Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 145182 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Rifkhi Triya Putra
"ABSTRACT
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki hubungan sebab dan akibat antara peran interaksi parasosial yang terjadi di social commerce platform dalam mempengaruhi online impulse buying. Hal tersebut dilatarbelakangi oleh kemunculan berbagai situs e-commerce di Indonesia, mulai dari tokopedia, bukalapak, hingga carousell.com membuat persaingan bisnis e-commerce menjadi semakin ketat. Maka dari itu perlu adanya inovasi dalam pemanfaatan fitur situs e-commerce seperti social commerce, yang merupakan inovasi e-commerce baru yang sedang dikembangkan oleh beberapa situs e-commerce di Indonesia dan merupakan kombinasi antara media social dan e-commerce. Penelitian ini dilakukan pada situs social commerce yaitu Carousell www.carousell.com salah satu Social Commerce Platform berbasis gambar yang baru saja hadir di Indonesia dalam empat tahun terakhir. Penelitian ini berhasil mengumpulkan 211 responden namun hanya 180 responden yang layak untuk diteliti yang merupakan pengguna aktif Carosuell.com. Dengan menggunakan skala pengukuran likert, kuisioner penelitian disebarkan dengan metode convinience sampling, dan kuesioner penelitian didistribusikan melali layanan google docs. Penelitian ini meggunakan 33 indikator berdasarkan variabel penelitian. Adapun variabel-variabel penelitian ini terdiri dari Information fit-to-task, visual appeal, perceived usefulness, perceived enjoyment, similarity, expertise, likability, parasocial interactions, impulse buying tendency, dan urge to buy impulsively. Hasil menunjukkan bahwa interaksi parasosial memberikan dampak pada kecenderungan pembelian impulsif,. Persepsi kegunaan dan juga nteraksi parasosial pada social commerce platform mempengaruhi persepsi kenikmatan yang dirasakan oleh pengguna yang selanjutnya berpengaruh terhadap dorongan untuk membeli secara impulsif,. Implikasi, batasan, dan diskusi disediakan

ABSTRACT
This study aims to investigate the cause and effect relationship between the role of parasocial interaction that occurs in the social commerce platform in affecting online impulse buying. This is motivated by the emergence of various e commerce sites in Indonesia, ranging from tokopedia, bukalapak, to carousell.com make e commerce business competition becomes more stringent. Therefore it is necessary to innovate in the utilization of ecommerce site features such as social commerce, which is a new e commerce innovation that is being developed by several e commerce sites in Indonesia and is a combination of social media and e commerce. This research was conducted on the social commerce site Carousell www.carousell.com one of the Social Commerce Platform based image that has just been present in Indonesia in the last four years. This study managed to collect 211 respondents but only 180 respondents who deserve to be investigated who is an active user of Carosuell.com. By using the Likert measurement scale, the research questionnaire was distributed by convinience sampling method, and the research questionnaire distributed by service google docs. This research uses 33 indicators based on research variables. The research variables consist of information fit to task, visual appeal, perceived usefulness, perceived enjoyment, similarity, expertise, likability, parasocial interactions, impulse buying tendency, and urge to buy impulsively. The results show that parasocial interactions have an impact on the impulsive buying tendency. The perception of usability and also the parasocial nteraksi on the social commerce platform affects the perceived enjoyment perceived by the user, which further influences the impulsive buying impulse. Implications, limitations, and discussions are provided."
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Raka Pangestu
"Live streaming telah menjadi salah satu strategi pemasaran yang populer digunakan oleh para pemasar untuk memperkenalkan produk kepada konsumen secara real-time. Para pemasar aktif mengeksplorasi faktor-faktor eksternal yang dapat merangsang intensitas pembelian, terutama dalam konteks perilaku pembelian impulsif di kalangan konsumen. Meskipun penelitian sebelumnya telah mengidentifikasi beberapa faktor eksternal yang mempengaruhi intensitas pembelian, belum banyak penelitian yang mengeksplorasi penggabungan stimulus eksternal psikologis dengan strategi pemasaran berkelanjutan. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengatasi kesenjangan tersebut dengan menyelidiki munculnya intensitas yang dihasilkan dari stimulus eksternal psikologis dan strategi pemasaran berkelanjutan sebagai faktor eksternal. Dengan menggunakan kerangka kerja Stimulus-Organisme-Respons (SOR), penelitian ini mengeksplorasi bagaimana faktor-faktor eksternal seperti Demand, Interactivity, E-commerce anchor attributes, Playfulness, Perceived scarcity, Immersion dan Convenience, yang kemudian mempengaruhi perceived enjoyment serta involvement dalam perilaku pembelian impulsif dalam lanskap e-commerce di Indonesia. Penelitian ini melibatkan 393 responden yang telah mengalami dan menikmati fitur belanja live streaming dan melakukan pembelian di platform e-commerce. Analisis dilakukan menggunakan SmartPLS 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Atribut E-commerce, Kesenangan, Persepsi kelangkaan, Imersi, dan Kenyamanan berpengaruh positif terhadap kenikmatan yang dirasakan dan interaktivitas, yang pada gilirannya mempengaruhi perilaku pembelian impulsif. Namun, Permintaan dan Kenyamanan tidak memiliki pengaruh positif yang signifikan. Penelitian ini bertujuan untuk memperdalam pemahaman tentang perilaku konsumen dalam lanskap ecommerce yang berkembang, serta peran host live streaming dalam mempengaruhi keputusan pembelian, dan untuk mengatasi kesenjangan penelitian sebelumnya dengan mempertimbangkan berbagai faktor eksternal dan hubungan mereka.

Live streaming features have become a popular marketing strategy used by marketers to introduce their products in real time. Marketers are actively exploring external factors that may induce purchase intensity, particularly in the context of impulsive buying behavior among consumers. Previous studies have identified several isolated external factors that are examined further and seen to have an influence on increasing purchase intensity. However, none have proposed a combination that would allow for the examination of psychological external stimuli with the addition of sustainability marketing strategies. This study aims to fill this gap by exploring the emergence of intensity using psychological external stimuli and sustainability marketing strategies as external factors. Utilizing the Stimulus Organism Response (SOR) framework, this research explores how external factors such as Demand, Interactivity, Ecommerce Anchor Attributes, Playfulness, Perceived Scarcity, Immersion, and Convenience influence perceived enjoyment and involvement in impulsive buying behavior in e-commerce in Indonesia. A total of 393 respondents who have experienced and enjoyed live streaming shopping features and made purchases on one e-commerce platform were used. Analysis was conducted using SmartPLS 4.0. The results show that E-commerce Anchor Attributes, Playfulness, Perceived Scarcity, Immersion, and Convenience have a positive influence on perceived enjoyment and interactivity, which in turn positively affect impulsive buying behavior. However, one variable of demand and both convenience variables were found to have no positive influence. This study aims to provide a deeper understanding of consumer behavior in the evolving e-commerce context, as well as the role of live streaming hosts in directing purchase decisions, and fills a gap in previous research that only used one external factor and placed only one organism relationship."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ramadhanthia Azahra Sindudipoera
"Media sosial telah berkembang menjadi platform yang tidak hanya digunakan untuk berkomunikasi, tetapi juga untuk melakukan transaksi jual-beli secara langsung, termasuk dalam konsep social commerce livestream shopping, yang memungkinkan pembelian dan penjualan dilakukan secara live, seperti yang terjadi dalam tren livestream shopping kosmetik yang didorong oleh kesadaran konsumen akan perawatan diri, dengan penelitian ini mengungkap fenomena perilaku pembelian impulsif dan menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi intensi pembelian terhadap produk kosmetik lokal Indonesia secara impulsif di livestreaming shopping pada platform social commerce (Instagram Livestream Shopping dan TikTok Livestream Shopping) berdasarkan teori Stimulus-Organism-Response (SOR). Sampel yang diteliti adalah pengguna livestream shopping di platform social commerce (Instagram Livestream Shopping dan TikTok Livestream Shopping), yang pernah menonton livestream shopping produk kosmetik lokal dari Indonesia, berdomisili di Indonesia, dan berusia 18-34 tahun. Kuesioner penelitian disebarkan secara online. Jumlah responden yang berhasil dikumpulkan pada penelitian ini adalah 336 responden. Data yang sudah berhasil dikumpulkan diolah menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) menggunakan software SmartPLS 3. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel faktor environmental stimulus yaitu Convenience, Interactivity, dan Playfulness memiliki pengaruh positif terhadap Perceived Enjoyment, Perceived Enjoyment secara langsung mendorong niat konsumen untuk melakukan pembelian impulsif. Pengaruh terbesar ada pada variabel Playfulness yang berpengaruh positif terhadap Perceived Enjoyment, sedangkan Demand terbukti berpengaruh negatif terhadap Perceived Enjoyment. Perceived Enjoyment memediasi secara positif hubungan antara variabel faktor environmental stimulus Convenience, Interactivity, dan Playfulness, sementara faktor environmental stimulus yaitu Demand memediasi secara negatif. Temuan dari penelitian ini dapat menjadi referensi berharga untuk pertumbuhan dan kemajuan perdagangan melalui siaran langsung (livestream), terutama di industri produk kosmetik lokal Indonesia.

The rise of social media as a platform for commerce has given birth to the concept of social commerce livestream shopping, where buying and selling take place in real-time. This study focuses on the growing trend of livestream shopping for cosmetic products, driven by consumers' increased awareness of self-care. It explores the phenomenon of impulsive buying behavior among consumers and examines the factors influencing their purchasing decisions. This research aims to investigate the factors that influence impulsive purchases of local Indonesian cosmetic products through livestream shopping on social commerce platforms (Instagram Livestream Shopping and TikTok Livestream Shopping) based on the Stimulus-Organism-Response (SOR) theory. The sample consists of users of livestream shopping on social commerce platforms (Instagram Livestream Shopping and TikTok Livestream Shopping) who have watched livestream shopping of local cosmetic products from Indonesia, reside in Indonesia, and are aged between 18 to 34 years old. The questionnaire is distributed online. The total number of respondents collected in this study was 336. The collected data was analyzed using Structural Equation Modeling (SEM) method using SmartPLS 3 software. The results of this study indicate that the environmental stimulus factors, namely Convenience, Interactivity, and Playfulness, have a positive influence on Perceived Enjoyment. Perceived Enjoyment, in turn, directly influences consumers intention to make impulsive purchases. Playfulness has the strongest influence among the variables. On the other hand, Demand is proven to have negative influence on Perceived Enjoyment. Perceived Enjoyment mediates the positive relationship between the environmental stimulus factors, Convenience, Interactivity, and Playfulness. Meanwhile, the environmental stimulus factor, Demand, mediates negatively. The findings of this study can serve as a valuable reference for the growth and advancement of livestream shopping, particularly in the local Indonesian cosmetic products industry."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ardhini Risfa Jacinda
"ABSTRACT
Tingginya tingkat persaingan antara penyedia e-wallet adalah salah satu faktor yang mempengaruhi persaingan antara penyedia e-wallet. Persaingan harga adalah strategi penetapan harga yang terkait dengan peran negatif harga. Dalam studi sebelumnya, ditemukan bahwa peran negatif harga yang terdiri dari mavenisme harga, kesadaran nilai, kesadaran harga dan kecenderungan penjualan mempengaruhi perilaku pembelian impulsif. Meningkatnya perkembangan e-wallet juga mempengaruhi pola konsumsi generasi sekarang yang memiliki banyak kebutuhan untuk pengembangan teknologi dan digitalisasi termasuk e-wallet. Semakin banyak dompet elektronik adalah salah satu alat pembayaran tertinggi yang digunakan oleh generasi milenial. Perilaku pembelian impulsif yang bergerak dari emosi, perasaan, keinginan, dan rasionalitas dapat terjadi pada semua orang di latar belakang apa pun. Penelitian ini ingin mengetahui apakah harga mavenisme, kesadaran nilai, kesadaran harga, kecenderungan jual dan kecenderungan kupon dapat memengaruhi pembelian impulsif pada milenium sebagai pengguna e-wallet GO-PAY dan apakah tingkat religiusitas juga dapat memengaruhi perilaku pembelian impulsif ini. . Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengguna GO-PAY yang beragama Islam dan generasi milenial, total 338 responden. Penelitian ini menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan mengolah data kuesioner yang memiliki skala Likert 1-6 menggunakan SPSS 22 dan Lisrel 8.80. Studi ini menemukan bahwa harga mavenisme dan kecenderungan penjualan mempengaruhi pembelian impulsif secara signifikan dan negatif. Sedangkan kesadaran nilai dan kesadaran harga mempengaruhi pembelian impulsif secara signifikan dan positif. Sedangkan kecenderungan kupon kupon dan religiusitas tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap perilaku pembelian impulsif.

ABSTRACT
The high level of competition between e-wallet providers is one of the factors affecting competition between e-wallet providers. Price competition is a pricing strategy that is related to the negative role of prices. In a previous study, it was found that the negative role of prices consisting of price mavenism, value awareness, price awareness and sales trends influence impulsive buying behavior. The increasing development of e-wallets also affects consumption patterns of the current generation that have many needs for technological development and digitalization including e-wallets. More and more electronic wallets are one of the highest payment instruments used by millennials. Impulsive buying behavior that moves from emotions, feelings, desires, and rationality can occur to anyone in any background. This study wants to find out whether the price of mavenism, value awareness, price awareness, selling tendencies and coupon tendencies can influence impulsive purchases in the millennium as a GO-PAY e-wallet user and whether the level of religiosity can also influence this impulsive buying behavior. . The sample used in this study was GO-PAY users who were Muslim and millennial generation, totaling 338 respondents. This study uses Structural Equation Modeling (SEM) by processing questionnaire data which has a 1-6 Likert scale using SPSS 22 and Lisrel 8.80. This study found that the price of mavenism and the tendency of sales affect impulsive purchases significantly and negatively. Whereas value awareness and price awareness affect impulsive purchases significantly and positively. While the tendency of coupons and religiosity coupons do not have a significant influence on impulsive buying behavior.
"
2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Indah Hurun Hayana
"Penggunaan internet yang semakin luas dengan munculnya e-commerce telah mengakibatkan perubahan pada pola belanja konsumen. Perubahan pola belanja konsumen saat ini yang banyak menggunakan e-commerce ternyata telah membuka peluang bagi para konsumen untuk melakukan pembelian impulsif secara online. Beberapa peneliti melaporkan  bahwa banyak konsumen online melakukan pembelian impulsif. Namun pembahasan tentang pembelian impulsif online dan berbagai aspeknya yang masih perlu untuk digali, peneliti bermaksud untuk meneliti secara empiris hubungan langsung dan tidak langsung faktor/rangsangan eksternal yaitu rangsangan website, rangsangan pemasaran, dan rangsangan situasional serta hubungan langsung dan efek moderasi religiusitas intrinsik dan ekstrinsik terhadap perilaku pembelian impulsif online muslim di Indonesia saat menggunakan e-commerce Shopee. Penelitian ini didesain menggunakan pendekatan kuantitatif dengan basis data survei. Metode analisis kuantitatif yang digunakan adalah partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM). Penggunaan metode PLS-SEM ditujukan untuk menganalisis faktor stimulus eksternal dan religiusitas terhadap kecenderungan pembelian impulsif ketika menggunakan aplikasi belanja online “Shopee” pada muslim Indonesia dengan pendekatan Stimulus-Organism-Response (SOR). Penelitian ini menemukan bahwa  rangsangan pemasaran yaitu atribut harga, religiusitas intrinsik dan religiusitas ekstrinsik mempengaruhi pembelian impulsif online. Pembelian impulsif online muslim di Indonesia saat menggunakan e-commerce Shopee juga dipengaruhi oleh rangsangan website yaitu kualitas dari website dan rangsangan situasional yaitu variasi pilihan barang secara tidak langsung yang dimediasi oleh penjelajahan hedonis. Selain itu juga terdapat efek moderasi dari religiusitas intrinsik yang dapat melemahkan dan religiusitas ekstrinsik yang dapat memperkuat hubungan  penjelajahan hedonis terhadap pembelian impulsif online muslim di Indonesia saat menggunakan e-commerce Shopee.

The widespread use of the internet with the emergence of e-commerce has resulted in changes in consumer shopping patterns. Changes in consumer shopping patterns today, which use a lot of e-commerce, have opened up opportunities for consumers to make online impulsive buying. Several researchers report that many online consumers make impulse buying. However the discussion about online impulsive buying and its various aspects still need to be explored, the researcher intends to empirically examine the direct and indirect relationships of external factors/stimuli, such as website stimuli, marketing stimuli, and situational stimuli as well as direct relationships and moderating effects of intrinsic and extrinsic religiosity on online impulse buying behavior of Muslims in Indonesia when using Shopee e-commerce. This study was designed using a quantitative approach with a survey database. The quantitative analysis method used is partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM). The use of the PLS-SEM method is intended to analyze external stimulus factors and religiosity towards impulse buying tendencies when using the online shopping application "Shopee" for Indonesian Muslims using the Stimulus-Organism-Response (SOR) approach. This study found that marketing stimuli (price attributes), intrinsic religiosity and extrinsic religiosity has a direct effect on online impulsive buying. Muslim online impulsive buying in Indonesia when using Shopee e-commerce are also influenced by website stimuli (quality of the website) and situational stimuli (variety of selection)  indirectly mediated by hedonic browsing. In addition, there is also a moderating effect of intrinsic religiosity which can weaken and extrinsic religiosity which can strengthen the relationship of hedonic browsing of online impulse buying of Muslims in Indonesia when using Shopee e-commerce."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ayushita Btariputri Pramordawardani
"Penelitian ini membahas mengenai pengaruh karakteristik interaksi sosial terhadap pembelian impulsif pada live streaming commerce. Atas dasar parasocial interaction dan social presence yang bisa diciptakan live streaming commerce, peneliti mengidentifikasi pengaruh karakteristik interaksi sosial konsumen berupa sense of loneliness, real-life social avoidance, empathy ability, dan mutual assistance terhadap pembelian impulsif. Data dikumpulkan dari 238 responden yang pernah menonton dan membeli produk pada live streaming commerce. Data dianalisis menggunakan metode PLS-SEM melalui perangkat lunak SmartPLS 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa real-life social avoidance dan empathy ability memiliki pengaruh positif terhadap parasocial interaction, sedangkan sense of loneliness tidak signifikan. Selanjutnya, empathy ability dan mutual assistance memiliki pengaruh positif terhadap social presence. Lebih dari itu, parasocial interaction dan social presence memiliki pengaruh positif terhadap pembelian impulsif pada live streaming commerce. Hasil karakteristik interaksi sosial yang berpengaruh positif yaitu real-life social avoidance, empathy ability, dan mutual assistance juga memiliki pengaruh tidak langsung terhadap pembelian impulsif pada live streaming commerce melalui parasocial interaction dan social presence.

This research discusses the effect of social interaction characteristics on impulsive purchase in live streaming commerce. On the basis of parasocial interaction and social presence resulted from live streaming commerce, this research aims to identify how consumer social interaction characteristics in the form of a sense of loneliness, real-life social avoidance, empathy ability, and mutual assistance stimulates impulsive purchase. The data is collected from 238 respondents who had watched and purchased product(s) on live streaming commerce. Data were analyzed using the PLS-SEM method via SmartPLS 4 software. The results shows that real-life social avoidance and empathy ability have a positive effect on parasocial interaction, while the sense of loneliness is not significant. Furthermore, empathy ability and mutual assistance have a positive influence on social presence. Both parasocial interaction and social presence have a positive influence on impulse purchases in live streaming commerce. The results of social interaction characteristics that have a positive influence, which are real-life social avoidance, empathy ability, and mutual assistance also have an indirect effect on impulsive purchase in live streaming commerce through parasocial interaction and social presence."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Saragih, Ruth Dwi Pratiwi
"Pembelian impulsif sebagai salah satu tipe pembelian sudah menjadi bagian dari perilaku konsumen Indonesia masa kini. Faktor faktor intrinsik maupun ekstrinsik sudah sejak lama dianalisis dan diuji sebagai indikator terbentuknya perilaku impulsif. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh kelima faktor intrinsik yaitu kepribadian budaya shopping enjoyment tendency materialism dan impulsive buying tendency terhadap pembelian impulsif. Penelitian ini merupakan penelitian dengan desain kuantitatif yakni konklusif deskriptif dan cross sectional design Metode pengumpulan data melalui survey dengan menyebar 220 kuesioner kepada responden yang pernah melakukan pembelian impulsif produk pakaian dalam 3 bulan terakhir Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepribadian Extraversion kepribadian Agreeableness kepribadian Neuroticism budaya Individualism Materialism dan Impulsive Buying Tendency memiliki pengaruh positif terhadap pembelian impulsif produk pakaian pada mahasiswa UI.

Impulsive buying as one of the purchase type has been a part of Indonesia consumer Intrinsic and extrinsic factors have been analyzed and tested for many previous studies as an indicator of how an impulsive behavior established. The goal of this study is to examine the effect of five intrinsic factors namely personality culture materialism shopping enjoyment tendency and impulsive buying tendency on impulsive buying behaviour. This study is designed with consclusive descriptive design and survey method Data is collected by distributing 220 questionairre to those who have made a clothes impulsive buying on the last 3 months The findings of the study confirmed that the three personality constructs the cultural construct of Individualism shopping enjoyment tendency and materialism show a significant impact on impulsive buying among the students of University of Indonesia."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
S61632
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Raden Ajeng Wuriandita Wahyumurti Candra Kirana Dewi
"Teknologi mobile merupakan metode yang efektif bagi perusahaan travel e-Commerce dalam meningkatkan hubungan dengan pelanggannya sehingga timbul ketertarikan dan minat penggunaan. Selain itu, terdapat beberapa penelitian yang menunjukan bahwa usability memiliki hubungan yang positif terhadap minat penggunaan berkelanjutan dan loyalitas aplikasi mobile pada teknologi mobile. Maka dari itu, untuk memahami kebutuhan pengguna serta mematangkan strategi mobile, diperlukan analisis lebih lanjut untuk mengetahui faktor usability mana yang mendukung munculnya intensi penggunaan dan loyalitas aplikasi mobile pada aplikasi travel e-Commerce.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan sequential mixedmethods QUAN-QUAL. Data kuantitatif dikumpulkan melalui survei daring dengan memanfaatkan instrumen Mobile Application Usability (MAU) terhadap aplikasi Traveloka. Sebelum digunakan, MAU diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia menggunakan metode cross-cultural adaptation. Data kualitatif dikumpulkan melalui wawancara kontekstual dengan tujuan complementary dan completeness. Hasil data kuantitatif diolah dan dianalisis menggunakan metode Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS-SEM), sedangkan hasil data kualitatif diolah dan dianalisis menggunakan metode koding kualitatif.
Berdasarkan hasil survei, variabel yang signifikan dalam memengaruhi intensi penggunaan berkelanjutan dan loyalitas aplikasi mobile pada aplikasi Traveloka adalah susunan antarmuka dan utilitas aplikasi. Selain itu, berdasarkan hasil wawancara kontekstual, ditemukan faktor-faktor usability lain yang memengaruhi intensi penggunaan berkelanjutan dan loyalitas aplikasi mobile, yaitu langkah- langkah yang logis, hierarki yang logis, hierarki yang efisien, langkah-langkah yang efisien, pencarian, banyaknya pilihan preferensi, dan navigasi yang intuitif. Hasil ini sejalan dengan hasil data kuantitatif yang menunjukkan bahwa faktor yang lebih dominan tergabung dalam variabel yang signifikan. Walaupun demikian, navigasi yang intuitif merupakan satu-satunya faktor yang dominan selain dari variabel utilitas aplikasi dan struktur antarmuka sehingga bagian ini bertentangan dengan hasil data kuantitatif. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi perusahaan agen travel e-Commerce dalam mematangkan strategi perancangan aplikasi mobile yang efektif dari segi usability guna meningkatkan intensi penggunaan berkelanjutan dan loyalitas aplikasi mobile pada aplikasi travel e-Commerce mobile di masa yang akan datang.

Mobile technology is an effective approach for travel e-Commerce companies in enhancing relationships with their customers to drive interest and intention to use. There are plenty of research evidences to show that usability has a positive association with continued intention to use and mobile application loyalty on mobile technology. Therefore, to consider users’ needs and to overcome mobile strategies, further analysis is needed to discover which factors are important for driving intention to use and mobile application loyalty on travel e-Commerce applications.
This research was conducted using sequential mixed-methods QUAN-QUAL approach. Quantitative data was collected through an online survey using the Mobile Application Usability (MAU) towards Traveloka application. Before being utilized, the MAU was firstly translated into Indonesian using cross-cultural adaptation procedures. In the other hand, qualitative data was collected through contextual interview based on complementary and completeness objectives. The results of the quantitative data were processed and analyzed using partial least square structural equation modeling (PLS-SEM) method, while the qualitative data were processed and analyzed using qualitative coding method.
Based on the survey results, it was found that application utility and user interface structure are significantly important drivers of users’ continued intention to use and mobile application loyalty on Traveloka application. Besides, based on the results of the contextual interview, it was found that there were some other usability factors driving continued intention to use and mobile application loyalty dominantly, i.e. logical/intuitive path, logical/intuitive hierarchy, efficient hierarchy, efficient path, search, variety of preferences, as well as intuitive navigation. These results were in line with the quantitative data’s, that the dominant factors are belong to significant variables. However, intuitive navigation was the only dominant factor apart from the application utility and user interface structure variables, hence this part was contrary to the results of quantitative data. The results of this study are expected to be a reference for travel e-Commerce companies in maturing their mobile strategies effectively, especially in terms of usability, in order to engage mobile application loyalty and continued intention to use on mobile travel e-Commerce applications in the future.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Fikri Herwasto
"Fenomena para orangtua yang selalu mencari segala informasi terkait dengan produk anak melalui internet dan sosial media menjadi latar belakang pada penelitian ini. Kehadiran akun yang memberikan rekomendasi untuk produk anak pada sosial media diyakini dapat meningkatkan impulsifitas para ibu untuk membeli produk tersebut. Penelitian ini ingin melihat bagamaina pengaruh dari Rekomendasi Produk terhadap Impulsive buying. Sampel pada penelitian ini adalah para ibu yang termasuk kedalam generasi milenial yang aktif dalam media sosial instagram dan mengikuti akun yang sering memberikan rekomendasi produk. Pengolahan data yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). Hasil dari penelitian ini adalah urge to buy impulsively dipengaruhi oleh product affection dari produk yang direkomendasikan yang dipengaruhi oleh sinyal terkait produk (vicarious expression dan aesthetic appeal) dan affective trust pada pemberi rekomendasi.

The phenomenon of parents who are always looking for all information related to childrens products through the internet and social media is the background in this study. The presence of accounts that provide recommendations for childrens products on social media is believed to increase the impulsivity of mothers to buy these products. This study want to see how the effects of Product Recommendations on Impulsive buying. The sample in this study are mothers who are millennials generation who are active in social media instagram and follow accounts that often provide product recommendations. Data processingt in this study uses Structural Equation Modeling (SEM). The results of this study are the urge to buy impulsively is affected by product affection of the recommended product that is influenced by product-related signals (vicarious expression and aesthetic appeal) and affective trust in recommender."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dzul Fiqar Aditya Widhiartanto
"Twitter adalah salah satu media sosial berbasis teks terbesar di dunia dengan berbagai fitur yang menunjang aktivitas komunikasi penggunanya. Seiring berjalannya waktu, pengguna dapat mengirimkan pesan kepada akun menfess sesuai minat dan preferensi mereka, yang kemudian akan mengunggah kembali pesan itu secara publik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor usability, social interaction, dan browsing activity yang memengaruhi perilaku impulsive buying pengguna menfess Twitter. Penelitian ini dilakukan dengan mixed-method. Penelitian kualitatif dilakukan dengan melakukan wawancara bersama 10 narasumber pengguna Twitter yang pernah berinteraksi dengan akun menfess Twitter. Data kualitatif yang telah terkumpul diolah menggunakan grounded theory. Hasil pengolahan data kualitatif digunakan sebagai acuan pembentukan instrumen kuantitatif. Penelitian kuantitatif dilakukan dengan menyebarkan kuesioner online dengan 918 responden pengguna menfess Twitter yang pernah melakukan transaksi pembelian setelah mendapatkan informasi dari akun menfess Twitter. Data kuantitatif diolah dengan metode Structural Equation Model Partial Least Square (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa content relevance, navigability, dan presentation memengaruhi perceived usability; perceived usability memengaruhi browsing activity dan social interaction; social interaction memengaruhi informativeness, baik secara langsung maupun dengan mediasi perceived interaction quality; informativeness memengaruhi perceived information quality; perceived information quality memengaruhi browsing activity dan perceived enjoyment; browsing activity dan perceived enjoyment memengaruhi urge to buy impulsively; dan urge to buy impulsively memengaruhi actual purchase secara langsung serta melalui cognitive evaluation. Penelitian ini melengkapi pengetahuan di bidang usability, social interaction, dan browsing activity pada praktik akun menfess Twitter. Hasil penelitian dapat dimanfaatkan oleh pengembang Twitter untuk mengembangkan Twitter sebagai media interaksi berbasis menfess.

Twitter is one of the largest text-based social media in the world with various features that support the communication activities of its users. Over time, users can send messages to menfess accounts according to their interests and preferences, which will then re-post the message publicly. This study aims to analyze the factors of usability, social interaction, and browsing activity that influence the impulsive buying behavior of Twitter menfess users. This research was conducted using mixed-method. Qualitative research was conducted by conducting interviews with 10 Twitter user interviewees who had interacted with the menfess Twitter account. The qualitative data that has been collected is processed using grounded theory. The results of qualitative data processing are used as a reference for the formation of quantitative instruments. Quantitative research was conducted by distributing online questionnaires with 918 respondents of Twitter menfess users who have made purchase transactions after getting information from Twitter menfess accounts. Quantitative data is processed using the Structural Equation Model Partial Least Square (PLS-SEM) method. The results showed that content relevance, navigability, and presentation affect perceived usability; perceived usability affects browsing activity and social interaction; social interaction affects informativeness, both directly and by mediating perceived interaction quality; informativeness affects perceived information quality; perceived information quality affects browsing activity and perceived enjoyment; browsing activity and perceived enjoyment affect urge to buy impulsively; and urge to buy impulsively affects actual purchase directly and through cognitive evaluation. This research complements knowledge in the fields of usability, social interaction, and browsing activity in the practice of Twitter menfess accounts. The results of the study can be utilized by Twitter developers to develop Twitter as a menfess-based interaction media."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>