Ditemukan 7 dokumen yang sesuai dengan query
Vania Rizky Amanda
"Persaingan yang terjadi di dunia bisnis, menuntut para produsen untuk lebih teliti dalam melihat peluang. Berbagai cara komunikasi dilakukan untuk menarik konsumen, salah satunya yaitu melalui mobile marketing yang berbentuk kupon mobile melalui Short Message Service (SMS). Media tersebut menjadi pertimbangan produsen, karena salah satu kelebihan yang dimilikinya yaitu murah dan mudah dalam mengirimkan pesan dalam jumlah yang besar. Namun demikian hasil yang diberikan belum memberikan hasil yang maksimal. Hal tersebut karena terdapat pengaruh motivasi belanja (utilitarian vs hedonic) yang dimiliki oleh konsumen terhadap kesesuaiannya (regulatory fit) dengan penawaran produk yang terdapat di dalam kupon mobile serta waktu akan kebutuhan (saat ini vs nanti) dalam pengambilan keputusan untuk menukarkan (intention to redeem) kupon mobile tersebut. Metode yang digunakan oleh penulis adalah dengan memberikan perlakuan berbeda berdasarkan motivasi belanja(utilitarian vs hedonic) yang dimiliki oleh konsumen. Penulis menggunakan dua tipe produk berbeda yang dinilai mewakili sifat dari produk tersebut yaitu shampo sebagai tipe produk utilitarian dan tiket film sebagai tipe produk hedonic.
Competition in business, requires producers to be more careful in looking at opportunities. Various ways of communication to attract customers, one of which is through mobile marketing in the form of mobile coupons via Short Message Service (SMS). This media become consideration the manufacturer, since one of its advantages is cheap and easy to send messages in large numbers. However, the results given yet provide maximum results. This is because there is the influence of motivation expenditure (utilitarian vs. hedonic) owned by consumers towards compliance (regulatory fit) with a product offering that is contained in the mobile coupons as well as time would need (now versus future) in the decision to redeem (intention to redeem) The mobile coupons. The method used by the authors is to provide different treatment based on shopping motivation (utilitarian vs. hedonic) owned by the consumer. The authors used two different types of products are considered to represent the nature of these products, shampoo as a utilitarian product type and movie tickets as a hedonic product type."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
S61865
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Annisa Putri Riana
"Meningkatnya pendapatan perkapita masyarakat Indonesia melahirkan segmen baru yaitu kelas menengah. Kelas menengah memiliki karakteristik konsumtif dan mengikuti gaya hidup kelas atas yang terinspirasi dari fashion barat. Besarnya terpaan media dan gaya hidup kelas atas membuat kelas menengah mengikuti gaya hidup seperti mengonsumsi produk fashion bermerek. Berkat strategi pemasaran dan citra yang dibangun, produk fashion bermerek berhasil mengukuhkan mereknya sebagai lambang kemakmuran seseorang. Citra tersebut dianggap dapat mengaktualisasikan kemampuan dan status sosial. Oleh karena itu, banyak kelas atas yang menggunakan merek fashion tertentu untuk mengomunikasikan kemampuan dan status sosial. Seakan tidak mau kalah, kelas menengah juga ingin mengonsumsi produk fashion bermerek tersebut dengan motivasi mendapatkan citra, pengakuan sosial, serta rasa bangga. Namun seperti terbentur oleh kemampuan secara finansial, kelas menengah belum seutuhnya mampu membeli produk fashion bermerek yang asli sehingga memilih untuk mengonsumsi barang imitasi. Fenomena ini menggambarkan adanya Trickle Down Theory of Fashion yang menjelaskan jika kelompok subordinat memiliki kecenderungan untuk melakukan imitasi atau meniru segala simbol kemewahan kelompok superordinat. Sementara itu, kelompok superordinat sendiri memiliki kecenderungan untuk tampil beda dengan selalu melakukan diferensiasi dengan kelompok subordinat.
The rising per capita income of Indonesian, gave birth to the new segment called middle class. The middle class has some unique characteristics such as consumptive and follow upscale lifestyle that is inspired by western culture. The amount of media exposure and upscale lifestyle made the middle class pursue the branded fashion products. Due to the marketing strategy and image built, branded fashion products successfully establish it brand as a symbol of prosperity. This image is considered to actualize financial ability and social status. Therefore, many upscale people use branded fashion product to communicate their financial ability and social status. As if not to be outdone, the middle class also wants to consume the branded fashion products with motivation to get the higher image, social recognition, and a sense of pride in society. But their financial capability does not provide their desire. The middle class who has not been fully able to buy original branded fashion, choose to consume imitation products. This phenomenon illustrates the Trickle Down Theory of Fashion which explains if subordinate groups have a tendency to imitates or copies any symbol of luxury of superordinate. Meanwhile, the superordinate group itself has a tendency to be different by always doing differentiation with subordinate groups."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Daniel Pramana
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2008
T24358
UI - Tesis Open Universitas Indonesia Library
Rinaldy Hassanudin
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2008
T25432
UI - Tesis Open Universitas Indonesia Library
Nabila Aida Novitarani
"Penggunaan barang mewah atau produk mewah terus meningkat dengan yang baru generasi memasuki industri produk mewah sebagai konsumen, generasi milenial. Perbedaan antara generasi milenial dan generasi sebelumnya konsumen yang lebih tradisional dari produk mewah membuat industri ini membutuhkan perubahan untuk mengakomodasi karakteristik dan kebutuhan generasi milenial. Penelitian ini bertujuan untuk memahami pengaruh motivasi konsumen terhadap niat beli produk mewah dengan merek halus atau eksplisit dengan pengaruh faktor kebutuhan konsumen akan keunikan dan swa-monitor. Penelitian ini dibagi menjadi 2 dengan Penelitian 1 untuk menguji pengaruh kebutuhan konsumen terhadap keunikan dan Penelitian 2 hingga uji efek pemantauan mandiri. Metode purposive sampling digunakan untuk penelitian ini dengan responden dan dianalisis menggunakan IBM SPSS Statistics dengan campuran ANOVA 2X2 metode.
Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa dalam kondisi keunikan tinggi, konsumen yang termotivasi secara ekstrinsik akan lebih memilih produk mewah dengan branding eksplisit dan konsumen yang termotivasi secara intrinsik akan lebih memilih produk mewah dengan branding yang halus. Sementara itu, dalam kondisi pemantauan diri yang rendah, tidak ada perbedaan yang signifikan dalam pemilihan produk mewah dengan branding eksplisit atau halus dengan ekstrinsik atau motivasi intrinsik. Implikasi manajerial dibahas dalam penelitian ini juga rekomendasi untuk penelitian lebih lanjut.
The use of luxury goods or luxury products continues to increase with the new generation entering the luxury product industry as a consumer, millennial generation. The difference between millennials and previous generations of more traditional consumers of luxury products makes this industry need a change to accommodate the characteristics and needs of millennial generations. This study aims to understand the influence of consumer motivation on the purchase intention of luxury products with refined or explicit brands with the influence of consumer demand factors for uniqueness and self-monitoring. This study was divided into 2 with Research 1 to examine the effect of consumer needs on the uniqueness and Research 2 to the independent monitoring effect test. The purposive sampling method was used for this study with respondents and analyzed using IBM SPSS Statistics with a mixture of ANOVA 2X2 methods. The findings of this study reveal that in conditions of high uniqueness, extrinsically motivated consumers will prefer luxury products with explicit branding and consumers who are intrinsically motivated will prefer luxury products with smooth branding. Meanwhile, in conditions of low self-monitoring, there is no significant difference in the choice of luxury products with explicit or subtle branding with extrinsic or intrinsic motivation. Managerial implications discussed in this study are also recommendations for further research."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Yuga Hastungkara
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh aspek terkait
hardware, software, desain,
perceived value, dan motivasi konsumen dalam keinginan pembelian (
purchase intention)
smartwatch. Jenis
smartwatch yang menjadi objek dalam studi ini adalah smartwatch secara umum. Jumlah sampel yang digunakan adalah 330 responden, dengan kriteria warga Indonesia pria dan wanita dewasa (diatas 17 tahun), mengetahui apa itu
smartwatch, dan belum pernah memiliki
smartwatch sebelumnya. Dari penelitian diketeahui bahwa keinginan pembelian
smartwatch dipengaruhi oleh
attitude dan motivasi konsumen
, sedangkan
attitude sendiri dipengaruhi oleh
hardware, motivasi konsumen, dan
perceived value. Untuk variabel
perceived value konsumen dipengaruhi
software dan desain dari
smartwatch.
This research’s purpose is to know about influence of hardware, software, design, perceived value, and consumer motivation on intention to purchasing smartwatch. The object in this research is smartwatch in general. This research used 330 sample respondents, which classified as male and female adult Indonesian citizen (above 17 years old), know about smartwatch, and never have smartwatch before. The research showed that purchase intention affected by attitude and consumer motivation, while attitude affected by hardware, consumer motivation, and perceived value. Consumer’s perceived value itself, affected by software and design aesthetics of a smartwatch"
2019
T53463
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Tri Candra Sakti K.
"Penelitian ini menganalisa pengaruh service quality terhadap kepuasan konsumen, loyalitas konsumen dan motivasi konsumen nasabah Bank pengguna ATM yang bertempat tinggal di Jakarta. Dengan menggunakan metode regresi linier, dapat diketahui bahwa antara service quality, kepuasan konsumen, loyalitas konsumen dan motivasi konsumen memiliki hubungan linier positif. Sehingga dapat diartikan jika service quality semakin baik maka konsumen akan semakin puas dan juga akan semakin loyal dengan ATM yang dipakainya serta semakin termotivasi untuk lebih sering bertransaksi menggunakan ATM. Untuk itu masing ? masing Bank harus terus memperbaiki dan menjaga service quality dari ATM ? ATMnya.
This study analyzes the influence of service quality on customer satisfaction, customer loyalty and customer motivation of the Bank ATM users who reside in Jakarta. By using the linear regression method, it is known that between service quality, customer satisfaction, customer loyalty and customer motivation have a positive linear relationship. So that can be interpreted if the service quality is better, so it will be more satisfied customers and customer will also be more loyal to the ATM that he uses as well as more motivated to transact more frequently use the ATM. For the Banks, must continue to improve and maintain the service quality of their ATM"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2010
T28286
UI - Tesis Open Universitas Indonesia Library