Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Agung Arry Susanto
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi niat beli kendaraan listrik (EV) di Indonesia, mengingat rendahnya tingkat pembelian EV saat ini. Dengan menggunakan metode kuantitatif dan survei terhadap 957 calon pengguna EV, penelitian ini menguji hubungan antara variabel-variabel seperti kemudahan penggunaan, manfaat yang dirasakan, risiko yang dirasakan, pengetahuan tentang EV, keterlibatan publik, dan niat beli, serta anteseden dari variabel-variabel tersebut. Data diolah menggunakan metode SEMPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi positif terhadap manfaat EV tidak secara otomatis meningkatkan niat beli, dan persepsi risiko juga tidak berpengaruh langsung terhadap niat beli. Temuan ini mengindikasikan adanya faktor-faktor lain yang menghambat niat beli EV di Indonesia. Penelitian ini memberikan kontribusi penting bagi literatur tentang adopsi EV, terutama dalam konteks Indonesia, dan menawarkan implikasi praktis bagi produsen, pemasar, dan pembuat kebijakan EV. Selain itu, penelitian ini juga memiliki nilai orisinalitas karena mengidentifikasi variabel-variabel penting yang sebelumnya diabaikan dalam penelitian-penelitian terdahulu.

This study aims to analyze the factors influencing the intention to purchase electric vehicles (EVs) in Indonesia, considering the current low purchase rate of EVs. Utilizing quantitative methods and a survey of 957 potential EV users, this research examines the relationships between variables such as perceived ease of use, perceived benefits, perceived risks, EV knowledge, public involvement, and purchase intention, as well as the antecedents of these variables. Data were processed using the SEMPLS method. The findings show that a positive perception of EV benefits does not automatically increase purchase intention, and perceived risks do not directly affect purchase intention. These findings suggest the presence of other factors inhibiting EV purchase intentions in Indonesia. This study makes a significant contribution to the EV adoption literature, especially in Indonesia, and offers practical implications for EV manufacturers, marketers, and policymakers. Additionally, this research has originality value as it identifies essential variables previously overlooked in earlier studies."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fatimah Jasmine
"Baru-baru ini, penelitian tentang Word of Mouth Elektronik (Sarana promosi dari mulut ke mulut melalui media elektronik) dan niat beli konsumen semakin menarik perhatian. Namun, perbandingan lintas negara antara dua negara dengan latar belakang budaya yang berbeda belum diteliti, khususnya dalam industri pariwisata. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mengisi kesenjangan literatur di bidang ini dan memberikan wawasan lebih bagi para manajer dan direktur bisnis di bidang pariwisata dengan menguji dampak kepercayaan Word of mouth elektronik pada niat beli konsumen dari dua pandangan budaya yang sangat berbeda. Penelitian kuantitatif dilakukan terhadap 119 responden dari dua negara yaitu warga negara Belanda dan warga negara Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepercayaan konsumen terhadap Word of mouth elektronik berpengaruh besar dan positif terhadap niat beli konsumen. Semakin tinggi kepercayaan konsumen terhadap Word of mouth elektronik semakin tinggi niat mereka untuk membeli produk tersebut. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa budaya sebagai variabel moderasi tidak mempengaruhi hubungan tersebut. Tidak ada perbedaan yang signifikan antara responden dari Indonesia yang memiliki latar belakang budaya kolektivisme dan Belanda yang memiliki latar belakang budaya individualisme.
Recently, research on electronic word of mouth and purchase intention has been growing in attention. However, a cross country comparison between two different cultural backgrounds have not yet been investigated, especially in the travel industry. Thus, this study aims to fill in the gap of the literature and provide valuable insights for managers and directors of travel-related business by examining the impact of trust in electronic word of mouth on purchase intention on two very different cultural view. A quantitative research were conducted on 119 respondents, both Dutch and Indonesians. The results showed that level of trust in electronic word of mouth has a big and positive influence on consumer`s purchase intention. The higher the consumers trust the eWOM, the higher their intention to purchase the product. Moreover, the results also showed that culture as a moderating variable did not affect this relationship. There are no significant difference between Indonesian respondents which have a collectivism background of culture and Dutch which have an individualism culture background."
2020
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Fazrry
"ABSTRAK
Skripsi ini membahas tentang pengaruh celebrity endorser yang digunakan Yamaha Indonesia Motor Manufacturing pada iklannya terhadap sikap dan niat beli konsumen. Di dalam variabel celebrity endorser terdapat tiga dimensi yang digunakan yaitu daya tarik fisik, sumber kredibilitas, dan kongruensi merek. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa celebrity endorser berpengaruh secara signifikan pada sikap dan niat beli konsumen secara simultan. Pada penelitian ini juga terdapat implikasi manajerial serta saran untuk penelitian selanjutnya.

ABSTRACT
This study discusses the influence of celebrity endorser used Yamaha Indonesia Motor Manufacturing in the ad against consumer attitudes and purchase intention. In the celebrity endorser variables are used, namely three-dimensional physical attractiveness, source credibility and brand congruence. This research resulted in the conclusion that the celebrity endorser significant influence on consumer attitudes and purchase intention simultaneously. In this study, there is also a managerial implications and suggestions for further research.
"
2015
S60373
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kharina Dwinanda Putri
"Industri online retailing semakin berkembang pesat di Indonesia, dengan produk pakaian menjadi salah satu kategori produk yang paling sering dibeli secara online. Saat mengunjungi apparel website, konsumen terpapar desain website dan informasi produk. Warna merupakan salah satu elemen desain website. Sedangkan tampilan produk berperan sebagai informasi bagi konsumen karena konsumen tidak dapat melihat dan menyentuh pakaian secara langsung. Tampilan produk dan warna menjadi stimulus bagi konsumen. Karya akhir ini bertujuan untuk menganalisa apakah tampilan produk dan warna menghasilkan respon konsumen yang berbeda-beda setelah mengunjungi website, yang dapat dilihat melalui emosi, sikap konsumen terhadap website, dan niat pembelian melalui website. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan emosi dan sikap konsumen berdasarkan tampilan produk dan warna suatu website, yang akhirnya mempengaruhi niat beli konsumen.

Online retailing industry is growing rapidly in Indonesia, with clothing products become one of the most frequently purchased online. When visiting an apparel website, consumers exposed to website design and information regarding the product. Color is one of the elements of the website design. Whereas the product presentation serves as information for consumer because they can’t see and touch the clothes directly. Product presentation and color become a stimulus for consumers. This thesis aims to analyze whether the product presentation and colors generate different consumer response after visiting the website, which can be seen through the emotion, consumer attitude toward the website, and purchase intention through the website. From this study, it can be concluded that there is a difference of emotion and consumer attitude based on product presentation and color of an apparel website, which ultimately affects their purchase intention."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library