Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 209165 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Dwita Sekar Agni
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepuasan kerja dan organizational citizenship behavior terhadap kinerja karyawan pada The Indonesian Capital Market Institue TICMI . Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan metode campuran dengan jenis metode campuran sekuensial eksplanatori. Pendekatan penelitian ini melibatkan dua fase, fase kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner dan fase kualitatif dengan wawancara. Sampel yang diambil adalah total sampel, yaitu karyawan The Indonesian Capital Market Institute yang berjumlah 30 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan kerja tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja karyawan, organizational citizenship behavior berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja karyawan, dan kepuasan kerja dan organizational citizenship behavior secara simultan berpengaruh terhadap kinerja karyawan The Indonesian Capital Market Institute.

The research aims to analyse the effect of job satisfaction and organizational citizenship behavior on employee performance in The Indonesian Capital Market Institute TICMI . This research approach used mixed method approach with type explanatory sequential mixed method. This research approach involves two phases, the first phase quantitative with survey using questionnaires and the second phase qualitative with interview method. The survey with total sampling, all employee in The Indonesia Capital Market Institute which amounts to 30 respondent. Data analysis techniques used in this study is multiple linier regression.
The results showed that job satisfaction don rsquo t have significant effect to employee performance. Organizational citizenship behavior have effect is significant to employee performance, and job satisfaction and organizational citizenship behavior simultaneously and significant in improving the employee performance at The Indonesian Capital Market Institute.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2017
S67216
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Prabowo Cahyo Susilo
"Dunia kerja yang semakin dinamis mengharuskan para karyawan untuk bekerja melebihi ekspektasi perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari kepuasan kerja terhadap organizational citizenship behavior. Variabel penelitian ini adalah kepuasan kerja dari Spector (1997) dan organizational citizenship behavior dari Organ (2006). Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan menggunakan regresi linier sederhana. Sampelnya adalah 33 orang karyawan tetap non-manajerial Divisi Konstruksi I PT Adhi Karya (Persero) Tbk. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepuasan kerja memiliki pengaruh signifikan terhadap organizational citizenship behavior.

An increasingly dynamic world of work require employees to work beyond the company's expectations. This study aims to analyze the influence of job satisfaction towards organizational citizenship behavior. The variables are job satisfaction from Spector (1997) and organizational citizenship behavior from Organ (2006). The method of the research is quantitative. The sampling method using questionnaire and analyzed by simple regression analysis. The sample are 33 permanent staff at construction division I PT Adhi Karya. The result indicate that job satisfaction has a significant influence on organizational citizenship behavior"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
S62999
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nadhia Pertiwi
"Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh positive psychological capital karyawan terhadap kepuasan kerja dan organizational citizenship behaviour studi kasus: hotel bintang 4 dan 5 di Jakarta Dan Bogor. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara positive psychological capital karyawan terhadap kepuasan kerja dan organizational citizenship behaviour. Begitu juga menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara kepuasan kerja terhadap organizational citizenship behaviour. Hasil penelitian ini memiliki perbedaan dengan hasil penelitian sebelumnya dikarenakan profil responden yang kurang mewakili penelitian dari sisi demografis.

The purpose of this research is analyze the influence of employee? positive psychological capital to job satisfaction and organizational citizenship behavior case study: 4 and 5 star hotel in Jakarta and Bogor. The research of the study show that there is positive and significant impact from employee positive psychological capital to job satisfaction and organizational citizenship behaviour. And also, show that there is positive and significant impact from job satisfaction to organizational citizenship behaviour. The result of this research having the difference with the previous studies because profile respondents less represent research from the demographic."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
S65632
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Megha Permata Mahardikha Valentine
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara Attitude towards Workplace Fun terhadap Experienced Workplace Fun, Job Satisfaction, Task Performance, dan OCBI di perusahaan Jepang di Indonesia. Penelitian ini dilakukan terhadap 141 responden yang merupakan karyawan yang bekerja pada perusahaan Jepang di Indonesia dalam berbagai jenis industri. Penelitian ini menggunakan analisa statistik Struktural Equation Modeling SEM. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa Attitude towards Workplace Fun berpengaruh positif terhadap Experienced Workplace Fun, serta Experienced Workplace Fun berpengaruh positif terhadap Job Satisfaction, Task Performance, dan OCBI, lalu Job Satisfaction berpengaruh positif terhadap Task Performance, tetapi tidak berpengaruh positif terhadap OCBI.

This study aims to give information about the impact of Attitude towards Workplace Fun on Experienced Workplace Fun, Job Satisfaction, Task Performance, and OCBI in Japan Company in Indonesia. This study involved 141 employee from Japan Company around Indonesia for all industry. Also, this study using SEM for data processing and the result showed a positive effect of Attitude towards Workplace Fun on Experienced workplace Fun, positive effect of Experienced Workplace Fun on Job Satisfaction, Task Performance, and OCBI, positive effect of Job Satisfaction on Task Performance, but no positive effect of Job Satisfaction on OCBI."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
S69249
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Adi Burhanuddin
"Penelitian ini merupakan sebuah studi lanjutan yang meneliti konsep followership. Konsep followership ini merupakan konsep yang melengkapi konsep leadership dan dikembangkan untuk memahami secara lebih baik mengenai keberhasilan sebuah organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hipotesis penelitian sebelumnya yaitu apakah konsep followership tersebut memiliki pengaruh terhadap komitmen organisasi, kepuasan kerja dan organizational citizenship behavior dari karyawan di Indonesia.
Metodologi yang digunakan menggunakan penyebaran kuesioner dengan partisipan penelitian adalah karyawan dari tiga perusahaan yang bergerak untuk mendapatkan laba (for profit) dengan jumlah sebanyak 121 orang.
Hasil yang didapatkan oleh peneliti menunjukkan bahwa konsep followership memiliki pengaruh yang sama terhadap dimensi-dimensi lain yang diujikan dengan hasil penelitian Blanchard et al (2009) kecuali dimensi external job satisfaction, hal ini tidak terlepas dari mayoritas partisipan penelitian yang memiliki etnis suku bangsa jawa. Salah satu kesimpulan penting dari penelitian ini adalah karyawan di Indonesia, terutama yang memiliki etnis suku bangsa jawa, memiliki sebuah konsep external job satisfaction yang berbeda dengan partisipan dari Amerika dan oleh karena itulah perlu dilakukan studi yang lebih mendalam mengenai perbedaan karakteristik ini.

This study is designed to further continue the study of followership . Using previous study as a base, this study plan to test the hipothesis that has been established about the concept of followership in Indonesia with the addition of OCB as a dependent variable. The concept of followership is developed as an addition to the concept of leadership to better understand the reason behind organizational success.
This study uses questionnaire as a mean to get the data required from three different company with 121 employee as respondent. Active engagement have this score toward other variables (β=0.493, sig=0.003; β=0.189, sig=0.685; β=0.275, sig=0.075; β=0.42, sig=0.369; β=0.113, sig=0.79). Independent critical thinking have this score toward other variables (β=-0.309, sig=0.563; β=0.038, sig=0.943; β=-0.544, sig=0.264). Interaction between active engagement with independent critical thinking have this score toward other variables (β=-0.336, sig=0.039; β=0.436, sig=0.608; β=0.158, sig=0.304; β=-0.047, sig=0.956; β=0.839, sig=0.279).
The result shows that the concept of followership have a relationship with all dimensions of variables except of the external job satisfaction.It seems that ethnic background has different influence to employee's concept of satisfaction because the majority of respondent is known to be of Javanese ethnicity. One of the major conclusions in this paper suggest that Indonesian employee have a different concept about satisfaction due to their ethnic characteristics and this opens the door to the next study about followership and ethnicity in Indonesia.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2013
T32537
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Purniawaty
"Era VUCA saat ini ditambah pandemi COVID-19 menjadikan dinamika perubahan disegala bidang baik pada sektor privat maupun sektor publik. Penelitian ini menekankan pada pengelolaan pegawai pada sektor publik yang merupakan unsur kunci dalam keberhasilan organisasi yang saat ini sedang melakukan perubahan secara signifikan yaitu Badan Kebijakan Pembangunan Kesehatan. Kinerja pegawai yang merupakan suatu prestasi dan menjadi ukuran keberhasilan dari suatu organisasi perlu dioptimalkan. Setelah diidentifikasi dari beberapa permasalahan yang ada pada organisasi, terdapat beberapa faktor yang dianggap dapat mempengaruhi kinerja pegawai yaitu job design, job satisfaction dan Organizational Citizenship Behavior (OCB). Analisis dilakukan dengan metode kuantitatif yaitu melalui survei. Dengan menggunakan total sampling dari populasi sebanyak 422 pegawai didapatkan 284 responden yang bersedia untuk berpartisipasi. Data diolah menggunakan metode Partial Least Square-Structural Equation Modelling (PLS-SEM) dengan software SmartPLS versi 4.1. Hasilnya membuktikan pada job satisfaction masing-masing memiliki pengaruh yang positif dan signifikan secara langsung baik terhadap kinerja dan OCB, serta OCB memiliki peran dalam mempengaruhi hubungan job satisfaction terhadap kinerja. Job design memiliki pengaruh positif dan signifikan secara langsung terhadap kinerja, namun tidak terhadap OCB, serta OCB tidak berperan dalam memediasi hubungan antara job design terhadap kinerja pegawai. Selain itu hasil penelitian juga membuktikan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara OCB terhadap kinerja pegawai.

Amidst the volatile, uncertain, complex, and ambiguous (VUCA) era compounded by the COVID-19 pandemic, significant transformations have been made in both public and private sectors. This article describes the employee management within the public sector which is significant in allowing organizations to successfully navigate these changes. The Health Development Policy Agency has been working to apply effective employee management to improve employee performance which indicates organizational success. In this research, key factors influencing employee performance were analyzed, including job design, job satisfaction, and Organizational Citizenship Behavior (OCB). The data of this quantitative research were collected from survey. There were 284 respondents selected from a population of 422 employees participating in this research. Research data then underwent the Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) analysis on SmartPLS 4.1 software. The results of this research show that job satisfaction significantly enhances both performance and OCB. OCB appears as a mediating variable in the relationship between job satisfaction and performance. Job design has a direct and positive influence on performance but not on OCB, while OCB positively and significantly affects employee performance."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ghina Syukriya Maharani
"Seiring meningkatnya ekspektasi terhadap sektor perbankan di Indonesia, perusahaan memerlukan strategi yang efektif untuk membangun human capital yang loyal dan mampu melampaui tugas rutin guna mencapai hasil optimal. Perilaku ekstra ini, dikenal sebagai Organizational Citizenship Behavior (OCB), menjadi fokus penelitian ini. Penelitian menganalisis pengaruh persepsi CSR terhadap OCB karyawan Gen Z di industri perbankan Indonesia, dengan komitmen afektif, psychological capital (PsyCap), dan motivasi prososial sebagai mediator, menggunakan metode Covariance-Based Structural Equation Modeling (CB- SEM). Survei online dari 262 responden dianalisis, menunjukkan bahwa persepsi CSR tidak signifikan terhadap OCB secara langsung (t-value 1,44), namun signifikan terhadap komitmen afektif (t-value 9,17), PsyCap (t-value 11,11), dan motivasi prososial (t-value 8,33). PsyCap menjadi mediator paling efektif (nilai mediasi 0,444) dibandingkan komitmen afektif (0,147) dan motivasi prososial (0,132). Sehingga Hasil ini menekankan pentingnya program CSR dalam meningkatkan PsyCap untuk mendorong OCB, dengan implikasi praktis berupa pelatihan yang mendukung optimisme, resiliensi, efikasi diri, dan harapan karyawan. Kontribusi penelitian ini mencakup wawasan teoretis tentang hubungan CSR dan OCB serta rekomendasi strategis bagi perusahaan dalam membangun perilaku ekstra peran karyawan.

This study aims to examine the mechanisms linking Corporate Social Responsibility (CSR) perceptions with Organizational Citizenship Behavior (OCB) among Generation Z employees in Indonesia's banking sector, focusing on the mediating roles of psychological capital, affective commitment, and prosocial motivation. While Generation Z demonstrates high concern for social and environmental issues, paradoxically, they exhibit the lowest levels of OCB among all generations. Data were collected through an online survey of 230 Generation Z employees in the Indonesian banking sector who had worked for at least 6 months. The study employs Covariance-Based Structural Equation Modeling (CB-SEM) for data analysis. The findings reveal that CSR perceptions positively influence OCB through the mediation of psychological capital, affective commitment, and prosocial motivation. These findings provide insights for banking institutions in designing effective CSR strategies to enhance OCB among Generation Z employees, while contributing to the literature by explaining the psychological mechanisms linking CSR to OCB. Practical and theoretical implications are discussed, along with suggestions for future research."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2025
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Wyanet Yogasmara Putri
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh supervisory support terhadap organizational citizenship behavior dan peran participation in decision making dan kepuasan kerja sebagai mediator dalam hubungan tersebut. Responden dalam penelitian ini adalah 255 karyawan PT XYZ. Dengan menggunakan metode Structural Equation Model (SEM), hasil penelitian ini menunjukkan bahwa supervisory support berpengaruh positif dan signifikan terhadap organizational citizenship behavior. Participation in decision making sebagai mediator ditemukan berhubungan negatif dengan supervisory support dan organizational citizenship behavior. Ditemukan pula bahwa kepuasan kerja tidak memediasi hubungan antara supervisory support dan organizational citizenship behavior.

This study aims to determine the effect of supervisory support towards organizational citizenship behavior and the role of participation in decision making and job satisfaction as mediators in this relationship. Respondents in this study were 255 employees of PT XYZ. By using Structural Equation Model (SEM), the results of this study indicate that supervisory support has positive and significant effect towards organizational citizenship behavior. Participation in decision making as a mediator was found negatively related to supervisory support and organizational citizenship behavior. The result also discovers that job satisfaction does not mediate the relationship between supervisory support and organizational citizenship behavior.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
S65132
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ilevany Siami Setyoasih
"Penelitian ini membahas mengenai bagaimana perilaku organizational citizenship behavior (OCB) dan perilaku berbagi pengetahuan pada guru dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keduanya. Penelitian ini dilakukan terhadap guru-guru di SMP-SMP terpilih yang berada di kota Serang dengan jumlah responden sebanyak 150 orang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif. Hasil pada penelitian ini menemukan bahwa OCB dipengaruhi secara positif oleh kepuasan kerja dan komitmen afektif organisasi, sedangkan perilaku berbagi pengetahuan tidak dipengaruhi secara positif oleh kepuasan kerja dan komitmen afektif organisasi.

The focus of this study is to see organizational citizenship behavior and knowledge-sharing behavior of Junior High School teachers in Serang, and to know what factors that influence both of them. This research used a total of 150 Junior High School teachers for the sample. This research is quantitative descriptive interpretive. The result of this research found that job satisfaction and organizational affective commitment have an impact on organizational citizenship behavior, and knowledge-sharing behavior doesn?t influenced by job satisfaction and organizational affective commitment."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S56761
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Try Any Widyastuti
"Pelayanan kesehatan yang bermutu saat ini sudah menjadi tuntutan semua pihak, termasuk masyarakat sebagai pengguna jasa, dengan bertambahnya golongan masyarakat yang mampu, berpendidikan, dan menguasai informasi, masalah mutu pelayanan menjadi tuntutan mutlak. Adapun faktor yang dominan yang mempengaruhi mutu pelayanan kesehatan di rumah sakit adalah sumber daya manusia. Perawat merupakan ujung tombak baik-tidaknya pelayanan kesehatan yang diberikan karena selama 24 jam perawat selalu berinteraksi dengan pasien. Keluhan (complain) dari pelanggan merupakan indikator dari kurangnya kualitas pelayanan yang diberikan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung serta besarannya antara kepuasan kerja, komitmen organisasi, dan organizational citizenship behavior (OCB) terhadap kuaitas layanan perawat di RSUD dr. H Abdul Moloek Provinsi Lampung. Metode penelitian adalah observasional dengan rancangan cross sectional melalui analisis SEM-PLS. Populasinya adalah seluruh tenaga perawat yang bekerja di RSUD dr.H Abdul Moloek sebanyak 555 orang. Sampel pada penelitian ini adalah perawat yang bekerja di bagian rawat inap sebanyak 90 orang (rule of thumb).
Hasil penelitian menunjukan ada pengaruh langsung antara kepuasan kerja terhadap kualitas layanan perawat sebesar 11,46%, ada pengaruh langsung komitmen organisasi terhadap kualitas layanan perawat sebesar 38,09%, ada pengaruh langsung antara OCB terhadap kualitas layanan perawat sebesar 30,46%, ada pengaruh langsung komitmen organisasi terhadap OCB sebesar 61,34%, ada pengaruh langsung kepuasan kerja terhadap komitmen organisasi sebesar 57,6%, dan pengaruh kepuasan kerja terhadap OCB adalah bersifat tidak langsung, yaitu melalui mediasi komitmen organisasi yaitu sebesar 17,65%.
Penulis menyarankan agar pihak manajemen rumah sakit selalu menjaga serta meningkatkan komitmen organisasi perawat yang memiliki pengaruh terbesar terhadap kualitas layanan, selain itu perlu memperhatikan perilaku OCB pada perawat sehingga diharapkan perilaku ini dapat menjadi suatu budaya organisasi yang akan berdampak positif bagi mutu pelayanan di RSUD dr.H Abdul Moloek Provinsi Lampung.

Quality of health service is becoming the demands of all parties, including public as service users. Because of increasing number of rich people, and educated people, health service quality become an absolute requirement. The dominant factor affecting the quality of health care in hospitals is human resources. Nurses determine the quality of health services, for 24 hours a nurse always interacts with the patient. Complaint from customers is an indicator of the lack of quality of service provided.
The purpose of this research is to know the direct and indirect effect of job satisfaction, organizational commitment, and organizational citizenship behavior of nurses to service quality in hospital of dr. Abdul Moloek in Lampung Province. This study is a quantitative study, using cross sectional design and analyzed using SEM-PLS. The population is all nurses who work in hospitals dr. Abdul Moloek (555 nurses). The sample in this research were 90 nurses working at inpatient charge (Rule of Thumb), taken from population using propotional random sampling.
The result showed there is a direct effect between job satisfaction to service quality : 11,46%, direct effect between organizational commitment to service quality : 38,09%, direct effect between OCB to service quality : 30,46%. direct effect between organizational commitment to OCB : 57,6%, and direct effect between job satifaction to OCB 17,65%.
Suggestions of this study to hospital management is to always keep and increase organizational commitment since it becomes dominant factor to increase service quality, besides that hospital management needs to pay attention to nurses behavior so that OCB as expected behavior can become an organizational culture that will impact the quality of healthcare in dr.H Abdul Moloek?s hospital at Lampung Province.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2014
T41392
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>