Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 149036 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Mulyana Mulyana
"Artikel ini memaparkan temuan penelitian pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam pembelajaran di madrasah. Penelitian difokuskan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya pemanfaatan TIK dalam pembelajaran di madrasah. Studi kasus dilakukan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kabupaten Bandung Barat Provinsi Jawa Barat. Penelitian lapangan dilakukan pada bulan Februari-Maret 2018. Pengumpulan data memadukan teknik observasi, wawancara, studi dokumen, dan Focus Group Discussion (FGD). Penelitian ini menemukan bahwa secara umum tingkat pemanfaatan TIK dalam pembelajaran di MAN 1 Bandung Barat tergolong rendah. Rendahnya pemanfaatan TIK dalam pembelajaran disebabkan oleh beberapa faktor berikut: kompetensi TIK guru secara umum masih rendah; Infrastruktur TIK pada madrasah yang diteliti masih terbatas, dan belum adanya kebijakan yang jelas, baik di tingkat madrasah maupun Kantor Kementerian Agama, terkait upaya peningkatan pemanfaatan TIK dalam pembelajaran di madrasah."
Jakarta: Balai Penelitian dan Pengembangan Agama, 2019
297 JPAM 32:1 (2019)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Soekartono
"Keputusan mengadopsi teknologi komunikasi yang dilakukan oleh Lembaga lnformasi Nasional (LIN) merupakan keputusan yang diambil oleh pihak manajemen karena adanya suatu kebutuhan dalam melaksanakan tugas dan fungsi organisasi. Penelitian ini bertujuan mengetahui proses penerapan teknologi komunikasi di Lembaga lnformasi Nasional dan penerimaan individu pada tingkat pengguna dan pengelola. Kerangka pemikiran menggunakan teori difusi inovasi, sedangkan metode yang digunakan adalah Studi kasus tunggal dengan analis multi level, yaitu level organisasi dan level lndlvidu.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi teknologi komunikasi tidak dikuti dengan penyesuaian struktur organisasi yang menampung aktivitas teknologl komunikasi menyebabkan penerapan teknologi komunikasi tidak optimal dalam menujang kinerja organisasi Untuk ltu peneliti merekomendasikan agar suatu organisasi ketika mengimplementasi hasil adopsi teknologi komunikasi agar dilakukan melalui tahapan yang tertuang dalam rencana induk organisasi."
Depok: Universitas Indonesia, 2005
T21636
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Satya Herlina Armananti
"

Kebijakan Kampus Merdeka sebagai kebijakan baru membutuhkan dukungan dan komitmen dari stakeholder yang terlibat. Kurangnya pemahaman stakeholder yang diperlihatkan dengan adanya pro dan kontra dapat mengakibatkan implementasi kebijakan tidak berjalan optimal. Pengelolaan stakeholder communication yang tepat diperlukan guna menumbuhkan pemahaman sehingga tercipta dukungan dan komitmen dari stakeholder. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengelolaan stakeholder communication dalam implementasi kebijakan Kampus Merdeka. Penelitian ini menggunakan paradigma postpositivistik, pendekatan kualitatif, dan strategi penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan pengelolaan stakeholder communication dalam implementasi kebijakan Kampus Merdeka belum optimal dilihat dari analisis stakeholder yang belum dilakukan secara mendalam. Strategi komunikasi yang dilakukan oleh humas dalam implementasi kebijakan Kampus Merdeka lebih bersifat informatif. Strategi persuasif juga sudah diterapkan untuk menumbuhkan pemahaman stakeholder, sementara strategi dialog belum diterapkan secara maksimal.

 


Kampus Merdeka as new policy requires the support and commitment of stakeholders who involved. Lack of stakeholders understanding can cause the implementation of the policy not running optimally. Stakeholder communication needs to be done by organization approriately in order to foster understanding so as to create support and commitment from stakeholders. This study aims to analyze the management of stakeholder communication in the implementation of Kampus Merdeka policy. This study uses a post positivism paradigm, a qualitative approach, and a case study as research strategy. Data collection techniques through interviews and document studies. The results showed that management of stakeholder communication in the policy implementation was not optimal, as seen from stakeholder analysis that had not been done in depth. Government public relations are more likely to use informative strategy in implementing Kampus Merdeka policy. Persuasive strategy has also been implemented to foster stakeholder understanding, while the dialogue strategy has not been implemented maximally.

 

"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Della Oktaviany
"PT Pos Indonesia adalah sebuah perusahaan Perseroan Terbatas (PT) yang menyediakan layanan pengiriman surat-surat serta barang. Salah satu layanan yang diberikan oleh PT Pos Indonesia yaitu dengan SMS Tracking. Berdasarkan hasil kuesioner yang dilakukan, hanya sekitar 10% pengguna layanan pengiriman barang di PT Pos Indonesia Kota Palembang yang mengetahui adanya layanan SMS Tracking. Hal inilah yang menjadi landasan penulis untuk melakukan penelitian terkait layanan SMS Tracking.
Model penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah berdasarkan Technology Acceptance Model (TAM) yang telah dikembangkan dengan menambahkan variabel berdasarkan penelitian-penelitian sebelumnya. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, dan pengolahan data dilakukan menggunakan Partial Least Square (PLS) dibantu dengan aplikasi SmartPLS.
Hasil dari penelitian ini adalah model penerimaan pengguna layanan SMS Tracking dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Berdasarkan hasil analisa, faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan layanan SMS Tracking adalah Persepsi Kemudahan, Persepsi Kegunaan, Sikap Terhadap Penggunaan, Persepsi Nilai Uang, Kenyamanan, Perilaku Penggunaan, dan Penggunaan SMS Tracking.

PT Pos Indonesia is a Limited Liability Company which provide service of delivery letters and stuff. One of the services provided by PT Pos Indonesia is SMS Tracking. Based on the results of the questionnaire were made before​​, only about 10% users of the PT Pos Indonesia Palembang who is aware about SMS Tracking.
The research model used in this study is based on the Technology Acceptance Model (TAM) which has been developed by adding variables based on previous studies. Methods of data collection using a questionnaire, and data processing was performed using Partial Least Square (PLS) assisted with the application SmartPLS.
The results of this study is a model of user acceptance of SMS Tracking and factors that influence it. Based on the analysis, the factors that influence the acceptance of SMS Tracking is Perceived Ease, Perceived Usefulness, Attitudes Towards Use, Perceived Value of Money, Leisure, Usage Behavior, and SMS Usage Tracking.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2014
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Maharani Karlina Ch
"ABSTRAK
Studi ini memberikan gambaran mengenai hasil produksi karya penggemar yang
diciptakan oleh penggemar dewasa My Little Pony: Friendship is Magic, atau
Brony. Penelitian ini juga memberikan gambaran karakteristik karya penggemar
berikut hal-hal yang menyertai proses produksi sebagai bagian dari budaya
partisipatif penggemar. Penelitian ini dikaji dengan menggunakan metode
kualitatif dan pendekatan studi kasus. Peneliti menemukan bahwa karya
penggemar yang dilakukan oleh Brony memiliki keragaman baik dari segi
medium maupun konten, terdapat adanya penyesuaian konten karya penggemar
yang dilakukan penggemar yang perlu diwaspadai dan dihadapi dengan hati-hati,
dan aktivitas antara produksi dan konsumsi karya penggemar yang tidak dapat
dipisahkan satu sama lain.

ABSTRACT
This study provides a portrayal of fan works coming from My Little Pony:
Friendship is Magic adult fans, or Brony. This study also gives a description of
its characteristic as well as things that follows its production process as part of
participatory culture, such as gatekeeping, categorization, and economical
exchange. This study is conducted with qualitative method and case-study
approach. Researcher found that fan works done by Bronies vary in medium and
content, appropriated?which has to be handle with caution, and that the activity
of production and consumption cannot be separated nor has a clear distinction in
realm of fandom."
2015
S58744
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Desta Rianto
"Seiring dengan perkembangan teknologi dan informasi, keterbatasan frekuensi yang tersedia serta kebutuhan akan kualitas informasi semakin meningkat. Permasalahan tersebut dapat diatasi salah satunya dengan sistem transmisi digital. Dengan sistem transmisi digital, sinyal yang telah dilakukan pengolahan sinyal seperti pengkodean yang terdapat pada sistem digital, masih dapat menghasilkan kualitas sinyal yang baik serta dapat menghemat kanal frekuensi yang jumlahnya terbatas. Salah satu contoh digitalisasi adalah Terrestrial Digital Audio Broadcast (T-DAB) dimana sistem ini sudah diterapkan di banyak negara karena keunggulannya dibanding sistem analog.
Salah satu permasalahan tentang kualitas siaran radio di daerah perbatasan seperti di pulau Batam dapat diselesaikan dengan sistem T-DAB. Namun demikian, harus diperhatikan sistem DAB di daerah lain (dalam hal ini negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia). Perancangan sistem T-DAB di Batam harus memperhatikan banyak hal, antara lain frekuensi kerja, bandwidth, rasio proteksi (PR), co-channel, dan adjacent-channel. Selain itu juga harus diperhatikan kuat medan minimum yang harus terpenuhi agar informasi dapat tersampaikan dengan jelas. Sehingga sistem yang akan dibuat harus memperhitungkan ketinggian antenna dan daya yang dipancarkan.
Pada skripsi ini dirancang dan dioptimasi sistem T-DAB untuk daerah pulau Batam dengan kemampuan minimum dapat melayani lebih dari 90% populasi serta memenuhi PR yang disyaratkan dengan sistem T-DAB di negara tetangga Malaysia dan Singapura. Hasil simulasi menggunakan 1 pemancar dengan daya sebesar 20 kW dapat melayani hingga 94% populasi di daerah pulau Batam. Namun untuk dapat melayani lebih optimal melayani hingga 99% populasi di pulau Batam, maka digunakan 2 pemancar dengan daya masing-masing 1kW dan tetap memenuhi PR yang dipersyaratkan.

Along with the development of technology and information, the need of quality information is increasing and the reserved frequency spectrum are limited. These problems can be solved by using digital transmission system. With digital transmission system, the signal that has been processed such as coding still can provide high quality signal and save limited frequency channel. One of the digital transmission system is Terrestrial Digital Audio Broadcast (T-DAB) system which has been implemented in many countries because of this advantages over the analog system.
The problem of radio transmission quality in border area, like Batam, can be solved by T-DAB system. However, we should pay attention to T-DAB system in other area (in this case the neighboring countries such as Singapore and Malaysia). The design of T-DAB system in Batam must consider many things, such as working frequency, bandwidth, protection ratio, co-channel, and adjacent-channel. Moreover we also have to pay attention to the minimum field strength to fullfill the standard so the information can be sent clearly. In order to achieve the standard, the system which is going to be implemented must calculate the antenna position and radiated power.
In this final project, the system is designed and optimized for T-DAB system in Batam island with minimum capability to serve more than 90% of the population and required to meet PR standard for T-DAB system in Malaysia and Singapore. The simulation result shows that to cover up to 94% of population in Batam we can use 1 transmitter with 20 kW radiated power. In order to serve the optimal number up to 99% population, 2 transmitter are used with 1 kW radiated power each that still meet the PR standard.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S61278
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Esa Yolanda Putri
"ABSTRAK
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi mengharuskan institusi pendidikan untuk memanfaatkan sistem pembelajaran elektronik untuk meningkatkan efektifitas dan fleksibilitas pembelajaran. Penelitian ini membahas penggunaan MOODLE sebagai sebuah aplikasi pada pengajaran pemahaman membaca. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur keefektifan penggunaan MOODLE dalam pengajaran pemahaman membaca dan untuk menemukan korelasi antara sikap pelajar terhadap penggunaan aplikasi MOODLE dan pemahaman membaca mereka. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sampelnya adalah empat puluh pelajar SMP Perdana Kusuma Jakarta yang dibagi menjadi dua kelompok. Dua puluh pelajar berada pada kelas kontrol dan dua puluh pelajar berada pada kelas eksperimen. Hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi MOODLE dapat meningkatkan pemahaman membaca pelajar terhadap teks naratif. Selain itu, terdapat korelasi yang signifikan antara sikap pelajar terhadap penggunaan aplikasi MOODLE dan peningkatan pemahaman membaca mereka.

ABSTRACT
The development of information and communication technology ICT requires educational institutes to utilize e learning system in order to increase learning effectiveness and flexibility. The study discusses the use of MOODLE as an application in teaching reading comprehension. In this case, the students are be active, independent, and responsible. This study aimed at measuring the effectiveness of using MOODLE application in teaching reading comprehension at SMP Perdana Kusuma Jakarta and finding out the correlation between students rsquo attitude towards using MOODLE application and their reading comprehension. The research used a quantitative method. The samples were forty students of SMP Perdana Kusuma Jakarta. They were divided into two groups. Twenty students were in the control group and the other twenty students were in experimental group. The results showed that used MOODLE application can improve students rsquo comprehension of narrative texts. Moreover, there was a significant correlation between students rsquo attitude towards using MOODLE application and improvement of their reading comprehension. "
2018
T49582
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Susan Eka Septyarini
"Self service technology SST cukup banyak tersedia di Indonesia, myGraPARI merupakan satu-satunya SST dibidang telekomunikasi. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui peranan dari antecedent belief terhadap sikap dan kecenderungan untuk adopsi myGRaPARI. Antecedent belief pada penelitiain ini yaitu perceived ease of use, perceived usefulness, need of interaction dan perceived risk sebagai variabel endogen. Sikap pada penelitian ini berfungsi sebagai variabel mediasi terhadap kecenderugan untuk adopsi. Peneitian ini melibatkan 145 responden, dan data peneitian diproses dan dianaisis menggunakan metode Structural Equation Modeling SEM. Temuan dari penelitian ini yaitu perceived ease of use, dan need of interaction tidak signifikan memepegaruhi sikap konusmen unuk adopsi SST, namun perceived usefulness dan perceived risk signifikan berpengaruh terhadap sikap konsumen untuk adopsi SST.

We can found Self Service Technology SST easily in Indonesia. One of SST is myGraPARI, a SST in telecommunication. This research is to explore the roles of antecedent belief toward attitude and intention to adopt toward myGraPARI. The antecedent beliefs in this research are perceived ease of use, perceived usefulness, need of interaction and perceived risk as endogen variable. Attitude as mediating variable toward intention to adopt. This research engaged 145 respondents, the data was processed and analyzed with Structural Equation Model SEM. The findings in this research are perceived ease of use, and need of interaction have not significant influence toward attitude to adopt. However, Perceived Usefulness and Perceived risk have significant influence to attitude towards intention to adopt.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
S68400
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rizki Ramadhan
"Perkembangan teknologi mendorong munculnya media baru dalam mengkomunikasikan suatu pesan iklan. Mobile advertising merupakan salah satu media jenis baru yang memanfaatkan media telepon genggam untuk secara langsung menyampaikan suatu pesan terhadap konsumen atau target market. Dari sinilah keunggulan dari mobile advertising muncul dibandingkan oleh media lain. Mobile advertising dengan cepat di adaptasi oleh para marketer.
Untuk mengetahui respon penerimaan dari konsumen, penelitian menelti bagaimana faktor internal beliefs dari konsumen mempengaruhi attitudes mereka terhadap mobile advertising. Dengan berdasarkan pada theory of planned behaviour, attitude dengan dibantu oleh subjective norms dan perceived behavioral control nantinya akan mengukur bagaimana pengaruhnya terhadap intention dapat menjadi indikator penerimaan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan dari beliefs, attitude, intention.

Technological developments have encouraged the emergence of new media in communicating an advertising message. Mobile advertising is one of the new type, this type of advertising is to use the media cell phones to directly delivering a message to consumers or target market. From this emerged the advantages of mobile advertising than by other media. Mobile advertising quickly adapted by the marketer.
To determine the responses acceptance from consumers, the study examined how the internal factors beliefs of consumers affect the attitude towards mobile advertising. On the basis of the theory of planned behaviour, by the support of subjective norms and perceived behavioural control, attitude will show an impact on intention which can be an indicator of acceptance.
The results of this study indicate that there is a significant positive effect from the beliefs, attitude, and up to the intention.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yati Suryati
"Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi strategi komunikasi promosi yang dilakukan oleh Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia dalam mencapai target penggunanya. Peneliti menggunakan bauran pemasaran dari Kotler yang terdiri dari produk, harga, tempat, promosi, orang, proses, dan bukti fisik serta strategi komunikasi efektif dari Kotler Keller serta Belch Belch yang terdiri dari delapan unsur yaitu menentukan target audiens, menentukan tujuan komunikasi , merancang pesan promosi, menentukan saluran komunikasi, menentukan anggaran biaya, menentukan bauran promosi, mengukur hasil promosi, dan mengelola serta mengkoordinasikan komunikasi pemasaran terpadu. Penelitian menggunakan studi evaluatif dengan desain studi kasus single level analysis. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lembaga sudah memenuhi tujuh unsur strategi komunikasi efektif walaupun pelaksanaannya belum optimal. Satu unsur yang belum terpenuhi yaitu pengukuran hasil promosi.

The study objective is to evaluate the promotion communication strategy in the Center for Scientific Documentation and Information Indonesian Institute of Sciences in achieving its target users. Researchers use Kotler 39 s marketing mix on services which is consist of product, price, place, promotion, people, process, physical evidence and effective communication strategy from Kotler Keller and Belch Belch which is consisting of eight elements identifying the target audience, determining communication objective, designing the messages, selecting communication channels, Budgeting, deciding promotional mix, measuring results, and managing and coordinating integrated marketing communications. The study used an evaluative study with a single case analysis case study. Data collection by in depth interview, observation and document study. The results showed that the institute has met the seven elements of effective communication strategy although the implementation is not optimal. One element that has not been fulfilled is the measurement of promotional results.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2017
T47624
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>