Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 149877 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Reny Yuliati
"ABSTRAK
Penelitian ini mengeksplorasi isyarat-isyarat yang dapat membedakan produksi
pesan pengelabuan dan produksi pesan yang jujur dalam komunikasi bermediasi komputer
terutama berbasis teks, dan menginvestigasi apakah adanya kesempatan merencanakan
pesan dapat mempengaruhi perilaku komunikator yang memproduksi pesan pengelabuan.
Penelitian ini mengkaji pengelabuan dalam proses komunikasi interaktif baik secara konsep
maupun operasional sehingga lebih menggambarkan kondisi di dunia nyata, dan hal ini
masih jarang dilakukan pada studi-studi komunikasi pengelabuan terdahulu. Melalui
metode eksperimen, partisipan penelitian dipasangkan sebagai komunikator dan komunikan
untuk menghasilkan percakapan diadik. Dengan memanipulasi produksi pesan (pesan
pengelabuan atau pesan jujur) dan perencanaan (dengan persiapan atau spontan),
diprediksi bahwa komunikator yang memproduksi pesan pengelabuan akan menghasilkan
perilaku yang berbeda dengan komunikator yang memproduksi pesan jujur pada komunikasi
bermediasi komputer. Hasil penelitian dari pengolahan 2 x 2 MANOVA between-subject
design, didapatkan secara empiris, bahwa komunikator yang memproduksi pesan
pengelabuan cenderung lebih jarang menggunakan kata yang merujuk pada diri sendiri,
lebih banyak merujuk pada orang lain, lebih sering menggunakan kata pengingkaran, sering
mengajukan pertanyaan dan banyak mengedit pesan. Namun, ketika komunikator diberikan
waktu untuk merencanakan pesan, maka waktu yang dibutuhkan untuk memproduksi pesan
lebih singkat dan pengeditan pesan tidak terlalu banyak muncul dibandingkan dengan
produksi pesan pengelabuan secara spontan

ABSTRACT
This research examines verbal and nonverbal cues in the production of
deceptive and truthful message in computer-mediated communication, especially
communication based on text, and explores whether planning messages can affect
communicators? behavior. This research reviews both conceptualization and
operationalization of deception in the interactive communication. Therefore, it can
simulate conditions in the real world which has rarely been done in previous studies.
Through experiment methods, research participants were paired as sender and
receiver to produce dyadic conversation. By manipulating message production
(deceptive or truthful message) and message planning (either with preparation or
spontaneous), it is predicted that a sender who produces deceptive message will
show different behavior than a sender who produces truthful message in the
computer-mediated communication. The result from processing 2 x 2 MANOVA
between-subject design empirically shows that senders, who produce deceptive
message, tend to use fewer words which refer to him/herself, more other-directed
pronouns, more negation words, ask more questions and edit message. However,
when the sender is given more time to plan a message, the time needed to produce a
message will be shorter and message editing process will be less than the
spontaneous deceptive message production"
2016
07-18-559201109
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gina Aghnia Virginianty
"Skripsi ini membahas tujuan penggunaan dan fungsi kaomoji terhadap pesan verbal yang terjadi dalam komunikasi melalui media-komputer. Dengan mengambil studi kasus Web-blog personil grup idola AKB48, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memahami tujuan yang mendasari penggunaan kaomoji dalam Web-blog dan juga mengetahui fungsi apa yang cenderung digunakan oleh penulis web-bog dalam menggunakan kaomoji. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain eksposisi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kaomoji digunakan dengan tujuan untuk menekankan pesan, mengekspresikan emosi, memberikan image kawaii, memberikan nuansa humor, dan menarik perhatian pembaca. Sementara fungsi kaomoji yang banyak digunakan adalah sebagai pelengkap.

The focus of this study is the motives and functions of kaomoji towards verbal messages in computer-mediated communication. Regarding to the case study about the idol group AKB48 members' Web-Blog, the purpose of this research is to know and understand the motives that underlie the use of kaomoji in web-blog, and also to know what function of kaomoji the blog-users tends to use. This research's result shows that kaomoji is use with motives to accent messages, express emotion, give kawaii image, give humor nuance, and attract readers. While the kaomoji functions that is widely use is as a complement."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2012
S43016
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Gati Dwi Yuliana
"ABSTRAK
Tesis ini membahas persepsi dewasa muda tentang seks dan seksualitas dalam dua bentuk, yaitu secara langsung dan termediasi teknologi komunikasi serta mediasi teknologi komunikasi pesan seks dan seksualitas. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif-eksploratif. Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi dewasa muda tentang seks dan seksualitas sama antara perempuan dan laki-laki, lajang dan menikah, yaitu dalam bentuk konkrit sekaligus abstrak. Selanjutnya, persepsi dewasa muda tentang seks dan seksualitas dalam komunikasi termediasi teknologi berbeda-beda antara laki-laki lajang dan menikah. Kemudian, mediasi teknologi komunikasi pesan sexting memperlihatkan cara dan alasan yang berbeda-beda dewasa muda menggunakan text based chat dalam aktivitas sexting.

ABSTRACT
This research discussed about young adult perception of sex and sexuality in direct and mediated communication. This research is explorative descriptive qualitative. Thinking about sexting in young adult give us information that young adult have different sex and sexuality perception depend on sex, and status of marriage in both direct and mediated communication. In direct communication they have same perception about sex as real and abstract concept. In mediated communication, they are different perception about sexuality between who got marriage and not. Then, the way and reason on doing sexting bring BBM into as communication technology which mediated sexting."
2013
T35063
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Diva Devina
"Salah satu dampak dari pandemi COVID-19 adalah peralihan kegiatan olahraga secara tatap muka ke komunikasi termediasi komputer. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aspek-aspek komunikasi yang menunjang kehadiran sosial berdasarkan penilaian penggiat olahraga dalam kegiatan olahraga daring pada masa pandemi COVID-19. Penelitian ini merupakan studi deskriptif yang menggunakan pendekatan kualitatif dan strategi penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan mewawancarai empat penggiat olahraga dan analisis konten terhadap publikasi akun Instagram milik pusat kebugaran di Jakarta. Peneliti menemukan bahwa kehadiran sosial dalam kegiatan olahraga daring bergantung pada sinkronitas komunikasi termediasi komputer dan peran instruktur dalam memberikan umpan balik. Meskipun para informan memiliki kesan positif terhadap kehadiran sosial dalam kegiatan olahraga daring, mereka tidak merasa puas dengan kondisi tersebut. Hal ini terlihat dari pilihan mereka untuk tetap berolahraga secara tatap muka pada masa pandemi COVID-19.

The COVID-19 pandemic has changed people’s workout practices from in person method into computer-mediated communication. This research describes communication aspects to understand social presence of workout activities in a computer-mediated environment through the lense of Indonesian sports enthusiasts during COVID-19 pandemic. This research is a descriptive study employing qualitative approach of case study, and data are collected through in-depth interviews and digital documentation of Instagram contents which are published by five workout studios in Jakarta. Findings show that social presence depends on the synchronicity of communication and the role of other people who are involved in mediated workouts. Although workout experience through computer-mediated communication has positive responses, participants are not fully satisfied with this condition as they prefer face-to-face of offline environment."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Farah Dilla Syofiana
"ABSTRAK
Penelitian ini membahas mengenai optimalisasi modal sosial bermediasi teknologi
dalam personal selling. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana
optimalisasi modal sosial dalam personal selling yang dimediasi oleh teknologi.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dengan strategi deskriptif.
Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam kepada empat orang
informan. Penelitian ini mengeksplorasi tiga karakteristik yang menghubungkan
modal sosial dengan personal selling yaitu interaktif, intensif dan konservatif
kemudian menggali optimalisasi yang dapat dilakukan terhadap ketiganya yang
dimediasi oleh teknologi komunikasi. Dari hasil penelitian ditemukan adanya tahapan
dan pola modal sosial dalam personal selling yang menentukan optimalisasi apa yang
dapat dilakukan.

ABSTRACT
This research discusses about the optimization of technology-mediated social capital
in personal selling. The aim is to find out how to optimize social capital in personal
selling which mediated by communication technology. Analysis carried out by
qualitative research framework with a descriptive strategy in order to describing the
results and discussion. Data was collected through in-depth interviews to four
informants. This research was discover three characteristics of social capital that
connects with personal selling known as interactive, intensive, and conservative—
then try to digging out on how to optimize those factor through communication
technology. From the results, we can observe the stages and patterns of social capital
in personal selling that determines what to do related to optimization with through
communication technology."
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2013
T35665
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
R. Soufie Rosalind Saudiah
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana anggota organisasi birokrasi berinteraksi pada Whatsapp group chat berdasarkan konsep rhetorical sensitivity sensitivitas retorik, serta kaitannya dengan konteks birokrasi di Indonesia. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah post-positivism dengan metode penelitian netnografi pada teks grup WhatsApp salah satu unit kerja di Kementerian Pariwisata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam berinteraksi pada grup WhatsApp, tiap-tiap individu akan menampilkan satu dari tiga gaya sensitivitas retorik rhetorical sensitive, noble self atau rhetorical reflector ketika mereka dihadapkan pada satu situasi komunikasi atau arah komunikasi organisasi tertentu Edie Paulson, 1986. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa WhatsApp group chat berpotensi mempersingkat alur komunikasi birokrasi, namun enkulturasi budaya instansi pemerintah yang sudah mengakar tidak serta merta hilang dengan hadirnya komunikasi bermediasi teknologi dalam organisasi birokrasi.

ABSTRACT
This study aims to examine how members of bureaucracy organization interact in WhatsApp group chat based on the rhetorical sensitivity concept, and how it relates to the Indonesian bureaucracy context. It observed the WhatsApp group chat of one of the working units in the Ministry of Tourism under the post positivism paradigm with netnography as the research methodology. The result shows that each members of the WhatsApp group chat tend to performs one out of three rhetorical style ndash the rhetorical sensitive, noble self or rhetorical reflector ndash when faced with particular communication situation or certain organizational communication flow Eddie Paulson, 1986. Other finding also shows that WhatsApp group chat is potential to shorten the bureaucracy communication flow however the enculturation of bureaucratic culture which have been rooted over a very long period of time within the government office would not be easily shifted with the presence of the technology mediated communication in this bureaucratic organization."
2017
T48924
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
New York: Harvester Wheatscheaf, 1992
004.6 CON
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Happy Indah Nurlita Goeritman
"Tesis ini membahas faktor budaya yang digunakan dalam konstruksi pesan risiko yang dibangun oleh pemerintah melalui Satgas Penanganan COVID-19. Faktor budaya perlu dipertimbangkan dalam proses pembentukan pesan karena memengaruhi bentuk dan penerimaan pesan risiko di masyarakat. Tujuan penelitian adalah memahami konstruksi pesan risiko dengan memahami proses pembentukan pesan yang dilakukan Satgas Penanganan COVID-19 dan memeriksa faktor budaya yang digunakan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan strategi konstruktivis. Data penelitian ini adalah hasil wawancara terhadap aktor utama pembuat pesan risiko dalam organisasi Satgas Penanganan COVID-19 yakni juru bicara dan ketua tim komunikasi publik. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa faktor budaya lebih terlihat dalam konstruksi pesan risiko untuk mempersuasi publik, sementara pesan krisis lebih mengutamakan pembingkaian informasi untuk membangun optimisme publik. Faktor budaya yang teridentifikasi yakni aspek agama, nilai, bahasa, kesamaan identitas dan sosio-ekonomi. Namun faktor budaya belum dilibatkan dalam proses pembentukan pesan kunci, melainkan digunakan untuk mengembangkan pesan risiko yang berdampak pada bentuk pesan agar sesuai preferensi budaya di masyarakat. Fokus komunikasi Satgas Penanganan COVID-19 juga berbeda tergantung pada situasi perkembangan krisis meski pada akhirnya penyampaian pesan risiko menjadi arus utama pemerintah di masa krisis.

The focus of this study is to discuss the cultural factors used in the construction of risk messages built by the government through the COVID-19 Task Force. Cultural factor is necessary to be considered in crafting message process because it affects the message form and its acceptance in society. The purpose of this research is to understand the construction of risk messages by understanding the message crafting process carried out by COVID-19 Task Force and examining how the cultural factors being used. This research is qualitative research with a constructivist strategy. The data are collected from the interviews of the main actors who have role of crafting risk messages in the COVID-19 Task Force, namely the spokespersons and head of the public communication team. The results concluded that cultural factors are more visible in the construction of risk messages to persuade public, while crisis messages prioritize framing information to gain public optimism. Cultural factors identified are aspects of religion, local values, language, identity similarity, and socio-economic. However, cultural factors have not been involved in the process of crafting key messages, but are used to develop risk messages to other forms to suit the cultural preferences in society. The communication focus of the COVID-19 Task Force also different depending on the development of crisis situation, although in the end the delivery of risk messages has become the government’s main stream during the crisis."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Fazlur Rahman Lutfi
"Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis proses perencanaan produksi dan manajemen persediaan yang diterapkan oleh perusahaan kue dan roti PT. ABC, serta merekomendasikan metode yang tepat dan komprehensif sehingga dapat mengatasi permasalahan produksi dan persediaan yang selama ini dihadapi perusahaan. Penelitian dilaksanakan dengan melakukan observasi pada perusahaan manufaktur PT. ABC, perusahaan kue dan roti di kota Jakarta Selatan. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer dan sekunder, berupa wawancara yang dilakukan pada pihak manajemen dan karyawan PT. ABC, serta data historis perusahaan berupa laporan keuangan dan dokumen administrasi lainnya yang berkaitan dengan produksi dan gudang. Penelitian ini dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan yang selama ini dialami oleh PT. ABC. Hasil penelitian berupa analisis perencanaan produksi pada proses peramalan permintaan dan penyusunan jadwal induk produksi. Selain itu, peneliti juga menyajikan analisis tentang bagaimana manajemen persediaan yang sebaiknya diterapkan berkaitan dengan proses produksi dengan mengusulkan metode Material Requirement Planning (MRP), melakukan perhitungan rasio perputaran persediaan, serta analisis horizontal berdasarkan data laporan perusahaan periode sebelumnya.

This research was conducted with the aim of analyzing the process of production planning and inventory management applied by pastry and bakery company PT. ABC, as well as recommending an appropriate and comprehensive method that could overcome production and inventory problems that have been faced by the company. The research was carried out by observing the manufacturing company PT. ABC, a pastry and bakery company in South Jakarta. The data used in this study are primary and secondary data, in the form of interviews conducted with the management and employees of PT. ABC, as well as company historical data in the form of financial reports and other administrative documents related to production and warehouses. This research was conducted to solve the problems that have been experienced by PT. ABC. The results of the research are in the form of analysis of production planning in the demand forecasting process and the preparation of master production schedules. In addition, the researcher also presents an analysis of how inventory management should be applied in relation to the production process by proposing the Material Requirement Planning (MRP) method, calculating the inventory turnover ratio and horizontal analysis based on previous company report data."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>