Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 179033 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Oktaviono
"Penelitian mengenai evaluasi pemanfaatan pangkalan data jurnal online Proquest, Elsevier Science Direct dan JSTOR telah dilakukan di Perpustakaan MM-FEUI, Jakarta pada bulan September 2007. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui bagaimana gambaran pemanfaatan jurnal elektronik dari pangkalan data online yang dilanggan oleh Perpustakaan MM-FEUI, mengetahui tujuan pengguna memanfaatkan pangkalan data jurnal elektronik, pangkalan data jurnal elektronik apa yang paling banyak digunakan, bagimana tingkat kepuasan pengguna terhadap pangkalan data online yang dilanggan dan yang terakhir mengetahui segala hambatan yang dihadapi pengguna dalam memanfaatkan pangkalan data jurnal elektronik yang dilanggan MM-FEUI.
Metode evaluasi yang dipakai untuk penelitian ini adalah metode survei. Dengan menggunakan metode ini, dapat diketahui secara langsung pendapat pegguna mengenai layanan akses jurnal elektronik dari pangkalan data online yang dilanggan Perpustakaan MM-FEUI. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif sedangkan data dikumpulkan dengan melakukan penyebaran kuesioner, wawancara, pengamatan dan studi literatur. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pangkalan data online yang sering digunakan adalah pangkalan data online Proquest dan pengguna memanfaatkan pangkalan data jurnal elektronik untuk keperluan penulisan tesis serta untuk keperluan tugas/makalah kuliah mereka. "
Depok: Universitas Indonesia, 2008
S15394
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Ashry Noviana Fajry
"Penelitian ini membahas mengenai pemanfaatan pangkalan data terpasang bidang Ekonomi dan Bisnis Proquest, JSTOR dan Elsevier Science Direct oleh pengguna Perpustakaan FEUI. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui bagaimana gambaran pemanfaatan pangkalan data terpasang bidang Ekonomi dan Bisnis Proquest, JSTOR, dan Elsevier Science Direct, mengetahui tujuan pengguna memanfaatkan pangkalan data terpasang, mengetahui kelebihan dan kekurangan yang dirasakan saat memanfaatkan pangkalan data terpasang, kendala apa saja yang dihadapi dalam memanfaatkan pangkalan data terpasang tersebut, mengetahui pangkalan data terpasang yang paling banyak dan yang paling sedikit dimanfaatkan oleh pengguna, dan yang terakhir mengetahui pendapat pengguna mengenai fasilitas dan sosialisasi yang dilakukan perpustakaan FEUI dalam mendukung pemanfaatan pangkalan data terpasang di FEUI. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai metode pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemanfaatan pangkalan data terpasang bidang Ekonomi dan Bisnis Proquest, JSTOR dan Elsevier Science Direct di FEUI masih rendah karena hanya 62,5% responden yang pernah menggunakan pangkalan data terpasang tersebut. Mahasiswa FEUI umumnya memanfaatkan pangkalan data dengan tujuan untuk mencari informasi untuk mengerjakan tugas kuliah. Responden menyatakan setuju dengan kelebihan yang dirasakan saat memanfaatkan pangkalan data terpasang yaitu kemutakhiran koleksi, kemampuan mengakses informasi lain, kemudahan dan kecepatan akses, ketersediaan informasi dan kemampuan menelusur artikel full text. Responden menyatakan setuju dengan kekurangan/kelemahan yang dirasakan saat memanfaatkan pangkalan data terpasang yaitu ketergantungan pada perangkat teknologi; ketidanyamanan saat membaca artikel di komputer; dibutuhkan keterampilan dalam menggunakan komputer untuk membaca koleksi elektronik. Sedangkan kekurangan pangkalan data terpasang akan kualitas teks, grafik dan tulisan hasil alih media tercetak ke elektronik yang terkadang rendah ditemukan hasil yang berimbang antara responden yang menyatakan setuju, netral dan tidak setuju. Kendala yang sering dihadapi responden yaitu kesulitan saat melakukan pencarian (search). Pangkalan data terpasang yang sering digunakan adalah JSTOR sedangkan yang paling jarang digunakan adalah Elsevier Science Direct. Pengguna berpendapat fasilitas komputer dan tempat untuk mengakses pangkalan data terpasang di lingkungan FEUI sudah cukup baik, sedangkan koneksi internet masih belum baik. Menurut pendapat pengguna, sosialisasi yang dilakukan perpustakaan untuk mensosialisasikan pangkalan data terpasang masih kurang. Pengguna juga berpendapat perlu ditambah pangkalan data terpasang bidang Ekonomi dan Bisnis yang dilanggan. "
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2008
S15166
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Padelih
"Skripsi ini membahas tentang pemanfaatan tesis digital di Perpustakaan Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Untuk mengetahui secara komprehensif bagaimana pemanfaatan tesis digital yang ada di Perpustakaan MM-FEUI, maka kajian skripsi ini akan melihat faktor internal dan eksternal dari kegiatan evaluasi. Dari sisi internal, evaluasi akan membahas konteks user-centered di Perpustakaan MM-FEUI. Sedangkan untuk mengevaluasi faktor eksternal, evaluasi akan membahas konteks system-centered pada Perpustakaan MM-FEUI. Pengumpulan data primer dilakukan melalui penyebaran kuesioner pada penguna yang sudah pernah memanfaatkan tesis digital dan berstatus sebagai mahasiswa MM-FEUI. Sedangkan pengumpulan data-data sekunder dikumpulkan dengan melakukan wawancara kepada kepala Perpustakaan MM-FEUI dan pengamatan pada bagian yang menangani pengelolaan tesis digital. Selain melakukan penyebaran kuesioner, wawancara dan melakukan pengamatan, penulis juga melakukan studi bibliografis untuk menunjang kelengkapan data penelitian. Data yang terkumpul lalu diolah dengan tujuan agar seluruh data yang terkumpul dapat disajikan dalam bentuk susunan yang baik dan rapi untuk kemudian dianalisa. Pengolahan basil penelitian akan dilakukan dengan bantuan SPSS versi 12.0. Kemudian basil pengolahan yang didapat dibuatkan tabel frekuensi dan di analisis. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari sisi user-centered pemanfaatan tesis digital di Perpustakaan MM-FEUI sudah baik Dikatakan demikian karena terdapat data sebagian besar mahasiswa MM-FEUI telah terbiasa menggunakan digital untuk memenuhi kebutuhan informasinya. Selain itu dalam rentang waktu dua tahun terakhir terjadi peningkatan dalam hal pemanfaatan tesis digital oleh mahasiswa yang masih aktif kuliah. Sedangkan dari sisi system-centered, ditemukan bahwa Kinerja MM-Digilib sebagai sarana intermediary ke tesis digital masih kurang optimal karena sebagian besar dari mahasiswa MM-FEUI banyak yang merasa kinerja MM-DIgilib masih kurang cepat. Sedangkan dari segi interface hamper setengah dari mahasiswa merespon desain interface pada MM-Digilib masih kurang menarik."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2006
S15737
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tungga B. Dharma
"Tujuan penelitian ini ialah mengetahui kondisi pemanfaatan jurnal elektronik Proquest oleh pengguna MBRC sekaligus melakukan analisis faktorfaktor yang mempengaruhi keinginan pengguna untuk memanfaatkannya dan mengidentifikasi hambatan yang dialami pengguna dalam proses pemanfaatan tersebut.
Untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi keinginan pengguna untuk memanfaatkan jurnal elektronik Proquest di MBRC digunakan model penelitian yang diadaptasi dari model penerimaan pengguna terhadap pangkalan data jurnal elektronik (Kim, 2005) dan model pemanfaatan sumber informasi dalam perpustakaan digital (Thong, 2004). Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif kausal dengan menggunakan survei kuesioner dalam pengumpulan datanya. Model penelitian melakukan analisis terhadap bagaimana pengaruh faktor-faktor: kemampuan menggunakan komputer, norma subyektif, kualitas informasi, kemudahan akses, kemudahan penggunaan dan manfaat yang dirasakan terhadap keinginan pengguna untuk memanfaatkan jumal elektronik dalam Proquest, sehingga tingkat pemanfaatan layanan jurnal .elektronik dapat diprediksi.
Hasil penelitian mendapati bahwa meskipun kesadaran pengguna akan fasilitas jurnal elektronik Proquest di MBRC tinggi, namun jumlah responden yang memanfaatkan dan tingkat pemanfaatannya masih belum maksimal. Masih ada 40% lebih responden yang belum memanfaatkan. Tingkat pemanfaatan yang diindikasikan dengan frekuensi dan durasi pemanfaatan serta jumlah artikel yang didownload jugs masih rendah. Dan enam faktor yang diuji pengaruhnya terhadap keinginan pengguna untuk memanfaatkan jurnal elektronik Proquest, faktor manfaat yang dirasakan (perceived usefulness) memiliki pengaruh yang paling besar (27.5%) disusul oleh norma subyektif (21%), kemudahan penggunaan (19.8%), kemudahan akses (17.1%), dan kualitas informasi (14.6%). Kemampuan pengguna dalam menggunakan komputer (computer self-efficacy) tidak ditemukan berpengaruh secara signifikan terhadap keinginan untuk memanfaatkan jurnal elektronik Proquest. Hambatan yang paling banyak dirasakan pengguna dalam memanfaatkan jurnal elektronik Proquest ialah kurangnya kesadaran (awareness) dan masalah kemudahan akses seperti kurangnya fasilitas komputer dan penggunaan password yang menyulitkan.
"
2006
T17233
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Adji Wiandjono
"Penelitian mengenai layanan sirkulasi via SMS telah dilakukan di Perpustakaan MMUI jalan Salemba, Jakarta Pusat pada bulan Februari sampai dengan awal April 2005. Namun pada bulan Oktober - Desember 2004 dilakukan komunikasi dengan pihak perpustakaan MMUI. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memberikan gambaran deskriptif mengenai sarana SMS yang telah diterapkan oleh Perpustakaan MMUI berdasarkan sudut pandang staf perpustakaan dengan konteks evaluasi layanan.Pengumpulan data dilakukan melalui seranakaian wawancara dan kunjungan observasi Jangsung terhadapa fasilitas layanan SMS.Hasil yang diperoleh menunjukan bahwa sarana SMS di Perpustakaan MMUI memiliki kecepatan waktu akses secara singkat dengan layanan selama 24 jam, bersifat mobile, efektif, dan multi fungsi. Disamping kelebihan di atas, ada juga beberapa kekurangnya yaitu tampilan program penerima pesan SMS tidak efektif, tanda pesan masuk tidak ada, petugas kesulitan memahami setiap fitur tampilan SMS, jumlah pemakai sarana SMS masih sangat sedikit. Janis hambatan utama adalah apabila sistem komputer mengalami 'hang'. Layanan sistem sirkulasi via SMS di Pepustakaan MMUI masih perlu diterapkan dan diharapkan lagi dapat dikembangkan menjadi lebih luas cakupan layanannya. Untuk itu pengembangan dan pelatihan serta promosi terhadap sarana SMS perlu dilakukan secara periodik. Penyempurnaan tampilan SMS berdasarkan pendapat dari petugas operator SMS. Pemberian pelatihan kepada petugas secara jelas dan mendalam dengan disertai suatu modul pembahasan tentang sarana SMS. Proses promosi harus menjadi perhatian yang panting dalam usaha memperkenalkan sarana SMS sehingga kemanfaatanya dapat dirasakan oleh seluruh pengguna."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2005
S14897
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Magister Manajemen FEUI, 2007
R 378.03 Dir
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Lisda Rahayu
"Jasa penelusuran literatur rnerupak:an salah situ jasa yang disediakan perpustakaan untuk membantu atau memudahkan pemakai dalam melakukan penelusuran literature.Di perpustakaan, jasa, ini dapat digolongkan sebagai salah satu jasa lavanan rujukan. Penelitian yang dilakukan di FKM-UI ini bertujuan Untuk merrgetaahui usaha-usaha pustakawan dalarm membantu mahasiswa melakukan penelusuran literatur. Selain itu tujuan yang ingin dicapai adalah dapat diketahui seberapa banyak program magister yang memanfaatkan jasa penelusuran literatur serta kaitansaya dengan kemarnpuan mahasiswa dalam menggunakan sarana bibliografi yang disediakan perpustakaan s,ebagai alat yang digunakan dalam proses penelusuran. Dari hasil penelitian dapat diketahui usaha-usaha yang dilakukan pustakawan guna membantu mahasiswa melakukan proses penelusuran. Selain menyediakan sarana hibliografi tercetak, pustakawan rujukan juga menyediakan jasa penelusu_ran literatur melatilui CD-ROM serta arkses penelusuran ke bahan aslinya. Tentunya untuk jasa ini, pemakai dikenakan biaya khusus Hasil penelitian menunjukkan jumlah mahasiswa yang menggunakan jasa ini yaitu lebih dari setengah jumlah res_ponder. Mahasiswa yang tidak menggunakan jasa ini sebagian besar mengemukakan alasan mereka bahwa sebetulnya mereka, tidak mengetahui adanya jasa penelusuran literatur. Sebagian kecil lainnya mengemukakan alasan bahwa mereka lebih senang melakukan penelusuran literatur sendiri. Mahasiswa yang menggunakan jasa penelusuran literature Sebenarnya juga lebih senang melakukaln penelusuran literatur sendiri apabiIa mereka tidak menemui hambatan dalam penelusuran atau li teratur yang di temukan telah memersuhi kebutu_hars. Hal ini dapat diketahui dari hasil penelitian Yang menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa sbetulra mampu dan paham dalam menggunakan Sarana bibliografi tercetak. Jadi penelusuran literatur dengan bantuan pustakawan rujukan hanya sebagian alternatif lain bila merek:a tidak menemukan literature di sarana bibliografi tercetak atau dal am koleksi perpustakaan. Pendapat mahasiswa mengenai jasa penelusuran literatur di Perpustakaan FKM-Ul telah cukup baik. Hal ini dapat diketahui dar.i hasil penelitian rnengenai kepuasan pemakai atas jasa penelusuran serta tingkat keberhasilan penelusuran bila dibantu oleh pustakawan rujukan."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1994
S15495
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Zenia Annabel
"ABSTRAK
Skripsi ini membahas tingkat kepuasan mahasiswa FEB UI terhadap pangkalan data dalam jaringan Perpustakaan UI. Pengambilan data dilakukan dengan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner terhadap 97 responden yang merupakan mahasiswa program S1 FEB UI. Penelitian ini dilakukan pada bulan April 2017. Penilaian terhadap layanan berbasis web didasari oleh enam dimensi yang memengaruhi penilaian tingkat kepuasan terhadap perpustakaan digital, yaitu kualitas informasi, kualitas sistem, kualitas layanan, kegunaan, kemudahan, dan penyerapan kognitif. Enam dimensi ini berasal dari model yang merupakan perkembangan ulang dari model ISSM Information System Success Model oleh Masrek 2016 . Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa mahasiswa FEB UI merasa puas dengan layanan pangkalan data dalam jaringan Perpustakaan UI. Hal ini dapat dilihat dari perhitungan rata-rata keseluruhan dimensi yang menunjukkan hasil yang positif.

ABSTRACT
This study discusses the level of student satisfaction in FEB UI to the online database Universitas Indonesia Library. The research uses quantitative approach and uses quesionnaire for data collecting which spread to 97 respondens. This research has taken in April 2017. The assessment of web based service is based on six dimentions that influence the level of satisfaction of digital library. Those dimentions which is derived from a model based on the re specified ISSM Information System Success Model by Masrek 2016 , are information quality, system quality, service quality, perceived usefulness, perceived ease of use, and cognitive absorption. The resulted in this research found that student in FEB UI are satisfied with the online database Universitas Indonesia Library. This thing can be seen from the calculation of the average overall dimention that show positive result."
2017
S67396
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Researchers have already known digital information sources so that it has an impact on increasing their information needs and requests to support their job...."
JUPEPER
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Rumpak, Aristarkus Didimus
"Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui secara langsung penerimaan dam pemakaian jurnal elektronik pada situs web dikalangan Pengajar FK UI; 2) memeriksa kekurangan yang dihadapi Pengajar FK UI, ketika memakai jurnal elektronik gratis bidang ilmu kedokteran pada situs web internet; 3) mengetahui secara langsung dari Pengajar FK UI, kelebihan jurnal elektronik gratis bidang ilmu kedokteran pada situs web internet, khususnya untuk kegiatan ilmiah yang berhubungan dengan bidang kedokteran.
Penelitian dilaksanakan mulai pada bulan Januari sampai dengan bulan Juni 2002, dan sifat penelitian adalah deskriptif dimana seluruh informasi yang diperoleh dari data kuesioner dipaparkan dengan kata-kata secara jelas dalam bentuk peubah, tanpa melihat hubungan antar peubah serta tidak dilakukan uji hipotesis. Sampel diambil secara acak dari para pemakai jumal elektronik yakni Pengajar FK UI.
Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner yang ditata dalam kelompok: Informasi Latar Belakang; Penerimaan dan Pemakaian Jurnal Elektronik; Kekurangan dan Kelebihan Jumal Elektronik. Demikian juga jenis pertanyaan memiliki jawaban "Ya" dan "Tidak", ditambah dengan pertanyaan terbuka yang bersifat penjelasan dari jawaban "Ya" dan "Tidak" serta memiliki pilihan jawaban dalam bentuk ukuran skala ordinal dari Likert.
Seluruh data yang terkumpul adalah data kualitatif yang akan dikuantifikasikan yaitu dengan mengubah pertanyaan dari data kualitatif menjadi data kuantitatif dengan cara memberi skor atau angka kode tertentu agar dapat diolah oleh komputer dengan menggunakan sistem operasi Miscrosoft Windows Release 95 dan paket program aplikasi Microsoft Office Release 97.
Hasil penelitian kajian pemakai jurnal elektronik di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia menunjukkan bahwa penerimaan dan pemakaian jurnal elektronik yang berhubungan dengan relevansi isi jurnal dengan profesi atau spesialisasi responden adalah sangat relevan; isi jurnal dengan judul jurnal adalah sangat sesuai; dan isi jumal dengan nilai kualitas artikel yang ada dalam jurnal adalah sangat baik.
Tampilan jurnal elektronik terhadap teks, warna, grafik, tabel dan gambar adalah sangat mudah dibaca, sangat mudah dipahami dan sangat jelas. Fasilitas yang ditawarkan oleh jurnal elektronik untuk browsing terhadap: pengarang, judul, abstrak, seluruh teks, tabel, grafik, gambar, hyperlinks, dan pencarian artikel di dalam artikel maupun lintas artikel adalah sangat berguna. Termasuk di dalamnya sangat mudah untuk berpindah ke awal, ke akhir dan ke bagian-bagian khusus di dalam artikel tersebut.
Responden sangat setuju atas kekurangan (disadvantageous) jurnal elektronik terhadap isu lisensi, hak cipta dan mudah dijiplak. Juga responder sangat setuju atas kelebihan (advantageous) jumal elektronik terhadap kecepatan mengakses, kecepatan produksi dan distribusi, pembuatan artikel lebih mudah akibat komunikasi antara penuliseditor-pembaca lewat e-mail, informasinya selalu diperbaharui, memudahkan pencarian artikel, upload dan download artikel, hasil penelitian dapat didiskusikan dan ditanggapi serta format hyperteks yang memudahkan link diantara informasi yang relevan.

This objectives of this research are: 1) to know directly the acceptances and use of electronic journal at the website in the circle of Lecturers at the Medical Faculty, UI; 2) to examine the disadvantageous of faced by the Lecturers of the Medical Faculty, UI, when using free of electronic journal on the website of internet; 3) to know directly from the Lecturers of the Medical Faculty, UI, the Advantageous of the free of electronic journal in the field of medical science on the website of internet, particularly for scientific activities related to the medical science.
The research was conducted during January to June 2002, and the nature of research is descriptive where all information are obtained all information were obtained from the data expressed clearly in words in the form of modifier, without neither observing the relation between the modifiers, nor conducting hypothetical examination. The samples were obtained at random from the users of the electronic journal who are the Lecturer of the Medical Faculty, UI.
The data were collected from questionnaires distributed that were arranged in groups: Background Information; Receipt and Use of Electronic Journal; Disadvantageous and Advantageous of Electronic Journal. The type of questions had "Yes" and "No" answers, added with open questions, which were explanations from the "Yes", and "No" answers and had options of answers in the ordinal scale of Likert.
All collected data were qualitative which will be quantified by changing the questions from qualitative to quantitative data by assigning scores or certain code number in order to allow processing by the computer by applying Microsoft Windows Release 95 operating system and Microsoft Windows Release 95 application program package.
The outcome of the research on the electronic journal uses at the Medical Faculty, UI indicated that the receipt and use of electronic journal related to the relevance of the content of the journal with the profession or specialization of the respondents were very relevant; the content and the title of the journal was very appropriate; and the content quality value of the article in the journal is very good.
The display of the electronic journal to the text, color, graph, table and drawing, were very easy to read, very easy to understand and were very clear. The facilities offered by the electronic journal for browsing against: the author, title, abstract, the whole text, table, graphs, drawing, hyperlink, and the retrieval of article within the article as well as cross articles were very useful. Including that is was very easy to move the start, to the end and to the special section in that article.
The respondents strongly supported the disadvantageous of the electronic journal against the license issue, copyright and easy to duplicate. The respondents strongly supported the Advantageous of the electronic journal against access, speed of production and distribution, the preparation of article was easier due to the communication between writer-editor-reader by e-mail, the information always updated, facilitating retrieval of an article, upload and download of the article, outcome of research can be discussed and responded to, as well as the hypertext format that facilitated the link between the relevant information.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2004
T11636
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>