Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 73985 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Tezhart Elvandiar
"Pengamatan situs, wawancara, dan pendokurnentasian catatan lapangan dimulai pada Maret 2005 hingga minggu pertama April 2005. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan aktif dan wawancara terhadap spesialis teknis terpencar yang merupakan karyawan dari PT Astragraphia, tbk. yang menginduk pada Fuji-Xerox Asia Pasifik. Pengamatan aktif dilakukan terhadap enam belas subyek-partisipan, sedangkan wawancara dilakukan terhadap enam subyek-partisipan.
Tujuan penelitian ini, yakni: mengetahui proses pasar pengetahuan yang terjadi di antara subyek-partisipan dalam lingkungan sosial pekerjaan yang menerapkan prinsip-prinsip Know/edge Management; mengetahui karakter sosial pasar pengetahuan dalam lingkup Know/edge Management; dan mengetahui pola hubungan antara kondisi psikologis subyek-partisipan dengan lingkungan sosial pekerjaan yang menerapkan psinsip-prinsip Know/edge A,lanagement.
Penelitian ini menemukan bahwa, nilai tukar- yang berlaku pada pasar pengetairran subyek-partisipan adalah biaya berupa: timbal-balik, reputasi dan kredibilitas. kepercayaan, dan altruisme untuk mendapatkan imbalan benrpa: penerimaan sosial (social acceptance), persahabatan, harga diri, dan pengaruh. Nilai tukar tersebut dirasionalisasi melalui nilai yang didukung (espoused values) serta asurnsi dasar (basic assumptions). Dari kedua mekanisme nilai tersebut, secara implisit terlihat bahwa upaya-upaya pelarian yang dilakukan (penundukan diri dan penguasaan) merupakan ekspresi eksistensial kemanusiaan dari perasaan kesendirian subyek_partisipan, sehingga subyek-partisipan berusaha untuk mencari bentuk ikatan baru melalui nilai yang didukung."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2005
S15666
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Edi Hamdi
"

Penelitian disertasi ini mengkaji hubungan pengelolaan pengetahuan terhadap orkestrasi sumber daya dengan mempertimbangkan aspek kognitif manajer serta mengkaji apakah secara bersama-sama hal tersebut akan mendorong terbentuknya kapabilitas perubahan model bisnis. Hal ini dilakukan untuk memahami fenomena strategi usaha di industri padat pengetahuan dengan ketidakpastian tinggi yang diwakili oleh industri jasa teknis migas di Indonesia. Penelitian ini bersifat eksplorasi, berorientasi prediksi terhadap construct-construct yang diteliti dan dilakukan untuk mengembangkan teori-teori Resource-Based View, Market-Based View, Knowledge-Based View maupun cara pandang perilaku Teori Organisasi dengan penekanan kepada aspek kognitif dan model bisnis sebagai sistem aktivitas. Penelitian ini menggunakan data dari 50 unit analisis perusahaan dan unit usaha jasa teknis migas di Indonesia dan melalui metode analisis Partial Least Square membuktikan bahwa kapabilitas kognitif manajer bertindak sebagai mediasi penuh dari hubungan pengaruh pengelolaan pengetahuan dan orkestrasi sumber daya yang lebih lanjut akan mendorong pembentukan kapabilitas perubahan model bisnis. Penelitian ini mengembangkan aspek kognitif struktur pengetahuan dengan kognitif model bisnis, serta mendapatkan pemahaman kapabilitas yang diwujudkan melalui rangkaian aktivitas dalam rangka mewujudkan kinerja usaha berkelanjutan. Didapatkan juga bukti bahwa persepsi ketidakpastian lingkungan usaha mempengaruhi perubahan model bisnis dan kegiatan mengenali pendorong perubahan mempengaruhi orkestrasi sumber daya.


This dissertation examines the relationship of knowledge management to resource orchestration by considering managerial cognitive aspect and examining that those relations altogether will contribute to the formation of business model change capabilities. This is to understand the phenomena of business strategy in knowledge-intensive industries with high uncertainties represented by oil and gas techical service firms in Indonesia.  This study explores and predict the constructs to develop theories of Resource-Based View, Market-Based View and Knowledge-Based View as well as Organization Theory by emphasizing cognitive aspect and business model as a system of activities. This study uses data from 50 oil and gas engineering services firms or business units in Indonesia as units of analysis and by using Partial Least Square method of analysis proves that managerial cognitive capability fully mediates the knowledge management and resource orchestration which furthermore will drive capability of business model change. This research relates cognitive aspects of knowledge structure with cognitive aspects of business models as well as gaining understanding of capabilities manifested by a series of activities in managing to attain sustainable of firm’s performance. There are evidences that perceived business uncertainties affects business model change and recognizing driver of changes affects resource orchestration.

"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
D-pdf
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Pengetahuan merupakan hal yang sangat penting dalam pengembangan organisasi dalam menghadapi era teknologi informasi. Informasi yang diolah dengan efektif akan sangat bermanfaat dalam peningkatan efektifitas di dalam organisasi...."
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
"Setelah era efisiensi pada tahun 1950an dan 1960an,era kualitas pada tahun 1970an dan 1980an serta fleksibilitas dalam tahun 1980an dan 1990an, maka kini hidup dalam era inovasi (Janzen, 2000)."
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Miftah Nurul Irfan
"Tulisan ini membahas mengenai faktor yang mendorong terjadinya mobilitas sosial di masyarakat modern. Penelitian sebelumnya menemukan bahwa terjadinya mobilitas sosial di masyarakat modern disebabkan oleh faktor status ekonomi. Berbeda dengan penelitian sebelumnya yang cenderung melihat faktor ekonomi sebagai saluran mobilitas, penelitian ini melihat bahwa penguasaan terhadap pengetahuan dapat mendorong terjadinya mobilitas sosial pada masyarakat modern. Tak hanya itu, penguasaan seseorang atau kelompok terhadap pengetahuan akan menciptakan kelas elite baru di masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan teknik analisis isi (content analysis) dan objek penelitian yang menceritakan kehidupan masyarakat modern dalam novel Divergent.

This paper discusses the factors that encourage social mobility in modern society. The previous research found that social mobility in modern society are caused by factors of economic status. In contrast to previous research that only look at economic status as social mobility factors, this study want to see that the mastery of knowledge can lead to social mobility in modern society. Not only that, the mastery of knowledge will create a new elite class in the society. The method used in this study is descriptive qualitative approach with content analysis techniques. Content analysis is used to see and describe correlation between power, knowledge, and social mobility in modern society in the Divergent novel."
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Sri Rahayu K
"ABSTRAK
Fenomena banyaknya ibu yang tidak menyusui, salah satunya karena ketidak tahuan ibu tentang relaktasi. Relaktasi merupakan solusi untuk memfasilitasi ibu yang ingin menyusui kembali anaknya. Pengetahuan perawat yang baik tentang manajemen relaktasi memainkan peran penting dalam keberhasilan relaktasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat pengetahuan perawat tentang manajemen relaktasi pada salah satu puskesmas di Jakarta Timur. Peneliti menggunakan desain penelitian deskriptif dengan tehnik total sampling (total populasi) dengan jumlah 32 perawat puskesmas. Kuesioner digunakan sebagai instrumen penelitian dan selanjutnya dianalisa menggunakan analisa univariat. Hasil penelitian menyampaikan sebagian besar perawat memiliki tingkat pengetahuan yang kurang tentang manajemen relaktasi. Saran agar puskesmas mampu mengembangkan pengetahuan perawat tentang manajemen relaktasi.

ABSTRACT
Phenomenon number of mothers whose problems breastfeeding, caused by lack of knowledge about relactation. Relactation is the solution to facilitate mothers to continue breastfeeding. A nurse's good knowledge about relactation management plays an important role in the success of relactation. This study aims to know the description of the level of knowledge about management relactation among public nurse. This research used a descriptive design with a total sampling technique. Number of samples 32 nursing of public health. The questionnaire used as an instrument and then analyzed using univariate analysis. The results obtained most of the nurses had less level knowledge about the management of relactation. Advice to health centers is developing nurse's knowledge abaout relactation manajement.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2012
S43236
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Kurniady S.F.
"ABSTRAK
saat ini kita sedang memasuki abad yang disebut Toffler sebagai Gelombang Ketiga, yaitu
abad informasi. Dengan kemajuan teknologi terjadi penyatuan global di segala bidang,
perubahan terjadi dengan sangat cepat dan kompetisi sudah sangat ketat dan keras.
Hal ini mengubah seluruh manajemen yang kita kenal di era Gelombang Kedua. Produksi
dan konsumsi saling terkait membentuk jaringan (network). Metode dan pengukuran finansial
yang selama ini dipakai sudah tidak sesuai lagi untuk mengukur modal perusahaan, karena
sekarang ini ada modal aset perusahaan yang ?tersembunyi? namun bernilai jauh di atas
modal berwujud tersebut.
Aset tersembunyi tersebut adalah pengetahuan. Pengetahuan merupakan aset perusahaan
yang tidak terbatas (tidak akan habis karena pemakaian), bahkan terus berkembang karena
pemakaian. Pengetahuan adalah aset yang bernilai jauh di atas aset berwujud yang selama ini
kita kenal. Manajemen Pengetahuan merupakan strategi perusahaan untuk dapat bertahan
hidup di abad informasi ini.
Prinsip Manajemen Pengetahuan adalah bagaimana perusahaan dapat menciptakan,
memetakan (membuat pengetahuan yang tasit menjadi eksplisit agar mudah diakses oleh
Setiap orang dalam perusahaan), dan mendistribusikan pengetahuan tersebut kepada orang
yang tepat pada saat yang tepat. Kunci utama dan Manajemen Pengetahuan adalah orìentasi
perusahaan pada pengetahuan, karena orientasi ini adalah dasar bagi proses penciptaan dan
pengelolaan pengetahuan dalam perusahaan. Termasuk di dalamnya melahirkan kebijakan
yang menghargai kapabilitas individu, manajemen yang transparan, menciptakan budaya
perusahaan yang jujur, terbuka dan saling menghargal, investasi lebih besar pada pembangunan
sistem informasi, dll.
Penulisan tugas akhir ini membahas penerapan Manajemen Pengetahuan di PT. Toyota
Astra Motor, salah satu perusahaan yang dikenal dengan penerapan Manajemen Kualitas
Terpadu (Totai Quality Management) dan dilakukan studi banding dengan tiga perusahaan
internasional yang sudah menerapkan Manajemen Pengetahuan, yaitu Skandia AFS, Kao
Corp. dan Sharp Corp.
Skandia AFS merupaka perusahaan pertama di dunia yang memasukkan pengetahuan
sebagai aset intelektual perusahaan pada laporan tahunannya di tahun 1994. Skandia AFS
menciptakan Business Navigator sebagai model untuk mengukur dan mengolah pengetahuan
dalam perusahaannya. Kao merupakan perusahaan yang sangat menghargai kapabilitas
individu dengan manajemen yang transparan, antara lain dengan rapat- rapat yang terbuka bagi
siapa pun dalam perusahaan, sistem informasi yang dapat diakses oleh setiap orang untuk
mencari semua informasi yang dibutuhkan kecuali sebagian informasi mengenai
kepegawaian. Sharp merupakan perusahaan yang terkenal dengan inovasi produknya sehingga
mengutamkan Litbang dan Tim Kerja khusus yang mempunyaì tugas menciptakan inovasi
produk baru hingga siap dipasarkan dalam waktu yang cukup singkat (kurang lebih satu tahun)
dan memberi hak istimewa kepada Tim Kerja ini.
Tujuan dari penulisan tugas akhir ini adalah menghasilkan masukan bagi perusahaan.
perusahaan di Indonesia mengenai cara-cara mengembangkan pengelolaan pengetahuan di
Perusahaannya agar dapat terus mencapai keunggulan kompetitif dan tetap bertahan di era
informasi sekarang ini.
Metode penelitian yang digunakan adalah studi pustaka terhadap tiga perusahaan
internasional tersebut sebagai tolok ukur dengan studi lapangan pada PT. Toyota Astra Motor
untuk melihat kelebihan dan kekurangannya dalam pengelolaan pengetahuan
Dan hasil studi banding tersebut di dapat beberapa temuan penting, yaitu:
Perbedaan mendasan PT. Toyota Astra Motor (TAM) dengan ketiga perusahaan
internasional tersebut adalah perbedaan orientasi perusahaan. TAM berorientasi Pada
Quality Control dari hulu ke hilir dengan inovasi terus menerus dan bertahap (kaizen),
sedangkan ketiga perusahaan tersebut berorientasi pada pengelolaan pengetahuan sebagai
aset utama perusahaan sehingga tidak jarang melahirkan inovasi yang radikal. Hal ini
berkaitan erat dengan kedudukan TAM sebagai ATPM dan Toyota Motor di Jepang yang
berfungsi hanya sebagai perakit komponen utama CKD yang diimpor dari Jepang. Inovasi
produk dan pemasaran masih terbatas karena sebagian besar kebijakan masih ditentukan
dari pihak Toyota Motor. Sedangkan Sharp dan Kao dalam contoh ini merupakan
perusahaan induk, kecuali Skandia AFS merupakan divisi dari Skandia International
Namun ketiga perusahaan ini secara mandiri menghasilkan inovasi produk dan baurannya.
, Persamaan PT. Toyota Astra Motor dengan ketiga perusahaan internasionai tersebut adalah
usaha untuk mengembangkan inovasi produk guna mencapai kepuasan pelangan.
Persamaan misi ini dicapai dengan strategi yang berbeda seperti yang telah disebutkan di
atas.
"
Fakultas Eknonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2000
T1901
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Dinamika yang terjadi pada unit organisasi penelitian dan pengembangan banyak bermanfaat bagi kemajuan kelitbangan di Indonesia. Hal ini sesuai dengan perubahan yang terjadi di lingkungan nasional maupun intemasional. Manajemen pengetahuan (knowledge management) adalah salah satu metode yang dapat diaplikasikan dan berperan menyumbangkan pada kemajuan litbang migas. Maksud penulisan ini adalah mengetahui apa dan bagaimana aplikasi manajemen pengetahuan dalam organisasi litbang migas. Adapun tujuan dari penulisan ini untuk mendorong pemanfaatan hasillitbang migas, sehingga benar-benar bennanfaat untuk masyarakat. Maka dari itu, hasil yang diharapkan adalah tersedianya portal pengetahuan yang menampilkan hasillitbang yang lebih informatif. Satu diantaranya dengan dimanfaatkannya teknologi multimedia, hal ini bermanfaat untuk melakukan kegiatan litbang teknologi migas lanjutan dan dapat menyebarluaskan hasil penelitian kepada masyarakat."
LEMIGAS, 2013
665 LPL 47 (1) 2013
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Krisna Meidiyantoro Baharuddin
"Skripsi ini membahas tentang faktor yang mempengaruhi pengetahuan pegawai UPT Balai Kesejahteraan Sosial tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat mengacu pada gambaran pengetahuan yang diperoleh dari uji pretest-posttest. Penelitian dilakukan secara kualitatif dengan wawancara semi terstruktur kepada Kepala UPT, Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Pegawai Administrasi, Pekerja Sosial, Petugas Kebersihan dan Dapur. Hasil penelitian menggambarkan bahwa faktor yang mempengaruhi ialah pendidikan, pengalaman, kebudayaan, sosial budaya, pekerjaan, minat, keyakinan, paparan informasi, faktor pihak eksternal dan faktor teknis penyuluhan.

The focus of this study are factors that affects employees knowledge-based clean and healthy living in UPT Balai Kesejahteraan Sosial, based on the result of knowledge test. The method of this research is qualitative method by semi-structured interview to Head of UPT, Head of Administration, Administration officer, Social Workers, Cleaning Service, and Cook. The result shown that the factors is education, experience, culture, social-culture, job description, interest, beliefs, information exposure, external factors, and counseling technical."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>