Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 208022 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Evanco Andreas
"Balance scorecard merupakan salah satu alat yang digunakan oleh perusahaan untuk mengukur performa atau kinerja dari setiap pegawainya apakah telah sesuai dengan strategi objektif dari perusahaan tersebut. Tesis ini membahas proses pembuatan hingga penerapan balance scorecard di sebuah kantor akuntan publik dan apakah balance scorecard tersebut sesuai dengan objektif yang ingin dicapai oleh perusahaan tersebut sehinggan balance scorecard tersebut bisa menjadi tolak ukur yang paling efisien dan efektif dalam mengukur performa dari setiap pegawainya.

Balance Scorecard is one of the most efficient tools used by the company to measure the performance of its employees. This Thesis discussed about the process up to the implementation of the balance scorecard in public accounting firm and whether the balance scorecard is corresponding with the objectives that the company want to achieve. Therefore, the balance scorecard could be used effectively in that company.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Daniel Mauritz
"Penelitian ini menganalisis penerapan sistem pengendalian mutu sesuai dengan SPM No.1 Standar Profesional Akuntan Publik pada KAP XYZ. Data dan informasi yang didapat, diperoleh dengan cara melakukan observasi langsung pada KAP tersebut. Adapun hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah sistem pengendalian mutu yang diterapkan telah meliputi unsur dalam SPM No.1 SPAP, namun demikian masih terdapat kendala ataupun masalah dalam prakteknya antara lain belum terlaksananya kebijakan dan prosedur pemantauan yang menjamin kualitas dan mutu atas pelaksanaan SPM di KAP tersebut, sehingga atas hal tersebut penelitian ini memberikan beberapa rekomendasi solusi agar mutu dan penerapan SPM pada KAP XYZ dapat sesuai dengan standar yang ada.

This research aims to analyze the implementation of quality control system that refers to SPM No. 1 Standar Profesional Akuntan Publik in public acounting firm of XYZ. Data and information obtained by doing direct observation to the company itself. And the result of this research is the quality control system that has been applied is already covered the component of SPM No.1 SPAP, however there are some obstacles and problems in practice such as failure in monitoring policy and procedure as a quality guarantee of the quality control system rsquo s implementation in this firm, therefore this research provides the recommendation of that condition in order to synchronize the implementation of quality control system with the standard."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sarah Fricilia Nadira
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh beberapa job-related factors yang terdiri dari supervisor support, organizational support dan job value terhadap work-life balance dan job satisfaction pada para auditor yang bekerja di Empat Besar (Big Four) Kantor Akuntan Publik (KAP) di DKI Jakarta. Penelitian ini juga menganalisis adanya kemungkinan peran mediasi yang dilakukan oleh work-life balance dalam perngaruh job-related factors tersebut dengan job satisfaction. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Multiple Regression dan hasilnya menunjukkan bahwa job-related factors yang memiliki pengaruh signifikan terhadap work-life balance adalah job value, sedangkan supervisor support dan organizational support tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap work-life balance. Work-life balance berpengaruh secara signifikan terhadap job satisfaction. Supervisor support dan job value memiliki pengaruh yang signifikan terhadap job satisfaction. Selanjutnya, work-life balance secara partial memediasi pengaruh job value terhadap job satisfaction, sementara itu work-life balance tidak memediasi pengaruh supervisor support dan organizational support terhadap job satisfaction.

This research aimed to analyze the effect of several job-related factors (supervisor support, organizational support, and job value) on work-life balance and job satisfaction among auditors who work at big four public accounting firms in Jakarta. This reasearch also aimed to explore the mediating role of work-life balance in the relationship between those job-related factors and job satisfaction. Multiple regression analysis demonstrated that the job value had significant effect on work-life balance among auditors while supervisor support and organizational support had not significant effect on work-life balance. Work-life balance had significant effect job satisfaction. Supervisor support and job value had significant effect on job satisfaction. It also confirmed that work-life balance partially mediated the associations between job value and job satisfaction.
"
Depok: Universitas Indonesia, 2014
S57490
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dinda Asriani
"Tuntutan masyarakat akan peningkatan kinerja, profesionalisme birokrasi, Good Government menjadi langkah awal Departemen Keuangan dalam melakukan perubahan. Untuk merealisasikan perubahan tersebut, Departemen Keuangan dijadikan pilot project oleh pemerintah Indonesia untuk melakukan reformasi biokrasi. Salah satu program reformasi yang cukup fundamental yaitu optimalisasi kinerja organisasi, Menteri keuangan menetapkan penerapan manajemen perencanaan dan pengukuran capaian kinerja dengan menggunakan Balance Scorecard. Untuk melakukan perubahan di DJKN bukanlah suatu yang mudah, jika perubahan tidak dapat dikelola dengan baik, maka akan berpotensi mengakibatkan resistansi dan kegagalan dalam perubahan yang dijalankan. Perubahan akan berjalan lebih efisien apabila didukung warga organisasi bahwa mereka siap untuk menerima perubahan tersebut.

Public demand for performance improvement, professionalism of the bureaucracy, and good government was the first step to make hanges in The Ministry of Finance. To realize these changes, the Ministry of Finance has pointed by Indonesian government as a pilot project to bureaucratic reformation. One of the fundamental reform programs is to optimize performance of the organization, Minister of Finance decided to use Balanced Scorecard for measuring its performance management system. Making change happen in DJKN was not easy job to do, if they couldn?t manage well the change, it will potentially lead to resistance and failure when implement the change. Changes will run more efficiently if people supported the organization that they are ready to accept the changes."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2009
T26591
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Caroline Ekaputri
"Turnover intention yang tinggi merupakan masalah critical untuk semua organisasi, terutama untuk perusahaan akuntan publik sebagai perusahaan yang aktivitas utamanya adalah jasa. Tujuan dari tulisan ini adalah untuk menganalisis peran mediasi dari kepuasan kerja terhadap work life balance dan turnover intention. Data empiris dikumpulkan melalui survei kuisioner yang didistribusikan ke empat perusahaan akuntan publik di Jakarta.
Hasil penelitian ini adalah kepuasan kerja merupakan full mediator dari pengaruh work life balance terhadap turnover intention. Untuk level dimensi, fringe benefits, operating condition, dan pay adalah parsial mediator untuk pengaruh enough time-off from work terhadap turnover intention.
Hasil dari penelitian ini berguna untuk perusahaan akuntan publik lainnya karena turnover intention dapat dikurangi dengan meningkatkan work life balance yang dapat mempengaruhi kepuasan kerja, yang dapat dilaksanakan dengan mengurangi kompleksitas prosedur dan dokumentasi audit agar jam kerja lembur berkurang, serta menambah program yang mendukung keluarga, seperti waktu kerja yang fleksibel, pengaturan kerja yang fleksibel, dan kegiatan family gathering.

The high turnover rate is a critical issue for every organization, especially for the public accounting firms as the service-intensive firms. The purpose of this paper is to analyze the mediating role of job satisfaction on the influence of work life balance toward turnover intention. Empirical data was collected using a survey questionnaire which was distributed to four public accounting firms in Jakarta.
The result of this study is that the job satisfaction is a full mediator for the influence of work life balance toward turnover intention. In the dimension level, fringe benefits, operating condition, and pay are partial mediators for the influence of enough time-off from work toward turnover intention.
The results of this study are beneficial to other public accounting firms since the turnover intention rate can be reduced by promoting work life balance to influence the job satisfaction which are applicable by implementing less complex audit procedures and documentation aiming in having less overtime hours and enhancing the family friendly programs, such as flexible working times, flexible working arrangement, and family gathering events.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sintya Marantika
"Budaya memiliki peran yang sangat penting di dalam Kantor Akuntan Publik (KAP). Di dalam SPM No.1 tentang Pengendalian Mutu bagi KAP yang Melaksanakan Perikatan Asurans (Audit, Reviu, dan Perikatan Asurans Lainnya) dan Perikatan Selain Asurans, terdapat tanggung jawab kepemimpinan KAP atas mutu. Di dalam unsur tersebut, budaya internal KAP bergantung dari kepemimpinan KAP. Peran pemimpin KAP dapat
menjadi salah satu penguat di dalam Kode Etik Profesi Akuntan Publik melalui budaya internal yang dibentuk. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi peran partner di KAP CDE khususnya di ABC Team dalam membentuk corporate culture berdasarkan SPM No. 1 dan Kode Etik Profesi Akuntan Publik. Peran partner ini selanjutnya menjadi bagian dari alur pembentukan budaya organisasi menurut Stephen P. Robbins. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data yang
digunakan adalah data primer dan sekunder dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa partner ABC Team pada KAP CDE telah menjalankan perannya sebagai pemimpin yang bertanggung jawab atas mutu sesuai dengan SPM No.1 dan telah menjalankan perannya dalam mempromosikan kode etik melalui budaya yang telah dibentuk. Proses pembentukan budaya di ABC Team pada KAP CDE menurut Stephen P. Robbins diawali dari filosofi pendiri ABC Team yang mengklasifikasikan visi menjadi tiga bagian yaitu people, company, dan client.Tetapi dalam praktiknya masih terdapat permasalahan terkait penanaman budaya pada karyawan, sehingga penulis mengusulkan strategi dalam kerangka sistem pengendalian manajemen yang terdiri dari kontrol sosial yaitu tone at
the top, employee socialization, selection of personnel, interactive controls, clan controls; dan kontrol teknis yaitu diagnostic controls, policies & procedures, incentive systems.

Culture has a very important role in the Public Accounting Firm (CPA Firm). Standard on Quality Control (SQC) 1 regarding Quality Control for CPA Firms Conducting Assurance (Audit, Review, and Other Assurance Engagements) and Non-Assurance Engagements, there is a CPA Firms leadership responsibility for quality. Within these
elements, the CPA Firms internal culture depends on the CPA Firms leadership. The role of the CPA Firms leader can be one of the reinforcements in the Code of Ethics for the Professional Public Accountant through the internal culture that is established. This
study aims to evaluate the role of partners in CPA Firm CDE, especially in the ABC Team in establishing a corporate culture based on SQC 1 and the Code of Ethics for the Professional Public Accountant. The role of this partner then becomes part of the flow of organizational culture establishment according to Stephen P. Robbins. This study
uses a qualitative method with a case study approach. The data used are primary and secondary data with data collection techniques in the form of interviews and documentation. The results of the analysis show that partner of ABC Team at CPA Firm CDE has carried out his role as leader who are responsible for quality in accordance with SQC 1 and have carried out his role in promoting the code of ethics through the culture that has been established. According to Stephen P. Robbins, the process of culture establisment in the ABC Team at CPA Firm CDE begins with the philosophy of
the founder of the ABC Team which classifies the vision into three parts, namely people, company, and client. However, in practice there are still problems related to inculcating culture in employees, so the author proposes a strategy within the framework of a management control system consisting of social control, namely tone at the top, employee socialization, selection of personnel, interactive controls, clan
controls; and technical controls, namely diagnostic controls, policies & procedures, incentive systems.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Emirato Ivanotoya
"Pengukuran kinerja dalam suatu organisasi merupakan suatu hal yang sangat penting untuk dilakukan dan berguna dalam proses perbaikan berkelanjutan. Pengukuran kinerja memerlukan indikator kinerja yang spesifik, terukur, dapat dicapai, logis dan memiliki jangka waktu. Indikator kinerja memerlukan peta strategi sebagai panduan organisasi dalam mencapai tujuannya.
Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan indikator kinerja dengan menggunakan metode Balance Scorecard. Metode Balance Scorecard didasarkan pada 4 perspektif yang bersifat finansial dan non finansial dan memiliki hubungan sebab akibat.
Tujuan penelitian ini adalah dibentuknya peta strategi berdasarkan sasaran strategis dan indikator kinerja kunci (KPI) dari objek penelitian. Objek penelitian adalah perusahaan manufaktur yang bergerak di bidang industri otomotif. Ruang lingkup objek penelitian dibatasi pada tingkat seksi component export planning sebagai penanggung jawab aktivitas export.
Dari hasil penelitian ini didapatkan peta strategi yang terdiri atas 12 sasaran strategis dan 14 indikator kinerja kunci. Diharapkan dengan peta strategi, sasaran strategis dan indikator kinerja kunci yang dihasilkan dapat menjadi pertimbangan bagi objek penelitian dalam pengembangan indikator kinerja.

Performance measurement in organization is very important to do and very usefull for continous improvement process. Performance measurement need performance indicator which specific, measureble, achievable, reasonable and time-bound. Performance indicator needs a strategy map as a guidance to achieve organization goal.
In this research performance indicator is developed using Balance Scorecard method. Balance Scorecard method is based on 4 perspectives, which uses financial and nonfinancial characteristic and cause effect relationship.
The Purpose of this research is to create a strategy map based on strategic objectives and key performance indicator (KPI) for Object Research. This object of this research is a manufacturing company in the automotive industry. The scope of this research is on level of section component export planning who in charge in export activities.
From the result of research, a strategy map which consists of 12 strategic objectives and 14 key performance indicator are obtained. Hopefully with this strategic map, strategic objectives and key performance indicator resulted can be made as a consideration for research on development performance indicator.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009
S51943
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Kurniasih
"Sistem Pendidikan Nasional mempunyai peran penting dan strategis dalam memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi serta mencerdaskan kehidupan berbangsa dan bernegara. SPMI (Sistem Penjaminan Mutu Internal) merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas. Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK) adalah satu lembaga pendidikan kedinasan maupun lembaga pendidikan akademik dibawah Kepolisian Republik Indonesia. Sebagai perguruan tinggi kedinasan Kepolisian Republik Indonesia yang bertujuan mengembangkan ilmu kepolisian di Indonesia, maka peran dan jati diri STIK sebagai Lembaga Pendidikan Kedinasan dan Lembaga Pendidikan Akademik adalah hal yang sangat penting. Perlu dilakukan usaha-usaha maksimal yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar (akademik) sehingga dapat meluluskan Perwira Polisi yang berkualitas dan dapat memenuhi kebutuhan keamanan bagi masyarakat, bangsa dan negara. Namun demikian implementasi SPMI belum dilaksanakan dengan optimal di Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian. Terdapat beberapa kendala terkait sumber daya, kebijakan, dan anggaran yang menghambat implementasi SPMI. Selain itu, STIK selama ini belum menerapkan analisis penjaminan mutu modern dalam pengukuran kinerja terkait penerapan strategi yang telah berjalan, hanya menggunakan analisis serapan atas anggaran. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah membuat standar operasi kebijakan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dengan menggunakan Konsep manajemen Pendidikan tinggi modern Balance Scorecard (BSC) di Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK). Serta melakukan analisis penerapan SPMI dengan menggunakan pendekatan BSC. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode studi observasi dan wawancara di lingkungan civitas STIK. Tahapan analisis yang dilakukan meliputi pembobotan kinerja untuk menilai besaran angka/indeks,yang terdiri dari; Indeks Capaian Indikator Kinerja Utama (IKU), Nilai Sasaran Strategis (NSS), Nilai Kinerja Perspektif (NKP), Nilai Kinerja Unit (NKU).

The National Education System has an important and strategic role in advancing science and technology and educating the people of the nation and state. SPMI (Internal Quality Assurance System) is one of the efforts to realize quality education. The College of Police Science (STIK) is an official educational institution as well as an academic educational institution under the Republic of Indonesia Police. As an official university for the Republic of Indonesia Police, which aims to develop police science in Indonesia, the role and identity of STIK as service education institutions and academic education institutions are very important. It is necessary to make maximum efforts to improve the quality of the teaching and learning process (academic) so that they can graduate qualified police officers and be able to meet the security needs of society, the nation, and the state. However, the implementation of SPMI has not been carried out optimally in the College of Police Science. There are several obstacles related to resources, policies, and budgets that hinder the implementation of SPMI. In addition, STIK has not yet implemented modern quality assurance analysis in measuring performance related to the implementation of an ongoing strategy, only using budget absorption analysis. Therefore, the purpose of this study is to establish a standard operating policy for the Internal Quality Assurance System (SPMI) using the Management Concept of Modern Higher Education Balance Scorecard (BSC) in the College of Police Science (STIK). as well as analyzing the implementation of SPMI using the BSC approach. The research approach used is a qualitative descriptive approach using observation and interview study methods within the STIK community. The stages of analysis carried out include performance weighting to assess the amount of the number or index, which consists of the Key Performance Indicator Achievement Index (IKU), the Strategic Target Value (NSS), the Perspective Performance Score (NKP), and the Unit Performance Score (NKU)"
Jakarta: Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>