Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 191347 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Moch. Achmad Lilik Cholid Imam Buchori
"[ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh komunikasi internal dengan kepuasan komunikasi organisasi dan citra organisasi pemerintah pada Layanan Terpadu Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan Republik Indonesia Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode survei melalui kuesioner Populasi penelitian ini adalah pegawai pemerintah daerah yang pernah menggunakan layanan terpadu DJPK Kementerian Keuangan Sampel penelitian ini sebanyak 234 responden Dari hasil analisis data diketahui bahwa penggunaan komunikasi internal berpengaruh positif dan kuat terhadap kepuasan komunikasi organisasi Penggunaan komunikasi internal juga berpengaruh positif dan kuat terhadap citra organisasi pemerintah.

ABSTRACT
Purpose of this research is to verify the influence of internal communication in accordance to organization communication satisfaction and image of government organization in Directorate General of Fiscal Balance Ministry of Finance of Republic of Indonesia Data collection was done by survey method with questionnaire Research population was employee of local goverment that used ldquo layanan terpadu rdquo integrated services at Directorate General of Fiscal Balance Ministry of Finance of Republic of Indonesia Research sample are picked from 234 respondents Analysis result shown that internal communication affected to communication satisfaction level with strong effect Furthermore internal communication also affected the image of government organizationwith a strong effect ;Purpose of this research is to verify the influence of internal communication in accordance to organization communication satisfaction and image of government organization in Directorate General of Fiscal Balance Ministry of Finance of Republic of Indonesia Data collection was done by survey method with questionnaire Research population was employee of local goverment that used ldquo layanan terpadu rdquo integrated services at Directorate General of Fiscal Balance Ministry of Finance of Republic of Indonesia Research sample are picked from 234 respondents Analysis result shown that internal communication affected to communication satisfaction level with strong effect Furthermore internal communication also affected the image of government organizationwith a strong effect , Purpose of this research is to verify the influence of internal communication in accordance to organization communication satisfaction and image of government organization in Directorate General of Fiscal Balance Ministry of Finance of Republic of Indonesia Data collection was done by survey method with questionnaire Research population was employee of local goverment that used ldquo layanan terpadu rdquo integrated services at Directorate General of Fiscal Balance Ministry of Finance of Republic of Indonesia Research sample are picked from 234 respondents Analysis result shown that internal communication affected to communication satisfaction level with strong effect Furthermore internal communication also affected the image of government organizationwith a strong effect ]"
2015
T42931
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tifanny
"Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi dan memberikan usulan perbaikan terhadap pengendalian internal atas sistem berbasis ERP pada siklus persediaan PT PJM. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif
dengan metode studi kasus dengan PT PJM sebagai unit analisis. Penelitian ini
menggunakan instrumen observasi, wawancara, dan analisis pada serangkaian
dokumen perusahaan. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder.
Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa terdapat beberapa kelemahan
pada pengendalian internal atas pengelolaan persediaan perusahaan. Kelemahan ini
disebabkan karena belum adanya penyesuaian prosedur terhadap proses bisnis
perusahaan, terutama proses melalui sistem ERP. Hal ini berdampak pada
pencatatan persediaan perusahaan yang tidak akurat. Oleh karena itu, penelitian ini
memberikan rekomendasi perbaikan atas analisis aktivitas pengendalian internal perusahaan guna menyelesaikan permasalahan yang timbul saat ini.

This study aims to evaluate and provide recommendations for improvements to
internal control over ERP-based systems in the PT PJM inventory cycle. This study
used a descriptive qualitative approach with a case study method with PT PJM as
the unit of analysis. This research uses observation, interview, and analysis
instruments on a series of company documents. The types of data used are primary
and secondary data. The results of the research conducted indicate that there are
several weaknesses in internal control over the company's inventory management.
This weakness is due to the lack of procedural adjustments to the company's
business processes, especially that processes through the ERP system. This results
in inaccurate company inventory records. Therefore, this study provides
recommendations for improvements from the analysis of the company's internal
control activities conducted in order to solve current problems.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Farradhi
"Penelitian ini mengkaji bagaimana efektivitas implementasi Internal Control over Financial Reporting (ICFR) yang dilakukan pada tim proyek konstruksi Perusahaan BUMN Karya dengan unit analisis yaitu tim proyek perusahaan yang berada pada wilayah aceh. Penelitian ini didasarkan pada banyaknya kasus manipulatif pada proyek konstruksi yang dikerjakan oleh perusahaan yang pada akhirnya berdampak atas penyajian laporan keuangan yang tidak mampu memberikan jaminan keandalan penyajiannya. Penelitian ini menggunakan studi kasus sebagai metode penelitian dan teknik analisis data yang digunakan menggunakan analisis deskriptif yaitu melakukan penilaian ICFR dengan berpedoman pada Guidance for Smaller Public Companies Reporting on Internal Control over Financial Reporting (2006) dan juga menggunakan pendekatan COSO Internal Control- Integrated (2013) dalam melakukan analisis terkait efektivitas ICFR. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara dan dokumentasi pada proses bisnis tim proyek BUMN Karya. Penelitian menemukan bahwa implementasi ICFR pada tiga proses bisnis signifikan perusahaan berdasarkan penilaian, ditemukan dua diantara proses bisnis tim proyek BUMN Karya dengan penilaian ICFR dalam kategori material weakness dan satu proses bisnis dengan penilaian ICFR dalam kategori control deficiency. Maka dari itu penyajian laporan keuangan pada tim proyek bumn karya tidak mampu memberikan reasonable assurance yang memadai. Penelitian dapat memberikan kontribusi literatur untuk implementasi ICFR yang dapat memberikan jaminan keandalan laporan keuangan yang disajikan

Counselor : Dr. Dwi Hartanti S.E., M.Sc This study examines the effectiveness of the implementation of Internal Control over Financial Reporting (ICFR) carried out on the construction project team of the Karya BUMN Company with an analysis unit, namely the company's project team located in the Aceh area. This research is based on the many manipulative cases in construction projects carried out by companies which ultimately have an impact on the presentation of financial statements that are unable to provide guarantees of the reliability of their presentation. This study uses case studies as a research method and data analysis technique used using descriptive analysis, namely conducting ICFR assessments guided by the Guidance for Smaller Public Companies Reporting on Internal Control over Financial Reporting (2006) and also using the COSO Internal Control- Integrated (2013) approach in conducting analysis related to the effectiveness of ICFR. Research data was collected through interviews and documentation on the business process of the BUMN Karya project team. The study found that the implementation of ICFR in three significant business processes of the company based on assessment, found two of the business processes of the SOE Karya project team with ICFR assessment in the material weakness category and one business process with ICFR assessment in the control deficiency category. Therefore, the presentation of financial statements to the BUMN Karya project team is not able to provide adequate reasonable assurance. Research can contribute literature to the implementation of the ICFR that can provide assurance of the reliability of the financial statements presented."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Arie Wibowo Khurniawan
"Dalam rangka meningkatkan kinerja, pemerintah telah melakukan pembenahan secara terus menerus diantaranya pembenahan terhadap Sistem Internal Controls. Internal Controls atau yang biasa disebut sebagai Sistem Pengendalian Internal merupakan struktur yang meliputi organisasi, metode dan ukuran-ukuran yang dikoordinasikan untuk menjaga kekayaan organisasi, memeriksa ketelitian dan kehandalan data akuntansi/laporan keuangan, mendorong efisiensi dan efektifitas kinerja serta dipatuhinya peraturan dan undang-undang yang berlaku. Sistem Internal Controls menekankan pada tujuan yang hendak dicapai, dan meminimalkan Risiko dari setiap kegiatan operasional organisasi dengan berfungsi sebagai Directive Controls, Preventive Controls, Detective Controls dan Corrective Controls. Menurut tujuannya, Sistem Internal Controls tersebut dapat dibagi menjadi dua macam: Sistem Pengendalian Akuntansi (internal accounting control) dan Sistem Pengendalian Administrasi (internal administrative control). Sistem pengendalian Akuntansi meliputi struktur organisasi, metode dan ukuran-ukuran yang dikoordinasikan untuk menjaga kekayaan organisasi, mengecek ketelitian dan kehandalan data akuntansi/laporan keuangan. Sistem pengendalian akuntansi yang baik akan menjamin keamanan kekayaan yang dimiliki organisasi dan menghasilkan laporan keuangan yang dapat dipercaya. Sedangkan Sistem Pengendalian Administrasi meliputi struktur organisasi, metode dan ukuran-ukuran yang dikoordinasikan terutama untuk mendorong efisiensi dan efektifitas kinerja serta mendorong dipatuhinya peraturan dan undang-undang yang berlaku. Jika organisasi memiliki Internal Controls yang baik maka organisai akan memiliki kinerja yang baik pula. Internal Controls merupakan salah satu faktor kunci guna menghantarkan optimalisasi pengelolaan sumber daya dan akuntabilitas organisasi."
Depok: Universitas Indonesia, 2008
T25092
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Komagi Dinar Primasta
"

Skripsi ini menganalis tentang faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kinerja pada BUMD khususnya PD Dharma Jaya. Berdasarkan beberapa data yang diperoleh oleh penulis, banyak BUMD di Indonesia yang memiliki kinerja yang kurang baik dan keuntungan yang sedikit atau bahkan tidak menghasilkan sama sekali. Untuk itu perlu diketahui mengapa fenomena tersebut terjadi. Penelitian ini menggunakan metode post- positivist dan bertujuan untuk menjelaskan mengapa kinerja pada BUMD tidak optimal. Berdasarkan operasionalisasi konsep yang terbagi dalam dua dimensi utama yaitu internal dan eksternal. Hasil penelitiannya adalah faktor internal PD Dharma Jaya yang tidak baik. Pada dimensi internal PD Dharma Jaya dari 23 indikator hanya 6 yang terpenuhi dengan keadaan yang tidak optimal. Berdasarkan fakta tersebut PD Dharma Jaya tidak beroperasi layaknya bisnis karena faktor internal memiliki pengaruh yang tidak baik. Pada dimensi eksternal mayoritas indikator terpenuhi dan terdapat indikator yang justru terindikasi mendukung PD Dharma Jaya untuk fleksibel dalam berbisnis. Dari keadaan tersebut PD Dharma Jaya perlu menguatkan faktor internal supaya dapat beroperasi layaknya badan usaha. 


This undergraduate thesis explains that there are factors that can affect the performance of municipality-owned enterprise especially in PD Dharma Jaya. According some data that writer acquired, many municipality owned enterprise in Indonesia doesn’t perform well, even went into losses. So, its better to know why this phenomenon happened. The method of this research is post positivist, and the purpose is to explain why municipality owned enterprise (MOE) struggle to make profits. Based on concept operationalization, the factors divided into two dimensions, internal and external. In the internal factors only 6 indicators that fulfilled by PD Dharma Jaya and not all of them are works well. That indocates that the effect of internal factors are not good for PD Dharma Jaya. At the external factor, majority of the indicators are fulfilled, and there are regulations that derived frome state laws to municipality law, so PD Dharma Jaya can be more agile in the business. The result is that PD Dharma Jaya doesn’t operate like a business as it should, so it depends on the government money that sourced from the public and doesn’t allow any flexibility to the business. PD Dharma Jaya needs to stregthen its internal capability in doing business so it can be independent from the government money. 

"
2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Afifah Baqiyatush Sholichah
"Penelitian ini membahas tentang evaluasi penerapan pengendalian internal pada siklus pembayaran BPJS Kesehatan di Dinas ABC berdasarkan adanya temuan pemeriksa terkait pembayaran BPJS Kesehatan. Evaluasi dilakukan untuk menilai kesesuaian pengendalian internal yang diterapkan Dinas ABC dengan teori kerangka kerja pengendalian internal menurut COSO. Komponen dari kerangka kerja pengendalian internal menurut COSO yang digunakan adalah komponen penilaian risiko dan aktivitas pengendalian. Kedua komponen ini paling relevan untuk digunakan dalam penelitian ini. Setelah evaluasi, dapat dikatakan bahwa pengendalian internal yang diterapkan Dinas ABC pada siklus pembayaran BPJS Kesehatannya secara umum telah sesuai, namun masih perlu peningkatan aktivitas pengendalian agar dapat mengatasi seluruh risiko yang telah teridentifikasi.

This undergraduate thesis evaluates the implementation of internal control in the BPJS Health payment cycle at the ABC Service which is based on the audit findings regarding BPJS Health payments. The evaluation was carried out to assess the suitability of the internal control implemented by the ABC Service with the internal control framework theory according to COSO. The components of the internal control framework according to COSO that are used are the risk assessment and control activity components. After evaluation, it can be said that the internal controls implemented by the ABC Service in the BPJS Health payment cycle in general is accordance with the COSO framework. However, it is still necessary to increase the control activities carried out."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"In improving Indonesia construction companies? ability to compete, anticipative steps by determining
various improvements and corrections in construction companies are needed to increase the company 's
quality performance. Several factors that influence and determine the success of a construction company
can be grouped into internal factors, external factors, and market forces. internal factors in a company
are important factors and have the eject of approximately 42% towards the company's success.
Management equipment, human resources, corporate culture and finance dominate the internal factors '
influence towards the success of a construction company. The research goal discussed in this paper is to
identify the problems that arise in a construction company 's internal factors that influence the company's
success performance in Indonesia. The methods used are literature studies and survey for identifying the
problems and the construction company?s success performance indicators. The analysts method used in
this research is statistical analysis. The results show that problems in internal factors which have
significant influence to decrease construction company?s performance are the management and human
resources factors.
"
Jurnal Teknologi, 21(1) Maret 2007 : 102-110, 2007
JUTE-21-2-Jun2007-102
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Patricia Stella Harefa
"Penelitian ini disusun untuk mengetahui pengaruh iklim komunikasi terhadap kepuasan kerja pegawai di Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI. Iklim komunikasi organisasi sebagai variabel independen diukur dengan Communication Climate Inventory oleh Pace dan Peterson. Kepuasan kerja sebagai variabel dependen diukur dengan Job Satisfaction Survey yang disusun oleh Spector. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Responden dalam penelitian ini dipilih teknik simple random sampling, yaitu sebanyak 52 orang. Analisis deskriptif menunjukan iklim komunikasi organisasi di Biro Komunikasi Kemenkes RI berada dalam kategori ‘’baik’’ dan tingkat kepuasan kerja karyawan dengan kategori ‘’puas’’. Analisis inferensial menunjukan bahwa iklim komunikasi organisasi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja pegawai Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI
This research was conducted to understand the influence of organizational communication climate on job satisfaction (study case in Communication and Public Service Bureau in Ministry of Health of the Republic of Indonesia). Organizational communication climate becomes the independent variable, measured by Communication Climate Inventory. On the other hand, job satisfaction becomes the dependent variable, measured by Job Satisfaction Survey. This research uses quantitative approach and the data was gathered by questionnaire. Respondents in this research were chosen by simple random sampling technique, 52 persons. Descriptive analysis has shown that the organizational communication climate in the communication bureau is in ‘good’ category. The job satisfaction is in the category ‘satisfied’. The inferential analysis has shown that organizational communication climate has positive and significant influence to job satisfaction of the employee in Communication and Public Service Bureau in Ministry of Health of the Republic of Indonesia."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yohana Tolla
"ABSTRAK
Kapital sosial yang terbentuk sejalan dengan intensitas interaksi antar pegawai
diyakini dapat meningkatkan kepuasan kerja pegawai serta pada akhirnya
memperteguh komitmen pegawai secara individu terhadap organisasi. Penelitian
ini bertujuan untuk mengkaji dan menemukan pertalian hubungan antara kapital
sosial, kepuasan organisasi, dan komitmen pegawai di lingkungan organisasi,
terutama pada organisasi birokrasi. Hasil analisis data menemukan bahwa kapital
sosial memiliki pengaruh terhadap peningkatan kepuasan kerja. Kapital sosial
juga memiliki pengaruh terhadap pembentukan komitmen organisasi pegawai,
akan tetapi pengaruh yang ditimbulkan cukup lemah. Kapital sosial dapat
memberikan pengaruh yang kuat terhadap peningkatan komitmen organisasi
apabila dijembatani oleh peningkatan kepuasan kerja sebagai variabel intervening.

ABSTRACT
Social capital that is formed in line with the intensity of interaction among
employees is believed to increase employee job satisfaction and ultimately
reinforce the commitment of individual employees to the organization. This
research aims to examine and find relationships between social capital,
organizational satisfaction, and employee commitment within the organization,
moreover in bureaucratic organizations. The results of data analysis found that
social capital has an influence on increasing job satisfaction. Social capital also
has an effect on the formation of organizational commitment of employees, but
the impact is quite weak. Social capital can provide a strong influence on the
improvement of organizational commitment when bridged by increased job
satisfaction as an intervening variables."
2017
T48415
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jeanette
"Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan komunikasi yang dilakukan dalam model kepemimpinan pada organisasi dalam rangka melakukan perubahan. Penelitian berparadigma post-positivis ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemimpin menerapkan model kepemimpinan transformasional melalui komunikasi internal sehingga menghasilkan perubahan pengembangan khususnya dalam upaya meningkatkan kepercayaan publik kepada organisasi. Kepemimpinan yang dilakukan Sri Mulyani menunjukkan komponen perilaku dan karakteristik yang konsisten dengan kepemimpinan transformasional, dengan satu komponen kepemimpinan transaksional terkait dengan reward and punishment. Model kepemimpinan transformasional dengan gaya kepemimpinan yang visionary dan democratic juga turut membawa perubahan bagi iklim komunikasi organisasi menjadi suportif dan partisipatif.

This study attempts to describe the application of communication in leadership model on the governmental organization, in order of change. This post positivistic study used qualitative approach, with case study research design. This study showed that the leader applies transformational model of leadership through internal communication in producing developmental changes, especially in the attempts to increase public trust to the institution. The leadership that has been done by Sri Mulyani showed behavioral components and characteristics that consistent with transformational leadership with a component of transactional leadership related to reward and punishment. The transformational model of leadership with visionary and democratic style of leadership also change the communication climate into supportive and participative. "
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2017
T48044
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>