Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 87509 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Prabadika Reyhan Fernaldy
"UMKM merupakan sektor yang berpengaruh sangat besar terhadap perekonomian di negara Indonesia, Shojiru Healthy Juice merupakan salah satu produk UMKM yang ada di Indonesia dengan produk berupa minuman siap saji yang memiliki keunggulan berupa sehat dengan rasa yang nikmat. Usaha yang telah berjalan selama 8 tahun ini, terus mengalami perkembangan usaha, namun dalam waktu satu tahun terakhir perusahaan mengalami kemunduran yang sangat signifikan. Terdapat beberapa faktor penyebab menurunnya performa usaha dari Shojiru Healthy Juice dimana salah satu yang menjadi faktor utamanya adalah terkait berlebihnya beban kerja dari owner karena terdapat kegiatan lain di luar mengurus usaha Shojiru, tidak baiknya manajemen kinerja dan analisis pekerjaan yang ada pada usaha. Riset ini bertujuan untuk dapat memberikan solusi dengan perbaikan pada manajemen kinerja dan analisis pekerjaan kepada UMKM untuk dapat mengalami perkembangan usaha yang baik. Tools analysis dan wawancara merupakan metode yang digunakan untuk menciptakan penerapan solusi. Hasil yang didapatkan dari penerapan solusi adalah terjadinya peningkatan penjualan sebesar 22,3% dan peningkatan kerjasama dengan outlet baru sebesar 6%.

MSMEs are a sector that has a very large influence on the economy in Indonesia. Shojiru Healthy Juice is one of the MSME products in Indonesia with products in the form of ready-to-drink drinks which have the advantage of being healthy with a delicious taste. This business, which has been running for 8 years, continues to experience business development, but in the last one year the company experienced a very significant setback. There are several factors causing the decline in the business performance of Shojiru Healthy Juice where one of the main factors is related to the excess workload of the owner because there are other activities outside of managing Shojiru's business, not improving the performance of management and analysis of work in the business. This research aims to be able to provide solutions with improvements in performance management and job analysis to MSMEs so they can experience good business development. Tools analysis and interviews are the methods used to create implementation solutions. The results obtained from implementing the solution were an increase in sales of 22.3% and an increase in collaboration with new outlets of 6%."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ihsan Indra Oetama
"ABSTRAK
Tesis ini merupakan hasil analisa dari proses business coaching kepada PT Global Asia Pratama dengan melakukan wawancara dan observasi kepada pemilik UMKM. Pada UMKM mempunyai banyak permasalahan terutama pada kinerja tiap fungsi yang tidak optimal dan pencatatan keuangan yang tidak baik. Penambahan pegawai di bidang keuangan, melakukan job enlargement kepada pegawai, perancangan struktur organisasi, formalisasi beban kerja, mengusulkan pembelian perangkat lunak untuk alat pencatatan atau membuat alat pencatatan data yang rapih dan terstruktur adalah usulan model usaha yang diajukan kepada UMKM. Job enlargement dan penambahan pegawai di bidang keuangan bertujuan untuk mengurangi beban kerja pada bagian administrasi, motivasi kerja kepada setiap fungsi dan mengoptimalkan kinerja dari manajemen perhitungan cost benefit analysis terkait penambahan pegawai di bidang marketing dan keuangan sebagai analisa kelayakan dari penambahan manfaat.

ABSTRACT
This thesis is the output of business coaching given to PT Global Asia Pratama through data collection through observation and in-depth interview. SME has a lot of problems regarding to management function performance and financial record. Hiring new employee in financial division, job enlargement, designing new organizational structure, pruchasing a software for recording instruments or make a recording instrument data are business model that addressed to MSMEs. Job enlargement and the addition of financial employees aiming to reduce the workload on the administration function, motivation to every function and optimize the performance of management calculation of cost benefit analysis related to the addition of employees in the field of marketing and finance for analizing feasibility of additional benefits.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Raditya Juliantoro
"Kepolisian merupakan salah satu aparat penegak hukum diantara sekian banyak aparat penegak hukum yang mempunyai kewenangan melakukan tugas penyelidikan dan penyidikan untuk semua perkara pidana. Dewasa ini Kepolisian telah melakukan perbaruan organisasi sebagai aparat hukum profesional dan adaptif terhadap perkembangan jaman. Di dibidang penyidikan tindak pidana, Polri mulai tahun 2017 menerapkan sistem Elektronik Manajemen Penyelidikan (EMP) sebagai bagian dari peningkatan layanan publik dalam penegakan hukum. Penelitian ini akan menelaah Implementasi Aplikasi Elektronik Manajemen Penyidikan Berbasis Komputer Dalam Meningkatkan Kinerja Penyidikan di Dittipidum Bareskrim Polri. Penelitian ini menggunakan kerangka berfikir/ utama atas teori e-government, administrasi publik dan manajemen sumberdaya manusia. Metode yang digunakan dalam penelitian bersifat mix-method dengan menggabungkan metode kuantitatif dan kualitatif. Temuan penelitian menemukan bahwa pemanfaatan sistem E-MP sebagai penerapan e-government di lingkup Dittipidum POLRI telah berjalan cukup optimal dengan kontribusi yang positif dalam peningkatan kualitas penyidikan dan layanan publik kepada masyarakat. Sekitar 93.75% responden menyatakan bahwa pemanfaatan sistem E-MP akan berkontribusi pada peningkatan kualitas pelayanan hukum dalam proses penyidikan tindak pidana dan 68.75% responden berpendapat bahwa E-MP meningkatkan akuntabilitas dan trasparansi layanan penyidikan bagi masyarakat.

Police organization is one of the law enforcement institutions with embedded authority in conducting investigation on criminal acts. Today, the Indonesian Police (POLRI) has transformed as modern and professional law enforcement institution that adaptive with the development of information technology. In criminal acts investigation, POLRI has applied e-investigation management (E-MP) systems as part of public service in law enforcement. This research looks further at the implementation of computer based e-investigation application in improving the investigation works in General Criminal Act Unit in Crimes Taskforce Unit (Dittipidum Bareskrim) of POLRI. This research applies the theoretical framework of e-government, public administration and human resource management. The research method used in this research combined the quantitative and qualitative method in a mix-method. The finding of this research has confirmed the hypothesis that E-MP system as e-government applicaton in Dittipidum POLRI has been running optimally with positive contribution towards the improvement of investigation and public services quality. Around 93.75% of respondents have stated that the use of E-MP systems has contributed to the improvement of law enforcement quality in investigation process and around 68.75% of respondents perceived that E-MP has improved the accountability and transparency in the investigation services for the public."
Jakarta: Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aliyah Cendanasari
"Tuberkulosis resisten obat merupakan satu dari sepuluh penyakit penyebab kematian. Jakarta Timur merupakan wilayah dengan jumlah penduduk tertinggi di DKI Jakarta dan beban Tuberkulosis resisten obat di Jakarta Timur meningkat setiap tahunnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan manajemen terpadu dalam meningkatkan kinerja pengendalian tuberkulosis resisten obat di Jakarta Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode Rapid Assessment Procedure (RAP). Hasil penelitian menunjukkan manajemen terpadu dilaksanakan secara simultan dari perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan monitoring dalam memanfaatkan sumber daya pengendalian TB RO yang terbatas dengan menitik beratkan pada jejaring internal dan eksternal untuk meningkatkan kinerja pengendalian TB RO. Kinerja pengendalian Tuberkulosis resisten obat di Jakarta Timur belum optimal karena tidak semua pasien terkonfirmasi Tuberkulosis resisten obat mengikuti program pengobatan dan angka keberhasilan pengobatan masih rendah. Suku Dinas Kesehatan Jakarta Timur perlu meningkatkan program preventif promotif, berinvestasi mengembangkan jenis pelayanan penunjang di RSUD dan mengembangkan sistem survailans Tuberkulosis resisten obat untuk meningkatkan kinerja pengendalian Tuberkulosis resisten obat di Jakarta Timur.

Drug-resistant tuberculosis is one of ten diseases that cause death. East Jakarta is the region with the highest population in DKI Jakarta and the burden of drug resistant tuberculosis in East Jakarta is increasing every year. This study aims to find out how the implementation of integrated management in improving the performance of drug resistant tuberculosis control in East Jakarta. This type of research is a qualitative study using the Rapid Assessment Procedure (RAP) method. The results showed that integrated management was carried out simultaneously from planning, organizing, leading and monitoring in utilizing limited TB RO control resources by focusing on internal and external networks to improve TB RO control performance. The performance of controlling drug resistant tuberculosis in East Jakarta is not optimal because not all patients confirmed drug resistant tuberculosis is following the treatment program and the success rate of treatment is still low. The East Jakarta Health Office needs to increase promotive preventive programs, invest in developing supporting services in hospitals and develop drug resistant tuberculosis surveillance sistems to improve the performance of drug resistant tuberculosis control in East Jakarta. "
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2020
T54991
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mohammad Danny Aldiansyah
"Thesis ini membahas mengenai proses business coaching yang telah dilakukan penulis bersama mitra UMKM Tooniq. Tujuan dari thesis ini adalah membantu pihak UMKM Tooniq dalam menghadapi masalah yang sedang dihadapinya dan dapat meningkatkan performa bisnis dari UMKM Tooniq. Fokus dari thesis membahas penyelesaian dua masalah utama yang dihadapi oleh Tooniq yaitu masalah ketergantungan Tooniq terhadap vendor produksi dan terbatasnya kapasitas produksi vendor dan masalah pencatatan barang masuk keluar. Kedua masalah utama didapatkan dari hasil rangkaian analisis internal dan eksternal dari Tooniq, dilanjutkan dengan analisis pareto untuk mendapatkan masalah utama dari Tooniq. Analisis solusi dilakukan dengan pendekatan Tree root cause analysis dan TOWS model, didapatkan solusi untuk masalah pertama adalah coaching terkait manajemen vendor dan penggunaan alat manajemen vendor berupa vendor performance scorecard serta vendor total cost of ownership. Solusi yang didapatkan untuk masalah kedua adalah pengembangan alat pencatatan pergudangan untuk Tooniq. Hasil dari thesis ini telah selesainya proses coaching kepada Tooniq untuk penyelesaian dua masalah utama terkait manajemen vendor dan manajemen pergudangan, telah siapnya alat vendor performance scorecard serta vendor total cost of ownership yang dapat digunakan oleh Tooniq, dan telah siapnya alat pencatatan barang masuk keluar yang dapat digunakan oleh Tooniq. Dampak dari thesis ini adalah Tooniq sudah mampu untuk memilih dan mengelola vendor produksinya sesuai kebutuhan dari Tooniq, dan Tooniq memiliki alat pencatatan pergudangan yang dapat digunakan oleh tim dari Tooniq.

This thesis discusses the business coaching process that has been carried out by the author with Tooniq MSME partners. The purpose of this thesis is to help Tooniq UMKM in dealing with the problems they are facing and can improve the business performance of Tooniq. The focus of this thesis is to discuss solving the two main problems faced by Tooniq, namely the problem of Tooniq's dependence on production vendors and the limited production capacity of vendors, and the problem of recording incoming and outgoing goods. The two main problems are obtained from the results of a series of internal and external analyses, followed by a pareto analysis to obtain the main problems. Solution of the problem was carried out by using analysis the Tree root cause analysis approach and the TOWS model. The solution for the first problem was coaching related to vendor management and the use of vendor management tools in the form of vendor performance scorecards and vendor total cost of ownership. The solution for the second problem was the development of a warehouse record tool for Tooniq. The results of this thesis are completion of coaching process for Tooniq to resolve two main issues related to vendor management and warehousing management. The vendor performance scorecard with vendor total cost of ownership tools developed and can be used by Tooniq, beside that the incoming - outgoing goods recording tool developed and can be used by Tooniq. The impact of this thesis are Tooniq is able to select and manage production vendors according to Tooniq's needs, and Tooniq has a warehouse record tool that can be used by the Tooniq team."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hutagalung, Sintong Wilson
"Industri konstruksi memiliki angka kecelakaan kerja yang paling tinggi dibanding industri-industri lainnya, yaitu sebesar 32%. Kecelakaan kerja dapat menimbulkan kerugian-kerugian, seperti kerugian finansial, kerugian waktu, kerugian kemanusiaan, dan kerugian lainnya. Berdasarkan Permen PUPR No. 10 Tahun 2021, sistem manajemen keselamatan konstruksi (SMKK) harus diterapkan dalam kegiatan konstruksi untuk mewujudkan keselamatan konstruksi. Salah satu elemen yang mendukung pelaksanaan SMKK adalah kompetensi ahli keselamatan konstruksi. Kompetensi ahli keselamatan konstruksi diatur dalam SKKNI No. 60 Tahun 2022 dimana salah satu unit kompetensi yang mewujudkan pelaksanaan SMKK yang baik adalah “Mengelola Rencana Biaya Penerapan SMKK”. Namun dalam penyusunannya, masih belum lengkap dikarenakan masih belum adanya indikator unjuk kerja di dalam unit kompetensi sebagai instrumen pengukuran kompetensi ahli KK. Oleh karena itu, peneliti ingin mengembangkan SKKNI No. 60 Tahun 2022 berupa indikator unjuk kerja pada unit kompetensi “Mengelola Rencana Biaya Penerapan SMKK” dengan metode survei kuisioner kepada pakar dan responden ahli KK. Hasil survei kuisioner dianalisis dengan metode Delphi dan uji statistik menggunakan SPSS. Didapatkan hasil penelitian berupa pengembangan unit kompetensi “Mengelola Rencana Biaya Penerapan SMKK” yang berisikan 5 item elemen kompetensi, 16 item kinerja unjuk kerja (KUK), dan 48 indikator unjuk kerja yang berpengaruh sangat kuat terhadap kinerja KK. Apabila indikator unjuk kerja dapat diimplementasikan dalam pelaksanaan SMKK, maka dapat meningkatkan kinerja keselamatan konstruksi.

Construction industry has the highest work accident rate compared to other industries, namely at 32%. Work accident cause losses, such as financial loss, time loss, humanitarian loss, and others. Based on Permen PUPR No. 10 of 2021, construction safety management must be implemented in construction activities to realize construction safety. One of the key elements that supports the implementation of safety management system is competency. Competency of construction safety experts is regulated in SKKNI No. 60 of 2022 where one of the competency units is “Managing Construction Safety Management System Implementation Cost Plans”. However in its creation, is still incomplete because there are sill no performance indicator in the competency unit as an competency measurement instrument. Therefore, the researcher wants to develop SKKNI No. 60 of 2022 in the form of performance indicator in the competency unit “Managing Safety Construction Management System Implementation Cost Plans” using a questionnaire survey method for safety construction expert and respondents. The results of the questionnaire survey were analyzed using Delphi method and statistical tests using SPSS. The final result were development of competency unit “Managing Safety Construction Management System lplementation Cost Plans” which contains 5 items of competency elements, 16 items of performance criterias, and 48 items of performance indicators that have a very strong influence on safety construction. If performance indicator can be implemented on construction safety activities, it can improve construction safety performance."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dicky Ahmad Ghiffari
"Profil Usaha House of Juice adalah UMKM yang didirikan pada tanggal 20 Mei 2020 dengan produk jus buah alami dengan pemanis madu. House of Juice berlokasi di daerah Srengseng, Jakarta Barat. House of Juice menggunakan metode pemesanan terlebih dahulu (pre-order) melalui akun Instagram @_houseofjuice
Analisis Situasi
Strength Produk jus buah dengan pemanis alami berupa madu
Menggunakan buah berkualitas dengan tingkat kematangan yang baik, rasa manis alami, dan berasal dari distributor terpercaya
Menggunakan media sosial Instagram sebagai platform utama untuk menjalankan usahaBisnis dengan metode pre-order memiliki peluang kerugian yang kecil (lowrisk) Weakness) Belum tersedia di layanan e-commerce (Gojek, Grab, Tokopedia) Belum memiliki strategi kehumasan yang jelas dan direncanakan dengan matang Pemasaran produk berhenti sejak bulan November 2020
Belum rutin mengunggah konten di sosial media Instagram, rata-rata hanya 2 konten setiap minggu. Opportunity
Banyak masyarakat yang mencari produk kesehatan untuk memenuhi kebutuhan vitamin di masa pandemi Banyak kompetitor jus yang lebih memilih menggunakan pemanis jus dari gula dan susu kental manis Perkembangan media sosial Instagram yang dapat dimanfaatkan untuk pemasaran produk
Threat
Kompetitor bisnis serupa yang sangat banyak
Nama brand House of Juice sudah pernah ada yang menggunakan
Pernyataan Masalah House of Juice belum memiliki strategi kehumasan yang direncanakan dengan matang untuk mengkomunikasikan pesan tentang produk jus buah sehat yang dimilikinya. Hal ini didukung dengan keberadaan pandemi Covid-19 yang telah menghadirkan permasalahan baru yang mengganggu kesehatan, khususnya bagi kalangan remaja. Sehingga House of Juice dapat membuat strategi kehumasan berupa program kesadaran kesehatan yang bertujuan untuk membangun citra brand House of Juice sebagai brand yang peduli dengan kesehatan remaja generasi Z.
Usulan Program
Program bernama It’s Healthy Juice for You dengan pesan kunci #MulaiDariSekarang. Rangkaian program ini terdiri dari:
Aktivasi media sosial Instagram
Kolaborasi komunitas bersama komunitas sepak bola Lapan Rasa FC dan komunitas lari Running Rage
Kolaborasi content creator untuk menggerakan 7 Days Healthy Challenge
Special event Juice Day at School
Tujuan
Membangun citra brand House of Juice yang peduli dengan kesadaran kesehatan generasi Z
Target Khalayak
Demografis
Jenis Kelamin: Laki-laki dan Perempuan
Usia: 15-24 tahun
Pekerjaan: Pelajar dan mahasiswa
SES: B
Geografis
Domisili: Jakarta Barat
Wilayah khusus: Srengseng, Kembangan, Palmerah, Kemanggisan, Slipi.
Behaviour
Aktif menggunakan media sosial untuk mencari informasi
Suka mengikuti akun influencer di Instagram
Suka mencari informasi mengenai komunitas olahraga di Instagram
Memiliki ketertarikan untuk mengonsumsi produk berbahan dasar buah
Psikografis
Suka bersenang-senang
Menggunakan media sosial untuk mencari rekomendasi makanan dan minuman sehat
Suka memesan makanan dan minuman dari aplikasi online
Suka mencari tahu tren yang populer di Instagram
Jadwal
Juni - Oktober 2022
Anggaran
Rp16.154.000
Monitoring & Evaluasi
Input: Monitoring & Evaluasi terhadap perencanaan dan pelaksanaan setiap kegiatan
Output: Monitoring & Evaluasi terhadap Indikator Keberhasilan tiap kegiatan
Outcome: Monitoring & Evaluasi terhadap hasil dan pengaruh program terhadap kesadaran kesehatan generasi Z dan citra brand

Company Profile
House of Juice is an MSME founded on May 20, 2020 with natural fruit juice products with honey sweetener. House of Juice is located in Srengseng area, West Jakarta. House of Juice uses pre-order method via Instagram account @_houseofjuice.
Situation Analysis
Strength
Fruit juice products with honey natural sweeteners
Using good quality ripe fruit with natural sweet taste, and comes from a trusted distributor
Using Instagram as the main platform to run the business
Businesses with the pre-order method have a small chance of loss (low risk)
Weakness
Not available on e-commerce services (Gojek, Grab, Tokopedia)
Does not have a clear and well-planned communication strategy
Business activities have stopped operating since November 2020
Not routinely uploading content on social media, only two times a week
Opportunity
Many people are looking for health product to meet their vitamin needs during the pandemic
Many brands juice competitor prefer to use sweetened from sugar and condensed milk
The use of social media that can be used for product marketing
Threat
A lot of similar business competitors
House of Juice brand name had been used before by others
Problem Identification
House of Juice does not have a well-planned public relations strategy to communicate its message about its healthy fruit juice products to customers. This is supported by the Covid-19 pandemic which has presented new problems that interfere with health, especially for teenagers. With that opportunity, House of Juice can create a public relations strategy in the form of a health awareness program that aims to build the House of Juice brand image as a brand that cares about the health of generation Z teenagers.
Programs
The program called It's Healthy Juice for You with the key message #StartFromNow. This series of programs consists of:
Instagram social media activation
Community collaboration (Lapan Rasa FC & Running Rage)
Content creator collaboration (7 Days Healthy Challenge)
Special event “Juice Day at School”
Goals
Building a House of Juice brand image that cares about the health awareness of generation Z.
Target Audience
Demographic
Gender: Male and Female
Age: 15-24 years old
Occupation: Student
SES: B
Geographical
Area: West Jakarta
Focus area: Srengseng, Kembangan, Palmerah, Kemanggisan, Slipi.
Behavior
Actively use social media to find information
Likes to follow influencer accounts on Instagram
Likes to find information about the sports community on Instagram
Have an interest in consuming fruit-based products
Psychographic
Likes to having fun
Using social media to find healthy food and drink recommendations
Likes to order food and drinks from online applications
Loves to find out what trends are popular on Instagram
Schedule
June - October 2022
Budget
Rp. 16.154.000,-
Monitoring & Evaluation
Input: Monitoring & Evaluation of the planning and implementation of each activity
Output: Monitoring & Evaluation of the KPI of each activity
Outcome: Monitoring & Evaluation of the results and impact of the program on Generation Z's health awareness and brand image
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Karunia Muliani
"Tujuan penelitian ini adalah menguji pengaruh informasi dan komunikasi pada proses manajemen risiko dalam meningkatkan kinerja perusahaan. Pengaruh proses manajemen risiko terhadap kinerja berlangsung secara bertahap, yaitu melalui informasi dan komunikasi dan internal perusahaan. Penelitian ini juga menguji tahapan-tahapan tersebut. Pengambilan data dilakukan dalam bentuk penyebaran kuesioner. Sampel yang didapatkan dalam penelitian ini sebanyak 82 responden dari 7 perusahaan yang berbeda yang beroperasi di Indonesia. Pengolahan data dilakukan dengan metode Partial Least Square Smart-PLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses peningkatan kinerja oleh proses manajemen risiko berlangsung secara bertahap, yaitu melalui informasi dan komunikasi dan internal perusahaan. Sehingga, informasi dan komunikasi serta internal perusahaan memiliki pengaruh positif terhadap peningkatan kinerja. Tanpa adanya kedua tahapan tersebut, proses manajemen risiko memiliki pengaruh negatif terhadap kinerja perusahaan.

The purpose of this research is to test the impact of information and communication on risk management process for improving the company rsquo s performance. The impact of risk management process on performance is indirect, through information and communication and internal environment. This research also tests the impact of each component. The data were taken through a questionnaire. There are 82 samples in this research, consist of 7 different companies which operate in Indonesia. The data were analyzed by using Partial Least Square Smart PLS 3.0 . Based on the analysis, the impact of risk management process on company rsquo s performance is indirect. So, information and communication and internal environment have a positive impact on performance. Without those steps, the impact of risk management process on company rsquo s performance is negative.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
S68457
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sigit Budi Jatmiko
"Ide dan teori manajemen kualitas dari W. Edward Deming telah diimplementasikan di dunia dalam industri manufacture dan jasa. Fokus penelitian ini adalah untuk menguji Deming Management Method dengan memasukan interfensi indikator pengukur dalam proyek telekomunikasi dengan studi kasus industri telekomunikasi di Indonesia. Dalam penelitian ini akan dianalisis pengaruh indikator pengukur yang diinterfensikan dan korelasi dari hubungan yang dihipotesiskan semuanya terkait secara positif, diawali dengan analisa hubungan antar variabel dengan menggunakan analisa PLS-SEM. Selanjutnya dianalisa apakah ada dukungan kuat untuk menerapkan ajaran dan gagasan W. Edwards Deming ke peningkatan manajemen kualitas proyek telekomunikasi. Dari rumusan masalah akan dianalisa apa saja yang perlu dievaluasi dari hubungan antara Deming Management Method dan peningkatan manajemen kualitas, dan strategi aplikasi yang dapat meningkatkan manajemen kualitas proyek telekomunikasi di Indonesia. Analisa pemetaan dengan menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA) dan strategi pengembangan yang didapat akan dilihat pengaruhnya dengan studi kasus Project Cloud Phase 2 (sebelum penerapan) dan Project Cloud Phase 3 (setelah penerapan) di PT. XYZ. Pengaruh sebelum dan sesudah diukur dengan angka kepuasan stakeholder dengan menggunakan metode Customer Satisfaction Index (CSI). Hasil penelitian menunjukan bahwa Penerapan Deming Management Method dapat memberikan pengaruh positif dan dapat meningkatkan kinerja manajemen kualitas dalam proyek telekomunikasi di Indonesia.

Quality management ideas and theories from W. Edward Deming have been implemented in the world, especially in the manufacturing and service industries. The focus of this research is to examine the Deming Management Method by including the intervening of the measuring indicators in the telecommunication project with the telecommunications industry case study in Indonesia. In this research, we will analyze the effect of the measured indicators and the correlations of the hypothesized relationships that are all positively related, begin with an analysis of the relationship between variables with the PLS-SEM approach. From the formulation of the problem will be analyzed what needs to be evaluated from the relationship between the Deming Management Method and improving quality management, and strategy that can improve the quality management of telecommunications projects in Indonesia. Mapping analysis use Importance Performance Analysis (IPA) method and development strategies obtained will be seen its influence with the Project Cloud Phase 2 (before application) and Project Cloud Phase 3 (after aplication) case studies at PT. XYZ. The influence before and after is measured by stakeholder satisfaction figures using the Customer Satisfaction Index (CSI) method. The results showed that the application of Deming Management Method can have a positive influence and can improve the performance of quality management in telecommunications projects in Indonesia."
Jakarta: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ibnu Hanan
"Secara umum kegiatan reklamasi dapat ditujukan untuk perluasan lahan dan atau untuk perbaikan kondisi lahan yang ada. Bagi suatu wilayah teritorial dengan tingkat kepadatan penduduk yang tinggi, reklamasi dapat digunakan untuk mengatasi kendala keterbatasan lahan. Reklamasi dapat juga dilakukan di kawasan berair dan lahan yang tidak berguna atau rusak seperti lahan bekas pertambangan, sehingga fungsi lahan tersebut dapat menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat. Area reklamasi ini nantinya dapat dimanfaatkan menjadi lahan pemukiman yang baru, daerah perindustrian, kawasan niaga atau pusat bisnis, kawasan pertanian, kawasan konservasi dan objek wisata. Proyek reklamasi dengan skala yang cukup besar memiliki tingkat kompleksitas dan risiko yang tinggi. Adapun tujuan utama dari kajian ini adalah mengidentifikasi risiko-risiko dominan yang ada pada proyek reklamasi serta melakukan analisis dampak dan penyebabnya yang secara signifikan dapat mempengaruhi terhadap kualitas proyek dan kinerja waktu, kemudian hasilnya akan dievaluasi untuk menentukan tingkatan dan peringkat masing-masing risiko sehingga dapat ditentukan cara penanganan, tindakan dan rekomendasi terhadap risiko-risiko tersebut. Dengan melakukan manajemen risiko ini maka diharapkan proses pengadaan dan pelaksanaan proyek reklamasi dapat dilaksanakan dengan waktu yang efisien dan dengan kualitas pekerjaan yang baik.

In general, reclamation activities can be aimed at expanding land and or improving existing land conditions. For a territorial area with a high population density, reclamation can be used to overcome the constraints of limited land. Reclamation can also be done in watery areas and useless or damaged land such as ex-mining land, so that the function of the land can be better and more beneficial. The reclamation area can be utilized as a new residential area, industrial area, commercial area or business center, agricultural area, conservation area and tourist attraction. A large-scale reclamation project has a high level of complexity and risk. The main objective of this study is to identify the significant risks that contained in the reclamation project and to conduct an analysis of the impacts and causes that can significantly affect the quality of the project and time performance, then the results will be evaluated to determine the level and ranking of each risk so that it can be determined how to handle, act and manage these risks. By doing this risk management, it is expected that the procurement of reclamation projects can be carried out with more efficient time, and with good quality.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>