Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 83141 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Sri Ismi Maulidyah
"ABSTRAK
Kemutakhiran sumber rujukan dalam karya tulis ilmiah (KTI) merupakan hal penting yang dipersyaratkan dalam penilaian angka kredit jabatan fungsional. Oleh karena itu, agar KTI mendapat nilai baik, maka sumber rujukan harus mutakhir. Pengkajian ini bertujuan untuk mengetahui kemutakhiran sumber rujukan antara jurnal perpustakaan terbitan Kementerian Pertanian dengan jurnal perpustakaan terbitan Perpustakaan Nasional Rl. Parameter yang dikaji adalah (1) proporsi sumber rujukan (majalah/jurnal, buku/monograf, sumber on-line, peraturan/surat keputusan, undang-undang, makalah, laporan, skripsi/tesis/disertasi, koran), (2) peringkat majalah/jurnal yang dirujuk, (3) kemutakhiran usia rujukan dan (4) paruh hidup (half-life) literatur. Analisis bibliometrik digunakan untuk memperoleh dan menganalisa data. Hasil pengkajian menunjukkan bahwa proporsi sumber rujukan yang paling banyak disitir oleh kedua jurnal perpustakaan tersebut adalah buku (rata-rata 34,8%), disusul oleh majalah/jurnal (rata-rata 28,2%). Tidak semua artikel merujuk pada artikel yang bersumber dari majalah/jurnal. Proporsi artikel yang merujuk pada
majalah/jurnal: menunjukkan bahwa jurnal perpustakaan Kementerian Pertanian (96%) lebih besar dibanding jurnal Perpustakaan Nasional (53%). Tingkat keterpakaian publikasi jurnal perpustakaan Kementerian Pertanian cukup tinggi sebagai bahan rujukan dalam penulisan artikel baik di publikasi internal (13,9%) maupun di eksternal, seperti jurnal Perpustakaan Nasional (2,4%) dari total rujukan. Kebaruan literatur yang dirujuk berusia. 0-5 tahun. pada pada jurnal Perpustakaan Nasional lebih tinggi (37,5%) dibanding jurnal perpustatakaan Kementerian Pertanian (36,2%). Paruh hidup literatur (half-life literatur) relatif hampir sama, antara jurnal perpustakaan Kementerian Pertanian (7,26 tahun) dengan jurnal Perpustakaan Nasional (7,33 tahun).
"
Jakarta: Pusat Pengembangan Pustakawan Perpustakaan Nasional RI, 2018
021 MPMKAP 25:1 (2018)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
"Information could be accessed manually as well as electronivally by offline which provides alternative pathway to find the needed information.. This study was carried out from March to July 2008 to reveal the difference in mount of information source using before and after installation of local area network (LAN) facilities..."
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Lucya Dhamayanti
"Perpustakaan Nasional RI sebagai perpustakaan rujukan melakukan berbagai jenis layanan, seperti Pemberian Informasi Umurn, Penyediaan Informasi Khusus, Bantuan Penelusuran Literatur, Bantuan Penggunaan Katalog dan Bantuan Penggunaan Buku Rujukan. Penelitian ini dilakukan pada salah satu kelompok kerja yang melakukan rujukan yang paling intensif yaitu kelompok Layanan Katalog dan Rujukan. Petugas layanan pada kelompok tersebut cukup sering berinteraksi dengan pemakai perpustakaan Tujuan penelitian adalah memahami manajemen layanan rujukan melalui interaksi antara petugas layanan dan pemakai perpustakaan.
Interaksi antara petugas layanan dan pemakai perpustakaan merupakan masalah yang bersifat alamiah, kompeks dan selalu berkembang. Oleh karena itu metode yang digunakan adalah kualitatif dengan studi kasus dan pendekatan intrepretatif. Data, dalam penelitian ini diperoleh melalui pengamatan, wawancara dan kajian dokumen.
Berkaitan dengan hal tersebut di atas dapat direkomendasikan hal-hal sebagai berikut: Perlu adanya peningkatan sumber daya manusia, kajian terhadap minat petugas layanan dalam melakukan pekerjaan, peninjauan jumlah personil serta penyempurnaan tata letak dan fasilitas layanan. Dalam interaksi antara petugas layanan dan pemakai perpustakaan, kita dapat memahami manajemen layanan rujukan, prilaku petugas layanan dan komunikasi yang berpola. Manajemen layanan rujukan yang terlihat berkaitan dangan sumber daya manusia, fasilitas layanan, pembagian kerja dan prosedur layanan. Perilaku petugas layanan ketika melayani terlihat tidak sama bergantung kesibukan petugas. Komunikasi yang berpola merupakan akibat dari tata letak dan kemampuan petugas layanan.

The National Library of Indonesia as reference library provides general and special information; reader's advisory; searching, catalogue and reference book assistance. The catalogue and reference services team was chosen as field research because it is the most intensive team which is give reference services to the patrons. Within the field, there are much interactions between the librarians and the patrons. The aim of the research is to understand library management through the interaction between the librarians and the patrons.
The interaction is natural and changeable so that the qualitative methode, case study and interpretative approach were chosen. The data gathering techniques were observation, interview and document study. Through the interaction, it is could understand reference services management, librarian behavior and communication patterns. In this case, references services management is dealing with man power, service facilities, job description and service procedure. Librarian behavior depends on how many jobs they do. Communication pattern is influenced by service facilities lay out and the reference services competency of the librarians.
Base on the research, it is could recommend as follows: it should developed human resources, study on librarians interest and the ammount of reference librarian, relocate and add library facilities."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2004
T11587
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rhoni Rodin
"Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kepuasan pemustaka terhadap layanan rujukan di Perpustakaan STAIN Curup berdasarkan harapan dan persepsi pemustaka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah LibQual+TM yaitu suatu metode untuk mengukur kualitas layanan perpustakaan berdasarkan tiga dimensi yang dijadikan indicator pengukuran yaitu Affect of service (Sikap dan kemampuan petugas dalam melayani pemustaka), Information Control (Ketersediaan koleksi dan kemudahan akses informasi) dan Library as Place (Perpustakaan sebagai sebuah tempat). Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum kualitas layanan rujukan di Perpustakaan STAIN Curup belum memuaskan pemustaka. Hal ini ditunjukkan dengan cukup tingginya harapan responden terhadap layanan rujukan di Perpustakaan STAIN Curup yaitu 5,03 untuk minimum dan 6,94 untuk desired. Sedangkan persepsi responden adalah 4,81, yang berarti lebih rendah dari harapan. Kesenjangan (gap) antara harapan dan persepsi adalah -0,22 yang menunjukkan bahwa Adequacy Gap adalah negatif dan berada di bawah wilayah batas toleransi (Zone of telorance)."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2011
T28957
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Riris Afrida Sesilia
"Penelitian ini membahas mengenai bagaimana pustakawan fungsional memberikan layanan rujukan secara bertanggung-jawab yang dipahami dalam konteks etika pustakawan rujukan yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Tujuan dari penelitian ini adalah menunjukan bagaimana pemahaman pustakawan fungsional dalam memberikan layanan rujukan yang mengacu pada kesadaran terhadap etika pustakawan rujukan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis studi kasus.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pustakawan fungsional memberikan layanan rujukan tetapi pustakawan merasa belum maksimal secara teoritis karena mereka bukanlah pustakawan rujukan yang ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Republik Indonesia. Pustakawan Fungsional sudah menerapkan etika pustakawan rujukan yaitu membantu pemustaka dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan rujukan, menelusurkan informasi dan memberikan bimbingan pemakai kepada pemustaka baru.
Perpustakaan Nasional RI memiliki Pedoman Teknis Layanan Umum, buku ini menjadi dasar bagi pustakawan dalam memberikan layanan rujukan. Tetapi prosedur penelusuran informasi yang berlaku di Perpustakaan Nasional RI menyulitkan pemustaka.

This focus of this research is about how functional librarians provide reference services responsibly which is understood in the context of a reference librarian ethics according to user needs. The purpose of this research is to show how an understanding of the functional librarian in providing a referral service that refers to the awareness of ethical reference librarian. This research used a qualitative approach with case study analysis method.
The results of this study indicate that functional librarians provide reference service, but the librarian was not maximized because they are not theoretically determined reference librarians based on the Decree of the Republic of Indonesia. Functional librarians have applied ethics that reference librarians assist users in answering reference questions, ran user information and provide guidance to new users.
National Library has a Public Service Technical Manual, this book became the basis for the librarian in providing reference services. But the information search procedures which apply in the National Library complicate for the user.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2012
S42478
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Irnadia Permatasari Febrina
"Penelitian ini membahas mengenai layanan rujukan instant messaging (IM) di perpustakaan PDII-LIPI. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami dan memberikan gambaran mengenai layanan rujukan IM yang sudah diterapkan di perpustakaan PDII-LIPI. Lebih jauh lagi penelitian ini juga dilakukan untuk mengevaluasi kelebihan dan kekurangan dari layanan rujukan IM di perpustakaan. Penelitian ini merupakan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara informan, observasi lapangan, dan analisis dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa layanan rujukan IM di perpustakaan PDII-LIPI belum berjalan dengan baik karena kurangnya sumber daya manusia (SDM) untuk menjalankan layanan rujukan IM.

The focus of this research is the evaluation of instant messaging (IM) reference service at PDII-LIPI library. The purpose of this research is to understand and provide an overview of IM reference service that has been implemented at PDIILIPI library. Furthermore, this research is also conducted to evaluate the advantages and disadvantages of IM reference service at PDII-LIPI library. This is a qualitative approach with case study method. The data was collected by interviewing informants, field observation, and document analysis. This research concluded, IM reference service not working properly because lack number of human resources to operating IM reference service."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2012
S42322
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Shella Ranti
"Skripsi ini membahas pendapat pemakai terhadap perilaku pustakawan rujukan dalam melayani pemakai di perpustakaan PDII-LIPI yang dilihat dari pendapat pemakai yang datang ke Perpustakaan PDII-LIPI. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Metode pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan observasi. Informan dalam penelitian ini adalah pemakai yang datang ke perpustakaan dan berinteraksi langsung dengan pustakawan rujukan di perpustakaan PDII-LIPI.
Hasil penelitian memperlihatkan kecenderungan perilaku yang ditunjukkan oleh pustakawan rujukan dalam menjalankan tugasnya serta usaha-usaha yang dilakukan oleh pustakawan rujukan dalam memberikan bantuan kepada pemakai. Penulis juga menyarankan bahwa pustakawan rujukan yang ada di Perpustakaan PDII-LIPI sebaiknya lebih tanggap dan bersikap pro aktif dalam memberikan pelayanan kepada setiap pemakai.

The Focus of this study is the behaviour of the reference librarian to serve the user at PDII-LIPI Library viewed from the user?s opinion who come to the library. This research is a qualitative research with descriptive design. The method of collecting data used in this research is interview and observation. Informants in this research is the users who come to the library and interact directly with the reference librarian in the library of PDII-LIPI.
Results of the research shows a tendency of behaviour shown by a reference librarian in doing her or his work and efforts undertaken by the reference librarian in providing assistance to the users. The author also suggests that there is a reference librarian at the Library of PDII-LIPI should be more responsive and pro active in providing services to each user."
Depok: Universitas Indonesia, 2009
S15343
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Joko Nugroho
"
ABSTRAK
Koleksi bahan rujukan merupakan salah satu koleksi perpustakaan perguruan tinggi yang disediakan untuk melancarkan arus informasi dan memenuhi kebutuhan informasi sivitas akademika dalam menunjang kurikulum pendidikan.
Bahan rujukan Indonesiana merupakan buku-buku rujukan yang terbit dan memuat ioformasi tentang Indonesia, baik yang berbahasa asing maupun Indonesia.
Penelitian yang dilakukan di FSUI ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan bahan rujukan Indonesiana oleh dalam penelusuran literatur. Selain itu untuk mengetahui juga kebijakan pengembangan koleksi bahan rujukan di FSUI sebagai penunjang mata kuliah wajib yang diikuti oleh sivi tas akademika sebagai pemakai layanan dan koleksi perpustakaan.
Hasil penelitian tentang pengetahuan mahasiswa mengenai bahan rujukan Indonesiana, baik istilah maupun jenisnya, mencerminkan bahwa pendidik an pemakai yang diselenggarakan perpustakaan hasilnya kurang optimal begitu juga, pemahaman pemakai pada penggunaan sarana bibliografi sebagai sarana penelusuran.
Sebagian besar pemakai memanfaatkan bahan rujukan Indonesiana untuk menunjang mata kuliah wajib yang diikuti membuktikan bahwa bahan tersebut bermanfaat untuk menunjang mata kuliah wajib, walaupun umumnya tidak terdapat dalam daftar bacaan (silabus) mata kuliah. Hal tersebut juga terbukti dari tingkat keberhasilan pemakai dalam penelusuran literatur dengan memanfaatkan bahan rujukan Indonesiana yang lebih tinggi dibandingkan dengan pemakai yang tidak memanfaatkannya.
Koleksi bahan rujukan Indonesiana yang telah tersedia di perpustakaan kurang dapat memenuhi kebutuhan pemakai, sehingga pihak perpustakaan soyogyanya melakukan evaluasi kebijakan pengembangan koleksi untuk memperbaharui dan menyediakan layanan dan koleksi yang sesuai dengan kurikulum pendidikan di perguruan tinggi yang bersangkutan.
"
1997
S15449
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sarry Ramadanty
"ABSTRAK
Penelitian ini menggunakan teori Pengaruh Kelompok Rujukan, Pengaruh Sumber
Pesan, Motivasi Konsumen, Mobile Viral Marketing dan Keputusan Pembelian
Konsumen. Tujuannya untuk melakukan identifikasi terhadap hubungan Kelompok
Rujukan terhadap Keputusan Pembelian produk keripik pedas ?Maicih? oleh
konsumen. Disamping itu, penelitian ini juga bertujuan untuk memetakan hubungan
yang terjadi antara Sumber Pesan, Motivasi dan Mobile Viral Marketing sebagai
variabel kontrol.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik survey. Pengambilan sampel
penelitian menggunakan non-probability random sampling dengan jumlah sampel
200 orang responden yang adalah konsumen keripik pedas ?Maicih?. Metode
analisis data yang dilakukan menggunakan analisis mulai dari Univariat, Analisis
Bivriat hingga Analisis Multivariat.
Uji elaborasi yang dilakukan menghasilkan kesimpulan bahwa terdapat hubungan
yang cukup kuat antara Kelompok Rujukan terhadap pembentukan Keputusan
Pembelian konsumen. Pada hubungannnya terhadap variabel kontrol, di dapati
bahwa variabel Sumber Pesan dan Mobile Viral Marketing merupakan variavel
Intervening (Spesifik). Sedangkan variabel kontrol Motivasi adalah sebagai
variabel Antesendent.
Implikasi akademis dari penelitian ini membuktikan adanya hubungan konsumen
dengan lingkungan sosial yang mengindikasikan bahwa konsumen dalam keputusan
akhir dalam membeli produk tertentu dapat dipengaruhi oleh kelompok rujukan
seperti teman, keluarga dan rekan kerja. Sementara implikasi praktis bahwa
pengaruh Kelompok Rujukan untuk membentuk Motivasi atas referensi dari
kelompok rujukan dengan menambahkan pemanfaatan Sumber Pesan dan Mobile
Viral Marketing dalam menyebarkan pesan viral dan informasi terutama yang
berkaitan dengan produk konsumsi.
Karena itu, rekomendasi yang dapat diberikan adalah Penelitian selanjutnya dapat
menerapkan konsep lain dari Psychological core dan Consumer Culture core.
Berdasarkan penggunaan Mobile Viral Marketing lebih lanjut dapat diterapkan baik
dalam bentuk penelitian dengan kualitatif maupun dengan kuantitatif yang
perlandaskan pesan Viral Marketing dalam bentuk sumber pesan lain.

Abstract
This study uses the theory of Reference Group Influence, Source Influence,
Consumer Motivation, Mobile Viral Marketing and Consumer Purchase Decision.
Goal is to identify the relationship of the Reference Group of the product purchase
decision spicy chips "Maicih" by consumers. In addition, this study also aims to
map the relationship between Source Influence, Motivation and Mobile Viral
Marketing as a control variable.
The study was conducted using survey techniques. Sampling non-probability
studies using random sampling with a sample of 200 respondents who are the
consumers of chips spicy "Maicih". Methods of data analysis were performed using
univariate analysis from, Bivriat Analysis to Multivariate Analysis.
Elaboration of test carried out lead to the conclusion that there is a strong enough
relationship between the Reference Group on the formation of consumer purchase
decisions. At hubungannnya of control variables, the variables found that the source
message and Mobile Viral Marketing is an intervening variavel (Specific). While
the control variables are as variable Antesendent motivation.
Academic implications of this study prove the existence of the consumer
relationship with the social environment which indicates that consumers in the final
decision in buying a particular product can be influenced by reference groups such
as friends, family and coworkers. While the practical implications that influence
motivation to form a Reference Group of the reference of a reference group to add a
Resource utilization and Messages in Mobile Viral Marketing viral spread
messages and information primarily related to consumer products.
Therefore, the recommendations can be given is Future studies can apply another
concept of Psychological core and core Consumer Culture. Based on the use of
Mobile Viral Marketing can further be applied either in the form of research with a
qualitative and a quantitative perlandaskan Viral Marketing message in another
message source."
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
T 29882
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Rifni Raihana
"Penelitian ini adalah penelitian tentang layanan referensi di perpustakaan perguruan tinggi khususnya di perpustakaan Institut Pertanian Bogor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan layanan referensi, jenis layanan dan peran pustakawan referensi di perpustakaan Institut Pertanian Bogor. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus.
Hasil dari penelitian ini adalah adanya dari enam kegiatan layanan referensi dengan delapan jenis layanan referensi serta peran pustakawan referensi di perpustakaan Institut Pertanian Bogor. Perpustakaan Insitut Pertaninan Bogor melaksanakan layanan referensi dengan baik dan pustakawan referensi melakukan pekerjaannya sesuai dengan perannya.

This research is about reference services at academic library, especially reference services at Bogor Agricultural University Library. The purpose of this research is to describe the realization of reference services, the type of reference services and the role of the reference librarians at Bogor Agricultural University library. This research is qualitative research with case study method.
The research result shows that there are six reference services activities, eight type of reference services, and reference librarians of Bogor Agricultural University library takes a very good role in the services.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2017
S67221
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>