Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 12 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ilma Ranjani Wijaya
"Latar Belakang Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktivitas (GPPH) adalah gangguan perkembangan saraf yang paling umum terjadi pada anak-anak dan remaja di dunia. Psikoedukasi merupakan landasan tatalaksana GPPH, termasuk psikoedukasi bagi keluarga. Orang tua terbukti memainkan peran penting dalam diagnosis dan penanganan anak-anak dan remaja dengan GPPH. Diperlukan penelitian mengenai pengembangan psikoedukasi yang efektif untuk mengajarkan orang tua penderita GPPH di Indonesia mengenai penanganan anaknya. Metode Penelitian ini menggunakan desain penelitian intervensi pre-post yang menggunakan ADHD Knowledge Questionnaire yang diadaptasi dan diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dari See et al. (2021) sebagai pre-test dan post-test. Hasil Uji Wilcoxon menunjukkan bahwa pengetahuan tentang GPPH pada pre-test dan posttest meningkat secara signifikan (P <0,001) di setiap kategori. Nilai rata-rata kuesioner adalah 38,0% (SD±21,4) pada pre-test dan 58,3% (SD±26,2) pada post-test. Nilai tinggi berkorelasi secara signifikan dengan kesadaran memiliki kenalan dengan GPPH (p < 0,01) pada pre-test dan dengan tingkat edukasi (p < 0,01) pada post-test. Pembahasan Pengetahuan orang tua mengenai GPPH relatif rendah sebelum psikoedukasi dan meningkat sehingga memadai pada post-test. Intervensi ini efektif dalam semua kategori informasi GPPH bagi semua orang tua terlepas dari faktor pribadi, selain tingkat edukasi, yang perlu disesuaikan. Kesimpulan Psikoedukasi, terutama pendekatan dengan bimbingan ahli dalam platform online, merupakan metode yang bermanfaat dan efektif untuk meningkatkan pengetahuan tentang ADHD bagi orang tua di Indonesia.

Introduction Attention Deficit Hyperactive Disorder (ADHD) is the most common neurodevelopmental disorder among children and adolescents in the world. Psychoeducation is a cornerstone of ADHD management, including the psychoeducation of relatives. Parents have been found to play a crucial role in the diagnosis and management of their children with ADHD. Therefore, a study is needed on the development of psychoeducation that is effective in increasing the knowledge of parents on how to help their children with ADHD in Indonesia. Method This study is a pre-post interventional study that uses an ADHD Knowledge Questionnaire adapted and translated into Indonesian from See et al. (2021) as a pre-test and post-test. Results Wilcoxon signed ranks test reveals that the knowledge of ADHD in the pre-test and posttest increased significantly (P < .001) across every category. The mean score was 38.0% (SD±21.4) on the pre-test and 58.3% (SD±26.2) on the post-test. Increased ADHD knowledge was significantly associated with having other friends or relatives with ADHD (p < 0.01) in the pre-test and with their level of education (p < 0.01) in the post-test. Discussion The parents’ knowledge of ADHD was relatively low before psychoeducation and increased to average levels in the post-test. The intervention is effective in all disorder information categories for parents of all personal factors, except their education level, which needs to be adjusted for. Conclusion Psychoeducation is a beneficial and effective method to increase knowledge of ADHD for parents in Indonesia."
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Nurbani
"ABSTRAK
Jumlah pasien stroke meningkat setiap tahunnya.Dampak dari penyakit stroke yang dirawat dirumah sakit umum akan berpengaruh kepada keluarga (Caregiver) yang menimbulkan masalah psikososial seperti beban karena proses pengobatan yang lama dan ansietas karena takut pasien meninggal. Umumnya pasien hanya mendapat pengobatan medis dan keluarga mendapatkan pendidikan kesehatan secara umum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari psikoedukasi keluarga terhadap masalah psikososial ansietas dan beban keluarga (caregiver) dalam merawat pasien stroke di RSUP Dr Cipto Mangunkusumo Jakarta. Desain penelitian ini menggunakan ”Quasi experimental pre-post test with kontrol group”. Cara pengambilan dengan cara random permutasi dengan jumlah sampel 45 orang dengan 22 keluarga (caregiver) kelompok intervensi dan 23 keluarga (caregiver) kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan adalah kuisioner dan lembar observasi yang dikembangkan sendiri untuk ansietas ansietas dan beban. Psikoedukasi keluarga dilakukan sebanyak 5 sesi yang terdiri dari pengalaman keluarga (caregiver) selama merawat pasien stroke, perawatan pasien dengan penyakit stroke, manajemen ansietas yang dialami oleh keluarga (caregiver), manajemen beban serta mengatasi hambatan dan pemberdayaan keluarga. Hasil menunjukan ansietas hasil self evaluasi mengalami penurunan bermakna (p-value<0,05) dan ansietas hasil observasi mengalami penurunan bermakna (p-value<0,05), sedangkan beban mengalami penurunan tetapi tidak bermakna(p -value>0,05). Katakteristik keluarga tidak menjadi faktor konfonding terhadap ansietas dan beban. Rekomendasi penelitian ini psikoedukasi keluarga dapat digunakan di rumah sakit umum untuk mengatasi masalah psikososial keluarga, khususnya ansietas. Program Psychiatric Consultan-Liasison Nursing (PLCN) merupakan program yang dapat dilakuan untuk menangani menangani masalah psikososial yang terjadi pada pasien dan keluarga akibat penyakit fisik yang dialami di rumah sakit umum.

ABSTRACT
Amount of patient of stroke mount every year. The Stroke effect will influence psychosocial problem for family member like responsibility to care patient with the long term therapy and anxiety to die. The patient received medical therapy and the family received generally health education in the health care facility. This research was aimed to study the effect of the family psycho education for psychosocial problem : anxiety and family (caregiver) burden to care patient with stroke at RSUPN dr. Cipto Mangunkusumo Jakarta. The design used in this research was quasi experiment pre and post test control group design. The sampling method used in this research was permutation random. Fourty-five (45) caregiver were used in this research, and they were assigned into 2 groups. First group (23 caregiver) was the control group without any treatment, while the second group (22 caregiver) was treated with the family psycho education. Instruments used in this research were questionnaire which developed by researcher and observational guidance for anxiety and burden. The family psycho education was done in five session that consist of : family experience (caregiver) during care the patient with stroke, caring patient with stroke, family experience in anxiety management, burden management and overcome obstacle. Result of showed that the self evaluation was decrease significantly (p-value<0.05) and observation for anxiety was decrease significantly (p-value, 0.05), while family burden was decrease insignificantly (p-value>0.05). Family characteristic was not become confounding factor. The recommendation of this research was that the family (caregiver) psycho education can be used in general hospital to solved caregiver psychosocial problem especially anxiety. Psychiatric Consultant-Liasison Program (PLCN) is a program for caring psychosocial problem which occurred to patient and family member due to the diseases that happened in general hospital."
Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2009
T-Pdf
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Arinta Adyanti
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas psikoedukasi untuk meningkatkan
pengetahuan ibu mengenai mediasi orang tua (parental mediation) dalam kegiatan
menonton televisi anak usia dini. Penyusunan psikoedukasi melalui 3 tahapan, yakni
(1) melakukan asesmen kebutuhan, (2) menyusun rancangan besar psikoedukasi, serta
(3) menyusun modul. Pengujian dilakukan menggunakan pretest dan post-test
terhadap 16 ibu ibu dari anak usia prasekolah yang berasal dari kalangan sosial
ekonomi bawah. Hasil analisa dengan menggunakan wilcoxon signed rank test
menunjukkan psikoedukasi secara signifikan meningkatkan pengetahuan orang tua
mengenai mediasi orang tua (parental mediation) dalam kegiatan menonton televisi
anak usia dini.

ABSTRACT
This study aims to examine the effectiveness of psychoeducation to improve maternal
knowledge about parental mediation in early childhood television viewing activity.
The preparation of psychoeducation are done through 3 stages, namely (1) conducting
needs assessment, (2) preparing the grand design of psychoeducation, and (3)
developing modules. The tests were conducted using pretest and post-test of 16
mothers of preschool-aged children from lower socioeconomic groups. The results of
the analysis using the wilcoxon signed rank test show that psychoeducation
significantly improves maternal knowledge about parental mediation in early
childhood television viewing."
2017
T48390
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Damanik, Nurilla Safitri
"Psikosis ditandai dengan adanya perubahan proses pikir, perasaan dan perilaku yang menyimpang dan membuat rasa tidak nyaman dan aman. Harga diri rendah merupakan gejala negatif yang ditemukan pada klien psikosis. Tujuan karya ilmiah untuk menguraikan penerapan terapi kognitif perilaku dan psikoedukasi keluarga pada klien dengan harga diri rendah. Karya ilmiah ini menggunakan pendekatan metode case series. Sampel berjumlah 32 orang dan dibagi 3 kelompok sesuai kriteria inklusi yaitu kelompok pertama untuk klien relapse dengan perlakuan terapi kognitif perilaku, kelompok dua klien early psychosis dengan perlakuan terapi kognitif perilaku dan kelompok tiga klien early psychosis dengan perlakuan terapi kognitif perilaku dan psikoedukasi kelurga.Alat ukur menggunakan lembar evaluasi tanda dan gejala serta kemampuan klien harga diri rendah. Analisa tampilan data berupa persentasi dalam bentuk tabulasi. Hasil menunjukkan tindakan keperawatan ners, terapi kognitif perilaku dan psikoedukasi keluarga pada klien early psychosis menurunkan tanda dan gejala serta meningkatkan kemampuan klien lebih besar dibandingkan dengan klien relapse dan early psychosis yang hanya mendapatkan tindakan keperawatan ners dan terapi kognitif perilaku. Rekomendasi penulisan ini adalah penerapan terapi kognitif perilaku dan psikoedukasi keluarga dapat meningkatkan harga diri klien dan dapat digunakan sebagai standar terapi spesialis keperawatan jiwa.

Psychosis is characterized by a change of thought processes, feelings and behaviors that deviate and create discomfort and security. Low self-esteem is a negative symptom found in clients of psychosis. The purpose of scientific work is to describe the application of cognitive behavior therapy and family psychoeducation to clients with low self-esteem. This study uses a case series method approach. The sample was 32 people and divided into 3 groups according to the inclusion criteria ie the first group for the relapse client with the treatment of cognitive behavior therapy, the second group clients early psychosis with cognitive behavior therapy treatment and the third group clients early psychosis with treatment of cognitive behavior and family psychoeducation therapy. Using evaluation sheets of signs and symptoms as well as low self esteem client ability. Analysis of data display in the form of percentage in tabulation form. The results show nursing actions, cognitive behavior therapy and family psychoeducation on early psychosis clients decrease signs and symptoms and increase client ability greater than with relapse and early psychosis clients who only get nursing actions and cognitive behavior therapy. Recommendation of this writing is the application of cognitive behavior therapy and family psychoeducation can increase the client's self-esteem and can be used as a standard therapy of mental nursing specialists."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2018
SP-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Silalahi, Tiur Dame Uli
"Pendahuluan: Di negara Indonesia, terdapat hampir 400.000 kasus baru dengan angka kematian sekitar 200.000 orang. Kanker dapat menyebabkan perburukan pada fungsi tubuh. Pasien akan memasuki ruang perawatan intensif untuk mendapat dukungan dari fungsi tubuhnya yang terganggu. kecemasan dapat timbul pada anggota keluarga. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas psikoedukasi terhadap tingkat kecemasan keluarga pasien kanker di ruang perawatan intensif. Desain: Desain pretest-posttest kelompok kontrol dan metodologi kuasi-eksperimental digunakan dalam desain penelitian ini. Desain ini terdiri dari satu kelompok intervensi dan satu kelompok kontrol. Hasil: Ada perbedaan yang signifikan antara kelompok intervensi yang mendapatkan psikoedukasi dengan kelompok kontrol (p < 0,001). Kesimpulan: Intervensi psikoedukasi mampu menurunkan kecemasan pada keluarga pasien kaker yang dirawat di Ruang ICU. Rakomendasi: Intervensi psikoedukasi dapat diterapkan pada keluarga pasien kanker yang dirawat di Ruang ICU.

Introduction: In Indonesia, there are nearly 400.000 new cases with a mortality rate of about 200.000 people. Cancer can cause a deterioration in bodily function. Patients will enter the intensive care unit to receive support for their impaired bodily functions. Anxiety may arise among family members. Objective: This study aims to determine the effectiveness of psychoeducation on the anxiety levels of families of cancer patients in the intensive care unit. Design: A pretest-posttest control group design and a quasi-experimental methodology were used in this study. This design consists of one intervention group and one control group. Results: There is a significant difference between the intervention group that received psychoeducation and the control group (p < 0,001). Conclusion: Psychoeducation interventions can reduce anxiety in the families of cancer patients admitted to the ICU. Recommendations: psychoeducation interventions can be applied to the families of cancer patients admitted to the ICU."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yanti Apriyanti
"Klien dengan penyakit kanker cenderung mengalami masalah psikososial salah satunya ansietas yang berdampak terhadap kesehatan mental. Karya ilmiah akhir ini bertujuan untuk mengetahui penerapan terapi penghentian pikiran, terapi penerimaan dan komitmen serta  psikoedukasi keluarga terhadap respon penurunan  tanda dan gejala ansietas dengan pendekatan teori Stuart dan Swanson. Responden berjumlah 30 klien dengan diagnosa medis kanker, 15 klien diberikan intervensi keperawatan berupa tindakan keperawatan ners generalis ditambah terapi penghentian pikiran dan terapi psikoedukasi keluarga serta 15 klien diberikan Intervensi keperawatan  berupa terapi ners generalis, terapi penghentian pikiran, terapi penerimaan dan komitmen serta terapi psikoedukasi keluarga. Analisis dilakukan terhadap respon tanda dan gejala ansietas serta kemampuan klien dan keluarga sebelum dan sesudah dilakukan tindakan keperawatan. Hasil penerapan Intervensi keperawatan ners generalis dan ners spesialis penghentian pikiran, terapi penerimaan dan komitmen dan psikoedukasi keluarga menurunkan tanda dan gejala ansietas secara bermakna pada semua respon, terdapat perbedaan signifikan pada penurunan tanda dan gejala respon kognitif pada intervensi keperawatan  ners generalis, terapi penghentian pikiran, terapi penerimaan dan komitmen dan psikoedukasi keluarga.

Clients with cancer tend to experience psychosocial problems, one of which is anxiety that has an impact on mental health. This latest scientific paper aims to determine the application of mind cessation therapy, acceptance and commitment therapy as well as family psychoeducation to the response to decreased signs and symptoms of anxiety with the theoretical approach of Stuart and Swanson. The respondents were 30 clients with a medical diagnosis of cancer, 15 clients were given nursing interventions in the form of generalist nurse nursing actions plus mind cessation therapy and family psychoeducational therapy and 15 clients were given nursing interventions in the form of generalist nurse therapy, mind cessation therapy, acceptance and commitment therapy and family psychoeducation therapy. Analysis was carried out on the response of signs and symptoms of anxiety as well as the ability of clients and families before and after nursing treatment. The results of the implementation of nursing interventions for generalist nurses and nurses with cessation of thoughts, acceptance and commitment therapy and family psychoeducation significantly decreased signs and symptoms of anxiety in all responses, there was a significant difference in the decrease in signs and symptoms of cognitive response in nursing interventions for generalist nurses, mind cessation therapy, acceptance and commitment therapy and family psychoeducation.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2024
PR-PDF
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Ika Ratih Wibawa
"Skizofrenia merupakan suatu sindroma klinis yang mempengaruhi kognitif, emosi, perilaku dan fungsi sosial. Diagnosa keperawatan terbanyak yang ditemukan pada skizofrenia adalah halusinasi dan risiko perilaku kekerasan. Tujuan penulisan karya ilmiah ini adalah mengetahui perbedaan perubahan tanda gejala dan kemampuan klien halusinasi dan risiko perilaku kekerasan antara yang diberikan tindakan keperawatan ners, terapi perilaku kognitif, latihan asertif dan psikoedukasi keluarga.
Desain karya ilmiah ini case series. Kelompok intervensi I diberikan tindakan keperawatan ners, terapi perilaku kognitif dan psikoedukasi keluarga serta kelompok intervensi II diberikan tindakan keperawatan ners, terapi perilaku kognitif, latihan asertif dan psikoedukasi keluarga dengan jumlah sampel masing-masing kelompok adalah 15 orang.
Hasil asuhan keperawatan menunjukkan intervensi II menurunkan tanda gejala halusinasi dan risiko perilaku kekerasan lebih besar daripada intervensi I. Tindakan keperawatan ners direkomendasikan dilakukan oleh perawat di ruang rawat inap serta terapi perilaku kognitif, latihan asertif dan psikoedukasi keluarga dilakukan oleh perawat spesialis dalam mengatasi halusinasi dan risiko perilaku kekerasan.

Schizophrenia is a clinical syndrome that affects cognitive, emotional, behavioral and social functions. The most common nursing diagnoses found in schizophrenia are hallucinations and the risk of violent behavior. The study aims to determine the differences in symptom change and the ability of the hallucinations and the risk of violent behavior between nursing actions, cognitive behavioral therapy, assertiveness training and family psychoeducation.
The study design was case series. The intervention group I was given nursing action ners, cognitive behavioral therapy and family psychoeducation as well as intervention group II were given nursing actions, cognitive behavioral therapy, assertive training and family psychoeducation with the number of samples each group was 15 people.
The results showed intervention II decreases symptoms of hallucinations and the risk of violent behavior is greater than intervention I. Nursing care ners are recommended performed by nurses in inpatient rooms as well as cognitive behavioral therapy, assertiveness training and family psychoeducation performed by a specialist nurse in overcoming hallucinations and risks violent behavior.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2018
SP-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Trivini Valencia
"Merawat anak dengan kanker dapat menimbulkan stres bagi orang tua. Stres tergantung pada mekanisme koping yang dimilikinya. Penelitian bertujuan mengidentifikasi pengaruh psikoedukasi manajemen stres terhadap stres dan koping orang tua merawat anak kanker. Desain penelitian quasi eksperiment dengan sampel 32 orang tua yang merawat anak kanker terdiri dari 16 orang kelompok intervensi (psikoedukasi manajemen stres) dan 16 orang kelompok kontrol (leaflet). Hasil menunjukkan terdapat pengaruh psikoedukasi manajemen stres terhadap stres dan koping orang tua merawat anak kanker (p<0,05). Tidak terdapat pengaruh karakteristik responden terhadap stres dan koping, kecuali pengetahuan (p<0,05). Intervensi psikoedukasi manajemen stres dapat menurunkan stres dan meningkatkan koping orang tua merawat anak kanker.

Caring children with cancer cause stress for parents. Stress is depending on their coping mechanism. This study aims to determine the effect of stress management psychoeducation of parents caring for children with cancer. The study design was quasi eksperiment with 32 parents of children with cancer, consist of 16 parents for intervention group (stress management psychoeducation) and 16 parents for control group (leaflet). The result shown that stress management psychoeducation affected on parents?s stress as well as coping in caring for children with cancer (p<0,05). There had not affect respondent characteristics on parents?s stress and coping, except knowledge (p<0,05). Intervention stress management psychoeducation may decrease stress and increase coping of parents in caring for children cancer.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2015
T43601
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Marice Benga Olla
"Depresi merupakan gangguan alam perasaan yang rentan terjadi pada lansia dengan penyakit kronis yang menganggap hidup terasa hampa dan tidak bermakna. Terapi kognitif, logoterapi dan psikoedukasi keluarga telah diberikan untuk membantu lansia yang depresi untuk melawan pikiran negatif dan menemukan makna hidup serta meningkatkan kemampuan keluarga untuk memberikan perawatan yang tepat terhadap klien depresi. Laporan Karya Ilmiah Akhir ini dibuat dalam bentuk case series dengan melibatkan 4 lansia depresi dengan penyakit kronis yang ada di komunitas yang telah diberikan terapi kognitif, logoterapi dan psikoedukasi keluarga selama15 ndash; 20 hari dalam 5 kali pertemuan. Hasil yang ditemukan menunjukkan adanya peningkatan kemampuan memaknai hidup serta penurunan tanda dan gejala depresi pada keempat klien. Terapi kognitif, logoterapi dan psikoedukasi keluarga sangat efektif diberikan kepada lansia depresi dengan penyakit kronis terutama lansia yang berada di komunitas.

Depression is a common mood disorders that are vulnerable to elderly people with chronic diseases that perceive life as empty and meaningless. Cognitive therapy, logotherapy and family psychoeducation have been provided to help the elderly to counter negative thoughts and finding meaning of life by activities that can still be done supported with appropiate care of the caregiver to resolve the depression experienced. This case series report involves 4 elderly depression with chronic disease in the community who have been given cognitive therapy, logotherapy and family psychoeducation for 15 20 days in 5 meetings. The results were found to indicate an increase in the ability to find meaning of life and decreased signs and symptoms of depression in all clients. The combination of cognitive therapy, logotherapy and effective family psychoeducation is very effective to give to the elderly depression with chronic diseases, especially elderly who are in the community.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2017
PR-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Febri Christian Trisna Putra
"Usia lanjut merupakan tahap akhir perkembangan pada kehidupan manusia. Tahapan ini ditunjukan dengan pencapaian tugas perkembangan integrity vs despair dalam teori Erik Erikson. Lansia yang tidak mencapai integritas akan mengalami keputusasaan yang dapat berdampak pada munculnya loneliness dan gejala depresi. Tujuan karya ilmiah akhir ners spesialis ini adalah menganalis pengaruh Terapi Kelompok Terapeutik (TKT) dan Psikoedukasi keluarga (FPE) terhadap pencegahan gejala depresi dan loneliness pada lanjut usia. Desain karya tulis ilmiah menggunakan desain case series pada lanjut usia pada dua kelompok. Kelompok 1 diberikan terapi kelompok terapeutik dan psikoedukasi keluarga sementara kelompok 2 diberikan terapi kelompok terapeutik. Hasil karya ilmiah ners spesialis ini menunjukan bahwa terjadi jumlah penurunan rata-rata gejala depresi dan loneliness lanjut usia pada kelompok 1 dan kelompok 2. Kelompok 1 terdapat penurunan tingkat loneliness lanjut usia sebesar 16% setelah diberikan intervensi, sedangkan kelompok 2 terdapat penurunan tingkat loneliness lanjut usia sebesar 12% setelah diberikan intervensi. Peningkatan tugas dan aspek pekembangan kelompok 1 sebesar 24,17% dan 15,03%, sedangkan pada kelompok 2 meningkat sebesar 17,17% dan 13,94%. Kesimpulan gejala depresi dan loneliness pada lanjut usia mengalami penurunan terbesar pada kelompok 1 yang mendapatkan Terapi Kelompok Terpeutik (TKT) lanjut usia dan Psikoedukasi Keluarga (FPE) dibandingkan kelompok 2 yang hanya mendapatkan Terapi Kelompok Terpeutik (TKT) lanjut usia. Terapi kelompok terapeutik dan psikoedukasi keluarga dapat digunakan dalam upaya pencegahan gejala depresi dan loneliness pada lanjut usia.

Old age is the final stage of development in human life. This stage is indicated by the achievement of the developmental task of integrity vs despair in Erik Erikson's theory. Elderly people who do not achieve integrity will experience despair which can lead to loneliness and depressive symptoms. The purpose of the final scientific work of this specialist nurse is to analyse the effect of Therapeutic Group Therapy (TKT) and Family Psychoeducation (FPE) on preventing symptoms of depression and loneliness in the elderly. The scientific paper design uses a case series design in the elderly in two groups. Group 1 was given therapeutic group therapy and family psychoeducation while group 2 was given therapeutic group therapy. The results of this specialist ners scientific work show that there is an average decrease in the symptoms of depression and loneliness of the elderly in group 1 and group 2. Group 1 there is a decrease in the level of elderly loneliness by 16% after being given Therapeutic Group Therapy (TKT) and Family Psychoeducation (FPE), while group 2 there is a decrease in the level of elderly loneliness by 12% after receiving Therapeutic Group Therapy (TKT). In conclusion, symptoms of depression and loneliness in the elderly experienced the greatest decrease in group 1 who received elderly Therapeutic Group Therapy (TKT) and Family Psychoeducation (FPE) compared to group 2 who only received elderly Therapeutic Group Therapy (TKT). Therapeutic group therapy and family psychoeducation can be used in providing prevention of depression and loneliness symptoms in the elderly."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2024
SP-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>