Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 161269 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Syarianna Diah Rabyanti
"Penelitian ini mengkaji bagaimana pengalaman anggota komunitas penggemar superhero di media sosial memengaruhi keterikatan mereka pada komunitas tersebut, serta bagaimana keterikatan ini pada akhirnya membentuk pandangan mereka terhadap merek dan keinginan untuk membeli tiket film bioskop superhero. Penelitian ini melibatkan 276 responden dari tiga generasi (X, Y, dan Z) yang aktif dalam komunitas penggemar superhero di media sosial. Dengan menggunakan metode kuantitatif dan analisis structural equation modelling (SEM), penelitian ini menemukan bahwa sebagian besar aspek community experiences di media sosial, seperti pengalaman mendapatkan informasi, hiburan, kesamaan dengan anggota lain, dan pengalaman emosional, berpengaruh besar pada seberapa kuat seseorang merasa terikat dengan komunitas tersebut. Namun, pengalaman yang didasarkan pada hubungan tidak memiliki pengaruh yang signifikan. Temuan ini memberikan pemahaman berharga bagi para pemasar dan pengelola komunitas penggemar superhero di media sosial. Dengan memahami bagaimana pengalaman komunitas memengaruhi keterikatan dan selanjutnya sikap terhadap merek serta niat beli, mereka dapat merancang strategi yang lebih efektif untuk memperkuat hubungan dengan anggota komunitas, meningkatkan citra merek, dan mendorong penjualan tiket film bioskop superhero.

This study examines how the experiences of superhero fan community members on social media influence their attachment to the community, and how this attachment ultimately shapes their brand perceptions and willingness to purchase superhero movie tickets. The study involved 276 respondents from three generations (X, Y, and Z) who are active in superhero fan communities on social media. Using quantitative methods and structural equation modeling (SEM) analysis, the study found that most aspects of community experiences on social media, such as experiences of gaining information, entertainment, similarity with other members, and emotional experiences, have a large influence on how strongly a person feels attached to the community. However, relationship-based experiences did not have a significant influence. These findings provide valuable insights for marketers and managers of superhero fan communities on social media. By understanding how community experiences influence attachment and subsequently brand attitudes and purchase intentions, they can design more effective strategies to strengthen relationships with community members, enhance brand image, and drive superhero movie ticket sales."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andrea Kirana Anggreni
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari Social Networking Site (SNS) Brand Community Experience dan SNS Brand Community Commitment terhadap Brand Attitude dan Repurchase Intention dalam konteks BTS Twitter brand community. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini merupakan anggota aktif dari komunitas brand BTS di Twitter yang berdomisili di Indonesia, berusia 18-29 tahun dan pernah membeli produk official merchandise BTS dalam kurun waktu 3 bulan terakhir. Kuesioner menggunakan platform Google Forms dan disebarkan secara online melalui Twitter. Terdapat sebanyak 419 responden yang berhasil dikumpulkan dalam penelitian ini. Selanjutnya, data yang dikumpulkan diolah dengan metode Partial Least Square - Structural Equation Modeling (SEM) dan menggunakan software SmartPLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semua dimensi dari SNS Brand Community Experience yaitu Information Experience, Entertainment Experience, Homophily Experience dan Relationship-based Experience memiliki pengaruh positif terhadap SNS Brand Community Commitment dengan pengaruh paling besar dari variabel Entertainment Experience. SNS Brand Community Commitment juga ditemukan memiliki pengaruh positif terhadap Brand Attitude dan Repurchase Intention. SNS Brand Community Commitment juga memediasi secara positif hubungan antara SNS Brand Community Experience (IE, EE, HE, RE) dengan Brand Attitude dan Repurchase Intention. Selebihnya, Brand Attitude juga memiliki pengaruh positif terhadap Repurchase Intention dan juga memediasi antara variabel SNS Brand Community Commitment dan Repurchase Intention.

This study aims to determine the effect of Social Networking Site (SNS) Brand Community Experience and SNS Brand Community Commitment on Brand Attitude and Repurchase Intention in the context of BTS Twitter brand community. The samples used in this study are active members of the BTS brand community on Twitter who resided in Indonesia, aged 18-29 years and have purchased BTS official merchandise products within the last 3 months. The questionnaire utilized Google Forms platform and was spread online through Twitter. There was a total data from 419 respondents who were successfully collected in this study. The data collected was processed using Partial Least Square - Structural Equation Modeling (SEM) method with the SmartPLS software. The results of this study indicate that all dimensions of the SNS Brand Community Experience, namely Information Experience, Entertainment Experience, Homophily Experience and Relationship-based Experience, have a positive influence on SNS Brand Community Commitment with the greatest influence coming from the Entertainment Experience variable. SNS Brand Community Commitment was also found to have a positive influence on Brand Attitude and Repurchase Intention. Moreover, SNS Brand Community Commitment also positively mediates the relationship between SNS Brand Community Experience (IE, EE, HE, RE) with Brand Attitude and Repurchase Intention. Lastly, Brand Attitude also has a positive influence on Repurchase Intention and also mediates between SNS Brand Community Commitment and Repurchase Intention variables."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Winson Widjaja
"Skripsi ini membahas tentang pengaruh dari brand community Honda Brio yang terdiri dari brand kripsi ini membahas tentang pengaruh dari brand community Honda Brio yang terdiri dari brand community identification dan brand community commitment terhadap brand identification dan brand commitment Honda Brio dengan melihat peran mediasi dari brand attachment dan peran moderasi dari perceived community-brand similliarity. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan analisis path dalam program Smartpls 2.0.
Hasil penelitian ini membuktikan bahwa brand community secara signifikan mempengaruhi brand identification dan brand commitment, brand attachment memiliki peran mediasi yang penting sedangkan efek moderasi perceived community-brand similiariy hanya ada pada satu hubungan sedangkan efek moderasi perceived community-brand similiariy hanya ada pada satu hubungan.

This research discusses about the This research discusses about the effect of Honda Brio’s brand community which consists of brand community identification and brand community commitment on brand identification and brand commitment toward Honda Brio with the mediation role of brand attachment and moderation role of perceived community-brand similarity. Smartpls 2.0 was used to process the data.
The result of this research indicates that brand community has a significant effect on brand identification and brand commitment. Brand attachment play a full mediatin role but perceived community-brand similiarity only moderates one relation.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S55626
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Erlangga Rahadian Wibowo
"Penelitian ini membahas pengaruh dari Social Media Marketing Activities oleh suatu merek fesyen muslim (Duha Muslimwear) terhadap Attitude towards the Brand, Brand Experiences, dan Purchase Intention pada konsumen muslim. Peneliti melakukan pengambilan sampel data menggunakan self-administered questionnaire dan mendapatkan 504 responden. Ditemukan bahwa Social Media Marketing Activities oleh merek fesyen muslim mempunyai pengaruh positif terhadap sikap konsumen terhadap merek dan Brand Experience. Brand Experience juga mampu mempengaruhi Attitude towards the Brand. Sementara itu, Purchase Intention dipengaruhi positif oleh Attitude towards the Brand. Attitude towards the Brand mempunyai peran sebagai mediasi penuh terhadap pengaruh Social Media Marketing Activities dan Brand Experience terhadap Purchase Intention. Penelitian ini juga menemukan bahwa pengaruh Social Media Marketing Activities terhadap Brand Experiences lebih kuat pada grup umur muda dibandingkan dengan grup umur yang lebih tua. Pengaruh Social Media Marketing Activities terhadap Brand Experiences juga dapat menguat dengan adanya Customer Engagement dan Religiosity. Penelitian ini juga menemukan bahwa Religiositas tidak menguatkan pengaruh Social Media Marketing Activities terhadap attitude seseorang terhadap merek dan purchase intention secara signifikan. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi pelaku industri fesyen muslim atau modest fashion untuk memaksimalkan pengaruh pemasaran media sosial serta keefektifan pesannya.

This study discusses the influence of Social Media Marketing Activities by a Muslim fashion brand (Duha Muslimwear) on Attitude towards the Brand, Brand Experiences, and Purchase Intentions of Muslim consumers. Researcher took data samples using self-administered questionnaire and got 504 respondents. This study found that Social Media Marketing Activities positively influence consumer’s Attitudes towards the Brand and Brand Experience. Brand Experience also positively influence Attitude towards the Brand. Meanwhile, Attitude towards the Brand positively influence Purchase Intention. Attitude towards the Brand has a full mediation role on the influence of Social Media Marketing Activities and Brand Experience on Purchase Intention. This study also found that the influence of Social Media Marketing Activities on Brand Experiences was stronger in the younger age group than in the older age group. The influence of Social Media Marketing Activities on Brand Experiences can be strengthened by Customer Engagement and Religiosity. This study also found that religiosity did not significantly strengthen the influence of Social Media Marketing Activities on Attitude towards the Brand and Purchase Intention. The results of this study can be used as reference for Muslim fashion industry doers to maximize the influence of social media marketing and the effectiveness of the message."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lusiana
"Skripsi ini membahas mengenai gaya kepemimpinan yang diterapkan oleh Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Kota Administrasi Jakarta Selatan. Penelitian ini dilakukan pada bulan September - November tahun 2012. Adapun tujuan diadakannya penelitian ini untuk mengetahui gaya kepemimpinan yang diterapkan oleh kepala kantor dan selanjutnya melihat bagaimana pencapaian visi dan misi yang terdapat di Kantor Perpustakaan dan Arsip Kota Administrasi Jakarta Selatan. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Pengumpulan data yang dilakukan melalui kuesioner dan didukung dengan wawancara serta observasi langsung di lapangan. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan yang diterapkan oleh kepala kantor ialah gaya kepemimpinan demokrasi. Dampak dalam penerapan gaya demokrasi ini ialah sebagian besar para pegawai memahami secara jelas tupoksi yang diembannya sehingga pelaksanaan misi berjalan lancar dan hampir mengalami kemajuan yang berkesinambungan dalam mewujudkan visi yang terdapat di Kantor Perpustakaan dan Arsip Kota Administrasi Jakarta Selatan.

This thesis analyzes the leadership style which is implemented by the Head of the South Jakarta Administration Library and Archive Office. This research was conducted in September - November 2012. The aim of this research is to understand the leadership style of the head of office and to observe how it affects the achievement of the vision and mission of the South Jakarta Administration Library and Archive Office. The approach used in this research is quantitative, conducted through a survey method. Collection of the data is carried out through questionaires and supported by a interview and a direct observation on the field. Results of the research show that the leadership style of the head of the office is democratic leadership. The effects of the implementation of this democratic leadership style is that most of the employees understand clearly the tasks that they are responsible of. This results in a smooth operation of their mission, nearly resulting in a continuous progress in achieving the visions of the South Jakarta Administration Library and Archive Office."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S44746
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Shahril Shahputra Azis
"Interactivity didefinisikan sebagai kemampuan media untuk menyediakan synchronous communication dengan menekankan kecepatan respon dan kualitas informasi. Penelitian sebelumnya telah mempelajari tentang peran interactivity dalam meningkatkan secara positif involvement pelanggan terhadap mobile retail advertising. Tidak hanya interactivity, brand familiarity dan information quality juga merupakan faktor yang dapat meningkatkan involvement di dalam media sosial berdasarkan hasil penelitian lainnya yang telah dilakukan di dalam konteks media sosial. Lebih lanjut, involvement terbukti sebagai salah satu faktor yang dapat mendorong pembentukan attitude secara positif. Akibatnya, intensitas pembelian di masa depan (future purchase intention) akan meningkat karena adanya attitude yang positif terhadap suatu brand. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari peran interactivity sebagai salah satu prediktor pendukung dalam meningkatkan involvement pelanggan di dalam konteks media sosial. Data dikumpulkan dari 195 responden Indonesia yang tergolong pengguna aktif TikTok dengan rentang usia 18-48 tahun. Responden dipilih dengan menggunakan kriteria sampel yang sudah ditentukan berdasarkan dari rekomendasi penelitian-penelitian sebelumnya. Hasil menunjukkan bahwa interactivity dapat membentuk involvement secara positif di dalam media sosial sebuah brand. Sementara faktor lainnya seperti information quality dan brand familiarity memainkan peran yang lebih dominan dalam membentuk involvement pelanggan. Selain itu, keterlibatan terhadap media sosial secara positif mempengaruhi attitude yang mengarah pada intensitas pembelian yang lebih tinggi. Namun, involvement tidak terbukti menjadi salah satu faktor yang dapat meningkatkan intensitas pembelian

The ability of the media to provide synchronous communication while stressing reaction time and information quality is known as interactivity. Previous studies have looked at how interactive media can help boost consumer engagement with mobile retail advertising. Based on the findings of various research that have been undertaken in the context of social media, characteristics other than interactivity, brand familiarity and information quality are other factors that can boost involvement in social media. Additionally, engagement has been shown to be one of the elements that can promote the development of a positive attitude. As a result, a good attitude toward a brand will raise the intensity of upcoming purchases (future purchase intention). In the context of social media, this study intends to investigate the role of interactivity as one of the supportive indicators for rising customer involvement. 195 Indonesian respondents between the ages of 18 and 48 who are considered active TikTok users provided the data. Using established sample criteria based on suggestions from prior studies, respondents were chosen. The findings demonstrate how interactivity can influence the way people engage with a brand's social media. While other elements, like the quality of the information and brand recognition or familiarity, influence customer involvement more significantly. Participation in social media also has a beneficial and positive effect on attitudes, which increases the customer's intention to purchase. However, involvement was not proven to be one of the factors that escalate purchase intention."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Diana Lestari
"Influencer menjadi kunci utama konsumen dalam menentukan keputusan pembelian. Dengan kekuatan yang dimilikinya, influencer berupaya melakukan endorsement dan menciptakan merek sendiri untuk mendapatkan keuntungan komersial dan meningkatkan personal branding. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara anteseden dari consumer’s brand attitude dan purchase intention. Penelitian ini menggunakan PLS-SEM untuk mengolah data dari 385 responden berusia 16-34 tahun yang mengetahui dan/atau mengikuti akun media sosial dan belum pernah membeli salah satu merek milik influencer di Indonesia seperti Menantea, Payakumbuah, Street Boba, Secondate, By Lizzie Parra (BLP), Mother of Pearl (MOP), Lafiye, Minimslm, dan Iwearup. Hasil penelitian adalah influencer-brand congruence, brand-consumer congruence, brand authenticity, dan influencer involvement berpengaruh positif terhadap brand attitude, yang selanjutnya berpengaruh positif terhadap purchase intention. Sementara itu, consumer involvement dan influencer-consumer congruence tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap purchase intention. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti mengajukan implikasi manajerial dan saran untuk penelitian berikutnya.

Influencer is the key driver of consumer’s purchase decision. Influencers exert their power to influence consumer through endorsement and creating Influencer-Owned Brand to gain comercial opportunities and to increase personal branding. This study aims to examine the antesedent of consumer’s brand attitudes and purchase intention. This study uses Partial Least Squares Structural Equation Modelling (PLS-SEM) to analyze data from 385 respondent with 16-35 years who familiarize themselves with one of targeted Indonesian influencer owned brand and have not experienced in buying the product. The targeted influencer-owned brand involves Menantea, Payakumbuah, Street Boba, Secondate, By Lizzie Parra (BLP), Mother of Pearl (MOP), Lafiye, Minimslm, dan Iwearup. The findings is influencer-brand congruence, brand-consumer congruence, brand authenticity, and influencer involvement positively influence brand attitude, which then positively influence purchase intention. Meanwhile, consumer involvement and influencer-consumer congruence is not significantly influenced brand attitude. According to the findings, this study also proposes managerial implications and suggestions for future studies."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sinaga, Maria Juanita
"Posisi perusahaan startup lebih tidak menguntungkan dibandingkan perusahaan yang sudah mapan. Namun, kekurangan tersebut dapat dimanfaatkan sebagai teknik pemasaran yang efektif dengan mengintegrasikan cerita mengenai tantangan dan semangat pendiri untuk menghadapinya dalam biografi merek underdog brand biography . Eksperimen ini untuk mengetahui peran mediasi consumer-brand identification CBI terhadap pengaruh underdog brand biography UBB pada brand community engagement intention BCEI . Data dari kuesioner online dengan partisipan 240 warga Jabodetabek berusia 18-35 tahun yang dibagi menjadi dua kelompok. Partisipan diberikan dua manipulasi, yaitu skenario underdog dan topdog, kemudian diminta mengisi consumer-brand identification scale dan brand community engagement intention. Hipotesis diuji dengan teknik analisis regresi PROCESS dari Hayes. Hasil menunjukkan bahwa UBB berpengaruh terhadap CBI secara signifikan ? = 0,92, p < 0.01 , CBI berpengaruh terhadap BCEI secara signifikan ? = 1,97, p < 0.01 , dan CBI memediasi pengaruh UBB terhadap BCEI secara signifikan ? = -1,82 . Hasil ini menunjukkan bahwa UBB mempengaruhi BCEI konsumen melalui CBI. Implikasinya, perusahaan startup dapat meningkatkan performanya di pasar dengan menonjolkan status underdognya melalui UBB.

Startup company's position is more unfavorable than well established companies. However, this shortcoming can be utilized as an effective marketing technique by integrating the story of challenges and founders'passion to tackle it in brand biography underdog brand biography . This experiment aims to determine the mediating role of consumer brand identification CBI in the effects of underdog brand biography UBB on brand community engagement intention BCEI . Data from online questionnaire consisted of 240 Jabodetabek residents aged 18 35 years old are divided between two groups. Participants were given two manipulations, underdog scenario and topdog scenario, then were asked to fill consumer brand identification scale and brand community engagement intention scale. Hypotheses were tested using PROCESS regression analysis technique from Hayes. The analysis results showed that UBB has significant effect on CBI 0,92, p 0,01 , CBI has significanty effect on BCEI 1,97, p 0,01 , and CBI significantly mediates the effect of UBB on BCEI 1,82 . This result shows that UBB influence consumer's BCEI through CBI. The implication, startup companies can improve their performance in the market by highlighting their underdog status through UBB.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2017
S66129
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kurniadi Prastowo
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hubungan customer-centric yang ada di dalam social media based brand community hubungan pelanggan dengan produk, merek, perusahaan, dan pelanggan lainnya terhadap brand trust, dengan mengukur efek moderasi dari community engagement dan brand community types. Responden penelitian ini sebanyak 220 responden, yang berasal dari dua tipe brand community yaitu customer-initiated brand community dan company-initiated brand community. Secara umum pengukuran dilakukan dengan menggunakan metode Structural Equation Modeling. Hasil yang didapatkan dari analisis penelitian ini adalah dari keempat elemen hubungan customer-centric hubungan pelanggan dengan produk, merek, perusahaan, dan pelanggan lain , hanya hubungan pelanggan-merek yang signifikan berpengaruh terhadap brand trust, sehingga hal tersebut menarik untuk diinvestigasi lebih lanjut. Selain itu, dalam penelitian ini juga didapatkan adanya efek moderasi dari community engagement dan community types dalam hubungan customer-centric terhadap brand trust.

ABSTRACT
This study aims to understand the influence of customer centric relationships in the social media based brand community customer relationships with product, brand, companiy, and other customers on brand trust, by measuring the moderating effects of community engagement and brand community types. The respondents are 220 respondents, coming from two types of brand community customer initiated brand community and company initiated brand community. In general, the measurement is done by using Structural Equation Modeling method. The results obtained from the analysis of this study are from the four elements of customer centric relationships customer relationships with products, brands, companies, and other customers , only customer brand relationships that signifcantly affect brand trust, so it is interesting to investigate further. In addition, this research also found moderation effect of community engagement and community types in customer centric relation to brand trust."
Fakultas Eknonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T49652
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andi Ramadhani Akbar
"Penelitian ini membahas mengenai strategi pemasaran brand alliance dan pengaruhnya terhadap brand equity, brand preference, dan purchase intention dalam industri laptop. Dengan melakukan eksperimen terhadap 2 buah merek laptop dan 2 buah merek audio system yang merupakan high equity brand dan low equity brand ke dalam 4 pasang brand alliance fiksional yaitu ASUS/PIONEER, ASUS/PLANTRONICS, CLEVO/PIONEER dan CLEVO/PLANTRONICS.
Penelitian ini menggunakan 162 responden yang termasuk dalam generasi Y yang lahir pada tahun 1980-2000 dan berada di sekitar lingkungan kampus baru Universitas Indonesia sebagai subjek penelitian. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik convenience sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah paired t test dan linear regression.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa post alliance host brand equity pasangan pertama tetap stabil dengan perubahan sebesar (0,047). Pada pasangan kedua host brand equity juga tetap stabil dengan perubahan sebesar (0,098). Pasangan ketiga meningkatkan host brand equity sebesar (0,375). Kemudian pasangan terakhir meningkatkan host brand equity sebesar (0,357).
Hasil uji regresi menunjukkan bahwa post alliance brand equity ternyata memiliki pengaruh positif terhadap brand preference dan purchase intention. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa brand alliance dapat meningkatkan brand equity dari merek laptop yang menjalankan strategi tersebut.

This research will discuss about the brand alliance marketing strategy and its effects on brand equity, brand preference, and purchase intention in the laptop industry. By conducting experiments on 2 laptop brands and 2 audio system brand that is considered high equity brands and low equity brands into 4 pairs of fictional brand alliance that ASUS / PIONEER, ASUS / PLANTRONICS, CLEVO / PIONEER and CLEVO / PLANTRONICS.
This study is using 162 participants that are a member of generation Y whose date of birth is between 1980 and 2000 within the new campus of the University of Indonesia as a research subject. Sampling technique that is used in this research is convenience sampling technique. Data analysis technique that is used in this research is paired t test and linear regression methods.
Analysis result shows that post alliance hosts brand equity of the first pair of brand remained stable with the change of (0,047). In the second pair, host brand equity also remains stable with changes of (0,098). The third pair increases the host brand equity by (0,375). Then the last pair increases the host brand equity by (0,357).
Regression results indicate that post-alliance brand equity have a positive effect on brand preference and purchase intention. These results shows that brand alliance can increase brand equity of laptop brands who implement this strategy.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S46975
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>