Ditemukan 8 dokumen yang sesuai dengan query
Muhammad Rezky Rahmansyah
"Pada beberapa tahun terakhir, perusahaan-perusahaan aplikasi perangkat lunak mengembangkan model bisnis dengan cara meningkatkan basis data pengguna yang besar, mempunyai pemasaran yang terencana, menawarkan nilai tambah pada pengguna, dan meningkatkan jenis layanan. Model bisnis tersebut disebut freemium. Model bisnis ini memungkinkan pengguna untuk mengakses aplikasi perangkat lunak secara gratis dan dapat memperkenankan pengguna jika ingin meningkatkan layanan pada aplikasi perangkat lunak tersebut. Oleh sebab itu, freemium adalah strategi yang tepat dalam menjembatani nilai aplikasi perangkat lunak dan pengalaman pengguna saat mencoba aplikasi perangkat lunak tersebut. Pada sisi lain, satisfaction terbukti tidak selalu menghasilkan pengaruh pada loyalty dalam keadaan tertentu. Customer Engagement Experiences dengan produk juga menjadi hal penting dalam dunia digital. Studi ini meneliti peran moderasi customer engagement experiences dalam hubungan satisfaction - loyalty pada aplikasi perangkat lunak freemium. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Kuesioner berhasil disebarkan ke 274 responden. Data diolah dengan teknik analisis SEM. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Customer Engagement Experiences mempunyai kontribusi yang kecil terhadap hubungan antara satisfaction dan loyalty pada model bisnis freemium.
The objective of this study is to develop a research model based on customers engagement experiences framework including social facilitation, temporal experience, a utilitarian value, dan an intrinsic enjoyment on the freemium business model. In recent years, several software application providers have developed their business models by increasing large users databases, offering added value for users, and increasing the type of service. This business model is called freemium. Freemium allows its users to access its software applications for free and improve the features whenever they need. Although many users are satisfied, many companies fail to implement that model because many users do not want to pay more. In fact, users satisfaction does not always influence users loyalty under certain circumstances. On the other hand, users engagement can encourage long-term relationships between companies and users. The originality of this study is the moderating role of customers engagement experiences in the satisfaction-loyalty relationship of the freemium software application. This research uses a quantitative approach. The questionnaire was successfully distributed to 274 respondents. The data is analyzed by SEM. The results of this study indicate that customers engagement experience has a small contribution to satisfaction and loyalty relationships in the freemium business model."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Angga Rialdo Juan
"Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana pengaruh citra merek terhadap kepuasan pelanggan dan niat loyalitas pada pengguna smartphone Xiaomi di Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dimana data dan informasi dikumpulkan melalui survei dengan alat bantu kuesioner dan juga studi kepustakaan. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 orang pengguna smartphone Xiaomi yang berusia 18-45 tahun, tinggal di wilayah Jakarta, dan telah memakai produk smartphone Xiaomi selama 3 tahun, yang diambil dengan menggunakan teknik non-probability purposive sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis simple regression pada SPSS 23.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi citra merek memiliki pengaruh kuat dan positif terhadap kepuasan pelanggan, dan juga memiliki pengaruh kuat antara variabel citra merek terhadap niat loyalitas secara langsung.
The purpose of this study was to analyze how the effect of brand image on customer satisfaction and loyalty intentions on Xiaomi smartphone users in Jakarta. This research uses a quantitative approach, where data and information are collected through surveys with questionnaire aids and also literature studies. The sample in this study was 100 Xiaomi smartphone users aged 18-45 years, living in the Jakarta area, and had used Xiaomi smartphone products for 3 years, which were taken using non-probability purposive sampling techniques. Analysis of the data employs in this study is simple regression analysis on SPSS 23.0. The results showed that the implementation of brand image had a strong and positive influence on customer satisfaction, and also had a strong influence between brand image variables on direct loyalty intentions.
"
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Eki Fadhilah Mohammad Rizki
"Pelanggan yang loyal menjadi pondasi yang esensial dalam menjaga keberlangsungan bisnis dikarenakan dapat meningkatkan pendapatan perusahaan. Dalam konteks pemasaran, niat loyalitas dan kepuasan pengguna merupakan elemen yang penting dalam penilaian dari pengalaman pengguna yang dimana akan berdampak pada perilaku jangka panjang pengguna. Terkait akan hal ini, kualitas menjadi salah satu komponen yang penting dikarenakan akan mengarahkan kepada kepuasan pengguna dan berdampak pada profitabilitas perusahaan. Ditengah perkembangan zaman yang sangat cepat dan pasar yang semakin kompetitif, service quality menjadi salah satu hal yang sangat penting bagi perusahaan dikarenakan adanya peningkatan kualitas akan berdampak pada meningkatnya profitabilitas dan memastikan kelangsungan bisnis dalam jangka panjang. Perkembangan teknologi yang sangat pesat juga memunculkan suatu model bisnis baru yaitu financial technology dimana salah satunya terdapat dompet digital atau e-Wallet. Salah satu e-Wallet yang memiliki pertumbuhan pengguna tercepat di Indonesia yaitu DANA. Penelitian ini akan membahas faktor-faktor apa saja yang memengaruhi e-service quality dan loyalty intention dalam e-Wallet DANA. Dengan melakukan survei kuisioner kepada 283 responden dan melakukan analisis menggunakan Structural Equation Modelling didapatkan hasil bahwa e-Wallet Security Assurance dan e-Wallet Interface Design memiliki pengaruh yang positif terhadap e-Wallet e-Service Quality dan Loyalty Intention.
Loyal consumers are a crucial element for sustaining business continuity because they can boost a company's revenue. In the context of marketing, loyalty intentions and user satisfaction are essential components of the evaluation of the user experience, which will influence the long-term behavior of consumers. In this aspect, quality is a critical factor because it affects customer satisfaction and profitability. In the face of extremely rapid development and a more competitive market, service quality is one of the most essential factors for the company, as an improvement in quality will have a positive effect on improving profitability and securing future business. The very rapid growth of technology has also given rise to a new business model, namely financial technology, one of which is an electronic wallet (e-Wallet). DANA is one of the e-Wallets in Indonesia with the fastest user growth. This study will examine the elements that affect e-service quality and customer loyalty in the DANA e-Wallet. The results of a questionnaire survey performed to 283 respondents and an analysis using Structural Equation Modeling indicate that e-Wallet Security Assurance and e-Wallet Interface Design positively impact e-Wallet e-Service Quality and Loyalty Intention."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Patricia Geulebert
"Upaya Pemerintah dalam menekan angka pengangguran diwujudkan dengan program magang, salah satunya, yakni dengan hadirnya Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) yang diadakan oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melalui Forum Human Capital Indonesia (FHCI). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh perceived value terhadap loyalty intention melalui job satisfaction Studi Pada Alumni Peserta Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui teknik snowball sampling pada 168 responden yang didapatkan melalui online questionnaire kemudian didukung dengan wawancara mendalam dengan beberapa alumni peserta magang Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB). Teknik pengukuran pada penelitian ini diperoleh menggunakan SPSS dan PLS-SEM sehingga memperoleh hasil yang lebih spesifik sehingga hasil penelitian menunjukkan bahwa perceived value berpengaruh secara positif signifikan terhadap job satisfaction serta loyalty intentions pada alumni peserta Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB).
One of the government's efforts to reduce the numbers of unemployment is by creating the internship program, namely Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) held by the Ministry of Badan Usaha Milik Negara (BUMN) and Forum Human Capital Indonesia (FHCI). This study aims to analyze the effect of perceived value on loyalty intentions through job satisfaction. Studies on Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) Internship. This study uses an approach with snowball sampling technique on 168 respondents obtained by an online questionnaire and supported by in-depth interviews on several alumni of Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) Internship. The measurement technique in this study was using SPSS and PLS-SEM so as to obtain more specific results so that the results showed that perceived value had a significant positive effect on job satisfaction and loyalty intentions among alumni of Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) Internship."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Geulebert, Patricia
"Upaya Pemerintah dalam menekan angka pengangguran diwujudkan dengan program magang, salah satunya, yakni dengan hadirnya Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) yang diadakan oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melalui Forum Human Capital Indonesia (FHCI). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh perceived value terhadap loyalty intention melalui job satisfaction Studi Pada Alumni Peserta Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui teknik snowball sampling pada 168 responden yang didapatkan melalui online questionnaire kemudian didukung dengan wawancara mendalam dengan beberapa alumni peserta magang Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB). Teknik pengukuran pada penelitian ini diperoleh menggunakan SPSS dan PLS-SEM sehingga memperoleh hasil yang lebih spesifik sehingga hasil penelitian menunjukkan bahwa perceived value berpengaruh secara positif signifikan terhadap job satisfaction serta loyalty intentions pada alumni peserta Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB).
One of the government's efforts to reduce the numbers of unemployment is by creating the internship program, namely Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) held by the Ministry of Badan Usaha Milik Negara (BUMN) and Forum Human Capital Indonesia (FHCI). This study aims to analyze the effect of perceived value on loyalty intentions through job satisfaction. Studies on Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) Internship. This study uses an approach with snowball sampling technique on 168 respondents obtained by an online questionnaire and supported by in-depth interviews on several alumni of Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) Internship. The measurement technique in this study was using SPSS and PLS-SEM so as to obtain more specific results so that the results showed that perceived value had a significant positive effect on job satisfaction and loyalty intentions among alumni of Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) Internship."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Rizfi Trisna Selfia
"Perkembangan teknologi dan informasi pada era globalisasi saat sekarang ini semakin mengalami kemajuan yang pesat. Hal ini terlihat dilihat dari banyaknya sektor perbankan yang telah berinovasi dengan memunculkan layanan digital yaitu mobile banking. Salah satu bank yang telah mengembangkan layanan tersebut adalah Bank BCA, dengan BCA Mobile sebagai layanan mobile banking. Sehingga diperlukan layanan yang berkualitas bagus dalam memfasilitasi pengguna untuk menggunakan BCA Mobile. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh e-service quality terhadap loyalty intention atau niat loyalitas pengguna BCA Mobile. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan non- probability sampling terhadap populasi. Jumlah responden yang terkumpul pada penelitian ini adalah sebanyak 150 orang responden yang didapatkan melalui kuesioner online. Data yang didapatkan diolah dengan menggunakan software SPSS 26.0 dengan melalui statistik deskriptif dan analisis Regresi Linear Sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa e- service quality memiliki pengaruh positif terhadap loyalty intention
The development of technology and information in the current era of globalization is currently experiencing rapid progress. That can be seen from the number of banking sectors that have innovated by bringing up digital services, namely mobile banking. One of the banks that has developed this service is Bank BCA, with BCA Mobile as a mobile banking service. Therefore, good quality services are needed to facilitate users to use BCA Mobile. This study aims to analyze the effect of e-service quality on the loyalty intention of BCA Mobile users. This study uses a quantitative approach with a survey method. The sampling technique used in this research is a non-probability sampling of the population. The number of respondents collected in this study was 150 respondents who were obtained through a questionnaire online. The data obtained were processed using SPSS 26.0 software through descriptive statistical analysis and Simple Linear Regression analysis. The results of this study indicate that e-service quality has a positive influence on the loyalty intention of BCA Mobile users in Jabodetabek."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Agung Dwi Saputra
"Penelitian ini berfokus pada penggunaan model Stimulus Organism Response (SOR) untuk menganalisis pengaruh karakteristik platform terhadap loyalitas perilaku konsumen pada food delivery applications. Ekspektasi yang tinggi dari pengguna platform food delivery applications kepada pedagang makanan di platform tersebut tidak berbanding lurus dengan kemampuan literasi digital para pelaku usaha mikro di bidang kuliner selama proses migrasi dari convenience store ke platform digital. Penelitian sebelumnya terkait pengaruh karakteristik platform terhadap loyalitas pelanggan menggunakan model SOR dalam konteks platform yang berbeda, disisi lain penelitian terkait aplikasi food delivery applications pada penelitian sebelumnya didominasi oleh penggunaan kerangka teori yang berbeda. Penelitian ini menggunakan perspektif Stimulus-Organism-Response (SOR) pada food delivery applications (Platform to Consumer) dengan pengembangan variabel organism menggunakan mediasi perceived value dan customer satisfaction. Unit analisis penelitian ini adalah individu berusia 14–35 tahun yang pernah membeli produk kuliner UMKM skala mikro melalui food delivery applications dengan 276 responden dan pengolahan data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). Hasil menunjukkan bahwa system quality dan customization berpengaruh pada perceived value dan customer satisfaction. Perceived value dan customer satisfaction mempengaruhi loyalitas perilaku konsumen. Pedagang UMKM golongan usaha mikro perlu memperhatikan kualitas makanan dan menyesuaikan produknya dengan keinginan pelanggan pada food delivery applications.
This study focuses on using the Stimulus Organism Response (SOR) model to analyze the influence of platform characteristics on customer loyalty intention in food delivery applications. High expectations from food delivery application users to food merchants on the platform are not directly proportional to the digital literacy capabilities of micro business actors in the culinary field during the migration process from convenience stores to digital platforms. Previous studies related to the influence of platform characteristics on customer loyalty with the SOR model in the context of different platforms and studies related to food delivery applications in previous studies were dominated by the use of different theoretical frameworks. This research uses a Stimulus-Organism-Response (SOR) perspective on food delivery applications (Platform to Consumer) with the development of the organism variable using perceived value and satisfaction mediation. The unit analysis of this research is individuals aged 14–35 years who have purchased micro-scale SME culinary products through the food delivery applications with 276 respondents and data processing with Structural Equation Modeling (SEM). Results show that system quality and customization have an effect on perceived value and customer satisfaction. Perceived value and customer satisfaction affect customer loyalty intention. SME merchants need to pay attention for food quality and customize it to the customer's wishes on food delivery applications platform."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Muhammad Fikar
"Perkembangan pesat online brand community secara global, didukung oleh kemajuan teknologi, telah mendorong banyak perusahaan untuk mengadopsi strategi serupa guna mempertahankan basis konsumen mereka. Salah satu keuntungan dari mengadopsi strategi ini adalah menumbuhkan loyalitas pelanggan dalam jangka panjang. Penelitian ini mengidentifikasi dua jenis produk yang berbeda dimana terdapat online brand community di dalamnya untuk melihat bagaimana pengaruhnya terhadap loyalty intention serta bagaimana pihak brand memanfaatkan wadah ini dengan jalur yang berbeda untuk mendapatkan loyalitas pengguna yang lebih baik. Penelitian dilakukan terhadap 270 responden melalui kuesioner daring dan data dianalisis menggunakan SmartPLS 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa information quality completeness dan timeliness mempengaruhi customer satisfaction, sedangkan aspek information quality believability dan amount tidak memiliki pengaruh signifikan. Selain itu, aspek-aspek sosial seperti need for social capital bridging, bonding, dan maintaining juga berperan penting dalam meningkatkan customer satisfaction. Lebih lanjut, customer satisfaction juga terbukti berdampak positif pada loyalty intention, bersama dengan relationship commitment yang kuat. Temuan ini memberikan wawasan berharga bagi perusahaan dalam merancang strategi online brand community yang efektif untuk memperkuat hubungan dengan konsumen dan membangun loyalitas yang berkelanjutan.
The rapid development of online brand communities globally, supported by technological advancements, has prompted many companies to adopt similar strategies to maintain their consumer base. One advantage of adopting this strategy is fostering long-term customer loyalty. This study identifies two different types of products with online brand communities within them to examine their influence on loyalty intention and how brands utilize this platform through different avenues to enhance user loyalty. The research was conducted with 270 respondents through online questionnaires, and the data were analyzed using SmartPLS 4. The results show that information quality completeness and timeliness affect customer satisfaction, while aspects of information quality such as believability and amount do not have a significant impact. Additionally, social aspects such as the need for social capital in bridging, bonding, and maintaining also play a crucial role in enhancing customer satisfaction. Furthermore, customer satisfaction has been proven to positively impact loyalty intention, along with strong relationship commitment. These findings provide valuable insights for companies in designing effective online brand community strategies to strengthen relationships with consumers and build sustainable loyalty."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library