Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 131157 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Sihombing, Irin Marsita
"Skripsi ini membahas mengenai tanggung jawab bioskop atas terjadinya perbuatan penggandaan film di dalam gedung pertunjukan bioskop. Permasalahan yang dibahas dalam skripsi ini terkait dengan kasus yang baru-baru ini terjadi yaitu tersebarnya rekaman secara live film “Warkop DKI Reborn” melalui media sosial yaitu dengan aplikasi live streaming Bigo Live di hari pertama film tersebut tayang di Bioskop. Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah penelitian yuridis-normatif dengan jenis data yang digunakan adalah data sekunder. Pasal 10 Undang-Undang Hak Cipta secara hukum telah memberikan tanggung jawab bioskop sebagai Pelaku Usaha Perfilman untuk tidak membiarkan adanya penggandaan film di dalam bioskop tersebut. Perbuatan penggandaan diantaranya perekaman menggunakan kamera video (camcorder) di dalam gedung bioskop dengan memanfaatkan teknologi live streaming, selain harus menghukum pelakunya, juga seharusnya membebani pihak bioskop. Sebagai Pelaku Usaha Perfilman yang memperdagangkan film, bioskop harus sadar dan memahami besarnya kerugian akibat penggandaaan yang sering terjadi di gedung bioskop, sehingga mereka bertanggung jawab untuk meningkatkan standarisasi keamanan bioskop dan pemerintah juga harus membuat suatu aturan mengenai standarisasi keamanan bioskop.

This thesis discusses the responsibility of cinemas on the occurrence of duplication in theaters. The problems discussed in this thesis is related to the recent case of  live streaming of the “Warkop DKI Reborn” movie through the application of Bigo Live on the first premiere day in the cinema. The research method used in this thesis is juridical normative with the use of secondary data. According to Article 10 of Copyright Law, cinemas as a Film Business Actor is held responsible for not allowing any duplication of films inside the theater. The act of duplication includes recording using a video camera (camcorder) inside a movie theater using live streaming technology. In addition to punishing the culprit, cinemas should also be held responsible. As a Film Business, cinemas should be aware that duplication often takes place inside their theaters, and so they should be held reponsible to upgrade their “cinema security standarization”, and so should the government issue a law on it.
"
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2018
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Savana Orcaputri
"Media sosial merupakan wadah komunikasi baru bagi masyarakat, untuk bisa saling berinteraksi dan bertukar informasi dengan menggunakan sistem elektromagnetik. Namun, dengan meningkatnya jumlah pengguna media sosial, hal tersebut juga diikuti dengan berkembangnya tindak kejahatan pornografi dengan menyalahgunakan media sosial yang ada. Maka dari itu, media sosial sebagai salah satu penyelenggara sistem elektronik (PSE) di Indonesia, dapat dimintakan pertanggungjawaban secara hukum atas tindak pidana pornografi yang difasilitasi dalam sistem elektroniknya. Fokus penelitian ini, akan membahas lebih mendalam mengenai aplikasi TikTok, dan menguraikan secara akademis tentang (i) bagaimana kewajiban media sosial TikTok sebagai PSE dalam mematuhi norma kesusilaan berdasarkan hukum positif di Indonesia; (ii) bagaimana media sosial TikTok mengatur pembatasan muatan seksual yang dilarang untuk disiarkan; (iii) bagaimana pertanggungjawaban media sosial Tiktok terhadap konten pornografi yang ditayangkan pada sistem elektroniknya dalam fitur live streaming. Metode penelitian yang digunakan penulis ialah penelitian yuridis normatif, dengan menggunakan sumber penelitian pustaka, serta dengan sifat penelitian yang analitis dan berbagai jenis data sekunder yang mendukung. Dasar hukum utama yang mengatur mengenai media sosial sesuai dengan hasil analisis penulis ialah, UU ITE, UU Pers, serta UU Penyiaran. Namun penulis akan memfokuskan pembahasan kepada TikTok sebagai PSE resmi di Indonesia, yang diatur oleh peraturan turunan UU ITE, yakni Peraturan Pemerintah No. 71 Tahun 2019, dan Peraturan Menteri No. 5 Tahun 2020. Penelitian penulis juga ditinjau dari dasar hukum utama mengenai pornografi, yakni pada UU Pornografi dan KUHP. Pada dasarnya, ketentuan diatas telah memuat hak dan kewajiban TikTok sebagai PSE, yang dimana salah satunya untuk tidak menyebarkan informasi/dokumentasi elektronik yang dilarang oleh peraturan perundang-undangan. Dalam praktiknya, TikTok masih menyebarkan konten pornografi, sehingga badan usaha asing tersebut wajib mempertanggungjawabkan tindakannya secara hukum dalam hal belum terpenuhi secara lengkap kewajibannya, sebagai PSE berdasarkan peraturan perundangundangan.

Social media is a new communication platform for the public, to be able to interact and exchange information using electromagnetic systems. However, with the increasing number of social media users, this is also followed by the development of pornography crimes by abusing existing social media. Therefore, social media as one of the organizers of the electronic system (PSE) in Indonesia, can be held legally responsible for pornography crimes facilitated in its electronic system. The focus of this research, will go deeper into the TikTok app, and elaborate academically on (i) how TikTok’s as a social media comply with obligations as a PSE in based on moral norms positive law in Indonesia; (ii) how TikTok's as a social media regulates restrictions on sexual content that is prohibited from being broadcast; (iii) how Tiktok's as a social media is responsible for pornographic content that is aired on its electronic system in the live streaming feature. The research method used by the author is normative juridical research, using literature research sources, as well as with the analytical nature of research and various types of supporting secondary data. The main legal basis governing social media in accordance with the results of the author's analysis is the ITE Law, the Press Law, and the Broadcasting Law. However, the author will focus the discussion on TikTok as an official PSE in Indonesia, which is regulated by derivative regulations of the ITE Law, namely Government Regulation No. 71 of 2019, and Ministerial Regulation No. 5 of 2020. The author's research is also reviewed from the main legal basis regarding pornography, namely the Pornography Law and the KUHP. Basically, the provisions have contained the rights and obligations of TikTok as a PSE, one of which is not to disseminate electronic information/documentation that is prohibited by laws and regulations. In practice, TikTok still spreads pornographic content, so the foreign business entity is obliged to legally responsible its actions based on the law, in terms of they have not fully fulfilled their obligations as a PSE based on laws and regulations."
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dita Anggraeni
"ABSTRAK
Dewasa ini, ruang dengar dan ruang pandang masyarakat mendapat suguhan baru berupa penayangan langsung proses persidangan dengan perantara media televisi. Siaran langsung pada proses persidangan mampu hadir dalam sistem peradilan pidana melalui penegakan asas terbuka untuk umum sebagai suatu jaminan perlindungan hukum terhadap hak-hak terdakwa sekaligus demi terciptanya proses fair trial persidangan yang berkeadilan . Realitasnya, siaran langsung pada proses persidangan dapat menuai dampak terhadap penerapan kaidah-kaidah hukum yang hidup didalamnya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunaan teknik pengumpulan data kualitatif, yakni melakukan wawancara langsung dengan sejumlah praktisi hukum, dan studi kepustakaan dengan membaca dokumen yang berkaitan dengan masalah yang diteliti. Hasil ini dari penelitian ini adalah Asas persidangan terbuka untuk umum sebagaimana yang diatur dalam Pasal 153 Ayat 3 KUHAP mampu menghadirkan praktik siaran langsung pada proses persidangan di Indonesia. Hal tersebut dapat terjadi disebabkan karena minimnya penjelasan baku mengenai frasa terbuka untuk umum, serta ketiadaan pengaturan lebih lanjut terhadap batasan dari umum pada Asas ini yang berimplikasi terjadinya pelanggaran pada prinsip pembuktian dan penegakan asas praduga tak bersalah melalui trial by the press.

ABSTRACT
These days, The public purview in images and sound are getting new treats in the form of live streaming of the trial process, through the form of Television. Live streaming in the trial process can appear in the criminial judicial system through the establishment of open for public principle as a guarantee of legal protection towards the rights of the accused also for the creation of fair trial process. The reality though, live broadcast in a trial process may cause impact towards the implementation of the legal principles living through it. This research is conducted using qualitative data colletion technique, which is conducting direct interview with a number of legal practitioners and literature study by reading documents related with the problem investigated. The result of this research is that the open trial for public principle as stipulated in Article 153 paragraph 3 of the Criminal Procedural Code allows live broadcast practices in trial procedures in Indonesia. This can happen due to the lack of normative explanation regarding the phrase open for public and no further regulation towards the limitation of public in this principle which implicates the violation towards the proving principle and the establishment of presumption of innocence through trial by the press. "
2017
S69031
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ali Farhan Akhmad
"Vtuber is a term that is commonly used for an entertainer that utilises a motion tracking device to mimic the real person into a 3D virtual avatar. They utilise 3D models to mimic the movement of the real person’s that impersonate it. The rise of anime pop culture in Indonesia has helped the Vtuber industry thrive in the Indonesian market, one Indonesian Vtuber called Kobo Kanaeru has shown a rapid growth. The aim of this study is to explore the Vtuber’s self branding and social identification in order to answer the following research questions. This focuses on Kobo Kanaeru’s content on her platform which is focused on YouTube. This study will utilise qualitative methods, specifically discourse analysis to explore in-depth regarding the vtuber’s social identification within the media platform such as YouTube and Twitter. From her initial stream, people saw her potential from what she would offer as a Vtuber and their expectations were met spectacularly. Kobo Kanaeru showcases her creativity as not only a Vtuber but as content creator by utilising her talent in music to strengthen her self-branding. Kobo Kanaeru case study shows that there are indeed a lot of factors that contribute towards a Vtuber’s success.

Vtuber adalah istilah yang biasa digunakan untuk seorang entertainer yang memanfaatkan alat pelacak gerak untuk meniru orang sungguhan menjadi avatar virtual 3D. Mereka menggunakan model 3D untuk meniru gerakan orang sungguhan yang menirunya. Maraknya budaya pop anime di Indonesia telah membantu industri Vtuber berkembang pesat di pasar Indonesia, salah satu Vtuber Indonesia bernama Kobo Kanaeru telah menunjukkan pertumbuhan yang pesat. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi self branding dan identifikasi sosial Vtuber untuk menjawab pertanyaan penelitian berikut. Ini berfokus pada konten Kobo Kanaeru di platformnya yang berfokus pada YouTube. Penelitian ini akan menggunakan metode kualitatif, khususnya analisis wacana untuk menggali lebih dalam mengenai identifikasi sosial vtuber dalam platform media seperti YouTube dan Twitter. Dari aliran awalnya, orang-orang melihat potensinya dari apa yang akan dia tawarkan sebagai Vtuber dan harapan mereka terpenuhi secara spektakuler. Kobo Kanaeru menampilkan kreativitasnya tidak hanya sebagai Vtuber tetapi sebagai pembuat konten dengan memanfaatkan bakatnya dalam musik untuk memperkuat citra dirinya. Studi kasus K"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Ambun Salsabila Kandung Sonda
"Fitur live streaming telah menjadi alat yang populer sebagai strategi bisnis sebagai upaya untuk membangun interaksi. Maraknya strategi ini menyebabkan perusahaan berlomba untuk membangun user stickiness, yang jika terbentuk dapat berpengaruh positif terhadap pembentukan word of mouth. Word of mouth yang positif merupakan peran penting dalam penjualan karena dianggap sebagai indikator untuk menilai produk sebelum membeli sebagai bantuan untuk mengurangi ketidakpastian dalam pengambilan keputusan. Namun, penelitian yang sudah ada tidak memberi perhatian yang cukup pada manfaat penggunaan strategi ini pada pembentukan word of mouth. Karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pembentukan word of mouth yang didapatkan oleh penggunaan live streaming menggunakan teori socio-technical approach dan attachment theory. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif melalui kuesioner online dan memiliki 12 hipotesis dengan pendekatan purposive sampling. Responden sebanyak 319 orang yang merupakan pengguna TikTok Live Shopping. Analisis data dilakukan menggunakan SmartPLS. Hasil yang didapatkan adalah live streaming memiliki dampak positif terhadap pembentukan user stickiness dan word of mouth. Streamer memiliki pengaruh cukup besar pada interaksi dengan penonton live streaming, pembentukan platform attachment, user stickiness, dan word of mouth. Penelitian ini menemukan bahwa vicarious expression tidak berpengaruh positif terhadap platform attachment. Penelitian ini memberikan kontribusi kepada praktisi bisnis di Indonesia untuk memanfaatkan live streaming sebagai strategi untuk mempertahankan konsumen dengan menjadi lebih dekat dengan konsumen, dan mengisi celah dalam penelitian sebelumnya yang hanya mempertimbangkan loyalitas suatu brand dalam bentuk transaksi saja, yaitu bantuan teoritis yang mempelajari hubungan antara user stickiness terhadap pembentukan word of mouth pada platform live streaming.

Live streaming has been a popular tool as a selling strategy in an attempt to promote interaction, which drove businesses to compete to build user stickiness that later have a positive effect on word of mouth. Word of mouth plays an important role in business since it is viewed as an indicator to evaluate the product before buying to help eliminate uncertainty in decision making. However, past research does not give enough attention to the benefits of using live streaming in the forming of word of mouth. Therefore, the goal of this research is to see the forming of word of mouth formed by the use of live streaming using the socio-technical method and attachment theory. There are a total of 12 hypotheses in this quantitative research. Purposive sampling was used to collect data through the distribution of online questionnaires. Respondents were 319 TikTok Live Shopping users, examined using SmartPLS. The result is live streaming has a positive effect on user stickiness and word of mouth. Streamers have a big influence on interaction with the audience, building platform attachments, user stickiness, and word of mouth, so that marketers may maximize the use of live streaming by working with the most suitable streamers. This research also found that vicarious expression has no positive effect on platform attachment. This research contributes to business practitioners in Indonesia by using live streaming as a strategy to retain consumers by being closer to consumers, and fills the gaps in previous research that only considered brand loyalty in the form of transactions by giving theoretical support for studying the relationship between user stickiness and the forming of word of mouth on the live streaming platform. "
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muchammad Fahmy Septiaddy
"Perkembangan lanskap digital mendorong terjadinya perubahan massif diberbagai
aspek kehidupan manusia khusus perilaku konsumsi. Hal ini mendorong banyak usaha
masuk kedalam lanskap digital dengan pendekatan yang berbeda dalam
mengkomunikasikan produk yang dijual. Keberadaan pandemic Covid-19 mendorong
banyak masyarakat mulai menggunakan platform perdagangan elektronik seperti tiktok
live dalam pemenuhan kebutuhannya salah satunya adalah suplemen Kesehatan seperti
obat herbal. Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam lanskap komunikasi digital diperlukan
dalam mengkomunikasikan produk obat herbal tersebut kepada para pembeli. Salah satu
bentuk strategi komunikasi digital itu adalah melalui Social Presence, dimana para penjual
memberikan rasa kehadiran bagi para pembelinya dalam mengkomunikasikan produk obat
herbal yang diperjual-belikan. Penulisan ini akan berfokus pada pembentukkan strategi
komunikasi Social Presence dalam komunikasi yang termediasi oleh komputer, yang salah
satunya terlihat dalam transaksi jual-beli obat herbal dalam aplikasi tiktok live. Penulisan
ini bertujuan untuk untuk menganalisa strategi komunikasi pemasaran social presence
dalam live commercial shopping produk obat herbal bio insuleaf. Teori kehadiran
(Presence theory) menunjukkan bahwa ketika orang merasakan kehadiran yang kuat di
lingkungan atau situasi tertentu (dalam hal ini lingkungan virtual), mereka lebih mungkin
untuk terlibat dan dipengaruhi oleh lingkungan atau situasi itu (dalam hal ini adalah live
commercial shopping). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan
paradigma penelitian deskriptif untuk menjelaskan dan menganalisis kasus yang muncul
yaitu penjual-belian obat herbal melalui tiktok live.

The development of the digital landscape encourages massive changes in various aspects
of human life, especially consumption behavior. This has driven many businesses into the
digital landscape with different approaches to communicating the commodities they sell.
The existence of the Covid-19 pandemic has encouraged many people to start using
electronic trading platforms such as tiktok live to fulfill their needs, one of which is health
supplements such as herbal medicines. Integrated Marketing Communications in the
digital communication landscape is needed in communicating these herbal medicinal
products to buyers. One form of digital communication strategy is through social presence,
where sellers provide a sense of presence for their buyers in communicating the herbal
medicinal commodities being traded. This paper will focus on establishing a
communication strategy for social presence in computer-mediated communication, one of
which can be seen in the buying and selling of herbal medicines in the tiktok live
application. This writing aims to analyze the social presence marketing communication
strategy in live commercial shopping for bio insuleaf herbal medicinal commodities.
Presence theory suggests that when people feel a strong presence in a particular
environment or situation (in this case a virtual environment), they are more likely to be
involved in and influenced by that environment or situation (in this case is live commercial
shopping). This study uses a qualitative approach, with a descriptive research paradigm to
explain and analyze cases that arise, namely the sale and purchase of herbal medicines
through live tiktok.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ayushita Btariputri Pramordawardani
"Penelitian ini membahas mengenai pengaruh karakteristik interaksi sosial terhadap pembelian impulsif pada live streaming commerce. Atas dasar parasocial interaction dan social presence yang bisa diciptakan live streaming commerce, peneliti mengidentifikasi pengaruh karakteristik interaksi sosial konsumen berupa sense of loneliness, real-life social avoidance, empathy ability, dan mutual assistance terhadap pembelian impulsif. Data dikumpulkan dari 238 responden yang pernah menonton dan membeli produk pada live streaming commerce. Data dianalisis menggunakan metode PLS-SEM melalui perangkat lunak SmartPLS 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa real-life social avoidance dan empathy ability memiliki pengaruh positif terhadap parasocial interaction, sedangkan sense of loneliness tidak signifikan. Selanjutnya, empathy ability dan mutual assistance memiliki pengaruh positif terhadap social presence. Lebih dari itu, parasocial interaction dan social presence memiliki pengaruh positif terhadap pembelian impulsif pada live streaming commerce. Hasil karakteristik interaksi sosial yang berpengaruh positif yaitu real-life social avoidance, empathy ability, dan mutual assistance juga memiliki pengaruh tidak langsung terhadap pembelian impulsif pada live streaming commerce melalui parasocial interaction dan social presence.

This research discusses the effect of social interaction characteristics on impulsive purchase in live streaming commerce. On the basis of parasocial interaction and social presence resulted from live streaming commerce, this research aims to identify how consumer social interaction characteristics in the form of a sense of loneliness, real-life social avoidance, empathy ability, and mutual assistance stimulates impulsive purchase. The data is collected from 238 respondents who had watched and purchased product(s) on live streaming commerce. Data were analyzed using the PLS-SEM method via SmartPLS 4 software. The results shows that real-life social avoidance and empathy ability have a positive effect on parasocial interaction, while the sense of loneliness is not significant. Furthermore, empathy ability and mutual assistance have a positive influence on social presence. Both parasocial interaction and social presence have a positive influence on impulse purchases in live streaming commerce. The results of social interaction characteristics that have a positive influence, which are real-life social avoidance, empathy ability, and mutual assistance also have an indirect effect on impulsive purchase in live streaming commerce through parasocial interaction and social presence."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aldi Naufal Fitrah
"Dengan bertambahnya jumlah pengguna internet seiring waktu, bertambah pula jumlah data yang dihasilkan dari aktivitas yang berasal dari media sosial. Data tersebut dapat digunakan untuk berbagai keperluan, salah satunya untuk keperluan moderasi supaya aktivitas pengguna internet tetap tunduk pada hukum yang berlaku. Namun, diperlukan cara yang optimal untuk melakukan proses tersebut mengingat data yang jumlahnya sangat besar. Penelitian ini mengajukan sebuah platform yang dapat menjadi salah satu pilihan untuk memproses data media sosial yang berjumlah besar tersebut. Rancangan platform pada penelitian ini ditujukan untuk dapat memiliki throughput yang besar. Selain itu, platform dirancang untuk dapat dimodifikasi demi memenuhi berbagai kebutuhan. Karenanya, aspek extensibility juga menjadi perhatian utama dalam proses pengembangan platform. Kedua tujuan utama dalam pengembangan platform ini dapat diwujudkan dengan bantuan sebuah klaster Apache Kafka yang membuat platform memiliki sifat loosely-coupled dan juga extensible. Dengan berpusat pada klaster Apache Kafka, proses pengolahan data yang ada dapat dilakukan secara paralel, dan terbukti dapat meningkatkan throughput dari platform secara keseluruhan. Sebagai pembanding, penelitian ini diuji coba dengan suatu skenario bersama dengan platform Tweetream yang dikembangkan oleh Susanto (2022). Hasil dari uji coba tersebut membuktikan bahwa platform pada penelitian ini dapat mengungguli Tweetream.

As the number of internet users increases over time, so does the amount of data generated from activities originating from social media. This data can be used for various purposes, one of which is for moderation purposes so that the activities of internet users remain subject to applicable laws. However, an optimal way to do the process is needed considering the huge amount of data. This research proposes a platform that can be one of the options for processing large amounts of social media data. The design of the platform in this research is intended to have a large throughput. In addition, the platform is designed to be modifiable to meet various needs. Therefore, extensibility is also a major concern in the platform development process. These two main objectives in the development of the platform can be realized with the help of an Apache Kafka cluster that makes the platform loosely-coupled and extensible. By centering on the Apache Kafka cluster, the data processing can be done in parallel, which has been proven to increase the throughput of the platform as a whole. For comparison, this study was tested in a scenario with the Tweetream platform developed by Susanto (2022). The results of the test proved that the platform in this study can outperform Tweetream."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Patricia Chania Addy Putri
"TikTok Shop merupakan sebuah fitur yang diluncurkan oleh TikTok pada bulan April 2021 yang memfasilitasi pengguna untuk melakukan transaksi jual beli di dalam aplikasi TikTok secara langsung. TikTok Shop dikategorikan sebagai social commerce karena merupakan gabungan dari media sosial dan e-commerce. TikTok Shop memudahkan penjual untuk mendaftarkan toko mereka secara virtual dan menyediakan fitur live streaming agar pembeli dapat membeli barang atau jasa dari penjual secara langsung (real time). Artikel ini menganalisa bagaimana pengguna TikTok Shop melakukan pembelian impulsif dalam live streaming TikTok Shop dengan menggunakan metode penelitian studi literatur. Hasil analisis menunjukkan bahwa terjadinya pembelian impulsif pada live streaming TikTok Shop salah satunya didorong oleh emosi positif yang dirasakan pengguna ketika mendapatkan diskon dalam sesi live streaming tersebut.

TikTok Shop is a feature launched by TikTok in April 2021, enabling users to conduct buying and selling transactions directly within the TikTok application. Classified as social commerce, TikTok Shop merges elements of social media and e-commerce. TikTok Shop streamlines the process for sellers to register their virtual stores and provides live streaming features, allowing buyers to purchase goods or services directly from sellers in real-time. This article analyzes how TikTok Shop users engage in impulsive purchases during TikTok Shop's live streaming through the literature study research method. The analysis results indicate that impulsive buying during TikTok Shop live streaming is, in part, driven by the positive emotions users experience when encountering discounts during these live sessions.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Anwar Hasyim
"Penelitian ini membahas faktor-faktor yang berpengaruh terhadap intensi pembelian dan ekuitas merek yang dimiliki oleh online influencer dalam menggunakan fitur siaran langsung pada aplikasi TikTok di Indonesia. Penelitian ini melaksanakan survei terhadap 248 responden yang berusia 18 hingga 24 tahun, pernah menggunakan fitur live streaming di TikTok dan berdomisili di Indonesia. Adapun metode penyebaran kuesioner dilakukan secara online menggunakan Google Form dan dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan software pengolahan data LISREL dan SPSS. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa ideal-self congruity pada self-congruity theory dan virtual interactivity terbukti memengaruhi online influencer’s brand equity secara signifikan yang selanjutnya akan berpengaruh terhadap purchase intention melalui brand awareness, brand image, dan brand loyalty secara berurutan.

This study discusses the factors that influence purchase intention and brand equity owned by online influencers through the usage of live streaming features on the TikTok app in Indonesia. This study conducted a survey of 248 respondents aged 18 to 24 years, ever used live streaming feature in TikTok, and lived in Indonesia. The questionnaire distribution method was collected online using Google Form and analyzed using Structural Equation Modeling (SEM) with LISREL and SPSS data processing software. The results in this study show that ideal self-congruity in self-congruity theory and virtual interactivity are proven to significantly affect online influencer's brand equity which will further affect purchase intention through brand awareness, brand image, and brand loyalty respectively."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>