Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 102922 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Tuti Afriani
"Aktivitas perawat dalam memberikan asuhan keperawatan di rumah sakit masih belum sesuai dengan ruang lingkup keperawatan dan amanah undang-undang keperawatan. Perawat banyak melakukan aktivitas diluar tugas dan kewenangannya sehingga beban kerja perawat dan asuhan yang terlewatkan meningkat. Hal ini juga berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Model ini dikembangkan melalui tahapan yaitu penelitian kualitatif deskriptif, observasi aktivitas perawat dan derivasi dari teori keperawatan yaitu teori Human Need dari Virginia Henderson teori Goal Attainment dari Imogene King dan teori Aktivitas dari Yurjo Engestrom. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model Alokasi Aktivitas Perawat (AAP) terhadap beban kerja, asuhan yang terlewatkan dan kepuasan pasien. Desain yang digunakan adalah Pra-Eksperimen (Pra-Experiment Design) tanpa control group dengan tiga kali pengukuran yaitu sebelum intervensi, setelah 1 bulan dan pengukuran 2 bulan setelah intervensi. Responden yang terlibat dalam penelitian terdiri dari 48 perawat pada dua ruangan intervensi. Pengukuran juga dilakukan pada pasien sejumlah 257 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model AAP diterapkan melalui asuhan keperawatan dan berpengaruh secara signifikan terhadap beban kerja (p-value 0,009), asuhan yang terlewatkan (p-value 0,001) dan kepuasan pasien (p-value 0,035). Model AAP mampu menurunkan beban kerja dari 66,89 menjadi 62,75 dari nilai tertinggi 100 (turun 6,2%), mampu menurunkan asuhan yang terlewatkan dari 25,56 menjadi 21,88 dari nilai tertinggi 100 (turun 14,4%) dan mampu meningkatkan kepuasan pasien dari 77,99 menjadi 82,60 dari nilai tertinggi 100 (naik 6%). Model ini disarankan untuk digunakan pada pelayanan keperawatan terutama di rumah sakit dalam upaya meningkatkan kualitas asuhan keperawatan.

The nurse's activities in providing nursing care in the hospital are still not in accordance with the scope of nursing and the mandate of nursing law. Nurses do a lot of activities outside of their duties and authorities so that the workload of nurses and overlooked care increases. It also affects patient and family satisfaction. This study aims to test the effect of the Nurse Activity Allocation model on workload, missed care and patient satisfaction. The design used is a quasi-experiment without control with three measurements, namely before the intervention, after 1 month and measurement 2 months after the intervention. The respondents involved in the study consisted of 48 nurses in two intervention rooms. Measurements were also taken on 257 patients. The results showed that the AAP model can be applied through nursing care and has a significant effect on workload (p-value 0.009), missed care (p-value 0.001) and patient satisfaction (p-value 0.035). The AAP model was able to reduce the workload score from 66.89 to 62.75 (down 6,2%), was able to reduce missed care from 25.56 to 21.88 (down 14,4%) and was able to increase patient satisfaction from 77.99 to 82.60 ( up 6%) from the highest score 100. This model is recommended to be used in nursing services, especially in hospitals in an effort to improve the quality of nursing care."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2023
D-pdf
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lilis Rayatin
"ABSTRAK
Model kepemimpinan kepala ruangan dapat meningkatkan kinerja perawat pelaksana dalam memberikan asuhan keperawatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi hubungan model kepemimpinan kepala ruangan dengan kinerja perawat pelaksana. Metode penelitian menggunakan cross sectional, proses analisis data menggunakan analisis univariat, bivariat, dan multivariat. Hasil penelitian didapatkan model kepemimpinan yang berhubungan dengan kinerja adalah servant, visioner, dan transaksional. Model kepemimpinan yang paling dominan berhubungan dengan kinerja adalah servant (p value 0,0001; α= 0,05; CI: 2,733-11,853; Odd Ratio: 5,691). Kepala ruangan yang dipersepsikan oleh perawat pelaksana menggunakan model kepemimpinan servant berpeluang meningkatkan kinerja perawat pelaksana sebesar 5 kali lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak dipersepsikan menggunakan model kepemimpinan servant. Hasil penelitian ini merekomendasikan kepada pimpinan RSAB Harapan Kita khususnya untuk kepala ruangan dapat menggunakan model kepemimpinan servant dalam peran dan fungsinya untuk meningkatkan kinerja perawat pelaksana.

ABSTRACT
Head nurse leadership model can improve the performance of nurses in providing nursing care. The purpose of this study was to identify the correlation between the head nurse leadership model and the nurses? performance. This study applied a cross-sectional method. Data were analyzed using univariate, bivariate, and multivariate analyzes. The results showed that the leadership model related to the performance were servant, visionary, and transactional. The most dominant leadership model related to the performance was servant (p value= 0.0001; α= 0.05, CI: 2.733 to 11.853; odds ratio: 5.691). Head nurses that were perceived by nurses as using the servant leadership model had opportunity to improve the nurses? performance 5 times higher than those who were not perceived as using the servant leadership model. It is recommended that the head of Harapan Kita Hospital, especially the head nurses, to apply the servant leadership model in their roles and functions to improve the nurses? performance.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2014
T42297
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Cokorda Gde Bagus Darma Putra
"Komunikasi, khususnya komunikasi interprofesional antara dokter dengan perawat memainkan peranan penting dalarn keselarnatan pasien di rumah saldt. Banyak kejadian fatal dan tidak diinginkan merupakan akibat dari komunikasi yang tidak efektif antar pemberi layanan kesehatan. Joint Commission on the Accreditation af Healthcare Organizations (JCAHO) menyatakan perbaikan komunikasi antar profesi dalarn pelayanan kesehatan sebagai salah satu tujuan program keselamatan pasien.
Berbagai penelitian menunjukkan bahwa disamping aspek-aspek komunikasi yang umum diterima seperti keterbukaan, saling pengertian, ketepatan waktu, dan keakuratan informasi, maka model mental bersama dapat merdngkatkan efektifitas komunikasi. Sikap, pengetahuan, lingkungan, dinatnika interaksi, dan keterampilan individu dalam suatu tim dihipotesiskan mempengaruhi model mental bersama.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan (beserta derajat lmbungan) antara model mental bersarna (tennasuk faktor-faktor yang mempengarahinya) dengan komunikasi efektif pada dokter dan perawat. Penelitian ini menggunakan pendekatan koantitatif dengan analisis jalur menggunnkan model persamaan terstruktur (structural equation modeling/SEM).

Communication. especially interprofessional communication between physician and nurse, plays an important role in patient safety at hospital, Many adverse and sentinel events were the result of ineffective communication between health care providers. Joint Commission on the Accreditation of Healthcare Organizations (JCAHO) adressed improvements of communication between professions in health care as one of their goals in patient safety.
According to recent researches. besides traditional aspects of effective communication, such as openness, mutual underntanding, timely, and information accuracy; shared mental model could improve communication toward effectiveness, There has been hypothetized that attitude, knowledge, environment, interaction dynamics) and skills amongst team members could influence shared mentall.
The aim of this research is to find the relationship along with its degree between shared mental model (including factorn that influence it) and effective communication in physicians and nurses interactions. This research used quantitative approach with path analysis using strnctutal equation modeling (SEM) method toward 188 respondents.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2010
T33519
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Deni Setiawati
"Latar Belakang: Keselamatan pasien isu kritis pelayanan kesehatan di lingkungan sipil maupun militer di dunia untuk mencegah cedera dan komplikasi selama perawatan. Kepatuhan praktik keselamatan pasien kunci dalam pelayanan kesehatan yang aman dan efektif bagi militer yang sakit. Peran perawat di RS militer sangat penting dalam keberhasilan menjaga keselamatan pasien yang berdampak pada kesehatan militer. Tujuan: Menghasilkan Sistem Informasi Manajemen Compliance Pressure Keselamatan Pasien (SIM-CPKP) yang dapat diaplikasikan di RS militer dan pengaruhnya terhadap kepatuhan perawat dalam menjaga keselamatan pasien menurut Onion Model di RS militer Jabodetabek. Metodologi: Penelitian menggunakan desain research and development melalui tiga tahapan. Tahap pertama melibatkan 25 partisipan, kemudian mengembangkan model SIM-CPKP dengan aplikasi smartphone dan WEB. Tahap ketiga melibatkan 212 responden. Hasil: teridentifikasi lima tema merupakan dasar pengembangan model, terciptanya aplikasi smartphone dan WEB SIM-CPKP. SIM-CPKP dievaluasi berpengaruh terhadap peran perawat yang bekerja di RS militer pada pelaksanaan sasaran keselamatan pasien dan teridentifikasi adanya faktor confounding yang mempengaruhi perawat yang bekerja di RS militer pada pelaksanaan sasaran keselamatan pasien. Simpulan: SIM-CPKP berpengaruh terhadap kepatuhan perawat dalam menjaga keselamatan pasien menurut Onion Model di RS militer Jabodetabek. Saran: SIM-CPKP dapat diadopsi untuk meningkatkan kepatuhan perawat dalam menjaga keselamatan pasien menurut Onion Model di RS militer Jabodetabek.

Background: Patient safety is an issue in healthcare in civilian and military settings worldwide to prevent injuries and complications that occur during treatment. The role of nurses in military hospitals in maintaining patient safety can have an impact on the safe efficiency of the military healthcare. Objective: To produce a Management Information System Compliance Pressure Patient Safety (MIS-CPPS) that can be applied in military hospitals and impacted on nurse compliance in maintaining patient safety according to the Onion Model in Jabodetabek military hospitals. Methodology: This study used a research and development design. The first stage involved 25 participants, then the development of a smartphone application and MIS-CPPS WEB. The last involved 212 respondents. Results: five themes were identified as base for model development, creation of a smartphone application model and WEB. MIS-CPPS has been shown to has impacted on nurses' roles in military hospitals in implementing patient safety goals and identified confounding factors that impacted nurses in military hospitals. Conclusion: MIS-CPPS has impacted on nurse compliance in maintaining patient safety according to Onion Model in Jabodetabek Military Hospitals. Suggestion: MIS-CPPS can be implemented to improve nurse compliance in maintaining patient safety according to Onion Model at the Jabodetabek Military Hospital."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2024
D-pdf
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ropika Ningsih
"Latar belakang: Manajemen kinerja adalah suatu program yang harus dijalankan, yang merupakan suatu teknik untuk menilai kinerja sumber daya manusia yang ada. Satu di antara banyak cara untuk meningkatkan kinerja adalah dengan membuat suatu sistem penilaian kinerja, yang bertujuan untuk memberikan motivasi kepada karyawan dan meningkatkan kinerja. Seiring dengan hal tersebut, untuk mendapatkan kinerja perawat yang bagus diperlukan supervisi yang optimal, salah satu cara agar supervisi berjalan optimal dan kinerja perawat meningkat dibuatlah model e-Pika. Diharapkan e-Pika dapat mengoptimalkan supervisi dan kinerja perawat meningkat. Tujuan: Diidentifikasinya model e-Pika untuk perawat klinik di rawat jalan dan efektivitasnya terhadap kinerja klinik perawat rawat jalan. Metodologi: Desain penelitian ini adalah riset pengembangan atau Research and Development. Penelitian ini dilakukan dalam tiga tahap. Purposive sampling digunakan dalam pengambilan sampel. Tahap satu dengan 30 responden perawat dan kepala ruangan di rawat jalan, tahap dua melibatkan 4 orang pakar, dan tahap tiga melibatkan 100 orang responden. Hasil: Pada tahap satu diidentifikasi lima tema yang menjadi dasar pengembangan model. Tema tersebut adalah diidentifikasi kebutuhan dari perawat rawat jalan dalam pelaksanaan kinerjanya, yaitu pengetahuan kepala ruangan terhadap kinerja adalah tanggung jawab yang harus dikerjakan perawat dan dapat diukur produktivitasnya, metode penilaian kinerja dengan menggunakan indikator kinerja individu melalui log book, supervisi dan ronde keperawatan, sedangkan supervisor merasakan perasaan kecewa, acuh tak acuh tetapi tetap merasa berguna dirasakan oleh partisipan saat melakukan supervisi. . Tersusun empat modul sebagai penjelasan model dan pedoman implementasi. Hasil menunjukkan adanya pengaruh dari intervensi model e-Pika terhadap pengetahuan, motivasi dan kinerja, dengan hasil pengetahuan (p <0,001), motivasi (p <0,001) dan kinerja (p <0,001). Simpulan: Model e-Pika mampu meningkatkan skor pengetahuan, motivasi dan kinerja pada perawat di rawat jalan.

Background: Performance management is a program that essential to be implemented, which is a technique to evaluating the performance of human resources. One effective approach to enhancing the performance is create a performance appraisal system, which aims to motivate employees and improve performance. In nursing, optimal supervision is required to achieve good nurses performance. To ensure that supervision is optimal and nurse performance improves, the e-Pika model was developed. The e-Pika model has been developed to optimize supervision and enhance nurse performance, with the goal of improving the overall effectiveness of nursing services. Objective: This study aims to identify the e-Pika model for outpatient nurses and its effectiveness on the performance of outpatient clinic nurses. Methodology: The design of this research is research and development. The research was conducted using a research and development approach in three phases. Sampling was done purposively. In phase one, 30 nurse respondents and room heads participated, phase two involved feedback from 4 experts, and phase three had 100 respondents. Results: In the first stage, five key themes were identified forming the foundation for the model development. he theme is to identify the needs of outpatient nurses in the implementation of their performance, namely the knowledge of the head of the room to performance is a responsibility that must be done by nurses and can be measured in productivity, a performance assessment method using individual performance indicators through log books, supervision and nursing rounds, while supervisors feel disappointed, indifferent but still feel useful felt by participants when doing Supervision Four modules were created to explain the model and provide implementation guidelines. The study found that e-Pika model significantly improved knowledge, motivation and performance, with the outcomes of knowledge (p <0,001), motivation (p
<0,001) and performance (p <0,001). Conclusion: The e-Pika model effectively improved the knowledge, motivation and performance scores of outpatient clinic nurses
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2024
D-pdf
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yulastri Arif
"Kejadian konflik dalam pelayanan keperawatan di Amerika dialami oleh perawat sebesar 85% (Keavenly & Allen, 2003). Kementerian Kesehatan Republik Indonesia melaporkan bahwa 8 dari 10 tenaga kesehatan diperkirakan mengalami konflik dalam menjalankan tugasnya (DepKes, RI, 2008). Untuk itu diperlukan upaya meningkatkan kemampuan manajemen konflik yang komprehensif berupa model startegi manajemen konflik perawat pelaksana (SMK-PP) meliputi asertif, kolaborasi negosiasi, mediasi dan rekonsiliasi.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas model SMK-pp terhadap kemampuan manajemen konflik dan produktivitas kerja perawat pelaksana dirumah sakit pendidikan. Desain penelitian ?Quasi experimental pre-post test with control group?. Subyek penelitian ini adalah perawat pelaksana dirumah sakit pendidikan, jumlah responden sebanyak 120 perawat pelaksana yang terdiri dari dua kelompok intervensi yaitu kelompok pelatihan dan kelompok membaca modul masingmasing 40 orang dan 40 lainya sebagai kelompok kontrol dengan cara purposive sampling. Paket pelatihan model SMK-pp diberikan selama 14 minggu. Analisis dilaksanakan dengan menggunakan paired t-test dan Anova.
Hasil pelatihan menunjukan kemampuan asertif perawat pelaksana meningkat secara bermakna pada perawat yang diberikan pelatihan dan yang membaca modul, dan kemampuan asertif perawat pelaksana yang dilatih lebih tinggi secara bermakna. Kemampuan kolaborasi meningkat bermakna pada perawat yang diberikan pelatihan. Produktivitas kerja perawat pelaksana meningkat bermakna pada perawat yang diberikan pelatihan. Model SMK-pp ini dapat menjadi program kegiatan directing dan staffing bagi manejer keperawatan dan dapat

Conflict in nursing services is faced by nurses in America about 85% (Keavenly &Allen, 2003). Indonesian Health Minister reported 8 of 10 medical personnel were estimated to have conflict in conducting their duty (DepKes RI, 2008). Therefore, a program to improve skill on conflict management comprehensively is needed; it is a model of conflict management strategy for nurses the strategy consists of assertive, negotiating collaboration, mediation, and reconciliation.
This research tried to find out the effect of SMK-pp model on conflict management skill and nurses' productivity at educational hospital. Research design is quasi experimental pre post test with control group. The subject of this research is nurses at educational hospital which consist of 120 nurses that divided into 2 groups; they are training group and modul reading group. Each group consists of 40 nurses which applied purposive sampling technique. the training of SMK-pp model is given for 14 weeks. Researcher used paired t-test and ANOVA in data analysis.
Research result shows that nurses' skill on assertive is improved for trained group significantly. skill on collaboration is improved significantly for trained group. Productivity is also improved significantly for trained group. This SMK-pp model can be a directing and staffing program for nursing manager and can be one of human resources management standards at hospitals in Indonesia.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2013
D1432
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Juanda
"Hubungan Karakteristik dan Beban Kerja Perawat Dengan Stres Kerja Perawat Rawat Inap Rumah Sakit di JakartaPerawat merupakan satu profesi dari pelayanan kesehatan yang berisiko tinggi mengalami stres kerja karena beban kerja yang berat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan karakteristik perawat dan beban kerja dengan stres kerja perawat rawat inap rumah sakit di Jakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasi dan dilakukan pada bulan Juni 2017. Penelitian ini melibatkan 243 perawat yang bekerja di rawat inap rumah sakit di Jakarta dan dipilih berdasarkan metode random sampling. Data yang telah dikumpulkan dianalisis secara univariat dan bivariat.
Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar responden penelitian mengalami stres kerja ringan 65 dan mempunyai beban kerja sedang 95. Hasil uji chi square ada hubungan karakteristik status pernikahan p value = 0,002 ,masa kerja p value = 0,001 dan beban kerja p value = 0,009 dengan stress kerja. Rumah sakit diharapkan dapat lebih memberikan perhatian terhadap stres dan beban kerja para perawatnya agar dapat memberikan situasi kerja yang lebih kondusif.

Relation of Characteristics of Nurses and Workload with Nurses Job Stress In patient Unit of Hospital in Jakarta Nurse are one of the health care profession at high risk of job stress because of heavy workload. This study that aims to know the relation of workload and nurses job stress In patient Unit of hospital in Jakata.
This is a descriptif correlation research method and performed in June 2017. This study was conducted involving 243 nurses who work In patient Unit of hospital in Jakata selected by random sampling method. The data were analyzed using Univariat and Bivariat analyses.
The result showed the majority of study respondents were experiencing mild stress level 65 and moderate workload level 95. The chi square showed there was a significant correlation between marital status p value 0,002, length of work p value 0,001 and workload p value 0,009 with nurse job stress. The hospital is expected to give more attention to nurse stress and workload in order to provide more conducive work situation.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2017
S69706
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Asep Setiawan
"Supervisi konsisten mempengaruhi kinerja perawat tetapi pelaksanaannya pada pelayanan keperawatan di Indonesia cenderung bersifat pengawasan dan kurang memberikan upaya-upaya untuk mendidik, memotivasi, melatih, dan memberi arahan. Model supervisi klinik educative, supportive and Administrative Cycle (ESA-C) dibuat untuk meningkatkan nilai positif dari supervisi. Model ini disintesa dari model supervisi Kadushin, Proctor dan mengintegrasikannya dengan teori interpersonal relationships Peplau serta nilai caratif Watson.
Penelitian bertujuan menguji efektifitas model supervisi klinik ESA-C dalam meningkatkan kinerja perawat, menggunakan desain kuasi eksperimen pre-post test pada dua kelompok. Dua rumah sakit dirandom dari 5 rumah sakit umum, sampel diambil secara random sebanyak 90 perawat dan 270 pasien secara purposif.
Hasil penelitian menunjukkan model supervisi klinik ESA-C mampu meningkatkan kinerja perawat secara signifikan (p Value < 0.05) pada dimensi task performance: keterampilan teknis sebesar 2%, pemberian edukasi 9%, pemberian dukungan emosionl kepada pasien 14%, dan contextual performance: pemberian bantuan bagi pasien dan keluarga 21%. Model ini disarankan digunakan pada pelayanan keperawatan terutama di rumah sakit dalam upaya meningkatkan kinerja perawat dalam memberikan asuhan keperawatan kepada pasien.

Supervision is a consistent variable that affect to job performance. Unfortunately, the supervision that had done only just controlled rather than an effort to educating, coaching, directing, and nurse potential reinforcement. ESA-C clinical supervision model that developed is to eliminate negative side of supervision these times. Educative, supportive, and administrative cycle of clinical supervision model was a result from synthesize of Kadushin's, Proctor's, Heron's, Faugier's, and Experimental's models. The ESA-C model was synthesizing with interpersonal relationship from Peplau's and carative value from Watson's. ESA-C clinical supervision model use a group approach in an educative supervision and individual approach for supportive and administrative supervision.
The purpose of this research is to determine the effect of ESA-C clinical supervision model to increasing nurses' job performance. This research used quasi experiment design with intervention and control group. The sample of this research use a random method to 90 nurses (each group has 45 nurses) and 270 patients (each group has 135 patients).
The result of this research revealed that ESA-C clinical supervision model can increase nurses' job performance including task performance dimension (clinical skill, patient education, emotional support) and contextual job performance (assisting patient and the family). This research recommended the using of ESA-C model in hospital to increasing nurses' job performance in giving of nursing care to the patient.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2014
D1958
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sri Yulia
"Latar Belakang: Tingginya tingkat kelelahan, belum optimalnya kepuasan kerja dan kualitas hidup berhubungan dengan sejumlah cedera dan risiko cedera perawat di rumah sakit. Tujuan: Uuntuk menguji efektifitas model Pencegahan Risiko Cedera Perawat terhadap tingkat kelelahan, kepuasan kerja dan kualitas hidup perawat di rumah sakit. Metode: Desain uji efektifitas menggunakan quasi eksperiment pre-post test design with control group terhadap 125 perawat dengan analisis t-test. Keseluruhan tahap penelitian menggunakan desain Multiphase Mixed Methods Research mencakup tahap eksplorasi untuk pengembangan model terhadap 21 partisipan (kualitatif) dan 176 partisipan (kuantitatif); tahap pengembangan dengan konsultasi pakar, analisis komponen model dengan Confirmatory Factor Analysis terhadap 324 partisipan dan uji keterbacaan; serta tahap uji efektifitas. Hasil: Model Pencegahan Risiko Cedera Perawat terdiri dari sumber dukungan, upaya pencegahan dan proteksi diri perawat. Hasil penelitian menunjukkan Model Pencegahan Risiko Cedera Perawat efektif menurunkan tingkat kelelahan dan meningkatkan kepuasan kerja perawat, sedangkan terhadap kualitas hidup tidak ditemukan pengaruh yang siginifikan. Tingkat kelelahan perawat dan kepuasan perawat secara bersama – sama berpengaruh terhadap kualitas hidup perawat. Kesimpulan: Pengambil kebijakan perlu menjadikan Model Pencegahan Risiko Cedera sebagai standar strategi intervensi terkait K3 perawat dan rumah sakit perlu melakukan program berkelanjutan untuk mitigasi risiko cedera perawat mengacu pada model yang telah diuji efektifitasnya.

Background: High fatigue levels, suboptimal job satisfaction, and quality of life are associated with a number of injuries and the risk of injury to nurses in hospitals. Aim: This study aims to examine the effectiveness of the Risk Injury Prevention Model in the levels of fatigue, job satisfaction, and quality of life for nurses in hospitals. Methods: The design of the effectiveness test used a quasi-experimental pre-post test design with a control group on 125 nurses using a t-test analysis. All stages of the research used a Multiphase Mixed Methods Research design including an exploratory stage for developing a model for 21 participants (qualitative) and 176 participants (quantitative); development stage with expert consultation, analysis of model components with Confirmatory Factor Analysis of 324 participants and readability test; as well as the effectiveness test stage. Result: The Risk Injury Prevention Model consisted of the sources of support, prevention efforts, and self-protection among the nurses. The results showed that the Risk Injury Prevention Model was effective in reducing the fatigue levels and improving the nurses’ job satisfaction while it had no significant effects on the quality of life. The levels of fatigue and job satisfaction simultaneously affected the nurses’ quality of life. Conclusion: Policy makers are recommended to make the Risk Injury Prevention Model as a standard intervention strategy related to the occupational safety and health (OSH) of nurses, and hospitals need to carry out a sustainable program to mitigate the risk of injury among nurses by referring to the model that has been tested for its effectiveness."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2023
D-pdf
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nurul Fadillah
"Pendahuluan: Bencana adalah peristiwa atau rangkaian peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat yang disebabkan, baik oleh faktor alam/dan faktor nonalam maupun faktor manusia. Bencana dapat bersifat internal maupun eksternal, seperti bencana alam yang menimbulkan korban jiwa massal atau kerusakan struktur rumah sakit. Perawat merupakan tenaga kesehatan yang kehadirannya sangat erat di fasilitas kesehatan, sehingga perawat perlu memahami tentang manajemen risiko bencana. Tujuan umum dilaksanakannya penelitian ini adalah, untuk mengetahui seperti apakah gambaran tingkat pengetahuan dan sikap perawat tentang bencana rumah sakit di Rumah Sakit.
Metode: Desain penelitian menggunakan metode deskriptif cross sectional, jumlah sampel sebanyak 67 responden, teknik pengambilan sampel non random sampling dengan metode accidental sampling dan analisis univariate.
Hasil: Didapatkan hasil secara keseluruhan pengetahuan Analisis deskriptif antara karakteristik responden dengan variabel univariate didapatkan hasil secara umum keseluruhan berdasarkan usia, pendidikan, pengalaman bekerja, pernah mengalami siap siaga sebelumnya, dan pernah mengikuti pelatihan kebencanaan terhadap pengetahuan dan sikap bencana rumah sakit.
Rekomendasi: Peneliti merekomendasikan fokus meneliti kesiapsiagaan bencana dengan menggunakan alat ukur berupa EPIQ (Emergency Preparedness Informational Questionnaire).

Introduction: Disaster is an event or series of events that threatens and disrupts people's lives and livelihoods caused by both natural and non-natural factors as well as human factors. Disasters can be internal or external, such as natural disasters that cause mass casualties or damage to hospital structures. Nurses are health workers who are very close to health facilities, nurses need to understand disaster risk management. The general aim of this research is to find out the level of knowledge and attitudes of nurses about hospital disasters in hospitals.
Methods: The research design uses a cross-sectional descriptive method, samples is 67 respondents, the sampling technique is non-random sampling using the accidental sampling method and univariate analysis.
Results: results knowledge Descriptive analysis between the characteristics of respondents with univariate variables obtained general results overall based on age, education, work experience, previous experience of preparedness, and had participated in disaster training on knowledge and attitudes towards hospital disasters.
Recommendation: Researchers recommend focusing on researching disaster preparedness using a measuring tool in the form of an EPIQ (Emergency Preparedness Informational Questionnaire).
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>