Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 90704 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Tazkia Azzahra
"

Dalam beberapa tahun terakhir, pasar barang mewah secara konsisten menunjukkan pertumbuhan yang signifikan di seluruh dunia. Makalah ini mengusulkan sebuah analisis tentang bagaimana budaya mempengaruhi konsumsi barang mewah, khususnya antara dua budaya yang berbeda: Indonesia dan Belanda. Penelitian ini berfokus pada pengaruh self-construal (interdependent vs independent) terhadap konsumsi barang mewah saat pembelian dilakukan secara online vs offline. Pertama, efek utama menunjukkan perbedaan antara konstruksi diri yang saling bergantung vs. konstruksi diri yang independen, khususnya tentang perbedaan konsumsi barang mewah untuk kedua budaya. Kedua, efek moderasi dari pembelian online vs. offline juga dimasukkan untuk menganalisis apakah ini membuktikan lebih jauh perbedaan antara konsep diri yang saling tergantung dan mandiri saat membeli barang mewah. Berdasarkan penelitian sebelumnya, diharapkan bahwa self-construal yang saling bergantung memiliki konsumsi barang mewah yang lebih tinggi, terutama ketika pembelian dilakukan secara offline, sedangkan yang diharapkan untuk independent self-construal adalah kebalikannya. Penelitian ini mengadopsi desain antar subjek 2x2 dengan mengumpulkan sampel sebanyak 170 partisipan dari Indonesia dan Belanda. ANCOVA satu arah, ANCOVA dua arah, serta ANOVA dua arah dilakukan untuk menganalisis data. Penelitian ini tidak dapat mengkonfirmasi hipotesis, namun tetap memberikan implikasi teoritis dan manajerial untuk pasar barang mewah. Terakhir, keterbatasan dan rekomendasi untuk penelitian masa depan juga disediakan.


In the past years, the luxury goods market has consistently shown significant growth all over the world. This paper proposes an analysis of how culture affects luxury consumption, more specifically between two different cultures: Indonesia and the Netherlands. This study focuses on the effect of self-construal (interdependent vs. independent) on luxury consumption when purchase is done online vs. offline. Firstly, the main effect showed distinction between interdependent self-construal vs. independent self-construal, specifically on how luxury consumption differs for both cultures. Secondly, the moderating effect of online vs. offline purchase was also incorporated to analyze whether this further proves the distinction between interdependent and independent self-construal when purchasing luxury goods. Based on prior research, it was expected that interdependent self-construal has higher luxury consumption, especially when purchase is done offline, while the opposite was expected for independent self-construal. This research adopts a 2x2 between-subjects design by collecting samples of 170 participants from Indonesia and the Netherlands. A one-way ANCOVA, two-way ANCOVA, as well as two-way ANOVA were performed to analyze the data. This research was not able to confirm the hypotheses, however it still provides theoretical and managerial implications for the luxury market. Lastly, limitations and recommendations for future research are also provided.

"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ahmad Ali Zaenal Abidien
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana komitmen afektif (tinggi vs rendah) dalam situasi pembelian produk fashion mempengaruhi pilihan saluran konsumen (online vs offline) yang dimediasi oleh perceived hedonic benefit dari pembelian di dalam konteks multi-channel di Indonesia. Penelitian ini menggunakan eksperimen dengan between-subject design dengan 2 kondisi komitmen afektif. Dua skenario dirancang untuk masing-masing kondisi komitmen afektif dalam situasi pembelian produk fashion (tinggi dan rendah). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan SurveyMonkey dan didapatkan 80 partisipan yang sudah memenuhi kriteria yang telah ditentukan, dimana 40 partisipan secara acak mendapatkan skenario kondisi komitmen afektif tinggi dan 40 partisipan secara acak mendapatkan skenario kondisi komitmen afektif rendah. Kemudian data tersebut diolah dan dianalisis dengan menggunakan program SPSS 27. Metode analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah binary logistics regression, chi-square test, independent sample t-test, dan regression bootstrapping procedure dalam PROCESS module (model 4). Penelitian ini menemukan bahwa ketika komitmen afektif dalam situasi pembelian produk fashion meningkat, konsumen akan lebih memilih berbelanja secara offline daripada online. Sementara ketika komitmen afektif dalam situasi pembelian produk fashion menurun, konsumen akan lebih memilih berbelanja secara online daripada offline. Penelitian ini juga menemukan bahwa ketika komitmen afektif dalam situasi pembelian produk fashion yang tinggi, maka perceived hedonic benefit dari pembelian akan lebih besar dibandingkan dengan komitmen afektif dalam situasi pembelian produk fashion yang rendah. Lebih lanjut, penelitian ini juga menemukan bahwa perceived hedonic benefit dari pembelian memediasi pengaruh komitmen afektif dalam situasi pembelian produk fashion terhadap pilihan saluran konsumen.

This study aims to analyze the impact of affective commitment (high vs low) in fashion product purchase situation affect consumer’s channel choice (online vs offline) that mediated by perceived hedonic benefit from the purchase on productive workers in Jabodetabek. This study used an experiment with between-subject design with 2 affective commitment’s condition. From the collected data, 80 participants met criteria. 40 participants had scenarios with high affective commitment condition and 40 participants had scenarios with low affective commitment condition. The hypotheses in this study are tested using binary logistics regression, chi-square test, independent sample t-test, and the regression bootstrapping procedure in the PROCESS module (model 4). This study found that when affective commitment in fashion product purchase situation increasing, consumers will prefer to make a purchase on offline rather than online. Meanwhile when affective commitment in fashion product purchase situation is declining, consumers will prefer to make a purchase on online rather than offline. This study also found that when the affective commitment in fashion product purchase situation is high, perceived hedonic benefit from the purchase will be higher than when the affective commitment in fashion product purchase situation is low. Furthermore, this study also found that perceived hedonic benefit from the purchase mediate the impacts of affectice commitment in fashion product situation to consumer’s channel choice. "
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Indy Naila Syadira Amiruddin
"Salah satu kegiatan yang menjadi tren selama pandemi COVID-19 adalah online buying. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variabel-variabel yang memengaruhi sikap online buying, menganalisis profil sikap online buying mahasiswa aktif Universitas Indonesia dan peran variabel demografi sebagai variabel moderator. Variabel-variabel yang akan dianalisis adalah sikap online buying, emotional well-being, social health, physical health well-being, subjective well-being, keadaan finansial, etnosentrisme konsumen, umur, jenis kelamin, tempat tinggal selama pandemi COVID-19, pendidikan terakhir ibu, pendidikan terakhir ayah, pekerjaan ibu, pekerjaan ayah, asal SMA dan asal fakultas. Penelitian ini menggunakan teknik analisis Partial Least Square, Classification and Regression Tree dan Multi-Group Analysis. Data yang digunakan adalah data primer yaitu 1500 mahasiswa Universitas Indonesia angkatan 2018, 2019, 2020 dan 2021 yang aktif pada tahun akademik 2021/2022 semester genap. Hasil dari penelitian ini adalah variabel laten emotional, physical health, subjective well-being, social health dan etnosentrisme konsumen memengaruhi sikap online buying. Profil mahasiswa sikap online buying tidak terencana adalah subjective well-being tinggi, etnosentrisme dan social health rendah. Profil mahasiswa sikap online buying terencana adalah etnosentrisme dan physical health well-being tinggi. Variabel demografi umur, tempat tinggal selama pandemi COVID-19, pendidikan terakhir ibu, pendidikan terakhir ayah, pekerjaan ibu, pekerjaan ayah, asal SMA dan asal fakultas menjadi variabel moderator.

One of the activities that has become a trend during COVID-19 pandemic is online buying. The purpose of this study is to determine the variables that influence the online buying behavior, analyze the profile of online buying behaviour of active students at the Universitas Indonesia and the role of demographic variables as moderator variables. The analyzed variables are online buying behavior, emotional well-being, social health, physical health well-being, subjective well-being, financial condition, consumer ethnocentrism, age, gender, place of residence during the COVID-19 pandemic, mother's last education, father's last education, mother's occupation, father's occupation, high school origin and faculty origin. This study uses Partial Least Square, Classification and Regression Tree and Multi-Group Analysis. The data used is a primary data with 1500 students of Universitas Indonesia batch 2018, 2019, 2020 and 2021 who are active in even semester 2021/2022 academic year. The results of this study are emotional well-being, physical health, subjective well-being, social health and consumer ethnocentrism affect online buying behavior. The profiles of students with unplanned online buying behavior are high subjective well-being, low ethnocentrism and social health. The profiles of students with planned online buying behavior are students with high ethnocentrism and physical health well-being. Demographic variables of age, place of residence during the COVID-19 pandemic, mother's last education, father's last education, mother's occupation, father's occupation, high school origin and faculty origin became moderating variables."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nadiya Rawil
"Lingkungan media sosial yang mampu menyajikan berbagai informasi akan menjadi suatu hal yang memudahkan individu dalam menemukan hal yang mereka inginkan. Salah satunya dalam mengetahui informasi akan suatu produk. TikTok menyajikan berbagai jenis konten informatif yang berisi ulasan dari berbagai sudut pandang berdasarkan pengalaman yang dimiliki reviewer. Hal ini membantu konsumen dalam mengadopsi informasi yang didukung oleh kenyamanan, popularitas, kepercayaan, penghinaan melalui ulasan yang dibagikan. Ulasan konsumen pada platform TikTok menawarkan informasi yang beragam dengan jumlah informasi yang dapat membantu konsumen dalam mengevaluasi produk sebelum membeli. Penelitian ini menggunakan dual process theory dalam mengetahui persepsi konsumen dengan mediasi bantuan informasi (information helpfulness). Berdasarkan penelitian, ditemukan bahwa homofili sumber dan popularitas sumber mempengaruhi kemanfaatan informasi. Source Homophily memberikan pengaruh yang signifikan terhadap niat beli, pengaruhnya terhadap niat beli secara tidak langsung dimediasi oleh bantuan informasi. Pengambilan data dilakukan dengan metode purposive sampling menggunakan survei online kepada pengguna TikTok dengan umur 17-34 tahun. dikumpulkan sebanyak 200 responden yang kemudian diolah dan dianalisis menggunakan Partial Least Square-Structural Equation Method (PLS-SEM). Penelitian ini dapat membantu manajer merumuskan strategi perusahaan pemasaran yang menargetkan pengguna TikTok khususnya pada industri kecantikan.

A social media environment that is able to present a variety of information will be something that makes it easier for individuals to find what they want. One of them in knowing the information about a product. TikTok presents various types of informative content that contains reviews from various points of view based on the reviewer's experience. This helps consumers adopt information that is supported by convenience, popularity, trust,  designed through shared reviews. Consumer reviews on the TikTok platform offer information that varies with the amount of information that can help consumers evaluate products before buying. This study uses dual process theory in knowing consumer perceptions by mediating information usefulness. Based on the research, it was found that Source Homophily and Source popularity affect the usefulness of information. Source Homophily also has a significant effect on purchase intention, its influence on purchase intention is indirectly mediated by information assistance. Data collection was carried out using a purposive sampling method using an online survey of TikTok users aged 17-34 years. 200 respondents were collected which were then processed and analyzed using the Partial Least Square-Structural Equation Method (PLS-SEM). This research can help managers formulate a marketing company strategy targeting TikTok users especially in the beauty industry."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kartika Handayani
"Skripsi ini membahas pengaruh sikap pada iklan televisi Sensodyne Gentle Whitening dan Rexona Spray yang menggunakan layanan periklanan Brand Power terhadap keputusan pembelian produk dalam iklan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen completely randomized design dengan laboratory experiment dan jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanatif komparatif. Teori yang dipakai dalam penelitian ini adalah Hierarchy of Effects serta teori dan konsep penunjang lainnya seperti teori keputusan pembelian dan konsep sikap dan iklan.
Hasil penelitian menemukan adanya hubungan dan pengaruh yang kuat antara sikap pada iklan televisi yang menggunakan layanan periklanan Brand Power dengan keputusan pembelian. Selain itu juga ditemukan bahwa nilai keputusan pembelian Kelompok Eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan Kelompok Kontrol.

This research is to discuss the influence of Sensodyne Gentle Whitening TVC and Rexona Spray TVC using Brand Power as an ad service on the purchase decision of the products. This research is a quantitative study with completely randomized design experiment research with laboratory experiment. The type of this study is comparative explanative research. Theories used in this research are Hierarchy of Effects, Purchase Decision theory, and other supporting concepts such as the concept of attitude and advertising.
The result of this research is that there`s a strong effect between television commercial (TVC) using Brand Power as ad service and the purchase decision of the product. This research also found that the purchase decision value of Experiment Group is higher than the Control Group.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Stia Noermayanthy
"Ketergantungan konsumen terhadap suatu produk dapat mempengaruhi perilaku pembelian konsumen pada produk tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari ketergantungan konsumen pada smartphone dan dampaknya terhadap perilaku pembelian mereka pada duopoli merek smartphone yang sedang bersaing saat ini iPhone dan samsung android. Hasil survey dari 116 sample iphone dan 126 sample samsung android dengan metode analisis structural equation model (SEM), menyatakan bahwa ketergantungan konsumen pada smartphone secara positif mempengaruhi perilaku pembelian mereka.
Faktor ketergantungan ini didukung dengan kebutuhan sosial, pengaruh sosial, dan kenyamanan yang juga berpengaruh positif khususnya pada konsumen iPhone. Sedangkan pada konsumen samsung android hanya pengaruh sosial dan kenyamanan yang berpengaruh positif terhadap ketergantungan konsumen,namun kebutuhan sosial tidak berpengaruh secara langsung terhadap ketergantungan konsumen pada smartphone."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S45096
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kyla Zhahra Ravenska
"Berkembangnya industri kosmetik dan kecantikan di Indonesia menyebabkan permintaan konsumen akan kosmetik dan kecantikan meningkat dan memiliki potensi pasar yang luas. The Body Shop merupakan salah satu brand kosmetik dan kecantikan yang memiliki inovasi produk kosmetik eco-friendly di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh innovation resistance terhadap eco-friendly cosmetic purchase intention brand The Body Shop melalui environmental concern dan health concern sebagai variabel moderasi pada pembeli kosmetik di Jabodetabek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik purposive sampling kepada 167 responden melalui pengisian kuesioner secara online di Google Form. Teknik pengukuran pada penelitian ini diperoleh menggunakan SPSS dan SEM-PLS dimana hasil penelitian menunjukkan bahwa innovation resistance berpengaruh positif secara signifikan terhadap purchase intention. Penelitian ini juga mengungkapkan bahwa environmental concern dan health concern sebagai variabel moderasi juga berpengaruh memperkuat secara signfikan terhadap purchase intention pada kosmetik eco-friendly.

The development of the cosmetics and beauty industry in Indonesia has increased consumer demand and has a broad market potential for cosmetics and beauty. The Body Shop is a cosmetic and beauty brand that has innovative eco-friendly cosmetic products in Indonesia. This study aims to analyze the effect of innovation resistance on eco-friendly cosmetic purchase intention for the The Body Shop brand through environmental concerns and health concerns as moderating variables for cosmetic buyers in Jabodetabek. This study used a quantitative approach with a purposive sampling technique to 167 respondents by filling out an online questionnaire on the Google Form. The measurement technique in this study was obtained using SPSS and SEM-PLS, where the results showed that innovation resistance had a significant positive effect on purchase intention. This study also reveals that environmental concerns and health concerns as moderating variables also have a significant strengthening effect on purchase intention for eco-friendly cosmetics."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Karina Putri
"[Skripsi ini membahas tentang pengaruh situational involvement dan intensi pembelian melalui e-tailer studi kasus pada Bhinneka.com. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif konklusif dan single-cross sectional. Kuesioner disebar kepada responden yang pernah membeli dan menggunakan Bhinneka.com sejumlah 226 responden yang diambil menggunakan metode convenience sampling dan snowball sampling. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa situational involvement memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap ekpektasi kepercayaan dan intensi pembelian melalui e-tailer studi kasus pada Bhinneka.com. Pada penelitian ini juga terdapat implikasi manajerial serta saran untuk penelitian selanjutnya.

This thesis (skripsi) discusses the influence of situational involvement and intention to purchase through e-tailer, of case studies are on Bhinneka.com. This research uses descriptive conclusive research designs and single-cross sectional. Questionnaires are distribute to respondents who have bought and used Bhinneka.com with total respondents 226 people, use a convenience sampling
method and snowball sampling. This research results in the conclusion that the Situational Involvement is positive influence on trust expectation and Intention to Buy from E-Tailer on Bhinneka.com. In this study, there is also a managerial implications and suggestions for further research., This thesis (skripsi) discusses the influence of situational involvement and
intention to purchase through e-tailer, of case studies are on Bhinneka.com. This
research uses descriptive conclusive research designs and single-cross sectional.
Questionnaires are distribute to respondents who have bought and used
Bhinneka.com with total respondents 226 people, use a convenience sampling
method and snowball sampling. This research results in the conclusion that the
Situational Involvement is positive influence on trust expectation and Intention to
Buy from E-Tailer on Bhinneka.com. In this study, there is also a managerial
implications and suggestions for further research.]
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
S61847
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lubis, Deandra Putra
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian muslim di Indonesia dalam membeli produk makanan cemilan (snack) asal Jepang yaitu Pocky yang dimoderasi oleh pengetahuan produk halal dalam faktor-faktor tersebut. Penelitian ini menggunakan variabel negara asal, brand image, keputusan pembelian dan juga pengetahuan produk halal sebagai variabel moderasi. Penelitian ini menggunakan data primer yakni 150 responden yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Penelitian ini menggunakan aplikasi SmartPLS 3.0 untuk menguji hipotesis dan memaparkan hasil penelitian. Hasil Penelitian ini menyatakan bahwa negara asal dan brand image berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen muslim. Sedangkan pengetahuan produk halal belum mampu untuk memoderasi pengaruh negara asal dan brand image terhadap keputusan pembelian konsumen muslim. Dengan demikian, diharapkan pemerintah dan Lembaga keagamaan dapat menguatkan pengetahuan produk halal di masyarakat agar pengetahuan produk halal dapat menjadi pendukung dalam pengambilan keputusan konsumen muslim.

This research aims to find out the factors that influence the purchasing decisions of Muslims in Indonesia in buying snack food products from Japan, namely Pocky, which are moderated by knowledge of halal products in these factors. This research will use the variabels country of origin (COO), brand image, purchasing decisions and also knowledge of halal products as moderating variabels. This research will use primary data which will be distributed to at least 150 respondents spread throughout Indonesia. This research uses the SmartPLS application to test hypotheses and present research results. The results of this research state that country of origin (COO) and brand image influence Muslim consumers' purchasing decisions. Meanwhile, knowledge of halal products has not been able to moderate the relationship between country of origin (COO) and brand image on Muslim consumers' purchasing decisions. Thus, it is hoped that the government and religious institutions can strengthen knowledge of halal products in the community so that knowledge of halal products can support Muslim consumer decision making."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Qasthalani Ananda Yudadi
"Tingginya kesadaran masyarakat untuk menjaga kelestarian alam menyebabkan perubahan perilaku pembelian masyarakat (consumer purchase behavior) menjadi lebih ramah lingkungan. Dalam hal ini, green marketing dinilai sebagai cara yang inovatif bagi perusahaan untuk memperoleh keunggulan kompetitif sekaligus kesuksesan. Tren green marketing dapat ditinjau dari industri kosmetik, dimana brand kosmetik yang menerapkan praktik green marketing diperkirakan akan mengalami pertumbuhan di masa depan. Namun, masih terdapat pula konsumen di Indonesia yang belum sadar akan pentingnya membeli produk ramah lingkungan (green product) sehingga diperlukan green marketing tools, seperti eco-label, eco-brand, dan environmental advertisement agar bisa mengkomunikasikan green product, khususnya kosmetik ramah lingkungan (green cosmetics) secara lebih intens. Oleh sebab itu, penelitian ini berupaya meneliti pengaruh eco-label, eco-brand, dan environmental advertisement terhadap consumer purchase behavior pada konsumen di Jabodetabek dari salah satu brand kosmetik yang mengadopsi ketiga green marketing tools tersebut, yakni Oasea. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik penarikan sampel berupa non-probability purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Kemudian data diolah menggunakan teknik analisis regresi berganda melalui software IBM SPSS Statistics versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh hipotesis diterima. Secara parsial, eco-label, eco-brand, dan environmental advertisement memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap consumer purchase behavior.

The high level of public awareness of preserving nature has led to changes in consumer purchasing behavior to become more environmentally friendly. In this case, green marketing is considered an innovative way for companies to gain competitive advantage and success. However, there are still consumers in Indonesia who are not yet aware of the importance of buying green products, so green marketing tools are needed, such as eco-labels, eco-brands, and environmental advertisements in order to communicate green products, especially green cosmetics more intensely. Oasea is one of the cosmetic (skin care) brands that applies eco-labels, eco-brands and environmental advertisements. The aim of this research is to analyze the influence of eco-labels, eco-brands, and environmental advertisements on consumer purchase behavior. This research uses a quantitative approach and survey methods on Oasea consumers in Jabodetabek aged at least 18 years with a sample size of 100 people. The research results show that partially each of eco-label, eco-brand, and environmental advertisement has a positive and significant effect on consumer purchase behavior. Research also reveals that eco-labels, eco-brands, and environmental advertisements simultaneously have a positive and significant effect on consumer purchase behavior."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>