Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 9 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Yayu Handayani
Abstrak :
ABSTRAK
Stigma dan diskriminasi yang banyak dialami oleh gay dengan HIV/AIDS dapat mengakibatkan berbagai masalah psikososial, salah satunya adalah harga diri. Kondisi tersebut dapat mempengaruhi kemampuannya beradaptasi dalam lingkungan sosial. Tujuan penelitian ini adalah menguraikan harga diri kaum gay dengan HIV/AIDS dalam melakukan adaptasi sosial. Ini adalah penelitian kualitatif dengan jumlah partisipan sebanyak sembilan orang yang berdomisili di Kota Ciamis dan Banjar, Jawa Barat-Indonesia yang direkrut melalui metode snowball sampling dan data dianalisa menggunakan tematik. Hasil penelitian menghasilkan empat tema yaitu: 1) Kondisi harga diri gay dengan HIV/AIDS, 2) Pengaruh harga diri terhadap adaptasi sosial, 3) Mekanisme koping dalam melakukan adaptasi sosial, dan 4) Harapan untuk masa depan. Kesimpulannya yaitu harga diri kaum gay dengan HIV/AIDS dipengaruhi oleh adanya stigma dan pandangan negatif masyarakat dalam bersosialisasi. Penelitian ini merekomendasikan adanya pedoman khusus untuk mengetahui dan menangani masalah harga diri kaum gay dengan HIV/AIDS di lembaga swadaya masyarakat dan pelayanan kesehatan.
ABSTRACT
Stigma and discrimination among gay with HIV/AIDS can lead to psychosocial problems, one of them is low self-esteem. This condition may affect them to adapt as a gay and HIV/AIDS. The purpose of this study is to describe the dignity of gay with HIV/AIDS in social adaptation. The research was a descriptive qualitative and through snowball sampling method, 9 participants were recruited. Data analysis used thematic analysis. The results of this study are four themes: 1) selfesteem condition, 2) the influence of self-esteem in social adaptation, 3) coping strategies in social adaptation, And 4) Hope for the future. The conclusion of this study is that self esteem of gay with HIV/AIDS affected by stigma and negative response of society in socializing. This study recommends a guideline for knowing and managing self esteem among gay with HIV/AIDS in Non- Governmental Organizations and Health Services.
2017
T47770
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Eka Budiarto
Abstrak :
ABSTRAK
Keluarga sebagai caregiver anggota keluarga dengan skizofrenia memiliki stressor yang tinggi. Stressor dapat semakin bertambah oleh adanya banjir rob. Respon keluarga yang tidak tepat dapat semakin meningkatkan stressor, mempengaruhi spiritual well being, self efficacy, dan resiliensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terapi psikoedukasi keluarga terhadap spiritual well being, self efficacy dan resiliensi caregiver anggota keluarga skizofrenia yang terdampak banjir rob. Metode yang digunakan adalah quasi experimental pre-post test with control group dengan total populasi. Jumlah sampel 81 responden. Kriteria inklusi penelitian ini adalah anggota keluarga inti yang berusia > 18 tahun, merawat langsung anggota keluarga lain dengan skizofrenia minimal relaps 1 kali, tinggal dalam satu rumah dengan anggota keluarga dengan skizofrenia, mengalami masalah keperawatan ketidakberdayaan, dan mampu baca tulis dan dapat berkomunikasi dengan baik. Alat ukur menggunakan kuesioner skrining tanda dan gejala ketidakberdayaan, karakteristik dan data demografi responden, kuesioner spiritual well being dengan the functional assessment of chronic illness therapy-spiritual well-being, kuesioner self efficacy, dan kuesioner Family Resilience Assessment Scale. Analisis data menggunakan uji Independent t-test. Hasil menunjukkan terdapat pengaruh terapi psikoedukasi keluarga terhadap spiritual well being, self efficacy dan resiliensi caregiver anggota keluarga skizofrenia yang terdampak banjir rob (p value 0,000). Rekomendasi berdasarkan hasil penelitian tersebut yaitu pemberian terapi psikoedukasi keluarga pada caregiver sebaiknya dapat dilakukan dua kali pertemuan setiap sesi dengan durasi waktu minimal 45 setiap sesi dan dapat melibatkan kader serta kolaborasi dengan tokoh agama untuk penguatan koping spiritual, penelitian lanjut pemberian terapi psikoedukasi keluarga dengan menambahkan konten serta frekuensi dan durasi sesi terapi psikoedukasi keluarga.
ABSTRACT
Families as caregivers of family members with schizophrenia have high stressors. Stressors can be increased by the presence of tidal flood. Improper family responses can further increase stressors, affect spiritual well being, self efficacy, and resilience. This study aimed to determine the effect of family psychoeducation therapy on spiritual well being, self efficacy and resilience of family members of schizophrenia caregivers affected by tidal flooding. The method used quasi experimental pre-post test with control group with a total population. The number of samples were 81 respondents. The inclusion criteria of this study were are family members aged > 18 years, directly caring for other family members with schizophrenia who at least relapsed once, stayed in one house with family members with schizophrenia, experienced helplessness nursing problems, and were able to read and communicate well . Measuring instruments used screening questionnaires for signs and symptoms of helplessness, characteristics and demographic data of respondents, spiritual well being questionnaires with t the functional assessment of chronic illness therapy-spiritual well-being, self-efficacy questionnaire, and family resilience assessment scale questionnaire. Data analysis using the Independent t-test. The results showed that there was an effect of family psychoeducation on spiritual well being, self efficacy and resilience of family members of schizophrenia caregivers affected by tidal flooding (p value 0,000). Recommendations based on the results of these studies are giving family psychoeducation therapy to caregivers should be able to do two meetings each session with a minimum duration 45 minutes and can involve the cadres and collaborate with religious leaders for strengthening spiritual coping, further research is giving family psychoeducation therapy is needed by adding content and the frequency and duration of family psychoeducation therapy sessions.
2019
T53450
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Efri Widianti
Abstrak :
Remaja yang harus menjalani masa masa hukuman akibat tindak kriminal yang pernah dilakukannya sangat rentan mengalami ansietas. Ansietas sebagai salah satu masalah psikososial dapat di atasi dengan beberapa psikoterapi diantaranya terapi logo dan terapi suportif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Terapi Logo dan Terapi Suportif terhadap ansietas remaja di rumah tahanan dan lembaga pemasyarakatan wilayah Jawa Barat. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment pre-post test with control group dengan 78 responden yang merupakan hasil screening berdasarkan kriteria inklusi, terdiri dari 39 responden untuk kelompok intervensi dan 39 responden untuk kelompok kontrol. Terapi ini diberikan dalam 8 sesi yang terdiri dari terapi logo 4 sessi dan terapi suportif 4 sessi. Penelitian ini dilakukan selama 5 minggu. Karakteristik dan tingkat ansietas remaja dianalisis menggunakan uji independent t test, chi-square dan marginal homogenity. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh terapi logo dan terapi suportif terhadap penurunan tingkat ansietas remaja secara bermakna pada kelompok intervensi. Rekomendasi penelitian ini ditujukan kepada Kanwil Hukum dan HAM Provinsi Jawa Barat selaku pemegang kebijakan, perawat spesialis dalam aplikasi terapi spesialis, keilmuan dan pendidikan serta penelitian selanjutnya. ......Adolescence who should spend their punishment time for a criminal action, highly susceptible to anxiety. Anxiety as a psychosocial problem which often happen in youth can be solved by psychotherapies, including logo and supportive therapy. The purpose of this study was to determine the influence of logo and supportive therapy of anxiety level in adolescence at detention centers and correctional institutions in West Java. This study used quasi experimental, pre-post test with control group design with 78 respondents which is the result of screening based on the inclusion criteria, consist of 39 respondents of intervention group and 39 respondents of control group. These therapies administered at eight sessions, consist of four sessions of logo therapy and four sessions of supportive therapy. The research conducted for 5 weeks. Characteristics and adolescent anxiety levels were analyzed using independent t-test, chi square and marginal homogenity. The results showed an influence of logo and supportive therapy for adolescent anxiety levels at the intervention group. Research recommendation is addressed to Justice and Human Rights Regional Office of West Java as the holder of the policy, the nurse specialist within a specialist therapeutic applications, scientific and education and further research.
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2011
T-Pdf
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Keksi Girindra Swasti
Abstrak :
Penelitian bertujuan menjelaskan pengaruh terapi suportif terhadap ansietas siswa dalam menghadapi UN. Menggunakan desain quasi experiment pre-post test with control group. Sejumlah 82 sampel dipilih secara purposive sampling. Kuesioner yang valid dan reliabel dianalisis menggunakan independent t-test, dependent ttest dan regresi linier ganda. Hasil menunjukkan penurunan ansietas pada kedua kelompok (p-value < α 0,05) dengan selisih score ansietas kelompok intervensi (0,821) dan kelompok kontrol (0,454). Penurunan ansietas dipengaruhi oleh terapi suportif, jenis kelamin dan penghasilan orang tua, dengan peluang perubahan 27,9%. Terapi direkomendasikan untuk mengatasi ansietas pada siswa yang menghadapi UN. ......This study aimed to explain the effect of supportive therapy on students anxiety for facing National Examination. The design was quasi experiment pre-post test with control group. A number of 82 students were selected using purposive sampling. Data collected using validated and reliable questionairre were analyzed by independent t-test, dependent t-test and double linear regression. The result indicated decreased anxiety (p-value < α 0,05) with quarrel score for intervention group was higher than that of control group. The decreased of anxiety was influenced by supportive therapy, sex and their parents income with the determination coefficient was 27.9%. Supportive therapy is recommended to solve students? anxiety when they facing National Examination.
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2011
T-Pdf
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Sunarto
Abstrak :
Penelitian bertujuan mengetahui pengaruh terapi kelompok terapeutik (TKT) anak sekolah pada anak, orang tua dan guru terhadap peningkatan pengetahuan, psikomotor dan perkembangan industri. Desain penelitian ?quasi experimental pre-post test with control group? melibatkan 117 anak sekolah. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pengetahuan, psikomotor dan perkembangan industri meningkat secara bermakna setelah terapi kelompok terapeutik pada kelompok anak, orang tua dan guru dan lebih tinggi secara bermakna dibandingkan pada kelompok anak (pvalue ≤ 0.05). TKT anak sekolah pada anak, orang tua dan guru direkomendasikan pada anak usia sekolah untuk meningkatkan perkembangan industry anak lebih optimal.
This research aimed to determine the effect of therapeutic group therapy (TGT) in elementary school children, parents and teachers on increase their cognitif, psychomotor and industrial development. Using "quasi experimental pre-post test with control group" involving 117 school children. Results show an increase in cognitif, psychomotor and industrial development increased significantly after therapeutic group therapy of children, parents and teachers, significantly higher than in TGT groups of children (pvalue ≤ 0.05). School children TGT in children, parents and teachers are recommended to improve children's industrial development.
Depok: Universitas Indonesia, 2011
T-Pdf
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Siti Nurjanah
Abstrak :
Tujuan penelitian ini adalah mendapat gambaran pengaruh terapi generalis dan latihan keterampilan sosial terhadap pencapaian identitas diri remaja panti asuhan di kabupaten Banyumas. Penelitian desain quasi experimental with pre-post test control group melibatkan remaja usia 12-20 tahun di 3 panti asuhan berjumlah 60 orang (30 orang kelompok intervensi dan 30 orang kontrol) yang dipilih dengan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan identitas diri remaja meningkat sebanyak 5,13 poin (p value < 0,05) pada kelompok intervensi setelah mendapatkan terapi generalis dan latihan keterampilan sosial. Penelitian ini merekomendasikan perlunya terapi generalis dan latihan keterampilan sosial pada remaja untuk meningkatkan pencapaian identitas diri remaja. ......The purpose of this study was identify of the influence of generalists therapy and social skills training on orphanage adolescent identity achievement in Banyumas. Quasi-experimental research design with pre-post test control group involved 60 adolescents ages 12-20 years in three orphanages (30 intervention group and 30 control persons) selected by purposive sampling. Results showed self-identity adolescents increased by 5.13 points (p value <0.05) in the intervention group after given a generalist therapy and social skills training. This study recommends the need for generalists therapy and social skills training on adolescents to improve adolescent identity achievement.
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2011
T-Pdf
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Sri Atun Wahyuningsih
Abstrak :
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh terapi suportif terhadap kemampuan keluarga merawat klien GGK yang menjalani hemodialisa di Rumah Sakit PELNI Jakarta. Disain penelitian adalah quasi eksperimen dengan desain pre-post design with control group. Data diambil sebelum dan sesudah pemberian terapi suportif. Sampel penelitian diperoleh secara consequtive sampling berjumlah 45 untuk kelompok intervensi dan 45 kelompok control yang memenuhi criteria inklusi. Hasil penelitian didapatkan perbedaan signifikan skor kemampuan merawat setelah dilakukan Terapi Suportif. Terdapat peningkatan yang bermakna pada kemampuan kognitif sebesar 4,84, afektif 4,4 dan kemampuan psikomotor sebesar 5,98 dibandingkan yang tidak mendapatkan terapi suportif pada kelompok control (p =α). Rekomendasi penelitian ini adalah agar dapat dilakukan terus menerus di Ruang Hemodialisa Rumah Sakit PELNI Jakarta dan dapat mengupayakan terapi spesialistik guna memberikan pelayanan keperawatan yang komprehensip. ......The aim of this research is to know about the impact of supportive therapy on family ability against GGK client during hemodyialisys care on PELNI Hospital Jakarta. Research method is the experiment quation by designing pre-post design with control group. The data were taken before and after giving supportive therapy. The experiment samples are gotten by 45 consequtive sampling for intervention group and 45 control group. The experiment result found that there are significant increasing on cognitive capability about 4.84, affective 4,4 and psychomotor capability about 5,98 with compared to non supportive therapy on control group (p value=0.000). This research recommended to Hemodialisys room in Pelni Hospital Jakarta is able to manage specific therapy for comprehensive nursing service.
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2011
T-Pdf
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Madepan Mulia
Abstrak :
Harga diri rendah merupakan masalah psikososial yang sering dialami oleh seseorang dalam kehidupan sehari-hari, khususnya pada lansia. Tindakan keperawatan ners, terapi reminiscence, psikoedukasi keluarga dan suportif diberikan pada lansia dengan harga diri rendah bertujuan untuk melihat tanda gejala, kemampuan klien mengatasi harga diri rendah dan kemampuan keluarga serta kelompok dalam merawat. Tindakan keperawatan terhadap 5 lansia dengan harga diri rendah dilaporkan dalam bentuk laporan kasus. Hasil yang didapatkan adalah hilangnya tanda gejala harga diri rendah, meningkatnya kemampuan lansia dalam mengatasi harga diri rendah dan kemampuan keluarga serta kelompok dalam merawat. Studi ini merupakan salah satu evidence based efektivitas dari tindakan keperawatan ners, terapi reminiscence, psikoedukasi keluarga dan suportif terhadap lansia dengan harga diri rendah yang memerlukan evaluasi lanjut dengan jumlah sampel yang lebih besar dan jumlah pertemuan yang lebih sering.
Low self esteem is a psychosocial problem that is often experienced by a person in daily life and especially in the elderly. General nursing intervention, reminiscence therapy, family psychoeducation and support are given to the elderly who experience low self-esteem in order to see the signs of symptoms, the ability of the client to overcome low self-esteem and the ability of families and groups in caring. Nursing actions against 5 elderly people with low self-esteem are reported in the form of case report. The results obtained low self-esteem are loss of signs of, increased the ability of elderly in overcoming low self-esteem and ability of family and group in care. This study is one of an evidence-based from the effectiveness of general nursing intervention, reminiscence therapy, family psychoeducation and support toward the elderly with low self-esteem that requiring further evaluation with larger sample counts and more frequent meetings.
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2018
SP-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Girsang, Yanti
Abstrak :
Orang Dengan Gangguan jiwa ODGJ berisiko tinggi untuk melakukan perilaku kekerasan baik pada diri sendiri, orang lain, maupun lingkungannya. Perilaku kekerasan muncul karena ketidakmampuan ODGJ dalam menghadapi stressor, dan melakukan perilaku kekerasan sebagai koping dalam menghadapi stressor. Tujuan karya ilmiah akhir ini untuk menggambarkan hasil penerapan terapi spesialis AT dan ACT pada risiko perilaku kekerasan. Tindakan keperawatan dilakukan terhadap empat klien risiko perilaku kekerasan dan dilaporkan dalam bentuk laporan kasus case report. Hasil yang diperoleh yaitu terapi spesialis AT dan ACT terhadap empat klien risiko perilaku kekerasan mampu menurunkan tanda dan gejala pada seluruh aspek tetapi untuk aspek afektif, perilaku dan sosial belum tuntas. Selain itu ditemukan peningkatan kemampuan dalam mengatasi risiko perilaku kekerasan. Laporan kasus ini merekomendasikan pemberian terapi spesialis AT dan ACT dalam penanganan risiko perilaku kekerasan dan dilakukan penelitian lebih lanjut dengan pemberian terapi spesialis AT dan ACT dengan mempertimbangkan lama perawatan, kemampuan proses pikir klien dan dukungan dari lingkungan. ......People with mental disorders are at high risk for violent behavior both for themselves, others, and the environment. Violent behavior arises because of the inability of people with mental disorders in the face of stressor, and conduct violent behavior as coping in the face of stressor. The purpose of this scientific paper to describe the results of the application of AT and ACT on clients at risk of violent behavior. Nursing actions are performed against four clients at risk of violent behavior and reported in the form of case reports. The results show AT and ACT on four clients able to reduce the signs and symptoms in all aspects of risk of violent behavior but for affective, behavioral and social aspects have not been completed. It also found an increase in the ability to cope with the risk of violent behavior. This case report recommends the provision of AT and ACT in the treatment of violent behavior risk and further research by providing AT and ACT specialist therapies taking into consideration duration of care, client 39;s thought process and environmental support.
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2018
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library