Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 176444 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Dwita Aulia Sari
"Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji pengaruh persepsi karyawan mengenai tanggung jawab sosial terhadap employee engagement dengan dimediasi oleh psychological meaningfulness, psychological safety, psychological availability dan compassion. Pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner dan dianalisis dengan Structural Equation Model (SEM). Sampel yang diperoleh sebanyak 216 karyawan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Penelitian ini mengungkapkan bahwa persepsi karyawan mengenai tanggung jawab sosial terhadap employee engagement tidak memiliki pengaruh secara langsung dan hanya dapat dipengaruhi jika dimediasi oleh psychological meaningfulness, psychological availability dan compassion. Psychological safety juga terbukti tidak memediasi pengaruh persepsi karyawan mengenai tanggung jawab sosial terhadap employee engagement. Keterbatasan penelitian ini adalah sampel yang diperoleh dan tingkat objetivitas hasil. Penelitian ini menunjukkan bahwa jika ingin meningkatkan employee engagement, maka perlu dibuat program tanggung jawab sosial yang memperhatikan psychological meaningfulness, psychological availability dan compassion dari karyawan.

This study aims to examine the effect of employee perceptions of social responsibility on employee engagement mediated by psychological meaningfulness, psychological safety, psychologic availability and compassion. Data was collected using a questionnaire and analyzed by using the Structural Equation Model (SEM). The samples obtained were 216 employees of Badan Usaha Milik Negara(BUMN). This study reveals that employees' perceptions of social responsibility on employee engagement do not have a direct influence and can only be influenced if mediated by psychological meaningfulness, psychological availability and compassion. Psychological safety was also proven not to mediate the effect of employee perceptions of social responsibility on employee engagement. The limitations of this study are the sample obtained and the level of objectivity of the results. This study shows that if you want to increase employee engagement, it is necessary to create a social responsibility program that pays attention to psychological meaningfulness, psychological availability and compassion of employees."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Indiska Nafla Zirasqy
"Karyawan Generasi Z merupakan salah satu generasi potensial yang akan menjadi suksesor dengan usia yang mulai memasuki dunia kerja. Namun, karakteristik dari Generasi Z sendiri diketahui sering berpindah dari satu tempat ke tempat kerja lainnya dengan tingkat loyalitas yang rendah, sehingga perusahaan harus berusaha untuk mampu meningkatkan keinginan karyawan untuk menetap. Berkaitan dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh proporsi nilai karyawan (employee value proposition) sebagai nilai yang ditawarkan oleh perusahaan terhadap keinginan karyawan untuk menetap di perusahaan (employee’s intention to stay) dengan peran psychological contract dan social identity sebagai variabel moderasi yang memperkuat pengaruh tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan melakukan penarikan sampel melalui purposive sampling dengan menyebarkan kuesioner berupa google form kepada 241 responden sebagai karyawan Generasi Z yang lahir pada tahun 1995-2010. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara employee value proposition terhadap employee’s intention to stay. Lebih jauh lagi, inspirational value, economic value, dan work life balance merupakan tiga komponen dari employee value proposition yang memiliki pengaruh secara signifikan terhadap keinginan karyawan Generasi Z untuk menetap di perusahaan saat ini. Sedangkan, psychological contract dan social identity tidak memperkuat atau memoderasi pengaruh tersebut, namun dapat menjadi variabel bebas yang mempengaruhi employee’s intention to stay sebagai variabel dependen.

Generation Z employees are one of the potential generations who will become successors at the age that is starting to enter the workforce. However, the characteristics of Generation Z itself are known to often move from one place to another with a low level of loyalty, so companies must to be able to increase the intention of employees to stay. In this regard, this study aims to determine how the effect of employee value proposition as the value offered by the company on the employee's intention to stay in the company with the role of psychological contract and social identity as moderating variables that strengthen the influence. This study uses a quantitative approach and draws samples through purposive sampling by distributing a questionnaire to 241 respondents as Generation Z employees who were born in 1995-2010. The results of this study indicate that there is an impact between the employee value proposition on the employee's intention to stay. Furthermore, inspirational value, economic value, and work life balance are three components of the employee value proposition that have a significant impact on the intention of Generation Z employees to stay at the company t"
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Melati Isjwara Adjani
"Organisasi harus memikirkan kembali hubungan dengan karyawannya agar dapat bersaing di dunia bisnis yang berubah dengan cepat. Seiring tuntutan pasar akan inovasi, perubahan cepat ini menuntut karyawan untuk terlibat dalam berbagai cara dengan pekerjaan dan perusahaan mereka, komunikasi diperlukan antara manajemen dan karyawan. Internal communication adalah salah satu cara untuk memengaruhi employee engagement, meningkatkan employer branding, dan meningkatkan employee retention untuk menarik dan mempertahankan karyawan yang sangat berbakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami pengaruh internal communication pada employer branding dan employee engagement melalui employee engagement. Penelitian ini menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) untuk menganalisis kuesioner yang dikumpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa internal communication dan employee engagement akan efektif untuk mempertahankan karyawan hanya jika karyawan merasa aman dalam bekerja untuk perusahaan terkemuka. Hasil ini diharapkan untuk mempertimbangkan internal communication sebagai alat manajemen strategis.

Organization must rethink the relationship with its employees in order to compete in this rapidly changing business world. As market demands for innovation, this rapid change require employees to be involved in various ways with their work and company, communication is needed between the management and employees. Internal communication is one of the channel to influence employee engagement, improve employer branding and increase employee retention as attracting and retaining highly talented employees. The purpose of this study was to understand the effect of internal communication on employer branding and employee retention through employee engagement. Structural equation modeling (SEM) was served to analyze collected questionnaires. The results showed that the internal communication and employee engagement would be effective to retain the employees only if the employees felt safe in working for reputable companies. The results were expected to consider internal communication as strategic management tools."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Prasetiowati
"Mengelola tingkat retensi karyawan merupakan tantangan bagi perusahaan dimana tingkat retensi yang tinggi akan mengoptimalkan efektivitas dan efisiensi perusahaan dengan mempertahankan karyawan yang berkualitas di perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara employer brand dan retensi karyawan dengan mengajukan dua variabel mediasi, yaitu employee engagement dan kepuasan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara employer brand dan retensi karyawan dengan mengajukan dua variabel mediasi, yaitu employee engagement dan kepuasan kerja. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan SEM PLS sebagai metode analisis. Data diuji secara empiris dan berupa statistik deskriptif pada 180 responden yang merupakan karyawan pada PT E.P. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif antara employer brand dengan retensi karyawan, baik secara langsung maupun tidak langsung melalui employee engagement dan kepuasan kerja sebagai variabel mediasi.

Managing employee retention rates is a challenge for a company where a high retention rate will optimize the effectiveness and efficiency of the company by maintaining highly qualified employees in the company. This study aims is to analyze the relationship between employer brand and employee retention by proposing two mediating variables, namely employee engagement and job satisfaction. This study aims to analyze the relationship between employer brand and employee retention by proposing two mediating variables, namely employee engagement and job satisfaction. The research is a quantitative research that uses SEM PLS as an analytical method. The data were tested empirically and in the form of descriptive statistics on 180 respondents who were employees of PT E.P. The results of the study are expected to indicate a positive relationship between employer brand and employee retention, either directly or indirectly through employee engagement and job satisfaction as mediating variables."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Widya Maharisa
"[ABSTRAK
Employee silence banyak terjadi di Indonesia dan menyebabkan banyak kerugian pada karyawan dan organisasi. Sayangnya, hingga saat ini masih terdapat gap pengetahuan tentang apa saja yang memengaruhi employee silence. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah traditionality dan psychological safety memiliki hubungan dengan acquiescent silence dan defensive silence. Penelitian dilakukan terhadap 276 karyawan di sebuah institusi pemerintahan Indonesia dengan metode survei menggunakan kuesioner. Hasil analisis multiple-regression menunjukkan bahwa psychological safety memiliki hubungan negatif dengan acquiescent silence (β = -,88; p<0,1) dan defensive silence (β = -,88; p<0,1). Selain itu, traditionality tidak memiliki hubungan dengan acquiescent silence dan defensive silence. Implikasi terhadap penelitian mengenai employee silence dan cara meminimalisasi employee silence pada organisasi didiskusikan lebih lanjut.

ABSTRACT
Employee silence causes harms to both employees and organization. This harmful phenomenon happens a lot in Indonesia. Unfortunately, there is still a gap about what factors that can influence this behavior. This study reveals the relationships among acquiescent silence, defensive silence, traditionality, and psychological safety. The data was gathered from 276 public employees of Indonesia’s government institution by survey method. Multiple-regression analysis shows that psychological safety has negative relationships with both acquiescent silence (β = -,88; p<0,1) and defensive silence (β = -,88; p<0,1). There is no relationship between traditionality and acquiescent silence and also between traditionality and defensive silence. Implications for research on employee silence and means to reduce employee silence in organizations are discussed.
, ABSTRAK
Employee silence banyak terjadi di Indonesia dan menyebabkan banyak kerugian pada karyawan dan organisasi. Sayangnya, hingga saat ini masih terdapat gap pengetahuan tentang apa saja yang memengaruhi employee silence. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah traditionality dan psychological safety memiliki hubungan dengan acquiescent silence dan defensive silence. Penelitian dilakukan terhadap 276 karyawan di sebuah institusi pemerintahan Indonesia dengan metode survei menggunakan kuesioner. Hasil analisis multiple-regression menunjukkan bahwa psychological safety memiliki hubungan negatif dengan acquiescent silence (β = -,88; p<0,1) dan defensive silence (β = -,88; p<0,1). Selain itu, traditionality tidak memiliki hubungan dengan acquiescent silence dan defensive silence. Implikasi terhadap penelitian mengenai employee silence dan cara meminimalisasi employee silence pada organisasi didiskusikan lebih lanjut.

ABSTRACT
Employee silence causes harms to both employees and organization. This harmful phenomenon happens a lot in Indonesia. Unfortunately, there is still a gap about what factors that can influence this behavior. This study reveals the relationships among acquiescent silence, defensive silence, traditionality, and psychological safety. The data was gathered from 276 public employees of Indonesia’s government institution by survey method. Multiple-regression analysis shows that psychological safety has negative relationships with both acquiescent silence (β = -,88; p<0,1) and defensive silence (β = -,88; p<0,1). There is no relationship between traditionality and acquiescent silence and also between traditionality and defensive silence. Implications for research on employee silence and means to reduce employee silence in organizations are discussed.
]
"
2015
S59081
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Siti Kholisoh
"ABSTRAK
Turnover karyawan merupakan fenomena yang sering terjadi di industri jasa keuangan, khususnya sektor perbankan. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi tingkat turnover karyawan adalah praktik manajemen SDM. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh dari praktik-praktik manajemen SDM terhadap retensi karyawan perbankan generasi milenial di Jabodetabek. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Structural Equation Modelling SEM. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa praktik-praktik manajemen SDM remunerasi, pelatihan dan pengembangan, peluang pengembangan karir, dan work-life balance memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap retensi karyawan dan kesesuaian nilai antara karyawan dengan organisasi. Kesesuaian nilai antara karyawan dengan organisasi juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap retensi karyawan sehingga peran mediasi yang terbentuk adalah partial mediation.

ABSTRACT
Employee turnover is a frequent phenomenon in the financial services industry, particularly in the banking sector. One of the factors that can affect employee turnover is HRM practices. Based on this background, this study was conducted to analyze the effect of HRM Practices remuneration, training and development, career development opportunities, and work life balance towards employee retention mediated by employee organization value fit on millennial generation banking employees in Jabodetabek. This research is quantitative research using structural equation modelling SEM method. The results of this study indicate that HRM practices remuneration, training and development, career development opportunities, and work life balance have a significant positive effect on employee retention and employee organization value fit. Employee organization value fit also has a significant positive effect on employee retention. Thus, the mediation role formed is partial mediation."
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rima Febrina
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menjembatani keberhasilan akuisisi dari sisi sumber daya manusia khususnya terkait gaya kepemimpinan dari pengakuisisi terhadap keamanan psikologis karyawan EPS target akuisisi. Penelitian ini menganalisis tentang leadership trust dan visibilitas kepemimpinan, proses integrasi, dan deal status terhadap keamanan psikologis karyawan target pasca-akuisisi sebagai variabel dependen. Deal status diketahui memiliki efek moderasi pada pengaruh dari visibilitas kepemimpinan terhadap EPS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa visibilitas kepemimpinan tidak berpengaruh signifikan terhadap EPS sementara leadership trust memiliki pengaruh positif terhadap EPS. Penelitian juga menganalisis fase akuisisi yang diwakili oleh proses integrasi dan status kesepakatan dan hasilnya hanya proses integrasi yang berpengaruh signifikan positif terhadap EPS. Kualitas komunikasi memiliki efek positif tertinggi dalam proses integrasi pasca-akuisisi, disisi lain power differential secara statistik terbukti memiliki efek positif tertinggi pada EPS dalam deal status pasca-akuisisi. Selain itu, terdapat efek moderasi murni yang dihasilkan dari deal status pada pengaruh dari visibilitas kepemimpinan terhadap EPS. Secara keseluruhan, penelitian ini memberikan kontribusi untuk menjelaskan tentang keahlian dan perilaku yang perlu diperhatikan bagi para pimpinan pengakuisisi untuk menjamin keamanan psikologis karyawan target.

ABSTRACT
This research aims to explore and bridge the gap of the acquisition success from human resources side particularly in acquiring rsquo s leadership style to acquired rsquo s employee psychological safety EPS . This study captures employees rsquo perceive about leadership trust and leadership visibility of acquiring leaders, integration process, and deal status toward their psychological safety post acquisition as dependent variable. Deal status was known has moderating effect on leadership visibility to EPS. The results show that leadership visibility has no significant effect on EPS while leadership trust positively affects the EPS. When we examine acquisition phase which is represented by integration process and deal status only the integration process has positively significant effect on EPS. Communication quality has the highest positive effect in post acquisition integration process, otherwise power differential statistically proved has the highest positive effect on EPS in post acquisition deal status. Furthermore, there is pure moderating effect resulting from deal status on leadership visibility. Overall, this study contributes to further explanation about what are important skill and behavior that need to be considered for leaders to gain target employees rsquo psychological safety."
2016
T46830
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gea Aslamiyah
"Penelitian ini menguji pengaruh full range leadership yang terdiri dari kepemimpinan transformasional, transaksional, dan laissez-faire terhadap kinerja karyawan dengan menggunakan variabel pemberdayaan psikologis dan komitmen organisasi sebagai mediasi. Pengumpulan data dilakukan pada 365 karyawan di tujuh proyek PT Madhani Talatah Nusantara. Analisis data menggunakan metode structural Equation Modelling (SEM). Pengaruh full range leadership dan kinerja karyawan dilakukan uji hipotesis baik secara langsung maupun melalui mediasi serial dari pemberdayaan psikologis dan komitmen organisasi. Hasil dari penelitian memperlihatkan variabel pemberdayaan psikologis memediasi secara penuh pengaruh dari gaya kepemimpinan transformasional terhadap komitmen organisasi dan meningkatkan kinerja karyawan. Hal ini juga memperlihatkan bahwa pengaruh secara tidak langsung atau dengan adanya mediasi lebih baik daripada pengaruh langsung. Kepemimpinan transformasional dengan karakteristik memberikan motivasi dan kompetensi kepada anggota sebagai ciri dari dimensi pemberdayaan psikologis sehingga mengakibatkan karyawan berkomitmen tinggi dan pada ujungnya meningkatkan kinerja karyawan pada organisasi.

This study examines the effect of full range leadership consisting of transformational, transactional, and laissez-faire leadership on employee performance by using psychological empowerment and organizational commitment as mediation variables. Data collection was conducted on 365 employees in seven PT Madhani Talatah Nusantara projects. Data analysis used the Structural Equation Modeling (SEM) method. The effect of full range leadership and employee performance is tested by hypothesis testing either directly or through serial mediation of psychological empowerment and organizational commitment. The results of the study show that the psychological empowerment variable fully mediates the influence of the transformational leadership style on organizational commitment and improving employee performance. This also shows that indirect influence or mediation is better than direct influence. Transformational leadership with the characteristics of providing motivation and competence to members as a feature of the psychological empowerment dimension results in highly committed employees and ultimately improves employee performance in the organization."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Titis Dwijayati
"ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan untuk melihat pengaruh dari dimensi persepsi psychological empowerment meaning, competence, choice, impact dan persepsi leader member exchange terhadap dimensi perceived employee retention compensation, job characteristic, training practice, career development, worklife balance . Dalam penelitian ini proses pengumpulan data menggunakan survey/kuisioner. Objek penelitian kali ini adalah 133 orang yang terdiri dari staff, asisten manajer, manajer dan supervisor di PT Hotel Sahid Jaya International, Tbk wilayah Jakarta. Dengan menggunkan metode general linear model GLM pada SPSS versi 20, penelitian ini mendapatkan hasil bahwa dimensi persepsi pshycological empowerment meaning memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap dimensi perceived employee retention training practice . Dimensi persepsi psychological empowerment choice memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap dimensi perceived employee retention compensation . Dimensi persepsi psychologiacal empowerment impact memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap 3 dimensi perceived employee retention compensation, career development, worklife balance . Selain itu, pada penelitian ini juga menunjukan hasil bahwa persepsi leader member exchange memiliki pengaruh positif dan signifiakan terhadap keseluruhan dimensi perceived employee retention compensation, job characteristic, training practice, career development dan worklife balance . Penelitian ini menemukan bahwa peningkatan pada dimensi persepsi psychological empowerment dibutuhkan oleh perusahaan dalam memperbesar keingian karyawan yang berpotensi untuk tetap bekerja dalam perusahaan tersebut.

ABSTRACT
The study contains the impact of dimensions perception psychological empowerment meaning, competence, choice, impact and perception leader member exchange on dimensions perceived employee retention compensation, job characteristic, training practice, career development, worklife balance . The process of collecting data in this research with survey questionnaire. Object of this study is 133 person consist of staff, assistant managers, managers and supervisors at PT Hotel Sahid Jaya Internatinal, Tbk. By using the general linear models GLM in SPSS version 20, this research showed that dimensions perception psychological empowerment meaning has positive influence on dimensions perceived employee retention training practice . Dimensions perception psychologiacal empowerment choice has positive influence on dimensions perceived employee retention compensation . Dimensions perception psychologiacal empowerment impact has positive influence on 3 dimensions perceived employee retention compensation, career development, worklife balance . In addition, this study found that perception leader member exchange has positive influence on over all dimensions of perceived employee retention compensation, job characteristic, training practice, career development dan worklife balance . Thus, this study found that increased dimensions of perception psychological empowerment required by the company in the process of increase employee retention in the organization."
2017
S68425
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anissa Herawaty
"Penelitian ini membahas faktor-faktor yang berhubungan dengan retensi karyawan di RSK Bedah Rawamangun tahun 2012. Variabel independen dalam penelitian ini di antaranya karakteristik individu, komponen organisasional, kepemimpinan, komunikasi, rancangan pekerjaan, kompensasi, peluang karir dan hubungan karyawan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain cross-sectional yang menggunakan uji kai kuadrat (chi square). Peneliti menyarankan untuk meninjau kembali sistem kompensasi dan keadilan yang selama ini diterapkan, meningkatkan ketersediaan sarana prasarana yang mendukung pekerjaan karyawan, meningkatkan kerja sama, meningkatkan rasa saling percaya dan komunikasi antar karyawan, serta mengembangkan sistem early warning untuk mencegah terjadinya karyawan keluar. Peneliti juga menyarankan untuk mengevaluasi proses rekrutmen dan seleksi, sistem penilaian kinerja, sistem peningkatan jenjang karir, dan efektivitas program pelatihan pengembangan karyawan.

This research focused on the factors associated with the retention of employees in Rawamangun Surgical Hospital in 2012. The independent variables of this research were individual characteristics, organizational components, leadership, communication, job design, compensation, career opportunity and employee relation. The research was a quantitative research with cross-sectional design using chi-square test. I suggest to review the compensation and justice system which has been applied, to increase the availability of infrastructure that supports employees work, to increase cooperation, trust and communication among employees, as well as to develop the early warning system to prevent employees from quitting. I also suggest to evaluate the process of recruitment and selection, the process of performance appraisal system, the process of career upgrading system, and the effectiveness of employee development training programs."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>