Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 183595 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Jeremy Kester Hanani
"Makalah ini mengeksplorasi bagaimana Vow, perusahaan cultured meat, memasuki pasar produksi daging secara strategis.  Dipandu oleh kerangka entrepreneurial strategy compass, teori chasm, dan inovasi disruptif, analisis ini mengidentifikasi dua hambatan utama: persetujuan regulasi dan biaya produksi. Di satu sisi, biaya menghambat adopsi pasar massal untuk Vow, hambatan regulasi semakin memperumit penetrasi pasar. Untuk mengatasi tantangan ini, makalah ini mengusulkan pendekatan dua cabang. Di awal, Vow dapat memantapkan merek dagangnya sebagai barang mewah melalui kemitraan dengan restoran kelas atas, menavigasi regulasi sembari mengkapitalisasi produk uniknya. Sembari biaya menurun dan persetujuan diperoleh, Vow dapat menargetkan pengguna awal dari teori chasm (~13,5% dari pasar), konsumen vegan yang mencari alternatif etis, yang pada akhirnya bertransisi ke pasar yang lebih luas. Pendekatan bertahap ini membangun pengenalan dan kepercayaan merek dengan konsumen umum dan vegan, yang membuka jalan bagi penetrasi pasar yang lebih luas.
This paper explores the strategic entry of Vow, a cultured meat company, into the meat production market. Framed by entrepreneurial strategy compass, chasm theory, and disruptive innovation, the analysis identifies regulatory approval and production cost as key barriers. While cost hinders mass adoption, regulatory hurdles further complicate market entry. A two-pronged approach is proposed. Initially, Vow can establish itself as a luxury good through high-end restaurant partnerships, navigating regulations while capitalizing on its unique product. As costs decrease and approval is secured, Vow can target early adopters of the chasm theory (~13.5% of the market), the vegan consumers seeking ethical alternatives, ultimately transitioning to the broader market. This phased approach builds brand recognition and trust with both mainstream and vegan consumers, paving the way for wider market penetration."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Damaris Cherine Yeraf
"Inovasi disruptif merupakan inovasi yang membawa perubahan terhadap sistem yang sebelumnya dan bahkan dapat menjadi sebuah ancaman terhadap incumbent. Kode Quick Response, atau kode QR, telah digunakan untuk beberapa fungsi, seperti pemasaran, industri hospitality, dan pembayaran mobile, serta dapat dianggap sebagai inovasi disruptif.

Disruptive innovations are described as innovations that change how things used to work, and may even pose a threat towards incumbents, or firms that currently exist in the industry. Quick Response codes or more widely known as QR codes, have been utilised for many functions lately, such as marketing, hospitality, and mobile payments and can be said to be a disruptive innovation."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Mutiara Nur Ramadhani
"TikTok, platform media sosial yang terkenal dengan konten video pendeknya, telah mengubah metode e-commerce tradisional secara signifikan melalui fitur inovatif barunya, TikTok Shop. Makalah akademis ini menganalisis dampak ekspansi e-commerce TikTok terhadap pasar Indonesia, dengan fokus pada perilaku konsumen, dinamika pasar, dan ekosistem e-commerce secara keseluruhan. Penelitian ini menerapkan analisis menggunakan teori disruptive innovation oleh Christensen dan konsep discontinuous technology oleh Schilling. Temuan utama menunjukkan kemampuan TikTok Shop dalam menggabungkan hiburan dengan belanja, mengubah perilaku pembelian konsumen, dan menghadirkan ancaman terhadap platform e-commerce tradisional. Studi ini juga membahas implikasi terhadap UKM lokal, respons peraturan, dan dampak ekonomi, serta menekankan perlunya perusahaan mengadopsi inisiatif proaktif dalam menghadapi disrupsi digital. Laporan ini juga mengeksplorasi kemungkinan tren masa depan dan menawarkan rekomendasi agar berhasil mengelola ekosistem digital yang terus berkembang.
TikTok, a social media platform known for its short video content, has significantly disrupted traditional e-commerce methods through its new innovative feature, TikTok Shop. This academic paper analyzes the impact of TikTok's e-commerce expansion on the Indonesian market, focusing on consumer behaviors, market dynamics, and the overall e-commerce ecosystem. The research applies the analysis using Christensen's theory of disruptive innovation and Schilling's concept of discontinuous technology. Key findings show TikTok Shop's ability to combine entertainment with shopping, changing consumer purchasing behaviors and presenting threats to traditional e-commerce platforms. The study also discusses the implications for local SMEs, regulatory responses, and the economic impact, emphasizing the need for companies adopting proactive initiatives in the face of digital disruption. This report also explores possible future trends and offers recommendations to successfully manage the evolving digital ecosystem."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Himmatul Aliyah
"Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu penyumbang terpenting bagi perekonomian Indonesia. Di era digital, pemanfaatan e-commerce menjadi salah satu strategi untuk menghadapi persaingan dalam dunia bisnis yang semakin meningkat. Namun, UMKM di Indonesia masih dihadapkan pada berbagai kendala, terutama terkait penguasaan teknologi yang masih lemah dan pemanfaatan e-commerce yang belum optimal di dalam bisnis. Berdasarkan hal tersebut, diperlukan penyelidikan terhadap beberapa faktor yang mana dapat mendorong peningkatan kinerja UMKM. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh orientasi kewirausahaan, kesiapan organisasi, manajemen pengetahuan, dan adopsi e-commerce yang diharapkan dapat mendorong peningkatan kinerja UMKM di era digital. Metode yang digunakan untuk menganalisis hubungan di antara variabel-variabel ini adalah Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Penelitian ini melibatkan 241 pemilik/pengelola UMKM yang telah mengadopsi e-commerce dalam bisnisnya di industri makanan dan minuman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesiapan organisasi, orientasi kewirausahaan, manajemen pengetahuan, dan adopsi e-commerce dapat meningkatkan kinerja UMKM yang menjalankan bisnis di industri makanan dan minuman. Temuan ini memberikan pemahaman yang lebih baik kepada pelaku UMKM untuk meningkatkan sumber daya internal organisasi secara optimal guna mencapai keunggulan kompetitif yang berkelanjutan dan kinerja bisnis yang superior.

Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) are among the most important contributors to the Indonesian economy. In the digital era, using e-commerce is one of the strategies to face the increasing competition in the business world. However, MSMEs in Indonesia are still faced with various obstacles, primarily related to the lack of mastery of technology and the unoptimized utilization of e-commerce in business. It is necessary to check the factors that can enhance MSME performance. This study aims to analyze the influence of organizational readiness, entrepreneurial orientation, knowledge management, and e-commerce adoption, which are expected to improve MSME performance in the digital era. Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) is used to test the relationship between these variables. This study involved 241 MSME owners/managers who have adopted e-commerce in their businesses in the food and beverage industry. The results showed that organizational readiness, entrepreneurial orientation, knowledge management, and e-commerce adoption can significantly improve the performance of MSMEs in food and beverage businesses. These findings better explain how MSME players can optimally improve their internal organizational resources to achieve sustainable competitive advantage and superior business performance.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rusbiansyah Perdana Kusuma
"Penelitian ini mengkaji pengaruh Orientasi pasar dan Orientasi Wirausaha terhadap kinerja pengembangan produk baru pada Industri fashion di DKI Jakarta. Dalam penelitian ini, peneliti juga menambahkan variabel moderasi yaitu turbulensi lingkungan dan Networking Capability untuk menguji apakah masing-masing variabel tersebut dapat meningkatkan pengaruh Orientasi pasar dan Orientasi Wirausaha terhadap kinerja pengembangan produk baru. Alat uji yang digunakan adalah SEM PLS. Penelitian ini berimplikasi secara teoritis dan manajerial. Secara teoritis, penelitian ini berkontribusi memperkaya konsep strategic entrepreneurship dan secara manajerial memberikan arah kepada manajer maupun pelaku usaha dalam menerapkan Oreintasi Pasar dan Orientasi Wirausaha dan juga factor yang mempengaruhinya terhadap pengembangan produk baru. Dengan demikian tingkat manajerial dapat menciptakan faktor-faktor pendukung yang kuat dalam rangka meningkatkan kinerja dari Pengembangan produk baru.

This study examines the effect of market orientation and entrepreneurial orientation on the performance of new product development in the fashion industry in DKI Jakarta. In this study, researchers also added moderating variables namely environmental turbulence and Networking Capability to test whether each of these variables can increase the influence of market orientation and entrepreneurial orientation on the performance of new product development. Test equipment used is SEM PLS. This research has theoretical and managerial implications. Theoretically, this research contributes to the enrichment of the concept of strategic entrepreneurship and managerially provides direction to managers and business people in implementing Market Ore across and Entrepreneurial Orientation and also the factors that influence it on new product development. Thus the managerial level can create strong supporting factors in order to improve the performance of new product development."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T55488
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Christensen, Clayton M.
Boston: Harvard Business School Press, 2004
658.4 CHR s
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Saktioko
"Orientasi kewirausahaan dan kapabilitas dinamik telah menjadi subjek penelitian yang menarik berkaitan dengan organisasi yang menghadapi ketidakpastian lingkungan eksternal. Implementasi dari orientasi kewirausahaan dan kapabilitas dinamik diharapkan mampu mendorong kinerja organisasi ke tingkat yang lebih tinggi. Penelitian ini mengenai analisis pengaruh dari orientasi kewirausahaan dan kapabilitas dinamik terhadap kinerja dalam menghadapi ketidakpastian lingkungan eksternal. Unit analisisnya merupakan karyawan manajerial bandar udara yang dikelola salah satu Badan Usaha Milik Negara di Indonesia. Hasil temuannya adalah walaupun orientasi kewirausahaan memiliki pengaruh yang positif terhadap kapabilitas dinamik, namun orientasi kewirausahaan tidak memiliki pengaruh terhadap peningkatan kinerja. Kombinasi antara orientasi kewirausahaan dan kapabilitas dinamik merupakan sumber potensial untuk menciptakan keunggulan kompetitif dan peningkatan kinerja dalam menghadapi ketidakpastian lingkungan eksternal.

Orientation entrepreneurial and dynamic capability have been the subject of interesting research related to organization facing uncertainty of the external environment. Implementation of entrepreneurial orientation and dynamic capability are expected to drive performance of the organization to a higher level. This study about the effect of entrepreneurial orientation and dynamic capabilities on performance in the face of the uncertainty of external environment. The unit of analysis are airports managerial employees managed by one of the State-Owned Enterprises in Indonesia. Although its findings are entrepreneurial orientation has a positive influence on the dynamic capability, but entrepreneurial orientation has no influence on performance improvement. The combination of entrepreneurial orientation and dynamic capabilities are potential sources for creating competitive advantage and achieve higher performance dealing with external environment uncertainty.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
T43659
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Vendre Virgorita K.
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh orientasi kepada pelanggan dan orientasi kewirausahaan terhadap persepsi mengenai efisiensi dan efektivitas ritel kecil. Data untuk penelitian menggunakan metode kuantitatif yaitu penyebaran kuesioner secara langsung pada 130 pemilik ritel kecil dan diolah menggunakan program SPSS 22 dan LISREL 8.51. Penelitian ini dilakukan di Kota Depok, Jawa Barat. Setelah penelitian dilakukan selama bulan April hingga Juni 2015 didapati penerapan strategi orientasi pelanggan pada ritel kecil berpengaruh secara positif terhadap kinerja bisnis. Lain halnya dengan orientasi kewirausahaan yang tidak berpengaruh secara langsung terhadap kinerja bisnis melainkan harus mempengaruhi orientasi pelanggan terlebih dahulu. Dimana orientasi kewirausahaan juga mempengaruhi terjadinya orientasi pelanggan. Kinerja bisnis yang dimaksudkan pada penelitian ini yakni efisiensi dan efektivitas.

This study aimed to analyze the effect of orientation to customer and entrepreneurial orientation towards effectiveness and efficiency perceptions of small retail. Data for this research using quantitative methods for distributing questionnaires directly to the 130 owners of small retail and processed using SPSS 22 and LISREL 8.51. This research was conducted in Depok City, West Java. After the study was conducted during the months of April to June 2015 found the application of the strategy of customer orientation on small retail impact positively on the performance of the business. As with the entrepreneurial orientation that does not directly affect business performance, but should affect customer orientation first. The entrepreneurial orientation also affect the occurrence of customer orientation. Business performance intended in this research are effectiveness and efficiency.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S59929
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Shidiq Al Hakim
"Inovasi dalam sektor industri menjadi suatu keharusan untuk dilakukan secara berkesinambungan, terutama di era disruptive teknologi yang membutuhkan percepatan dalam inovasi. Namun keterbatasan SDM IPTEK telah menjadi hambatan bagi Industri Kecil Menengah (IKM) untuk dapat menghasilkan produk yang inovatif. Sisi lain pada tahun 2018 ada potensi sumber daya manusia IPTEK yang banyak yang dimiliki pemerintah, sekitar 11.025 peneliti di 42 lembaga pemerintahan pusat dan lebih dari 271.862 dosen di perguruan tinggi yang belum didayagunakan secara optimal.
Salah satu masalah utama adalah rendahnya mobilitas sumber daya manusia peneliti ke industri, padahal dalam teori mobilitas SDM peneliti adanya mobilitas peneliti akan dapat meningkatkan dan mempercepat inovasi. Untuk mendukung mobilitas SDM peneliti ke sektor industri diperlukan informasi SDM peneliti di Indonesia yang mudah ditelusuri oleh industri. Untuk itu penelitian ini telah mengembangan prototipe aplikasi penelusuran peneliti di Indonesia bagi Industri Kecil & Menengah (IKM) dengan pendekatan knowledge mapping yang komprehensif dan adaptif (smart knowledge mapping).
Penelitian ini bertujuan untuk membuat model konseptual smart knowledge mapping dan implementasinya. Implementasi pada aplikasi penelusuran peneliti tersebut direpresentasikan melalui arsitektur dan strategi penerapannya. Pada penelitian ini menggunakan metodologi exploratory mixed methods dengan beberapa metode, yaitu : analisis konten, analisis tematik, analisis arsitektur universal sistem pemetaan pengetahuan, triple helix model, analisis kesenjangan dan teori information retrieval.
Penelitian ini menghasilkan model konseptual smart knowledge mapping dan implementasinya dalam bentuk arsitektur dan strategi implementasi pada aplikasi penelusuran peneliti di Indonesia. Selain itu juga menghasilkan prototipe penelusuran peneliti dalam bentuk konten peta pengetahuan, yang berisikan informasi: knowledge peneliti, lokasi knowledge (institusi) dan konten knowledge yang bersumber dari artefak-artefak pengetahuan. Prototipe ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi IKM dalam membangun kolaborasi riset untuk peningkatan inovasi produk yang dimilikinya.

Innovation in the industrial sector is a must to do on an ongoing basis, especially in the era of disruptive technologies that require acceleration in innovation. However, the limitations of science and technology human resources have become obstacles for Small and Medium Industries (IKM) ability to produce innovative products. On the other hand, in 2018, there is a lot of potential for science and technology human resources owned by the government, around 11,025 researchers in 42 central government institutions and more than 271,862 lecturers at universities, but they have not been utilized optimally.
One of the main problems is the low mobility of human resources of researchers to industry, whereas in the theory of mobility of human resources researchers, that with the mobility of researchers will be able to increase and accelerate innovation. To support the mobility of researchers into the industrial sector, they need the information of researchers easily and traceability in Indonesia. For this reason, this study has developed a prototype application for tracking researchers in Indonesia for Small & Medium Industries (IKM) with a comprehensive and adaptive knowledge mapping approach (smart knowledge mapping).
This study aims to create a conceptual model of smart knowledge mapping and its implementation. The implementation of the researcher finding applications is represented through its architecture and implementation strategy. This research uses exploratory mixed methods methodology with several methods, namely: content analysis, thematic analysis, universal architecture analysis of knowledge mapping systems, triple helix model, gap analysis and information retrieval theory.
This research resulted in a conceptual model of smart knowledge mapping and its implementation in an architecture and implementation strategy form in Indonesia's researcher finding application. In addition, it also produces a prototype of the research finding in the form of knowledge map content, which contains information: researcher's knowledge, location of knowledge (institutions) and knowledge content sourced from knowledge artefacts. This prototype is expected to provide benefits for SMEs in building research collaborations to increase their product innovations.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2021
D-pdf
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>