Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 186639 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Nakeisha Nayla Indira
"This paper explores the global expansion and innovation strategies of V2food, an Australian plant-based meat startup with the mission to offer affordable and sustainable plant-based meat alternatives to mainstream consumers. The analysis is framed by theoretical models including Porter’s Diamond and the Resource-Based View (RBV), it evaluates V2food’s competitive landscape, essential resources, and approaches to innovation. Three strategic growth paths are proposed: (1) international expansion into high-demand regions like Europe and North America, (2) enhancing R&D capabilities for product differentiation, and (3) collaborating with food chains and penetrating mainstream markets. After thorough analysis, this paper recommends global expansion for the most promising long-term growth strategy. This approach includes maintaining regional partnerships, employing agile developments, and a hybrid organizational structure to position V2food in becoming a leader in sustainable plant-based food innovation.

. Makalah ini mengeksplorasi ekspansi global dan strategi inovasi dari V2food, startup daging plant-based asal Australia yang bermisi untuk menawarkan alternatif daging berbahan nabati yang terjangkau dan keberlanjutan untuk konsumer umum. Analisis ini terdiri model teoritikal termasuk Porter’s Diamond dan Resource-Based View (RBV), yang mengevaluasi lanskap kompetisi V2food, sumber daya penting, dan pendekatan inovasinya. Tiga jalur strategi pertumbuhan telah diusulkan: (1) ekspansi internasional menuju wilayah dengan permintaan tinggi seperti Eropa dan Amerika Utara, (2) peningkatan kapabilitas R&D untuk diferensiasi produk, dan (3) kolaborasi dengan jaringan restoran dan memasuki pasar umum. Setelah analisa yang menyeluruh, makalah ini merekomendasikan ekspansi global sebagai strategi jangka panjang yang paling menjanjikan. Pendekatan ini melibatkan penjagaan kemitraan regional, menjalankan perkembangan agile, dan struktur organisasi hibrida untuk memposisikan V2food dalam menjadi pemimpin di inovasi makanan berbasis nabati berkelanjutan."
Depok: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Indonesia, 2025
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Nakeisha Nayla Indira
"This paper explores the global expansion and innovation strategies of V2food, an Australian plant-based meat startup with the mission to offer affordable and sustainable plant-based meat alternatives to mainstream consumers. The analysis is framed by theoretical models including Porter’s Diamond and the Resource-Based View (RBV), it evaluates V2food’s competitive landscape, essential resources, and approaches to innovation. Three strategic growth paths are proposed: (1) international expansion into high-demand regions like Europe and North America, (2) enhancing R&D capabilities for product differentiation, and (3) collaborating with food chains and penetrating mainstream markets. After thorough analysis, this paper recommends global expansion for the most promising long-term growth strategy. This approach includes maintaining regional partnerships, employing agile developments, and a hybrid organizational structure to position V2food in becoming a leader in sustainable plant-based food innovation.

. Makalah ini mengeksplorasi ekspansi global dan strategi inovasi dari V2food, startup daging plant-based asal Australia yang bermisi untuk menawarkan alternatif daging berbahan nabati yang terjangkau dan keberlanjutan untuk konsumer umum. Analisis ini terdiri model teoritikal termasuk Porter’s Diamond dan Resource-Based View (RBV), yang mengevaluasi lanskap kompetisi V2food, sumber daya penting, dan pendekatan inovasinya. Tiga jalur strategi pertumbuhan telah diusulkan: (1) ekspansi internasional menuju wilayah dengan permintaan tinggi seperti Eropa dan Amerika Utara, (2) peningkatan kapabilitas R&D untuk diferensiasi produk, dan (3) kolaborasi dengan jaringan restoran dan memasuki pasar umum. Setelah analisa yang menyeluruh, makalah ini merekomendasikan ekspansi global sebagai strategi jangka panjang yang paling menjanjikan. Pendekatan ini melibatkan penjagaan kemitraan regional, menjalankan perkembangan agile, dan struktur organisasi hibrida untuk memposisikan V2food dalam menjadi pemimpin di inovasi makanan berbasis nabati berkelanjutan."
Depok: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Indonesia, 2025
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Ibnu Utomo Priyambodo
"

Deutsche Bank Group merupakan salah satu grup Bank terbesar di Eropa dan Dunia dengan jumlah karyawan yang lebih dari 98000 orang di lebih dari 72 negara. Oleh karenaya, pengaturan yang efisien terhadap sumber daya manusia yang dimiliki sangatlah penting demi kelangsungan operasional perusahaan, terutama dalam hal yang menyangkut pemberdayaan karyawan-karyawan yang sudah lama bekerja di Deutsche Bank. Makalah ini membahas bagaimana program-program sumber daya manusia yang dimiliki oleh Deutsche Bank yang sudah berjalan meningkatkan performa pekerja, kekuatan dan kekurangan perusahaan, action plan dan rekomendasi.

 


Deutsche Bank Group is one of largest bank in Europe and the World, with more than 98000 employees in more than 72 countries worldwide. With such large and diverse employees, efficiency in human resource management is a must for the sustainability of the company, especially in empowering their current employees to grow and perform better in their job. This report will discuss Deutsche Bank human resources program enhance their employee’s performance, SWOT analysis of the company, action plan for the report and recommendation.

 

"
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Ake Endang Murni
"ABSTRAK
Pada umumnya keberhasilan suatu badan usaha banyak
dipengaruhi oleh dua faktor yang sangat penting. pertama,
adalah faktor?faktor yang berada diluar jangkauan pengendalian
suatu badan usaha. Faktor?faktor tersebut lazim disebut seba
gai faktor?faktor eksternal. Faktor eksternal ini dapat menye
babkan munculnya ancaman ataupun peluang yang dihadapi oleh
suatu badan usaha. Kedua, adalah faktor-faktor yang terdapat
di dalam tubuh badan usaha itu sendiri dan masih dapat diken
dalikan oleh badan usaha tersebut. Faktor?faktor ini lazim
disebut sebagai faktor-faktor internal. Faktor internal inilah
yang menentukan kekuatan ataupun kelemahan suatu badan usaha
dalam mengantisipasi peluang dan ancaman yang ada.
Dari sekian banyak faktor internal yang ada, beberapa
diantaranya dapat mempunyai peran yang sangat penting dalam
mewujudkan keberhasilan suatu badan usaha. Faktor internal
yang penting tersebut pada umumnya dikenal dengan sebutan Key
Success Factors (?faktor kunci keberhasilan?), yang tidak
selalu sama untuk setiap badan usaha. Ketidak samaan ini
antara lain dipengaruhi oleh jenis badan usaha, usia badan
usaha, ukuran badan usaha ataupun Product Life Cycle (?siklus
hidup produk?) dari badan usaha tersebut.
Dalam tulisan ini, ?faktor kunci keberhasilan? unit
usaha hotel PT.?P? ditinjau berdasarkan fungsi?fungsi yang
lazim terdapat pada sebuah badan usaha (seperti fungsi
marketing, Operasi/produksi, personalia, keuangan, serta
penelitian & Pengembangan), yang kemudian dikaitkan dengan
?siklus hidup produk? unit usaha hotel tersebut (yang pada
saat ini berada pada periode maturity).
Berdasarkan kedua pendekatan tadi, yaitu pendekatan
fungsi dan pendekatan ?siklus hidup produk?, maka diperoleh
beberapa ?faktor kunci keberhasilan? yang harus dimiliki oleh
unit usaha hotel PT.?P? tersebut.
Melalui analisa yang rnenggunakan program komputer model
Analytic Hierarchy Process (AHP), diperoleh suatu daftar
faktor Internal yang tersusun berdasarkan urutan prioritas.
Seperti telah disebutkan sebelumnya, bahwa tidak semua faktor
internal dapat meniadi ?faktor kunci keberhasilan?. Oleh
karena itu, diasumsikan bahwa ?faktor kunci keberhasilan?
untuk unit usaha hotel PT.?P? adalah faktor-faktor internal
yang berada pada urutan pertama sampai dengan ke-empat. Urutan
faktor?faktor Internal ini dapat dilihat pada lampiran 3.
"
1994
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anung Satriaji Rahman
"PT XYZ TBK merupakan perusahaan yang memiliki bisnis utama menyewakan ruang pada site sebagai tempat pemasangan antenna dan peralatan lain untuk transmisi sinyal nirkabel yang tertera di dalam skema perjanjian kontrak jangka panjang dengan perusahaan operator telekomunikasi nirkabel. Sesuai dengan bisnis utama tersebut maka PT XYZ TBK melakukan pembangunan site di beberapa wilayah di Indonesia. Pembangunan site tidak terlepas dari kebutuhan material menara yang menjadi komponen utama. Logisitc Section dari Procurement and Plan Operation Department sebagai pihak yang bertanggung jawab dalam pengelolaan material menara yang meliputi proses alokasi, pemesanan, relokasi, dan pendistribusian material menara masih belum mampu menjalankannya secara optimal dikarenakan adanya permasalahan dari aspek proses, sumber daya manusia, dan biaya.
Sebagai solusi terhadap tiga aspek permasalahan tersebut diajukan sebuah pengembangan sistem informasi terintegrasi yang mampu membantu proses alokasi, pemesanan, relokasi, dan pendistribusian material menara. Penelitian ini melakukan perancangan sistem informasi logistik pengelolaan material menara yang akan dimasukan sebagai sebuah modul baru pada enterprise resource planing (ERP) bernama TBGSys dan Vendor Portal. Analisa manajemen rantai pasokan berdasarkan supply chain framework pada komponen information system dilakukan untuk menganalisa penggunaan sistem informasi yang saat ini digunakan dimana dari hasil analisa tersebut didapatkan kebutuhan fungsionalitas sistem yang tidak tersampaikan oleh stakeholder namun memiliki peran penting untuk membentuk sistem informasi yang mampu mendukung proses logistik agar strategi supply chain perusahaan dapat dieksekusi.
Metodologi yang digunakan dalam perancangan sistem informasi adalah rational unified process (RUP) dengan mengadopsi RUP Reduced Model. Discipline RUP yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Requirement dan Analysis and Design. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah dokumen dari kedua Discipline RUP tersebut yang kemudian akan menjadi panduan dalam proses pengembangan sistem informasi logistik pengelolaan material menara.

PT XYZ TBK is a company that has a major business rents out space on the site as the installation of antennas and other equipment for wireless signal transmission are listed in the scheme of long-term contractual agreements with corporate wireless telecom operators. In accordance with the main business of the PT XYZ TBK perform site development in several regions in Indonesia. Site development can not be separated from the material needs of the tower which is the main component. Logistic Section of Procurement and Plant Operations Department as the party responsible for the management of material tower which includes the process of allocation, ordering, relocation, and distribution of material towers are still not able to run optimally because of the problems of the aspects of the process, human resources, and costs.
As a solution to the problem posed three aspects of a development of an integrated information system that can help the process of allocation, ordering, relocation, and distribution of material tower. This research did the logistics management information system design tower material that will be included as a new module in the enterprise resource planing (ERP) named TBGSys and Vendor Portal. Analysis of supply chain management based supply chain framework on component information system performed to analyze the use of information systems that are currently used in which the results of the analysis obtained the needs of system functionality that is not conveyed by the stakeholders but has an important role to establish an information system that is capable of supporting the logistics process in order corporate supply chain strategy can be executed.
The methodology used in the design of information systems is a rational unified process (RUP) by adopting RUP Reduced Models. Discipline RUP conducted in this study is a Requirements and Analysis and Design. Results from this research is a document of both the RUP Discipline which will then serve as a guide in the process of logistics management information system development of material tower.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2016
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Satria Kemal Rahadi
"Laporan ini menganalisis rantai pasokan Toyota Motor Company, dengan fokus pada jaringan rantai pasokan, pengadaan, outsourcing, inisiatif CSR, serta permasalahan internal. Di balik kinerja Toyota terdapat sistem rantai pasokan brilian yang digunakan yang memungkinkan semuanya menjadi mungkin. Namun, meskipun manajemen rantai pasokannya kuat, Toyota menghadapi beberapa tantangan yang berasal dari ketegangan geopolitik dan bencana alam yang dapat mengganggu rantai pasokan, menyebabkan kekurangan komponen dan penundaan produksi. Meskipun Toyota sangat terpukul oleh kekurangan semikonduktor, Toyota telah menunjukkan ketahanan dan respons TPS terhadap tantangan yang tidak terduga.
This report analyzes the supply chain intricacies of Toyota Motor Company, with a focus on their supply chain network, procurement, outsourcing, CSR initiatives as well as the problems they are facing. Behind Toyota’s performance lies a brilliant supply chain system that has been used that makes it all possible. However, despite its strong supply chain management, Toyota faces several challenges stemming from Geopolitical tensions and natural disasters that can disrupt supply chains, causing component shortages and manufacturing delays. Although Toyota has been hit hard by the worldwide semiconductor shortage, the company has shown its TPS resilience and responsiveness to unforeseen challenges."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Mayang Krisnawardhani
"ABSTRAK
Skripsi ini membahas mengenai masalah yang dihadapi oleh organisasi selama implementasi program yang ditinjau melalui landasan perencanaan strategis. Proses perencanaan strategis digunakan sebagai material penilaian akan masalah dan potensi sebagai bagian dari managemen organisasi yang efektif. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang didesain secara deskriptif berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan di organisasi Global Green Growth Institute. Hasil penelitian ini menjabarkan bagaimana organisasi telah mengidentifikasi masalah yang mereka hadapi selama implementasi program dan melalui poses perencanaan strategis mampu mengidentifikasi masalah dan potensi yang dimilikinya disaat yang bersamaan pula diberikannya beberapa saran guna organisasi untuk meningkatkan efektifitas dari implementasi programnya yang didasari oleh proses perencanaan strategis agar sesuai dengan komponen-komponen yang ada di dalam pemaparan teori perencanaan strategis pada sistem managemen organisasi.

ABSTRACT
This undergraduate thesis discusses the problem that organization face during program implementation that is review based on strategic planning approach. Strategic planning process is used as a material assessment of problem and potential as part of effective organizational management. This research is a qualitative research that is designed descriptively based on observation and interview conducted in Global Green Growth Institute organization. The results of this study describes how the organization has identify the problem that they have faced during program implementation and through strategic planning process are able to identify the problems and potentials it has at the same time also given some suggestions for the organization to improve the effectiveness of their program implementation based on strategic planning process to fit the components that exist in the presentation of the theory of strategic planning on the organization 39 s management system."
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Feza Tabassum Azmi
"This book provides a comprehensive and up-to-date text in the subject. It seeks to address a wide gap existing in terms of the availability of a book that provides extensive coverage in the field. It aims to provide students in human resource management courses and practising managers with a comprehensive view of essential concepts and techniques in a highly readable and understandable form. This book particularly focuses on practical applications, examples and cases that managers can utilise in gaining insights into the subject in order to carry out their HR-related responsibilities. It focuses on practical applications, examples and cases that will be useful for both students and HR managers. It serves two important purposes: to provide an academically rigorous study, and at the same time, offer comprehensive and user-friendly pedagogy. The case studies cited in the book are from across the globe, including studies from India, and will appeal to a large audience."
United Kingdom: Cambridge University Press, 2019
e20528712
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Arvidyani Anindita
"Persaingan di industri menara telekomunikasi Indonesia tergolong cukup ketat, sehingga perusahaan perlu memiliki performa yang baik agar dapat bersaing dan kontribusi dari setiap karyawan di dalamnya memiliki peranan penting. Perilaku kewargaan organisasi (PKO) adalah perilaku ekstra di luar tanggung jawab utama karyawan yang dapat meningkatkan efektivitas organisasi. Meskipun demikian, kemunculan PKO dapat terhambat apabila karyawan mengalami ketidakjelasan peran. Studi 1 penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara ketidakjelasan peran dan PKO pada karyawan Direktorat B PT X. Data studi 1 dikumpulkan dari 58 karyawan menggunakan alat ukur RHS Scale (Rizzo, House, & Lirtzman, 1970) dan skala PKO (Nugraha, 2013). Hasilnya menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif dan signifikan antara ketidakjelasan peran dan PKO (r = -0,511, p < 0,01). Hasil ini ditindaklanjuti melalui studi 2 untuk mengetahui pengaruh intervensi penyusunan dan sosialisasi uraian jabatan dalam menurunkan ketidakjelasan peran serta meningkatkan PKO. Hasil evaluasi pada tujuh karyawan menunjukkan bahwa setelah mendapat intervensi, terdapat penurunan ketidakjelasan peran yang signifikan (z = -1,983, p < 0,05, r = -0,75) namun tidak terdapat perubahan yang signifikan pada PKO (z = -0,631, p > 0,05). Selanjutnya penelitian ini membandingkan perubahan tingkat ketidakjelasan peran dan PKO antara kelompok intervensi dan kelompok pembanding. Hasilnya menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada ketidakjelasan peran (U = 6, z = - 2,432, p < 0,05, r = -0,65) namun tidak terdapat perbedaan PKO yang signifikan (U = 23, z = -0,192, p > 0,05) antara kelompok intervensi dan kelompok pembanding. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa intervensi penyusunan dan sosialisasi uraian jabatan efektif dalam menurunkan ketidakjelasan peran namun tidak efektif dalam meningkatkan PKO.

Competition in the Indonesian telecommunications tower industry is quite tight, thus companies need to have good performance in order to be competitive and the contribution of each employee has an important role. Organizational citizenship behavior (OCB) is extra-role behavior outside employee's main responsibility that can increase organizational effectiveness. However, the emergence of PKO can be hampered if employees experience role ambiguity. Study 1 aimed to see the relationship between role ambiguity and OCB among employees of Directorate B PT X. Data for study 1 was collected from 58 employees using RHS Scale (Rizzo, House, & Lirtzman, 1970) and OCB scale (Nugraha, 2013). The results showed that there was a negative and significant relationship between role ambiguity and OCB (r = -0.511, p < 0.01). These results were followed up through study 2 to see the effect of job description redesign and socialization to reduce role ambiguity and increase OCB. The results of the evaluation on seven employees showed that after receiving intervention, there was a significant decrease in role ambiguity (z = - 1,983, p < 0.05, r = -0.75) but there was no significant change in OCB (z = -0.631, p > 0.05). Furthermore, this study compared changes in the level of role ambiguity and OCB between the intervention group and the comparison group. The results showed that there was a significant difference in role ambiguity (U = 6, z = -2.432, p < 0.05, r = -0.65) but there was no significant difference in OCB (U = 23, z = - 0.192, p > 0.05) between the intervention group and the comparison group. Thus, it can be concluded that the job descriptions redesign and socialization were effective in reducing role ambiguity but were not effective in increasing OCB."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>