Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 146619 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Adji Wiandjono
"Penelitian mengenai layanan sirkulasi via SMS telah dilakukan di Perpustakaan MMUI jalan Salemba, Jakarta Pusat pada bulan Februari sampai dengan awal April 2005. Namun pada bulan Oktober - Desember 2004 dilakukan komunikasi dengan pihak perpustakaan MMUI. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memberikan gambaran deskriptif mengenai sarana SMS yang telah diterapkan oleh Perpustakaan MMUI berdasarkan sudut pandang staf perpustakaan dengan konteks evaluasi layanan.Pengumpulan data dilakukan melalui seranakaian wawancara dan kunjungan observasi Jangsung terhadapa fasilitas layanan SMS.Hasil yang diperoleh menunjukan bahwa sarana SMS di Perpustakaan MMUI memiliki kecepatan waktu akses secara singkat dengan layanan selama 24 jam, bersifat mobile, efektif, dan multi fungsi. Disamping kelebihan di atas, ada juga beberapa kekurangnya yaitu tampilan program penerima pesan SMS tidak efektif, tanda pesan masuk tidak ada, petugas kesulitan memahami setiap fitur tampilan SMS, jumlah pemakai sarana SMS masih sangat sedikit. Janis hambatan utama adalah apabila sistem komputer mengalami 'hang'. Layanan sistem sirkulasi via SMS di Pepustakaan MMUI masih perlu diterapkan dan diharapkan lagi dapat dikembangkan menjadi lebih luas cakupan layanannya. Untuk itu pengembangan dan pelatihan serta promosi terhadap sarana SMS perlu dilakukan secara periodik. Penyempurnaan tampilan SMS berdasarkan pendapat dari petugas operator SMS. Pemberian pelatihan kepada petugas secara jelas dan mendalam dengan disertai suatu modul pembahasan tentang sarana SMS. Proses promosi harus menjadi perhatian yang panting dalam usaha memperkenalkan sarana SMS sehingga kemanfaatanya dapat dirasakan oleh seluruh pengguna."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2005
S14897
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Padelih
"Skripsi ini membahas tentang pemanfaatan tesis digital di Perpustakaan Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Untuk mengetahui secara komprehensif bagaimana pemanfaatan tesis digital yang ada di Perpustakaan MM-FEUI, maka kajian skripsi ini akan melihat faktor internal dan eksternal dari kegiatan evaluasi. Dari sisi internal, evaluasi akan membahas konteks user-centered di Perpustakaan MM-FEUI. Sedangkan untuk mengevaluasi faktor eksternal, evaluasi akan membahas konteks system-centered pada Perpustakaan MM-FEUI. Pengumpulan data primer dilakukan melalui penyebaran kuesioner pada penguna yang sudah pernah memanfaatkan tesis digital dan berstatus sebagai mahasiswa MM-FEUI. Sedangkan pengumpulan data-data sekunder dikumpulkan dengan melakukan wawancara kepada kepala Perpustakaan MM-FEUI dan pengamatan pada bagian yang menangani pengelolaan tesis digital. Selain melakukan penyebaran kuesioner, wawancara dan melakukan pengamatan, penulis juga melakukan studi bibliografis untuk menunjang kelengkapan data penelitian. Data yang terkumpul lalu diolah dengan tujuan agar seluruh data yang terkumpul dapat disajikan dalam bentuk susunan yang baik dan rapi untuk kemudian dianalisa. Pengolahan basil penelitian akan dilakukan dengan bantuan SPSS versi 12.0. Kemudian basil pengolahan yang didapat dibuatkan tabel frekuensi dan di analisis. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari sisi user-centered pemanfaatan tesis digital di Perpustakaan MM-FEUI sudah baik Dikatakan demikian karena terdapat data sebagian besar mahasiswa MM-FEUI telah terbiasa menggunakan digital untuk memenuhi kebutuhan informasinya. Selain itu dalam rentang waktu dua tahun terakhir terjadi peningkatan dalam hal pemanfaatan tesis digital oleh mahasiswa yang masih aktif kuliah. Sedangkan dari sisi system-centered, ditemukan bahwa Kinerja MM-Digilib sebagai sarana intermediary ke tesis digital masih kurang optimal karena sebagian besar dari mahasiswa MM-FEUI banyak yang merasa kinerja MM-DIgilib masih kurang cepat. Sedangkan dari segi interface hamper setengah dari mahasiswa merespon desain interface pada MM-Digilib masih kurang menarik."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2006
S15737
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Magister Manajemen FEUI, 2007
R 378.03 Dir
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Lisda Rahayu
"Jasa penelusuran literatur rnerupak:an salah situ jasa yang disediakan perpustakaan untuk membantu atau memudahkan pemakai dalam melakukan penelusuran literature.Di perpustakaan, jasa, ini dapat digolongkan sebagai salah satu jasa lavanan rujukan. Penelitian yang dilakukan di FKM-UI ini bertujuan Untuk merrgetaahui usaha-usaha pustakawan dalarm membantu mahasiswa melakukan penelusuran literatur. Selain itu tujuan yang ingin dicapai adalah dapat diketahui seberapa banyak program magister yang memanfaatkan jasa penelusuran literatur serta kaitansaya dengan kemarnpuan mahasiswa dalam menggunakan sarana bibliografi yang disediakan perpustakaan s,ebagai alat yang digunakan dalam proses penelusuran. Dari hasil penelitian dapat diketahui usaha-usaha yang dilakukan pustakawan guna membantu mahasiswa melakukan proses penelusuran. Selain menyediakan sarana hibliografi tercetak, pustakawan rujukan juga menyediakan jasa penelusu_ran literatur melatilui CD-ROM serta arkses penelusuran ke bahan aslinya. Tentunya untuk jasa ini, pemakai dikenakan biaya khusus Hasil penelitian menunjukkan jumlah mahasiswa yang menggunakan jasa ini yaitu lebih dari setengah jumlah res_ponder. Mahasiswa yang tidak menggunakan jasa ini sebagian besar mengemukakan alasan mereka bahwa sebetulnya mereka, tidak mengetahui adanya jasa penelusuran literatur. Sebagian kecil lainnya mengemukakan alasan bahwa mereka lebih senang melakukan penelusuran literatur sendiri. Mahasiswa yang menggunakan jasa penelusuran literature Sebenarnya juga lebih senang melakukaln penelusuran literatur sendiri apabiIa mereka tidak menemui hambatan dalam penelusuran atau li teratur yang di temukan telah memersuhi kebutu_hars. Hal ini dapat diketahui dari hasil penelitian Yang menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa sbetulra mampu dan paham dalam menggunakan Sarana bibliografi tercetak. Jadi penelusuran literatur dengan bantuan pustakawan rujukan hanya sebagian alternatif lain bila merek:a tidak menemukan literature di sarana bibliografi tercetak atau dal am koleksi perpustakaan. Pendapat mahasiswa mengenai jasa penelusuran literatur di Perpustakaan FKM-Ul telah cukup baik. Hal ini dapat diketahui dar.i hasil penelitian rnengenai kepuasan pemakai atas jasa penelusuran serta tingkat keberhasilan penelusuran bila dibantu oleh pustakawan rujukan."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 1994
S15495
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2005
S9619
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Oktaviono
"Penelitian mengenai evaluasi pemanfaatan pangkalan data jurnal online Proquest, Elsevier Science Direct dan JSTOR telah dilakukan di Perpustakaan MM-FEUI, Jakarta pada bulan September 2007. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui bagaimana gambaran pemanfaatan jurnal elektronik dari pangkalan data online yang dilanggan oleh Perpustakaan MM-FEUI, mengetahui tujuan pengguna memanfaatkan pangkalan data jurnal elektronik, pangkalan data jurnal elektronik apa yang paling banyak digunakan, bagimana tingkat kepuasan pengguna terhadap pangkalan data online yang dilanggan dan yang terakhir mengetahui segala hambatan yang dihadapi pengguna dalam memanfaatkan pangkalan data jurnal elektronik yang dilanggan MM-FEUI.
Metode evaluasi yang dipakai untuk penelitian ini adalah metode survei. Dengan menggunakan metode ini, dapat diketahui secara langsung pendapat pegguna mengenai layanan akses jurnal elektronik dari pangkalan data online yang dilanggan Perpustakaan MM-FEUI. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif sedangkan data dikumpulkan dengan melakukan penyebaran kuesioner, wawancara, pengamatan dan studi literatur. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pangkalan data online yang sering digunakan adalah pangkalan data online Proquest dan pengguna memanfaatkan pangkalan data jurnal elektronik untuk keperluan penulisan tesis serta untuk keperluan tugas/makalah kuliah mereka. "
Depok: Universitas Indonesia, 2008
S15394
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Muldian
"Promosi layanan perpustakaan adalah salah satu langkah praktis yang dapat dilakukan perpustakaan untuk meningkatkan pemanfaatan dan pelayanan perpustakaan, yang pada akhirnya akan meningkatkan pula citra dan apresiasi masyarakat terhadap perpustakaan. Promosi jasa layanan perpustakaan pada perpustakaan perguruan tinggi, dalam hal ini Perpustakaan FEUI Kampus UI Depok, dapat menjadi titik temu antara perpustakaan sebagai pemberi jasa dengan sivitas akademika sebagai pemakai jasa.
Penelitian ini menggambarkan bagaimana peran pustakawan, dalam hal ini staf Perpustakaan FEUI melakukan kegiatan promosi jasa layanan perpustakaan dalam upaya meningkatkan layanan kepada pengguna perpustakaan. Dalam penelitian ini juga mengkaji kegiatan promosi apa saja yang sesuai dengan perpustakaan perguruan tinggi dan juga menjelaskan keterlibatan dan partisipasi lenbaga induk, dalam hal ini perguruan tinggi."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 1998
S15571
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yuyun Rahmawati
"Penelitian mengenai organisasi pembelajaran di perpustakaan perguruan tinggi dengan studi kasus di perpustakaan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia telah dilakukan selama bulan Januari - Juli 1999. Waktu pelaksanaan tersebut meliputi pra-penelitian, pengumpulan data, dan evaluasi hasil penelitian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan konsep organisasi pembelajaran di perpustakaan perguruan tinggi yang berfungsi sebagai Learning Center di perguruan tinggi tersebut. Namun dalam penelitian lebih ditekankan kepada fungsi perpustakaan sebagai organisasi pembelajaran dengan maksud agar penelitian lebih spesifik. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada staf perpustakaan FEUI sebagai responden. Cara penyusunan kuesioner, pembentukan kerangka sampel, dan pemilihan sampel dijelaskan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perpustakaan FEUI menurut sebagian para stafnya merupakan organisasi pembelajaran berdasarkan karakteristik suatu organisasi pembelajaran yang dikemukakan oleh Marquadt dan Reynolds. Beberapa faktor yang mendukungnya menjadi organisasi pembelajaran yaitu pandangan staf yang dapat menerima berbagai perubahan dengan positif, pola relasi dan komunikasi dengan berbagai pihak telah terjalin dengan baik, pemberian kesempatan belajar yang luas, dan tersedianyan dana bagi pembelajaran staf. Faktor lain yang menghambat perpustakaan FEUI sebagai organisasi pembelajaran adalah faktor budaya yang cenderung tertutup dan birokratis, manajemen waktu pembelajaran, dan kurangnya penyediaan sarana dan prasarana bagi staf untuk pembelajaran di perpustakaan serta belum terciptanya kesamaan visi seluruh staf. Usaha untuk mengatasi hambatan-hambatan tersebut adalah dengan menciptakan budaya yang demokratis, terbuka, bebas berpendapat dan mengeluarkan ide-ide (gagasan), dan diberikan kesempatan untuk mengembangkan hasil pembelajaran yang dilakukan melalui pemberian wewenang/tanggung jawab sesuai dengan bidangnya dan pemberian sistem balas jasa yang tepat."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2000
S15872
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Devy Mujar Triandini
"Penelitian ini membahas tentang kompetensi soft skills pustakawan layanan sirkulasi menurut pandangan pemustaka. Penelitian ini adalah penelitian studi kasus menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa menurut pemustaka kompentensi soft skills pustakawan sirkulasi belum terpenuhi karena kurangnya kemampuan mendengar, kemampuan komunikasi, interpersonal dan kemampuan dalam memberikan pelayanan kepada pemustaka, sehingga dapat disimpulkan masih kurangnya kompentensi pustakawan yang ada pada Perpustakaan Pusat UI. Hasil penelitian ini menyarankan bahwa perpustakaan perlu melakukan kegiatan pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan keterampilan pustakawan sirkulasi dalam memberikan pelayanan prima kepada pemustaka.

This research discusses about soft skills competencies for librarian staff in the central library of University of Indonesia from thr users poin of view. This is a case study research condicted using qualitative approach. The result of this research indicate that soft skills competency of librarian has not been met because of lack of listening skills communication skills, Interpersonal skills, and customer service. So it can be concluded that librarian in the central library University of Indonesia have lack of competency in giving a service for user. It is suggested that the central library should necesserily conduct soft skills training to increase primarily councluded circulation librarian in order to provide service excellent for user."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2009
T38591
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Chaerunnisa
"Skripsi ini membahas tentang pengaruh penerapan PBL terhadap layanan perpustakaan fakultas: studi kasus perpustakaan fakultas psikologi UI. Problem-based learning adalah suatu metode belajar yang menempatkan masalah sebagai stimulan dalam proses belajar. Siswa dipertemukan dengan masalah, dan melalui masalah siswa belajar mengenai materi yang hendak dipelajari hari itu. Dalam metode ini pengajar atau dosen hanya berperan sebagai fasilitator bukan pemberi materi seperti dalam metode tradisional. Metode ini mengubah peran siswa yang sebelumnya hanya penerima materi menjadi pencari informasi. Format berkelompok yang diterapkan dalam PBL menuntut siswa untuk dapat bekerja sama dalam mencari sumber-sumber informasi yang dibutuhkan. Metode PBL juga menuntut siswa untuk mempersiapkan diri sebelum memasuki kelas, karena dalam kelas mereka tidak akan hanya menerima tapi membagi pengetahuan yang telah mereka miliki sebelumnya kepada siswa lainnya. Metode ini menuntut siswa untuk lebih aktif mencari informasi, tidak hanya mengandalkan informasi yang diberikan oleh pengajar karena pengajar hanya berperan sebagai fasilitator. Penerapan PBL pun kemudian berpengaruh terhadap layanan yang diberikan oleh perpustakaan. Penerapan PBL pun tidak hanya merubah siswa dalam kelas tetapi juga merubah peran siswa sebagai pengguna perpustakaan. PBL mengubah peran siswa sebagai pengguna perpustakaan menjadi pengguna aktif perpustakaan bukan pasif seperti dalam metode sebelumnya. Berubahnya peran siswa menjadi pengguna aktif perpustakaan diakibatkan oleh siswa yang lebih sering berkunjung ke perpustakaan untuk mencari sumber informasi yang dibutuhkan, Sumber informasi tersebut dapat berupa buku teks, jurnal tercetak maupun jurnal online.-Selain memanfaatkan sumber informasi yang disediakan oleh perpustakaan, siswa sebagai pengguna perpustakaan juga menggunakan fasilitas yang disediakan oleh perpustakaan seperti ruang baca dan ruang diskusi.-Penerapan PBL di Fakultas Psikologi memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap layanan perpustakaan fakultas seperti jumlah pengunjung perpustakaan meningkat, peminjaman koleksi seperti buku teks dan referens meningkat, kebutuhan akan akses jurnal online maupun pemanfaatan fasilitas hotspot bertambah. Pengaruh yang besar dari penerapan metode ini cukup mampu diatasi oleh perpustakaan fakultas. Penambahan ruang baca meski bukan karena pengaruh penerapan PBL cukup membantu menjawab tantangan PBL, jumlah koleksi yang cukup banyak dan lengkap pun membantu siswa dalam proses belajar berbasis metode PBL. Namun sayangnya, fasilitas dan layanan yang disediakan oleh perpustakaan fakultas psikologi UI belum digunakan secara maksimal oleh pengajar. Hal ini dikarenakan pengajar lebih memilih memanfaatkan fasilitas hot spot yang terdapat di seluruh lingkungan fakultas psikologi UI kecuali perpustakaan."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2007
S15212
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>