Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 170577 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Nanang Najmudin
"Skripsi ini membahas mengenai Evaluasi Program Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Staf Analis Laboratorium di Departemen Diklat Hermina Hospital Group, tahun 2015. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian ini menemukan belum adanya evaluasi sistem secara menyeluruh mulai dari unsur input, proses, sampai dengan output, belum adanya umpan balik dari rumah sakit mengenai evaluasi paska Diklat, dan keterbatasan perlengkapan atau alat peraga pada Diklat Laboratorium, maka disarankan agar dilakukan evaluasi sistem secara menyeluruh dari unsur input (pengajar, perlengkapan, fasilitas, dan silabus), proses (perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan, dan output (reaksi, pembelajaran, dan perilaku) dengan kriteria kesesuaian, keefektifitasan dan keefisiensian.

This paper about discusses evaluation of training and education program analyst laboratories staff in Training and Education Department at Hermina Hospital Group, 2015. This research used qualitative methode. Result for this research not found about evaluation system is through from element input, process until output, there is has been no feedback from the hospital on evaluation after training, and than limited equipment or props on training and education program for analyst laboratories staff, so it's suggested that it would be evaluated all system from the input (teachers, equipment, facilities, and syllabus), process (planning, organizing, actuating, and controlling), and output (reaction, learning, and behavior) with the criteria of relevancy, efectifity and eficiency.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2016
S62323
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Luzi Adriyanti
"Implementasi program pendidikan dan pelatihan perawat pada RSKD Duren Sawit masih belum mencapai target yang telah ditetapkan sesuai ketentuan Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit maupun sasaran mutu unit Pendidikan dan Pelatihan. Penelitian ini yang bertujuan mengetahui bagaimana terselenggaranya proses diklat tersebut. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan melakukan eksplorasi terhadap proses perencanaan pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi diklat perawat. Dalam setiap proses, faktor yang dieksplorasi adalah faktor sumber daya manusia (SDM), biaya dan metode.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa RSKD Duren Sawit Jakarta pada tahun 2013 telah melakukan implementasi Diklat untuk Perawat mengacu pada kebijakan Gubernur Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Direktur RSKD Duren Sawit Jakarta. Seluruh proses dari tahap perencanaan, pengorganiasian, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi sudah dilakukan, akan tetapi proses ini belum terintegrasi dan pendokumentasian masih terpisah antara bagian diklat dan bagian Keperawatan. Biaya yang diberikan sudah berkesinambungan akan tetapi belum sesuai dengan kebutuhan. Rumah Sakit diharapkan melakukan analisis penyebab belum tercapainya target yang ditetapkan sebagai bukti bahwa Rumah sakit tetap memperhatikan target mutu yang seharusnya dicapai. Pola pelatihan dapat diubah menjadi pola Training for Trainer dengan tujuan efisiensi dan perawat dapat menjadi pelatih untuk pelatihan internal di Rumah Sakit.

The Implementation of Nurse?s Education and Training Program in Duren Sawit Mental Health Hospital in Jakarta 2013 still hasn?t reached the target set by the Minimum Service Standards for Hospitals nor the quality objectives by the Training Unit, therefore this research is conducted to acknowledge how the training process is conducted. This research uses qualitative method by exploring the planning process, organizing process, actuating, controlling and evaluation of nurse?s education and training program. In each process, the factor explored is human resource, cost and method.
The result of this research shows that Duren Sawit Mental Heath Hospital in 2013 has implemented nurse's education and training program as commanded by the Governor of DKI Jakarta's Regulation and the General Manager of RSKD Duren Sawit Jakarta, but this process hasn't yet integrated with the factors explored above and report made on this issue is still divided between the Training Unit and the Nursing Unit. The cost spent has already balanced but it hasn?t fulfilled the need of the cost required for Nurse?s Education and Training Program. The hospital is expected to be able to make a cause analysis as evidence that the hospital still gives attention to the target of quality that has to be attained and change the training method to "Training for Trainer", hoping it would train the nurses to become trainers during internal trainings.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2014
T41738
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
R. Sapuratwi
"Pendidikan dan pelatihan memiliki peran yang strategis dan sentral dalam membentuk sosok aparatur yang memiliki kompetensi, profesional dan bertanggung jawab serta mampu mengantisipasi perubahan yang terjadi di sekitar lingkungan organisasi. Sosok aparatur sebagaimana diuraikan di atas hanya akan terwujud apabila pendidikan dan pelatihan yang dilaksanakan dan direncanakan sedemikian rupa sebagai suatu proses yang sistematis dimulai sejak analisis aspek kebutuhan diklat, penyelenggaraan hingga aspek evaluasinya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menelaah berbagai gejala yang relevan dengan fokus penelitian yaitu menyangkut evaluasi efektivitas pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan Teknis Komunikasi Niaga Internasional di Departemen Perdagangan. Penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif, yakni mendeskripsikan atau menguraikan hasil jawaban responden yang diperoleh melalui kuesioner apa adanya dengan mengacu pada frekuensi dan presentase jawaban responden, sebanyak 40 orang peserta Pendidikan dan Pelatihan Teknis Komunikasi Niaga Intemasional diambil sebagai populasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian kebutuhan pendidikan dan pelatihan oleh sebagian besar peserta dinilai belum memenuhi harapan yang diinginkan oleh peserta. Persepsi peserta menurut kualifikasi yang dimiliki sekarang aspek pengetahuan dan sikap dalam kategori cukup baik, sedangkan aspek keterampilan dan perilaku dalam kategori baik. Sementara itu untuk kualifikasi menurut job spesifikasi aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap dalam kategori baik, sedangkan perilaku dalam kategori sangat baik. Efektivitas pelaksanaan pendidikan dan pelatihan bagi sumber daya manusia aparatur di lingkungan Departemen Perdagangan untuk Pendidikan dan Pelatihan Teknis Komunikasi Niaga Intemasional menunjukkan efektivitas yang baik. Dari kelima aspek pelaksanaan pendidikan dan pelatihan, aspek kurikulum, peserta dan penyelenggara dalam kategori cukup baik, sedangkan aspek tenaga pengajar, sarana dan prasarana, dalam kategori baik. Aspek kurikulum dan aspek peserta merupakan aspek yang memperoleh skor terendah dibanding aspek lainnya. Sementara itu efektivitas pelaksanaan pendidikan dan pelatihan dilihat dari hasil pembelajaran peserta menunjukkan peningkatan yang signifikan secara statistik. Hal tersebut ditunjukkan dengan perolehan yang meningkat hasil post-test para peserta pendidikan dan pelatihan.
Implikasi dan hasil penelitian di atas, maka disarankan penilaian kebutuhan pendidikan dan pelatihan harus selalu dilakukan dengan mengikutsertakan dan memberdayakan semua unit-unit organisasi yang memerlukan peningkatan kualitas SDM di unitnya masing-masing. Penilaian kebutuhan pendidikan dan pelatihan diharapkan menyangkut pula dengan kompetensi SDM yang dibutuhkan oleh masing-masing unit organisasi sehingga sasaran pendidikan dan pelatihan menjadi lebih efektif. Walaupun pelaksanaan pendidikan dan pelatihan menunjukkan efektivitas yang baik, namun usaha untuk meningkatkan aspek-aspek tersebut tetap perlu menjadi perhatian pihak Departemen Perdagangan. Khusus aspek kurikulum perlu ditingkatkan sesuai dengan perkembangan teknologi pembelajaran dalam proses pendidikan dan pelatihan bagi sumber daya manusia aparatur di Departemen Perdagangan. Penguasaan pengetahuan peserta Pendidikan dan Pelatihan Teknis Komunikasi Niaga perlu lebih dimaksimalkan, sehingga secara kognitif sumber daya manusia aparatur memahami pengetahuan peserta pendidikan dan pelatihan. Hal ini perlu dilakukan melalui berbagai metode dan teknik pembelajaran yang dapat mempercepat dan mempermudah daya serap pembelajaran materi yang diberikan.

Training and education have strategic, and central role in forming competent, professional and responsible apparatus figures. They should also be able to anticipate the changing that happens around the organization. The apparatus figures explained above will be achieved if the training and education are implemented and planned as well as possible as a systematic process which is started from the aspect analysis of training and education program needs, implementation of training and education program until evaluation aspect.
This research is intended to describe and analyze various symptoms, which are relevant to the research focus that is about the effectiveness evaluation of training and education of international Commerce Communication Technique in the Department of Trade. The research used quantitative descriptive method. It was done by describing and explaining the respondent result, which is gotten through the normal questionnaire by referring to the frequency and percentage of respondent answers. 40 participants of training and education of International Commerce Communication Technique are taken as population.
The research result shows that the judgment of training and education needs by the most participants hasn?t fulfill the participants' hope. The participant's perception according to the owned qualification, knowledge aspect and behavior, are in quite good category. Meantime, skill aspect and behavior are in good category. And for this qualification according to the knowledge aspect specification job, skill and behavior are in good category, and attitude is in very good category. The effectiveness of training and education implementation for human resources in The Department of Trade for Training and education of International Commerce Communication Technique shows good effectiveness. From five aspects of training and education, curriculum aspect, participants and organizers are in quite good category. Meanwhile, Instructors and facilities are in good category. Curriculum and participants aspect are the aspects that get the lowest score compared with the others. Meanwhile, if it based on the result of participant training, the effectiveness of training and education implementation show significant improvement statically. It is show by the improvement score of post-test for training and education participants.
The implication of research result above, it is suggested that the judgment of training and education should always be implemented by joining and using them all organization units that need the quality improvement in each units. The judgment of training and education needs also hopefully relate to human resource competency needed by each organization units so that the training and education target become more effective. Even though the training and education show good effectiveness, but the effort to improve those aspects still should get attention from the Department of trade, especially for curriculum aspect that need improving based on the training technology improvement in training and education process for human resource apparatus in the department of trade. The participant knowledge mastery of training and education of commerce communication technique need to be maximized, so that the human resource apparatus understand the knowledge of training and education participants cognitively. It should be done through various kinds of method and training technique, which will fasten and ease the absorptive power of material training.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2005
T21529
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Furi Andriyana
"ABSTRAK
Skripsi ini membahas mengenai evaluasi program Diklat Penjenjangan yang baru dilaksanakan sejak tahun 2008, dimana PLN Disjaya sebagai Pilot Project World Class Services (WCS) dituntut untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan benarbenar meningkatkan profesionalisme semua pegawai. Untuk itulah diperlukan pelaksanaan diklat bagi PLN Disjaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan dan metode kuantitatif sebagai teknik pengumpulan data. Peneliti tertarik untuk mengetahui seberapa besar efektivitas program Diklat Penjenjangan bagi pegawai. Dalam penelitian ini, untuk mengetahui keefektivitasan program Diklat Penjenjangan diperlukan evaluasi program Diklat yang diukur dengan 4 dimensi menurut Kirkpatrick. Dari 4 dimensi tersebut, semuanya dapat dinilai efektif.

ABSTRACT
This thesis discusses about the evaluation stages of education and training program that implemented since 2008, where PLN Disjaya as a Pilot Project World Class Services (WCS) are required to improve the quality of care and actually increase the professionalism of all employees and outsourced workers. For this reason the implementation of training required for PLN Disjaya. This thesis uses a quantitative approach and methods of data collection techniques. Researchers are interested to knowing how much the effectiveness of stages of education and training program for employees. In this thesis, to determine the effectiveness of Education and Training program, evaluation of Education and Training program is required as measured by the four dimensions according to Kirkpatrick theory. From those four dimensions, there are all of indicators can be classified as effective."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Rachmat Mulyadi
"Kemampuan sektor formal dalam menyerap tenaga kerja di perkotaan sangat terbatas. Keadaan ini mendorong pemerintah melakukan program revitalisasi balai latihan kerja di seluruh Indonesia, dengan tujuan memberikan keterampilan kepada calon tenaga kerja agar dapat berusaha secara mandiri di sektor informal. Artinya di masa mendatang keberadaan sekolah kejuruan dan balai latihan kerja menjadi sangat strategis dalam mengentaskan pengangguran di perkotaan. Persepsi warga kota mengenai pengaruh promosi, lokasi, jenis pelatihan, dan nilai tambah terhadap minat mereka dalam memanfaatkan aset balai latihan kerja diteliti dengan menggunakan kuesioner yang disebar di enam kecamatan di wilayah Kotamadya Jakarta Utara.
Analisa tabulasi silang digunakan untuk mengetahui pengaruh antara promosi, lokasi, jenis pelatihan, dan nilai tambah terhadap minat. Analisa tersebut juga digunakan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan pandangan warga kota sebagai pengguna dan bukan pengguna balai latihan kerja mengenai promosi, lokasi, jenis pelatihan, dan nilai tambah terhadap minat mereka dalam memanfaatkan aset balai latihan kerja. Bagi pengguna balai latihan kerja, promosi, lokasi, jenis pelatihan dan nilai tambah tidak mempengaruhi minat mereka dalam memanfaatkan aset BLKD Jakarta Utara.
Selanjutnya bagi bukan pengguna balai latihan kerja, lokasi dan nilai tambah mempengaruhi terhadap minat mereka dalam memanfaatkan aset BLKD Jakarta Utara, sedangkan promosi dan jenis pelatihan tidak mempengaruhi minat mereka dalam memanfaatkan aset BLKD Jakarta Utara. Terdapat perbedaan pandangan antara warga kota sebagai pengguna dan bukan pengguna balai latihan kerja mengenai variabel promosi, lokasi, jenis pelatihan, dan nilai tambah terhadap minat mereka dalam memanfaatkan aset BLKD Jakarta Utara, pengaruh signifikan berasal dari lokasi dan nilai tambah.

Capacity of formal sector to employ workers in urban areas is very limited. This situation has encouraged the government to conduct a revitalization program of work training centers all over Indonesia, with purpose to provide skills to prospective workers in order to be able to work independently in informal sector. This means that, in the future, the existence of vocational schools and work training centers becomes very strategic in alleviating unemployment in urban areas. City residents? perception about the effect of promotion, location, type of training, and value added on their interest in utilizing assets of work training centers is examined using questionnaires distributed in six districts within the Municipality of North Jakarta.
Cross tabulation analysis is used to find out the effect of promotion, location, type of training, and value added on interest. The analysis is also used to find out the existence or non existence of different view of city residents as users and non users of work training centers with respect to the effect of promotion, location, type of training, and value added on their interest in utilizing the assets of work training centers. For users of work training centers, promotion, location, type of training and value added do not influence their interest in utilizing the assets of BLKD (Regional Work Training Centers) of North Jakarta.
Further, for non users of work training center, location and value added affect their interest in utilizing the assets BLKD of North Jakarta, while promotion and type of training do not influence their interest in utilizing the assets of BLKD of North Jakarta. There is a different point of view between city residents as users and non users of work training centers with respect to the effect variables of promotion, location, type of training, and value added on their interest in utilizing the assets of BLKD of North Jakarta; the significant effect is from location and value added."
2008
T307.76 / 2008 (17)
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Putri Permatasari
"Penelitian ini membahas mengenai analisis pengelolaan pelatihan di Bagian Pendidikan dan Penelitian RSUP Fatmawati Jakarta Tahun 2011. Analisis pengelolaan pelatihan diteliti berdasar pada siklus penyelenggaraan pelatihan yaitu tahap identifikasi kebutuhan pelatihan, tahap perencanaan dan perancangan pelatihan, tahap pengembangan materi pelatihan, tahap pelaksanaan pelatihan dan tahap evaluasi pelatihan dimana masing-masing tahap mempunyai komponen tersendiri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan wawancara mendalam, observasi, dan telaah data sekunder.
Penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan pelatihan belum berjalan secara optimal berdasarkan siklus penyelenggaraan pelatihan. Dalam melakukan pengelolaan pelatihan, penyelenggara menghadapi banyak tantangan seperti belum menerapkan TNIA dalam melakukan identifikasi kebutuhan pelatihan, belum mempunyai pedoman pelatihan, kurang koordinasi antar unit kerja, belum menyediakan modul pelatihan, instruktur pelatihan kurang kompeten dalam penyampaian materi pelatihan, instruktur pelatihan tidak melakukan kontrak belajar dan identifikasi kebutuhan terhadap peserta pelatihan, tidak adanya laporan evaluasi pelatihan yang meliputi evaluasi penyelenggaraan dan instruktur pelatihan.

This study discusses the analysis of management training in the Department of Education and Research Fatmawati Hospital Jakarta in 2011. The analysis examined the training management cycle training event based on the stage of identification of training needs, planning and design stages of training, training materials development phase, implementation phase of training and training evaluation phase in which each stage has its own components. This study uses qualitative research methods with in-depth interviews, observations, and review of secondary data.
Research shows that management training has not been running optimally based cycle training event. In conducting management training, organizers faced many challenges. However, some of these challenges can be followed up with research is well. Research result seen from the results of in-depth interviews, check list guidelines, and guidelines for review of secondary data.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Suci Ramadhani
"Perilaku diskriminasi membuat penyandang disabilitas kehilangan akses untuk mendapatkan hak nya sebagai warga negara terutama dalam hal mendapatkan pekerjaan. Banyak penyandang disabilitas yang tidak bisa mendapatkan pekerjaan karena latar belakang pendidikan yang rendah dan tidak adanya keterampilan. Untuk memberikan jaminan akses pekerjaan, Indonesia sudah mengesahkan Undang-Undang no.8 Tahun 2016 tentang penyandang disabilitas dan di dalam aturan ini terdapat kewajiban pemerintah dan perusahaan untuk memperkerjakan penyandang disabilitas. Pada kenyataannya kesempatan kerja yang harus diberikan kepada penyandang disabilitas ini belum terealisasi dengan maksimal karena salah satunya perusahaan belum siap memperkerjakan penyandang disabilitas karena belum memenuhi kualifikasi yang ditentukan. Melihat perkembangan dan kemajuan teknologi saat ini sudah mulai muncul berbagai lapangan pekerjaan yang bisa di akses oleh penyandang disabilitas. Untuk membantu penyandang disabilitas bersaing di dalam pasar kerja yang sudah memasuki era digitalisasi ini perlu disiapkan kemampuan dan keterampilan di bidang teknologi. Sebuah perusahaan sosio-enterprise yaitu PT. Thisable Enterprise bergerak dalam pemberdayaan peyandang disabilitas dalam memberikan pelatihan dan pekerjaan kepada penyandang disabilitas. Saat ini PT. Thisable Enterprise bekerjasama dengan perusahaan berbasis aplikasi yaitu Gojek mempekerjakan penyandang disabilitas pada vertikal bisnis Go-Life. Isu ini penting untuk diteliti mengingat masih belum ada penelitian yang fokus melihat tahapan pemberdayaan yang dilakukan oleh lembaga non pemerintah. PT. Thisable Enterprise merupakan perusahaan swasta pertama yang memberikan pelatihan vokasional berbasis teknologi dan menyalurkan tenaga kerja penyandang disabilitas ke berbagai perusahaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini mengkaji tahapan pemberdayaan melalui pelatihan vokasional untuk penyandang disabilitas oleh PT. Thisable Enterprise. Tahapan pemberdayaan melalui tiga tahapan yaitu tahapan penyadaran, tahapan pengkapasitasan dan tahapan pendayaan. Faktor pendukung pemberdayaan ini adalah adanya hubungan kemitraan yang luas serta faktor penghambatnya adalah masih belum luasnya lapangan pekerjaan bagi penyandang disabilitas.

Discriminatory behavior makes persons with disabilities lose access to their rights as the color of the state, especially in terms of getting a job. Many persons with disabilities are unable to find jobs due to low educational backgrounds and lack of skills. To guarantee access to work, Indonesia has passed Law No. 8 of 2016 concerning people with disabilities and in this regulation there is an obligation for the government and companies to employ people with disabilities. In fact, the job opportunities that must be provided to persons with disabilities have not been maximally realized because one of the companies is not ready to employ persons with disabilities because they have not met the specified qualifications. Seeing the developments and advances in technology at this time, various job fields that can be accessed by persons with disabilities have started to emerge. To help persons with disabilities compete in the job market which has entered the era of digitalization, it is necessary to prepare abilities and skills in the field of technology. A socio-enterprise company, namely PT. Thisable Enterprise is engaged in empowering people with disabilities in providing training and employment to people with disabilities. Currently PT. Thisable Enterprise collaborates with an application-based company, Gojek, to employ people with disabilities in the Go-Life business vertical. This research is important to study considering that there is still no research that focuses on the empowerment process carried out by non-governmental organizations. PT. Thisable Enterprise is the first private company to provide technology-based vocational training and channel workers with disabilities to various companies. This research uses a qualitative approach with descriptive research type. This study examines the empowerment process through vocational training for people with disabilities by PT. Thisable Enterprise. The empowerment process goes through three stages, awareness stage, the capacitating stage and the empowerment stage. The supporting factor for this empowerment is the existence of a broad partnership relationship and the inhibiting factor is the insufficient employment opportunities for persons with disabilities."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Cynthia Murniati H. S.
"Pada penelitian ini dibahas tentang rencana program pendidikan dan pelatihan karyawan Rumah Sakit Bogor Medical Center untuk tahun 2013-2014 menuju Hospital Service Excellence. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan melakukan wawancara mendalam kepada tiga orang informan serta telaah data sekunder. Hasil penelitian menyarankan bahwa perencanaan program pelatihan dapat lebih efektif jika mengikuti konsep tahapan program pelatihan dari Tovey dengan lebih tajam pada identifikasi kebutuhan pelatihan dan mengembangkan Unit Diklat agar berfungsi aktif dalam perencanaan yang mendukung pengembangan SDM RS Bogor Medical Center.

In this study discussed about the plan educational programs and employee training Bogor Medical Center Hospital for the years 2013-2014 towards Hospital Service Excellence. This study is a qualitative research by conducting in-depth interviews to three informants and review of secondary data. The results suggest that the planning of the training program can be more effective if it follows the concept stages of a training program by Tovey with sharper identifying training needs and develop Education and Training Unit that is active in supporting the development of human resource planning Bogor Medical Center Hospital.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2013
S47091
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Adhani Abdullah
"Tesis ini membahas tentang Evaluasi Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Pola Baru Tk III Angkatan VIII Tahun 2014 pada Lembaga Administrasi Negara Berdasarkan Level Reaksi Peserta . Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan kepemimpinan pola baru dengan menggunakan teori evaluasi diklat pada level reaksi oleh kirkpatrick dengan aspek yang diteliti widyaiswara, penyelenggara, kurikulum dan fasilitas diklat. Penelitian ini menggunakan metode positivis dengan jenis penelitian deskriptif.
Hasil Penelitian menunjukkan Evaluasi Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Pola Baru Tk III Angkatan VIII Tahun 2014 berjalan dengan cukup baik. Namun demikian, apabila dicermati lebih dalam lagi ternyata masih ada beberapa kelemahan antara lain : kurangnya kompetensi widyaiswara dalam suatu materi diklat baik teoritis, praktek, dan pengalaman, koordinasi antara penyelenggara dengan peserta dalam proses pembelajaran belum sepenuhnya dilaksanakan, adanya mentor yang tidak memfasilitasi dengan baik kebutuhan peserta untuk menciptakan proyek perubahan dalam unit organisasi, serta penyediaan konsumsi yang kurang variasi.

The thesis discussed about evaluation of education and leadership training new patterns Level III Session VIII on 2014 in Institute of Public Administration Based on Participants Reaction. The purpose of this research is to find effectiveness the realization of education and leadership training new patterns by using the theory evaluation training reaction level by Kirkpatrick with the dimensions trainers, organizer, curriculum, and facilities training. This Research is adopted positivist method and descriptive design.
The results of the study showed the training has worked fairly well. However when examining depper there are still some several weaknesses among others lack of competence trainer in a matter training, both theory, practice and experience, coordination between organizer and participants in learning have not been fully determined, the mentor who not facilitate needs paticipants to create project change in organization, and providing consumption of foods are less in variety.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Seta Jaladriyanta
"Untuk merespon perkembangan kejahatan, Polri harus senantiasa meningkatkan kemampuan dan kompetensinya salah satunya adalah melalui pendidikan dan latihan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas pendidikan dan latihan pada Diklat Reserse Polri menggunakan model Kirkpatrick variable Reaksi dan Pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode dengan metode campuran dengan 278 responden yang diambil dari seluruh peserta Dikbangspes Diklat Reserse Polri gelombang VI tahun 2018. Dari temuan penulis, memberikan kesan bahwa pelatihan pada Diklat Reserse Polri tidak dilakukan analisa kebutuhan pelatihan (training needs assessment) dengan baik. Pada evaluasi level Reaksi, peserta didik dikbangspes Diklat Reserse Polri memberikan penilaian baik dengan nilai rata-rata keseluruhan 4.15. Pada dimensi Pembelajaran, peningkatan nilai tertinggi yaitu Dikbangspes Bintara Idik Tindak Pidana Siber sebesar 45. 44%. Sedangkan peningkatan nilai paling rendah yaitu Dikbangspes Pama Reserse Mobil dengan tingkat peningkatan 1.61%. Dari kesimpulan yang dapat dilihat dari penelitian ini penulis mengajukan saran diantaranya; dilaksanakan analisis kebutuhan pelatihan (training needs assessment); konsistensi untuk menugaskan anggota sesuai dengan latar belakang pendidikan yang telah dijalani, kebijakan untuk melakukan seleksi dan sertifikasi bagi tenaga pendidik, revisi terhadap kurikulum dikbangspes pada Diklat Reserse Polri untuk disesuaikan dengan karakteristik pendidikan vokasi, dikbangspes reserse mobil diperlukan perhatian khusus, diharapkan kedepanya terjadi kenaikan yang lebih signifikan terhadap hasil pembelajaran.

To respond to the development of crime, the Indonesian National Police must always improve its capabilities and competencies, one of which is through education and training. This study aims to evaluate the effectiveness of education and training in the Diklat Reserse Polri using the Kirkpatrick model of the Reaction and Learning variable. This study used a mixed method with 278 respondents taken from all participants in Dikbangspes Diklat Reserse Polri batch VI in 2018. The findings give the impression that training at the National Police Training Center did not analyze training needs assessment properly. In the evaluation of the Reaction level, the students of the National Police Training and Education Training Unit gave a good assessment with an overall average score of 4.15. In the dimension of learning, the highest increase was in the Dikbangspes Bintara Idik Tindak Pidana Siber (45. 44%). While the lowest increase in value is Dikbangspes Pama Reserse Mobil with an increase rate of 1.61%. From the conclusions that can be seen from this study the authors make suggestions including; carried out training needs assessment; consistency in assigning members according to the educational background that has been undertaken, the policy to conduct selection and certification for teaching staff, revisions to the curriculum of dikbangspes at the National Police Detective Training Center to be adapted to the characteristics of vocational education, special caring needs, hopefully in the future there will be an increase more significant on learning outcomes."
Jakarta: Universitas Indonesia. Sekolah Kajian Stratejik dan Global, 2019
T55484
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>