Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 206494 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Rizka Sabriantoro
"Skripsi ini berusaha membahas faktor-faktor yang memengaruhi keputusan beli konsumen social commerce. Studi sebelumnya mengemukakan bahwa faktor-faktor yang memengaruhi tingkat keputusan beli pada konsumen social commerce secara signifikan diukur melalui banyaknya followers yang dimiliki oleh akun vendor penjual, serta persepsi harga di kalangan konsumen. Berbeda dengan penelitian-penelitian yang telah dilakukan sebelumnya, penelitian ini mencoba untuk melihat variabel lain yang dapat memengaruhi tingkat keputusan beli konsumen social commerce. Malalui penelitian ini, variabel yang digunakan yakni tingkat dukungan sosial dan tingkat kepercayaan interpersonal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara tingkat dukungan sosial dan tingkat kepercayaan interpersonal terhadap tingkat keputusan beli. Dukungan sosial yang diberikan oleh utamanya konsumen lain secara umum memainkan peran yang penting dalam memfasilitasi pembangunan hubungan yang terjalin antara konsumen dengan vendor penjual di social commerce sehingga terbentuk actual purchase decision oleh konsumen. Selain itu, kepercayaan interpersonal yang dimiliki oleh konsumen terhadap vendor penjual di social commerce dapat meningkatkan information seeking oleh konsumen. Informasi yang terkumpul sebagai dampak dari information seeking lantas dapat mendorong keputusan beli oleh konsumen social commerce. Lebih lanjut ditemukan pula bahwa kelompok usia memengaruhi hubungan antara tingkat dukungan sosial dan tingkat kepercayaan interpersonal terhadap tingkat keputusan beli dengan model elaborasi spesifikasi. Berbeda dengan mayoritas penelitian terdahulu yang menganalisis platform social commerce Facebook, melalui penelitian ini, Instagram menjadi platform social commerce yang akan dianalisis dengan pertimbangan bahwa Instagram saat ini terus tumbuh dan berkembang sebagai saluran social commerce yang banyak dimanfaatkan oleh konsumen. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif terhadap kalangan konsumen social commerce Instagram di wilayah DKI Jakarta.

This thesis tries to discuss the factors that influence the purchasing decisions of social commerce consumers. Previous studies suggest that the factors that influence the level of purchasing decisions on social commerce consumers are significantly measured through the number of followers owned by the seller's account, as well as price perceptions among consumers. In contrast to previous studies, this study tries to look at other variables that can affect the level of social commerce consumer purchasing decisions. Through this research, the variables used are the level of social support and the level of interpersonal trust. The results of this study indicate that there is a relationship between the level of social support and the level of interpersonal trust on the level of purchasing decisions. Social support provided by friends, relatives, and other consumers in general plays an important role in facilitating the building of relationships that exist between consumers and seller vendors in social commerce so that actual purchase decisions are formed by consumers. In addition, the interpersonal trust that consumers have towards seller vendors in social commerce can increase information seeking by consumers. The information collected as a result of information seeking thus encourage purchasing decisions by social commerce consumers. Furthermore, it was also found that age group affects the relationship between the level of social support and the level of interpersonal trust on the level of purchasing decisions with the elaboration model in the analysis found to be specification. In contrast to previous studies that analyzed the Facebook as the main social commerce platform, through this research Instagram becomes a social commerce platform that will be analyzed with the consideration that Instagram is currently growing and developing as a social commerce channel that is widely used by most consumers. This research was conducted using a quantitative method on Instagram social commerce consumers in the DKI Jakarta area."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Adhisty Prahastiwi Basuki
"Penelitian ini memiliki tujuan untuk menjelaskan pengaruh dukungan sosial terhadap work-life balance pada Generasi Z yang bekerja di startup e-commerce. Studi-studi terdahulu menjelaskan work-life balance cenderung berfokus pada pekerja yang berasal dari Generasi Milenial dan individu perempuan yang telah berkeluarga. Akan tetapi, penelitian yang menjelaskan hubungan antara work-life balance dengan dukungan sosial pada level individu yang berasal dari Generasi Z menjadi hal baru dalam penelitian ini. Saat ini, Generasi Z merupakan generasi yang mulai banyak memasuki dunia kerja dan permasalahan akan keseimbangan kehidupan kerja merupakan aspek penting bagi kesejahteraan pekerja itu sendiri. Selain itu, adanya perkembangan ekonomi pasar digital yang membentuk pekerjaan baru, juga telah memunculkan persaingan dalam kehidupan kerja. Karena hal tersebut, Generasi Z mengalami permasalahan terkait dengan kesehatan mental karena tidak dirasakannya work-life balance akibat budaya kerja yang mereka jalani dalam hidupnya. Penelitian ini memiliki hipotesis bahwa terwujudnya work-life balance dalam kehidupan pekerja dipengaruhi oleh tingginya dukungan sosial yang diberikan keluarga, teman, hingga institusi/perusahaan kepada individu. Metode dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif guna mengukur tingkat dukungan sosial terhadap tingkat work-life balance Generasi Z yang bekerja di startup e-commerce saat ini. Hasil penelitian menemukan bahwa terdapat hubungan signifikan antara dukungan sosial dengan work-life balance pekerja startup e-commerce wilayah DKI Jakarta. Namun, salah satu dimensi dukungan sosial yaitu dukungan informasi tidak terlalu berpengaruh terhadap terwujudnya work-life balance. Di lain sisi, sumber dukungan perusahaan menjadi sumber dukungan paling penting bagi terciptanya work-life balance pekerja dengan memberikan hasil yang signifikan.

This study aims to explain the effect of social support on work-life balance in Generation Z working in startup e-commerce. Previous studies explain that work-life balance tends to focus on workers from the Millennial Generation and individual women who have families. However, research that describes the relationship between work-life balance and social support at the individual level from Generation Z is new in this research. Currently, Generation Z is the generation that is starting to enter the world of work, and the issue of work-life balance is an essential aspect of the welfare of the workers themselves. In addition, developing the digital market economy that forms new jobs has also created competition in work life. Because of this, Generation Z experiences problems related to mental health because they do not feel a work-life balance due to the work culture they lead in their lives. This study hypothesizes that the realization of work-life balance in workers' lives is influenced by the high social support provided by family, friends, institutions/companies to individuals. The research method used in this study is quantitative to measure the social support level to the work-life balance of Generation Z working in startup e-commerce. The study found a significant relationship between social support and work-life balance among workers startup e-commerce DKI Jakarta area. However, one dimension of social support, namely information support, is the only one that not affects the realization of work-life balance. On the other hand, the company's source of support is the most critical for creating a work-life balance for workers with significant results."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kumala Fitri
"Perkembangan teknologi yang pesat, melahirkan era digital yang semakin merubah gaya berbelanja masyarakat menjadi serba online. Hal ini memicu pertumbuhan e-commerce yang sangat tinggi dan menyebabkan persaingan dalam industri e-commerce menjadi sangat ketat. Untuk mengatasi persaingan yang ketat, perusahaan e-commerce penting untuk membangun hubungan dengan konsumennya dan juga membangun minat beli konsumennya. Strategi yang bisa dilakukan yaitu dengan pemasaran melalui sosial media.
Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan menganalisis tentang pengaruh social media marketing yang dijalankan oleh Tokopedia melalui akun Instagram Tokopedia itu sendiri terhadap customer relationship dan minat beli konsumennya, dan juga menganalisis pengaruh customer relationship terhadap minat beli konsumen.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan survei penyebaran kuesioner. Data yang didapat dari 130 responden diolah menggunakan SPSS 25. Pengukuran dilakukan dengan metode analisis regresi berganda.
Hasil yang ditemukan bahwa social media marketing berpengaruh secara signifikan terhadap customer relationship dengan F (Sig.) 22.691 (0.000) dan 17.637 (0.000). Social media marketing berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli konsumen dengan F (Sig.) 16.010 (0.000). Serta ditemukan juga bahwa customer relationship berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen dengan F (Sig.) 51.188 (0.000).

As technology is growing rapidly, peoples shopping styles transformed into digital way. This triggered a very high number of e-commerce growth and caused an intense competition in the e-commerce industry. To overcome the intense competition, e-commerce companies are important to build relationships with their customers and also to build a consumer purchase intention. One of a strategy which can be done is by marketing through social media.
Therefore, this study aims to analyze the influence of social media marketing carried out by Tokopedia through the Tokopedias Instagram, towards customer relationship and consumer purchase intention and also analyze the influence of customer relationship on consumer purchase intention.
This research is a quantitative study using a questionnaire survey. Data obtained from 130 respondents were processed using SPSS 25 with multiple regression analysis methods.
The results find that social media marketing has a significant effect on customer relationship with F (Sig.) 22.691 (0.000) and 17.637 (0.000), social media marketing has a significant effect on purchase intention with F (Sig.) 16.010 (0.000) and also customer relationship has a significant effect on consumer purchase intention with F (Sig.) 51.188 (0.000).
"
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rida Depriani
"Penelitian ini membahas tentang bagaimana siswa yang akan menyelesaikan studi di Sekolah Menengah Atas bersiap untuk menghadapi tantangan melanjutkan pendidikan ke PTN dengan melihat seberapa besar pengaruh dukungan sosial yang diberikan oleh keluarga maupun peer group; kemudian akan dilihat pula bagaimana pengaruhnya jika variabel kontrol yaitu jenis sekolah diikutsertakan.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data survei yang dilakukan di SMAN 3 Cibinong dan SMA Dwiwarna Boarding School. Total sampel dalam penelitian ini sebesar 130 dengan masing-masing jumlah sampel di SMAN 3 Cibinong berjumlah 100 sedangkan jumlah sampel di SMA Dwiwarna berjumlah 30. Teknik penarikan sampel menggunakan stratified random sampling.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel dukungan sosial keluarga dan dukungan sosial peer group berpengaruh terhadap minat melanjutkan pendidikan ke PTN dengan kekuatan hubungan cukup kuat. Berdasarkan penghitungan analisa multivariat, menunjukkan bahwa variabel dukungan sosial keluarga dengan minat melanjutkan pendidikan ke PTN yang dikontrol dengan variabel jenis sekolah mengalami model elaborasi spesifikasi. Begitu pula dengan variabel dukungan sosial peer group dengan minat melanjutkan pendidikan ke PTN yang dikontrol dengan variabel jenis sekolah, juga mengalami model elaborasi spesifikasi.

This study discusses how students who will completed their study on Senior High School were prepared to face the challenges of continuing education to Higher Institution and for seeing how the big influences of social support were given from their family and their peer group; and also for seeing how they affect if control variable such as type of school was involved.
This study uses quantitative methods with survey techniques in grade XI classes at SMAN 3 Cibinong and SMA Dwiwarna Boarding School. The number of sample in this study is 130 which consists of number sample in SMAN 3 Cibinong is 100 and number of sample in SMA Dwiwarna is 30. Technique sampling using a stratified random sampling.
The result of this study indicate that the variable social support family and social support peer group influence the interest of continuing education in public college with the strength of strong enough ties. In addition, based on the results of the multivariate analysis calculation, indicate that the variable of social support family with the interest of continuing education in public college which is controlled by origin school variable, experienced in elaboration models specifications. Likewise with variable of social support peer group with the interest of continuing education in public college which is controlled by orgin school variable, experienced also in elaboration models specifications.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2015
S62627
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dhira Komala Nurbani
"Fibromyalgia syndrome merupakan kondisi yang sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari dengan gejala yang beragam dan tumpang-tindih dengan penyakit lain.
Gejala utama yang dirasakan penyandang adalah nyeri di sekujur tubuh yang telah berlangsung lama (Mansfield et al., 2017), disertai kelelahan yang hebat (fatigue) dan keluhan-keluhan somatik, afektif, dan kognitif (Purwata, 2018). Penelitian ini bertujuan mengetahui peranan dukungan sosial dan kepercayaan interpersonal terhadap kualitas hidup penyandang fibromyalgia di Indonesia. Partisipan merupakan penyandang fibromyalgia berjumlah 33 orang yang diperoleh dari media sosial. Alat ukur yang dipergunakan antara lain The World Health Organization Quality of Life (WHOQOL)-BREF versi Indonesia (World Health Organization, 1998), modifikasi dari Medical Outcomes Study – Social Support Survey (MOS-SSS) (Sherbourne & Stewart, 1991), dan Kepercayaan Interpersonal. Pengolahan data menggunakan teknik analisis regresi berganda dengan perangkat Jamovi. Pada hasil analisis, ditemukan bahwa dukungan sosial dan kepercayaan interpersonal tidak berperan signifikan terhadap kualitas hidup penyandang fibromyalgia di Indonesia, baik secara parsial maupun simultan.

Fibromyalgia syndrome (FMS) is a condition often encountered in everyday life, where the symptoms exhibit variation and can be encountered in other disorders that may overlap with fibromyalgia. The main symptom is chronic widespread pain (Mansfield et al., 2017), with intense tiredness (fatigue) and somatic, affective, and cognitive complaints (Purwata, 2018). This study aims to determine the role of social support and interpersonal trust in the quality of life of 33 Indonesian fibromyalgia survivors from social media. The instruments were the Indonesian version of The World Health Organization Quality of Life (WHOQOL)-Bref (World Health Organization, 1998), a modification of the Medical Outcomes Study – Social Support Survey (MOS-SSS) (Sherbourne & Stewart, 1991), and Interpersonal Trust Scale. Multiple regression analyses were used with Jamovi program. This study found that social support and interpersonal trust did not play a significant role in the quality of life of Indonesian fibromyalgia survivors, partially and simultaneously."
2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rizka Rianda Devira
"Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media sosial Instagram dan elektronik dari mulut ke mulut (e-WOM) baik secara langsung maupun melalui variabel mediasi, yaitu kepercayaan terhadap keterlibatan keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan metode cross-sectional deskriptif konklusif dan kuesioner didistribusikan secara online kepada 216 responden yang telah menghabiskan pengeluaran untuk fashion e-commerce di Indonesia. Tesis ini menggunakan analisis pemodelan persamaan struktural (SEM), pengolahan data responden dalam penelitian ini menggunakan LISREL 8.51. Penelitian ini menghasilkan penggunaan media sosial Instagram dan elektronik dari mulut ke mulut memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keterlibatan keputusan pembelian. Hasil lain dari penelitian ini menunjukkan bahwa elektronik dari mulut ke mulut juga dapat dipengaruhi oleh variabel mediasi kepercayaan untuk mencapai keterlibatan keputusan pembelian. Penggunaan media sosial Instagram tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap keterlibatan keputusan pembelian jika dimediasi oleh kepercayaan. Memahami faktor-faktor yang dapat mempengaruhi keterlibatan keputusan pembelian dalam belanja konsumen dalam mode e-commerce di Indonesia dapat membantu pemasar memprediksi perilaku konsumen dalam kegiatan pemasaran produk atau perusahaan

This research was conducted to determine the effect of the use of social media Instagram and electronic word of mouth (e-WOM) both directly and through mediating variables, namely confidence in the involvement of purchasing decisions. This study uses a conclusive descriptive cross-sectional method and a questionnaire distributed online to 216 respondents who have spent spending on fashion e-commerce in Indonesia. This thesis uses structural equation modeling (SEM) analysis, respondent data processing in this study uses LISREL 8.51. This research resulted in the use of social media Instagram and word of mouth have a significant influence on the involvement of purchasing decisions. Other results from this study indicate that word of mouth electronics can also be influenced by trust mediation variables to achieve purchasing decision involvement. The use of social media Instagram does not have a significant influence on the involvement of purchasing decisions if mediated by trust. Understanding the factors that can influence purchasing decision involvement in consumer spending in e-commerce mode in Indonesia can help marketers predict consumer behavior in product or company marketing activities
"
2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Aziiz Muhaajir
"Perkembangan ndash; perkembangan yang terjadi pada media sosial membawa perubahan juga bagi lingkungan bisnis, terutama dalam bidang e-commerce. Perubahan yang dibawa media sosial adalah dalam bentuk social commerce, di mana konsumen dapat melakukan aktivitas e-commerce di media sosial. Berangkat dari teori dukungan sosial, transfer kepercayaan, dan komitmen-kepercayaan, penelitian ini menganalisis pengaruh dari social support, trust dan community commitment terhadap social commerce intention. Sampel penelitian ini terdiri atas 150 orang responden yang merupakan pengguna aktif media sosial dan pernah melakukan transaksi komersial di media sosial dalam satu tahun terakhir. Data dianalisis menggunakan metode PLS-SEM, di mana ditemukan bahwa emotional dan informational support memiliki pengaruh terhadap trust, yang pada akhirnya akan mempengaruhi commitment dan social commerce intention.

The development of social media has brought changes into the business environment, specifically in the context of e commerce. Changes brought by social media in e commerce context is in the form of social commerce, where consumers can perform e commerce activities in social media. Using theories such as social support theory, trust transfer theory, and commitment trust theory, this research analyzes the effects of social support, trust, and community commitment on social commerce intention. The sample in this research consist of 150 active social media user and and have performed a commercial transaction on their social media within the last year. The data was analyzed using PLS SEM, and shows that informational and emotional support has some effect on trust, which in turn affects commitment and social commerce intention."
2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Iqbal Themi
"Tesis ini menguji pengaruh dari keterpaparan tagar #2019GantiPresiden di tiga platform media sosial seperti Facebook, Instagram dan Twitter terhadap partisipasi politik milenial DKI Jakarta baik secara online maupun offline. Pengujian tersebut berdasarkan empat tahapan mekanisme psikologis dari teori Model Partisipasi Politik Media Sosial dari Jonathan Knoll, Jorg Matthes, dan Raffael Heiss (2018). Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa kuisioner terhadap 400 sampel yang dipilih secara multistage random sampling. Pengujian hipotesis berdasarkan statistik deskriptif, analisis korelasi dan analisis regresi linier sederhana. Hasilnya menunjukkan bahwa (1) penggunaan media sosial berhubungan dengan dan berpengaruh rendah terhadap partispasi politik online maupun offline (low & high effort) milenial DKI Jakarta, dan (2) rendahnya partisipasi politik milenial DKI Jakarta terkait tagar #2019GantiPresiden pada pemilu presiden tahun 2019 karena milenial tidak menganggap tagar tersebut sebagai tujuan dominan (dominant goal appraisal) dan menilai tidak adanya konsistensi atau pesan partisipatif (consistency appraisal) pada tagar #2019GantiPresiden.

This thesis examines the influence of exposure of the hashtag # 2019GantiPresiden on three social media platforms such as Facebook, Instagram and Twitter to online and offline political participation of Millenial of DKI Jakarta in the 2019 Presidential Election. This research based on four of psychological mechanism of Social Media Political Participation Model theory from Jonathan Knoll, Jorg Matthes, and Raffael Heiss (2018). The research uses a quantitative method with questionnaire method of data collection from 400 samples selected by multistage random sampling. Hypothesis testing is based on descriptive statistics, simple linear regression analysis. The results show that (1) the use of social media is associated with and influenced to the online and offline political participation (low & high effort) of millennial DKI Jakarta, and (2) the low political participation of DKI Jakarta millennials related to the hashtag #2019GantiPresiden in the 2019 presidential election because millennials do not consider this hashtag to be a dominant goal appraisal and assess the lack of consistency or participatory messages (consistency appraisal) in the hashtag # 2019GantiPresiden."
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Dokumentasi  Universitas Indonesia Library
cover
Gabriella Thalita
"Masyarakat dapat dengan mudah memperoleh informasi mengenai vaksinasi COVID-19 dari berbagai sumber yang ada. Kementerian Komunikasi dan Informatika dipercaya untuk memberikan informasi vaksinasi COVID-19 yang akurat kepada publik. Salah satu alat yang digunakan oleh humas pemerintah untuk memberikan informasi terkait vaksinasi adalah Instagram @Kemenkominfo. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan media sosial Instagram oleh humas pemerintah terhadap kepercayaan publik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel non probabilita. Pengambilan data dilaksanakan melalui penyebaran kuesioner daring dan terdapat 222 responden dengan rentang usia 18 – 25 tahun yang pernah mendapatkan informasi vaksinasi dari Instagram feed @Kemenkominfo. Hasil menunjukkan adanya pengaruh positif terhadap penggunaan media sosial Instagram terhadap kepercayaan publik. Pengaruh penggunaan media sosial Instagram @Kemenkominfo hanya mencapai tahap kognitif. Saran dari penelitian ini agar humas pemerintah dapat menggunakan media sosial Instagram hingga memberikan pengaruh komunikasi pada tahap afektif dan konatif.

The public can easily obtain information about COVID-19 vaccination from various available sources. The Ministry of Communication and Information Technology is trusted to provide accurate COVID-19 vaccination information to the public. One of the tools used by government public relations to provide information related to vaccination is Instagram @Kemenkominfo. This study aims to see the effect of the government's use of social media Instagram on public trust. This study uses a quantitative approach with non-probability sampling technique. Data collection was carried out through the distribution of bold questionnaires and there were 222 respondents with an age range of 18-25 years who had received vaccination information from the @Kemenkominfo Instagram feed. The results show that there is a positive influence on the use of Instagram social media on public trust. The effect of using social media Instagram @Kemenkominfo only reaches the cognitive stage. Suggestions from this study are that government public relations can use Instagram social media to influence communication at the affective and conative stages.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Haekal Iguh Pratama
"Resiliensi keluarga (family resilience) merupakan komponen penting yang dibutuhkan keluarga dalam menghadapi situasi krisis, seperti pandemi COVID-19 yang sedang terjadi saat ini. Salah satu cara untuk memiliki resiliensi keluarga yang baik adalah dengan memiliki dukungan sosial (social support) yang memadai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi dari dukungan sosial terhadap resiliensi keluarga. Penelitian ini dilakukan terhadap 168 partisipan yang merupakan warga DKI Jakarta yang tinggal bersama dengan keluarga inti selama pandemi COVID-19. Pengukuran resiliensi keluarga dan dukungan sosial dilakukan berdasarkan persepsi partisipan terhadap ketahanan ia dan keluarganya dalam menghadapi pandemi, serta persepsi akan segala dukungan yang hadir kepadanya selama pandemi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dukungan sosial berkontribusi positif terhadap resiliensi keluarga. Penelitian ini juga menemukan bahwa dukungan sosial yang paling banyak didapatkan selama pandemi COVID-19 adalah dukungan yang berasal dari significant others atau orang spesial. Partisipan dalam penelitian ini juga cenderung memiliki dukungan sosial dan resiliensi yang cukup baik selama pandemi COVID-19. Hasil dari penelitian ini dapat dijadikan saran bagi keluarga untuk mempererat hubungan sosial yang dimiliki agar mendapatkan dukungan sosial yang mencukupi guna menumbuhkan resiliensi keluarga.

Family resilience is an important component needed by family in facing a crisis situation, such as the COVID-19 pandemic that is happening today. One of the ways to have good family resilience is to have adequate social support. This study aims to determine the contribution of social support for family resilience. This research was conducted on 168 participants who were citizens of DKI Jakarta who lived together with their main families during the COVID-19 pandemic. Measurement of family resilience and social support is carried out based on the participant's perception of the resilience of them and their family in facing the pandemic, and the perception of all the supports that is present to them during the pandemic. The results of this study indicate that social support contributes positively to family resilience. The study also found that the most social support obtained during the COVID-19 pandemic was support from significant others. Participants in this study also tended to have social support and quite good resilience during the COVID-19 pandemic. The results of this study can be used as suggestions for families to strengthen social relations that are owned in order to get sufficient social support to foster family resilience."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>