Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 5896 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Lawton, Suzanne C.
London: Praeger Publishers, Westport, Conn, 2007
616.85 LAW a
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Indriyaningsih
"Siswa dengan sindroma Asperger mempunyai kesulitan utama dalam interaksi sosial. Mereka kesulitan dalam menguasai keterampilan sosial, khususnya dalam memulai interaksi. Memulai interaksi merupakan keterampilan sosial penting yang dibutuhkan anak untuk terlibat dalam interaksi sosial dan mempelajari keterampilan sosial lain yang lebih kompleks. Intervensi dilakukan untuk memunculkan perilaku memulai interaksi dengan metode social story, yaitu cerita singkat yang dilengkapi gambar untuk meningkatkan pemahaman siswa mengenai situasi sosial yang dihadapi. Social story diberikan sebanyak enam kali dengan target perilaku memulai interaksi, yaitu menyapa, memulai pembicaraan dan meminjam barang. Penelitian menggunakan desain penelitian kasus tunggal dengan subjek siswa dengan sindroma Asperger yang memiliki taraf inteligensi perbatasan (IQ = 78, skala Stanford Binet). Metode pengukuran dilakukan dengan observasi tidak berstruktur dan wawancara berstruktur kepada guru dan orang tua siswa. Berdasarkan perbandingan hasil pengukuran sebelum dan sesudah intervensi ditemukan bahwa program social story belum berhasil memunculkan perilaku memulai interaksi pada siswa dengan Sindroma Asperger. Ketidakberhasilan ini dipengaruhi karakteristik subjek yang mempunyai keterbatasan dalam bahasa ekspresif, kurangnya kesempatan untuk mempraktekan perilaku memulai interaksi dan perlunya memasangkan metode social story dengan metode prompting.

The main difficulty of student with Asperger syndrome is in social interaction. It is difficult for the student to develop social skills that needed for social interaction, especially to initiate interaction. This difficulty prevent student to learn complex social skills and experience social involvement. The aim of the intervention is to stimulate social initiation behavior for student with Asperger syndrome by applying social story. a short story that equip with pictures to enhance social understanding for student with Asperger syndrome. Social story is given for six times to stimulate social intitiation for the following behavior, greeting, starting conversation and borrowing thing. The research design is single case design, the subject is student with Asperger syndrome that has borderline intellectual ability (IQ = 78, skala Stanford Binet). Unstructured observation and structured interview to teacher and parent are used as the measurement methods in the research. Based on the comparison between before and after intervention measurement, it is found that social story is not successfully to stimulate social initiation behavior for student with Asperger syndrome. Several reasons that prevented the intervention to be succesfull are, the subject characteristic as student with Asperger that has limited expresive language, limited chance to practice and apply the skills and to combine social story with prompting method."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014
T41719
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Inggita Sahya Puspita
"ABSTRAK
Artikel ini membahas kerumitan seorang anak dengan sindrom Asperger dalam film Extremely Loud Incredibly Close 2011 . Film ini menceritakan kisah seorang anak Asperger berumur 9 tahun, Oskar Schell, yang kehilangan ayahnya dalam serangan 9/11. Fokus utama jurnal ini adalah bagaimana seorang anak dengan sindrom Asperger merasakan duka yang mendadak dalam hidupnya dan bagaimana ia menerimanya. Banyak akademisi telah membahas dan menganalisis novel dengan nama yang sama ini dari berbagai perspektif, seperti keramahan di lingkungan sekitar Oskar, melankolis yang dihadapi karakter, dan persamaan karakter Oskar dari novel lain. Namun, tidak ada yang fokus pada Oskar itu sendiri. Artikel ini akan fokus pada pengembangan Oskar menggunakan teori Kubler-Ross pada lima tahap kehilangan. Dengan fokus meningkatkan kemampuan Oskar, jurnal ini akan menggunakan perburuan pemulung sebagai media untuk menghubungkan antara teori Kubler-Ross dan proses yang dilakukan Oskar. Dengan demikian, penulis mencoba untuk menunjukkan perspektif baru bahwa sindrom Asperger dapat ditahan dan Oskar dapat meningkatkan kualitas sosialnya melalui duka yang dialaminya.

ABSTRACT
This article discusses the complexity of an Asperger Syndrome child in the movie Extremely Loud Incredibly Close 2011 . It tells the story of a 9-year-old Asperger, Oskar Schell, who lost his father in 9/11 attack. Its main focus would be how an Asperger Syndrome child perceives sudden grief in his life and how he processes it. Many scholars have discussed and analyzed the adapted novel with the same name from varied perspectives, such as the hospitality in the neighborhoods, the melancholy the characters are facing, and the similarities of Oskar from another novel. Nevertheless, none have focused on Oskar himself. This article will focus on the development of Oskar using Kubler-Ross rsquo; theory on five stages of grief. With the focus on improving Oskar rsquo;s ability, this journal will use scavenger hunt as a medium to link between Kubler-Ross rsquo; theory and the process Oskar goes through. Thus, the author tries to show a new perspective that Asperger Syndrome can be suppressed and socially improved through the grief that Oskar experiences. "
2018
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Kurniawati Krisna Dewayuti
"ABSTRAK
Penelitian ini menguji tentang penggunaan intervensi social story untuk meningkatkan perilaku initiation dan joining in pada remaja laki-laki penyandang sindroma asperger, yang berusia 13 tahun. Masalah Keterampilan sosial merupakan karakteristik utama individu dengan sindroma asperger. Pada penelitian ini, anak mengalami defisit dalam perilaku initiation dan joining in. Social story digunakan untuk mengajarkan perilaku-perilaku yang defisit pada anak dengan sindroma autis termasuk asperger. Social story merupakan intervensi yang fokus pada pembelajaran isyarat dan perilaku sosial untuk anak dengan sindroma autis termasuk asperger, agar mereka dapat berinteraksi secara tepat dan sesuai dengan aturan sosial yang berlaku di masyarakat. Perilaku initiation dan joining in meningkat setelah intervensi selesai dilakukan. Hal ini konsisten terjadi saat anak berinteraksi dengan teman baik di rumah maupun di sekolah. Studi ini menambah kajian penelitan yang menggunakan social story untuk meningkatkan keterampilan sosial pada remaja dengan sindroma asperger, khususnya perilaku initiation dan joining in.

ABSTRACT
This research was about using social story to improve social intervention behaviors of initiation and joining in for a teenage boy with asperger’s syndrome who being 13 years old. Deficit in social skills are the major issue of individu with asperger’s syndrome. In this research, the participant is having deficits in behaviors of initiation and joining in. Social story teached deficit behaviors in children with autism (ASD), including asperger’s syndrome. Social story intervention focus on teaching children with ASD including Asperger the social cues and behaviors that they need to know to interact with others in a socially appropriate manners. Behaviors of initiation and joining in improved after intervening done. This results were consistent occurs when the participant of interacting with friends at home and school. This research may add to the literature of study about the using social story intervention to improve social skills for adolescent with asperger’s syndrome, specially in the behaviors of initiation and joining in."
Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2013
T32948
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Howlin, Patricia
New York: John Wiley & Sons, 1998
618.928 982 HOW c
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Firnasyifa
"Kurangnya keterampilan sosial merupakan inti utama hambatan yang dialami anak dengan sindroma asperger. Anak dengan sindroma asperger memiliki hambatan untuk memahami pikiran dan perasaan orang lain yang berakibat mereka tidak mampu memprediksi tingkah laku orang lain. Social StoriesTM merupakan salah satu strategi untuk membantu anak dengan sindorma asperger untuk dapat memahami dan bereaksi lebih tepat terhadap suatu situasi sosial. Melalui Social StoriesTM, anak dengan sindroma asperger dibantu untuk memahami perspektif orang lain, situasi sosial, dan bagaimana mereka harus bereaksi terhadap situasi sosial yang spesifik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas program intervensi Social StoriesTM dalam meningkatkan keterampilan sosial area eye contact dan joining in pada seorang anak dengan sindroma asperger usia 8 tahun. Hasil penelitian menujukkan bahwa penerapan Social StoriesTM efektif meningkatkan keterampilan sosial area eye contact dan joining in pada diri partisipan.

The lack of social skills is the core deficit of children with Asperger’s Syndrome. Those children have deficit to understand the thought and feeling of others that impact the inability to predict the behavior of others. Social StoriesTM is one of the strategies for helping children with Asperger’s syndrome to understand and respond a social situation appropriately. By using Social StoriesTM, children with Asperger’s syndrome can be helped to understand other’s perspectives, social situations, and how they should respond to a specific social situation.
The aim of this study is to determine the effectiveness of Social StoriesTM intervention programs to improve social skills in eye contact and joining in area for an 8-yearold child with Asperger’s Syndrome. The results showed that the Social StoriesTM intervention was effective to improve the social skills in eye contact and joining in area.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2013
T35162
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Terapi komplementer merupakan terapi yang digunakan bersamaan dengan terapi medis lainnya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui hubungan karakteristik demografi dengan pengguna terapi komplementer dengan desain deskriptif korelasi. Sampel penelitian ini adalah 88 pengguna terapi di Kecamatan Beji, Depok. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Rata-rata umur pengguna terapi komplementer adalah 43 tahun dengan pengguna terapi terbanyak adaiah perempuan, berpendidikan perguruan tinggi, suku Jawa, dan beragama Islam. Dari penelitian disimpulkan bahwa tidak ada hubungan antara karakteristik demografi dengan pengguna terapi komplementer. Saran bagi peneliti selanjutnya adalah memperluas wilayah penelitian dan menambah variabel penelitian.

Complementary therapy is a therapy used in with any other medical therapy. This research is quantitative research that aims to determine the relationship of demographic characteristics with complementary therapy users with descriptive correlation design. Samples are 88 therapy's users in the District of Beji, Depok. The sampling technique used was purposive sampling technique. The average age of users of complementary therapies is 43 years with most therapy users were female, college educated, ethnic Javanese and Muslim. The conclusion of this research is there was no relationship between demographic characteristics of the users of complementary therapies. The researchers suggests that expand the research area and add the research variables."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2010
TA5852
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Manurung, Santi
"Kemoterapi menjadi pilihan pengobatan yang paling efektif dalam mengobati kanker payudara. Efek samping yang dialami hampir semua pasien kemoterapi adalah mual muntah. Teknik guided imagery merupakan salah satu dari banyak terapi komplementer yang dapat mengatasi mual muntah akibat kemoterapi pada pasien kanker payudara. Teknik guided imagery dapat dilakukan pada saat sedang kemoterapi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas teknik guided imagery sebelum dan saat sedang kemoterapi dalam mengatasi mual muntah pada pasien kanker payudara. Desain penelitian ini menggunakan quasi experimental two group pretest posttest design. Penelitian ini menggunakan dua kelompok, yaitu kelompok sebelum kemoterapi dan kelompok saat sedang kemoterapi yang akan diobservasi sebelum dan sesudah intervensi. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada penurunan mual muntah pada kelompok sebelum kemoterapi setelah diberikan intervensi guided imageri ( p value = 0,000 ;α<0,05) dan pengaruh yang signifikan pada kelompok saat sedang kemoterapi setelah diberikan intervensi guided imagery (p value = 0,000 ; α<0,05). Dari hasil penelitian yang di dapat pada kedua kelompok kemudian dilakukan analisis untuk melihat perbedaan skor mual muntah post intevensi guided imagery sehingga didapatkan hasil bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan perubahan mual muntah setelah diberikan intervensi guided imagery pada kelompok sebelum kemoterapi dan kelompok saat sedang kemoterapi (p value = 0,814;α<0,05). Bedasarkan hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa guided imagery yang dilakukan saat sedang kemoterapi, berpengaruh signifikan dalam menurunan mual muntah akibat kemoterapi pada pasien kanker payudara

Chemotherapy is the most effective treatment option in treating breast cancer. The side effect experienced by almost all chemotherapy patients is nausea and vomiting. Guided imagery technique is one of many complementary therapies that can overcome nausea and vomiting due to chemotherapy in breast cancer patients. This study aims to determine the effectiveness of guided imagery before and while chemotherapy in treating nausea and vomiting in breast cancer patients. The design of this study used a quasi-experimental two group pretest posttest design. This study used two groups, namely the group before chemotherapy and the group during chemotherapy to be observed before and after the intervention. The results of this study found that there was a significant effect on reducing nausea and vomiting in the group before chemotherapy after being given guided imagery intervention (p value = 0.000 ; <0.05) and a significant effect in the group while undergoing chemotherapy after being given guided imagery intervention (p value = 0.000 ; <0.05). From the results of the study obtained in both groups, an analysis was carried out to see the difference in the post-guided imagery intervention post-intervention nausea and vomiting so that it was found that there was no significant difference in changes in nausea and vomiting after being given guided imagery intervention in the group before chemotherapy and the group while undergoing chemotherapy (p value = 0.814;α<0.05). Based on the results of this study, it can be concluded that guided imagery, which was carried out while undergoing chemotherapy, had a significant effect in reducing nausea and vomiting due to chemotherapy in breast cancer patients."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mantle, Fiona
Edinburgh: Elsevier , 2009
615.5 MAN a
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Lazarides, Linda
London: Health-Diets.net, 2010
610 LAZ t
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>