Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 199058 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Candra Arifiyanto
"ABSTRAK
Di era globalisasi seperti sekarang ini, iklan dapat disebarkan baik melalui media cetak, media elektronik, maupun melalui media sosial. Keberadaan iklan merupakan senjata utama produsen dalam menarik minat calon konsumennya. Pada Schlagzeile iklan Deutsche Telekom ditemukan seni dalam berbahasa atau Rhetorische Figuren yang akan dibahas dalam jurnal ini, khususnya Hyperbel, Wiederholungsfiguren, dan Rhetorische Frage. Melalui metode penelitian kepustakaan serta metode deskriptif didapatkan hasil bahwa dengan menggunakan Hyperbel, Wiederholungsfiguren, dan Rhetorische Frage, iklan-iklan Deutsche Telekom memiliki fungsi persuasif untuk menarik minat konsumennya.

ABSTRACT
In globalisation era like nowadays, advertisement can be spread through mass media, electronic media and social media. The existence of advertisement is a main course to attract interest the consumer. On Schlagzeile Deutsche Telekom advertisement have found the art of words or Rhetorische Figuren that will be discussed in this journal, especially Hyperbel, Wiederholungsfiguren and Rhetorische Frage. Through literature research and descriptive method, showed that with using of Hyperbel, Wiederholungsfiguren and Rhetorische Frage, the advertisements of Deutsche Telekom have persuasive function, so that this advertisements can succeed to attract the consumer interest.
"
2016
MK-PDF
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Devi Ananta Aulia
"[ ABSTRAK
Pada masa kini, manusia semakin menginginkan hal yang instan, mudah, dan praktis, termasuk
dalam hal makanan. Oleh karena itu, banyak bermunculan restoran cepat saji, salah satunya adalah
restoran asal Amerika, McDonald. Dalam memasarkan produknya, peranan iklan sangatlah
penting sehingga diperlukan pembuatan iklan yang kreatif dan atraktif, salah satunya dengan
menggunakan gaya bahasa iklan. McDonald menggunakan beberapa alat retorik untuk menyokong
iklan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk membahasa bagaimana alat retorik tersebut digunakan
dalam 10 iklan McDonald berbahasa Jerman di tahun 2014 untuk menarik para konsume.
Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan alat retorik yang digunakan, yakni Positionsfiguren,
Wiederholungsfiguren, Erweiterungsfiguren, Kürzungsfiguren, dan Appelfiguren. Penggunaan alat
retorik tersebut membuat iklan McDonald lebih menarik namun tetap singkat dan padat.
ABSTRACT In this era, people are getting more into instant and practical things, including food. And thus,
nowadays there are more and more restaurants that serve variety of fast foods, one of them is a
fast-food restaurant from The United States, McDonald. To spread the products widely, creating a
creative yet attractive advertisement plays an important role, such as using a language style in
commercial advertisement. McDonald use some of the rhetorical figures to support their
commercial. Thus, this study explain how those rhetorical figures are used in 10 McDonald􀂶􀁖􀀃
german advertisements in year 2014 to attract the consuments. Based on the result of the study, the
rhetorical figures that are found in the advertisements are Positionsfiguren, Wiederholungsfiguren,
Erweiterungsfiguren, Kürzungsfiguren, and Appelfiguren. The use of those rhetorical figures make
the advertisement of McDonald look more creative and attractive in brief and simple way., In this era, people are getting more into instant and practical things, including food. And thus,
nowadays there are more and more restaurants that serve variety of fast foods, one of them is a
fast-food restaurant from The United States, McDonald. To spread the products widely, creating a
creative yet attractive advertisement plays an important role, such as using a language style in
commercial advertisement. McDonald use some of the rhetorical figures to support their
commercial. Thus, this study explain how those rhetorical figures are used in 10 McDonald􀂶􀁖􀀃
german advertisements in year 2014 to attract the consuments. Based on the result of the study, the
rhetorical figures that are found in the advertisements are Positionsfiguren, Wiederholungsfiguren,
Erweiterungsfiguren, Kürzungsfiguren, and Appelfiguren. The use of those rhetorical figures make
the advertisement of McDonald look more creative and attractive in brief and simple way.]"
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2015
MK-PDF
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Noor Lestyono Sasongko
"[ ABSTRAK
Jurnal ini membahas pemilihan kata-kata Hochwertwörter, Schlüsselwörter, dan
Plastikwörter dalam iklan Persil yang dapat mempengaruhi tingkah laku konsumen agar
membeli produk tersebut. Penelitian difokuskan pada kata-kata Hochwertwörter,
Schlüsselwörter, dan Plastikwörter yang terdapat pada Schlagzeile ke-10 iklan Persil. Melalui
penelitian kepustakaan dan metode deskriptif, didapatkan hasil bahwa penggunaan
Hochwertwörter dalam iklan Persil memberikan kesan positif pada produk tersebut.
Schlüsselwörter untuk menimbulkan asosiasi konsumen terhadap produk Persil, sedangkan
Plastikwörter memberikan rasa aman dan yakin pada konsumen terhadap kualitas produk.
ABSTRACT This journal discusses the election of words Hochwertwörter, Schlüsselwörter, and
Plastikwörter in Persil ads that can influence the action of consumers to buy the product. The
Research is focused on the words Hochwertwörter, Schlüsselwörter, and Plastikwörter used
in Schlagzeile of the ten of Persil ads. Through literature research and descriptive method,
showed that the use of Hochwertwörter in Persil ads give a positive impression on the
product. Schlüsselwörter to cause the consumer associations on product Persil, while
Plastikwörter ensure the safety and convince the consumers on the quality produt.;This journal discusses the election of words Hochwertwörter, Schlüsselwörter, and
Plastikwörter in Persil ads that can influence the action of consumers to buy the product. The
Research is focused on the words Hochwertwörter, Schlüsselwörter, and Plastikwörter used
in Schlagzeile of the ten of Persil ads. Through literature research and descriptive method,
showed that the use of Hochwertwörter in Persil ads give a positive impression on the
product. Schlüsselwörter to cause the consumer associations on product Persil, while
Plastikwörter ensure the safety and convince the consumers on the quality produt., This journal discusses the election of words Hochwertwörter, Schlüsselwörter, and
Plastikwörter in Persil ads that can influence the action of consumers to buy the product. The
Research is focused on the words Hochwertwörter, Schlüsselwörter, and Plastikwörter used
in Schlagzeile of the ten of Persil ads. Through literature research and descriptive method,
showed that the use of Hochwertwörter in Persil ads give a positive impression on the
product. Schlüsselwörter to cause the consumer associations on product Persil, while
Plastikwörter ensure the safety and convince the consumers on the quality produt.]"
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2015
MK-PDF
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Witri Suri
"Penelitian ini menguraikan tentang pengaruh masalah obesitas yang terjadi di kalangan anak-anak Jerman terhadap iklan Kinder Schokolade, baik itu dari segi bahasa maupun dari segi visualnya. Iklan yang diteliti terdiri atas sembilan iklan cetak Kinder Schokolade dari tahun 2010-2013 dengan tiga versi iklan yang berbeda, yang dianalisis dari aspek semantik dan semiotik. Di dalam penelitian ini dipaparkan perubahan komponen-komponen dalam iklan-iklan Kinder Schokolade sejak muncul permasalahan obesitas pada anak-anak. Pilihan kata dan gambar berperan penting dalam setiap iklannya karena dapat membentuk citra produk yang positif sebagai produk makanan yang berhubungan erat dengan anak-anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan-iklan Kinder Schokolade terpengaruh permasalahan obesitas.

This study describe about the effect of the children’s obesity problem against Kinder Schokolade advertising in terms of languange and visual. This advertisement consist of nine Kinder Schokolade print advertisement from 2010-2013 with three different versions and it will be analyzed from the semantic and semiotic aspects. In this study will be presented about the change in the components of Kinder Schokolade advertisement since the children’s obesity problem appear. The choice of words and images play the important role in each advertisement because it can make a positive image as food product that have closely relationship with the children. The results showed that Kinder Schokolade advertising affected by the obesity problem.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2014
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Novira Varadita
"Schlagzeile merupakan elemen teks terpenting dalam iklan sehingga penulisan Schlagzeile harus dikemas semenarik mungkin agar dapat memikat perhatian pembaca dan mengarahkannya untuk membaca iklan secara keseluruhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan alat retorika dalam pembentukan Schalgzeile yang digunakan dalam iklan Coca-cola berbahasa Jerman dan Indonesia yang merupakan merek minuman kenamaan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang bersumber pada kajian pustaka. Analisis yang digunakan berfokus hanya pada unsur utama iklan, yaitu Schlagzeile dan Unterüberschrift dan unsur pendukungnya yaitu key visual dan catch visual.
Berdasarkan hasil penelitian, dalam iklan berbahasa Jerman alat retorika yang digunakan lebih beragam dibandingkan dengan iklan berbahasa Indonesia. Penggunaan alat retorika yang lebih banyak pada iklan dan kesesuaian gambar pendukung membuatnya terlihat lebih menarik.

Headline is a central text element in advertising. Headline should be packed as interessting as possible in puprose to attract reader's attention and leads them to read the whole advertising. This research aims to know the use of rethorical tools in Headline of Coca-Cola Advertising in German and Indonesia version, which is a famous beverage merk around the world.
This reasearch uses qualitative method which is from literary review. This reasearch is being analyzed by analyzing the main element of advetising only, such as Headline and Subheadline and sublement such as key visual and catch visual.
Based on the result, rethorical tools in German Advertising are used more often than Indonesian Advertising. The using of rethorical tools more often and the suitability of picture make advertising looks more interesting.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2014
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Siska Nirwanti
"Guna menanggulangi permasalahan polusi dan kelangkaan bahan bakar fosil yang terjadi saat ini, perusahaan mobil saling berkompetisi untuk menciptakan mobil yang ramah lingkungan; mobil rendah emisi dan hemat bahan bakar. Cara yang efektif untuk memperkenalkan produk terbarunya kepada konsumen adalah dengan menggunakan media iklan. Pemilihan kata yang digunakan dalam iklan adalah hal yang esensial guna menyampaikan ide iklan kepada pembaca iklan secara utuh sehingga tidak ada informasi yang terlewat. Skripsi ini membahas korelasi makna yang digunakan, baik pada Schlagzeile maupun Fliesstext dalam iklan mobil ramah lingkungan merek BMW dan VW. Skripsi ini juga membahas bagaimana gambar yang digunakan menunjang teks iklan. Dengan menggunakan metode kualitatif, saya menemukan bahwa tujuh dari delapan iklan yang saya gunakan sebagai korpus data menggunakan kata-kata maupun frasa yang memiliki korelasi makna satu sama lain dan umumnya merupakan makna asosiasi. Kata-kata maupun frasa tersebut digunakan untuk membangun citra mobil ramah lingkungan. Gambar yang ada pun turut membangun citra ramah lingkungan serta mendukung teks dan diperkuat dengan penggunaan unsur alam, seperti pepohonan, pegunungan, awan, matahari dan juga danau.

In the age of fossil fuel scarcity, today's car manufacturers in Germany compete with each other to create innovative eco-friendly cars: cars that are low in emission and fuel consumption. To educate the market about this new kind of product, auto companies utilize many approaches. One of the most popular approach is visual advertising. In advertisements, there is the need to use words effectively, or else viewers will miss important points of said ads. In this thesis, I will discuss the correlation of words used in both Headline and Bodycopy parts of some eco-friendly car advertisements by BMW and VW. I will also write about how graphics are used to enhance the meaning of those words. Using qualitative methods, my analyses found that seven out of eight ads uses words and phrases that have associative meanings. These words are used to build the image of ecofriendliness. This image is also strengthen by the usage of environment-associated pictures such as trees, mountains, clouds, or lakes.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S57172
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Adinda Sagita Maryami
"Skripsi ini membahas tentang dampak dari merger antara PT. XL Axiata dan PT. Axis Telekom Indonesia terhadap kesejahteraan konsumen. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengukur seberapa elastis permintaan konsumen pada layanan telekomunikasi GSM dengan menggunakan Fixed Effect Model. Selanjutnya nilai elastisitas harga dan elastisitas pendapatan digunakan untuk menghitung dan menganalisis dampak perubahan harga akibat dari adanya merger antara PT. XL Axiata dan PT. Axis Telekom Indonesia terhadap kesejahteraan konsumen menggunakan metode Compensating Variation. Terdapat beberapa penemuan penting dalam penelitian ini. Pertama, permintaan pelanggan telekomunikasi seluler GSM bersifat inelastis terhadap perubahan harga dan bersifat elastis terhadap perubahan pendapatan. Kedua, merger yang dilakukan oleh PT. XL Axiata dan Axis Telekom Indonesia mengakibatkan peningkatan harga pada tahun 2015 sehingga menyebabkan kesejahteraan konsumen berkurang.

This thesis discusses the impact of the merger between PT. XL Axiata and PT. Axis Telekom Indonesia to consumer?s welfare. This research was conducted in order to measure consumer?s demand elasticity in the GSM telecommunications services using the Fixed Effect Model. Furthermore, price elasticity and income elasticity is used to calculate and analyze the impact of price changes as a result of the merger between PT. XL Axiata and PT. Axis Telekom Indonesia to the consumer?s welfare using the Compensating Variation method. There are several substantial findings in this study. First, the GSM mobile telecommunication consumer?s demand is inelastic to price changes and is elastic to income changes. Second, the merger is done by PT. XL Axiata and Axis Telekom Indonesia resulted in an increase in prices in 2015 resulting in reduced consumer welfare."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
S64100
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Neysa Sheliza Putri Dharma
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsistensi penerjemahan dalam majalah NADI vol. 28 tahun 2021 pada artikel berjudul "Digitalisasi, Solusi Pemulihan Ekonomi?" dengan menggunakan unsur makro dan mikro melalui skema W-Frage oleh Christiane Nord. Penelitian bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih baik tentang konsistensi penerjemahan dalam konteks media komunikasi. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat 7 alasan yang menyebabkan ketidakkonsistenan antara TSu (teks sumber) dan TSa (teks sasaran). Setelah diteliti secara keseluruhan, ketidakkonsistenan pada teks terjadi karena penerjemah memperhatikan konvensi budaya sasaran dan menggunakan metode komunikatif guna memperjelas maksud dari kalimat.

This study aims to analyze the consistency of translation in NADI magazine vol. 28 of 2021 in the article titled "Digitalisation, Solution for Economic Recovery?" by using macro and micro elements through Christiane Nord's W-Frage scheme. The research aims to provide a better understanding of translation consistency in the context of communication media. Based on the research results, there are 7 reasons that cause inconsistency between TSu (source text) and TSa (target text). After an overall study, the inconsistency in the text occurs because the translator pays attention to the conventions of the target culture and uses communicative methods to clarify the meaning of the sentence."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Regita Larasati
"Novel grafis berjudul Meine freie deutsche Jugend (2020) karya Thomas Henseler dan Susanne Buddenderg yang diangkat dari novel biografi karya Claudia Rusch menggambarkan kehidupan sehari-hari dan pengalaman masa kecilnya di Jerman Timur. Penggambaran Jerman Timur oleh Claudia dan juga dampak yang diberikan oleh pemerintah terhadap para tokoh, terutama Claudia, menjadi fokus dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan menggunakan teknik analisis tekstual dengan menganalisis monolog dan dialog para tokoh. Penelitian ini juga menganalisis simbol dan gambar dengan teori semiotika Roland Barthes sebagai landasannya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggambaran Jerman Timur oleh Claudia dalam novel grafis Meine freie deutsche Jugend menggambarkan rasa trauma yang dirasakan oleh warga eks Jerman Timur. Dengan penggambaran yang cukup mendetail, para pembaca juga bisa ikut merasakan dan membayangkan rasanya tinggal dan menjalani kehidupan sehari-hari di Jerman Timur. Dampak yang diberikan oleh pemerintahan Jerman Timur terhadap Claudia dan orang-orang terdekatnya cukup buruk, baik secara fisik maupun psikis.

Graphic novel with the title Meine freie deutsche Jugend (2020) by Thomas Henseler and Susanne Buddenderg which is based on the biographical novel by Claudia Rusch depicts Claudia's daily life and her childhood experiences in East Germany. The depiction of East Germany by Claudia and the impact that was given by the government on the characters, especially Claudia, are the main focus of this research. This study used qualitative methods and textual analysis techniques by analyzing monologues and dialogues of the characters. This study also analyzes symbols and images with Roland Barthes' semiotic theory as the basis. The results of this study indicate that Claudia's depiction of East Germany in the graphic novel Meine freie deutsche Jugend depicts the trauma which was felt by the former East German citizen. With a fairly detailed depiction, readers can also feel and imagine what it's like to stay and live everyday life in East Germany. The impact that the East German government had on Claudia and those closest to her was quite bad, both physically and psychologically."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2021
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Dave Christian
"Penelitian ini membahas unsur semiotika dan semantik yang terdapat dalam fenomena internet yaitu meme internet atau meme. Meme yang dianalisis dalam penelitian ini berupa gambar meme dengan teks atau takarir caption berbahasa Jerman yang menyiratkan depresi yang terdapat dalam media sosial Facebook pada laman Stramme Memes f r deutsche Teens. Pembahasan dilakukan dengan mendeskripsikan gambar meme dan kemudian menganalisis gambar dari segi nonverbal melalui kajian semiotik dengan menggunakan teori semiosis Peirce dan dari segi verbal melalui kajian semantik dengan menggunakan jenis atau ragam makna, yang menyebut suatu macam makna tertentu yang dilihat dari sudut pandang atau kriteria tertentu. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dengan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui kajian semantik dan semiotik dapat dinilai bahwa gambar meme yang dianalisis dapat memiliki nilai humor, walaupun memberi kesan yang negatif karena mereferensikan secara eksplisit tentang depresi melalui teks atau suasana gambar, dan juga secara implisit tentang pengakhiran hidup diri sendiri melalui kajian gambar atau makna di balik kata atau frasa tertentu.

This research discusses about semiotic and semantic elements that are found in the internet phenomenon called internet meme or meme. Memes that will be analyzed in this research are in the form of images with text or caption in German that implies depression and are found on the Facebook page Stramme Memes f r deutsche Teens. Analysis will be conducted by describing the images. The images then will be analyzed from nonverbal aspect through semiotic view using Peirces semiosis theory and from verbal aspect through semantic view using types of meaning, i.e. meaning that is viewed from a certain point of view or criteria. The research is conducted by using qualitative method with literature study. The result demonstrates that through semiotic and semantic view, it can be concluded that the six meme images that are analyzed could have humor values, even though they are giving negative impression by referencing depression explicitly through the text or the tone, and implicitly referencing suicide all is done through the study of the images and the meaning behind certain words or phrases."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2018
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>