Ditemukan 152576 dokumen yang sesuai dengan query
Muhammad Helmi Fauzan
"Fokus dari penelitian ini adalah untuk menguji efek dari Corporate Social Responsibility CSR terhadap Citra Perusahaan dan Ekuitas Merek di Indonesia. Penelitian ini dilengkapi dengan contoh studi kasus Bank BRI sebagai perusahaan bank terbesar di Indonesia. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengukur mana konstruk yang mempengaruhi citra perusahaan dan ekuitas merek dan untuk mensimulasikan langkah strategis yang dapat diimplementasikan untuk meningkatkan kinerja perusahaan. Convenience sampling digunakan untuk penelitian ini dan sampel terdiri sekitar wilayah Jabodetabek. Hipotesis diuji dengan menggunakan software Statistical Package for Social Science SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa memang CSR dan kepuasan pelanggan mempengaruhi citra perusahaan dan ekuitas merek.
The focus of this study is to examine the effects of Corporate Social Responsibility CSR on Corporate Reputation and Brand Equity Role of BRI Peduli in Indonesia. This research is completed with a case study example of BRI as the largest banking in Indonesia. Moreover, this research aims to measure a construct that affect corporate reputation and brand equity and to simulate the strategic move that may be implemented to improve the company rsquo s performance. Convenience sampling was used for this research and the samples consist around Jabodetabek area. The hypotheses are tested using Statistical Package for Social Science SPSS version 23. The results show that indeed CSR and customer satisfaction influences corporate reputation and brand equity."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
S65872
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Fandi Andrian Cindra Putra
"Penelitian ini membahas pengaruh corporate social responsibility dalam memperkuat brand image perusahaan. Konteks yang diambil adalah industri layanan telekomunikasi dengan studi kasus E-Learn XL Future Leaders. Dimensi CSR yang digunakan antara lain adalah tanggung jawab etis, filantropis dan juga keberlanjutan dari konsep Triple Bottom Line. Penelitian ini melakukan uji analisis menggunakan regresi hirarkis berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa CSR terbukti dapat meningkatkan brand image. Variabel yang paling kontributif secara signifikan adalah tanggung jawab etis, sedangkan filantropis dan keberlanjutan cenderung lemah. Karena CSR merupakan konsep yang cukup kompleks, penelitian lanjutan dapat dilakukan dengan pendekatan kualitatif.
This study discusses the influence of corporate social responsibility in strengthening the company 39 s brand image. The context taken in the telecommunication service industry with a case study of E Learn XL Future Leaders. The dimensions of CSR used include ethical and philanthropic responsibilities, and also sustainability from Triple Bottom Line concept. This research performs analysis test using hierarchical multiple regression.The results show that CSR is proven to increase brand image. The most significant contributive variable is ethical responsibility, whereas philanthropic and sustainability tend to be weak. Because CSR is a fairly complex concept, further research can be done with a qualitative approach."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2017
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Yusuf Hakim
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Corporate Social Responsibility CSR terhadap corporate brand equity melalui mediasi corporate brand credibility dan reputation. Data pada penelitian ini didapatkan dari penyebaran kuesioner secara langsung kepada pengguna GO-JEK yang mengetahui tentang kegiatan CSR dari GO-JEK. Data ini diolah dengan menggunakan metode Structural Equation Modeling SEM.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa CSR memiliki pengaruh positif terhadap corporate brand equity melalui mediasi corporate brand credibility dan reputation secara berurutan. Hasil penelitian ini juga menunjukkan CSR memiliki pengaruh positif terhadap kedua variabel mediasi, yaitu corporate brand credibility dan reputation.
This research aims to analyzes the effect of Corporate Social Responsibility CSR toward corporate brand equity mediated through corporate brand credibility and reputation. Data for this research were collected through direct questionnaire to GO JEK user who knew about CSR activities conducted by GO JEK. They were analyzed using Structural Equation Modeling SEM method. The result of this research shows that CSR have a positive effect to corporate brand equity mediated through corporate brand credibility and reputation sequentially. The result of this research also shows that CSR have positive effect to both mediation variables, corporate brand credibility and reputation."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Julfitri Dwi Handayani
"Socially Responsible Marketing adalah suatu aktivitas bisnis / usaha yang dalam pelaksanaannya juga memikirkan kepentingan di luar perusahaan terkait untuk memelihara dan memperbaiki kesejahteraan / kesehatan dari konsumen maupun lingkungan sekitar. Sedangkan CSR adalah komitmen perusahaan untuk memperbaiki komunitas sekitar untuk lebih baik dengan kebebasan cara melalui praktik bisnis dan kontribusi perusahaan. Penelitian ini membahas tentang pengaruh aktivitas Socially Responsible Marketing dan CSR terkait kampanye sosial dari Pepsodent yaitu ?Senyum Sehat Senyum Pepsodent terhadap Brand Image dan Corporate Reputation dari Pepsodent dan PT. Unilever.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan Socially Responsible Marketing mempunyai pengaruh secara positif terhadap Brand Image, namun tidak mempunyai pengaruh positif secara langsung terhadap Corporate Reputation. Sedangkan kegiatan CSR secara positif terbukti dapat mempengaruhi Brand Image suatu produk dan Corporate Reputation. Dan terakhir, Brand Image secara positif mempengaruhi Corporate Reputation. Dengan demikian terlihat bahwa aktivitas Socially Responsible Marketing tidak dapat secara langsung mempengaruhi Corporate Reputation, namun harus melalui mediasi Brand Image dari produk yang diciptakan perusahaan tersebut.
Berdasarkan hasil penelitian ini, maka sebaiknya pasta gigi merek Pepsodent dan PT. Unilever itu sendiri terus melaksanakan dan meningkatkan program Socially Responsible Marketing dan CSR secara lebih terencana dan berkelanjutan sebagai wujud kepedulian dari Pepsodent dan PT. Unilever dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat khususnya terkait kesehatan mulut dan gigi yang lebih baik.
Socially Responsible Marketing is a business activity which in the marketing process implementation are also thinking outside the related enterprises to maintain and improve the welfare / health to consumer and the environment around the consumer. While CSR is a corporate commitment to improving the community around for a better way through business practices and corporate contributions. This study discusses the influence of the activity of Socially Responsible Marketing and CSR on Brand Image and Corporate Reputation. The results show that the activities of Socially Responsible Marketing has a positive effect on Brand Image, but do not have a direct positive influence on Corporate Reputation. CSR activities are proven to positively affect the Brand Image of a product and Corporate Reputation. And lastly, Brand Image positively affects the Corporate Reputation. Thus can be seen that the activity of Socially Responsible Marketing cannot be affect directly to Corporate Reputation, but through the mediation of Brand Image of the company products. Based on these results, the company should continue to implement Socially Responsible Marketing and CSR with better planned and sustainable as a form of awareness of Pepsodent dan PT. Unilever in improving the quality of life, especially which related to oral and dental health."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2012
T32184
UI - Tesis Open Universitas Indonesia Library
Mochammad Erisman
"
ABSTRAKFokus dari penelitian ini adalah untuk menunjukkan pengaruh kecocokan fungsional dan kecocokan image tanggung jawab sosial perusahaan terhadap perilaku merek konsumen. Tanggung jawab sosial perusahaan (atau CSR) dapat dimanfaatkan menjadi sebuah sistem yang memberikan kesempatan yang terfokuskan untuk diferensiasi produk di mata konsumen. Penelitian ini akan dilakukan di daerah JABODETABEK menggunakan desain eksperimen faktorial 2x2. Perusahaan fiktif dengan produk mereka serta kegiatan sosial yang dikejar akan dibuat sebagai stimuli untuk penelitian ini. Peranti lunak SPSS akan digunakan untuk pengolahan data terutama untuk independent sample T test.
ABSTRACTThe focus of this research is to demonstrate the effect of functional fit and
image fit of company?s corporate social responsibility on consumer brand attitude. Corporate social responsibility (Or in short CSR) can be utilized by being a system that gives a focused opportunity for differentiation for the consumers. This research will be conducted in JABODETABEK area using 2x2 factorial experiment design. Fictitious companies alongside their products and pursued social cause will be made as stimuli for this experiment. SPSS will be used as data processing, mainly for independent sample T Test."
2016
S65347
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Meutia Andisya
"
ABSTRAKBrand Equity merupakan variabel yang dapat digunakan oleh perusahaan yang bergerak di industri teknologi untuk menilai seberapa kuatnya atau seberapa terkenalnya sebuah merek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari usability, social value, dan pleasure in use terhadap brand equity pada smartphone bermerek iPhone. Penelitian ini melibatkan 290 responden dari seluruh Indonesia yang memiliki dan menggunakan iPhone dalam minimal 6 (enam) bulan terakhir. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa usability dan pleasure in use memiliki pengaruh positif terhadap brand equity pada smartphone bermerek iPhone, sedangkan social value tidak berpengaruh terhadap brand equity pada smartphone bermerek iPhone.
ABSTRACTBrand Equity is a variable that can be used by companies engaged in the technology industry to increase its strength or support the brand's popularity. This study aims to know the effect of usability, social value, and pleasure in and Pleasure in Use, Against Brand Equity on iPhone. This study involved 290 respondents from all over Indonesia who owned and used iPhones in the last 6 (six) months. Data processing is done by using Structural Equation Modeling (SEM). The results of this study indicate that usability and pleasure in use have a positive influence on brand equity in iPhone, while social values do not affect brand equity on iPhone. "
2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Daniel Aditama
"Skripsi ini membahas tentang pengaruh antara dua elemen program komunikasi pemasaran yaitu iklan dan promosi penjualan dan dampak keduanya pada penciptaan brand equity. Fokus penelitian menyelidiki pengaruh persepsi pengeluaran iklan sikap individu terhadap iklan dan pengaruh dua jenis promosi penjualan yaitu monetary promotions dan non monetary promotions terhadap setiap dimensi pada ekuitas merek.
Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah untuk membuktikan pengaruh advertising dan sales promotions dalam mengembangkan strategi pemasaran untuk mendorong pertumbuhan ekuitas merek. Penelitian ini berhasil mengumpulkan 200 data melalui kuesioner survei dan menguji hubungan antar variabel untuk menganalisis dampak iklan dan promosi penjualan terhadap ekuitas merek.
Berdasarkan studi kasus penelitian ini hasil uji statistik menunjukkan bahwa sikap individu terhadap iklan menjadi peran utama dalam mempengaruhi dimensi ekuitas merek sedangkan persepsi pengeluaran iklan hanya mempengaruhi kesadaran akan merek. Penelitian ini juga menemukan bahwa sales promotions tidak mempengaruhi dimensi ekuitas merek. Selain itu dalam hubungan dan urutan dimensi ekuitas merek penelitian ini menemukan bahwa kesadaran merek menjadi dasar utama dalam mengembangkan dan menumbuhkan ekuitas merek.
This study discusses about the influence between two elements of marketing communications programs advertising and sales promotions and their impact on brand equity creation. The focus of this study investigates the influence of perceived advertising spend individuals attitude towards the advertisements and two kinds of sales promotions monetary promotions and non monetary promotion on brand equity dimensions. The purpose of this study is to prove the influence of advertising and sales promotions in order to developing marketing strategies to encourage brand equity growth. This study successfully collected 200 data through a questionnaire survey and tested relationship between variables to analyze the impact of advertising and sales promotions in brand equity. Based on study case research statistical results show that perceived advertising spend individuals attitudes toward the advertisement play as a key role influencing brand equity dimensions whereas perceived advertising spend affect only on brand awareness. This research also found that monetary promotions and non monetary promotions do not affect brand equity dimensions. In addition in relationship and the order dimensions of brand equity this study found that brand awareness is a means of main foundation in order to developing and growing brand equity."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S46277
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Restu Ayu Larasati
"Corporate Social Responsibility merupakan kegiatan sosial yang dilakukan oleh perusahaan sebagai bentuk tanggung jawab atas kegiatan bisnisnya kepada masyarakat dalam rangka menjaga kelangsungan hidup. Penelitian ini membahas tentang pengaruh Corporate Social Responsibility yang dilakukan Telkomsel. Corporate Reputation dan Brand Equity terhadap Brand Performance Telkomsel.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan sampel sebanyak 150 orang, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menyebarkan kuesioner. Penelitian ini diolah aplikasi statistik SEM (Structural Equation Modeling).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas atau program Corporate Social Responsibility yang dilakukan Telkomsel memiliki pengaruh yang positif terhadap Corporate Reputation. Sebaliknya untuk hasil variabel lainnya yaitu Corporate Reputation dan Brand Equity terhadap Brand Performance tidak memiliki pengaruh.
Corporate Social Responsibility is a social activity carried out by the company as a form of responsibility for its business activities to the community in order to maintain survival. This study discusses the influence of Corporate Social Responsibility carried out by Telkomsel. Corporate Reputation and Brand Equity towards Telkomsel Brand Performance. This research is a quantitative study with a sample of 150 people, the data collection technique used was distributing questionnaires. This research is processed by statistical application of SEM (Structural Equation Modeling). The results of the study indicate that the activities or Corporate Social Responsibility programs carried out by Telkomsel have a positive influence on Corporate Reputation. On the other hand, for the results of other variables, namely Corporate Reputation and Brand Equity on Brand Performance, it has no influence."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2018
T51856
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Abdul Aziz Luthfi
"Tesis ini membahas perjalanan transformasi PT. Bostonprice Asia dari perusahaan perorangan menuju perusahaan dengan corporate brand yang baik. Pembahasannya dari model perubahan, urgensi pendorong, dan proses transformasinya. Peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif studi kasus. Hasil penelitian menyarankan perusahaan perlu menanamkan dan menumbuhkan kesadaran semua orang untuk berubah lebih mendalam lagi sehingga hasil transformasi bisa lebih maksimal; model transformasi PT. Bostonprice Asia diupayakan bisa menjadikan branding perusahaan yang bagus dengan tanpa menyampingkan personal branding pemilik perusahaan sebagai salah satu sumber daya saing perusahaan; perusahaan perlu merumuskan nilai yang berkembang dalam buku dokumentasi agar perubahan terjaga dan menjadi budaya perusahaan.
This thesis discusses the transformation journey of PT. Bostonprice Asia from personal company to good corporate brand company. The discussion is about the change model, the driving urgency, and the transformation process. Researcher used a qualitative research with case study approach. The results suggest the company to emphasize and build strong sense to change to all people so that the transformation output can be more maximized The transformation model of PT. Bostonprice Asia is attempted to make a great corporate branding without leaving the personal branding of the company owner as one of competitive advantage resources The company needs to formulate the growing value in a book documentation to keep the change and to become company culture."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Raihan Ali Maulana Aufa
"Untuk bersaing dengan para kompetitor sebuah bisnis harus dapat membuat ikatan dengan para pelanggannya, ikatan antara merek dengan pelanggannya ini dinamakan brand attachment. Brand attachment dapat terbentuk melalui beberapa faktor seperti brand experience dan brand trust. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk menjelaskan bagaimana brand attachment terhubung dengan brand experience. Selain itu juga untuk mengetahui bagaimana peran mediasi brand trust, penghasilan dan umur. Penelitian ini dilakukan terhadap masyarakat DKI Jakarta yang merupakan pelanggan Restoran Sederhana. Dengan menganalisis 113 responden melalui kuesioner online. Data dianalisis menggunakan regresi linier sederhana dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif antara brand experience dengan brand attachment pada pelanggan Restoran Sederhana di DKI Jakarta, dan tidak ada efek mediasi dari penghasilan terhadap hubungan brand trust dengan brand attachment, dan tidak ada juga efek mediasi umur terhadap hubungan brand experience dengan brand attachment pada pelanggan Restoran Sederhana di DKI Jakarta. Brand trust terbukti memediasi hubungan brand experience dengan brand attachment, dan penghasilan yang lebih rendah terbukti memediasi hubungan brand experience terhadap brand trust pada pelanggan Restoran Sederhana di DKI Jakarta.
To compete with its competitors, a business must be able to make bonds with its customers, this bond between brands and customers is called brand attachment. Brand attachment can be formed through several factors such as brand experience and brand trust. This study aims to explain how brand attachment relates to brand experience. In addition, to find out how the mediating role of brand trust, income, and age. This research was conducted on the people of DKI Jakarta who are customers of Restoran Sederhana. By analyzing 113 respondents through an online questionnaire. Data were analyzed using simple linear regression and multiple linear regression thrpugh SPSS 25. The results showed that there was a positive influence between brand experience and brand attachment on Restoran Sederhana customers in DKI Jakarta, and there was no mediating effect of income on the relationship between brand trust and brand attachment, and there was also no mediating effect of age on the relationship between brand experience and brand attachment. Simple Restaurant customers in DKI Jakarta. Brand trust has been proven to mediate the relationship between brand experience and brand attachment, and lower income has been proven to mediate the relationship between brand experience and brand trust for Restoran Sederhana customers in DKI Jakarta."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library