Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 9 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Katarina Sidharta
"Konsep tanggung jawab sosial korporat melahirkan tantangan bagi para praktisi Public Relations (PR). Melalui konsep ini citra atau reputasi organisasi harus diikhtiarkan agar tetap terjaga. Melalui kegiatan community relations (CR), organisasi bisnis dituntut untuk memainkan peran dalam mengatasi permasalahan sosial yang dialami satu komunitas. CR menjadi efektif apabila manajemen PR efektif dan dimulai dari kesadaran publik internal.
Penelitian dari International Association of Business Communicators (IABC) berhasil membangun teori yang diperlukan bagi efektivitas Public Relations dalam menerima fungsi dan perannya. Karena itulah panting mengetahui apakah departemen PR di organisasi telah memiliki karakteristik PR efektif, khususnya ketika menjalankan CR, seperti yang dilakukan oleh FT. Medco E&P Indonesia (Medco E&P).
Penelitian mengenai bagaimana manajemen PR dalam menjalankan fungsi dan peran intemalnya pada CR agar efektif dan sukses berfokus pada tiga tingkatan, yaitu: organisasional, fungsional, dan program. Peneliti meggunakan metode penelitian kualitatif dan mewawancaral 22 orang responden terdiri dari: tiga orang Manajemen senior, tiga orang pensiunan, delapan orang Manajemen menengah, satu orang dari Human Resources, empat orang staf dari unit PR sebagai operasional dan tiga orang pekerja kontrak yang berasal dari penduduk lokal sekitar wilayah operasi. Penelitian ini mengevaluasi dua program utama PR yakni; publikasi ing-griya dan pengembangan masyarakat (community development/CD).
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa praktek PR di Medco E&P mempunyai potensi balk bagi efektivitas CR karena Departemen PR memiliki akses pada subsistem manajerial, menerapkan model dua-arah asimetrikal dan mendapat dukungan Manajemen. Namun pada ciri-ciri lain, yaltu: manajemen strategis, proses perencanaan strategis dan departemen PR masih cenderung lemah. Karena itu penefiti merekomendasikan agar Medco E&P melakukan perbaikan pada praktek PR-nya dengan: melibatkan PR sebagai bagian manajemen strategis, melakukan proses perencanaan strategis pada program CR, selalu melibatkan dialog dengan publik intemainya dan meningkatkan kemampuan internal PR-nya dengan meningkatkan riset dan melakukan audit pada semua programnya. Selain kemampuan dan niat dalam komunikasi sikap dan perilaku dalam melaksanakan kegiatan yang menunjukkan adaptasi dengan lingkungan adalah implikasi akademis dari penelitian ini.

Corporate Social Responsibility concept bear challenge to all practitioner of Public Relations (PR). Through this concept, organizational reputation or image has to be devised so that be remained. Through activity of Community Relations (CR), organizational of business claimed to play role in overcoming problems of natural social one community. CR effective if manage of PR effective, and started from awareness of internal public.
Research of International Association Business Communicators (IABC) conduct needed theory to effectiveness of Public Relations in accepting its function and role. Therefore, it's important to asses do PR department in organization have owned characteristic of PR effective, specially when running CR, as have done PT. Medco E&P Indonesia (Medco E&P).
Research about management of PR in running-internal role and function of CR to be successful and effective focus at three level, that is: organizational, functional, and program. Researcher uses qualitative research method and hold an interview with 22 responder people consist of: three senior Management people, three retired people, eight middle Management people, one people of Human Resources, four staff people of unit of PR as operational and three people worker of contract coming from local resident around operation region. This research evaluate two especial program of PR namely; publication of ing-griya and community development (CD).
Result of research conclude that practice of PR in Medco E&P have potency for CR effectiveness because Department of PR have an access at managerial subsystem, applying model of two-way asymmetrical and has Management's support. But for other characteristic, that is: strategic management, strategic plan process and department of PR still tend to weaken. In consequence researcher recommend Medco E&P to improve practice of PR by: entangling PR as a part of strategic management, posses strategic plan process at CR programs, dialogue with internal public and improve internal ability of its PR by improving research and audit of at all of its program. This research has an academic implication that practitioners are not only claimed to have ability of communications but also attitude, behavior and supporting activity conduct its function as adaptive subsystem in developing CR.
"
Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2005
T14300
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Zausner, Martin.
New York: Ronald Press Co, 1968
659.2 ZAU c
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
David Welkinson
"Skripsi ini membahas upaya implementasi Undang-Undang No.14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik di Badan Publik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran humas Badan Publik dalam upaya implementasi Undang-Undang No.14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik.
Peneliti melakukan penelitian pada Humas Dewan Perwakilan Rakyat Indonesia (DPR-RI). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode analisis data deskriptif. Metode analisis deskriptif digunakan untuk menggambarkan peran humas DPR-RI dalam upaya mencapai implementasi Undang-Undang No.14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Humas DPR sudah melakukan peran dengan baik, yaitu sebagai Manajer Humas dalam upaya mencapai implementasi Undang-Undang No.14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik.
Hasil penelitian ini menyarankan pentingnya keterlibatan humas dalam upaya mencapai implementasi Undang-Undang No.14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik di Badan Publik.
......This thesis discuss about effort implementation of legislation number 14, 2008 about disclosure of public information in Public Institutions. Purpose of this research is to know the role of public relations in an effort implementation of legislation number 14, of 2008 about disclosure of public information in Public Institutions.
Researcher conducted a research in Public Institution of Representatives Public Agency of Indonesia (DPR-RI). This research is qualitative research with descriptive data analysis methods. This method used to describe the role of public relations DPR-RI in an effort implementation of legislation number 14, of 2008 about disclosure of public information.
The result of this research show that public relations in DPR have done a good role as a manager of public relations in an effort implementation of legislation number 14, of 2008 about disclosure of public information.
This research suggest the important of involvement public relations in order to achieve the implementation of legislation number 14, of 2008 about disclosure of public information."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Morley, Michael
Basingstoke: Palgrave, 2002
659.289 MOR h
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Winner, Paul
London: Kogan Page , 1993
659.2 WIN e
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Anidya Sylviani
"Banyak penelitian yang berusaha menjelaskan pengaruh diterimanya suatu informasi, khususnya informasi keuangan, oleh pasar terhadap harga saham. Salah sate jurnal yang menjadi acuan penulis adalah "Price and Trading Volume Reaction Surrounding Earnings Announcement: A Closer Examination." Jurnal ini ditulis oleh Dale Morse pada tahun 1981. Penelitian tersebut merupakan penelitian empiris tentang perubahan harga dan volume perdagangan saham di sekitar hari publikasi earning kuartalan dan tahunan di Wall Street Journal (WSJ). Penelitian yang digunakan oleh penulis bertujuan menentukan kecepatan reaksi return dan volume transaksi perdagangan saham terhadap publikasi laporan keuangan interim. Penelitian semacam ini sering disebut sebagai event study. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 40 perusahaan yang sekuritasnya tercatat di PT Bursa Efek Jakarta. Reaksi return saham terhadap publikasi laporan keuangan interim di harian Bisnis Indonesia terjadi pada hari ke +1 sampai dengan hari +4. Reaksi volume transaksi saham terhadap publikasi laporan keuangan interim di harian Bisnis Indonesia terjadi pada hari ke +2, +3, dan +4.
Laporan keuangan interim telah digunakan oleh pelaku pasar modal dalam pengambilan keputusan investasi. Hal ini terbukti dari adanya perbedaan yang signifikan pada beberapa hari diantara 31 hari observasi dibandingkan dengan rata-ratanya. Pasar modal, dalam penelitian ini BEJ membutuhkan waktu untuk memproses informasi yang diterimanya. Masalah yang perlu dipertimbangkan bagi penelitian selanjutnya adalah efek penggunaan data harian dapat menimbulkan masalah. Penelitian akan memberikan basil yang lebih baik dengan memperbesar sampel. Selain itu dapat juga digunakan model selain market model yang diregresi mengingat tidak semua sampel memiliki koefisien regresi berbeda secara signifikan dengan 0. Penggunaan model ini diharapkan dapat memberikan hasil yang lebih baik. Investor dapat menggunakan laporan keuangan interim dalam pengambilan keputusan investasi. Informasi tidak langsung tercakup dalam harga dan investor tidak langsung menyesuaikan portofolionya. Karena itu perlu diteliti lebih lanjut tentang faktor apa yang menyebabkan lambatnya proses penyesuaian ini.

A lot research tried to explain the influence that accepted with information, especially financial information, by market stock price. Journal that becomes writer reference is: "Price and Trading Volume Reaction Surrounding Earnings Announcement : A Closer Examination ". This journal wrote by Dale Morse in 1981. The research is empirical research about price and volume stock trading changes surrounding publication days quarterly and year earning at Wall Street Journal (WSJ). A research used by writer has something as a purpose to determine velocity return and volume transaction stock trading reaction to publication interim financial statement. This research called as event study. Sample that used in this research is 40 companies that listing in BEJ. Reaction stocks return to publication interim financial report in Bisnis Indonesia news paper that happened at day +1 until +4. Reaction volume stock transaction to publication interim financial report in Bisnis Indonesia newspaper happened at day +2, +3, and +4.
Interim financial statement had already used by people in capital market taking investment decision. That prove there is a significant different in a few days between 31 days observation equals with means. Capital market with this research, BEJ need time to processing information that accepted. A problem that needs to be considerate for next research is the used effect of daily data can cause problem. Research can extend a better result by increasing sample. Besides that, it can also used model beside market model that regression considered not all sample have regression coefficient different significant with O. The using of this model expected can give better result. Investor can used interim financial report in taking investment decision. Indirect information covered in price and investor can indirect adapt their portfolio. Because of that, it needs to be careful about factor that caused the late of adjustment process.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2006
T18333
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Thely Wahyuningrum
"Persoalan sampah di Provinsi DKI Jakarta hingga dewasa ini masih merupakan suatu persoalan Penelitian ini berusaha untuk memberikan gambaran mengenai aktivitas-aktivitas public relations yang dilakukan sebuah perusahaan otomotif dalam memasarkan produk mereka. Persaingan yang kian ketat terjadi pada dunia otomotif nasional sehingga diperlukan strategi-strategi dalam memasarkan produk-produk otomotif tersebut. Pada awal tahun 2004 lalu sebuah produk baru otomotif diluncurkan. Produk ini adalah jenis Multi Purpose Vehicle (MPV) yang memang baru pertama kali dikeluarkan. MPV diciptakan sebagai jawaban kebutuhan masyarakat atas kendaraan yang aman, nyaman, trendi dan terjangkau. Pada saat itu kendaaran yang menjadi pelopor kemunculan MPV adalah Xenia dan Avanza. Respon yang sangat positif diberikan oleh masyarakat dalam penerimaan kedua produk.
Hal-hal diatas melatabelakangi penulis dalam menyusun tesis ini. Keberhasilan sebuah produk diterima oleh masyarakat tidak terlepas dari strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan. Berdasarkan teori Marketing Communication Mix (MCM), public relations adalah salah satu faktor yang mendukung dalam pemasaran sebuah produk melalui komunikasi pemasarannya. Penelitian ini dibatasi hanya meneliti strategi yang dilakukan melalui public relations. Melalui wawancara mendalam, peneliti mencoba menggali aktivitas-akvitas public relation yang digunakan untuk mengedukasi pasar. Dengan mengambil studi kasus pemasaran Xenia, peneliti melakukan penelitian pada PT Astra Daihatsu Motor (PT ADM) sebagai Agen Tunggal Pemegang Merek Daihatsu.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif, dengan pendekatan kualitatif. Metode wawancara digunakan untuk mengumpulkan data primer. Narasumber berasal dari PT Astra Daihatsu ( Vice President dan dari Divisi Domestic Marketing) Wawancara dengan wartawan otomotif dan dokumen internal digunakan sebagai data sekunder.
Dalam menentukan kebijakan-kebijakan strategi komunikasi pemasaran terutama public relations, PT ADM terlebih dahulu memetaan pasar mereka dengan melakukan segmentasi, targeting dan positioning. Pemetaan pasar ini dilakukan agar tujuan edukasi yang dilakukan melalui public relation dapat mencapai target pasar yang dituju.
Hasil penelitian tesis ini menunjukkan bahwa secara umum aktivitas-aktivitas public relations yang dijalankan PT ADM berjalan secara signifikan dengan teori-teori komunikasi dan pemasaran yang ada.
Dalam beberapa hal pelaksanaan aktivitas public relations masih perlu ada yang dioptimalkan lagi seperti pengadaan website. Namun secara umum, PT ADM telah mampu mengkomunikasikan misi perusahaan secara tepat dengan mengedukasi pasar sebagai strategi untuk memenangkan pasar.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2006
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andika Sanjaya
"Kompetisi yang sengit mendorong korporasi otomotif menggunakan Twitter. Pemeliharaan hubungan yang tepat menghasilkan output berupa komitmen. Meningkatnya komitmen juga seiring dengan meningkatnya pengaruh pada microblog. Untuk dapat mengidentifikasi strategi pemeliharaan hubungan yang digunakan korporasi otomotif maka digunakan studi analisis isi dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa positivity dan access menjadi strategi dominan pada micro-blog korporasi otomotif. Untuk dapat menguji bahwa kelompok korporasi otomotif berpengaruh pada Twitter lebih dominan dalam menggunakan strategi pemeliharaan hubungan, peneliti menggunakan analisis komparatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok korporasi otomotif berpengaruh unggul pada rata-rata adopsi assurances dan access, serta tingkat implementasi positivity

Fierce competition pushes automotive corporations to use Twitter. Precise relational maintenance produces commitment as an output. By retaining commitment, automotive corporations set to increase microblogging influence. To identify relational maintenance strategies which are used by automotive corporations, this study employs descriptive content analysis. This study results a dominance presence of positivity and access strategies on automotive corporations’ microblog. To examine whether influencer group of automotive corporations show dominance for using relational maintenance strategies or not, this study employs comparative content analysis.
This study results a dominance presence of average adoptions of assurances and access, and positivity implementation level."
2015
T44607
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rhenald Kasali
Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2005
338.7 RHE s (1)
Buku Teks  Universitas Indonesia Library