Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 182583 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Nurul Fatimah Hadiyanti
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh personal trait terhadap intensi berwirausaha pelaku UMKM di kota Depok. Bukti empris menyatakan bahwa personal trait dapat memengaruhi intensi seseorang untuk berwirausaha. Hal ini berarti bahwa jika pemerintah Indonesia ingin menciptakan lebih banyak lagi pengusaha, bisa dimulai dari memperbaiki pribadi individu. Dari empat variabel personal trait yang ditelti, variabel-variabel seperti risk tolerance dan entrepreneurial alertness dikonfirmasi memiliki pengaruh terhadap intensi berwirausaha dikalangan pemilik UMKM di Kota Depok. Variabel locus of control dan need for achievement. Hal ini menunjukkan bahwa pada karakter UMKM di Kota Depok, walau hanya dengan kepribadian seperti risk tolerance dan entrepreneurial alertness saja mampu mendorong seseorang untuk memiliki intensi berwirausaha dan akhirnya memutuskan untuk menjadi pengusaha.

ABSTRACT
The purpose of this study is to examine effect of personal trait on entrepreneurial intention among MSMEs in Depok. The empirical evidence proves that personal trait has effect on entrepreneurial intention. This means that if government in Indonesia is willing to create more entrepreneur, they must start oin creating personality which support the intention to become entrepreneur. This research found that personal trait like risk tolerance and entrepreneurial alertness have significantly effect on entrepreneurial intention among MSMEs in Depok. Furthermore, this study also examinewhich factors have the most significant effect on it. The findings show that even with two traits are enough to support people to become entrepreneur."
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Akhmad Ali Rusdi
"Penelitian ini bertujuan untuk menjawab hasil hasil penelitian yang bervariasi (yang menyimpulkan orientasi kewirausahaan berpengaruh kuat, sedang, dan tidak berpengaruh terhadap kinerja usaha bahkan berpengaruh negative) yang berasal  dari 400 artikel penelitian yang meneliti hubungan orientasi kewirausahaan dan kinerja UKM/UMKM yang dilakukan di Indonesia yang telah diterbitkan oleh berbagai jurnal sejak  Januari 2015-Juni 2023. Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan meta analisis dengan menggunakan data sekunder yang diperoleh dari jurnal hasil penelitian di Indonesia yang tedapat pada pangkalan data Science and Technology Index (SINTA), Copernicus, EBSCO, Google scholar, dan Scopus yang berisi topik pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap kinerja. Hasil: Pada periode sebelum dan selama pandemi orientasi kewirausahaan memberikan pengaruh positif terhadap kinerja UKM/UMKM di Indonesia yang sama dengan nilai pengaruh r 0.26 – 0.35 (0.30) dengan p < 0.001 dan r 0.24 – 0.32 (0.28) dengan p<0.001 yang menurut Cohen classified effect pengaruhnya kecil-sedang namun signifikan. Hal ini berarti pengaruh orientasi kewirausahaan pada berbagai turbulensi lingkungan bisnis adalah sama.

This study aims to answer the results of varied research results (which conclude that entrepreneurial orientation has a strong, medium, and no effect on business performance or even has a negative effect) originating from 400 research journals examining the relationship between entrepreneurial orientation and SME/MSME performance conducted in Indonesia which have been published by various journals from January 2015 – June 2023. Method: This study uses a meta-analysis approach using secondary data obtained from research articels in Indonesia date base in the Science and Technology Index (SINTA), Copernicus, EBSCO, Google scholar, and Scopus which contain topics on the influence of entrepreneurial orientation on performance. Results: In the pre-pandemic and pandemic period, entrepreneurial orientation had a same positive effect on the performance of SMEs/MSMEs in Indonesia with an influence value of r 0.25 – 0.34 (0.30) with p < 0.001 and r 0.24 – 0.32 (0.28) with p < 0.001 which according to Cohen classified the effect was small-moderate but significant. This means that the influence of entrepreneurial orientation on the various turbulences of the business environment is the same."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yuniar Hastuti Sanur
"Entrepreneurial intention merupakan aspirasi pribadi pada individu untuk memulai suatu proyek atau usaha. Pentingnya aktivitas kewirausahaan dan peran mahasiswa dalam membentuk orientasi dan merangsang niat untuk menentukan karir kewirausahaan dan memulai bisnis baru di masa mendatang dipengaruhi oleh perilaku kewirausahaan dimana perilaku tersebut ditentukan oleh personality traits. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh entrepreneurial orientation terhadap entrepreneurial intention dengan personality traits sebagai variabel mediasi pada mahasiswa tingkat akhir Universitas Indonesia dan perbedaan pengaruh tersebut pada mahasiswa tingkat akhir Universitas Indonesia yang berasal dari jurusan bisnis dengan mahasiswa dari jurusan non-bisnis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan melakukan survei pada 100 mahasiswa tingkat akhir jurusan bisnis dan 100 mahasiswa tingkat akhir jurusan non-bisnis di Universitas Indonesia. Analisis data pada penelitian ini menggunakan SEM-PLS (Structural Equation Modeling-Partial Least Square) dengan pengolahan data menggunakan software IBM SPSS Statistics 26 dan SmartPLS 3.2.9. Hasil dari penelitian ini menunjukkan variabel personality traits mampu berperan baik dalam memediasi pengaruh entrepreneurial orientation dan entrepreneurial intention pada mahasiswa tingkat akhir di Universitas Indonesia. Selain itu, seluruh hubungan antar variabel juga memiliki pengaruh yang signifikan satu sama lain dan terdapat perbedaan pengaruh pada mahasiswa tingkat akhir yang berasal dari jurusan bisnis dan jurusan non-bisnis di Universitas Indonesia.

Entrepreneurial intention is the personal aspiration of individuals to initiate a project or business. The significance of entrepreneurial activities and the role of students in shaping orientation and stimulating the intention to pursue entrepreneurial careers and start new businesses in the future are influenced by entrepreneurial behavior, which is determined by personality traits. This study aims to analyze the influence of entrepreneurial orientation on entrepreneurial intention, with personality traits as a mediating variable, among final-year students at the University of Indonesia, and to examine the differences in these influences between business and non-business majors. The research employs a quantitative approach, conducting a survey on 100 final-year business students and 100 final-year non-business students at the University of Indonesia. Data analysis is conducted using SEM-PLS (Structural Equation Modeling Partial Least Square) with data processing performed using IBM SPSS Statistics 26 and SmartPLS 3.2.9. The results of this study indicate that personality traits play a significant mediating role in the influence of entrepreneurial orientation on entrepreneurial intention among final-year students at the University of Indonesia. Furthermore, all relationships between variables are mutually significant, and there are differences in influence between final-year students majoring in business and non-business at the University of Indonesia."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dede Puad Mansur
"Penelitian ini menggunakan model Strategic Entrepreneruship SE Model yang dikembangkan Ireland et al. 2003 , yang menggabungkan manajemen stratejik dan kewirausahaan. Dalam perspektif SE, untuk meningkatkan daya saing diperlukan pengelolaan sumber daya secara stratejik yang membuahkan inovasi sebagai salah satu sumber keunggulan kompetitif. Namun sebelumnya, diperlukan pola pikir, budaya, dan kepemimpinan entrepreneurial sebagai prasyarat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola pikir, budaya, dan kepemimpinan entrepreneurial dan pengelolaan sumber daya secara stratejik terhadap inovasi pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Sebanyak 86 pemilik UMKM di Jakarta dan Depok dilibatkan dalam penelitian. Data yang diperoleh kemudian dioleh menggunakan metode Partial Least Square PLS . Hasilnya diketahui bahwa budaya dan kepemimpinan entrepreneurial memberikan pengaruh paling signifikan terhadap inovasi pada UMKM.

This study uses Strategic Entrepreneurship SE Model from Ireland et al., 2003 , that is combined strategic management and entrepreneurship on its analysis. On SE perspective, ability to manage resources strategically and innovation is needed to build firm competitiveness. But in the other hand, firms need an entrepreneurial mindset, entrepreneurial culture, and entrepreneurial leadership as necessary condition.
This study aims to investigate the effect of entrepreneurial mindset, entrepreneurial culture, entrepreneurial leadership and managing resources strategically on Small Medium Enterprise's Innovation process. Responses from 86 SME's owners who reside in Jakarta and Depok was involved in the study. Data collection was analyzed using Partial Least Square PLS method. This study finds that entrepreneurial culture and leadership have the strongest effect on SME's Innovation process.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
S70085
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhamad Hanif Rizkyana Rahman
"Motivasi merupakan suatu energi yang menyebabkan terjadinya suatu perubahan pada diri sesorang untuk bertindak sesuatu dikarenakan adanya tujuan, kebutuhan, atau keinginan yang harus terpuaskan. Pada penelitian ini dilakukan analisa mengenai Faktor-faktor motivasi Pendorong dan penarik serta pengaruhnya terhadap perkembangan usaha, ini bertujuan untuk melihat sejauh ana hubungan diantarakeduanya di kota Depok. Penelitian ini mengambil penelitian ini diolah dengan software SPSS, Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa faktor penarik lebih penting dibanding faktor pendorong namun begitu keduanya emiliki pengaruh yang kecil terhadap pertumbuhan suatu usaha.

Motivation is an active energy that causes a change in someone to act insomething due to the goals, needs, or desires to be satisfied. In this study conducted an analysis of the factors of motivation and its corelation with firm growth. This reseach aims to see what is more important in motivating people in Depok city research is processed by SPSS 17 software, data processing results show that the pull factors is more important than Push factor Never ther less both have small corellation with firm growth."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Alfin Hidayat
"ABSTRACT
The purpose of this study is to determine the effect of 7 core dimension of entrepreneurial marketing proactiveness, innovativeness level, calculated risk taking, customer intensity, opportunity focus, resource leveraging, and value creation to the small and medium enterprise rsquo s innovative performance. Seven hypotheses were developed with relevant literature support. The hypotheses were tested with primary data n 60 collected through structured questionnaire using non probability convenience sampling from CEO rsquo s and business managers who do their business in Depok area. Multiple regression statistical technique was used to test the hypotheses. Out of seven hypotheses, only two hypotheses were supported innovativeness level and opportunity focus , the other four proactiveness, calculated risk taking, customer intensity, resource leveraging, and value creation was not supported.

ABSTRAK
Tujuan utama penelitian ialah untuk mengetahui efek dari 7 dimensi inti entrepreneurial proactiveness, innovativeness level, calculated risk taking, customer intensity, opportunity focus, resource leveraging, dan value creation terhadap performa inovatif UMKM. Tujuh hipotesis dibentuk dengan berdasarkan berbagai macam literatur. Hipotesis dites dengan data primer n=60 yang didapat melalui kuesioner terstruktur menggunakan non-probability convenience sampling dari CEO dan manajer bisnis yang melakukan aktivitas bisnisnya di area Depok. Teknik statistic yang digunakan untuk mengukur hipotesis ialah multiple regression statistical technique. Dari tujuh hipotesis yang dibentuk, hanya dua yang terbukti memiliki pengaruh signifikan innovativeness level dan opportunity focus , sedangkan empat hipotesis lainnya proactiveness, calculated risk taking, customer intensity, resource leveraging, dan value creation didapat tidak memiliki pengaruh yang signifikan. "
2017
S69481
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rizqa Akbar Romdloni
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh attitude toward behavior, social norm dan perceived behavioral control terhadap entrepreneurial intention pada founder dan co-founder startup inkubasi DIIB UI. Teori yang digunakan dalam penelitian ini untuk mengukur entrepreneurial intention adalah theory of planned behavior, Ajzen 1991. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode survei penyebaran kuesioner untuk memperoleh data, penarikan sampel sendiri menggunakan teknik total sampling, adapun sampel yang terkumpul adalah sebanyak 60 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan pada dua variabel independennya yaitu attitude toward behavior dan perceived behavioral control terhadap entrepreneurial intention, namun social norm tidak memberikan pengaruh signifikan terhadap entrepreneurial intention pada founder dan co-founder startup inkubasi DIIB UI.

ABSTRACT
This study aims to analyze the influences of attitude toward behavior, social norm and perceived behavioral control on entrepreneurial intention of DIIB UI s incubated startup founder and co-founder. This study used theory of planned behavior, Ajzen 1991 to measure the intention. This study used a quantitative approach by using survey method, in obtaining data, this study used a structured questionnaire. Total sampling is used for determining the sample number. The sample collected on this study were 60 respondents. The results of this study indicate that there is a significant influence among two independent variables, that is attitude toward behavior and perceived behavioral control toward entrepreneurial intention, while social norm did not have a significant influences on incubated startups founder and co-founder in DIIB UI entrepreneurial intention.>i/>
"
Depok: Fakultas Ilmu Admnistrasi Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Eva Mutia Ghofarany
"Suatu negara membutuhkan banyak wirausahawan untuk memperkuat ketahanan ekonomi nasional dan meningkatkan kesejahteraan sosial ekonomi masyarakat. Mahasiswa merupakan segmen yang diharapkan dapat menjadi wirausahawan dan meningkatkan jumlah wirausahawan di Indonesia. Dampak dari pandemi Covid-19, seperti resesi ekonomi dan meningkatnya penggunaan teknologi, dapat dilihat sebagai hambatan atau peluang bagi mahasiswa untuk memiliki niat menjadi wirausahawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui niat berwirausaha pada mahasiswa selama masa pandemi Covid-19. Data 290 mahasiswa dari berbagai tingkat pendidikan dan perguruan tinggi dianalisis menggunakan Structural Equation Model (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh dukungan relasional, dukungan pendidikan, dan dukungan struktural terhadap intensi berwirausaha mahasiswa perlu dimediasi oleh sikap dan kontrol perilaku yang dirasakan. Hasil penelitian ini menyoroti dalam meningkatkan intensi berwirausaha pada mahasiswa, perguruan tinggi perlu meningkatkan dukungan dalam penggunaan TIK sehingga mahasiswa dapat merasa memiliki kemampuan yang lebih besar dalam mengkontrol bisnis. Penelitian ini juga menyoroti dalam meningkatkan intensi berwirausaha pada mahasiswa, pemerintah perlu meningkatkan dukungan, khususnya dukungan dalam digitallisasi ekonomi, sehingga dapat meningkatkan ketertarikan mahasiswa terhadap kewirausahaan. Penelitian ini juga mengkonfirmasi bahwa penggunaan teknologi digital dapat memaksimalkan dukungan yang dibutuhkan oleh mahasiswa untuk memiliki niat menjadi wirausahawan dalam situasi yang tidak terduga seperti pandemi.

A country needs large numbers of entrepreneurs to strengthen the resilience of national economic and improve the socio-economic welfare of the community. Students are a segment that is expected to become entrepreneurs and increase the number of entrepreneurs in Indonesia. The impact of the Covid-19 pandemic, such as the economic recession and increasing use of digital technology, can be seen as an obstacle or opportunity for students to have the intention of becoming entrepreneurs. This study aims to determine the entrepreneurial intention of students during the Covid-19 pandemic. Data on 290 students from various education levels and universities were analyzed using the Structural Equation Model (SEM). The results showed that the influence of relational support, educational support, and structural support on students' entrepreneurial intentions needs to be mediated by perceived attitudes and behavioral control. The results highlight greater attention to encouraging student entrepreneurial intentions by increasing the ICT usage in universities to increase perceived student's ability to control the business. This study also highlights greater attention to encouraging student entrepreneurial intentions by increasing structural support for economic digitalization to increase the student's interest in entrepreneurship. This study also confirms that the use of digital technology can maximize the support needed by students to have the intention to become entrepreneurs in unexpected situations like a pandemic."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Raising entrepreneurial capital guides the reader through the stages of successfully financing a business. The book proceeds from a basic level of business knowledge, assuming that the reader understands simple financial statements, has selected a specific business, and knows how to write a business plan. It provides a broad summary of the subjects that people typically research, such as "How should your company position itself to attract private equity investment?" and "What steps can you take to improve your company's marketability?"
Much has changed since the book was first published, and this second edition places effects of the global recession in the context of entrepreneurship, including the debt vs. equity decision, the options available to smaller businesses, and the considerations that lead to rapid growth, including venture capital, IPOs, angels, and incubators. Unlike other books of the genre, Raising entrepreneurial capital includes several chapters on worldwide variations in forms and availability of pre-seed capital, incubators, and the business plans they create, with case studies from Europe, Latin America, and the Pacific Rim."
London: Elsevier, 2013
e20427666
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Siregar, Fanny Ruth Andira
"Artikel ini membahas mengenai peran jaringan sosial dalam mendorong pengusaha level mikro untuk pengembangan bisnisnya. Studi-studi sebelumnya berargumen bahwa faktor ekonomi (modal uang, teknologi, tenaga kerja), faktor psikologi (skill dan motivasi), dan faktor sosiologi (internalisasi nilai) menjadi faktor utama dalam mendorong pengembangan bisnis bagi pengusaha level mikro. Dengan berpijak pada kasus pengusaha tenun kain ulos di Kecamatan Muara-Kabupaten Tapanuli Utara dan dengan berkaca pada studi-studi sebelumnya, penelitian ini berargumen bahwa jaringan sosial memiliki peran penting bagi pengusaha level mikro sebagai pendorong untuk pengembangan bisnisnya dalam aspek finansial, pemasaran dan produksi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan metode wawancara mendalam, observasi dan studi dokumen. Hasil temuan dari penelitian ini menunjukan bahwa jaringan sosial memiliki peran penting terhadap ketiga aspek pengembangan bisnis, yang mana setiap aspek memiliki peran yang berbeda-beda. Selain itu, ditemukan pula bahwa jaringan sosial memiliki peran yang dominan terhadap aspek produksi, yang mana pengembangan pada aspek produksi dapat menunjang pengembangan bisnis pada aspek lainnya, yaitu aspek pemasaran dan aspek finansial.

This article discusses about the role of social networks in encouraging micro entrepreneurs to develop their business. Previous studies argued that economic factors (money capital, technology, labor), psychological factors (skill and motivation), and sociological factor (internalization of values) were the main factors in encouraging the development business of micro entrepreneurs. Based on the case of ulos weaving entrepreneurs in Muara Sub-District and reflecting on previous studies, this research argues that social networks have an important role for micro entrepreneurs as a driver for business development in financial, marketing and production aspect. This research uses qualitative methods as well as data collection conducted through in-depth interview, observation and document studies. The findings of this study show that social networks have an important role for all three aspects of business development, which each aspect has a different role. In addition, social networks has a dominant role for a production aspect."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2019
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>