Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 18 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Bond, Andrew
Oxon: Taylor and Francis, 2010
624.1 BON d
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Octavita Dwi Yuliani
Abstrak :
Studi ini berangkat dari minimnya hasil proses sosialisasi yang menggunakan pendekatan komunikasi yang bersifat transaksional dalam mengubah perilaku sasaran. Dengan tujuan mengetahui pemaknaan Ibu sebagai peserta sosialisasi pencegahan penyalahgunaan bahan berbahaya pada pangan, serta faktor yang pembentuk makna tersebut, penelitian dengan menggunakan pendekatan komunikasi sebagai proses produksi dan pertukaran makna, dilakukan. Penelitian ini menelusuri penerimaan pesan dengan teori Audience Reception, menurut Stuart Hall dan teori perkembangan kognitif sosial menurut Vygotsky. Oleh karena penerima pesan adalah pengguna sebagai konsumen pangan, faktor yang memengaruhi perilaku konsumen dapat membentuk kondisi penerimaan pesan. Berdasarkan kompleksnya pemaknaan pesan, melalui studi fenomenologi dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, didapatkan 3 posisi penerimaan pesan : Dominant-hegemoni, Negotiable, dan Opposition. Sedangkan faktor yang diduga membentuk penerimaan pesan dengan pada unit analisis, adalah faktor budaya dan sosial. ......This study departs from the lack of results of the socialization process that uses transactional approach in changing the target behavior. In order to determine how mother to interpret message of misuse hazardous substances in food as a socialization participant, as well as the factors that shape the meaning, this study used a different approach, namely communication as a process of production and exchange of meaning. The research used the Audience Reception Theory developed by Stuart Hall, supported by other theory from Vygotsky called, Social Development Theory through interaction and discussion with the social group. Therefore, the message recipient is the user, the factors that influence consumer behavior can create conditions receiving messages. Based on the complexity of the meaning of the message , through a phenomenological study with data collection through interviews , obtained 3 position receiving messages: Dominant - hegemony, Negotiable, and the Opposition . While the factors that allegedly form the receipt of the message by the unit of analysis, is the cultural and social factors.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2015
T44953
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Vera Wijayanti
Abstrak :
Tesis ini benujuan untuk menggambarkan strategi pencitraan partai melalui iklan politik serta mengetahui pemaknaan yang dilakukan oleh khalayak terhadap iklan tersebut. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dengan metode encoding decoding dari Stuart Hall. Temuan penelitian menghasilkan 'bahwa sebuah strategi pencitraan yang direncanakan dengan matang belum tentu pesan yang disampaikan diterima sesuai dengan harapan. Hal ini diakibatkan oleh perbedaan latar belakang khalayak, Khalayak yang mempunyai pengalaman organisasi kemahasiswaan yang berorientasi politik, sangat kritis dalam memaknai iklan tersebut, khalayak ini cenderung berada pada posisi pemaknaan oppositional code. Namun khalayak yang memplmyai pengalaman organisasi kemahasiswaan yang tidak berorientasi politik, cenderung berada pada posisi pemaknaan dominant-hegemonic position dan negotiated code. ......This thesis aims to describe the imaging strategy of political parties through political advertising and to comprehend the reception of the advertisement by the public. This is done by applying constructivism paradigm with encoding-decoding method from Stuart Hall. The research iinds out that a well-planned imaging strategy may not always result in an expected message reception outcome. This happens due to the differences of public member backgrounds. Members of public that have politically- oriented student organizations backgrotmd are very critical in reading the advertisement, these people tend to be in oppositional code reception. But other members of public that do not have politically-oriented student organizations background tend to be in dominant-hegemonic position and negotiated code reception.
Jakarta : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2009
T33836
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Michelia Puspaseruni Ramadiati
Abstrak :
ABSTRAK
Film tidak hanya menjadi sarana hiburan tetapi juga medium penyampaian pesan, representasi dan kritik sosial. Film Lewat Djam Malam (1954) karya Usmar Ismail yang telah melewati proses restorasi merupakan salah satu film Indonesia yang sarat kritik sosial. Menarik untuk melihat bagaimana generasi muda memaknai sebuah film dari era yang berbeda kemudian mencoba melihat gagasan yang terdapat dalam film tersebut dengan konteks saat ini dan dengan pemahaman yang telah dimiliki sebelumnya. Dengan menggunakan encoding-decoding (analisis resepsi) Stuart Hall, dapat diketahui bagaimana generasi muda sebagai audiens mengonstruksi realitas Indonesia pascarevolusi. Posisi audiens dapat berupa opposition, dominant dan negotiated. Dalam teori resepsi, faktor kontekstual mempengaruhi audiens membaca teks media, seperti elemen identitas khalayak, persepsi, latar belakang sosial, sejarah dan isu politik. Pada penelitian ini, subjek penelitian tergabung dalam komunitas interpretatif, di mana masingmasing memaknai teks media secara aktif dan memiliki minat yang sama terhadap satu konten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa audiens sepakat bahwa film Lewat Djam Malam (LDM) masih relevan dengan kondisi saat ini. Seseorang yang memiliki pengetahuan sejarah Indonesia yang terbatas, cenderung mengambil posisi dominan. Ia sepenuhnya menyetujui apa yang disampaikan oleh encoder. Seseorang yang memiliki pengetahuan sejarah dan politik Indonesia yang cukup dan secara aktif menggali gagasan dalam sebuah film, memaknai film LDM secara negotiated. Ada nilai-nilai dalam film LDM yang tidak sejalan dengan dirinya namun masih dapat menerima gagasan tersebut. Konstruksi realitas Indonesia pascarevolusi yang digambarkan dalam film LDM adalah karakter manusia pascarevolusi yang beragam diwakili oleh berbagai karakter dalam film ini, situasi ekonomi dikonstruksikan dalam kondisi stabil, tidak cocok dengan situasi Indonesia pascarevolusi sebenarnya. Situasi sosial dan politik digambarkan melalui pemberlakuan jam malam untuk menjaga keamanan, perbedaan gaya hidup kelas menengah dan kelas bawah, korupsi, prostitusi, upaya nasionalisasi perusahaan asing serta beragam kondisi mantan pejuang yang beradaptasi dengan keadaan Indonesia yang telah merdeka.
ABSTRACT
Movie is not only a medium of entertainment, but it is also a way of delivering messages, representation, and social criticism. Lewat Djam Malam (1954), written by Usmar Ismail, is one of Indonesian films which has social criticism. It is interesting to see how young generations make sense of a movie from different eras and understand the ideas of the movie with the current context and its previous knowledge. Applying Stuart Hall?s theory, the encoding-decoding (reception analysis), we can see how young people construct post-revolution Indonesia. There are three positions of audiences in this theory: opposition, dominant, and negotiated. In reception theory, contextual factors influence audiences read texts on media, such as identity, perception, social background, history, and political issues. In this research, the subjects were members of interpretive community, in which each of them actively interpret the texts and have similar interests to the content. The results showed that audiences agreed Lewat Djam Malam (LDM) is still relevant to current conditions. Someone who has limited knowledge of Indonesian history tends to take a dominant position. He completely agrees to what is conveyed by the encoder. Moreover, a person who has knowledge of Indonesian history and politics fairly and actively explores the idea in a movie, interprets this movie as negotiated. There are values in LDM that is not in line with them, but they still can accept. Reality constructions of postrevolution Indonesia depicted in this movie are the various characters on LDM, the economic situation constructed in a stable condition, do not fit the situation of post-revolution Indonesia. Social and political situations are illustrated by the curfew to maintain security, differences of lifestyle between middle and lower classes, corruption, prostitution, nationalization of foreign companies and various conditions of ex-soldiers adapting in new situation, the independence of Indonesia.
2013
T35282
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Zaky
Abstrak :
Radio berkembang dengan menggunakan teknologi digital untuk mempromosikan produksinya dan memudahkan audiens untuk mengonsumsinya. Seperti Radio Prambors yang menggunakan platform digital agar mudah dikonsumsi oleh anak muda urban. DGITM (Desta and Gina in the Morning) adalah salah program utama. Disiarkan oleh figur publik Indonesia, Desta dan Gina, setiap hari Senin – Jumat pukul 6-10 pagi. Wacana yang diproduksi DGITM juga berkaitan dengan anak muda, atau dengan kata lain, media tersebut mengkomodifikasi kondisi psikis anak muda yang sedang masa romansa dan cenderung konsumeristik untuk kepentingan kapitalis mereka. Kosmopolitanisasi dan globalisasi membuat DGITM mengimpor wacana romantisme dan hedonisme mancanegara. Namun, tidak semua wacana mancanegara sesuai dengan nilai apparatus di Indonesia. Maka dari itu, permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi DGITM mendefinisikan romantisme dan hedonisme yang ideal pada anak muda, dan bagaimana proses pemaknaan yang dialami oleh khalayak anak muda. Metode yang dilakukan adalah merekam program DGITM dari September 2019 – Januari 2020, mewawancara langsung khalayak anak muda Jabodetabek dan melihat pemaknaan anak muda lainnya dalam Twitter Prambors. Dari data yang diperoleh, peneliti mengambil beberapa sample untuk dieksplorasi lebih lanjut dengan menggunakan konsep dasar Encoding-Decoding oleh Hall, media framing, romantisme dan hedonisme pada anak muda. Pada akhirnya, peneliti menemukan bahwa DGITM menggunakan strategi framing yang disampaikan di media digital dan terdapat selebritis untuk menggiring imaji kenikmatan pada anak muda dalam melakukan romantisme dan hedonsime. Akhirnya, terbentuk realita baru yang membuat standar bagaimana identitas yang ‘modern’ pada anak muda. Di lain sisi, terdapat variasi proses resepsi audiens, dari terkonstruksi, menegosiasikan dan menolak atas preferred reading yang ditawarkan oleh DGITM. ......Radio develops by using digital technologies to promote its products and make it easier for the the audiences to consume it. Radio Prambors uses digital platforms to make it easy to be consumed by young urban people. DGITM (Desta and Gina in the Morning) is one of the mains programs. Broadcasted by Indonesian public figures, Desta and Gina, every Monday - Friday at 6-10 am. The discourses produced by DGITM also relates to young people, in other words, the media commodifies the psychological condition of young people who are in a period of romance and tend to be consumeristic for media’s capitalist interests. Cosmopolitanization and globalization make DGITM import discourses of romance and hedonism from abroad. However, not all foreign issues match to the values of the apparatuses in Indonesia. Therefore, the main problem in this study is how the DGITM's strategy to defines the ideal of romanticism and hedonism for young people, and how the reception process is experienced by young people. The methods used are to record the DGITM program from September 2019 - January 2020, directly interviewing the Jabodetabek youth audience and seeing the meanings of other young people on Twitter Prambors. From the data obtained, the researcher took several samples to be further explored using the basic concepts of Hall's Encoding-Decoding, media framing, romance, and hedonism in young people. In the end, the researcher found that DGITM uses a framing strategy that is conveyed in digital media and there are celebrities to lead images of pleasure to young people in doing romance and hedonism. Finally, a new reality is formed that sets the standard for how 'modern' identity is for young people. On the other hand, there are variations in the audience reception process, from being constructed, negotiating, and rejecting the preferred reading produced by DGITM.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Unversitas Indonesia, 2021
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aurelia Citra Kartikasari
Abstrak :
ABSTRACT
Regensburg merupakan sebuah kota di Bavaria dengan masyarakat mayoritas Katolik Roma yang dikenal dengan pandangannya yang konservatif, khususnya terhadap isu queer. Meski demikian, setiap tahunnya Christopher Street Day (CSD) yang merupakan festival utama komunitas queer berhasil diselenggarakan di kota ini sebagai sebuah aksi politis. Dalam skripsi ini dibahas bagaimana pesan-pesan politis disampaikan oleh organisator melalui berbagai bentuk representasi yang tampak dalam lokasi, dekorasi, program maupun partisipan acara. Analisis dengan menggunakan teori representasi dan encoding-decoding Stuart Hall (1997) menunjukkan bahwa dalam CSD Regensburg, identitas queer direpresentasikan sebagai kelompok subordinat yang menuntut hak-hak mereka sebagai masyarakat dan warga negara. Selain itu, metode wawancara etnografis juga digunakan dalam skripsi ini untuk melihat pentingnya CSD bagi masyarakat queer Bavaria dan bagaimana pesan-pesan di dalamnya ditangkap dan dimaknai oleh para pengunjung dari berbagai latar belakang
ABSTRACT
Regensburg is a city located in Bavaria with Roman Catholic majority which is famous for the church?s conservative views particularly on queer issues. However, the main queer festival Christopher Street Day (CSD) is held annually in this place as a form of a political action. This thesis placed its focus on how the organizer encoded the political messages using various forms of representations as shown in the festival?s selected location, decoration, programs and participants. The analysis using Stuart Hall?s Representation and Encoding-Decoding (1997) theories has shown that in Regensburg CSD, queer identity is represented as the subordinated minorities who fight for their equal rights as the part of society and German citizen. Furthermore, the ethnographic interview method was used in this research in order to find out the importance of this yearly event for Bavarian queer and how the messages of CSD were decoded by festival guests of different backgrounds.
2016
S66498
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Elvira Nur Fitriana
Abstrak :
Natal adalah hari raya keagamaan yang dirayakan secara luas di Jerman. Oleh karena itu, dekorasi bertema Natal lazim ditemui di ruang publik di kedua negara tersebut menjelang akhir tahun. Selain marak digunakan sebagai dekorasi, tema Natal juga banyak muncul di berbagai media, termasuk iklan. Jaringan swalayan terbesar di Jerman, yaitu, termasuk di antara perusahaan-perusahaan yang menggunakan konteks perayaan Natal untuk membangun brand awareness mereka. Melalui iklan-iklan edisi Natal, EDEKA menyampaikan posisi mereka terkait isu aktual dalam masyarakat Jerman. Iklan EDEKA edisi Natal tahun 2020 menampilkan ide toleransi dan kebersamaan dalam perayaan Natal. Dengan menganalisis secara tekstual iklan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk melihat pemaknaan Natal di tengah situasi pandemi. Temuan penelitian memperlihatkan pemaknaan Natal di Jerman yang diasosiasikan dengan keluarga, kebersamaan, dan toleransi. ......Christmas is a religious holiday widely celebrated in Germany. Therefore, Christmas-themed decorations are typical in public spaces in both countries towards the end of the year. Besides being widely used as decorations, Christmas themes appear in various media, including advertisements. The largest supermarket chains in Germany, EDEKA, is among the companies that use the context of Christmas celebrations to build their brand awareness. EDEKA conveys their position on current issues in German society through the Christmas edition advertising. The 2020 Christmas edition of EDEKA's advertisement shows the idea of ​​tolerance and togetherness in Christmas celebrations. By conducting a textual analysis of this advertisement, this study aims to see the meaning of Christmas in Germany amid a pandemic situation. The research findings show that the meaning of Christmas in Germany is associated with family, togetherness, and tolerance.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Achmad Fahrurozi
Abstrak :
Teori coding merupakan ilmu yang mempelajari metode pengkodean informasi yang mampu mengontrol kesalahan yang terjadi selama pengiriman informasi tersebut. Tahapan pengiriman informasi dimulai dari proses encoding source, yaitu proses merubah informasi menjadi barisan simbol, yang disebut pesan dan berbentuk ^-tuple. Simbol yang digunakan adalah elemen-elemen dari suatu field hingga GF(q),q = 2 ,me.N. Selanjutnya, pesan diubah menjadi codeword yang berbentuk -tuple, n>k, melalui proses encoding. Himpunan semua codeword disebut code. Codeword tersebut dikirimkan melalui suatu channel dan diterima sebagai receivedword. Proses decoding memeriksa error yang mungkin terjadi selama proses pengiriman dan merubah kembali receivedword menjadi pesan awal. Pesan basil proses decoding diubah kembali menjadi informasi melalui proses decoding source. Kemampuan kontrol error dari metode pengkodean yang digunakan ditentukan oleh jarak minimum dari setiap pasang codeword di dalam code. Dalam perkembangannya, terdapat berbagai jenis code yang memiliki proses konstruksi dan sifat tertentu. BCH code dan Reed-Solomon code adalah jenis code yang tennasuk ke dalam cyclic code, dan banyak digunakan dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi. Pada penelitian ini, dilakukan analisis terhadap konstruksi BCH code dan Reed-Solomon code serta sifat-sifat yang dimiliki oleh kedua jenis code tersebut dan perbandingan antar keduanya. Untuk mendukung pembahasan di dalam penelitian ini, dilakukan simulasi dengan menggunakan software MATLAB. ......Coding theory is the study of information coding method to control errors that occur during the information transmission. The stages of information transmission start with source encoding process, which converts information into a row of symbols, called the message with A:-tuples form. Symbols used are the elements of a finite field GF{q),q = 2"', me. N. Furthermore, the message is converted into codeword with n-tuple, n>k, form through the encoding process. The set of all codewords is called code. Codeword is delivered across a channel and received as the receivedword. Decoding process checks the errors that might occur during the transmission process and changes the receivedword back into the original message. The output message resulted in decoding process is converted back into the original information through the decoding source process. Error control capability of a coding method used is determined by the minimum distance of each pair of codewords in the code. During its development, there are different types of code which have particular construction process and properties. BCH codes and Reed-Solomon code are types of the cyclic code, and widely used in the information technology and communications field. This study analyzed the construction and the properties of BCH codes and Reed-Solomon code including the comparison between them. To support the discussion, this study carried out simulations using MATLAB software.
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2012
T48967
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>