dapat berpengaruh siginifikan dan positif terhadap loyalitas dan word-of-mouth.

The purpose of this study is to identify the impact and relation from some need for service quality value and satisfaction to behavioral intentions. This research uses conclusive and descriptive design research conducted in one time period cross sectional design. Respondents of this study are 155 people whose parents in I CAN READ Literacy. Hypotheses research model in this study are tested with Structural Equation Modeling SEM.
The results of this study indicate that satisfaction has a significant and positive relationship on loyalty and word of mouth Value also has a significant and positive relationship on word of mouth. Quality service can have significant and positive relationship to loyalty and word of mouth by value and satisfaction as its intermediary.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S53943
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Marpaung, Agus Hamonangan
"ABSTRAK
Skripsi ini bertujuan untuk mengeksplorasi beberapa efek dari variabel
dalam komunitas virtual ID-ANDROID. Pengaruh variabel yang terlibat antara
lain identifikasi, kepuasan, partisipasi, promosi, dan loyalitas. Data diolah
menggunakan metode Structural Equation Model (SEM) dengan kesimpulan
bahwa kepuasan memberikan dampak positif terhadap promosi namun tidak
signifikan terhadap partisipasi anggota dalam komunitas virtual. Ditemukan
pula bahwa identifikasi anggota memberikan pengaruh positif dan signifikan
pada partisipasi dan kepuasan anggota namun tidak pada promosi. Promosi
lebih dipengaruhi oleh tingkat kepuasan anggota yang berujung pada loyalitas
anggota terhadap komunitas virtual ID-Android.

ABSTRACT
Objective of this thesis is to explore some effects on virtual community of
ID-ANDROID. Involved variables are including identification, satisfaction,
promotion and loyalty. Data is processed by using Structural Equation Model
(SEM) and it concludes that satisfaction gives a non-significant positive effect on
member participation in this virtual community. It also found that member
identification gives significant and positive effect to member participation and
satisfaction, however, it is not valid on promotion. Promotion is more influenced
by member participation level which is end-up to member loyalty on virtual
community of ID-Android."
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S53565
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Monasisca Noviannei
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh terhadap peningkatan kepuasan pelanggan pada perusahaan telekomunikasi. Perusahaan telekomunikasi yang dijadikan objek penelitian adalah PT Telkomsel, PT Exelcomindo Tbk., dan PT Indosat Tbk., dengan sampel diambil dari pelanggan ketiga operator tersebut yang berada di Jabodetabek dan menggunakan kartu prabayar. Variabel yang digunakan untuk mengetahui pengaruh terhadap kepuasan adalah image (citra perusahaan), customer expectation (harapan pelanggan), perceived quality (kualitas yang dirasakan pelanggan), dan perceived value (nilai yang dirasakan pelanggan). Dengan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM), didapatkan bahwa ternyata faktor customer expectation tidak memiliki pengaruh langsung yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan, namun tetap memiliki pengaruh tidak langsung yang signifikan melalui pengaruhnya terhadap anteseden dari kepuasan, seperti image dan perceived quality. Faktor perceived value tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel kepuasan. Selain itu, didapatkan pula bahwa factor image, customer expectation, perceived quality, dan customer satisfaction merupakan empat faktor utama yang memiliki pengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Untuk itu, ketiga operator selular tersebut perlu mempertimbangkan faktor image dan perceived quality dalam meningkatkan kepuasan pelanggannya, yang pada akhirnya akan meningkatkan loyalitas pelanggan.

This study aimed to investigate the influence of factors which influenced the increasing of customer satisfaction in the telecommunication companies. Telecommunications Company which becomes object of the research is PT Telkomsel, PT Exelcomindo Tbk., dan PT Indosat Tbk., and samples were taken from their customers who live in Jabodetabek and use their pre-paid cards. The variables which are used to analyze their effects to customer satisfaction are image, customer expectation, perceived quality, and perceived value. The using of Structural Equation Modeling (SEM) showed that customer expectation does not have any significant direct effect on customer satisfaction although still has significant indirect effect through its influence on the antecedents of satisfaction as image and perceived quality. In addition, perceived value does not have any significant effect on customer satisfaction. On the other side, image, customer expectation, perceived quality, and customer satisfaction are four factors which have significant effect on loyalty. Thus, those providers need to consider the factor image and perceived quality in improving customer satisfaction, which in turn will increase the loyalty of their customers."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
S817
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Nadhila Nur Qamarina
"Light Rail Transit (LRT) Jabodebek merupakan sebuah layanan transportasi umum yang baru diresmikan pada Agustus 2023 dan melayani rute Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi. Dengan meningkatnya masyarakat yang melakukan mobilitas, kehadiran LRT Jabodebek merupakan bagian dari upaya strategis pemerintah untuk mengatasi masalah kemacetan di wilayah Jabodetabek dan mengurangi ketergantungan masyarakat terhadap kendaraan pribadi. Sejak beroperasi, LRT Jabodebek mendapat respons positif dari masyarakat. Akan tetapi, ada pula kritik yang menunjukkan beberapa kekurangan dalam layanan dan fasilitas. Penelitian ini dirancang untuk mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor yang dapat memengaruhi tingkat kepuasan pengguna LRT Jabodebek. Variabel yang diduga memiliki pengaruh terhadap kepuasan pengguna LRT Jabodebek adalah kenyamanan, keandalan, keselamatan dan keamanan, aksesibilitas, kesetaraan, dan harga/tarif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan mengumpulkan data melalui kuesioner selama 1 bulan. Responden dipilih melalui teknik purposive sampling dengan kriteria pengguna LRT Jabodebek yang menggunakan LRT Jabodebek untuk tujuan pekerjaan atau pendidikan dan berusia lebih dari 18 tahun. Jumlah responden yang didapat pada penelitian ini adalah sebanyak 405 orang. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan metode Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aspek keselamatan dan keamanan, aksesibilitas, dan harga/tarif memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pengguna LRT Jabodebek.

Light Rail Transit (LRT) Jabodebek is a public transportation service inaugurated in August 2023, serving routes across Jakarta, Bogor, Depok, and Bekasi. With increasing population mobility, the introduction of LRT Jabodebek represents a strategic government initiative to address traffic congestion in the Jabodetabek area and reduce dependence on private vehicles. Since its launch, LRT Jabodebek has received positive feedback from the public. However, there have also been criticisms highlighting certain shortcomings in its services and facilities. This study aims to identify and analyze factors influencing customer satisfaction with LRT Jabodebek. The variables examined include comfort, reliability, safety and security, accessibility, equity, and pricing. A quantitative approach was employed, collecting data via questionnaires over a month. Respondents were selected using purposive sampling, targeting LRT Jabodebek users commuting for work or education and aged 18 years or older. This study gathered responses from 405 participants. Data analysis was conducted using the Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS-SEM) method. This study shows that safety and security, accessibility, and pricing have a significant impact towards customer satisfaction."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Paramitha Mansoer
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor-faktor kualitas dan harga dalam mempengaruhi kesetiaan pelanggan dengan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). Pengambilan data dilakukan kepada pengguna traditional airlines dan low-cost carrier sebagai responden. Faktor-faktor kualitas dan harga yang digunakan dalam penelitian ini adalah penawaran penerbangan (offer of flights and destination), pengalaman pembelian tiket (ticket purchase experience), pengalaman di bandara (airport experience), pengalaman dalam penerbangan (flight experience), kehandalan layanan (service reliability) dan harga (price).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang terbukti mempengaruhi kesetiaan pelanggan pada pengguna traditional airlines adalah penawaran penerbangan (offer of flights and destination), pengalaman dalam penerbangan (flight experience) dan kehandalan layanan (service reliability). Sedangkan faktor-faktor yang terbukti mempengaruhi kesetiaan pelanggan pada pengguna low-cost carrier adalah pengalaman di bandara (airport experience), kehandalan layanan (service reliability) dan harga (price).

The purpose of this research is to identify factors that influence motivation of cycling by using Structural Equation Modeling (SEM). The data is taken from traditional airlines and low-cost carrier users. Factors used in this research are offers of flight and destination, ticket purchase experience, airport experience, flight experience, service reliability, and price.
The result of the research on traditional airlines users show that offers of flight and destination, flight experience, and service reliability positively influence customer loyalty. While the low-cost carrier users show that airport experience, service reliability, and price have the positive influence to customer loyalty.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
S1135
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
A.Y.M. Atiquil Islam
"This book introduces the fundamentals of the technology satisfaction model (TSM), supporting readers in applying the Rasch model and structural equation modeling (SEM) – a multivariate technique – to higher education (HE) research. User satisfaction is traditionally measured along a single dimension. However, the TSM includes digital technologies for teaching, learning and research across three dimensions: computer efficacy, perceived ease of use and perceived usefulness. Establishing relationships among these factors is a challenge. Although commonly used in psychology to trace relationships, Rasch and SEM approaches are rarely used in educational technology or library and information science. This book, therefore, shows that combining these two analytical tools offers researchers better options for measurement and generalisation in HE research. This title presents theoretical and methodological insights of use to researchers in HE."
New York: CRC Press, 2023
e20558627
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Sarika Zuhri
"ABSTRAK
Wisata medis merupakan bentuk baru kombinasi antara pariwisata dan medis
yang saat ini sedang berkembang. Fenomena ini memberikan dampak positif
untuk perekonomian suatu negara dan berdampak negatif untuk negara asal
wisatawan medis. Wisata medis juga berkembang di Indonesia, salah satu
contohnya adalah warga Aceh yang sering melakukan perjalanan medis ke
Malaysia. Sehingga perlu dilakukan analisis untuk menyelidiki faktor-faktor yang
berkontribusi terhadap perilaku wisata medis yang mempengaruhi loyalitas
masyarakat Aceh. Penelitian ini menggunakan Structural Equation modelling
(SEM) dan sampel yang berhasil dikumpulkan sebesar 208 kuesioner melalui
teknik non probability. Dengan menggunakan software AMOS, dapat
disimpulkan bahwa loyalitas masyarakat Aceh terhadap perjalanan medis ke
Malaysia dipengaruhi oleh perceived quality, perceived value, kepuasan,
kepercayaan, Citra Kesehatan, destination competitiveness, medical tourism in
Malaysia dan medical tourism loyalty baik secara langsung maupun tidak
langsung.

ABSTRACT
Medical tourism is a new combination of tourism and medic which is now
trending. The medical tourism phenomenon gives positive impact to the
destination country and at the same time negative impact to the country where the
tourists come from. Medical tourism is also trending in Indonesia. To cope with
this situation, deep analysis is necessary to identify factors which contribute to
medical tourism behavior, which affect loyalty of Aceh citizen. Structural
Equation Modeling (SEM) is used in this research and there are 208
questionnaires collected in total through the non-probability technique. After a
test conducted using AMOS software. So the conclusion is, the loyalty of Aceh
citizen towards medical trip to Malaysia is influenced by perceived quality,
perceived value, satisfaction, trust, image, destination competitiveness, medical
tourism in Malaysia and medical tourism loyalty, directly and indirectly."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
T42059
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Naufal Tirta Gustama
"Turnover masih menjadi permasalahan utama bagi setiap perusahaan. Banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut salah satunya kualitas pekerjaan yang buruk serta kelelahan emosional yang dialami para karyawan. Sehingga secara tidak langsung kepuasan kerja karyawan menjadi terpengaruh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari perceived job quality dan burnout terhadap intention to stay yang dimana hubungannya akan dimediasi oleh job satisfaction dengan menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM). Data penelitian diperoleh dari 382 karyawan perusahaan yang berdomisili di Indonesia melalui kuesioner yang disebar secara daring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perceived job quality memiliki pengaruh positif terhadap intention to stay, sedangkan burnout memiliki pengaruh negatif terhadap intention to stay. Selain itu dikarenakan terdapat hubungan langsung dan tidak langsung yang berasal dari perceived job quality dan burnout terhadap intention to stay, ditemukan bahwa job satisfaction dapat memediasi hubungan dari ketiga variabel tersebut.

Turnover is still a major problem for every company. Many factors can cause it, one of which is poor work quality and emotional exhaustion experienced by employees. So indirectly, employee job satisfaction is affected. This study aims to determine the effect of perceived job quality and burnout on intention to stay in which the relationship will be mediated by job satisfaction using the Structural Equation Modeling (SEM) method. Research data were obtained from 382 company employees who are domiciled in Indonesia through a questionnaire distributed online. The results showed that perceived job quality has a positive effect on intention to stay, while burnout has a negative effect on intention to stay. In addition, because there are direct and indirect relationships that originate from perceived job quality and burnout to intention to stay, it was found that job satisfaction can mediate the relationships of these three variables."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>