Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 187122 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Arief Bagus Setyohadi
"Pandemi Covid-19 hingga perubahan perilaku konsumen yang menyertainya menuntut berbagai pihak untuk terus berinovasi dan menyesuaikan diri. Sumber pendapatan dan kesejahteraan berbagai pihak pun ikut terdampak, Fenomena ini memunculkan kesadaran pelaku usaha untuk mengincar perhatian konsumen dengan berkontribusi sosial dalam menjalankan praktik bisnisnya. Terlihat beberapa pelaku usaha di sektor kuliner Indonesia khususnya yang tergabung dalam layanan online food delivery dalam platform ride-sharing sempat marak menjalankan praktik kampanye Cause Related Marketing dengan mengasosiasikan pembelian produk mereka pada kegiatan sosial seperti berbagi makanan/minuman pada pengemudi ojek online. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa efektifitas pilihan kegiatan sosial tersebut melalui faktor-faktor seperti tingkat Consumer-Cause Identifications, Attitude Toward the Cause, tingkat kepercayaan konsumen atas kemampuan kegiatan sosial menciptakan kesejahteraan bagi penerima manfaatnya (Beneficiaries Subjective Wellbeing) dan bagaimana hal-hal tersebut berperan dalam mempengaruhi Purchase Intenton mereka. Penelitian ini dilakukan dengan sampel 442 responden pengguna layanan online food delivery Go-Food & Grab-Food di Indonesia dan diolah menggunakan Structural Equation Modelling (SEM). Hasil penelitian menunjukan bahwa Consumer Cause Identifications serta Beneficiaries Subjective Wellbeing berpengaruh positif secara signifikan terhadap Purchase Intention. Penelitian ini dapat membantu pelaku usaha dengan mengetahui aspek-aspek yang perlu diperhatikan untuk memilih kegiatan sosial yang tepat dalam menjalankan Cause Related Marketing.

The Covid-19 Pandemic and changes in consumer behaviors that follows demand many business players to innovate and adapt to changes. Pandemics also affected income and wellbeing of many people. These phenomena seen by business players as an opportunity to gain consumer’s attention by contributes to social causes in its business practices. In Indonesia, it appeared that some business players in Food and Beverages sector especially those that listed in online delivery services of ride-sharing platform, practiced Cause Related Marketing campaign by associating their product’s purchase with contribution to social causes such as giving food/drinks to online ride-sharing drivers. This Research aim to analyze the effectiveness of this cause selection by analyze it with related factors such as Consumer-Cause Identifications, Attitude Toward the Cause, Consumer trust that the causes being selected could improve subjective wellbeing for its beneficiaries, and how those things play role in effecting their Purchase Intention. This research gathers 442 sample of the online food delivery services users of Go-Food & Grab-Food in Indonesia and analyze the data using Structural Equation Modelling (SEM). The results shows that Consumer-Cause Identifications and the consumer’s trust that the causes being selected could improve subjective wellbeing for its beneficiaries create positive significant effect toward Purchase Intention. This research could help business players to realize the factors needed to be considered in selecting social causes to be supported for cause related marketing campaign."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bheakanti Bias Btari
"Perkembangan ritel di Indonesia terus meningkat khususnya ritel modern yang memiliki pertumbuhan paling besar dibandingkan dengan ritel tradisional, terutama perdagangan ritel kategori makanan dan minuman. Salah satunya yang berkembang saat ini adalah 7-Eleven, hadir dengan memposisikan dirinya sebagai convenience store tapi juga menyediakan beberapa tempat duduk dan meja yang berada di dalam dan di luar ruangan selama 24 jam (hybrid convenience store). Dengan semakin ketatnya persaingan ritel, hal yang tidak kalah penting adalah apakah brand atau merek sebuah ritel dapat mempengaruhi purchase intention konsumen untuk datang dan berbelanja ke suatu ritel. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh retailer awareness, retailer association, retailer perceived quality, dan retailer loyalty terhadap purchase intention yang dimiliki konsumen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM). Hasil dari pengujian hipotesis diketahui bahwa retailer awareness tidak terbukti berpengaruh positif terhadap purchase intention. Retailer awareness dan retailer association juga tidak terbukti berpengaruh positif terhadap retailer loyalty. Sedangkan retailer association, retailer perceived quality dan retailer loyalty terbukti berpengaruh positif terhadap purchase intention. Hasil pengujian hipotesis juga menunjukkan bahwa retailer perceived quality berpengaruh positif terhadap retailer loyalty.
Retail developments in Indonesia continue to increase, especially modern retail which has the greatest growth in comparison with traditional retail, especially retail trade of food and beverage categories. One of them developed at this time is 7-Eleven, attended by positioning itself as a convenience store, but also provides some seating and tables inside and outdoors for 24 hours (hybrid convenience stores). With increasing competition in the retail, it is no less important is whether retail brand or brand can affect consumer purchase intention to come to a retail shop. This study aims to analyze the influence of awareness retailers, retailers association, perceived quality retailer, and retailer loyalty towards consumer's purchase intention possessed. Hypothesis testing is done by using Structural Equation Modeling (SEM). The results of testing the hypothesis known that retailer awareness is not proven positive influence on purchase intention. Retailer awareness and retailer association also not proved a positive influence on retailer loyalty. While retailer association, retailer perceived quality and retailer loyalty proven positive effect on the purchase intention. Hypothesis testing results also showed that the retailer perceived quality has a positive effect on the retailer loyalty."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S60633
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Putu Arindya Laksmidewi Marghaputra
"Pendekatan emotional appeal telah digunakan di berbagai industri dan konteks komunikasi. Penelitian ini berfokus pada penggunaan emotional appeal pada produk kosmetik ramah lingkungan. Didukung oleh data Zero Waste Week yang menyatakan bahwa industri kosmetik global memproduksi lebih dari 120 miliar unit kemasan setiap tahun dan sebagian besar dari kemasan tersebut tidak dapat didaur ulang. Salah satu inovasi solutif yang bisa dilakukan adalah mengubah penggunaan plastik menjadi seed paper sebagai kemasan produk. Terlepas dari inovasi produk ramah lingkungan yang semakin berkembang, terdapat banyak faktor yang memengaruhi niat pembelian konsumen. Emotional appeal (fear & hope appeal) digunakan sebagai strategi pemasaran yang bertujuan untuk menciptakan hubungan emosional antara konsumen dengan produk atau jasa yang diiklankan, yang kemudian mendukung keputusan pembelian konsumen. Terdapat penelitian sebelumnya yang mengidentifikasi faktor lain pendukung keputusan pembelian yakni sikap terhadap iklan (advertising attitude). Kelompok konsumen dengan demografi yang berbeda juga memiliki perilaku yang berbeda dalam merespons pesan ramah lingkungan. Maka dari itu, penelitian ini mengidentifikasi lebih lanjut pengaruh pesan emosional pada sikap terhadap iklan dan minat beli produk kosmetik ramah lingkungan pada Generasi Y & Z. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif survei analitik cross-sectional pada 300 responden dari dua generasi yang berbeda. Hasil penelitian menyatakan bahwa bahwa advertising attitude memengaruhi purchase intention. Serta terdapat perbedaan pengaruh pesan emosional terhadap advertising attitude dan purchase intention generasi Y dan generasi Z.

The emotional appeal approach has been used in various industries and communication contexts. This study focuses on the use of emotional appeal in eco-friendly cosmetics products. Supported by data from Zero Waste Week, which states that the global cosmetics industry produces over 120 billion packaging units annually, most of which are non-recyclable. One innovative solution is to replace plastic with seed paper as product packaging. Despite the growing innovation in eco-friendly products, there are numerous factors influencing consumer purchase intentions. Emotional appeals (fear & hope appeals) are used as marketing strategies aimed at creating an emotional connection between consumers and the advertised products or services, thereby influencing consumer purchasing decisions. Previous research has identified other factors influencing purchase decisions such as advertising attitude. Consumer groups with different demographics also exhibit varying behaviors in response to eco-friendly messages. Therefore, this study further identifies the influence of emotional messages on advertising attitudes and purchase intentions for eco-friendly cosmetics products among Generation Y & Z. The study employs a quantitative cross-sectional analytic survey method with 300 respondents from these two different generations. The findings of the study indicate that advertising attitude influences purchase intention. Additionally, there are differences in the impact of emotional messages on advertising attitudes and purchase intentions between Generation Y and Generation Z.
"
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Djamaludin
"Skripsi ini membahas faktor-faktor yang mempengaruhi minat pembelian (purchase intention) konsumen terhadap produk PT. Pembangunan Jaya Ancol dengan melakukan studi kasus pada website PT. Pembangunan Jaya Ancol (www.ancol.com). Salah satu faktor yang memberikan pengaruh terhadap purchase intention adalah belief construct yang terdiri dari perceived price, perceived service, informational interpersonal belief, perceived self-efficacy, dan perceived resource facilitation. Kemudian, variabel-variabel pembentuk belief ini memberikan pengaruh terhadap sikap attitudinal construct, yakni attitude toward purchase, subjective norm, dan perceived behavioral control sehingga dapat memberikan pengaruh terhadap purchase intention. Analisis data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). Data penelitian diambil dari 185 responden yang tersebar di wilayah Jabodetabek.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa adanya pengaruh yang signifikan dari variabel informational interpersonal belief terhadap variabel subjective norm. Namun, variabel subjective norm tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap purchase intention. Selain itu, terdapat juga variabel perceived resource facilititation yang tidak memberikan pengaruh terhadap variabel perceived behavioral control.

This thesis discusses about factors that influence consumers? purchase intention toward PT Pembangunan Jaya Ancol?s products, using PT Pembangunan Jaya Ancol website (www.ancol.com) as case study. Factors that influence purchase intention are consist of perceived price, perceived service, informational interpersonal belief, perceived self-efficacy, and perceived resource facilitation. Variables of belief that influence attitudinal construct consist of attitude toward purchase, subjective norm, and perceived behavioral control, which influence purchase intention. Data was analyzed by Structural Equation Modeling (SEM). The Data was taken from 185 respondents from Jabodetabek areas.
Result of this research shows that there are significant influence from informational interpersonal belief variable and subjective norm variable. Subjective norm variable does not give significant influence to purchase intention. There is also perceived resource facilititation variable which doesn't give significant influence to perceived behavioral control variable.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S44453
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Destiara Putri
"Kegiatan berbelanja online yang semakin marak membuat pelaku usaha e-commerce semakin bertambah. Dari sekian banyak e-commerce yang ada di Indonesia, e-commerce dalam bentuk online group buying masih berkembang di Indonesia. Salah satu e-commerce dalam bentuk online group buying yang memiliki market share terbesar adalah Groupon. Penelitian ini membahas mengenai faktor-faktor yang membentuk repeat purchase intention pada Groupon. Model penelitian ini merupakan gabungan dari penelitian yang telah dilakukan oleh Hsu et al. (2015). Dengan metode SEM, didapatkan bahwa perceived value mempengaruhi repeat purchase intention pada Groupon secara positif dan habit mempengaruhi hubungan satisfaction pada repeat purchase intention.

The increase of online shopping activities create many e-commerce businesses. But e-commerce in the form of online group buying is still growing in Indonesia. The largest market share for online group buying in Indonesia is Groupon. This study discusses the forming factors of repeat purchase intention towards Groupon. The research model is a combination of the previous research that has been conducted by Hsu et al. (2015). Structural Equation Modeling is used to analyze the relationship between each variables. It was found that perceived value can affect repeat purchase intention positively and habit can affect the relationship between satisfaction and repeat purchase intention.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S59936
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Auditiya Irwanda
"ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu mana yang lebih mempengaruhi konsumen dalam melakukan pembelian online. Ada dua faktor penting yang mempengaruhi pembelian, yaitu, harga dan kepercayaan. Penelitian ini membahas mengenai kedua faktor tersebut pada pelanggan tetap dan pelanggan potensial. Hasil penelitian menunjukan bahwa kepercayaan memiliki efek yang kuat bila dibandingkan dengan harga pada pelanggan tetap dan pelanggan potensial. Selain itu, kepercayaan memiliki efek yang lebih kuat pada pelanggan potensial. Dan harga memiliki efek yang lebih kuat pada pelanggan tetap.


This study aims to find out which one is more affecting consumers in making online purchases. There are two important factors that influence the purchase, ie, price and trust. This study discusses about the two factors on repeat customers and potential customers. The results showed that the trust has a strong effect on the price when compared to regular customers and potential customers. In addition, the trust has a stronger effect on potential customers. And the price has a stronger effect on repeat customers.

"
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S56833
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Wilda Nadhifah
"Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi peran dari trust dan perceived value terhadap intensi membeli konsumen pada produk makanan organik. Dalam penelitian ini, trust diukur dengan menggunakan Trust in Product Scale sedangkan untuk perceived value diukur dengan melibatkan empat dimensi dari perceived value yang dikemukakan oleh Sweeney & Soutar (2001) meliputi emotional value, functional value, economic value dan social value dengan menggunakan alat ukur Perceived Value Scale (PerVaS). Sebanyak 187 partisipan dengan usia minimal 18 tahun berdomisili di Indonesia, berpenghasilan lebih dari Rp. 2.000.000 dan pernah mengonsumsi atau mengetahui makanan organik. Data dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis statistik simple dan multiple regression. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa trust tidak mampu memprediksi intensi membeli konsumen pada produk makanan organik. Selanjutnya, dari empat dimensi perceived value, emotional value menjadi dimensi yang paling signifikan dalam memberikan kontribusi terhadap intensi membeli konsumen pada produk makanan organik.

This study aims to identify the role of trust and perceived value on consumers' purchase intention toward organic food products. In this study, trust is measured by Trust in Product Scale, and perceived value is measured by the four dimensions of perceived value proposed by Sweeney & Soutar (2001) including emotional value, functional value, economic value, and social value using the Perceived Value Scale (PerVaS). A total of 187 participants with a minimum age of 18 years old, living in Indonesia, have an income of more than 2,0000.00,- Rupiah, and have consumed or know about organic food. Data were analyzed with descriptive analysis and multiple regression. The results showed that trust is not able to predict the Consumer's purchase intention toward organic food. Furthermore, from the four dimensions of perceived value, emotional value is the most significant dimension in contributing to Consumer's purchase intentions towards organic food products."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Zulhi Muwafik
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengaruh country of origin image terhadap purchase intention konsumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 warga Depok yang belum pernah memiliki mobil merek Proton dengan metode non-probability sampling dan teknik purposive. Pengujian ini dilakukan menggunakan metode regresi linear berganda, dimana variabel dependen adalah purchase intention dan country of origin image sebagai variabel independen serta kuesioner sebagai instrumen penelitannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra negara asal memiliki pengaruh terhadap minat beli yang cukup kuat. Hubungan antar variabel dalam penelitian ini menunjukan adanya korelasi dalam kategori sangat kuat.

The goal of this study is to analyze the effect of country of origin image on purchase intention. This research applied quantitative approach. The sample of this research is 100 residents in Depok who never have Proton as their car. The data were collected using non-probability sampling and purposive technique. This research used questionnaire as the instrument and analyzed with multi linear regression methods. The result shows that country of origin image has a strong impact toward purchase intention. The Relationship between these variables showed the correlation is very strong category.
"
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2015
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nadifa Ulayya Kumoratih
"Bedtime procrastination yang didefinisikan sebagai penundaan waktu tidur tanpa adanya alasan eksternal ditemukan terjadi pada mahasiswa dan pekerja selama masa pandemi Covid-19, sebagai dampak dari kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar. Perilaku bedtime procrastination sendiri ditemukan berhubungan dengan beberapa variabel lain, salah satunya adalah subjective well-being. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan apakah terdapat hubungan antara perilaku bedtime procrastination yang dilakukan oleh mahasiswa dan pekerja dengan subjective well-being mereka khususnya pada masa pandemi Covid-19, serta menjelaskan bagaimana dinamika perilaku bedtime procrastination pada sampel yang sama. Penelitian dilakukan pada 278 sampel, yang terdiri dari 143 orang mahasiswa dan 135 orang pekerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan antara bedtime procrastination dengan subjective well-being, serta tidak ditemukannya perbedaan perilaku bedtime procrastination antara kelompok mahasiswa dan pekerja.

Bedtime procrastination, defined as going to bed later than intended with no external reasons for doing so were found to occur in college students and workers during the Covid-19 pandemic, as the result of Pembatasan Sosial Berskala Besar policy. The behaviour itself was found to be related with several variables, one of which was subjective well-being. This study aims to explain whether there is a relationship between bedtime procrastination and subjective well-being in college students and workers especially during the Covid-19 pandemic, and also to explain whether there is a different between college students and workers in term of bedtime procrastination in the same sample. The study was conducted on 278 samples, consisting of 143 students and 135 workers. This study found that there was a significant negative relationship between bedtime procrastination and subjective well-being, and also there were no significant differences found in the term of bedtime procrastination behaviour between groups of college students and workers."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rizki Aditya
"Secara keseluruhan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor-faktor pembentuk purchase intention yang dilihat dari sisi personal individu (seperti attitude toward purchase intention, health consciousness) serta sisi eksternal individu (seperti collectivism, subjective norm). Penelitian ini dilakukan dilakukan secara online dan offline, dimana pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan kriteria responden yang belum pernah membeli dan/atau mengkonsumsi beras organik. Analisa data menggunakan WarpPLS 5.0 untuk melakukan uji hipotesa. Hasil dari penelitian ini mengindikasikan tidak semua variable yang membentuk purchase intention memiliki cukup bukti untuk secara signifikan mempengaruhi variable tersebut. Tidak seperti Collectivism dan Social Information, terdapat cukup bukti bagi Health Consciousness, Environmental Visibilities, serta variable yang tersisa dari variable pembentuk Theory of Planned Behavior dalam membentuk konstruk purchase intention.

In general, the purpose of this research was to determine the effect of several factors that believed to able to construct purchase intention variable based on two different view: personal factors (i.e. attitude toward purchase intention, health consciousness) and the external factors of an individual (i.e. collectivism, subjective norm). This research was conducted both offline and online, by using questionnaire as gathering instrument with particular characteristic for the respondent, where the valid respondent of the research must be the one who never ate and/or bought organic rice in his/her life. WarpPLS 5.0 was used for data analysis and hypothesis testing. This research found that not every variable in this research provided enough data and evidence in order to say they significantly affected purchase intention. Unlike health consciousness and Social information who unsignificantly affected purchase intention; health consciousness, environmental visibilities and the rest variables from Theory of Planned Behavior were proved in significantly affected purchase intention."
Depok: Universitas Indonesia, 2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>