Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 5370 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Riski Anita
"BAGIAN SATU Analisis Situasi
Kemunculan teknologi berbasis internet menyebabkan perubahan media dari analog menjadi digital dan memunculkan media baru berupa media sosial. Instagram merupakan salah satu media sosial cukup popular digunakan oleh digital native. Berdasarkan hasil riset, Instagram memiliki keterikatan yang cukup kuat terhadap penggunanya sehingga dapat mengakibatkan ketergantungan. Oleh karena itu, penulis membuat film pendek mengenai penggunaan media sosial Instagram dan dampak negatif yang mungkin ditimbulkan kedepannya.
BAGIAN DUA Manfaat dan Tujuan Pengembangan Prototype Film Pendek
Film pendek ini memiliki manfaat dalam menjadi media edukasi dan literasi media mengenai penggunaan Instagram. Film pendek ini juga bertujuan untuk menyampaikan pesan melalui medium audio-visual mengenai penyalahgunaan media sosial Instagram sebagai dampak dari ketergantungan.
BAGIAN TIGA Prototype Film Pendek yang Dikembangkan
Film pendek ini menceritakan seseorang yang mulanya tidak menggunakan Instagram, hingga pada suatu waktu, ia memutuskan untuk menggunakan Instagram dan berakibat pada ketergantungan. Film pendek akan berdurasi 10-15 menit dan diunggah ke Youtube dan UI Film Festival sebagai media tayang.
BAGIAN EMPAT Evaluasi
Penulis menggunakan metode kuisioner online sebagai riset kebutuhan, screening film sebagai media pre-test, dan Youtube Analythics dan Focus Group Discussion sebagai media evaluasi.
BAGIAN LIMA Anggaran
Anggaran pembuatan prototipe film pendek ini adalah sebesar Rp700.000,00. Jika film pendek ini diproduksi secara professional akan menghabiskan anggaran sebesar Rp23.375.000,00. Prakiraan pendapatan yang didapatkan melalui sebesar Rp43.069.500,00. Total pendapatan bersih yang didapat sebesar Rp19.694.500,00

PART ONE Situation Analysis
The emergence of internet-based technology has caused the media to change from analog to digital and bring the new media such as social media. Instagram is one of the most popular social media used by digital native. Based on research, Instagram has a strong enough attachment to its users so that it can cause dependency. Therefore, the author made a short film about the use of Instagram social media and the negative effects that might be caused in the future.
PART TWO Development of Benefits and Purposes of Short Film Prototype
This short film has the benefit of being a media for education and media literacy regarding the use of Instagram. This short film also aims to convey a message through an audio-visual medium regarding the misuse of Instagram as a result of dependency.
PART THREE Short Film Prototype that have been developed.
This short movie tells a story about a person that doesn't use Instagram at the very first beginning, until one moment, she decided to use Instagram and caused herself to had a strong dependency of it. This short film will be 10-15 long, and will be uploaded into Youtube and UI Film Festival as broadcasting media platform.
PART FOUR Evaluation
Writer uses online questionnaire method to fulfill research needs, film screening as pre-test media, and Youtube Analytics and focus group discussion as medium of evaluation.
PART FIVE Budget
Expenses budget in making this short film prototype is Rp 700.000,00. If professionally produced, this film will expend Rp 23.375.000,00. Income forecast approximation is around Rp 43.069.500,00. Income total that will be achieved is around Rp 19.694.500."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2018
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Bonita Sekar Andini
"Artikel ini mengamati konsumsi penonton terhadap video Mukbang dan bagaimana pengaruhnya. Mukbang berasal dari kata “Meogneun” dari bahasa Korea yang artinya makan, dan “Bangsong” yang artinya siaran. Oleh karena itu, Mukbang mengacu pada aktivitas makan yang disiarkan secara online atau di platform video online. Belakangan ini, konten jenis ini kerap menempati trending list di platform media sosial, seperti YouTube, Instagram, TikTok, seiring dengan semakin populernya Mukbang. Meski konten Mukbang diproduksi untuk hiburan bagi penonton, beberapa risiko mengintai dari kebiasaan menonton video Mukbang. Aktivitas online tersebut diyakini dapat memicu individu untuk membentuk perilaku yang identik dengan kecanduan pola makan. Dampak negatif lainnya juga tercermin dari kecenderungan gangguan makan akibat makan di luar kebiasaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana penonton menggunakan video Mukbang untuk memenuhi kebutuhan mereka berdasarkan teori uses and gratification oleh Katz dan Blumler. Artikel ini juga ingin menganalisis dampak terpaan video Mukbang terhadap penontonnya. Juga, dengan menunjukkan peningkatan pesat obesitas di negara tertentu karena konsumsi Video Mukbang. Menggunakan Diagram Uses and Gratification untuk membantu menganalisis konsumsi Video Mukbang dan kebutuhan spesifik penontonnya. Menonton Mukbang, aktivitas terkait YouTube yang semakin populer dalam beberapa tahun terakhir, telah menjadi subjek penelitian empiris, menyimpulkan bahwa YouTube memiliki potensi implikasi negatif bagi penonton yang menonton Video Mukbang menggunakan Youtube sebagai platform mereka.

This article highlights the audience's consumption of Mukbang videos and how they have an impact. Mukbang comes from the words "Meogneun" from Korea, which means eating, and "Bangsong", which means broadcast. Therefore, Mukbang refers to eating activities broadcast online or on online video platforms. In recent times, this type of content often occupies trending lists on social media platforms, such as YouTube, Instagram, TikTok, along with the increasing popularity of Mukbang. Although Mukbang content is produced for entertainment for the audience, some risks lurk from the habit of watching Mukbang videos. Such online activities are believed to trigger individuals to form behaviours identical to addiction patterns. Another negative impact is also reflected in the tendency of eating disorders due to eating habits outside the habit. This study aims to highlight how audiences use Mukbang videos to meet their needs based on the uses and gratification theory by Katz and Blumler. This article also wants to analyse the impact of exposure to Mukbang videos on the audience. Also, by showing the rapidly increasing obesity in a particular country because of the consumption of Mukbang Videos. Using the Uses and Gratification Diagram to help analyse the consumption of Mukbang Videos and its specific audience needs. Mukbang Watching, a YouTube-related activity that has increased in popularity in recent years, has been the subject of empirical research, concluding that YouTube has potential for negative implications for viewers who watch Mukbang Videos using Youtube as their platform.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Philip Go
"ABSTRAK
Netflix masuk ke pasar Australi dan menemukan masalah dengan proses penetrasi ke market local. Untuk mengerti lebih lanjut kertas riset ini ditunjukkan untuk menganalisa kemampuan Netflix dibanding para kompetitornya. Riset ini juga mencoba menjelaskan persepsi dengan lebih dalam akan preferensi konsumen untuk fitur di servis online video streaming.
ABSTRACT
Netflix entered the Australian market and found problems as they try to penetrate the local market. To further understand this problem, this research paper is aimed to analyse Netflix's capabilities in comparison to their competitors. This research also aims to explain deeply the perception of consumer preference for features in the online video streaming service."
2016
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Atini Rahmatika Fauzi Murod
"Tren meningkatnya pariwisata pada Rencana Pembangunan Nasional Jangka Menengah (RPJM) Indonesia untuk tahun 2022-2024 menyoroti peran penting Daerah Super Prioritas (DSP) dalam meningkatkan ekonomi lokal dan infrastruktur pariwisata. Krisis yang dialami semasa pandemi mengubah paradigma pemasaran pariwisata, mendorong perusahaan untuk mengadopsi strategi digital yang lebih inovatif, terutama melalui short video marketing. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak dan mekanisme short video marketing terhadap inspirasi dan niat perjalanan dengan mempertimbangkan karakteristik pribadi sebagai moderasi. Analisis menggunakan SPSS 27 dan SmartPLS 4.0 Data dikumpulkan melalui survei yang melibatkan 522 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa presenter attractiveness, destination attractiveness, content vividness, dan video design attractiveness berpengaruh terhadap inspirasi perjalanan penonton yang pada akhirnya memengaruhi niat untuk melakukan perjalanan sedangkan karakteristik pribadi tidak signifikan memoderasi. Temuan ini memberikan wawasan penting bagi praktisi pemasaran pariwisata dalam merancang konten video yang efektif untuk menginspirasi dan memotivasi calon wisatawan.

The increasing trend in tourism outlined in Indonesia's Mid-Term National Development Plan for the years 2022-2024 highlights the significant role of Super Priority Regions in enhancing local economies and tourism infrastructure. The crisis experienced during the pandemic has reshaped the tourism marketing landscape, prompting companies to adopt more innovative digital strategies, particularly through short video marketing. This study aims to analyze the impact and mechanisms of short video marketing on travel inspiration and intention, considering personal characteristics as moderating factors. Analysis was conducted using SPSS 27 and SmartPLS 4.0. Data were collected through a survey involving 522 respondents. The results indicate that presenter attractiveness, destination attractiveness, content vividness, and video design attractiveness significantly influence viewers' travel inspiration, which subsequently affects their travel intention, while personal characteristics do not significantly moderate these relationships. These findings provide crucial insights for tourism marketing practitioners in designing effective video content to inspire and motivate potential travelers."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Meista Yuki Crisinta
"[ABSTRAK
Bagian Satu
Analisis Situasi
Kemajuan teknologi komunikasi ternyata cukup berdampak bagi perilaku komunikasi generasi muda. Keberadaan gadget sebagai alat komunikasi dan hiburan seharusnya tidak menggantikan fungsi dan peranan dari proses komunikasi langsung. Maka dari itu, dengan memanfaatkan media internet yang sedang banyak digemari oleh generasi muda, penulis hendak memproduksi sebuah tayangan serial web (web series) dengan format mockumentary yang mengangkat fenomena dan kejadian sehari-hari, khususnya pada kehidupan sosial mahasiswa.
Bagian Dua
Manfaat dan Tujuan Pengembangan Prototipe
Manfaat utama dari pengembangan prototipe ini adalah khalayak mendapatkan pendidikan agar lebih bijak dalam menggunakan gadget sebagai alat komunikasi. Tujuan utama dari pengembangan prototipe ini adalah sebagai salah satu upaya persuasif bagi generasi muda agar lebih bijak dalam menggunakan gadget sebagai media komunikasi, dan terus berupaya untuk tetap mempertahankan relasi dengan sesama tanpa menggunakan perantara media.
Bagian Tiga
Prototipe yang Dikembangkan
Prototipe pilot ini berjudul ?LET(S)TALK?, yang menceritakan tentang kisah kehidupan cinta dua mahasiswa di dunia maya, namun tidak berelasi di dunia nyata.
Bagian Empat
Evaluasi
Media pre-test dilakukan dengan cara online screening. Sedangkan metode evaluasi akan dilakukan melalui Youtube Analytics dan Focus Group Discussion (FGD).
Bagian Lima
Anggaran
Anggaran untuk pembuatan prototipe adalah sebesar Rp1.100.000. Lalu rencana anggaran untuk penerbitan media adalah sebesar Rp35.200.000. Sedangkan anggaran untuk pelaksanaan evaluasi adalah sebesar Rp5.520.000. Prakiraan pendapatan bersih yang diperoleh adalah sebesar Rp280.000.

ABSTRACT
Chapter One
Situation Analysis
Nowadays, the development of communication technology gives many impact to the social behavior of young generations. Gadget, as a communication and entertaining device, supposedly not replace the face-to-face communication. Based on this case, the author wants to make a web series, which distributed to internet, with mockumentary format. The series tells about gadget using in daily life, especially of college students.
Chapter Two
Benefit and Purpose of Prototype?s Developing
The main benefit of this prototype is the audiences will get an education about how they can use their gadget more wisely, especially for communicating with others. Moreover, the main purpose of this prototype is to persuade audiences so that they can use their gadget more wisely. In addition, the author wants every audiences always make time with their relations without gadget and do the face-to-face communication more often.
Chapter Three
Developed Prototype
The title of this prototype is ?LET(S)TALK?, which tells about a love story from two college students who always connected through social media, chatting-media, but not ?connected? in the real world.
Chapter Four
Evaluation
Media pre-test will be held by online screening. Otherwise, the evaluation proccess will use the Youtube Analytics? feature and Focus Group Discussion (FGD).
Chapter Five
Budget
Budget for prototype making has spent IDR 1.100.000. The budgeting plan for media launching will spent IDR 35.200.000. Then, a budgeting for evaluation will spent IDR 5.520.000. The estimated income will be IDR Rp280.000., Chapter One
Situation Analysis
Nowadays, the development of communication technology gives many impact to the social behavior of young generations. Gadget, as a communication and entertaining device, supposedly not replace the face-to-face communication. Based on this case, the author wants to make a web series, which distributed to internet, with mockumentary format. The series tells about gadget using in daily life, especially of college students.
Chapter Two
Benefit and Purpose of Prototype’s Developing
The main benefit of this prototype is the audiences will get an education about how they can use their gadget more wisely, especially for communicating with others. Moreover, the main purpose of this prototype is to persuade audiences so that they can use their gadget more wisely. In addition, the author wants every audiences always make time with their relations without gadget and do the face-to-face communication more often.
Chapter Three
Developed Prototype
The title of this prototype is “LET(S)TALK”, which tells about a love story from two college students who always connected through social media, chatting-media, but not ‘connected’ in the real world.
Chapter Four
Evaluation
Media pre-test will be held by online screening. Otherwise, the evaluation proccess will use the Youtube Analytics’ feature and Focus Group Discussion (FGD).
Chapter Five
Budget
Budget for prototype making has spent IDR 1.100.000. The budgeting plan for media launching will spent IDR 35.200.000. Then, a budgeting for evaluation will spent IDR 5.520.000. The estimated income will be IDR Rp280.000.]"
2015
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Halls, Jonathan
"Contents :
- Preface
- Acknowledgments
- In This book and on the web
- Section 1: Behind the video
- Chapter one: Video and the trainer
- Chapter two: Video psychology
- Chapter three: Video and learning
- Chapter four: Video in practice
- Section 2: How video works
- Chapter five: The picture layer and visual grammar
- Chapter six: The visual effects layer
- Chapter seven: The spoken word layer
- Chapter eight: The music and sound effects layer
- Section 3: Preproduction
- Chapter nine: Preproduction workflow
- Section 4: Production
- Chapter ten: Tools of video production
- Chapter eleven: How to shoot great pictures
- Chapter twelve: How to use your camera
- Chapter thirteen: Looking good in video
- Section 5: Postproduction
- Chapter fourteen: Editing your video
- Section 6: Into action
- Chapter fifteen: Tech stuff
- Chapter sixteen: Video workflow
- Index
- About the author "
Alexandria, Virginia: American Society for Training & Development, 2012
e20442071
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Eddings, Joshua
California : Ziff-Davis, 1994
004.67 EDD h
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Purba, Ruliando Hasea
"Klinik Pasutri pada saat ini sedang mengembangkan layanan kesehatan melalui internet yang pada saat ini telah banyak digunakan oleh klinik-klinik online. Layanan kesehatan ini meliputi layanan Artikel, konsultasi kesehatan melalui E-mail dan chatting.
Untuk dapat melayani masyarakat melalui internet butuh banyak persiapan yang meliputi kesiapan Teknologi, Sumber daya manusia, keuangan dan Manajemen serta organisasi yang cocok untuk mengelola layanan ini. Sehubungan banyaknya persiapan dalam menyediakan layanan ini, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan Klinik Pasutri dalam memanfaatkan internet sebagai media komunikasi dengan customer, serta mengenali permasalahan yang ada, dan sekaligus mencari cara pemecahan masalah yang tepat.
Penelitian ini merupakan studi deskriptif dengan mengadakan pendekatan kualitatif. Metode kualitatif dilakukan dengan mengadakan wawancara mendalam (indeph interview) terhadap petugas yang berkaitan dengan layanan kesehatan melalui internet ini di Klinik Pasutri.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dibalik persiapan yang sudah dilaksanakan oleh Klinik Pasutri masih ada kekurangan-kekurangan yang masih harus dibenahi baik dalam manajemen, teknologi, sumber daya manusia serta keuangan.

Health Clinics nowadays are using internet online as a tool to help community in health services. Pasutri Clinic, one of health clinics is also developing in health services via internet. These health services are consist of article service and health consultation via E-mail and chatting.
For community services via Internet, they need more preparation and readiness of technology, human resources, financial, management and suitable organization. Related in preparing these services, therefor this research has intend for knowing how ready Pasutri Clinic in using internet as a communication media with customers and also knowing its problem plus to End out the right solution.
This research is a descriptive study with using a qualitative approach. Qualitative method is made by in-depth interview with person in charged who relate with health service via intemet in Pasutri Clinic.
We got the result and make our conclusion from this research that preparation which has been done by Pasutri Clinic still find out many of lacks and has to straighten out by management,technology, human resource and finance.
"
Depok: Universitas Indonesia, 2002
T10945
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Geandini Karina
"Menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi sebuah produk atau brand baru untuk masuk kedalam persaingan pasar yang ketat. Terutama bagi produk dalam sektor yang sifatnya mass dan bergerak dengan cepat, pada tulisan ini sektor yang dimaksud adalah produkproduk perawatan khusus anak. Inilah yang menjadi tantangan bagi Dandelion, sebuah produk perawatan khusus anak baru yang hendak menembus pasar melalui sebuah strategi komunikasi pemasaran yang komprehensif. Proposal ini membahas analisis pasar dan brand yang telah dianalisa baik secara makro maupun mikro, internal maupun eksternal. Analisa ini juga didukung dengan adanya riset yang dilakukan secara 4 tahap sehingga menghasilkan insight dan penjelasan akan kondisi pasar dan target customer yang sebenarnya secara detil dan mudah dipahami. Berdasarkan hasil analisa dan riset ini, proposal ini menawarkan strategi komunikasi pemasaran yang diharapkan dapat menyelesaikan tantangan yang dihadapi oleh Dandelion.

It is a big challenge for a new product or brand to penetrate and succeed in thecompetitive market Especially for the industry with mass and fast moving products in thiswriting baby care and child care product to be particular This is the challenge forDandeloin a new brand that produces soap for baby and child A comprehensivemarketing communication strategy is needed for the brand to penetrate the mass market This proposal explains market and brand analysis both macro and micro internal andexternal The analysis is also supported with an elaborate 4 stages of research to generateinsightful facts about the market and target costumer Based on both research andanalysis the proposal then offers a marketing communication strategy which hopefully canpush Dandelion into the mass market and compete with other brands Keywords marketing brand communication strategy
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2013
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Siregar, Desfreidna
"Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penerimaan intranet dalam komunikasi internal dengan iklim komunikasi dan kepuasan komunikasi organisasi pada Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode survey melalui kuesioner. Populasi penelitian ini adalah pegawai di lingkungan BPK RI Perwakilan Provinsi Banten yang dapat mengakses intranet. Sampel penelitian ini sebanyak 73 responden yang diambil secara random.
Dari hasil analisis data diketahui bahwa penggunaan intranet sebagai media komunikasi internal berpengaruh langsung terhadap pembentukan iklim organisasi dengan hubungan yang sangat kuat. Penggunaan intranet sebagai media komunikasi internal juga berpengaruh langsung terhadap kepuasan komunikasi, namun dengan hubungan yang lemah. Hubungan penggunaan intranet sebagai media komunikasi internal menjadi kuat apabila iklim organisasi menjadi variabel intervening.

Purpose of this research is to verify the influence of intranet acceptance for internal communication in accordance to communication climate and organization communication satisfaction level in Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI). Data collection was done by survey method with questionnaire. Research population was employee of BPK RI Banten Province that can access intranet. Research sample are randomly picked from 73 respondents.
Analysis result shown that acceptance of intranet as internal communication media affect directly to formation of organizational climate with strong effect. Furthermore, acceptance of intranet as internal media communication affect also to communication satisfaction level. However, the effect is weak. Usage of acceptance as internal communication media become strong if organization climate defined as intervening variable.
"
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
T42090
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>