Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 103116 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Sutartono
"Tesis ini membahas sikap tenaga akademik terhadap layanan perpustakaan pada Pusat Layanan Pustaka Universitas Terbuka (Puslata UT) Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan mengambil sampel sebanyak 66 tenaga akademik yang bekerja pada empat fakultas yang ada di UT Pusat Jakarta. Penelitian ini menggunakan kuesioner untuk mengumpulkan data, kemudian data dianalisis dengan metode deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap yang mempunyai aspek kognitif, afektif, dan konatif para tenaga akademik terhadap layanan perpustakaan yang mencakup: koleksi, pelayanan, fasilitas dan sumber daya manusia, adalah positif. Disarankan agar Puslata UT dapat menyelenggarakan kegiatan-kegiatan kreatif dan menarik secara periodik untuk menarik pengunjung, tetap terbuka terhadap perkembangan teknologi informasi, dan tetap menjaga dan meningkatkan layanan.

The focus of this study is the academic staff?s attitude towards library services at The Centre of Library Services (Puslata) of Universitas Terbuka (UT), Jakarta. This research is quantitative with 66 samples of academic staffs from four faculties at UT. Questionnaires are used to collect the data, and then the data was analyzed in descriptive method.
The result shows that attitude on cognitive, affective, and connative aspects of academic staffs on library services including, collections, services, facilities, and human resources is positive. It was suggested that Puslata UT to carry out creative and interesting activities periodically in order to get customer attention, open minded on information technology development, and maintain and even improve its services.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2009
T26182
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Arif Baharuddin
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan koleksi jurnal elektronik di Puslata UT. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Puslata UT telah menjalankan beberapa rangkaian kegiatan untuk pengembangan koleksi jurnal elektronik, akan tetapi pada kenyataannya penggunaan jurnal elektronik oleh sivitas akademika UT sangat rendah. Hal itu terjadi karena jurnal elektronik lebih dibutuhkan untuk proses akreditasi dan penelitian oleh peneliti di lingkungan kampus UT pusat. Selain itu, belum memadainya sarana dan prasarana untuk mengakses jurnal elektronik juga menjadi masalah bagi mahasiswa yang mengikuti perkuliahan jarak jauh di beberapa daerah. Hasil penelitian ini menyarankan Puslata UT membuat kebijakan tertulis atau pedoman yang mengatur tentang pengembangan koleksi jurnal elektronik serta membuat rencana strategis agar penggunaan jurnal elektronik dapat menjangkau sivitas akademika di beberapa daerah.

This research aims to see the development of the electronic journal collection at Puslata UT. This research used qualitative approach with descriptive method. Reviews these results indicate that Puslata UT has run a series of activities for the development of the electronic journal collection, but in fact the use of electronic journals by the academic society is very low. It happened because some temporary policies were not maximized and less inappropriate to fulfill information needs of academic society. Electronic journal more needed for the accreditation process and the study by researcher at UT center. The results of this research shows that Puslata UT should make a written policy or guidelines of the development of the electronic journal collection, and create a strategic plan so that electronic journals can reach some academic societies in some areas."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2015
S62156
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Dian Kartikasari W.
"This study aims to determine the cost of regional public library services in the Office of Library and Archives, Central Jakarta. In particular, the things that identified are the structure and the size of the unit cost of regional public library services between 2008 and 2007 as the input for decision making to improve the efficiency of financing. This research is a case study using descriptive analytical approach using data cost during January 2007-December 2008. Cost data using expenditure data for January 2007-December 2008. Cost analysis was conducted according to state Office of Library and Archives Central Jakarta, especially in terms of availability of the necessary information. The unit cost calculation using activity-based approach to financing methods or activities better known as Activity Based Costing.
The results of this study show that the condition of data documentation system not ready to support the cost analysis. Based on the cost structure by the Office of Municipal Regional Public Library in Central Jakarta is known that the 2008 portion of maintenance cost were non enough, especially for library facilities for visitors. The calculation of the unit cost of public library service activities in the region between 2008-2007 shows that the unit cost of the maintenance of library collection activities, selection and processing of library services activities, setting and inventarisir book activities, and administration activities in 2008 are lower than in 2007, but the unit cost of service library activities and the total cost of all activities per visitor in 2008 are higher than in 2007.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui biaya penyelenggaraan pelayanan Perpustakaan Umum daerah di Kantor Perpustakaan dan Arsip Jakarta Pusat. Secara khusus hal-hal yang diidentifikasi adalah struktur biaya dan besarnya biaya satuan penyelenggaraan pelayanan perpustakaan umum daerah antara tahun 2008 dengan tahun 2007 sebagai bahan masukan untuk pengambilan keputusan menuju peningkatan efisiensi pembiayaan. Penelitian ini merupakan studi kasus dengan menggunakan pendekatan deskriptif analitik dengan menggunakan data pengeluaran biaya selama Januari 2007-Desember 2008. Analisa biaya yang dilakukan ini disesuaikan dengan kondisi Kantor Perpustakaan dan Arsip Jakarta Pusat terutama dalam hal ketersediaan informasi yang diperlukan. Penghitungan biaya Satuan kegiatan menggunakan pendekatan metode pembiayaan berbasis aktivitas atau yang lebih dikenal dengan Activity Based Costing.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kondisi sistem pendokumentasian data belum dipersiapkan untuk mendukung analisa biaya. Berdasarkan struktur biaya yang dikeluarkan oleh Kantor Perpustakaan Umum Daerah Kotamadya Jakarta Pusat pada tahun 2008 diketahui bahwa porsi biaya pemeliharaan belum cukup khususnya untuk fasilitas bagi pengunjung perpustakaan. Hasil perhitungan biaya satuan kegiatan pelayanan perpustakaan umum daerah antara tahun 2008 dengan tahun 2007 menunjukkan bahwa untuk kegiatan perawatan koleksi perpustakaan, seleksi dan prosesing layanan perpustakaan, inventarisir dan penataan buku serta tata usaha, biaya satuan di tahun 2008 lebih rendah dibanding tahun 2007, namun untuk biaya satuan kegiatan pelayanan perpustakaan dan biaya total seluruh kegiatan per pengunjung untuk tahun 2008 lebih tinggi dibandingkan tahun 2007."
Depok: Universitas Indonesia, 2010
T28767
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Irmayati
"Universitas Terbuka merupakan perguruan tinggi yang menyelenggarakan sistem pendidikan jarak jauh. Melalui Pusat Layanan Pustaka mengembangan perpustakaan digital dengan melakukan inovasi digitasi daftar isi buku untuk mendukung proses pembelajaran bagi para mahasiswa dan dosen. Tujuan dari karya tulis ini 1). Bagaimana mahasiswa yang berjumlah 533.327 orang yang tersebar di seluruh Indonesia dan dibeberapa negara dapat memperoleh layanan pustaka secara lengkap tentang konten koleksi buku perpustakaan UT. 2). Bagaimana dosen yang tersebar di 37 Unit Program Belajar Jarak jauh UT (UPBJJ UT) dan Pusat dapat memperoleh layanan pustaka secara lengkap tentang konten buku yang dikoleksi perpustakaan UT. 3). Bagaimana Puslata Universitas Terbuka mengembangkan inovasi-inovasi terbaru dalam pendigitalisasian koleksi buku yang ada di perpustakaan. Adapun proses digitasi daftar isi memerlukan beberapa perangkat seperti : 1) Perangkat keras (komputer dan alat pemindai), 2) Perangkat lunak (perangkat lunak/program software : vitascan/HPScan, Adobe acrobat, MS word (format Doc, RTF, PDF). Tahapan digitasi yaitu : Scanning, editing, dan penyimpanan file"
Jakarta: Pusat jasa Perpustakaan dan Informasi ( Perpustakaan Nasional RI), 2013
020 VIS 15:3 (2013)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Endang Suryaningsih
"Skripsi ini membahas sikap murid sekolah dasar terhadap layanan Perpustakaan Keliling PemKot Depok, di Kecamatan Cimanggis apakah positif atau negatif. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif. Sampel yang diambil sebanyak 130 murid. Teknik pengampilan sampel, yaitu cluster atau wilayah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya sikap murid yang cenderung positif terhadap layanan perpustakaan. Hal tersebut dapat dilihat dari sikap yang cenderung positif terhadap waktu dan tempat layanan, koleksi dan jenis layanan, sedangkan sikap murid terhadap petugas adalah positif.

The Purpose of thesis is discussing about student attitudes toward mobile library services for elementary schools in Depok, Cimanggis district whethere positive or negative. The research is based on quantitative research with description design. Sample has been taken for 130 students. Technique of withdrawing sample for this research is cluster/ region.The result of research has indicated that there is more likely to positive attitudes toward library services. The matters can be seen from attitudes toward time and place schedule, books collection and type of mobile library service. Meanwhile positive attitudes attitudes from students toward library staffs."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2009
S15180
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Ana Afida
"Penelitian ini membahas sikap pemustaka terhadap layanan American Corner di perpustakaan IAIN Walisongo Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis sikap pemustaka terhadap layanan American Corner di perpustakaan IAIN Walisongo Semarang yang meliputi koleksi, pelayanan, fasilitas dan SDM. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kuesioner untuk metode pengumpulkan datanya. Kemudian data dianalisis dengan metode deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap yang mempunyai aspek kognitif, afektif dan konatif pemustaka terhadap layanan American Corner adalah positif. Disarankan agar American Corner IAIN Walisongo dapat menyediakan koleksi yang sesuai dengan kebutuhan pemustaka, menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang sifatnya promosi untuk menarik pengunjung, menempatkan ruang American Corner di tempat yang berdekatan dengan koleksi umum agar mudah diketahui oleh pemustaka dan tetap menjaga dan meningkatkan layanannya.

The research discusses about users attitude toward American Corner's service in the library of IAIN Walisongo Semarang. This research has some purposes in identifying and analyzing users attitude toward American Corner services in the library of IAIN Walisongo Semarang include: collection, service, facility, and human resource. This is a quantitative by means of questionnaire in collecting the data, and analyzed by descriptive method.
The result indicates that users attitude of cognitive, affective and connative aspects through the American Corner service is positive. The researcher suggests that American Corner IAIN Walisongo Semarang should provide collection based on users needs, plan many events as promotion to atract users. Placed the American Corner next to the general collection to make users easier to access and also develop its service.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2011
T28895
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
"Perpustakaan Digital Universitas terbuka mengembangkan pelayanan digital library untuk mendukung proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui sejauh mana dosen UT mengetahui keberadaan perpustakaan digital Puslata UT, 2) Mengetahui sejauh mana pemanfaatan perpustakaan digital Puslata UT oleh para dosen UT di kantor pusat, 3) mengetahui frekuensi pemanfaatan perpustakaan digital Puslata UT oleh para dosen UT di kantor pusat, 4) Mengetahui kendala-kendala yang dihadapi pengguna perpustakaan digital dalam menggunakannya, 5) mengetahui bagaimana tanggapan para dosen terhadap perpustakaan Digital Puslata UT. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik accidental sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah para dosen UT dengan jumlah responden 68 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dosen UT 94,1 % mengetahui perpustakaan digital Puslata UT. Hampir setengahnya 31,4% pemanfaatan perpustakaan digital diperuntukkan untuk mendukung penelitian yang sedang dilakukan oleh para dosen dan 20% memperkaya pengetahuan. Frekuensi pemanfaatan sebagian besar 69% menjawab 1-2 kali dalam seminggu, hal ini terkait dengan kendala yang dihadapi oleh para dosen UT di kantor pusat, sebagian besar 35% mengalami kendala jaringan dan 35% kendala konten atau isi dari koleksi digital yang terbatas sedangkan 56,82% dosen mengatakan layanan perpustakaan digital cukup baik. Melalui penelitian ini disarankan perlu adanya penambahan bandwidth terhadap jaringan internet di Puslata yang diikuti dengan penambahan koleksi digital dan perlunya sosialisasi serta penyebarluasan perpustakaan digital Puslata UT di setiap pertemuan di lingkungan dosen. "
VIS 16:3 (2014)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Pratiwi Anindita Adji
"ABSTRAK
Tesis ini membahas tentang transformasi Pusat Layanan Pustaka Universitas Terbuka Puslata UT yang telah diapropriasi oleh mahasiwa program magister dan sejauh mana kebutuhan informasi mahasiswa program magister telah terpenuhi oleh Perpustakaan Digital UT. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif survei. Hasil penelitian menunjukkan bahwa transformasi Puslata UT belum sepenuhnya diapropriasi oleh mahasiswa program magister dan kebutuhan informasi belum dapat terpenuhi. Oleh karena itu, perlu adanya peningkatan kuantitas, kualitas, dan kemudahan akses sumber informasi, sosialisasi sumber informasi yang tersedia di Perpustakaan Digital UT, dan peran aktif pustakawan dalam memberikan layanan informasi.Tesis ini membahas tentang transformasi Pusat Layanan Pustaka Universitas Terbuka Puslata UT yang telah diapropriasi oleh mahasiwa program magister dan sejauh mana kebutuhan informasi mahasiswa program magister telah terpenuhi oleh Perpustakaan Digital UT. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif survei. Hasil penelitian menunjukkan bahwa transformasi Puslata UT belum sepenuhnya diapropriasi oleh mahasiswa program magister dan kebutuhan informasi belum dapat terpenuhi. Oleh karena itu, perlu adanya peningkatan kuantitas, kualitas, dan kemudahan akses sumber informasi, sosialisasi sumber informasi yang tersedia di Perpustakaan Digital UT, dan peran aktif pustakawan dalam memberikan layanan informasi.

ABSTRACT
This thesis discusses about transformation of universitas terbuka library service centre has been appropriated by master degree students and up to which extent master degree students rsquo information needs have been fulfilled by universitas terbuka digital library. This research uses quantitative approach with descriptive survey method. The result of this research indicates that transformation of universitas terbuka library service centre has not fully been appropriated by master degree students and information needs have not been fulfilled. Therefore, it is necessary to enhance quantity, quality and ease of access to information source, socialization of information source available at universitas terbuka digital library and active role of librarians in providing information service. "
2018
T49578
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lia Kurniawati
"Sebagai bagian dari masyarakat suatu bangsa, anak-anak merupakan generasi penerus bangsa, pilar utama yang melanjutkan pembangunan suatu bangsa. Anak-anak harus mempunyai bekal pendidikan yang cukup agar tumbuh menjadi orang dewasa yang arif dan bijaksana serta berguna bagi bangsa. Oleh karena itu sejak dini anak harus sudah diberi pengenalan akan bahan bacaan yang dapat merangsang imajinasi dan kreatifitas, sebagai salah satu sarana yang paling utama bahan bacaan merupakan sumber dari berbagai macam ilmu pengetahuan dan sarana rekreasi. Perpustakaan umum merupakan sarana untuk mendapatkan bahan bacaan yang disediakan pemerintah untuk masyarakat secara cuma-cuma.
Layanan anak sebagai salah satu perangkat penting penunjang visi dan misi perpustakaan umum maka layanan anak harus dijalankan secara profesional sehingga menjadi layanan anak yang berkualitas baik. Layanan anak yang berkualitas baik pada perpustakaan umum akan menjadi sebuah sarana yang efektif dalam meningkatkan minat baca masyarakat sejak usia dini.
Tujuan penelitian ini adalah:
a. Mengetahui pelaksanaan layanan anak di KPAK-JP dilihat dari koleksi, sasaran pengguna, pustakawan anak, ruangan dan perabot, kegiatan layanan anak serta jaringan kerjasama dengan institusi lain
b. Mengidentifikasi kendala yang dihadapi dalam menjalankan layanan anak di KPAK-JP
Penelitian ini menggunakan pedekatan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan analisis dokumen."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2011
S226
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>