Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 45 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Hana Nurmadaniah
Abstrak :
Tesis ini membahas analisis pengaruh antara Pembelajaran Karyawan (Employee Learning) yang terdiri dari dua tipe yaitu exploitative learning dan explorative learning, Kreatifitas Karyawan (Employee Creativity) yang terdiri dari dua tipe yaitu incremental creativity dan radical creativity, Dukungan Atasan Pada Implementasi Ide (Supervisor Support for Idea Implementation) Dan Kompleksitas Pekerjaan (Job Complexity) Terhadap Kinerja Karyawan (Job Performance) dalam konteks pembentukan Divisi Wireless Broadband PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan dilakukan melalui survei kuesioner terhadap karyawan Divisi Wireless Broadband. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kinerja Karyawan dapat dipengaruhi oleh Kreatifitas Karyawan, dimana Kreatifitas Karyawan tersebut dipengaruhi oleh Pembelajaran Karyawan. Sedangkan Kompleksitas Pekerjaan Dan Dukungan Atasan Pada Implementasi Ide tidak terbukti mempengaruhi Kinerja Karyawan. Sehingga Penelitian ini menyarankan untuk penelitian dapat dikembangkan dengan membandingkan unit analisis antar divisi, baik dalam perusahaan maupun berbeda perusahaan.
This research explores the influence of the Employee Learning that divide into exploitative learning and explorative learning, Employee Creativity that divide into incremental creativity and radical creativity, Supervisor Support for Idea Implementation, and Job Complexity on Job Performance in the context in Broadband Wireless Division PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk. The research method of this research is quantitative and conducted through a questionnaire survey of employees Broadband Wireless Division. The results showed that the performance can be affected by Employee Creativity, where Employee Creativity is influenced by the Employee Learning. While the Job Complexity and Supervisor Support for Idea Implementation not supported for job performance. This study thus suggests to research can be developed by comparing the unit of analysis between divisions, both within the company and the different companies.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yusuf Fauzan Supriyadi
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menilai hubungan antara penerapan 5S dan pengurangan waktu siklus produksi cycle time pada Taqqia Craft, salah satu Usaha Mikro Kecil Menengah yang bergerak di industri kerajinan. Waktu siklus produksi diukur dari penentuan bahan baku, sampai produk siap dikirim ke pelanggan. Setelah waktu siklus produksi diketahui, maka 5S diterapkan. Setelah penerapan 5S selesai, evaluasi dilakukan untuk memastikan bahwa penerapan telah dijalankan dengan benar. Selanjutnya waktu siklus produksi dihitung kembali untuk mengetahui penerapan 5S terhadap waktu siklus produksi. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap langkanya literatur yang menganalisis penerapan 5S di industri kerajinan. Hasilnya menunjukkan adanya hubungan positif antara penerapan 5S dan waktu siklus produksi. Selain itu, 5S juga berdampak positif terhadap peningkatan kinerja operasional.
ABSTRACT
This study aims to assess the causal relation between the implementation of the 5S approach and the reduction of production cycle time at Craft Small Medium Enterprise SME . Production cycle time measured from the designing of the product, until the product is ready to be sent to the customer. After the production cycle time is known, then the 5S is implemented. After the implementation was done, there rsquo s evaluation to be done to ensure that the implementation is correct. Then the production cycle time was calculated again to know the impact of 5S implementation toward the production cycle time. This paper contributes to the scarce empirical literature analyzing the factors related to the use of 5S and its association with manufacturing performance in the craft industry. The result shows the existence of a positive relationship between the use of 5S and production cycle time. Moreover, 5S is positively related to some operational performance.
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T50513
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Harahap, Winda Anggraini
Abstrak :
Beradaptasi terhadap environmental turbulence adalah keharusan bagi setiap perusahaan disektor perbankan. Diperlukan untuk mengembangkan strategi rasional upaya merespon lingkungan tersebut secara efektif. Environmental turbulence terutama turbulensi pasar dan turbulensi teknologi,yang terjadi akhir-akhir ini di industri perbankan, mengharuskan perusahaan untuk meninjau strategi mereka secara terus menerus. Strategic Agility dengan dimensinya: strategic sensitivity, collective commitment, dan resource fluidity, adalah kemampuan perusahaan yang telah diidentifikasi sebagai kunci untuk berhasil dalam lingkungan yang sangat kompetitif dan cepat berubah. Kelincahan strategis juga dikenal sebagai sumber keunggulan kompetitif yang juga akan meningkatkan kinerja perusahaan. Studi ini mencoba untuk menguji strategic agility dan dimensinya, dan mengungkapkan pentingnya di sektor perbankan untuk mendapatkan keunggulan daya saing dalam turbulensi lingkungan. Selanjutnya, penelitian ini mengeksplorasi penerapan kelincahan strategis dan potensinya untuk meningkatkan kinerja unit melalui keunggulan daya saing. Populasi penelitian ini adalah manajer di salah satu bank swasta di Indonesia. Penelitian ini menggunakan Structural Equation Modeling(PLS-SEM) untuk menganalisis data. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa strategic agility memiliki peran untuk mendapatkan keunggulan daya saing dengan mengambil keuntungan dari turbulensi lingkungan khususnya di pasar dan turbulensi teknologi yang pada akhirnya akan meningkatkan kinerja unit. ......Adapting to environmental turbulence is mandatory for every player in the banking sector. They need to develop rational strategies and respond effectively. Environmental Turbulence especially market turbulence and technological turbulence, which happen lately in banking industry, require firms to review their strategies continuously. Strategic agility with its dimensions: strategic sensitivity, resource fluidity, and collective commitment, is a capability of a firm that has been identified as a key to succeed in a highly competitive and rapidly changing environment.  Strategic agility is also known as a source of competitive advantage which will also enhance performance of the firm. This study tries to examine strategic agility and its dimension, and reveal its importance in the banking sector in order to gain competitive advantage in environmental turbulence. Furthermore, this study explores the application of strategic agility and its potential to improve unit performance through competitive advantage. The population of this study is managers in one of private bank in Indonesia. This study uses Structural Equation Modelling (PLS-SEM) to analyze the data. Findings of this study suggest that strategic agility has a role to gain competitive advantage by taking advantages from environmental turbulence spesifically in market and technological turbulence which in turn will also improve firm performance.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T52563
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hanggara Surya Pratama
Abstrak :
Businees caoching, UMKM, inventory control, benchmarking, stock opname, random sampling, FSN classification ini ditulis berdasarkan bagaimana sebuah proses business coaching dapat membantu UMKM untuk meningkatkan bagian apa yang perlu dilakukan perbaikan. Seperti bagian SDM, keuangan, operasional, atau marketing berdasarkan pengalaman pribadi pemilik dan berdasarkan pengamatan coach di perusahaan. ProQ adalah UMKM yang bergerak di bidang jasa perawatan dan perbaikan AC kendaraan bermotor. Di ProQ tidak terdapat sebuah proses inventory control sehingga mengganggu kegiatan operasionalnya. Tesis ini merupakan hasil dari penerapan inventory control bagi bengkel ProQ melalui proses identifikasi masalah, rekomendasi penyelesaian masalah, dan implementasi dari rekomendasi tersebut. Langkah yang di ambil yaitu melakukan proses benchmarking terhadap PT X yang sudah menjalankan inventory control dalam skala besar dan dengan jumlah inventory suku cadang yang sangat banyak. Dari benchmarking tersebut kemudian didapatkan langkah-langkah perbaikan yang dapat dilakukan ProQ dengan mengadaptasi inventory control dari PT X, yaitu pentingnya keberadaan partman dan SOPnya, kegiatan random sampling dan stock opname yang teratur dan memiliki berita acara yang jelas, dan pencatatan dari keluar masuknya suku cadang sudah sangat baik dan terorganisir. Dan PT. X juga mempunyai klasifikasi fast, slow, dan non moving inventory yang diketahui melalui umur suku cadang. ......This paper is written based on how a business coaching process can help SMEs to improve which area need an improvement. Such as the HR, finance, operational, or marketing section based on the personal experience of the owner and based on the coach observations to the company. ProQ is a SME engaged in maintenance services and repair of motor vehicle air conditioners. In ProQ there is no inventory control process so that its operational activities is disturbed. This paper is the result of applying inventory control for ProQ workshop through problem identification process, problem solving recommendations, and implementation of the recommendations. The step taken is to conduct a benchmarking process against PT.X which has run inventory control on a large scale and with a large inventory of spare parts. From the benchmarking, there are few steps that can be done by adapting the inventory control of PT.X, namely the importance of the existence of partman and its SOP, random sampling and stock operational activities are scheduled and have clear records and reports, and recording of the daily in and out of a sparepart from its inventory which is well organized. And PT. X also has a classification of fast, slow, and non-inventory known through age of a spare parts.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ardhata Wira Pratama
Abstrak :
Pada penelitian kali ini akan dilakukan analisis hubungan/pengaruh karakteristik yang dimiliki para CEO dan pemilik usaha yang difokuskan pada kajian dynamic capabilities para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Latar belakang masalah yang muncul dalam penelitian kali ini adalah sektor industri UMKM pada masa kini berada dalam lingkungan situasi yang turbulen dan dinamis, sehingga membutuhkan ketepatan dan kecepatan pengambilan keputusan yang diambil oleh para CEO/pimpinan usaha ataupun para pemilik usaha tersebut. Oleh karenanya peran dari dynamic capabilities sangat penting bagi keberlangsungan para pemain di sektor UMKM. Sehingga pada penelitian kali ini penulis akan mencoba mencari sumber dari dynamic capabilities yang salah satunya merupakan pimpinan dari sebuah perusahaan, baik itu sebagai CEO, Direktur ataupun seorang pemilik usaha yang bekerja sebagai pimpinan dimana hal tersebut cukup sering ditemukan pada sektor industri UMKM. Dynamic capabilities diukur dengan penggunaan dynamic marketing dan R&D capabilities. Data penelitian kali ini dikumpulkan dari para pimpinan suatu perusahaan yang bergerak di sektor UMKM, baik sebagai CEO, Direktur ataupun pemilik usaha dengan total responden sebesar 141 responden. Data dianalisis dengan menggunakan bantuan alat SPSS dengan teknik regresi. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa karakteristik pemilik usaha berpengaruh terhadap dynamic capabilities yang dimiliki sebuah perusahaan. ......This study observes and analysis the relationship/influence of CEO/owners characteristics on dynamic capabilities of small, medium enterprises. Background issues that arise in this study is that SME sector nowadays in a turbulent and dynamic environment, requires accuracy and speed of decision made by CEO/leader or owners. That's the reason why the role of dynamic capability was crucial for going concern of SME. Thus, this study validates the origin of dynamic capabilities, which one of them was the leader of a company, whether as a CEO, Director or the owner who's also has the role as a Director, which those conditions were common noted in SME sector. Dynamic capabilities is proxied by dynamic marketing and R&D capabilities. Data collected in this study are from the leaders of the company in SME sector, whether a CEO, Director or owner with a total of 141 respondents. Data were analyzed using SPSS software with regression analysis technique. The results shown characteristics of owner's in UMKM sector have significant influence on dynamic capabilities of a firm.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T55148
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
George Anthony Raditya
Abstrak :
Meningkatnya daya saing dan peran usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) menjadi salah satu kunci pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Namun, kekurangannya adalah banyak UMKM yang kesulitan mengelola usahanya dengan baik untuk berubah menjadi perusahaan besar. PT NEURO MEDIKA SEJAHTERA (NMS) adalah distributor alat kesehatan yang berbasis di Jakarta yang dikategorikan sebagai UMKM. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membantu mengembangkan kegiatan promosi dalam skala UMKM. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan business coaching. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam dengan pemilik perusahaan. Kemudian, kuesioner survei juga dilakukan untuk mendukung validitas dan reliabilitas data. Analisis dan hasil menunjukkan bahwa PT NMS berjuang untuk mengelola kegiatan promosi di tengah pasar monopoli, yang menyebabkan penurunan penjualan. Oleh karena itu, dilakukan bauran promosi yang mendasar untuk mengimplementasikan solusi, yaitu: perbaikan profil perusahaan sebagai media periklanan, penyusunan SOP personal selling, pengembangan website sebagai media kehumasan, dan pembuatan strategi promosi penjualan. ......The increasing competitiveness and role of micro, small and medium enterprises (MSMEs) is one of the keys to sustainable economic growth. However, the downside is that many MSMEs struggles to manage the business well to transform into a big enterprise. PT NEURO MEDIKA SEJAHTERA (NMS) is a medical equipment distributor based in Jakarta that is categorized as MSME. This research aims to analyzed and help to develop promotion activities in the scale of MSME. The research is using qualitative methods with business coaching approach. The data collected by having an in-depth interview with the owner of the company. Then, survey questionnaires were also conducted to support the validity and reliability of the data. The analysis and results show that PT NMS struggles to manage promotion activities amid monopolistic markets, leading to deterioration sales. Therefore, a fundamental promotion mix was carried out to implement solutions, namely: improvement on the company profile as advertising media, formulating SOP for personal selling, developing a website as public relations media, and creating sales promotion strategies.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aswalmi Gusmita
Abstrak :
Studi ini menguji dampak kapabilitas manajerial dinamis sebagai aspek manajerial yang bersifat individual dan proses manajemen pengetahuan yang merupakan bagian dari operasional organisasi terhadap kinerja layanan pada organisasi publik melalui kelincahan organisasi. Kelincahan organisasi sendiri telah dibuktikan secara empiris berdampak positif terhadap kinerja organisasi (Lu & Ramamurthy, 2011)namun perlu dibuktikan apakah hal tersebut juga relevan pada konteks organisasi publik. Hasil penunjukan bahwa kapabilitas manajerial dinamis sama sekali tidak berpengaruh pada kinerja lain baik secara langsung maupun melalui kelincahan organisasi. Hal sebaliknya ditunjukan oleg proses manajemen pengetahuan yang signifikan berpengaruh pada kinerja layanan maupun melalui kelincahan organisasi. Studi ini dilakukan pada unit-unit layanan pada satu organisasi publik skala nasional dengan yang berjumal 104 unit layanan sebagai sampel dari total 127 unit layanan yang ada. Hasil penelitian menunjukan pentingnya peran proses manajemen pengetahuan pada organisasi publik. ......This study examined the impact of dynamic managerial capability as an individual managerial aspect and knowledge management process that is part of the organizations operations on service performance in public organizations through role of organizational agility. Organizational agility  has been empirically proven to have a positive impact on organizational performance (Lu & Ramamurthy, 2011) but it needs to be proven whether it is also relevant in the context of public organizations. The results indicate that dynamic managerial capabilities have absolutely no effect on service performance either directly or through role of organizational agility as mediator. The opposite is shown by the knowledge management process that significantly influences service performance as well as through organizational agility. The study was carried out at service units in a national scale public organization with  104 service units as a sample from 127 existing service units population. The results showed the important role of knowledge management process in public organizations.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Alfa Rahmat Maulana
Abstrak :
ABSTRAK Jumlah usaha mikro, kecil, dan menengah yang semakin bertambah setiap tahunnya diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Kondisi ini juga sebanding dengan kaum wanita yang semakin memilih sektor informal dibandingkan dengan menjadi wanita karir. Hal serupa juga dalami oleh Ibu Diah. Sebagai pemilik dan pengelola UKM Kusuma yang bergerak di bidang usaha busana. Sebagaimana UMKM lainnya, UKM Kusuma pun tak lupun dirundung masalah. Masalah yang dihadapi UKM Kusuma adalah terkait dengan penentuan harga jual produk dan penyusunan laporan keuangan. Business coaching merupakan salah satu alternatif dalam mencari solusi maupun alternatif dari permasalahan UKM tersebut. Dan pada akhirnya UKM Kusuma dapat menyelesaikan masalahnya tersebut.
ABSTRACT The number of for micro, small, and medium entreprises were increased annually and expected to improve the society wealth. This condition were balanced compared with increasing women who choose to work in the informal sector rather than worked at the large enterprises. Ibu Diah also chosen the similar way. She owned and run a micro business called Kusuma which had engaged in fashion industry. Like many other small entreprises, the Kusuma also faced with some problems. The problems were to determined selling price for its product and preparing financial statement. Business coaching has one way to solving those problem and searched for alternatives. In conclusion, Kusuma could solve their own problem.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
M. Adi Yasir Maulana P.
Abstrak :
ABSTRAK
Pada kompetisi global saat ini, perusahaan berlomba-lomba menunjukkan keunggulan daya saingnya baik yang didorong dari kondisi internal maupun eksternal perusahaan. Kondisi eksternal merupakan salah satu faktor yang kuat mendorong perusahaan untuk terus berupaya berkompetisi. Untuk itu, perusahaan mempunyai perhatian yang khusus terhadap kondisi eksternal tersebut dengan melakukan kegiatan kegiatan corporate social responsibility (CSR).

Kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan suatu kegiatan perusahaan yang penting dalam mempengaruhi value creation perusahaan yang memiliki dampak terhadap kinerja perusahaan (keuangan dan non keuangan). Namun tidak semua kegiatan CSR berdampak positif bagi perusahaan dikarenakan CSR tidak menyentuh core business atau dapat dikatakan tidak stratejik. Penelitian ini menekan bahwa kegiatan CSR yang stratejik terbagi atas lima dimensi centrality, specificity, proactivity, visibility dan voluntarism akan mempengaruhi value creation perusahaan (Burke & Logsdon, 1996) sehingga mempengaruhi kinerja perusahaan.

Penelitian ini menggunakan studi kualitatif dengan studi kasus PT Astra International Tbk yang diharapkan mendapatkan informasi dan pemahaman yang lebih mendekati pada konteks sehingga perusahaan dapat melihat persepsi stakeholder baik dari internal dan eksternal perusahaan dari program CSR yang dijalankan.
ABSTRACT
In today's global competition, companies are competing to show the advantages of both the driven competitiveness of the internal and external conditions. External condition is one of the factors that could strongly encourage companies to continue to compete. Because of that, the company has a focus on the external conditions by conducting activities of corporate social responsibility (CSR).

Corporate Social Responsibility (CSR) is an important corporate activities that affect value creation in companies that have an impact on firm performance (financial and non-financial). However, not all CSR activities have positive impacts for the company because the CSR does not touch the core business or can be said to be strategic. This study stressed that CSR activities are divided into five dimensions of strategic centrality, specificity, proactivity, voluntarism and visibility will affect the company's value creation (Burke & Logsdon, 1996) thus affecting the performance of the company.

This study used a qualitative method focusing on a case study of PT Astra International Tbk. It is expected to gain more information and understanding of the specific context in the field study in order to make the company notices the perception of the stakeholders both internal and external regarding the implementation of CSR programs in PT. Astra International Tbk.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
T45472
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Stevanus Sendy
Abstrak :
Investors gain from their investments in form of capital gain or dividend. Investor would choose to have dividends than capital gain, this is because dividend have less uncertainty opposite to a capital gain that will be receive in future time. However not all company pays dividend. This is because dividend policy is an important factor that must be considered by management in managing the company due to the significant influence to the company itself, as well as other parties such as shareholders and creditors. For companies, the distribution of dividends will reduce the company's cash so that funds are available to finance the operating and investment activities will be reduced. The general public also considers that the company is able to pay dividends as the company that has credibility. This study are trying to indentify the trend of dividend payment policy in Indonesia and find what factors that are affecting the company in dividends policy. The result of logistic regression shows that Profitability measured by ROA, Sales Growth, EPS Growth, and Capital Expenditure have significant effect on the likelihood that a firm pays dividends. ...... Investor memperoleh keuntungan dari investasi mereka berupa capital gain atau dividen. Investor akan memilih untuk memiliki dividen daripada capital gain, hal ini karena dividen memiliki ketidakpastian dibandingkan dengan capital gain yang akan diterima dalam waktu mendatang. Namun tidak semua perusahaan membayar dividen. Kebijakan dividen merupakan salah satu faktor penting yang harus diperhatikan oleh manajemen dalam mengelola perusahaan. Hal ini karena kebijakan dividen memiliki pengaruh signifikan untuk perusahaan serta pihak-pihak lain seperti pemegang saham dan kreditur. Bagi perusahaan, pembagian dividen akan mengurangi kas perusahaan sehingga dana yang tersedia untuk membiayai operasi dan kegiatan investasi akan berkurang. Masyarakat umum juga menganggap bahwa perusahaan mampu membayar dividen sebagai perusahaan yang memiliki kredibilitas. Penelitian ini mencoba untuk mengidentifikasi tren kebijakan pembayaran dividen di Indonesia dan menemukan faktor-faktor apa yang mempengaruhi perusahaan dalam kebijakan dividen. Menggunakan regresi logistik, hasil penelitian menunjukkan bahwa Profitabilitas yang diukur dengan ROA, Pertumbuhan penjualan, Pertumbuhan EPS, dan Belanja Modal berpengaruh signifikan terhadap kemungkinan perusahaan membayar dividen.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5   >>