Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 208003 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Rachmayanti Purawita Wardhani
"Latar belakang: Bayi prematur masih menjadi masalah kesehatan global, yang bisa menyebabkan peningkatan angka kesakitan, biaya perawatan yang tinggi, dan kematian yang tinggi, oleh karena itu kesehatan bayi prematur menjadi tantangan terbesar di seluruh negara. Penelitian ini bertujuan menganalisis efektivitas edukasi berbasis web terhadap berat badan, pengetahuan, dan keterampilan Ibu dalam pemberian ASI dan PMK pada bayi prematur.
Desain: Quasi eksperimental dengan pre test-post test with control group design.
Responden: 48 Ibu dan bayi prematur pada bulan maret sampai april 2024.
Tempat: Ruang PERINA, dan Neonatal Intensive Care Unit (NICU) RSAB Harapan Kita.
Metode: Intervensi dilakukan pada kelompok kontrol dengan menggunakan  lembar balik dan leaf leat dengan 24 responden ibu dan bayi prematur, dan kelompok intervensi 24 responden dengan menggunakan edukasi berabsis web.
Hasil: Ada perbedaan kenaikan berat badan pada kelompok intervensi dan kontrol  sesudah edukasi secara klinis dengan mean deference (MD=5.3), tetapi secara statistik tidak ada perbedaan signifikan  dengan (p>0.05), Ada perbedaan  pengetahuan secara signifikan sesudah edukasi pada kelompok intervensi dan kelompok kontrol dengan (MD:8.9; p >0.05). Ada perbedaan keterampilan Ibu dalam pemberian ASI sesudah intervensi pada kelompok intervensi dan kelompok kontrol (MD:12.1; P>0.05), Ada perbedaan keterampilan Ibu PMK secara signifikan pada kelompok intervensi dan kelompok kontrol (MD:10; p>0.05).
Kesimpulan: Hasil penelitian ini menunjukkan edukasi berbasis web dapat meningkatkan berat badan bayi prematur secara klinik,  tetapi secara statistik tidak  signifikan. Edukasi berbasis web efektif meningkatkan pengetahuan, keterampilan Ibu dalam pemberian ASI dan PMK pada bayi prematur.

Background: Preterm infants are still a global health problem, which can lead to increased morbidity, high cost of care, and high mortality, therefore the health of preterm infants is the biggest challenge in all countries. This study aimed to analyse the effectiveness of web-based education on mothers' weight, knowledge, and skills in breastfeeding and KMC in preterm infants.
Design: Quasi-experimental with pre test-post test with control group design.
Respondents: 48 mothers and preterm infants from March to April 2024.
Place: PERINA room, and Neonatal Intensive Care Unit (NICU) of RSAB Harapan Kita
Methods: The intervention was conducted in the control group using flip sheets and leaf leats with 24 respondents of mothers and premature babies, and the intervention group of 24 respondents using web-based education.
Results: There is a difference in weight gain in the intervention and control groups after education clinically with mean deference (MD = 5.3), but statistically there is no significant difference with (p>0.05), There is a significant difference in knowledge after education in the intervention group and control group with (MD: 8.9; p>0.05). There was a significant difference in breastfeeding skills between the intervention group and the control group (MD: 12.1; P>0.05), There was a significant difference in breastfeeding skills between the intervention group and the control group (MD: 10; p>0.05).
Conclusion: The results of this study indicate that web-based education is effective in improving mothers' knowledge, skills in breastfeeding and KMC in premature infants.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rachmayanti Purawita Wardhani
"Bayi prematur masih menjadi salah satu masalah kesehatan global, yang bisa menyebabkan peningkatan angka kesakitan, biaya perawatan yang tinggi, dan kematian yang tinggi. Oleh karena itu kesehatan bayi prematur menjadi tantangan terbesar diseluruh negara. Penelitian ini bertujuan menganalisis efektivitas dari penggunaan edukasi perawatan bayi prematur berbasis aplikasi web terhadap berat badan bayi, pengetahuan dan ketrampilan Ibu dalam pemberian ASI dan perawatan metode kanguru (PMK). Desain penelitian ini adalah quasi eksperimental dengan pre-test post-test with control group design, dengan pengambilan sampel secara non probability sampling menggunakan teknik conceclutive sampling Jumlah sampel sebanyak 48 ibu dan bayi prematur di RSAB Harapan Kita sesuai kriteria inklusi yang dibagi menjadi 24 responden pada kelompok kontrol yang diberikan edukasi standar RS dengan menggunakan lembar balik dan leafleat, dan 24 responden pada kelompok intervensi menggunakan aplikasi web. Analisis menggunakan independent t- test, dan Man Whitney. Hasil analisis menunjukkan tidak terdapat perbedaan kenaikan berat badan bayi prematur secara signifikan setelah tiga hari (P> 0.05; P=0.322). Terdapat perbedaan signifikan pengetahuan ibu setelah pemberian edukasi perawatan bayi prematur berbasis web dengan (P<0.05;P=0.001), keterampilan pemberian ASI (P<0.05;P=0.001), keterampilan PMK ( P<0.05;P=0.001). Hal ini berarti edukasi berbasis web efektif meningkatkan pengetahuan, dan keterampilan ibu dalam pemberian ASI, dan keterampilan dalam melakukan PMK.

Preterm infants are still one of the global health problems, which can lead to increased morbidity, high cost of care, and high mortality. Therefore, preterm infant health is the biggest challenge in all countries. This study aimed to analyse the effectiveness of using web-based preterm infant care education on infant weight, knowledge and skills of mothers in breastfeeding and kangaroo method care (KMC). The design of this study was quasi-experimental with pre-test post-test with control group design, with non-probability sampling using conceclutive sampling technique. The sample size was 48 mothers and premature babies at RSAB Harapan Kita according to the inclusion criteria which were divided into 24 respondents in the control group who were given standard hospital education using flip sheets and leafleats, and 24 respondents in the intervention group using web applications. The analysis used independent t-test, and Man Whitney. The results of the analysis showed no significant difference in weight gain of preterm infants after three days (P>0.05; P=0.322). There was a significant difference in maternal knowledge after providing web-based preterm infant care education with (P<0.05; P=0.001), breastfeeding skills (P<0.05; P=0.001), KMC skills (P<0.05; P=0.001). This means that web-based education is effective in improving mothers' knowledge, and skills in breastfeeding, and KMC skills."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Marleny Susanthy
"Pengetahuan dan keterampilan perawat dalam melakukan posisi prone pada bayi prematur memiliki peran penting karena apabila tidak dilakukan dengan tepat dapat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan bayi tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas video posisi prone berbasis telefon pintar terhadap pengetahuan, sikap dan keterampilan perawat dalam melakukan posisi prone dengan tepat. Penelitian ini menggunakan desain randomized control trial dengan melibatkan 58 perawat NICU-Perinatologi pada salah satu Rumah Sakit Rujukan di Jakarta yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan intervensi video posisi prone berbasis telefon pintar terbukti efektif meningkatkan pengetahuan, sikap dan keterampilan perawat dalam melakukan posisi prone pada bayi prematur (p<0,001, α<0,05). Penelitian memberikan saran supaya hasil penelitian ini dapat menjadi rujukan optimalisasi pengetahuan, sikap, dan keterampilan perawat dengan pemanfaatan teknologi informasi yaitu video tujuh langkah melakukan posisi prone dengan tepat berbasis telefon pintar yang dirancang dengan menarik dan memungkinkan akses secara fleksibel.

Nurses' knowledge and skills in prone positions on premature babies have an important role because if it is not done properly, it can affect the growth and development of the baby. This study was conducted to determine the effectiveness of smartphone-based prone position videos on nurses' knowledge, attitudes, and skills in performing the prone position correctly. This study used a randomized control trial design involving 58 NICU-Perinatology nurses at a Referral Hospital in Jakarta taken using a purposive sampling technique. The results showed that the smartphone-based prone position video intervention improved nurses' knowledge, attitudes, and skills in performing positions. prone in premature infants (p<0.001, <0.05). The study provides suggestions so that the results of this study can be a reference for optimizing the knowledge, attitudes, and skills of nurses by utilizing information technology, namely a seven-step video of doing the correct prone position based on a designed smartphone attractively and allows flexible access."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Melissa Selviany
"

Bayi prematur memiliki masalah imaturitas dalam mengatur suhu tubuhnya sehingga membutuhkan energi untuk menjaga suhu tubuhnya tetap stabil. Kondisi ini menyebabkan kalori yang diperoleh bayi tidak terfokus pada pertumbuhannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Perawatan Metode Kanguru (PMK) durasi enam jam terhadap kenaikan berat badan bayi prematur dan ikatan emosional ibu dan bayi. Desain penelitian ini adalah pilot study randomized control trial dengan pendekatan crossover yang melibatkan 10 bayi prematur dan ibu. Randomisasi dilakukan dengan computer generated block randomization. Penelitian dilakukan sejak April sampai Juni 2024 di Rumah Sakit Universitas Indonesia dan Alia Hospital. Responden menerima intervensi PMK selama enam jam (kelompok intervensi) dan intervensi PMK selama satu jam (kelompok kontrol). Analisis hasil menggunakan uji Wilcoxon didapatkan rerata pertambahan berat badan bayi (gr/kg/hari) pada kelompok intervensi (H1 16,4, H2 13,3, p>0.05) dan pada kelompok kontrol (H1 9,1, H2 6,6, p>0.05), dengan pertambahan berat badan lebih banyak pada kelompok intervensi namun tidak signifikan. Sedangkan untuk rerata nilai ikatan emosional ibu dan bayi yang diukur sebelum dan sesudah PMK menggunakan Postpartum Bonding Questionnaire (PBQ), analisis hasil menggunakan uji t berpasangan didapat penurunan nilai pada kelompok intervensi (14,4-9,2, p>0.05) dan pada kelompok kontrol (11,3-11,4, p>0.05). Penurunan nilai PBQ lebih banyak pada kelompok intervensi yang artinya ikatan emosional ibu dan bayi makin erat namun tidak signifikan. Intervensi PMK selama enam jam tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan berat badan bayi prematur dan penguatan ikatan emosional antara ibu dan bayi.

Kata Kunci: crossover, kenaikan berat badan per hari, perawatan metode kanguru, uji pilot.


Premature infants have immaturity problems in regulating body temperature, requiring energy to keep their body temperature stable. This condition causes the calories obtained by the baby not to focus on growth. This study aims to determine the effect of six-hour Kangaroo Mother Care (KMC) on weight gain in premature infants and mother-infant bonding. The design of this study is a pilot study randomized control trial with a crossover design involving 10 premature infants. The respondents received a six-hour KMC intervention (intervention group) and a one-hour KCM intervention (control group). The results of the study identified the average weight gain of infants in the intervention group (16.4, 13.3, p>0.05) and in the control group (9.1, 6.6, p>0.05), with more weight gain in the intervention group but not significantly. Meanwhile, for the average mother-infant bonding scores measured before and after KMC, in the intervention group (14.4, 9.2, p>0.05) and in the control group (11.3, 11.4, p>0.05). The six-hour PMK intervention does not have a significant effect on increasing weight gain in premature babies and on strengthening the emotional bond between mother and baby.

Keywords: crossover, kangaroo care method, kangaroo mother care, mother-infant bonding, premature infants"

Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Armina Puji Utari
"Pemberian ASI pada bayi prematur dapat menjadi upaya untuk menurunkan kematian bayi dan meningkatkan status kesehatannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui praktek pemberian ASI eksklusif bayi prematur dan determinannya pada Komunitas Prematur Indonesia. Penelitian menggunakan disain cross sectional, pengumpulan data melalui pengisian kuisioner online pada 108 orang anggota Komunitas Prematur Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan 31,5% ibu yang memberikan ASI eksklusif pada bayi prematur. Keyakinan ibu, pengetahuan tentang ASI, dan dukungan tenaga kesehatan berhubungan dengan pemberian ASI eksklusif bayi prematur. Keyakinan ibu merupakan faktor yang dominan berhubungan dengan pemberian ASI eksklusif, ibu yang yakin mempunyai peluang 3,6 kali untuk memberikan ASI eksklusif pada bayi prematur dibanding ibu yang tidak yakin setelah dikontrol oleh pengetahuan ibu tentang ASI dan dukungan tenaga kesehatan.

Breastfeeding in premature infants may become an effort to reduce infant mortality and improve health status. The aim of this study is to investigate the exclusive breastfeeding practices and its determinant among premature infants in Komunitas Prematur Indonesia. Cross sectional design, and self-administered online questionnaire on 108 members of Komunitas Prematur Indonesia were used in this study. The results showed that exclusive breastfeeding mothers in premature infants was 31.5 %. Self-efficaccy, mothers knowledge about breastffeeding, and health workers support are associated with exclusive breastfeeding practices in premature infants. Self-efficacy was a dominant factor associated with exclusive breastfeeding practices, mothers who are certain had 3.6 times opportunity for exclusive breastfeedingin premature infants than mothers who uncertain, once controlled by the mother's knowledge about breastfeeding and support of health workers."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2016
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Francisca Shanti Kusumaningsih
"Pendidikan kesehatan perawatan metode kanguru (PMK) merupakan usaha membimbing orang tua mencapai peran ibu dalam perawatan dan pengasuhan bayi. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh intervensi terhadap keterampilan dan kepercayaan diri ibu memberikan air susu ibu (ASI). Desain penelitian menggunakan quasi-experimental pre test and post test without control group design. Responden adalah 17 ibu yang mempunyai bayi berat lahir rendah (BBLR) di ruang perinatologi RSUP Sanglah Denpasar. Pengumpulan data menggunakan instrument kuesioner kepercayaan diri dan lembar observasi keterampilan memberikan ASI. Analisis hasil menggunakan uji paired t test. Terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan dan kepercayaan diri ibu memberikan ASI sebelum dan sesudah diberikan intervensi (keterampilan: p=0,000, α=0,05; kepercayaan diri: p=0,000, α=0,05). Pendidikan kesehatan PMK sebaiknya dijadikan prosedur tetap perawatan BBLR.

Kangaroo care health education is an attempt to guide parent achieving mother?s role in the baby care. The objective of this research was to determine the influence of kangaroo care health education on mothers skill and confidence to breastfeeding their baby. The study design used a quasi-experimental pre and post-test without control group design. Respondents were 17 mothers with low birth weight (LBW) infant in the Perinatology Sanglah Hospital in Denpasar. In the collection of the data, confidence questionnaires and breastfeeding skills observation sheets were used as instrument tool. The data was analyzed with paired t test. This research found that there were a significant influence on mother?s skill and confidence in breastfeed their baby as the result of kangaroo care health education (skills: p=0.000, α=0.05; confidence: p=0.000, α=0.05). it was recommended that kangaroo care health education is should be implemented in the care of LBW infant."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2012
T31939
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Nova Fajri
"Bayi Berat Lahir Rendah (BBLR) berisiko tinggi mengalami hipotermia. Perawatan Metode Kanguru (PMK) merupakan metode yang aman, murah, dan efektif untuk mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh edukasi PMK pada ibu BBLR di rumah sakit terhadap motivasi dan pelaksanaan PMK di rumah. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental dengan sampel sebanyak 32 ibu BBLR yang dipilih dengan teknik consecutive sampling. Analisis data menggunakan Chi-square menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan motivasi antara kedua kelompok (nilai p=1,00), tetapi pada pelaksanaan PMK di rumah terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok (nilai p=0,001). Pemberian video edukasi, diskusi, dan praktik langsung di rumah sakit direkomendasikan untuk meningkatkan kesehatan bayi berat badan lahir rendah.

Low birthweight (LBW) infants are at higher risk of developing hypothermia. Kangaroo Mother Care (KMC) is a safe, low-cost, and effective method to solve the problem. The aim of this study is to examine the effect of KMC education in motivating LBW infant?s mothers in hospital and to monitor the implementation of KMC at home. The study used quasy-experimental design including 32 LBW infant?s mothers, selected based on consecutive technique sampling. Data analysis using Chi square shows that there is no difference in mother?s motivation between the groups (p-value =1,00), but significant different occurs between the groups in practicing KMC at home (p-value=0,001). KMC education through educating video, discussion, and practice at hospital setting can be used as a recommendation to improve LBW infant care.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2015
T43520
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dyah Dwi Astuti
"Latar belakang: Keterampilan minum oral merupakan proses yang kompleks dalam perawatan bayi prematur di ruang perawatan intensif neonatus. Peningkatan keterampilan minum oral melibatkan peran serta ibu melalui pembentukan dyadic interaction untuk mengoptimalkan nutrisi bayi prematur Tujuan: Penelitian bertujuan menganalisis pengaruh Model Intervensi Keperawatan Berfokus Nutrisi terhadap keterampilan minum oral, grafik pertumbuhan bayi prematur, dyadic interaction, dan pengetahuan ibu. Metode: Penelitian mixed methods dengan pendekatan sekuensial eksploratori. Tahap I merupakan studi deskriptif kualitatif eksploratif pada 12 perawat neonatus. Tahap II adalah penyusunan model melalui analisis dan sintesis hasil penelitian tahap I dengan melibatkan tiga pakar. Tahap III adalah validasi model melalui penelitian kuasi eksperimen. Hasil: Teridentifikasi tujuh tema pada penelitian tahap I, yang selanjutnya dijadikan dasar menyusun tiga konsep model pada penelitian tahap II. Tiga konsep model tersebut meliputi: (1) Menciptakan lingkungan terapeutik untuk stimulasi keterampilan minum oral; (2) Membentuk interaksi ibu dengan bayi prematur untuk mengoptimalkan pemberian nutrisi; dan (3) Melibatkan peran serta ibu dan keluarga dalam persiapan perawatan bayi prematur dengan ketidakmampuan minum oral di rumah. Perangkat model yang dihasilkan adalah modul, buku kerja, dan selebaran. Analisis GLM Repeated Measure menunjukkan perbedaan keterampilan minum oral (p value < 0,001), berat badan (p value 0,64), panjang badan (p value 0,72), lingkar kepala (p value 0,28), dyadic interaction (p value < 0,001), pengetahuan ibu (p value < 0,001). Simpulan: Model Intervensi Keperawatan Berfokus Nutrisi efektif meningkatkan keterampilan minum oral, dyadic interaction, pengetahuan ibu, namun belum bermakna terhadap grafik pertumbuhan. Saran: Model Intervensi Keperawatan Berfokus Nutrisi dapat diimplementasikan di ruang perawatan intensif neonatus.

Background: Oral feeding skills are a complex process in the care of premature infants in the neonatal intensive care unit. Improving oral feeding skills involves maternal participation through the formation of dyadic interaction to optimize optimize premature infant nutrition. Objective: The study aimed to analyse the impact of the Nutrition-Focused Nursing Intervention Model on oral feeding skills, growth charts of premature infants, dyadic interaction, and maternal knowledge. Method: This mixed-methods study used a sequential exploratory approach. Stage I was an exploratory descriptive qualitative study involving 12 neonatal nurses. Stage II involved developing a model through analysis and synthesis of the results from Stage I, with input from three experts. Stage III was a model validation through quasi-experimental research. Result: Seven themes were identified in Stage I, which became the basis for developing three model concepts in Stage II. The three model concepts included: (1) Creating a therapeutic environment for stimulating oral feeding skills; (2) Forming interactions between mothers and premature infants to optimize the nutrition; and (3) Involving mothers and families in preparing for the care of premature infants with oral feeding disabilities at home. The resulting model tools included a module, workbook, and leaflet. GLM Repeated Measures analysis showed differences in oral feeding skills (p-value < 0.001), body weight (p-value 0.64), body length (p-value 0.72), head circumference (p-value 0.28), dyadic interaction (p-value < 0.001), and maternal knowledge (p-value < 0.001). Conclusion: The Nutrition-Focused Nursing Intervention Model effectively improved oral feeding skills, dyadic interaction, and maternal knowledge, but did not significantly affect growth charts. Suggestion: The Nutrition-Focused Nursing Intervention Model can be implemented in neonatal intensive care units."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2024
D-pdf
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ulfia Fitriani Nafista
"Pendahuluan : Malnutrisi merupakan salah satu masalah nutrisi yang banyak banyak terjadi pada anak-anak di seluruh dunia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh edukasi nutrisi terhadap pengetahuan, sikap ibu dan berat badan anak. Metode : Desain penelitian ini menggunakan quasi experiment dengan kelompok pre post test dengan kelompok kontrol. Pengumpulan data menggunakan kuesioner KAP yang berasal dari FAO. Hasil : Hasil penelitian ini didapatkan bahwa usia rata-rata ibu yang menjadi responden ≥ 30 tahun, sebagain besar ibu adalah ibu rumah tangga, ibu memiliki anak tunggal dan ≥ 2 orang, pendidikan mayoritas SMA, dan memiliki penghasilan ≥ UMR Kabupaten Jember. Berdasarkan analisis didapatkan bahwa setelah edukasi menggunakan PMBA dengan konsep pendekatan action-oriented-group pada kelompok intervensi mampu meningkatkan pengetahuan lebih tinggi dibanding kelompok kontrol , nilai p value untuk pengetahuan adalah 0,000, sikap ibu (p value 0,000) dan berat badan anak memiliki rerata 331,42 gram lebih tinggi dari kelompok kontrol dengan p value 0.000. Kesimpulan : Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa edukasi kesehatan tentang makan sesuai rekomendasi WHO dengan PMBA melalui pendekatan action-oriented-group mampu meningkatkan pengetahuan, sikap ibu dan berat badan anak secara signifikan

Introduction : Malnutrition is among children's most common nutritional problems worldwide. This study aims to analyze nutrition education's effect on mothers' knowledge, attitudes, and children's weight. Methods: The design of this study used a quasi-experimental with a pre-post test with a control group. Data collection using KAP questionnaires from FAO. Results: This study found that the average age of the mothers who became respondents was over 30 years, most of the mothers were housewives, mothers had more than 2 children, and the majority of them were high school education and had an income ≥ UMR Jember Regency. Based on the analysis, it was found that after education using PMBA with the concept of the action-oriented-group approach, and the intervention group was able to increase knowledge higher than the control group; the p-value for knowledge was 0.000, the mother's attitude (p-value 0.000) and the child's weight had an average of 331.42 grams higher than the control group with a p-value of 0.000. Conclusion: This study shows that health education about eating according to WHO recommendations with PMBA through an action-oriented-group approach can significantly increase knowledge, and attitudes toward mothers and children's weight."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nopi Nur Khasanah
"[ABSTRAK
Kemampuan ibu mengenal isyarat bayi sangat bervariasi dan penting bagi perkembangan bayi prematur. Penelitian ini mengidentifikasi pengaruh pemberian edukasi melalui buku saku pada kelompok kontrol, di sisi lain video berdurasi 10,51 menit dan ?kartu isyarat? sebagai latihan identifikasi isyarat bayi prematur diberikan pada kelompok intervensi. Rancangan menggunakan eksperimen acak terkontrol dengan teknik pretest posttest equivalent group melibatkan 30 ibu dan bayi prematur. Instrumen untuk menilai interaksi ibu-bayi yang digunakan adalah Modified Observation of Communication Interaction. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh pemberian edukasi terhadap skor interaksi ibu-bayi yang meningkat bermakna pada kelompok intervensi (p=0,005) dan kelompok kontrol (p=0,011), serta terdapat perbedaan yang bermakna antara kedua kelompok (p=0,015). Peningkatan pemahaman ibu tentang identifikasi isyarat bayi prematur sebaiknya menggunakan video dan latihan.

ABSTRACT
Mother?s ability to recognize cues were varies greatly and it is important for infants development. This study was to examine the impact of education method using booklet on controled group, on the other hand 10,51 minutes video and ?cues card? to recognize directly are given on intervention group. This study used a randomized controled trial with pretest posttest equivalent group design. Thirty mothers and premature infants were selected. A Modified Observation of Communication Interaction used to observe mother-infant interaction. The result shown a significant effect of education on mother-infant interaction?s score that increase significantly in the intervension group (p=0,005) and controled group (p=0,011), there were different mean between two group (p=0,015). To improve understanding?s mother of premature infants cue should use video and training
, Mother’s ability to recognize cues were varies greatly and it is important for infants development. This study was to examine the impact of education method using booklet on controled group, on the other hand 10,51 minutes video and ‘cues card’ to recognize directly are given on intervention group. This study used a randomized controled trial with pretest posttest equivalent group design. Thirty mothers and premature infants were selected. A Modified Observation of Communication Interaction used to observe mother-infant interaction. The result shown a significant effect of education on mother-infant interaction’s score that increase significantly in the intervension group (p=0,005) and controled group (p=0,011), there were different mean between two group (p=0,015). To improve understanding’s mother of premature infants cue should use video and training
]"
2015
T44412
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>