Ditemukan 124286 dokumen yang sesuai dengan query
Felisa Fitriani
"
ABSTRAKTeknologi pembayaran non tunai terus dikembangkan dari waktu ke waktu untuk pencapaian transaksi yang efisien, termasuk salah satunya dengan pengembangan teknologi uang elektronik yang saat ini merambah ke media telepon selular dengan instrumen NFC. Agar tercapainya transaksi non tunai yang dapat digunakan seluruh kalangan masyarakat, maka transaksi dengan uang elektronik melalui telepon selular dengan NFC dinilai tepat untuk dapat menjangkau baik masyarakat yang tergolong banked maupun unbanked. Penelitian ini berfokus untuk menguji adopsi teknologi pembayaran uang elektronik melalui telepon selular dengan NFC menggunakan model UTAUT berdasarkan metodologi SEM, dengan studi kasus Telkomsel TCASH. Penelitian dilakukan pada masyarakat Jabodetabek yang tergolong banked maupun unbanked. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan yang signifikan dimana bagi masyarakat banked, TCASH bermanfaat dan memudahkan bagi hidupnya sedangkan bagi masyarakat unbanked, hal ini belum dirasakan dan penggunaan TCASH bagi mereka masih membutuhkan dorongan yang besar dari luar. Oleh karena itu, sebaiknya pihak Telkomsel membuat strategi inovasi yang tepat untuk mempertahankan posisinya di kalangan masyarakat banked dan membuat pengembangan bisnis yang lebih sesuai untuk masyarakat unbanked.
ABSTRACTTeknologi pembayaran non tunai terus dikembangkan dari waktu ke waktu untuk pencapaian transaksi yang efisien, termasuk salah satunya dengan pengembangan teknologi uang elektronik yang saat ini merambah ke media telepon selular dengan instrumen NFC. Agar tercapainya transaksi non tunai yang dapat digunakan seluruh kalangan masyarakat, maka transaksi dengan uang elektronik melalui telepon selular dengan NFC dinilai tepat untuk dapat menjangkau baik masyarakat yang tergolong banked maupun unbanked. Penelitian ini berfokus untuk menguji adopsi teknologi pembayaran uang elektronik melalui telepon selular dengan NFC menggunakan model UTAUT berdasarkan metodologi SEM, dengan studi kasus Telkomsel TCASH. Penelitian dilakukan pada masyarakat Jabodetabek yang tergolong banked maupun unbanked. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan yang signifikan dimana bagi masyarakat banked, TCASH bermanfaat dan memudahkan bagi hidupnya sedangkan bagi masyarakat unbanked, hal ini belum dirasakan dan penggunaan TCASH bagi mereka masih membutuhkan dorongan yang besar dari luar. Oleh karena itu, sebaiknya pihak Telkomsel membuat strategi inovasi yang tepat untuk mempertahankan posisinya di kalangan masyarakat banked dan membuat pengembangan bisnis yang lebih sesuai untuk masyarakat unbanked."
2017
S68597
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Felisa Fitriani
"
ABSTRACTTeknologi pembayaran non tunai terus dikembangkan dari waktu ke waktu untuk pencapaian transaksi yang efisien, termasuk salah satunya dengan pengembangan teknologi uang elektronik yang saat ini merambah ke media telepon selular dengan instrumen NFC. Agar tercapainya transaksi non tunai yang dapat digunakan seluruh kalangan masyarakat, maka transaksi dengan uang elektronik melalui telepon selular dengan NFC dinilai tepat untuk dapat menjangkau baik masyarakat yang tergolong banked maupun unbanked. Penelitian ini berfokus untuk menguji adopsi teknologi pembayaran uang elektronik melalui telepon selular dengan NFC menggunakan model UTAUT berdasarkan metodologi SEM, dengan studi kasus Telkomsel TCASH. Penelitian dilakukan pada masyarakat Jabodetabek yang tergolong banked maupun unbanked. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan yang signifikan dimana bagi masyarakat banked, TCASH bermanfaat dan memudahkan bagi hidupnya sedangkan bagi masyarakat unbanked, hal ini belum dirasakan dan penggunaan TCASH bagi mereka masih membutuhkan dorongan yang besar dari luar. Oleh karena itu, sebaiknya pihak Telkomsel membuat strategi inovasi yang tepat untuk mempertahankan posisinya di kalangan masyarakat banked dan membuat pengembangan bisnis yang lebih sesuai untuk masyarakat unbanked.
ABSTRACTThe non cash transaction technology is constantly developed from time to time for more efficient transaction, including the development of e money technology on mobile phone with NFC as the main payment instrument, known as NFC mobile payment. In order to make the entire society participate in using non cash transaction, NFC mobile payment is chosen as the suitable technology that can reach out to all type of society including the banked and the unbanked community. This research is focused on studying the adoption of NFC mobile payment using UTAUT model within the framework of SEM. The research was conducted in Jabodetabek on both banked and unbanked community. The result showed that there is a significant difference on banked and unbanked people rsquo s perception. Those who are considered as banked people think that TCASH is useful and give benefits to their life, while this isn rsquo t applied to unbanked people as their tendency to use TCASH is still based on great influence from other parties. Because of this, it rsquo s better for Telkomsel to create an innovative strategy to maintain its position in the banked community while also develop a new business strategy that rsquo s more suitable for the unbanked community."
2016
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Fienka Wiandianti
"Pertumbuhan teknologi informasi mendorong perpustakaan untuk memberikan inovasi layanan berupa perpustakaan digital atau digital library. Kemudahan mengakses informasi kapan saja dan dimana saja menjadikan digital library sebagai layanan yang berpotensi untuk dapat terus digunakan pada era digital seperti saat ini. Perpustakaan digital berperan penting dalam kehidupan mahasiswa Rumpun Ilmu Sains dan Teknologi untuk kepentingan penelitian-penelitiannya. Namun saat ini, penggunanya masih merasa tidak puas dan memiliki kecenderungan untuk menggunakan mesin pencari lain. Agar tidak ditinggalkan oleh penggunanya, perlu dilakukan evaluasi pada digital library dengan memahami faktor-faktor yang memengaruhi kepuasan dan loyalitas penggunanya. Penelitian ini menggunakan teori kesukesan sistem informasi, Technology Acceptance Model (TAM), dan teori afinitas perpustakaan digital. Kuesioner penelitian disebarluaskan kepada mahasiswa sarjana dan pascasarjana Rumpun Ilmu Sains dan Teknologi yang menggunakan perpustakaan digital Universitas Indonesia. Sebanyak total 448 data responden didapatkan. Hasil pengolahan data dengan metode Structural Equation Modeling (SEM) menunjukkan bahwa faktor-faktor yang memengaruhi kepuasan dan loyalitas pengguna digital library Universitas Indonesia adalah system quality, information quality, service quality, perceived ease of use, perceived usefulness, dan digital library’s affinity. Perancangan strategi dilakukan menggunakan relationship matrix.
The growth of information technology encourages libraries to provide service innovation in the form of digital libraries or digital libraries. The ease of accessing information anytime and anywhere makes the digital library a service that has the potential to continue to be used in the digital era like today. Digital libraries play an important role in the life of students of the Science and Technology Cluster for their research interests. However, currently, its users are still dissatisfied and have a tendency to use other search engines. In order not to be abandoned by the users, it is necessary to evaluate the digital library by understanding the factors that affect user satisfaction and loyalty. This research uses information system success theory, Technology Acceptance Model (TAM), and digital library affinity theory. The research questionnaire is distributed to undergraduate and postgraduate students of the Science and Technology Cluster who use the digital library of the University of Indonesia. A total of 448 respondent data were obtained. The results of data processing using the Structural Equation Modeling (SEM) method show that the factors that influence the satisfaction and loyalty of the University of Indonesia's digital library users are system quality, information quality, service quality, perceived ease of use, perceived usefulness, and digital library's affinity. The strategy design is done using a relationship matrix."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Febrianty Ramadhon
"Penerapan portal data terbuka merupakan suatu gagasan baru yang dilakukan oleh pemerintah di Indonesia untuk mendukung terwujudnya pemerintah terbuka. Portal Jakarta Open Data adalah inovasi yang lahir untuk menyediakan data terbuka yang akurat, terintegrasi, lengkap dan akuntabel bagi masyarakat serta dapat meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dari kinerja Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan dan penggunaan teknologi data terbuka pada portal Jakata Open Data dengan metode kuantitatif melalui kuesioner dengan teknik analisis data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). Penelitian ini menggunakan penggabungan antara teori kesuksesan sistem informasi DeLone & McLean dan Technology Acceptance Model (TAM).
Hasil penelitian dari 10 hipotesis terdapat 5 hipotesis yang diterima dan 5 hipotesis yang ditolak. Hipotesis yang diterima adalah service quality berpengaruh terhadap perceived ease of use, system quality berpengaruh terhadap perceived usefulness, perceived ease of use berpengaruh terhadap perceived usefulness, perceived ease of use berpengaruh terhadap user satisfaction dan user satisfaction berpengaruh terhadap Net Benefit.
The application of an open data portal is a new idea carried out by the Government in Indonesia to support the realization of an open government. Jakarta Open Data Portal is an innovation that was born to provide open, accurate, integrated, complete and accountable data for the community and can increase transparency and accountability of the performance of the DKI Jakarta Provincial Government. This study aims to determine the factors that influence the acceptance and use of open data technology on the Jakata Open Data portal with quantitative methods through questionnaires with data analysis techniques using Structural Equation Modeling (SEM). This study uses a combination of the success theory of DeLone & McLean information systems and Technology Acceptance Model (TAM). The results of the study of 10 hypotheses there are 5 accepted hypotheses and 5 rejected hypotheses. The accepted hypothesis is that service quality has an effect perceived ease of use, system quality has an effect perceived usefulness, perceived ease of use has an effect perceived usefulness, perceived ease of use has an effect on user satisfaction and user satisfaction has an effect on Net Benefit."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Ade Irma Suryani
"Politeknik Negeri Padang merupakan salah satu perguruan tinggi vokasi yang terbaik di Sumatera. Sebagai perguruan tinggi terbaik, Politeknik Negeri Padang sudah mengimplementasikan beberapa sistem informasi, salah satunya adalah sistem informasi kepegawaian. Hanya saja, pada praktiknya sistem tersebut belum bisa dimanfaatkan secara optimal sebagai alat pendukung pengolahan data dan alat yang strategis untuk memperoleh keuntungan-keuntungan stratejik yang sekaligus mampu menunjang berkembangnya organisasi ke tingkat yang lebih baik.
Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis faktor-faktor yang mendorong penggunaan sistem informasi kepegawaian PNP. Untuk mencapai hal tersebut, penulis mengirimkan survei ke dosen dan pegawai yang menjadi pengguna dari sistem informasi kepegawaian. Dari 160 kuesioner yang disebarkan, diperoleh kuesioner yang kembali sebanyak 121. Kuesioner tersebut kemudian diolah dengan menggunakan Structural Equation Model (SEM) dengan alat bantu Amos v.21.
Dari hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa faktor-faktor yang mendorong penggunaan sistem kepegawaian di PNP adalah Information Quality, Service Quality dan System Quality.
Padang State Polytechnic is one of the best vocational Polytechnic in Sumatera. As the best college, Padang State Polytechnic has implemented several information systems; such as the Information System in the Human Resource Civil Service Department. However, the system still was not optimally utilized within the institution as a tool to support data processing and strategic tool to gain strategic advantages and to support the growth of the organization to a better level. This research was conducted to analyze the factors that encourage the usage of information system in the Human Resource Civil Service Department in PNP. In order to collect data survey, author has sent questionnaires to all faculties including lecturers and administration staffs in Padang State Polytechnic as user of Information System in the Human Resource Civil Service Department. Among 160 questionnaires that were distributed, only 121 questionnaires were returned. Furthermore, the questionnaires were proceeded with the Structural Equation Modeling (SEM) method by using Amos Software v.21. In conclusion, the factors that encourage the usage of Information System in the Human Resource Civil Service Department in PNP are Information Quality, Service Quality and System Quality."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2013
T-Pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Paramitha Mansoer
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor-faktor kualitas dan harga dalam mempengaruhi kesetiaan pelanggan dengan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). Pengambilan data dilakukan kepada pengguna traditional airlines dan low-cost carrier sebagai responden. Faktor-faktor kualitas dan harga yang digunakan dalam penelitian ini adalah penawaran penerbangan (offer of flights and destination), pengalaman pembelian tiket (ticket purchase experience), pengalaman di bandara (airport experience), pengalaman dalam penerbangan (flight experience), kehandalan layanan (service reliability) dan harga (price).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang terbukti mempengaruhi kesetiaan pelanggan pada pengguna traditional airlines adalah penawaran penerbangan (offer of flights and destination), pengalaman dalam penerbangan (flight experience) dan kehandalan layanan (service reliability). Sedangkan faktor-faktor yang terbukti mempengaruhi kesetiaan pelanggan pada pengguna low-cost carrier adalah pengalaman di bandara (airport experience), kehandalan layanan (service reliability) dan harga (price).
The purpose of this research is to identify factors that influence motivation of cycling by using Structural Equation Modeling (SEM). The data is taken from traditional airlines and low-cost carrier users. Factors used in this research are offers of flight and destination, ticket purchase experience, airport experience, flight experience, service reliability, and price. The result of the research on traditional airlines users show that offers of flight and destination, flight experience, and service reliability positively influence customer loyalty. While the low-cost carrier users show that airport experience, service reliability, and price have the positive influence to customer loyalty."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
S1135
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library
Joanna Maria Loretta
"Untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi, organisasi seringkali memilih untuk berinvestasi pada teknologi. Salah satu teknologi yang dipilih perusahaan untuk diinvestasikan adalah Enterprise Resources Planning (ERP). ERP merupakan perangkat lunak sistem informasi yang bertujuan untuk menyatukan informasi menjadi sistem informasi terpusat yang dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi pekerjaan dan pengambilan keputusan. Namun, upaya organisasi untuk berinvestasi pada teknologi ERP seringkali mengalami kegagalan yang berakhir pada kerugian yang harus ditanggung organisasi. Keberhasilan pengimplementasian ERP sangat bergantung pada aspek penerimaan dari penggunanya. Maka, penelitian ini bertujuan untuk merancang strategi untuk meningkatkan intensitas penggunaan ERP yang telah diinvestasikan oleh sebuah organisasi pada industri restoran dengan cara memperoleh Technology Readiness Index (TRI) dan keterkaitan variabel dari TRI terhadap kebermanfaatan dan kemudahan yang dirasakan pengguna dalam menggunakan NetSuite serta memperoleh keterkaitan kebermanfaatan dan kemudahan terhadap intensi penggunaan NetSuite dengan menggunakan model Technology Acceptance Modelling (TAM). Berdasarkan hasil pengolahan data, didapatkan bahwa TRI PT. Animo Resto Primera tergolong dalam high technology readiness dan variabel pada TRI yang berpengaruh signifikan pada kemudahan penggunaan NetSuite adalah optimism, innovativeness, dan discomfort. Sedangkan variabel yang berpengaruh signifikan pada kebermanfaatan adalah optimism. Kemudahan penggunaan NetSuite berpengaruh signifikan terhadap intensi penggunaan NetSuite. Dari hasil penelitian tersebut, maka dirancang strategi-strategi untuk meningkatkan intensi penggunaan NetSuite menggunakan metode Importance-Performance Analysis berdasarkan variabel-variabel yang berpengaruh secara signifikan dan critical success factor dari penggunaan ERP guna meningkatkan probabilitas keberhasilan pengimplementasian NetSuite pada PT. Animo Resto Primera.
To increase the effectiveness and efficiency, company do the investment on technology. On of the most chosen technology is Enterprise Resources Planning (ERP). ERP is system information software which collect the information and make it a centralize data to increase the effectiveness and efficiency of work process and decision making process. Otherwise, the effort done by company often run into failure and causing several losses to the company. The successful ERP implementation depends on the user acceptance of the technology. So, this research purpose is to design strategies to increase the behavior intention of ERP usage that already invested by the company in food service industry by obtain the Technology Readiness Index (TRI) and the relation between TRI variable and perceived usefulness and perceived ease of use when the user using NetSuite along with the relation between perceived usefulness and perceived ease of use on behavior intention based on Technology Acceptance Modelling (TAM). According on the data that has been processed, the TRI of PT. Animo Resto Primera is high technology readiness and the TRI variable that effect significantly on perceived ease of use are optimism, innovativeness, and discomfort. While, the variable that effect significantly on perceived usefulness is optimism. Perceived ease of use effect significantly on behavior intension in using NetSuite. From the data obtained, the strategies are designed to improve the behavior intention on using NetSuite using Importance-Performance Analysis based on the variable that effect significantly and the critical success factor on ERP implementation in purpose to increase the probability of the successful ERP implementation."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Heru Yunianto
"Untuk mengundang partisipasi pemustaka dalam library 2.0, Perpustakaan Nasional RI membuka account Facebook Fan Page. Keterlibatan pihak-pihak yang berpartisipasi dalam library 2.0 ini didasari oleh kepercayaan satu sama lain. Penelitian ini berusaha untuk menjelaskan hubungan dimensi kepercayaan yang terdiri dari kemampuan, kebaikan hati, dan integritas pustakawan dengan partisipasi pemustaka melalui penerapan Facebook Fan Page di Perpustakaan Nasional RI. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan cara metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi dan kuesioner. Teknik analisa untuk menganalisis data adalah Structural Equation Model (SEM) dengan metode estimasi Maximum Likelihood Estimation (MLE) dan menggunakan alat bantu software AMOS 21. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 169 responden, sehingga dapat dianggap mencukupi ketentuan minimal SEM. Hasil analisis dan kesimpulan dalam penelitian ini menjelaskan bahwa hanya variabel integritas pustakawan yang mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel kepercayaan pemustaka pengguna Facebook Fan Page Perpustakaan Nasional RI. Sedangkan variabel integritas pustakawan dan kepercayaan pemustaka menjadi variabel-variabel yang mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel partisipasi pemustaka pengguna Facebook Fan Page Perpustakaan Nasional RI. "
Jakarta : Perpustakaan IPB , 2015
020 JPI 14:1 (2015)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Naufal Tirta Gustama
"Turnover masih menjadi permasalahan utama bagi setiap perusahaan. Banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut salah satunya kualitas pekerjaan yang buruk serta kelelahan emosional yang dialami para karyawan. Sehingga secara tidak langsung kepuasan kerja karyawan menjadi terpengaruh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari perceived job quality dan burnout terhadap intention to stay yang dimana hubungannya akan dimediasi oleh job satisfaction dengan menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM). Data penelitian diperoleh dari 382 karyawan perusahaan yang berdomisili di Indonesia melalui kuesioner yang disebar secara daring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perceived job quality memiliki pengaruh positif terhadap intention to stay, sedangkan burnout memiliki pengaruh negatif terhadap intention to stay. Selain itu dikarenakan terdapat hubungan langsung dan tidak langsung yang berasal dari perceived job quality dan burnout terhadap intention to stay, ditemukan bahwa job satisfaction dapat memediasi hubungan dari ketiga variabel tersebut.
Turnover is still a major problem for every company. Many factors can cause it, one of which is poor work quality and emotional exhaustion experienced by employees. So indirectly, employee job satisfaction is affected. This study aims to determine the effect of perceived job quality and burnout on intention to stay in which the relationship will be mediated by job satisfaction using the Structural Equation Modeling (SEM) method. Research data were obtained from 382 company employees who are domiciled in Indonesia through a questionnaire distributed online. The results showed that perceived job quality has a positive effect on intention to stay, while burnout has a negative effect on intention to stay. In addition, because there are direct and indirect relationships that originate from perceived job quality and burnout to intention to stay, it was found that job satisfaction can mediate the relationships of these three variables."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Diat Nurhidayat
"Penelitian tentang adopsi dan penerimaan teknologi wireless fidelity (Wi-Fi) publik hotspot masih sedikit kurang jelas. Hal ini menjadi suatu hal yang imperatif untuk dimengerti. Sudah banyak penelitian tentang penerimaan sistem informasi dan Teknologi informasi, sebagai misal penelitian tentang penerimaan user tentang Sistem ERP pada sebuah perusahaan, hal ini pula yang melatarbelakangi peneliti untuk meneliti model penerimaan teknologi hotspot di Universitas XYZ.
Penelitian penerimaan pengguna sistem hotspot di Universitas XYZ dilakukan penulis untuk mengetahui sejauh mana tingkat penerimaan user terhadap sistem tersebut. Peneliti menggunakan Model Persamaan Struktural (Structural Equation Modeling). Penelitian ini melibatkan 115 user dari civitas akademika Universitas XYZ yang menggunakan sistem hotspot untuk koneksi ke internet. Penelitian ini menggunakan 7 variabel latent, yang terdiri dari 5 variabel eksogen Relative Advantage, Ease of Use, Wireless Trust, Facilitating Condition, Personal Innovativeness on Domain Information Technology. dan 2 variabel endogen, Current Usage, Future Usage. Pengambilan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner dengan penilaian skala likert ke responden. Alat bantu analisis menggunakan software LISREL.
Hasil dari penelitian ini adalah diterimanya variabel Current Usage. Penelitian ini masih memerlukan penelitian lanjutan untuk menemukan variabel konstruk lainnya yang mewakili penerimaan pengguna terhadap sistem hotspot.
Research on wireless fidelity (Wi-Fi) public hotspot acceptance and adoption is rarely founded. It has become imperative to understand the critical factors that affect their acceptance. There are many research on the user acceptence of information systems and information technology. For instance, research on user acceptance of the ERP system on many companies,This drove the idea of this research on model of wifi technology at XYZ University. Aims of this study is to examine the extent to which level of user acceptance on the hotspot/WiFi system. The author used the Structural Equation Modeling (SEM) as an analysis method. Respondent of this study involved 115 People from civitas academica of the XYZ University which using the system for the internet connection. There are seven latent variables, which consist of Relative Advantage, Facilitating Condition, Wireless Trust, Personal Innovativenes In Domain of Information technology, Ease of use. Also known as exogen variables and Current Usage, And Future Usage known as endogen variable. Data Collection done by distributing the questionnaire to respondent in which the questionnaire used a Likert scale. LISREL was used as an analysis tool in this study. Results of this study shows that the Curent Use variable, is accepted by the users while other variables have no significant influence on this model. This study suggest further research to find others construct variables that represent the user acceptance of the hotspot."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2009
T-Pdf
UI - Tesis Open Universitas Indonesia Library