Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 8242 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Malaysia: Consumers of a Associations of Penang, 1986
659.1 SEL
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Lee, Ann
Malaysia: Limkokwing Univerity of Creative Technology, 2008
R 659.15 LEE w
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Jung, C.G. (Carl Gustav), 1875-1961
Routledge: London, 2003
154.63 JUN d
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Haryani Primanti
"Studi pada upaya pemasaran terhadap kelompok konsumen subkultur minoritas saat ini belum banyak dikaji dalam penelitian akademis. Pada upaya pemasaran ini, terdapat risiko perusahaan kehilangan konsumen mayoritas, terutama jika kelompok subkultur yang dituju dipandang negatif oleh masyarakat. Cryptic marketing adalah suatu strategi komunikasi tersembunyi yang ditujukan untuk kelompok subkultur tertentu dengan menggunakan simbol atau tanda yang tersembunyi crypted untuk menghindari respon negatif dari kelompok konsumen lainnya.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh cryptic marketing terhadap brand attitude yang dibentuk oleh target market dan non-target market pada unfriendly market dan friendly market. Dengan metode eksperimen, peneliti menguji pengaruh tiga jenis cryptic ads, yaitu low cryptic ad, medium cryptic ad, dan high cryptic ad yang berbeda dalam tingkat cryptic pesan yang dimiliki terhadap brand attitude kaum gay sebagai target market dan kaum heteroseksual sebagai non-target market. Kaum gay sendiri terbagi menjadi 2 subkelompok, yaitu heterosexual-friendly dan heterosexual-intolerant. Kaum heteroseksual juga terbagi menjadi 2 subkelompok, yaitu gay-friendly dan gay-intolerant. Penelitian dilakukan pada dua konteks, yaitu Indonesia sebagai unfriendly market dan Belanda sebagai friendly market.Hasil studi yang dilakukan menunjukkan bahwa pada kedua konteks, implicit gay ads dan orientasi seksual memberikan pengaruh yang signifikan terhadap brand attitude. Semakin tinggi tingkat cryptic dalam iklan, semakin positif brand attitude yang dimiliki kelompok target market pada unfriendly dan friendly market. Hal yang sama tidak ditemui pada kelompok non-target market. Pada unfriendly market, tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada brand attitude partisipan yang diberikan stimulus berbeda. Pada friendly market, perbedaan hanya ditemukan pada kelompok gay-friendly dimana semakin rendah tingkat cryptic pesan, semakin positif brand attitude yang dimiliki partisipan. Tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada brand attitude kelompok partisipan gay-intolerant. Penelitian ini dapat bermanfaat bagi pemasar dalam mempertimbangkan dampak brand attitude konsumen bilamana akan menggunakan cryptic marketing dalam upaya pemasaran terhadap kelompok subkultur dengan stigma negatif.

Marketing efforts toward minority consumer group within certain subculture has not yet been widely covered in recent marketing research. It is a very intriguing practice as there is a risk of losing consumers from the majority group, especially if the subculture group has negative stigma in the society. Cryptic marketing, is a discreet communication strategy that enables a marketer to communicate with certain subculture groups using crypted subculture symbols in order to avoid negative responses from other consumer groups. This study aims to determine the effect of cryptic marketing on brand attitude formed by target market and non target market in an unfriendly market and a friendly market. Using experiments, this study tested the effects of three types of cryptic ads which is low cryptic ad, medium cryptic ad, and high cryptic ad which differ in the level of cryptic of the messages on brand attitude formed by homosexual males as target market and heterosexual males as non target market. Homosexual participants was divided into two subgroups heterosexual friendly and heterosexual intolerant. Heterosexual participants was also divided into two subgroups gay friendly and gay intolerant. The study was conducted in Indonesia as an unfriendly market and the Netherlands as a friendly market.The result reveals that in unfriendly market and friendly market, implicit gay ads and sexual orientation have a significant influence on brand attitude. The higher the level of cryptic of the message, the more positive brand attitude possessed by homosexual participants in unfriendly and friendly market. The same was not found in the group of heterosexual participants. In an unfriendly market, there were no significant differences in brand attitude formed by participants who were given a different stimulus. In a friendly market, differences were found only among the gay friendly participants in which the lower the cryptic level of the message, the more positive brand attitude formed by the participants. There was no significant difference in brand attitude among gay intolerant participants. This research can be useful for marketers in considering the impact on brand attitude if cryptic marketing is to be used in a marketing efforts targeting the stigmatized subculture groups."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T50230
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mia Hapsari Kusumawardani
"Iklan merupakan bentuk komunikasi persuasif yang dirancang untuk memberikan pengaruh pada konsumen dalam memutuskan penggunaan barang dan jasa tertentu. Pengaruh ini dapat dilakukan melalui surnber pesan dalam iklan, yaitu bintang iklan (endorser) dan perusahaan pengiklan. Salah satu hal yang berperan penting dalam pengaruh ini ialah kredibilitas kedua sumber pesan tersebut, yaitu kredibilitas endorser (EC) dan kredibilitas perusahaan (CC). Goldsmith, Lafferty dan Newell (2000) mengusulkan model yang melihat pengaruh kredibilitas kedua sumber pesan tersebut terhadap efektivitas iklan yang diukur melalui sikap terhadap iklan (AAD), sikap terhadap merek (AB) dan intensi membeli (PI). Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini ialah: (1) EC secara langsung dan positif mempengaruhi AAD, (2) CC secara langsung dan positif mempengaruhi AAD, (3) CC secara langsung dan positif mempengaruhi AB, (4) CC secara langsung dan positif mempengaruhi P1, (5) MD secara langsung dan positif mempengaruhi AB, dan (6) AB secara langsung dan positif mempengaruhi PI.
Stimuli yang digunakan dalam penelitian ini berupa iklan komputer notebook yang merupakan rekayasa dengan menampilkan Artika Sari Devi (mantan Putri Indonesia 2004) sebagai endorser dan merek fiktif Prolinx International. Sample sebanyak 525 dewasa muda dicuplik secara non-probability di lima wilayah Jakarta dengan bantuan rekruter yang melakukan screening kriteria responden, yaitu usia 20-30 tahun, min. tamat SMA dan berstatus bekerja atau mahasiswa, diminta mengisi kuesioner lapor din setelah melihat iklan I stimuli penelitian. Pengujian model menggunakan LISREL dengan pemodelan persamaan struktural untuk variabel yang terukur langsung (path analysis) menunjukkan hasil yang berbeda dengan hasil penelitian Goldsmith, Lafferty dan Newell (2000). Eksplorasi lebih lanjut dalam penelitian menunjukkan bahwa model yang fit (p-value 0,79; RMSEA 0,00; GFI 1,00) memiliki jalur yang signifikan untuk EC MAD, EC-)AB, EC-WI, CC-3AB, AAD-3AB dan AB- PI. Hal ini mungkin diakibatkan kredibilitas perusahaan yang analog dengan perusahaan baru dianggap tidak mempengaruhi sikap terhadap iklan karena kurang terkait dengan aspek kesukaan terhadap iklan dan tidak mempengaruhi intensi membeli karena informasi dari satu iklan tunggal dari perusahaan yang belum pemah dikenal responden tidak berpengaruh pada intensi membeli, ditambah dengan sifat dasar produk yang merupakan produk high involvement di mana biasanya konsumen akan secara aktif mencari sumber informasi lain sebelum dapat memiliki intensi membeli dan tidak hanya dari satu iklan tunggal saja. Sedangkan pengujian dengan menggunakan SEM untuk variabel laten tidak menghasilkan model yang memuaskan dari segi kesesuaian model, termasuk untuk model yang ditemukan fit menggunakan path analysis.
Beberapa keterbatasan penelitian ini khususnya terkait generalisasi hasil penelitian akibat sample yang digunakan dalam penelitian ini relatif homogen serta stimuli yang digunakan sangat spesifik dari segi produk, perusahaan dan endorser. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat menggunakan stimuli yang berbeda dengan responden yang juga berbeda serta memperbaiki alat ukur termasuk dengan jalan membuat dan mengembangkan alat ukur yang digunakan agar lebih sesuai dengan kondisi penelitian."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2006
T17810
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Gibraltar
"ABSTRAK
Secara umum, tesis ini membahas dua hal, yaitu penggalian penanda dan petanda
yang pada kedua iklan Sari Serat Alami Merek X, baik yang versi wasir dan versi
Ulfa Dwiyanti. Kemudian, menelaah interpretasi pemirsa tentang kedua iklan
tersebut. Untuk itu penelitian ini menggunakan kerangka berpikir semiotika
Roland Barthes sebagai sebuah kerangka teoretis, dipadukan dengan pemikiran
lainnya; setelah itu, pemikiran ?Discursive Symbolism akan berperan sebagai
jembatan antara tanda dan simbol, ditopang pemikiran interaksionisme simbolik.
Penelitian ini menggunakan paradigma interpretif.
Ada sejumlah hasil yang dapat diambil di dalam penelitian ini. Mulai dari
terbentuknya empat macam konstruksi sosial pada Iklan Sari Serat Alami Merek
X Versi Wasir, kemudian muncul pula empat macam konstruksi sosial pada iklan
Sari Serat Alami Merek X versi Herbal. Berbagai macam konstruksi sosial
tersebut akhirnya membentuk mitos bahwa Sari Serat Alami Merek X mampu
untuk menggantikan serat alami) dalam rangka menjaga kesehatan pencernaan.
Namun, tidak seluruhnya konstruksi sosial tersebut diinterpretasikan pemirsa
secara sama, dengan yang diinterpretasikan pembuat iklan. Demikian halnya
dengan Iklan Sari Serat Alami Merek X Herbal Versi Ulfa Dwiyanti.
Implikasi dari penelitian ini ialah penelitian ini mampu menunjukkan bahwa yang
pemikiran semiotika Roland Barthes dapat diangkat pada tataran teoretis, dan
dipadukan dengan pemikiran-pemikiran lainnya tentang warna, nonverbal,
kinesika, hingga gerak kamera. Juga menggunakan teknik analisis data dan
menggabungkannya dengan kerangka pemikiran, menunjukkan bahwa semakin
kaburnya batasan antara metode penelitian dengan kerangka pemikiran.
Rekomendasi dari penelitian ini mulai dari membuat iklan yang simple namun
mengandung informasi yang utuh, sampai meletakkan peringatan pada setiap
produk suplemen makanan layaknya iklan rokok.

Abstract
In general, a thesis discusses two things, namely extracting markers and markers
are on the second ad Natural Fiber Sari Brand X, both versions of the hemorrhoids
and Ulfa Dwiyanti version. Then, examining interpretations of viewers on the ads.
Therefore this study uses semiotics of Barthes's frame of mind as a theoretical
framework, combined with other ideas, after which, thinking "Discursive
Symbolism? will act as a bridge between signs and symbols, symbolic
interactionism sustained them. This study uses the interpretive paradigm.
There are number of results that can be taken in this study. Starting from four
kinds of social constructions in Natural Fiber Sari Advertising Brand X Version
hemorrhoids, then there are also four kinds of social constructions in Natural
Fiber ads Brand X Herbal versions. A wide range of social constructions was
finally established a myth that the product is able to replace natural fibers in order
to maintain digestive health.
However, not all social constructions are interpreted same, which is interpreted by
the advertiser;
The implications of this research study is able to show that the semiotics of
Roland Barthes's ideas can be lifted on a theoretical level, and combined with
other ideas about color, nonverbal, kinesics, up to the camera motion. Also using
data analysis techniques and combine them with a framework of thought,
suggesting that the blurring of boundaries.
Recommendations from this study from making a simple ad, but contains
information that is intact, to put a warning on any dietary supplement products
like cigarette advertising."
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
T30159
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Brown, Paul B.
Avon, MA: Newton Abbot : David &​ Charles, distributor, 2006
659.1 BRO y
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Kelsky, Karen
Durham : Duke University Press, 2001
305.42 KAR w (1)
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Helmstetter, Greg, 1967-
New York: John Wiley & Sons, 1997
658.8 HEL i
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Fennis, Bob M.
New York : Psychology Press, 2010
659.1 FEN p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>