Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 102490 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Aqil Wilda Arief
"Tesis ini merupakan penelitian yang tergolong dalam penelitian evaluatif. Pada penelitian ini, program yang diteliti adalah program pengembangan kepemimpinan pemuda berbasis asrama yang dilakukan oleh Rumah Kepemimpinan. Adapun aspek yang dievaluasi adalah pada aspek pencapaian outcome penerima manfaat Rumah Kepemimpinan pada periode 2014 – 2016, serta aspek-aspek apa saja dari input dan proses program yang mempengaruhi capaian outcome. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif menggunakan analisis tabel silang dan uji Chi Square. Dari penelitian yang dilakukan, didapatkan bahwa aspek-aspek seperti pelatihan di asrama, penjagaan ibadah, coaching rutin, evaluasi semester dan tindak lanjutnya, pemanfaatan fasilitas, keterlibatan pada aktivitas masyarakat di sekitar asrama dan latar belakan pendidikan keluarga mempengaruhi pencapaian outcome penerima manfaat Rumah Kepemimpinan.

This thesis is a research that belongs to evaluative research. In this study, the program under study was a dormitory-based youth leadership development program conducted by “Rumah Kepemimpinan”. The aspects evaluated are the aspects of achieving the outcomes of the “Rumah Kepemimpinan” beneficiaries in the 2014 - 2016 period, as well as what aspects of the program inputs and processes that affect the outcome of the program The study was conducted with a quantitative approach using cross table analysis and Chi Square test. From the research conducted, it was found that aspects such as training in dormitories, remembrance of worship, routine coaching, semester evaluation and its follow-up, utilization of facilities, involvement in community activities around the dormatories and family education background affect the achievement of outcomes for beneficiaries of the Rumah Kepemimpinan."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Harits
"Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi Program Pelatihan dan Pengembangan Rumah Kepemimpinan Dengan Skema Daring Untuk Peserta Program Angkatan X. Latar belakang penelitian didasarkan pada potensi sumber daya manusia sebagai investasi penting, namun dihadapkan pada adanya bentuk-bentuk krisis kepemimpinan di Indonesia. Rumah Kepemimpinan hadir sebagai lembaga yang menyediakan program pelatihan dan pengembangan di bidang kepemimpinan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode penarikan sampel total sampling melalui instrumen kuesioner daring yang diisi oleh 151 peserta Rumah Kepemimpinan. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif dengan bantuan Statistical Package for the Social Sciences (SPSS). Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa rata-rata evaluasi program baik dari dimensi reaksi dan pembelajaran mencapai nilai mean sebesar 4.172 yang termasuk dalam kategori baik. Evaluasi tersebut didasarkan pada penggunaan dua tingkatan evaluasi program Kirkpatrick, yaitu reaksi dan pembelajaran. Hasil tersebut menandakan kepuasan peserta program dan keberhasilan program dalam memenuhi harapan dan kebutuhan peserta dalam pengembangan kepemimpinan.

This research aims to evaluate the Training and Development Program of Rumah Kepemimpinan with the Online Scheme for Participants of Batch X. The background of the study is based on the potential of human resources as a vital investment, but facing various leadership crises in Indonesia. Rumah Kepemimpinan serves as an institution providing leadership training and development programs. The research method used is a quantitative approach with total sampling through an online questionnaire instrument filled out by 151 participants of Rumah Kepemimpinan. The collected data were analyzed using descriptive analysis techniques with the assistance of the Statistical Package for the Social Sciences (SPSS). Based on the research findings, it was discovered that the average program evaluation, both in terms of reaction and learning dimensions, reached a mean value of 4.172, which falls into the "good" category. This evaluation is based on the use of two levels of the Kirkpatrick program evaluation, namely reaction and learning. The results indicate participant satisfaction with the program and its success in meeting the expectations and needs of participants in leadership development."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aisyah Nuraeni
"Skripsi ini membahas tentang evaluasi kegiatan pelatihan pada Program Menuju Puncak Manfaat berbasis daring sebagai Program Pendidikan Pengembangan Kepemimpinan yang dilaksanakan oleh Rumah Kepemimpinan Regional 1 Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan pelatihan pada Program Menuju Puncak Manfaat serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan kegiatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluasi dengan pendekatan kualitatif dan ruang lingkup yang difokuskan pada outcomes kegiatan serta menggunakan teknik studi literatur dan wawancara mendalam yang dilakukan secara daring pada tahun 2021. Penelitian ini melibatkan 8 orang informan yang merupakan pihak pelaksana program dan peserta kegiatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas yang dilaksanakan dalam kegiatan pelatihan pelatihan perencanaan karir dalam Program Menuju Puncak Manfaat telah berhasil memenuhi luaran jangka pendek di mana peningkatan pengetahuan seputar tahapan-tahapan dalam perencanaan karir terjadi pada peserta kegiatan. Ketercapaian luaran dari kegiatan pelatihan ini tidak lepas dari beberapa catatan rekomendasi untuk peningkatan beberapa aspek dalam pelaksanaannya seperti pembuatan Standar Operasional Pelaksanaan, penambahan sumber daya manusia, dan platform pembelajaran yang terintegrasi. Faktor pendukung yang mempengaruhi pencapaian tujuan kegiatan ini adalah kesadaran peserta membuat perencanaan yang lebih baik dan mengikuti kegiatan yang bermanfaat, kebijakan Rumah Kepemimpinan yang mewajibkan peserta untuk mengikuti program, lingkungan yang suportif, dan kemudahan media yang digunakan. Sedangkan, faktor penghambatnya yaitu demotivasi peserta, preferensi peserta pada kegiatan yang dilaksanakan secara tatap muka, kesibukan peserta, durasi program yang terlalu cepat, dan lemahnya sistem pemantauan kehadiran dan pemantauan pengerjaan tugas.

This thesis discusses the evaluation of training activities in the online-based Program Menuju Puncak Manfaat as a Leadership Development Education Program carried out by the Rumah Kepemimpinan Regional 1 Jakarta. This study aims to describe the implementation of training activities in the Program Menuju Puncak Manfaat and to find out the supporting and inhibiting factors for the implementation of the activities. This type of research is an evaluation research with a qualitative approach and scope that is focused on the outcomes and uses literature study techniques and in-depth interviews conducted online in 2021. This study involved 8 informants who were program implementers and participants. The results of this study indicate that the activities carried out in the career planning training training activities in the Program Menuju Puncak Manfaat have succeeded in meeting short-term outcomes where increased knowledge about the stages in career planning occurs in the participants. The achievement of the outputs of this training activity cannot be separated from several recommendations in order to improve several aspects of its implementation, such as the preparation of Implementation Operational Standards, the addition of human resources, and an integrated learning platform. Supporting factors that influence the achievement of the objectives of this activity are the awareness of participants to make better plans and participate in useful activities, the Rumah Kepemimpinan’s policy that requires participants to participate in the program, a supportive environment, and the ease of use of media. Meanwhile, the inhibiting factors are participants’ demotivation, participants’ preference for activities carried out face-to-face, participants' bustle, program duration that is too fast, and weak attendance monitoring and task monitoring systems."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aan Suryatwan
"Pemuda dituntut mempunyai kemampuan intelektual, emosional dan spiritual yang mumpuni dalam menghadapi perubahan zaman. Terjadinya kemerosotan karakter kepemimpinan di kalangan pemuda sebagai sumber daya manusia Indonesia menimbulkan masalah sosial-ekonomi, kriminal, dan pendidikan. Rumah Kepemimpinan adalah salah satu lembaga pengembangan sumber daya manusia melalui pembangunan karakter kepemimpinan pemuda. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakter-karakter kepemimpinan yang terbentuk di Rumah Kepemimpinan dan penguatannya terhadap ketahanan nasional, mendeskripsikan model pembangunan karakter kepemimpinan pemuda di Rumah Kepemimpinan dan menganalisis gaya kepemimpinan pemuda di Rumah Kepemimpinan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian mix method dengan desain concurrent triangulation. Rumah kepemimpinan sebagai salah satu lembaga pembangunan karakter kepemimpinan pemuda dengan strategi example, experience, education, environment, evaluation dan pembiasaan. Kemampuan intrapersonal dan interpersonal, pengetahuan dan informasi kepemimpinan, religius, disiplin, ingin tahu, berpikir kritis dan kreatif merupakan karakter yang berpengaruh dalam kesuksesan peserta binaan. Proses pembentukan karakter dilakukan dengan menanamkan nilai ROOM-PK yang menciptakan karakter-karakter kepemimpinan yang menonjol pada peserta binaan untuk membentuk karakter Kepemimpinan Profetik Rumah Kepemimpinan dan kontribusinya dalam ketahanan nasional. Berdasarkan hasil penelitian gaya kepemimpinan yang dominan di Rumah Kepemimpinan adalah gaya kepemimpinan transformasional yang dianggap mencerminkan kepemimpinan profetik.

Youth are human resources in Indonesia. They require intellectual, emotional, and spiritual abilities for facing changing times. The youth leadership character decline has caused socio-economic, criminal, and educational problems. Youth issues have attracted the attention of the government or non-government institutions. Rumah Kepemimpinan (RK) is one of non-government human resource development institution. Wheres, RK focuses on the development of youth leadership character. The aims of this research are: First, to analyze leadership characters formed by Rumah Kepemimpinan and its strengthening on national resilience. Second, to describe the model of youth leadership character development in Rumah Kepemimpinan. Third, to analyze the youth leadership styles in Rumah Kepemimpinan. This research used mix method approach with a design concurrent triangulation. This research concluded that RK was implemented the model of youth leadership character development through example process, experience, education, environment, evaluation, and habituation. Respondents have chosen leadership characters such as intrapersonal and interpersonal skills, leadership knowledge and information, religiosity, disciplined, curiosity, critical, and creative thinking as characters that influence their daily lives. The character building process has been doing by instilling ROOM-PK's value, which creates prominent leadership character in the fostered participants to form the Rumah Kepemimpinan prophetic leadership character and its contribution to national resilience. At the end of this results, the dominant leadership style in Rumah Kepemimpinan becomes transformational leadership, and it's considered to reflect prophetic leadership."
Depok: Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia, 2021
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andrew Pratama
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengembangan keterampilan kepemimpinan mahasiswa S1 akuntansi melalui kegiatan yang ada di lingkungan fakultas, khususnya interaksi di kelas dengan dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia dan mencari tahu apakah diperlukan pengembangan capaian pembelajaran terkait dengan keterampilan kepemimpinan. Penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran di kelas belum sepenuhnya dapat membantu pengembangan kepemimpinan siswa, maka perlu ditingkatkan peran dosen dalam pengembangan keterampilan kepemimpinan siswa di kelas. Semua pemangku kepentingan program studi akuntansi memiliki persepsi yang sama bahwa pengembangan kepemimpinan dibutuhkan bagi mahasiswa sarjana akuntansi. Sehubungan dengan penerapan KKNI dan IES, modifikasi capaian pembelajaran learning outcomes diperlukan untuk memastikan bahwa keterampilan yang dibutuhkan lulusan akuntansi dapat terpenuhi dalam proses belajar mengajar di kelas termasuk keterampilan kepemimpinan.

ABSTRACT
This research aims to know how far the leadership skills development of undergraduate accounting student through the activities that exist in the faculty environment, especially the interaction in the class with the lecturers in Faculty of Economics and Business Universitas Indonesia and find out whether the necessary development of learning achievement related to leadership skills. Research shows that learning process in the class has not fully been able to help the development of student leadership , it is necessary to improve the role of lecturers in the development of student leadership skills in the classroom. All stakeholder of accounting study program have a same perception that leadership development is needed for accounting undergraduate student. In relation to the application of KKNI and IES, modification of learning achievements is required to ensure that the skills required to have by accounting graduate can be met in the process of teaching and learning in the classroom including leadership skill."
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hidayah Sukmaraga
"Dalam mewujudkan cita-cita Nasional yang terdapat di dalam pembukaan UUD 1945 maka Indonesia membutuhkan Pemimpin Bangsa yang memiliki Ideologi yang sesuai dengan Konstitusi dan mewarisi nilai-nilai yang diamanatkan oleh para Pendiri Bangsa. Pemuda sebagai Calon Pemimpin Masa Depan harus dipersiapkan untuk mewujudkan hal tersebut. Untuk mendapat nilai-nilai yang dapat dijadikan dasar Pengembangan Kepemimpinan Pemuda ini, maka dilakukan analisis terhadap Pidato Sukarno 1 Juli 1945 tentang "Lahirnya Pancasila". Nilai-nilai ini diharapkan dapat ditanamkan pada generasi muda dan dapat menjadi dasar dalam Pengembangan Kepemimpinan Pemuda di Indonesia sehingga dapat menggantikan nilai-nilai (liberalisme,individualisme dan kapitalisme) yang merupakan pengaruh dari Globalisasi saat ini.

In realizing national ideals contained in the preamble to UUD 1945, Indonesia requires a leader who has the ideology of the Nation in accordance with the Constitution and the inherited values that are mandated by the Founders of the Nation. Youth as Future Leaders Candidates should be prepared to make this happen. To get the values that can be used as the basis of the Youth Leadership Development, then performed an analysis of the July 1, 1945 Sukarno's speech on "Lahirnya Pancasila". These values are expected to be inculcated in young people and can be the basis of the Youth Leadership Development in Indonesia so it can replace the values (liberalism, individualism and capitalism) which is the effect of globalization today.
"
Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2013
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Elex Media Komputindo, 1991
658.38 KEP
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Karyadi
Jakarta: Elex Media Kompuntindo Kelompok Gramedia, 2002
302.34 Kar k
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Elex Media Komputindo, Kelompok Gramedia, 2002
658.3 Kep
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
M. Karjadi
Bogor: Politeia, 1989
303.34 KAR k
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>