Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 58668 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Mia Kusmiati
Jakarta: Universitas Indonesia Fakultas Kedokteran, 2008
T56652
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Puji Astuti
"Skripsi ini membahas mengenai kebutuhan serta perilaku pencarian infomasi: studi kasus mahasiswa PDPT FIB UI 2007 dengan metode problem-based learning (PBL). Problem based learning adalah suatu metode belajar yang menempatkan masalah sebagai stimulan dalam proses belajar. Dengan metode ini proses belajar mengajar tidak lagi bersifat satu arah dan dosen hanya berperan sebagai fasilitator bukan lagi pemberi materi seperti dalam metode tradisional. Sehingga metode ini mengubah peran siswa yang sebelumnya hanya penerima materi manjadi pencari informasi. Selain itu metode ini menuntut siswa untuk mempersiapkan diri dengan berbekal materi-materi yang harus mereka baca sebelum memasuki kelas. Hal tersebut dikarenakan dalam kelas mereka tidak hanya mendengarkan dan menerima materi yang diberikan pengajar tetapi membagi pengetahuan yang telah mereka miliki atau ketahui sebelumnya kepada siswa lain, sehingga metode ini menuntut siswa untuk lebih aktif mencari informasi. Mendapatkan informasi yang diperlukan untuk menunjang kegiatan perkuliahan sangat ditentukan oleh ketepatan strategi pencarian informasi yang diterapkan. Kesalahan dalam bertindak atau ketidaktahuan mengenai sumber informasi yang dapat diandalkan dapat menjadi faktor penghambat dalam rangka pengumpulan tugas yang diberikan pengajar. Keadaan ini jelas berhubungan erat dengan perilaku mahasiswa dalam mencari informasi yang diperlukan. Hasil dari penelitian ini adalah dalam melakukan pencarian informasi, tahap pencarian informasi yang dilakukan oleh seluruh mahasiswa PDPT FIB UI 2007 melakukan tahap starting, chaining, browsing, differentiating, extracting, ending. Untuk pemenuhan kebutuhan informasinya, mahasiswa PDPT FIB UI 2007 lebih mengandalkan sumber informasi formal daripada sumber informal. Sumber informasi formal yang lebih banyak digunakan adalah perpustakaan dan internet. Perpustakaan FIB merupakan sumber perolehan informasi utama mahasiswa karena hampir seluruh informan mengunjungi Perpustakaan FIB untuk meminjam koleksi buku PDPT dan buku umum yang digunakan untuk menyelesaikan tugas yang diberikan fasilitator dan untuk materi diskusi di dalam kelas. Dalam melakukan pencarian informasinya, mahasiswa mengalami hambatan yang berasal dari dalam dirinya, antar individu dan lingkungan. Hambatan yang dialami mahasiswa umumnya disebabkan oleh faktor lingkungan antara lain: 1) keterbatasan koleksi karena buku yang miliki Perpustakaan FIB khusus untuk mata kuliah PDPT tidak sebanding dengan jumlah mahasiswa yang menggunakan sehingga terpaksa mereka harus mencari ke sumber lain. 2) Informasi yang tidak relevan ikut terjaring. Hambatan yang dialami oleh seluruh informan adalah ketika menggunakan internet sebagai sumber perolehan informasi seperti mencari informasi di tempat pembuangan sampah. Banyaknya informasi yang tidak bermanfaat mengakibatkan sulitnya menjaring informasi yang relevan sesuai dengan kebutuhan mereka. 3) Sarana penelusuran yang kurang efektif. Disebabkan karena ketika informan melakukan pencarian koleksi informasi yang tertera di OPAC berbeda dengan kenyataan di rak, hal tersebut dikarenakan Perpustakaan FIB saat ini masih dalam tahap otomasi. 4) Waktu pencarian yang terlalu sempit, beberapa informan mengeluhkan hal tersebut dikarenakan waktu yang diberikan fasilitator untuk menyelesaikan tugas terlalu sedikit, pada hari Jumat diberikan dan hari Senin dikumpulkan"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2008
S14965
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Manggarsari
"ABSTRAK
Penerapan Collaborative Learning dan Problem-based Learning dalam Kurikulum
Berbasis Kompetensi merupakan stimulus bagi mahasiswa karena baru diterapkan
pada program studi keperawatan Universitas Indonesia sejak tahun 2008. Penelitian
ini menggunakan desain deskriptif untuk menggambarkan karakteristik serta persepsi
mahasiswa Keperawatan program sarjana mengenai penerapan metode Collaborative
Learning dan Problem-based Learning dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi.
Responden penelitian berjumlah 107 orang. Hasil penelitian menunjukkan persepsi
yang dibentuk mahasiswa adalah positif (51,4%). Masih ada hal yang perlu
diperbaiki, seperti keseragaman pemahaman mahasiswa, komunikasi mahasiswa dan
pengajar, serta peran pengajar sebagai fasilitator dan motivator. Evaluasi lebih lanjut
perlu dilakukan untuk menemukan solusi yang tepat.

ABSTRACT
The Collaborative Learning and Problem-based Learning in Competency-based
Curriculum could be a stimulus for students because it was newly applied in Nursing
Major in University of Indonesia since 2008. This research used descriptive design to
describe the undergraduate Nursing student's characteristics and perceptions about
the application of Collaborative Learning and Problem-based Learning in
Competency-based Curriculum. The respondents were 107 students. Student's
perception in this research was positive (51,4%). The evaluation could be in the
uniformity of student's comprehension, communication between student and lecturer
and the role of lecturer as a facilitator and motivator. Further evaluation is needed to
find the best solution.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2012
S43694
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Woods, Donald R.
Canada: Waterdown, 1994
378.1 WOO p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Woods, Donald R.
Canada: Waterdown, 1999
378.1 WOO p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
"Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dampak dukungan suami/istri terhadap hasil
prestasi akademik ( IPK ) pada mahasiswa ekstensi sore 2003 di Fakultas Ilmu
Keperawatan Universitas Indonesia, Depok pada tanggal 15 Desember 2004. Adapun
metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif sederhana
dengan total sample 24 orang. Berdasarkan hasil analisa dengan cara perhitungan
frekuensi dan proporsi diperoleh 67 % mendapatkan tingkat dukungan keluarga tinggi
dan 33 % dukungan sedang, tetapi terjadi penurunan nilai prestasi (IPK) walaupun telah
mendapatkan dukungan yang tinggi sebesar 41.7 %. Hal ini disebabkan karena peneliti
membatasi responden hanya pada mahasiswa ekstensi sore 2003 Fakultas Ilmu
Keperawatan Universitas Indonesia. Untuk penelitian mendatang diharapkan dapat
menggunakan metode analisa data dengan model yang Iain dan perlu menyusun
instrumen untuk setiap variabel yang akan diteliti secara spesifik sehingga dapat
memberikan hasil yang lebih baik."
Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2004
TA5356
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Yulnelly
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap perpustakaan Fakultas Ekonomi dan untuk mengetahui informasi pemanfaatan perpustakaan oleh mahasiswa serta hubungannya dengan prestasi akademik.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan survei. Analisis data dilakukan dengan metode analisis deskriptif dan teknik korelasi. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang terlebih dahulu diujicobakan kepada 34 responden diluar sampel. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa S-1 Manajemen. dan S-1 Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta dengan pengambilan sampel dilakukan secara proporsional bertingkat yang dipilih secara acak.
Hasil penelitian menunjukkan persepsi mahasiswa terhadap koleksi perpustakaan dalam mendukung kegiatan belajar mahasiswa adalah cukup baik, kecuali persepsi mahasiswa terhadap keragaman, kemutakhiran dan jumlah buku teks; jumlah laporan penelitian; keragaman ensiklopedi; kesesuaian dan jumlah kamus adalah kurang baik. Persepsi mahasiswa terhadap kualitas layanan, waktu layanan dan kemudahan mendapatkan layanan perpustakaan adalah cukup baik, sedangkan persepsi mahasiswa terhadap penggunaan teknologi informasi, kesesuaian layanan, kemudahan mengakses informasi dan kecepatan memperoleh informasi adalah kurang baik. Persepsi mahasiswa terhadap petugas dan fasilitas perpustakaan cukup baik kecuali sarana meja Baca adalah kurang baik.
Sebagian besar mahasiswa membutuhkan waktu maksimal 2 (dua) jam setiap kali berkunjung ke perpustakaan. Tujuan utama mengunjungi perpustakaan untuk meminjam bahan pustaka. Koleksi yang sering dimanfaatkan adalah buku teks dan skripsi. Mahasiswa memanfaatkan koleksi perpustakaan karena tugas - tugas kuliah dan sedang menyusun sknpsi.
Hubungan persepsi mahasiswa terhadap koleksi dengan pemanfaatan perpustakaan sebagai berikut : ada hubungan yang signifikan antara persepsi mahasiswa terhadap kualitas koleksi majalah dengan lama kunjungan. Ada hubungan yang signifikan antara persepsi mahasiswa terhadap keragaman, kesesuaian dan kegunaan koleksi laporan penelitian dengan lama kunjungan. Ada hubungan yang signifikan antara persepsi mahasiswa terhadap kegunaan koleksi skripsi dengan lama kunjungan. Ada hubungan yang signifikan antara persepsi mahasiswa terhadap kemutakhiran buku teks dengan peminjaman buku teks. Ada hubungan yang signifikan antara persepsi mahasiswa terhadap kegunaan koleksi majalah dengan peminjaman majalah.
Hubungan pemanfaatan perpustakaan dengan prestasi akademik yaitu : ada hubungan yang signifikan antara frekuensi kunjungan dan lama kunjungan dengan indek prestasi kumulatif mahasiswa.
Study on Correlation Between Perception to Library and Use of Library with Academics Achievement of Students Faculty of Economics University of Pembangunan Nasional Veteran JakartaThe research is purposed to know students perception to library of Faculty of Economic and to know information on students' use of the library and correlation of the both with academic achievement.
Type of the research is quantitative with a survey approach. Data analysis is conducted using a descriptive analysis method and correlation technique. Data is collected using a questionnaire tried out before to 30 out-of-sample respondents. Population of the research is students' of S-1 Management and S-1 Accounting, Faculty of Economics, University of Pembangunan Nasional Veteran Jakarta by taking a proportionally stratified random sampling.
Result of the research has shown that students' perception to library book collection in supporting students' activity of learning is good enough. Students' perception to variety, recency, and amount of textbooks, amount of research reports, variety of encyclopedias, and suitability and amount of dictionaries is not good enough. Students' perception to services quality, services timeliness and ease to get library services is good enough. Students' perception to use of information technology, service suitability, easy access to information and promptness to get information is not good enough Students' perception to library facilities and staff is good enough. However, their perception to the reading desk is not good enough.
Most students spend 2 hours maximally anytime they visit the library. Special target of visiting the library is to borrow bibliography. Book collection utilized frequently is textbooks and final work. Reason for students to use the library book collection is to perform lecture task and complete final work.
Correlation between students' perception to book collection with use of library are as follow. There is a significant correlation between students' perception to quality of magazine collection with period of visit. There is a significant correlation between students' perception to variety, suitability and usefulness of research report collection with period of visit. There is a significant correlation between students' perception to usefulness of final work collection with period of visit. There is a significant correlation between students' to recency of textbooks with textbook lending. There is a significant correlation between students' perception to usefulness of magazine collection with magazine lending.
Correlation between use of library with cumulative achievement index is as follow: There is a significant correlation between period of visit and frequency of visit with cumulative achievement index of the students.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2004
T11817
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
M. Yulis Hamidy
"Latar belakang: Pembelajaran Berdasarkan Masalah atau Problem-based Learning (PBL) merupakan suatu pendekatan yang efektif dalam student-centered learning. Melalui metode PBL, mahasiswa diharapkan lebih Siap untuk belajar mandiri. Fakultas Kedokteran Universitas Riau (FK Unri) Pekanbaru telah melaksanakan metode PBL sejak tahun 2004. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode PBL terhadap kesiapan belajar mandiri pada rnahasiswa FK Unri.
Mctode: Penelitian dilakukan secara cross sectional dengan menggunakan kuesioner terhadap mahasiswa FK Unri yang belum maupun yang sudah mengikuti metode PBL. dan dilaksanakan pada bulan Juli 2007. Subjek penelitian diambil Secara acak dari kedua jenis populasi yang terdiri dari 40 orang mahasiswa yang belum mengikuti metode PBL. dan 40 orang mahasiswa yang sudah mengikuti metode PBL. Kesiapan belajar mandiri mahasiswa dinilai dengan menggunakan skala Fisher. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan regresi Cox.
Hasil: Dari 80 kuesioner yang dianalisis. sebagian besar subjek adalah perempuan (62,5%), berasal dari SMA dalam kota (80,0%), mempunyai waktu belajar yang cukup (58,8%), mempunyai sumber belajar yang mcmadai (86.3%) dan linggal di tcmpat kos (60,0%). Subjek yang mempunyai kesiapan belajar mandiri sebanyak 6l,3%. Subjek yang sudah mengikuti metode PBL mempunyai kesiapan belajar mandiri 1.96 kali Iebih siap jika dibandingkan dengan subjek yang belum mengikuti metode PBL (risiko relatif suaian 1,96; 95% interval kepercayaan = L30 ~ 2,94; P = 0.00l).
Kesimpulan: Kesiapan belajar mandiri pada mahasiswa Fl( Unri dapat ditingkatkan dengan menggunakan metode PBL.

Background: Problem-based Learning (PBL) is an effective approach to promote student-centered learning. Students were thought to be more prepared in conducting self-directed learning by implementation of PBL Faculty of Medicine University of Riau has implemented PBL since 2004. The aim of this study is to identify the influence of PBL on self-directed learning readiness (SDLR) among students in Faculty of' Medicine University of Riau.
Methods: The research was a cross sectional study using self report questionnaires obtained from both PBL students and non-PBL students. conducted in July 2007. Fourty students from each group were randomly selected. The SDLR was assessed using Fisher scale. Data analysis was carried out using Cox regression.
Result: The response rate of the questionnaire was l00%. The result revealed the characteristics of participants which are female (62.5%), originated from city high school (80.0%), had adequate study time (S8.8%), had adequate learning resources (86.3%) and stayed in student dormitory (60.0%). Among 61 3% of' the participants showed readiness in conducting se|t`-directed learning. The PBL students had the readiness more likely two times higher than the non-PBL students (adjusted relative risk 1.96: 95% confidence interval = 1.30 - 194; P = 0.00l).
Conclusion: Self-directed learning readiness among students in Faculty of Medicine University of Riau can be increased by PBL.
"
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2007
T32880
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>