Ditemukan 159 dokumen yang sesuai dengan query
Sasanti Yuniar, author
ABSTRACT
Abbreviated Conners' Teacher Rating Scale (ACTRS) diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dan diuji validitasnya sebagai penyaring Gangguan Pemusatan Perhatian dengan Hiperaktivitas (GPPH), serta reliabilitasnya untuk digunakan oleh guru Sekolah Dasar. Diperiksa 66 anak Sekolah Dasar sebagai subjek penelitian, yang terbagi atas kelompok GPPH sebanyak 33 orang dan kelompok kelola dalam...
1998
T-Pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Belline Sucipto, author
Sindroma Down adalah suatu kelainan genetik yang disebabkan kesalahan pembagian set yang terjadi sasudah pembuahan sehingga memiliki kelebihan satu kromosom pada setiap selnya, yaitu 47 kromosom. Kelebihan kromosom ini berdampak pada ciri-ciri fisik pada anak Sindroma Down (Mangunsong dick, 1998). Selain ciri-ciri fisik, anak Sindroma Down memiliki keterbelakangan mental dari...
Depok: Universitas Indonesia, 2006
T17831
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Lie Tjun Tjie, author
ABSTRAK
Munculnya isu penelitian ini diawali dengan adanya tingkat kesenjangan yang
signifikan di bidang studi perancangan arsitektur, yaitu antara konsep verbal yang
diinginkan oleh seorang perancang dengan konsep figural yang dihasilkan. Hasil
pengamatan banyak menunjukan pola hubungan yang tidak signifikan atau tidak
sejalan. Peneliti merasa tertarik untuk meneliti lebih jauh terhadap fenomena
tersebut.
Melalui kajian...
2005
D684
UI - Disertasi Membership Universitas Indonesia Library
Avecienna, author
ABSTRAK
Rendahnya mutu dan prestasi belajar matematika, yang mempakan
mata pelajaian yang sangat penting untuk masa depan siswa terutama siswa
sekolah dasar, merupakan raasalah yang dihadapi berbagai pihak, karena
matematika berperan untuk melatih aspek-aspek beipikir yang juga
digunakan dalam berbagai mata pelajaran lainnya. Penelitian yang
dilakukan Miller dkk. (1996) pada mahasiswa yang mengambil mata kuliah
matematika menemukan...
1999
S2586
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Mulia Sari Dewi, author
ABSTRAK
Teori Goals orientation menjelaskan kinerja dan proses belajar
anak dalam tugas-tugas akademik dan lingkungan sekolah (Pintrich,
1996). Lebih lanjut lagi i^oal orientation menjelaskan alasan-alasan
mengapa siswa berusaha untuk mencapai prestasi akademis (Ames, 1992;
Dweck & Legget, 1998; Nicholls 1984 dalam Wentzel 1998). Para ahli
goal orientation menemukan dua tipe goal yang diadopsi siswa yang
dapat mempengaruhi...
2001
S2794
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Ika Rini Lutanida, author
Berbeda dari pendekatan tradisional yang selama ini cenderung mengutamakan pendidikan sebagai sarana untuk meningkatkan pengetahuan siswa seraata, menurut perspektif konstruktivisme sasaran utama dari sistem pengajaran di sekolah lebih difokuskan pada hal-hal afektif seperti learning how to learn dan juga untuk mengembangkan kreativitas dan potensi manusia. Oleh sebab itu yang lebih...
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2001
S2998
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Sentari, author
ABSTRAK
Penguasaan bacaan, dalam hal ini recall bacaan, sebagai sarana
memperoleh pengetahuan siswa, dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain
strategi belajar. Dalam penelitian ini akan diteliti pengaruh penggunaan strategi
belajar dalam membaca, yaitu strategi yang digunakan untuk mengolah informasi
dalam teks bacaan, sehingga proses penguasaan dan pemahaman bacaan dapat
lebih efektif dan efisien.
fc
Atkinson dan Shifffin (dalam...
2002
S3090
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Amelia Vinayastri, author
2004
S3331
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Emil Mukti, author
2004
S3355
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Rizki Washarti Siregar, author
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang proses
pembelajaran di Sekolah Dasar di Brisbane, Australia. Antara masyarakat Indonesia dan
masyarakat Barat terdapat banyak perbedaan. Contohnya, masyarakat Barat, termasuk
Australia dididik untuk berpikir mandiri dan kritis, sedangkan masyarakat Timur,
termasuk Indonesia tidak dibiasakan untuk mengemukakan pendapatnya di dalam kelas.
Perbedaan ini disebabkan oleh faktor kultur dan...
2005
S3387
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library