Ditemukan 6 dokumen yang sesuai dengan query
Puti Ceniza Sapphira
Abstrak :
Penelitian ini mcmbahas mengenai Emotional Branding yang diterapkan pada program kampanye periklanan pada media televisi dari low involvement product. Strategi kreatif periklanan dalam kampanye ini menerapkan pilar-pilar utama dalam Emotional Branding sebagai salah Satu cara yang ditempuh untuk menciptakan kesadaran merek (brand awareness) dan mclakukan penempatan posisi merek di benak konsumen (brand positioning). Aspek-aspek emosional yang tertuang dalam iklan itulah yang diharapkan dapat menciptakan kedekatan hubungan dengan merek denggn konsnmen, menggcser kggerlibgtgn produk dcngan konsumen dan menciptakan citra merek (brand image) yang positiff Konsep utamanya yaitu hubungan, pengalaman pancaindra, imajinasi, dan visi_ Penelitian ini bertujuan untuk mclihat bagaimana penerapan konsep Emotional Branding pada iklan televisi untuk produk dcngan keterlibatan rendah dapat membentuk brand image. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa dengan menerapkan konsep Emotional Branding telah mampu membentuk brand image positifoleh konsumen.
This study discusses the Emotional Branding that was applied to the advertising campaign on television for low involvement product. Creative advertising strategy in this campaign were applied based on the main pillars in Emotional Branding as a way to create brand awareness and brand positioning in consumers. Emotional aspects that are in the ad was expected to create close relationships with the brand and the consumer, replacing the involvement of the product from low to high, and create positive brand image. The concept of the main pillars in Emotional Branding are relationship, sensoral experiences. imagination, and vision. This study aims to see how the application of the concepts of Emotional Branding in television ads for low-involvement product can establish a positive brand image. Research results reveal that by applying the concept of Emotional Branding, it has been able to establish a positive brand image by consumers.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2009
T32093
UI - Tesis Open Universitas Indonesia Library
John Alan Christy
Abstrak :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki efek dari etnosentrism dalam konsumer Indonesia terhadap evaluasi produk lokal dan produk luar negeri. Data yang dibutuhkan untuk penelitian ini di koleksi dari 96 mahasiswa dan murid SMA di Indonesia. Data kemudian digunakan untuk menganalisis efek dari Country of Origin (COO) terhadap produk kopi lokal dan produk kopi luar negeri, serta menganalisis sejauh apa etnosentrime mempengaruhi hasil penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Country of Origin memang mempengaruhi evaluasi produk dan niat membeli konsumer Indonesia, dimana orang Indonesia lebih memihak kepada produk lokal Indonesia. Penelitian juga menunjukan bahwa etnosentrism tidak mempengaruhi perilaku konsumen Indonesia terhadap evaluasi produk dan niat membeli produk kopi. Bahasan dan implikasi akan dibahas lebih lanjut dalam penelitian ini.
......The purpose of this study is to investigate the effect of ethnocentrism in Indonesian consumers’ perception towards domestic and foreign brands. The data are collected from 96 universities and high school students in Indonesia. The data is used to analyze the effect of country of origin (COO) in Indonesian consumers’ product evaluation of domestic and foreign coffee brands and to examine to what extent does ethnocentrism affect the outcome. The results indicate that country of origin effect does take place in the Indonesian consumers’ product evaluation and intention to purchase, being Indonesian consumers’ more favouring foreign brands over the domestic brands. In addition, the study also revealed that ethnocentrism does not affect the consumers’ product evaluation and intention to purchase of each coffee brands. The arguments for the result as well as implications for managers are discussed.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Vega Karina Andira Putri
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan social media serta bentuk integrasi social media yang tepat bagi brand dengan proses pengambilan keputusan konsumen melalui high maupun low involvement dalam komunikasi pemasaran brand. Dari hasil studi komparasi ditemukan perbedaan dalam pemanfaatan social media dan bentuk integrasi social media antara high dengan low involvement decision brand. Perbedaan dapat dilihat dari proporsi penggunaan media digital, akun social media tools yang dikelola brand, konten tiap akun social media, kerjasama dengan buzzer, dan hubungan antar social media tools. Selain itu, ditemukan juga bahwa brand yang sukses melakukan komunikasi pemasaran melalui social media adalah brand yang mengelola komunitas online dengan baik.
This research conducted to understand social media utilisation and the forms of the right social media integration for high and low involvement decision brand in the brand marketing communication. Comparative studies found there was a difference between them, seen from the digital media use proportion, social media account tools managed by brand, contains of each social media account, partnership with buzzer, and social media tools inter-elationship. Beside that, it is discovered that a successful brand, which carried out marketing communication through social media, is a brand whose online community is well-managed.
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
T41595
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Pritta Miranda
Abstrak :
Penelitian ini menjelaskan terkait bagaimana sebuah merek menjadi pilihan bagi konsumennya diantara banyaknya merek lainnya yang dijelaskan melalui konsep preferensi merek. Preferensi merek dapat dipengaruhi dari berbagai faktor lainnya dari sebuah merek seperti asosiasi merek, pengalaman merek, dan kepribadian merek. Penelitian ini difokuskan dengan menguji sebuah merek dengan kategori produk keterlibatan rendah sebagai objek penelitian. Adapun produk keterlibatan rendah yang diuji dalam penelitian ini adalah minuman kopi dari sebuah merek kopi lokal, yaitu Kopi Kenangan. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan melakukan survei online kepada konsumen Kopi Kenangan sebanyak 175 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa asosiasi merek, pengalaman merek, dan kepribadian merek berpengaruh secara signifikan terhadap preferensi merek pada produk keterlibatan rendah (dalam hal ini produk Kopi Kenangan) sebesar 49,8% dan sisanya sebesar 50,2% dijelaskan oleh faktor lain diluar yang diuji dalam penelitian ini.
This study explains how a brand is a choice for consumers among the many other brands that are explained through the concept of brand preference. Brand preference can be influenced by various other factors of a brand such as brand association, brand experience, and brand personality. This research is focused on a brand with a low involvement product category as the object of research. The low involvement product in this study is a coffee drink from a local coffee brand, namely Kopi Kenangan. The data collection in this study was conducted by conducting an online survey to 175 consumers of Kopi Kenangan. The results showed that brand association, brand experience, and brand personality significantly influence to brand preference on low involvement products (in this case Kopi Kenangan product) by 49.8% and the remaining 50.2% is explained by other factors outside of this research.
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Mutie Aryanti
Abstrak :
Tesis ini membahas mengenai persepsi pelanggan deterjen Rinso dan persepsi pelanggan deteljen So Klin terhadap atribut yang dipertimbangkan daiam pembelian deterjen dan evaiuasi kinerja atribut produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang dipertimbangkan dalam pembelian deteljen, serta perbedaan persepsi antara pelanggan Rinso dan pe1anggan So Klin terhadap atribut deterjen. Metode penelitian adalah penelitian eksploratif dengan in depth interview dan desk:riptif melalui survei. Hasil penelitian mengindikasikan terdapat 3 faktor bagi pelanggan Rinso serta terdapat 4 faktor bagi pelanggan So Klin yang dipertimbangkan dalam keputusan pembelian deterjen; terdapat perbedaan persepsi signifikan antara pelanggan Rinso dan pelanggan So Klin pada salah satu atribut deterjen.
......The focus of this study is about learning costumer perceptions of powder detergent from two brands "Rinso" and "So Klin" to product attributes and evaluation of product performance. This purpose of this study is to analyze how many factors that influences consumer decision making when buying powder detergent products, and to search the difference of perceptions to product attributes between the customers from two brands. This research is qualitative explorative and descriptive design. The data were collected by means in depth interview and a survey. The research found that there are 3 factors for costumer of Rinso and 4 factors for customer of So Klin when making a purchase decision. The research showed there is significant difference of perception between the customer of Rinso and customer of So Klin in one of the product attributes.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2010
T33517
UI - Tesis Open Universitas Indonesia Library
Sispa Nuradiana
Abstrak :
Milenial merupakan generasi yang potensial bagi pelaku usaha, namun mereka merupakan generasi yang cukup menantang karena sikap kritis dan rendahnya loyalitas terhadap merek. Para pengusaha ritel saat ini telah memerhatikan proses berbelanja konsumen, terutama generasi milenial yang memerhatikan proses perjalanan berbelanja mereka. Sebagai low-involvement produk, jenis produk ini lebih sering dicari oleh konsumen di toko ritel, sehingga konsumen lebih sering mengalami pengalaman berbelanja low-involvement produk dibandingkan dengan high-involvement produk. Namun, sedikit literatur yang memaparkan perilaku konsumen milenial pada low-involvement produk. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana perilaku milenial dalam proses pencarian dan konfirmasi perilaku pencarian dapat memengaruhi output dan kepuasan konsumen selama perjalanan belanja. Penelitian ini merupakan penelitian cross sectional dengan melakukan regresi berganda dalam analisis hipotesis. Hasil regresi menunjukkan bahwa teori ekspektasi diskonfirmasi terbukti secara statistik terjadi pada proses berbelanja produk low-involvement, ditemukan terdapat pengaruh diskonfirmasi yang dirasakan responden terhadap output pengalaman berbelanja mereka
......Millennial is a potential generation for industry, yet they are quite challenging because of their critical attitude and low brand loyalty. Recently, retail stores have noticed the consumers shopping journey, especially the millennial generation who pay attention to the process of their shopping journey. As a low-involvement product, this type of product is more often sought by consumers in retail stores, hence consumers more often experience the low-involvement product shopping journey compared to the high-involvement products. However, there is little literature that describes millennial consumer behavior in low-involvement products. This study aims to analyze how millennial behavior in the searching process and confirmation of search behavior can affect consumer output and satisfaction during the shopping trips. This research is a cross sectional study by conducting multiple regression in hypothesis analysis. The regression results indicate that the theory of disconfirmation expectations is statistically proven to occur in searching process for low-involvement products. This study found that there is an effect of disconfirmation that felt by respondents on the output of their shopping experience.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T53700
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library